Liburan Seru ke Objek Wisata Pantai Santolo Garut Jawa Barat

Pantai Santolo Garut – Buat Anda yang sudah pernah bermain – main atau pun berkunjung ke Garut, tentu saja Anda sudah tahu betul jika kabupaten yang satu ini memiliki beberapa objek wisata pantainya yang indah. Salah satunya adalah objek wisata pantai santolo yang ada di Garut Selatan. Di sini ada hal unik, yakni terdapat hukum alam tak wajar di objek wisata pantai santolo Garut yang dapat Anda jumpai.

Objek wisata pantai santolo di Garut ini adalah sebuah destinasi wisata pantai yang berpasir putih dengan memiliki garis pantainya yang cukup panjang. Di sinilah juga terdapat sebuah pulau kecil yang namanya juga sama dengan nama pantai, yakni Sontolo.

Para pengunjung bisa menuju ke pulau tersebut dengan cara menyewa sebuah perahu nelayan. Sebetulnya, ada sebuah jembatan yang hubungkan antara pantai dan pulau. Akan tetapi kondisinya yang sudah rusak parah dan juga sangat berbahaya untuk menyeberang.

Objek Wisata Pantai Santolo Garut

Objek Wisata Pantai Santolo Garut

Liburan Seru ke Pantai Santolo Garut Jawa Barat

Nah, tepat di bagian bawah jembatan inilah ada sebuah fenomena yang bisa dibilang cukup unik banget. Selengkapnya akan Tempat Wisata Seru rangkumkan berikut ini:

Alamat Pantai Santolo Garut

Pantai ini terletak di Pamengpeuk, Kecamatan Cikelet, bagian selatan kota Garut, Jawa Barat. Jaraknya hanya sekitar 88 Km saja dari pusat kota. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat di peta berikut ini:

Rute Menuju Pantai Santolo Garut

Untuk anda yang tertarik liburan ke pantai ini, silahkan ikuti beberapa rute alternatif berikut ini:

1. Pertama untuk anda yang dari Garut – Cikajang – Cikelet – Pameungpeuk, rute ini merupakan rute umum dan bisa ditempuh dengan kendaraan umum. Bagi anda yang melewati rute ini saya sarankan untuk berhati-hati karena jalan yang berkelok-kelok tajam. Selain itu rute ini banyak ditempuh oleh wisatawan dari kabupaten tasik, bandung, jakarta dan kota lainnya.

Loading...

2. Selain dari Garut, anda juga bisa dari Ciwidey – Cisewu – Bungbulang – Pameungpeuk. Jalur ini lumayan jauh dan belum ada kendaraan umum. Tetapi sebagai gantinya kita disuguhi pemandangan yang sangat bagus.

3. Wisatawan yang datang kesini tidak hanya warga Garut saja, warga Bandung juga banyak yang liburan kesini. Khusus untuk anda yang datang dari Bandung, silahkan ikuti rute jalur ranca bali – Naringgul – Cidaun – Rancabuaya – Santolo. Atau dengan jalur alternatif yaitu melewati Pangalengan.

4. Rute terakhir yaitu untuk anda yang datang dari Pangandaran dan Tasik. Anda bisa menggunakan jalur lintas selatan Cipatujah. Saat ini kondisi jalan lintas selatan sangat baik.

Harga Tiket Masuk Pantai Santolo Garut

Untuk bisa liburan seru di pantai ini, wisatawan hanya mengeluarkan kocek sebesar *Rp.5,000/orang dan parkir *Rp.5,000/kendaraan. (Harga dapat berubah sewaktu-waktu).

Jangan lewatkan juga: 41 Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Aktivitas Seru di Pantai Santolo Garut

Wisatawan Memadari Pantai Santolo Garut

Wisatawan Memadari Pantai Santolo Garut

Wisatawan yang datang ke pantai santolo ini bukan hanya warga asli Garut saja, warga dari berbagai kota berdatangan ke pantai ini untuk menikmati keindahan pantai dan keunikan destinasi liburan disini.

Berbagai wahana sudah disediakan disini, untuk anda yang ingin mencoba adrenali, silahkan coba naik banana boat.  Dengan membayar Rp 25.000 /orang anda sudah dapat menaiki permainan yang dapat dikatakan paling banyak peminatnya.

Selain bermain di pantai ini, wisatawan yang suka mancing juga bisa melakukan aktivitas mancing di pantai Santolo. Aktivitas mancing bisa di area pelabuhan atau TPI dan di dermaga seberang area parkir bahkan bisa dilakukan di laut lepas dengan menyewa perahu milik warga sekitar.

Fenomena Unik di Objek Wisata Pantai Santolo Garut

Di objek wisata pantai santolo Garut, terutama di bagian ujung timur adalah hilir dari sungai cilauteureun. Yang paling unik di sini adalah pada saat sedang pasang, air lautnya malah akan mengalir menuju ke hilir sungai. Bukan sebaliknya sebagaimana di tempat – tempat hilir sungai yang ada pada umumnya.

Tampak melanggar hukum alam memang. Fenomena tersebut terjadi dikarenakan posisi hilir sungainya lebih rendah dari tepi pantai. Tempat pantai santolo ini berada di dekat denga stasiun peluncuran roket miliknya Lembaga Penerbangan dan Antrariksa Nasional atau LAPAN.

