Liburan Seru ke Curug Dago Bandung Jawa Barat

Curug Dago – Berwisata tentu saja menjadi hal yang sangat menyenangkan sekali. Apalagi jika kita bisa berwisata mengunjungi suatu tempat yang berkonsep nuansa alam. Pastinya akan terasa lebih menarik dan juga menyenangkan sekali. Anda sesekali bisa berkunjung ke Bandung untuk berwisata ke suatu tempat yang penuh dengan keindahan alam.

Kota Bandung memang memiliki banyak sekali tempat wisata yang indah dan menarik untuk di kunjungi. Habiskan waktu liburan anda bersama keluarga dengan berkunjung ke kota Bandung. Karena di sana banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi bersama keluarga maupun sahabat untuk menghabiskan waktu liburan anda.

Salah satu tempat wisata yang patut anda kunjungi adalah Curug Dago. Wisata ini lokasinya cukup tersembunyi sebab berada di salah satu bukit Dago yang ada pada kawasan taman hutan raya yang ada di Jalan Ir.H. Djuanda Curug.

Curug Dago Bandung

Curug Dago Bandung

Pada dasarnya daerah Bandung ini memang dikelilingi oleh perbukitan sehingga  mampu menghadirkan pemandangan yang indah sekali. Pastinya kepenatan anda karena berbagai aktivitas pekerjaan bisa hilang berkat melihat pemandangan alam indah yang dihadirkan oleh tempat wisata ini.

Bahkan saat ini kondisi wisata Curug Dargo ini telah mengalami banyak sekali perubahan. Salah satunya tentu saja kondisi air sungainya yang terkesan keruh dan memiliki warna kecoklatan. Bahkan sudah banyak pula sampah yang telah mengotori aliran sungai tersebut.

Hal ini bisa terjadi karena banyak sekali pemukiman yang ada di atas Curug Dago ini.  Bahkan banyak pula pabrik yang ada di sana sehingga bisa berpengaruh pada air sungainya.

Hal Menarik dari Tempat Wisata Alam Curug Dago

Curug Dago berada pada ketinggian sekitar 800 meter sehingga ada di atas permukaan laut. Pesona keindahan alam dari Curug Dago ini tidak kalah dengan air terjun yang lainnya. Bukan hanya air terjunnya saja yang terbilang menakjubkan, namun adanya jejak peninggalan kerajaan Thailand tentunya menjadi salah satu tempat wisata menarik yang ada di Bandung.

Dari berbagai peninggalan bekas sejarah kerajaan Thailand ini tentunya ada dua prasasti berupa batu tulis hasil peninggalan sejarah tahun 1818.

Tempat wisata ini memang belum terlalu dikenal oleh masyarakat karena dari segi tempatnya saja tersembunyi. Selain itu tempat wisata alam yang indah ini juga kurang di publikasikan. Sehingga banyak orang yang belum mengenalnya. Biasanya tempat wisata ini sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan, bahkan juga dijadikan tempat untuk melakukan aktivitas hiking maupun hanya untuk berekreasi habiskan waktu liburan anda.

Lokasi Objek Wisata Curug Dago

Bagi anda yang berkeinginan mengunjungi tempat wisata Curug Dago ini jika ingin sampai pada area air terjun maka anda harus berjalan kaki terlebih dulu dari area parkirannya hingga melewati jembatan gantung dari sungai Cikapundung. Dari pintu masuk wisata dimana ada tanda papan namanya, maka anda harus berjalan kaki lewat beberapa anak tangga dari beton.

Untuk menuruni tangganya, anda perlu berhati-hati sebab jalannya terkesan licin dan curam. Ketika anda sudah menuruni anak tangga kurang lebih 100 meter, maka anda akan sampai di lokasi Curug tersebut. Disana nanti anda bisa menemukan dua buah bangunan serta warung untuk beristirahat yang ada di dekat Curug Dago.

Apabila anda mengambil rutenya dari Terminal Dago, maka anda harus memasuki jalan setapak dengan ukuran hanya satu meter saja. Setelah itu, anda baru bisa menempuh waktu sekitar setengah kilometer dari jalan besar. Kondisi jalannya ini telah dibeton dan sudah cukup rapi sehingga lebih nyaman saat anda lewati. Apabila anda membawa kendaraan sendiri, anda bisa memarkirnya pada pelataran parkir Taman budaya lalu anda masih perlu melewati jalan yang setapak dengan hadirnya anak tangga menurun yang cukup curam.

Kunjungi juga yuk: Liburan Seru ke Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Curug Dago

Jika kita berniat untuk mengunjungi tempat wisata ini, tentu saja kita tidak perlu khawatir mengenai tarif masuk lokasi wisata tersebut. Sebab dari segi tarif sangatlah terjangkau sekali untuk bisa menikmati keindahan alam yang ada di Curug Dago ini.

Biasanya saat akan memasuki area wisata, anda akan dikenai tarif tiket masuk sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 . biasanya obyek wisata alam yang satu ini mulai buka dari jam 08.00 hingga jam 17.00 sore. Tentunya tempat wisata ini pantas sekali untuk dikunjungi di waktu liburan. Apalagi konsepnya aja masih bersifat keindahan alam.

