27 Tempat Wisata di Pangandaran Jawa Barat yang Paling Terkenal

Wisata Pangandaran – Kabupaten Pangandaran adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Parigi. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar di utara, Kabupaten Cilacap di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Tasikmalaya di barat.

Pangandaran dahulunya masuk dalam kawasan Kabupaten Ciamis, semenjak Oktober 2012, Pangandaran resmi berdiri sebagai wilayah administrasi Kabupaten tersendiri. Dan sejak saat itulah Pangandaran terus melesat perkembangannya, salah satunya adalah dari sektor pariwisatawanya. Karena memang, ada banyak sekali tempat wisata Pangandaran yang bisa kita kunjungi.

Wisata Pangandaran berupa objek wisata pantai, wisata alam, air terjun dan lain sebagainya yang tidak kalah indah dari tempat-tempat lain, bahkan bisa mengalahkan destinasi wisata di luar negeri sekalipun. Sebutnya saja Cukang Taneuh atau Green Canyon-nya Pangandaran, keindahan Cukang Taneuh sudah tidak diragukan lagi.

Siapa yang tidak kenal dengan pantai pangandaran? Pantai ini juga menjadi salah satu destinasi wisata Pangandaran yang tidak boleh dilewatkan. Dan masih banyak lagi destinasi wisata Pangandaran yang luar biasa lainnya.

Wisata Pangandaran Paling Terkenal

Berikut ini Tempatwisataseru.com berhasil rangkum 27 destinasi wisata Pangandaran yang tidak boleh anda lewatkan, selamat berlibur:

1. Objek Wisata Alam Curug Bojong Pangandaran

Destinasi wisata Pangandaran yang pertama adalah Curug Bojong, atau air terjun Bojong yang ada di Kampung Bojong. Pada awalnya, air terjun ini bernama Curug Sawangan.

Objek Wisata Alam Curug Bojong Pangandaran

Objek Wisata Alam Curug Bojong Pangandaran

Namun sekarang ini lebih terkenal dengan nama Curug Bojong dikarenakan air sungainya berasal dari Kampung Bojong. Jika Anda ingin menuju tempat ini dari Pangandaran, ambil jalur Babakan kemudian Sukahurip dengan jarak tempuh sekitar 6 km saja.

Lokasi tepatnya, curug ini ada di Desa Sukahurip, Kabupaten Pangandaran. Dari pantai Pangandaran melalui jalan raya Cijulang berjarak sekitar 15,2 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 33 menit.

Untuk menuju air terjun yang asyik untuk mandi-mandi ini membutuhkan perjuangan ekstra, karena akses jalnnya yang masih belum di aspal. Ada 3 cara agar bisa mencapai curug nan eksotis ini, pertama dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat. Tapi jika Anda hobi berpetualang, hiking dan aktivitas bersepeda dapat menjadi aktivitas yang membahagiakan bagi Anda.

Anda harus membayar tiket masuk Rp3.000,- dengan biaya parkir Rp2.000,-.

Fasilitas di lokasi air terjun ini cukup lengkap, di tempat ini tersedia fasilitas seperti MCK atau ruang ganti, mushola, camping ground, rest area, pemandu, ban dan pelampung untuk berenang dan lainnya untuk menyamanan pengunjung.

2. Objek Wisata Pantai Pangandaran

Siapa sih yang tidak kenal dengan pantai Pangandaran? Pantai ini sangat terkenal dengan keindahan pantainya, pasirnya putih dan terjaga kebersihannya membuat pantai ini masuk dalam daftar objek wisata Pangandaran yang wajib dikunjungi.

Objek Wisata Pantai Pangandaran

Objek Wisata Pantai Pangandaran

Bahkan, tidak lengkap rasanya kalau ke Pangandaran tanpa berkunjung ke Pantai nan eksotis ini. Pantai Pangandaran ada di di Desa Pangunjung, Kecamatan Pangandaran. Jika Anda dari arah Ciamis, Anda harus ke arah selatan sekitar 92 km.

Di pantai ini Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang memukau mata, berenang dengan aman karena pantainya landai dan juga menikmati taman laut. Untuk menuju lokasi, Anda juga sudah dipermudah dengan jalanan beraspal yang sudah dilengkapi dengan penerangan yang baik.

