24 Tempat Wisata Kuliner di lembang Bandung yang Wajib Anda Singgahi

Tempat Makan di Lembang – Anda sedang liburan di Lembang Bandung atau anda memang merupakan warga asli Lembang dan sekitarnya? 

Ada banyak sekali tempat wisata di Lembang yang menarik untuk kita kunjungi saat liburan. Pada beberapa artikel sebelumnya admin sudah berbagi mengenai objek wisata di Lembang yang wajib anda kunjungi saat liburan.

Lembang terkenal memiliki udara yang sejuk karena berada di daerah pegunungan. Tidak heran kenapa Lembang menjadi salah satu tempat favorit untuk liburan keluarga JaBoDeTaBek. Beberapa objek wisata di Lembang yang terkenal seperti Gunung Tangkuban Perahu, Deranch, Dusun Bambu, Kampung Gajah Wonderland, Taman Bunga Begonia, Strawberry Farm dan masih banyak lagi.

Biasanya selain mengunjungi tempat wisata, orang datang ke Lembang juga untuk mencicipi aneka kuliner lezat disini. Namun wisatawan tentu membutuhkan semacam panduan untuk memilih tempat makan di Lembang yang menawarkan aneka menu lezat.

Tidak lengkap rasanya kalau ke Lembang tapi tidak mencicipi aneka kuliner lezat disini. Anda bisa mencoba aneka masakan sunda yang terkenal sangat lezat dan akan menggoyang lidah anda tentunya. 

Tempat Makan di Lembang Bandung

Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda untuk mengunjungi beberapa tempat makan di Lembang Bandung yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan:

1. Natural Resto and Strawberry Land

Tempat maka di Lembang yang pertama adalah natural resto and Strawberry land. Rumah makan ini lokasinya ada di Jalan Tangkuban Perahu No 190, Lembang. Resto di Lembang ini buka mulai 09.00 – 19.00 WIB. 

Natural Resto and Strawberry Land - tempat makan di Lembang

Natural Resto and Strawberry Land

Anda bisa mencicipi aneka hidangan khas sunda disini. Menu yang wajib anda cobain adalah sajian ikan gurame yang khas.

Selain menu khas Sunda, anda juga bisa mencicipi menu lain berupa nasi tutug oncom, gurame goreng kremesan, nasi liwet komplit, nasi liwet biasa, gurame bakar cobek, dan masih banyak menu lainnya yang wajib Anda coba.

Sesuai dengan namanya, strawberry land, resto ini juga menawarkan buah strawberry secara langsung yang bisa anda petik di kebun. Siapa saja yang datang ke resto ini sangat sayang sekali rasanya kalau melewatkan momen sensasi memetik buah strawberry secara langsung di kebunnya.

Jangan lupa juga kalau anda datang ke resto ini untuk mencoba jus strawberry segar yang  bisa anda petik sendiri buahnya di kebun yang masih satu lokasi. 

Selain untuk dimakan di tempat, anda juga bisa menjadikan buah strawberry yang sudah anda petik sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. 

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencicipi kuliner lezat disini plus memetik buah strawberry segar? Tunggu apa lagi? Segera kunjungi natural resto and Strawberry land ini.

2. Ikan Balap Resto

Tempat makan di Lembang selanjutnya adalah ikan balap resto yang lokasinya tepat berada di pusat kota Lembang, yaitu di Jl Raya Lembang No 305, lebih tepatnya terletak sebelum Pom bensin Lembang, setelah SMPN 1 Lembang.

Ikan Balap Resto - tempat makan di Lembang

Ikan Balap Resto

Disini anda juga bvisa mencoba aneka kuliner khas Sunda yang siap menggoyang lidah anda. Nama restoran yang cukup unik ini wajib anda datangi saat anda sedang liburan di Lembang bersama keluarga.

Kenapa dinamai ikan balap? Sebenarnya merupakan akronim dari Ikan Sambal dan Lalap dengan beragam menu yang wajib Anda nikmati. 