Sehingga cocok  sekali untuk melepaskan penat karena aktivitas kerja kita. Apalagi area parkir yang ada di obyek wisata Curug Dago ini sudah cukup luas untuk menampung ratusan kendaraan seperti sepeda motor.       

Kondisi Jalan Menuju Lokasi Curug Dago

Jalan menuju ke tempat wisata Curug Dago ini sebenarnya bisa anda tempuh melalui 2 alternatif yakni lewat jalan yang ada di seberang Terminal Dago dan juga lewat Taman Budaya Ganesha Dago yang berada di Jalan Ir. Djuanda. kedua jalur tersebut biasanya hanya bisa anda lewati dengan kendaraan roda dua saja sempat lebih sempit dan hanya berupa jalan setapak saja.

Jangan lewatkan juga: 28 Tempat Wisata Kuliner Romantis di Bandung yang Wajib Anda Sambangi

Meskipun demikian, namun anda sudah tidak perlu khawatir lagi karena kondisi jalannya sudah di beton jadi anda bisa lebih nyaman melalui jalan tersebut. Sebenarnya lokasi wisata Curug Dago ini juga bisa anda tempuh dengan kendaraan umum.

Supaya anda bisa sampai ke lokasi wisata, maka anda bisa menaiki angkutan umum yang berwarna putih-hijau-orange dengan jurusan Caringin-Dago. Lalu anda lanjutkan saja perjalanan anda dengan menggunakan ojek atau bahkan dengan berjalan kaki sekalipun.

Setiap tempat wisata tentunya memiliki berbagai fasilitas yang sangat menarik untuk para pengunjungnya. Seperti tempat untuk beristirahat atau bahkan tempat untuk makan sekalipun. Habiskan waktu liburan anda bersama keluarga dengan berkunjung ke wisata Curug Dago yang ada di Bandung ini. Pastinya liburan yang anda lakukan terasa begitu menyenangkan dan juga sangat berkesan sekali.

Bandung memang memiliki banyak sekali tempat wisata yang cukup menarik untuk kita kunjungi. Bahkan dengan budget yang pas-pasan pun anda masih bisa berwisata menikmati keindahan alam yang ada di sana. Berwisata ke kota Bandung dengan berkunjung ke Curug Dago menjadi pilihan tujuan wisata yang paling tepat bagi anda. Apalagi anda yang sedang butuh suasana ketenangan dengan udara yang begitu segar.

Berwisata alam di Bandung memang menghadirkan nilai tersendiri bagi kita. Dengan berwisata alam, pikiran kita pun akan terasa lebih tenang dan lebih fresh kembali sehingga kita pun sudah siap kembali ke rutinitas harian kita.

Obyek wisata alam Curug Dago sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang dating ke sana. Pantas saja jika tempat wisata ini mulai banyak dilirik para pengunjung yang menginginkan pemandangan alam yang indah dan menarik.

Objek wisata terkait: Info Wisata Situ Patenggang, Danau Alami Terbaik Di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Fasilitas Umum di Curug Dago

Untuk menunjang selama liburan di Curug Dago Bandung ini, maka mulailah diadakan beberapa fasilitas, seperti:

  1. Hotel atau Penginapan
    Wisatawan yang liburan ke curug ini bisa menginap di penginapan dengan konsep villa dan dengan harga terjangkau yang bernama Dago Pakar. Atau jika Anda lebih memilih menginap di kota Bandung, maka Anda bisa mendapatkan hotel dengan fasilitas lebih lengkap.
  2. Rumah Makan
    Selain penginapan juga ada tempat makan yang menyediakan kuliner sederhana kepada wisatawan yang datang mulai dari gorengan, kacang rebus dan nasi.
  3. Area Parkir.
    Untuk memberikan rasa nyaman kepada pengunjung, di sediakan area parkir yang cukup luas untuk menampung ratusan kendaraan sepeda motor.

Tips Liburan ke Curug Dago

Untuk anda yang tertarik liburan kesini, simak beberapa tips berikut ini:

  • Pertama, bawa pakaian hangat, minimal jaket karena disini tidak hanya sejuk tapi kadang juga dingin.
  • Jangan tergesa-gesa saat mnuruni anak tangga saat menuju dasar Curug Dago ini karena kondisi tangga yang licin dan pegangannya yang sudah rapuh.
  • Gunakan sandal yang bersol karet agar tidak terpeleset.

Bagaimana? Kami rasa sudah cukup lengkap informasi yang kami berikan untuk anda. Jadi tunggu apa lagi yuk segera meluncur ke TKP.

Demikianlah panduan liburan seru ke Curug Dago Bandung dari kami, semoga bisa menjadi panduan untuk anda semua ya.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lain ya, agar curug nan tersembunyi ini bisa semakin terkenal lagi. Simak juga: Wahana Objek Wisata di Trans Studio Bandung Jawa Barat

Leave a Reply

error: Content is protected !!