Simak selengkapnya:  Objek Wisata Pantai Pangandaran

3. Objek Wisata Pantai Batu Karas Pangandaran

Objek wisata Pangandaran selanjutnya adalah pantai batu keras yang lokasinya ada di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, sekitar 34 km dari Pangandaran atau jika anda menggunakan kendaraan sekitar 1 jam perjalanan. 

Objek Wisata Pantai Batu Karas Pangandaran

Objek Wisata Pantai Batu Karas Pangandaran

Pantai ini sangat ramah dan tenang, sehingga sangat cocok untuk liburan bersama keluarga bahkan anak-anak.
Tempat ini sangat layak Anda jadikan tempat sekedar bersantai, berenang maupun Anda yang ingin berselancar. 

Tempat wisata ini juga cocok untuk Anda yang memiliki hobi berselancar karena pantai ini merupakan paduan pantai Batu Hiu dan Pantai Pangandaran. Anda juga bisa menginap di hotel atau penginapan yang terdapat di sekitar pantai, dengan begitu Anda bisa menikmati sunset dan sunrise yang indah.

Berbagai fasilitas pendukung sudah ada di pantai ini, seperti toilet, tempat ibadah, Hotel, Camping Ground, Kios Cinderamata, sewaan papan selancar dan ban renang.

Untuk bisa masuknya, anda dikenakan biaya 1(satu) orang Rp5.800,- Sepeda Motor Rp12.500,- kendaraan jenis sedan Rp32.000,- kendaraan jenis carry Rp61.000,- Kendaraan penumpang pesar Rp89.000,- bus kecil Rp118.000,-bus sedang Rp181.000, dan bus besar Rp297.000,-

4. Cukang Taneuh

Nah, ini dia Green Canyon-nya Pangandaran, Cukang Taneuh menjadi salah satu destinasi wisata Pangandaran yang wajib dikunjungi. Lokasinya ada di Jl. Green Canyon – Cijulang, Kertayasa, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia. Dari Ciamis sendiri Anda harus menempuh perjalanan sekitar 130 km atau 31 km dari Pangandaran.

Cukang Taneuh

Cukang Taneuh

Di tempat wisata ini Anda bisa menyewa sampan dengan harga 75.000 Rupiah yang bisa digunakan oleh maksimal 5 orang. Sampan ini bisa Anda sewa mulai dari jam 7.30 hingga 16.00. Anda bisa menikmati indahnya ngarai dengan udara yang sejuk dan juga pemandangan hijau yang menarik. Selain itu, Green Canyon ini juga dekat dengan tempat wisata Batukaras dan juga Bandara Nusawiru.

Liburan ke Cukang Taneuh akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Melihat gambarnya saja kita sudah takjub bukan? Apalagi kalau datang ke lokasinya langsung!

5. Tempat Wisata Pantai Keusik Luhur Pangandaran

Masih ada banyak pantai di Pangandaran yang bisa kita jadikan sebagai destinasi wisata, salah satunya adalah pantai Keusik Luhur yang terdapat di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak, atau berjarak sekitar 45 km dari Pangandaran.

Tempat Wisata Pantai Keusik Luhur Pangandaran

Tempat Wisata Pantai Keusik Luhur Pangandaran

Pantai ini menjadi perpaduan antara pemandangan alam pegunungan dan birunya laut menjadi ciri khas dari pantai ini.

Dari atas bukit yang ada di pantai ini, Anda bisa melihat pemandangan ombak yang menghantam karang. Nama Keusik Luhur sendiri ternyata juga diambil dari latar belakang pantai ini. “Keusik” artinya pasir, sedangkan “luhur” artinya tinggi. Nama tersebut diambil karena gelombang laut yang besar membuat pasir terangkat tinggi ke batu karang.

6. Objek Wisata Santirah River Tubing Pangandaran

Kalau anda ingin seru-seru bersama rombongan sekaligus memacu adrenalin, anda bisa mencoba di Santirah River Tubing yang lokasinya ada di Aliran sungai Santirah yang ada di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat. Untuk mencapainya, kita harus menempuh perjalanan sekitar 15 km saja dari pusat kota Pangandaran.