Tak jauh berbeda dengan beberapa pantai lainnya di Indonesia. Selain bisa nikmati pesona pantainya yang tampak sangat memukau, para pengunjung juga dapat menyaksikan aktivitas para nelayan tradisional di pantai ini. Ya, pantai santolo adalah salah satu tempat wisata di Garut sekaligus tempat kegiatan para nelayan tradisional yang ada di Garut. Di pantai inilah Anda bisa melihat perahu perahu nelayan yang lagi di parkir di dermaga.

Objek wisata pantai santolo sekarang ini sudah mulai agak ramai para pengunjung. Khususnya pada saat liburan, jumlah pengunjung yang datang akan meningkat drastis. Akan tetapi, tetap ada ketenangan yang dapat Anda peroleh di pantai tersebut, khususnya bila Anda bermalam di area pantai dan memilih mengunjungi pantai saat pagi hari.

Apabila Anda cukup beruntung, maka Anda dapat melihat kawanan burung pantai yang lagi terbang dengan riangnya ke sana kemari mencari makan di sekitar pantai. Jarang – jarang kan Anda bisa temukan burung di pantai.

Apabila Anda ingin bermalam di pantai ini untuk dapat menikmati liburan secara maksimal, Anda dapat menyewa losmen yang banyak tersedia di area pantai tersebut dengan harga kelas melati. Menginap di sekitar pantai santolo Garut akan memberi Anda keleluasaan untuk dapat menikmati suasana pantai kapan pun Anda inginkan. Bila cuaca lagi cerah, panorama sunset di pantai ini akan membuat Anda ingin memiliki kendali atas waktu.

Nah, untuk bisa menikmati liburan yang menyenangkan dan mengasyikkan di pantai santolo, Anda harus membayar tiket masuk ke pantai santolo ini sekitar Rp 5 ribu rupiah per orang. Pantai santolo yang indah tersebut ada di kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat.

Video Objek Wisata Pantai Santolo Garut

Berikut ini video dokumentasi keindahan pantai santolo Garut dari udara yang bisa anda nikmati sebelum datang kesini:

Sumber video: channel youtube pesona garut.

Penginapan & Restoran  di Pantai Santolo Garut

Tidak seru rasanya kalau liburan kesini tapi melewatkan momen matahari tenggelam dan menyantap aneka kuliner lezatnya.

Sore Hari di Santolo Garut

Sore Hari di Santolo Garut

Berbagai fasilitas sudah dilengkapi di sekitar pantai. Jadi anda tidak perlu cemas kemalaman atau kelelahan seharian bermain disini, karena anda bisa menginap di sekitar pantai Santolo ini, juga bisa mencicipi kuliner lezat di rumah makan yang ada di sekitar pantai.

Ada banyak pilihan penginapan yang bisa anda singgahi, untuk kamar dengan kapasitas 2 orang harga mulai dari 250.000/malam sampai dengan 450.000/malam weekand. Untuk rombongan, tersedia juga penginapan type bunglow, dan jika ingin lebih hemat di budget, bisa pilih rumah sewa.

Untuk urusan makan pengunjung tidak perlu khawatir karena disini sudah banyak restoran dan rumah makan biasa yang buka 24 jam terutama weekand. 80% menu makanan disetiap restoran atau rumah makan adalah seafood dan ikan bakar.

Berikut ini daftar penginapan atau hotel di Pantai Santolo Garut yang bisa anda jadikan tempat menginap:

Hotel Wira Kalingga 
SKW : Pameungpeuk
Kecamatan : Pameungpeuk
Jenis Hotel : Hotel Melati III
Alamat : Jn. Raya Pamengpeuk No 102

Pondok Karang Asri 
SKW : Pameungpeuk
Kecamatan : Cikelet
Jenis Hotel : Hotel Melati I
Alamat : JI. Raya Parneungpeuk km.12 No. 10 Tlp. (0262) 521259

Penginapan Amboina 
SKW : Pameungpeuk
Kecamatan : Pameungpeuk
Jenis Hotel : Hotel Melati I
Alamat : Jl. Cilauteureun No. 19 Tlp. (0262) 521281

Penginapan Barokah 
SKW : Pameungpeuk
Kecamatan : Pameungpeuk
Jenis Hotel : Hotel Melati I
Alamat : Jl. Raya Cilauteureun

Penginapan Biasa 
SKW : Pameungpeuk
Kecamatan : Pameungpeuk
Jenis Hotel : Hotel Melati I
Alamat : JI. Cigodek Tlp. (0262) 521939

Penginapan Citra Agung 
SKW : Pameungpeuk
Kecamatan : Pameungpeuk
Jenis Hotel : Hotel Melati I
Alamat : Jl. Cilauteureun No. 785 Tlp. (0262) 521250

Penginapan Rahmat 
SKW : Pameungpeuk
Kecamatan : Pameungpeuk
Jenis Hotel : Hotel Melati I
Alamat : Jl. Cilauteureun No. 10 Tlp. (0262) 251077

Wisma LAPAN 
SKW : Pameungpeuk
Kecamatan : Pameungpeuk
Jenis Hotel : Hotel Melati I
Alamat : Jl. Cilauteureun

Bagaimana, anda sudah tidak sabar lagi mau liburan ke pantai Santolo di akhir pekan ini? Tunggu apalagi, yuk langsung menuju ke TKP. Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang objek wisata pantai santolo Garut. Semoga manfaat.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar pantai ini semakin terkenal lagi ya. Baca juga: 29 Tempat Wisata di Garut Jawa Barat Paling Populer

loading...

One Response

Leave a Reply

error: Content is protected !!