Saat mengunjungi resto ini, sajian ikan segar yang dimasak di dalam bambu, kemudian dipanggang di atas api dan disajikan dengan memadukan penyajian tradisional dan modern menjadi menu wajib yang harus anda cobain.

Jangan lupa juga untuk memesan bajigur sebagai minuman tradisional khas sunda yang nikmat untuk menemani waktu santai anda di Ikan Balap Resto. Jangan khawatir jika anda datang beserta rombongan tour atau keluarga besar, karena Ikan Balap Resto sudah menyediakan menu paket hemat dengan rasa yang memikat.

Hmmm, anda pasti sudah tidak sabar lagi ingin segera makan disini bukan?

3. Imah Seniman 

Tempat makan di Lembang selanjutnya adalah imah seniman yang lokasinya ada di Jl Kolonel masturi No. 8 Cikahuripan Lembang.

Imah Seniman

Imah Seniman

Rumah makan ini memiliki tagline yaitu “makan di hutan”. Wah, bagaimana rasanya makan di hutan ya? Nah anda bisa mencoba sensasi “makan di hutan” di imah seniman ini, karena memang lokasi restoran ini masih cukup asri dan banyak pepohonan besar, sehingga suasananya sejuk. Imah Seniman juga menyediakan tempat penginapan dan terkenal dengan tagline-nya “tidur di danau”.

Iman seiman juga menjadi salah satu tempat makan di Lembang yang menyajikan kuliner khas sunda yang nikmat. Disini, jangan lupa untuk mencoba nasi goreng yang fenomenal dan menjadi menu wajib di imah seniman. 

Nah, untuk wisatawan yang ingin mencoba menu disini, silahkan lewat jalur Lembang, maupun jalur cisarua-parongpong, lokasinya memang lebih dekat jika di jangkau dari pusat kota Lembang, dari pertigaan beatrix ambil jalan ke arah parongpong yaitu Jl. Kolonel masturi, anda akan menemui jalanan yang berkelok dan menurun, tepat di bawah sebelum jalanan menanjak di sebelah kanan anda akan menemukan Imah Seniman Lembang, bersebelahan dengan Saung Wargi Lembang.

4. Sapu Lidi

Tempat makan di Lembang selanjutnya adalah sapu lidi. Sapu lidi? Itukan buat nyapu. Nah kok ini malah jadi tempat makan ya. Sapu lidi sendiri merupakan salah satu tempat makan di Lembang yang cukup terkenal. Selain menu makanannya yang enak juga menawarkan suasana pedesaan yang membuat siapa saja betah berlama-lama disini.

Sapu Lidi

Sapu Lidi

Sapu lidi ini sudah berdiri lebih dari 10 tahun yang lalu. Karena menunya yang nikmat dan tempatnya yang nymana membuat resto ini menjadi terkenal, baik oleh warga Bandung dan luar Bandung.

Lokasi rumah makan ini ada di Jl Sersan Bajuri, Komplek Graha Puspa Lembang, Bandung.

Beberapa menu terkenal yang bisa anda cobain disini seperti ayam bakar warisan, Ramuan nenek sihir, ayam kahaseupan, dan berbagai masakan sunda lainnya.

5. Gubug Makan Mang Engking

Tempat makan di Lembang selanjutnya adalah Gubug Makan Mang Engking yang lokasinya ada di Jl Tangkuban Perahu No 68 Lembang, Bandung.

Gubug Makan Mang Engking

Gubug Makan Mang Engking

Gubung makan mang Engking ini menawarkan suasana yang asri ala pedesaan dan juga memiliki cita rasa masakan resep orisinil khas sunda, konsep tata ruang dan bangunan berupa gubug/saung yang mampu menghadirkan lingkungan yang sejuk alami dengan pemandangan taman, kolam ikan yang asri, indah dan nyaman.