Objek Wisata Santirah River Tubing Pangandaran

Objek Wisata Santirah River Tubing Pangandaran

Disini anda akan merasakan serunya sensasi arung jeram dengan menggunakan ban besar, kalau arung jeram biasanya menggunakan perahu karet bukan?

Agar liburan anda lebih menyenangkan anda bisa menggunakan jasa tour wisata yang tersedia mulai dari harga Rp200.000,-. Selain hemat biaya dan waktu, perjalanan Anda pun dapat terjamin aman dan menyenangkan.

Sensari di Santirah river tubing akan lebih terasa lagi. Wanna try?

7. Tempat Wisata Pantai Saung Muara Pangandaran

Pantai saung muara bisa anda jadikan tempat liburan di Pangandaran yang selanjutnya. Pantai ini sangat cocok kalau anda mau berkemah, apakah itu bersama teman atau keluarga tercinta.

Tempat Wisata Pantai Saung Muara Pangandaran

Tempat Wisata Pantai Saung Muara Pangandaran

Pantai saung muara berlokasi di ujung Jalan Pamugaran, lokasi ini dapat Anda tempuh dari pintu masuk Pangandaran, belok kanan dan lakukan perjalanan sekitar 1 km. Anda akan mendapati pemandangan alam yang indah dengan udara sejuk dan mangrove di sekelilingnya. 

Untuk nama desanya yaitu Desa Kondangjajar Kec. Cijulang Kabupaten Pangandaran. Berjarak hanya sekitar 21,3 kilometer dari Pantai Pangandaran melewati Jln Raya Cijulang.

Saung Muara memiliki fasilitas seperti gazebo dan mushola. Anda juga bisa menikmati kuliner yang terdapat di warung-warung sepanjang pantai. Menikmati pemandangan matahari tenggelam sambil ber-BBQ dengan teman atau keluarga akan menjadi pengalaman tak terlupakan di sini.

8. Gua Sumur Mudal

Salah satu objek wisata alam Pangandaran yang tidak boleh anda lewatkan adalah gua sumur mudal. Goa ini menjadi salah satu tujuan wisata di Pangandaran untuk wisatawan pencinta alam.

Gua Sumur Mudal

Gua Sumur Mudal

Nama gua ini didapat karena dulunya di dalam gua ini ada mata air yang bentuknya menyerupai sumur dengan air yang “mudal” atau mendidih dalam Bahasa Indonesia. Gua ini termasuk goa yang tidak boleh dilewatkan jika Anda melakukan trip ke Pangandaran.

Bagaimana? Anda tertarik?

9. Tempat Wisata Pantai Karapyak Pangandaran

Satu lagi wisata pantai di Pangandaran yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu pantai karapyak yang berjarak sekitar 20 km saja dari pantai Pangandaran.

Tempat Wisata Pantai Karapyak Pangandaran

Tempat Wisata Pantai Karapyak Pangandaran

Pantai Karapyak lokasinya ada di desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Fasilitas objek wisata pantai Karapyak untuk sementara ini memiliki areal parkir, warung/kedai, pondok wisata yang dikelola penduduk setempat, tempat pelelangan ikan, mushola, toilet, dan sebagian garis pantai dipergunakan masyarakat setempat untuk pemberdayaan rumput laut.

Untuk harga tiket masuk, dihitung per kendaraan untuk roda 4 (empat) sebesar Rp. 27.500,- dan roda 2 (dua) sebesar Rp. 10.000,- sudah termasuk iuran kebersihan dan keamanan.

10. Wahana Liburan Pangandaran Waterpark

Pangandaran waterpark merupakan salah satu wahana liburan terbaru di Pangandaran, namun menjadi salah satu favorit liburan untuk keluarga.

Wahana Liburan Pangandaran Waterpark

Wahana Liburan Pangandaran Waterpark

Waterpark ini cukup unik dan tidak sama dengan waterpark lainnya, dimana Pangandaran waterpark letaknya di pinggiran Pantai Lembah Putri. Anda bisa menemukannya sekitar 5 km dari pintu wisata Pangandaran tepatnya di Kecamatan Kalipucang.

Ada beberapa kolam yang bisa dinikmati dan juga lapangan untuk berkendara ATV. Untuk bisa masuk ke waterpark ini Anda harus membayar antara 10.000 sampai 25.000 Rupiah per orang.

11. Objek Wisata Pantai Batu Hiu Pangandaran

Satu lagi pantai di Pangandaran yang bisa kita jadikan sebagai destinasi wisata saat liburan, yaitu pantai Batu Hiu yang memiliki tebing cukup terjal yang memiliki pemandangan lepas ke arah Samudra Hindia.

Objek Wisata Pantai Batu Hiu Pangandaran

Objek Wisata Pantai Batu Hiu Pangandaran

Lokasi pantai Batu Hiu berjarak sekitar 14 km dari Pangandaran sebagai objek wisata pilihan ketika anda datang ke Pangandaran. Terletak di Desa Ciliang Kecamatan Parigi, kurang lebih 14 km dari Pangandaran ke arah Selatan.

Pantai ini memiliki panorama alam yang sangat indah. Dari atas bukit kecil yang ditumbuhi pohon-pohon Pandan Wong, kita menyaksikan birunya Samudra Indonesia dengan deburan ombaknya yang menggulung putih.

Di bukit kecil yang ditanami pandan wong itulah tempat yang paling pas untuk menikmati pantai Batu Hiu. Yang unik, untuk naik ke atas bukit, kita melewati “gerbang” bikit berupa terowongan kecil yang berbentuk ikan hiu. Jadi, seolah-olah kita masuk ke dalam mulut ikan hiu.

Untuk harga tiket masuk pantai batu hiu yaitu Rp7.500 untuk pejalan kaki dan sepeda motor, dan Rp36.000 untuk Anda pengguna kendaraan roda empat sejenis carry/mini bis.

12. Objek Wisata Alam Citumang Pangandaran

Satu lagi objek wisata Pangandaran yang sangat populer dan sayang sekali untuk dilewatkan, yaitu wisata alam Citumang. Sungai Citumang memiliki daya tarik tersendiri, sungai ini mengalir membelah hutan jati dengan airnya yang bening kebiruan, sangat indah sekali.

Objek Wisata Alam Citumang Pangandaran - wisata Pangandaran

Objek Wisata Alam Citumang Pangandaran

Tepian sungai yang terdiri dari ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alam dan aliran sungai yang menembus ke dalam goa. Keheningan alam akan Anda jumpai disini. Musik alami berupa gemercik air sungai, bisikan angin sepoi yang menyelinap di antara pepohonan dan suara satwahutan yang tak pernah sepi.

Salah satu pengembang menjadikan sungai ini sebagai wahana rekreasi, terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi dengan jalan sekitar 15 km dari Pangandaran ke arah barat. Atau sekitar 4 km dari jalan raya Pangandaran –Cijulang. Jarak seluruhnya dari kota Ciamis sekitar 95 km. Dapat dicapai dengan kendaraan umum jurusan Cijulang, dilanjutkan dengan kendaraan ojeg, disambung dengan jalan kaki menelusuri tepi sungai dan kebun pendudukan sepanjang 500 meter.

Aliran sungai yang masuk ke dalam goa ini diberi nama Goa Taringgul yang kemudian diberikan nama baru sebagai Sanghyang Tikoro (Batara Tenggorokan).

Wisatawan yang datang juga bisa mencoba olahraga rifting yang memacu adrenalin. Anda bisa mencoba paket wisata rifting plus pemandu dengan biaya Agar Rp75.000-Rp200.000, perorang.

13. Objek Wisata Pantai Karang Tirta Pangandaran

Satu lagi tempat wisata di Pangandaran berupa pantai yang bisa anda jadikan sebagai tempat berkemah yaitu Pantai Karang Tirta yang lokasinya ada di Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih ke arah Batu Hiu belok kiri.

Objek Wisata Pantai Karang Tirta Pangandaran

Objek Wisata Pantai Karang Tirta Pangandaran

Anda juga bisa menikmati liburan dengan bersampan ria, atau memancing disini. Fasilitas yang bersedia berupa kedai makanan dan minuman dan pondok wisata.

Pantai Karang Tirta juga memiliki sedikit hutan yang disebut Leuweung Nusa, di dalamnya terdapat berbagai jenis tanaman yang sudah lama tumbuh dan ada di sana sejak dahulu.