Beberapa menu andalan disini yang bisa anda cobain seperti Udang Bakar Madu, Gurame Bumbu Cobek, Kepiting Saus Padang, Tumis Kangkung, Karedok, Sambal Terasi Dadak, dan Minuman Alami (Es Cincau Hijau dan Kelapa Muda). Anda bisa berkunjung ke tempat makan ini pada pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Gubug makan mang Engking ini bisa menjadi tempat makan siang, juga tempat wisata kuliner malam di Lembang, untuk mengisi perut yang keroncongan di malam hari.

6. Saung Pengkolan

Tempat makan di Lembang selanjutnya adalah resto saung pengkolan yang terletak di Jl Raya Tangkuban Perahu No. 81 Lembang, Bandung.

Rumah makan di Lembang ini menawarkan pemandangan indah sebagai daya tariknya. Selain pemandangan yang indah juga menawarkan menu makanan lezat untuk anda.

Rumah makan ini lokasinya tepat di belokan, sehingga mungkin itu yang mendasari penamaan rumah makan ini. Untuk anda yang ingin mampir ke rumah makan ini, setelah melawati UPI dan Ledeng ambil arah yang ke Lembang (jangan belok ke Jl. Sersan badjuri) setelah melewati Hotel Grand Hany dan Pabrik Obat Otto anda akan menemukan saung pengkolan di sebelah kiri jalan.

 Disini anda bisa mencoba Gurame bakar dan Goreng, sambel dadak dan sambel leunca. Hm, pasti menggugah selera siapa saja.

7. Rumah Makan Mandari Lembang 

Tempat makan di Lembang selanjutnya adalah rumah makan mandari yang terletak di Jalan Raya Lembang no. 289 Lembang. Rumah makan ini termasuk yang terkenal karena sudah lama berdiri.

Tempat makan di Lembang yang satu ini cukup mudah untuk ditemukan karena terletak di pusat kota Lembang, lokasinya berada di sebelah kiri jalan, tepat di belokan setelah Polsek Lembang sebelum Kantor Pos Lembang. Rumah Makan Mandari Lembang menyajikan menu-menu seperti cap cay, pu yung hai, ayam goreng mandarin dsb.

8. Rumah Makan Ampera Lembang

Rumah makan ampera Lembang bisa anda singgahi untuk mengisi perut yang keroncongan. Lokasinya sangat strategis dan sangat mudah ditemukan, lokasinya ada di sebelah kanan jalan setelah wisma bumi makmur indah Lembang. Rumah makan Ampera Lembang menyajikan menu-menu khas Sunda seperti ayam bakar dan goreng, sayur asem serta masakan khas sunda lainnya.

9. Rumah Makan Brebes Lembang

Masih di jalan Raya Lembang, anda juga bisa menemukan rumah makan Brebes yang menawarkan kulier lezat mulai dari ayam goreng dan bakar, lengkap dengan sambel yang mengundang selera.

10. Rumah Makan Ayam Betutu

Anda suka dengan olahan ayam? Nah, rumah makan ayam betutu bisa anda jadikan tempat makan di Lembang selanjutnya. Lokasinya ada di Jl. Tangkuban Perahu, terletak di jalur utama Lembang – Tangkuban perahu, jika anda menuju kawasan wisata tangkuban perahu dari arah Bandung, maka anda akan melewat rumah makan ini, lokasinya di sebelah kiri jalan sebelum kios-kios jagung. Rumah makan ayam betutu menyajikan ayam betutu khas bali serta menu lainnya seperti nasi campur bali.

11. Restoran Burgundy

Tempat wisata kuliner di Lembang berikutnya adalah Restoran Burgundy yang ada di Jalan Raya Maribaya no.163. Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Disini anda bisa mencoba aneka sajian kuliner berupa western food, seperti grilled Norwegian salmon, aneka macam steak seperti sirloin steak, chicken quedillas, dan apple struddle.

Untuk anda yang sedang mencari makanan western di Lembang, restoran Burgundy bisa anda jadikan salah satu referensi.

12. d’SDL alias d’Seuhah Da Lada

Tempat makan enak di Lembang selanjutnya adalah d’SDL alias d’Seuhah Da Lada yang terletak di Jalan Raya Lembang No. 121, Kabupaten Bandung Barat.

SIlahkan datang aja setiap hari mulai pukul 07:00 – 21.00. Disini anda bisa mencoba aneka menu masakan khas Sunda yang pedas sesuai namanya. Andalah restoran adalah sate goreng d’SDL, gurame terbang, ayam ngumpet dan ayam goreng d’SDL.

13. Sindang Reret

Sindang  reret menjadi tempat wisata kuliner di Lembang selanjutnya yang bisa anda singgahi. Lokasinya ada di Jalan Raya Cikole Km 22 Lembang-Bandung. Rumah makan ini menawarkan aneka kulier khas sunda yang sangat enak, mulai dari Karedok, ikan gurami, dan juga ikan mas. Restoran di Lembang ini memiliki kapasitas 300 orang. Di sana terdapat 10 saung yang tiap saungnya bisa menampung 10 orang.

14. Dapur Lembang

Dapur lembang menjadi tempat makan enak di Lembang selanjutnya yang bisa anda singgahi, lokasinya ada di Jalan Raya Lembang No.175 B, Lembang, adalah salah satu restoran yang bisa jadi alternatif. Selain menu yang lezat, dapur Lembang juga menawarkan pemandangan alam dan kebun stroberi yang bisa dipetik sendiri menjadi daya tarik. Dapur Lembang menyediakan sajian khas Sunda dengan harga terjangkau.

15. Sate Kelinci

Anda tertarik mencoba sate kelinci? Nah, kalau anda sedang berada di perjalanan menu Lembang, atau lebih tepatnya ada di sekitar Jalan Raya Lembang KM 12,8, anda bisa mampir di warung sate kelinci Sate Sapri yang cukup terkenal di Lembang.

Disini, anda sudah bisa menikmati sate kelinci satu tusuk seharga Rp. 2000 saja.

Sebenarnya cukup banyak penjual sate kelinci di sepanjang jalan Raya Lembang, namun sate pak Sapri yang cukup terkenal. Lidah wisatawan akan dimanjakan daging kelinci yang empuk dan juicy akan sangat nikmat jika dimakan bersama bumbu kacang. Tekstur daging kelinci mirip ayam, namun lebih kenyal dan rasanya pun lebih gurih.

Pengunjung juga bisa menikmati kuliner lain selain sate kelinci seperti gulai kelinci dengan harga Rp20.000,00 untuk satu porsinya.

16. The Peak

The Peak menjadi restoran di Lembang yang bisa anda kunjungi selanjutnya. The Peak menjadi salah satu tempat nongkrong di Lembang sekaligus menikmati kuliner lezat.

Bangunan The Peak didesain sangat unik berupa dinding kaca. Dengan begitu, anda dapat menikmati pemandangan Kota Bandung dalam 360 derajat. Selain dapat melihat pemandangan kota, anda juga dapat menikmati indahnya pesona Tangkuban Perahu.

Wisatawan yang datang bisa memesan menu favorit disini berupa Kobe Steak. Menu ini adalah steak daging sapi premium dengan harga sekitar Rp. 700.000.

Lokasi the peak ini ada di jalan Desa Karyawangi Ciwaruga, tepatnya pada Km 6,8 No 388 (Parongpong), Lembang. The Peak buka pada hari Senin-Jumat dan Minggu, mulai pukul 10.00 hingga tengah malam. Sementara untuk hari Sabtu, buka mulai pukul 10.00-02.00 WIB.

17. Maja House

Maja House menjadi tempat makan di Lembang selanjutnya yang bisa anda singgahi. Lokasi maja house ini dekat Kampung Gajah. Maja House ini merupakan abungan antara restoran dan juga hotel. Restoran disini memang cukup terkenal. Anda dapat menikmati dinner romantis dengan ditemani pemandangan malam yang indah dan juga cuacanya yang dingin. Restoran Maja House terbagi menjadi 2 tipe, yakni sofa yang berbentuk layaknya kasur dengan panorama pemandangan indah dan kursi serta meja umumnya.

Lokasi maja house ini ada di jalan Sersan Bajuri No. 72, di Setiabudi, Bandung Utara. Silahkan datang kesini mulai dari pukul 11.00-03.00 dengan harga menu sekitar Rp. 20.000-Rp. 300.000.

 

Restoran ini memiliki fine dining dan juga mewah, Maja House ini juga menawarkan pengalaman kuliner dengan pemandangan alamnya yang memukau.

18. Restoran Balibu

Tempat makan enak di Lembang selanjutnya adalah restoran Balibu yang mengusung konsep sunda berupa saung-saungan, tersedia tempat duduk di kursi ataupun lesehan.

Saat kesini, silahkan cobain menu wajibnya berupa Gurame asam manis yang digoreng menggunakan tepung, nasi tutug oncom, sate kambing hotplate dan minumnya blue ice soda.

Menu disini juga memiliki harga yang relatif murah, tapi tidak murahan tentunya.

19. Cafe Sumur

Tempat makan di Lembang selanjutnya adalah cafe sumur yang ada di JL Raya Lembang, No. 301 – 303, Lembang, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Ada banyak menu yang wajib anda cobain disini, mulai dari nasi goreng spesial, roti cokelat keju dan lainnya.

20. Rumah Makan Kayu

Rumah makan kayu menjadi tempat enak di di Lembang selanjutnya yang bisa anda kunjungi. Kafe ini dimiliki oleh orang Korea, sehingga nuansanya disini agak sedikit berbau-bau Korea. 

Lokasi rumah makan kayu ini ada di  Komplek Eldorado Jl. Dr. Setiabudhi 438 Kav. D – 8, Daerah Gudang Kahuripan, Kecamatan Lembang. Di sini tersedia menu gado-gado Jakarta, nasi goreng kampung, es dawet Ayu Banjarnegara, urap sayuran Yogyakarta, sayur nangka kapau, lunpia Semarang, dan lain-lain.

21. Restoran Sariater

Tempat makan di Lembang selanjutnya adalah restoran Sariater yang terletak di dalam objek wisata ciater. Silahkan cobain nasi timbel yang enak, pisang goreng mayang sari dan pisang bakar juga enak. Dingin-dingin sambil berendam ditambah makan.

22. Kampung daun tempat makan di Lembang

Tempat makan di Lembang selanjutnya adalah kampung daun yang ada di Villa Triniti, Jalan Sersan Bajuri KM. 4,7, Cihideung, Cigugur Girang, Parongpong, Cigugur Girang, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40154.

Menu makanan disini memang agak mahal namun tentu sesuai dengan rasanya yang nikmat. Kalau kesini sebaiknya jangan sendirian ya, pasti tidak akan enak rasanya kalau makan sendirian. 

Nuansa tempat makannya juga terasa seperti anda sedang anda berada di rumah makan dengan suasana daerah yang nyaman. Cocok untuk anda yang suka kuliner dengan makanan khas. 

23. Dusun Bambu tempat makan di Lembang

Tempat wisata kuliner di Lembang yang terakhir dari kami adalah dusun bambu yang terletak Jl. Kolonel Masturi Km 11. Jarak yang ditempuh sekitar 2.1 km dari Lembang asri.

Kafe disini menawarkan menu yang lezat dan pemandangan yang asri. Dusun bambu sangat cocok untuk anda yang datang berombongan, baik itu bersama teman atau keluarga tercinta.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca ulasan: Liburan Seru di Dusun Bambu Lembang Bandung

24. Floating Market

Kalau anda sedang mencari tempat makan unik di Lembang, nah floating market salah satunya, karena disini penjual berada di atas sampan kecil sambil menawarkan dagangannya.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan pada: Liburan Seru ke Floating Market Lembang Bandung Jawa Barat

 

Demikianlah ulasan seputar tempat makan di Lembang dari kami, semoga bermanfaat untuk anda semua yang sedang mencari tempat wisata kuliner di Lembang Bandung. Jangan lewatkan juga: 37 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Harus Anda Coba

Leave a Reply

error: Content is protected !!