Pantai Karang Tirta cocok untuk dikembangkan menjadi tempat kegiatan out bound, hal tersebut didukung oleh wisata alam yang ada di sekitarnya, seperti : kolam, sungai, muara, delta, sawah, hutan, dan lainnya.

14. Objek Wisata Pantai Lembah Putri Pangandaran

Objek wisata Pangandaran yang satu ini masih sangat baru, sehingga masih perlu promosi dan pengenalan yang lebih gencar lagi.

Objek Wisata Pantai Lembah Putri Pangandaran

Objek Wisata Pantai Lembah Putri Pangandaran

Pantai Lembah Putri sendiri terletak di Dusun Lembah Putri, Desa Putra Pinggan, Kecamatan Kalipucang, Jawa Barat, 3 km arah timur Pangandaran.

Di sini terdapat sebuah bukit dan sebuah goa yang bernama Goa Ronggeng. Konon, pada malam tertentu akan terdengar suara music yang menyerupai gamelan ronggeng dari dalam goa itu. Dari atas bukit, Anda dapat menikmati indahnya panorama Pantai Lembah Putri.

15. Destinasi Wisata Desa Wisata Selasari Pangandaran

Di Kecamatan Parigi, terdapat satu desa wisata yang bisa anda kunjungi yaitu Desa Wisata Selasari. Desa ini memiliki perbukitan yang indah dan sawah-sawah luas dengan hawa yang sejuk.

Destinasi Wisata Desa Wisata Selasari Pangandaran

Destinasi Wisata Desa Wisata Selasari Pangandaran

Di Desa Wisata Selasari, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas wisata alam. Bagi Anda yang menyukai wisata goa, di Desa Wisata Selasari ini ada 8 goa yang bisa Anda kunjungi, antara lain yaitu: Goa Sutra Reregan, Goa Panggung, Goa Peteng, Goa Panjang, Goa Parat, Goa Lanang, Goa Gede dan Goa Citalun. Kondisi goa-goa ini masih alami. Di Desa Wisata Selasari juga terdapat sungai yang cocok untuk wisata arung jeram, hutan konservasi, dan beberapa situs budaya.

Sangat cocok sekali dengan anda yang memiliki jiwa petualang.

16. Objek Wisata Cagar Alam Pananjung Pangandaran

Cagar alam Penanjung memiliki beraneka-ragam kekayaan flora dan fauna. Cagar alam ini menjadi satu-satunya obyek wisata hutan yang dapat kita jumpai di Pangandaran.

Objek Wisata Cagar Alam Pananjung Pangandaran

Objek Wisata Cagar Alam Pananjung Pangandaran

Beberapa jenis flora dari hutan primernya adalah pohpohan kondang dan benda. Sedangkan beberapa jenis flora dari hutan sekundernya adalah laban, kisegel, merong, dan sebagainya.

Hewan-hewan yang dapat ditemui di Cagar Alam Pananjung ini adalah monyet ekor panjang, lutung, kalong,banteng, dan rusa. Daya tarik lain dari Cagar Alam Pananjung ini adalah goa alam dan goa-goa peninggalan Jepang. Di sini juga terdapat Batu Kalde atau Sapi Gumarang yang merupakan peninggalan sejarah jaman Hindu.

Disini anda bisa melihat koleksi satwa mulai dari tando, monyet ekor panjang , lutung , kalong , banteng, rusa, dan landak. Sedangkan jenis burung antara lain burung cangehgar, tlungtumpuk, cipeuw , dan jogjog. Jenis reptilia adalah biawak , tokek, dan beberapa jenis ular, antara lain ular pucuk.

17. Tempat Wisata Pantai Madasari Pangandaran

Objek wisata Pangandaran yang terakhir dari kami adalah pantai madasari yang berlokasi di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, kurang lebih 40 km dari Pantai Pangandaran.

Tempat Wisata Pantai Madasari Pangandaran

Tempat Wisata Pantai Madasari Pangandaran

Pantai ini memiliki karakteristik tersendiri dan memiliki panorama alam berupa pulau-pulau kecil yang berpadu dengan bebatuan karang dan jajarang pohon ketapang di sepanjang pantai. 

Bagi anda yang memiliki hobi berselancar, pantai ini bisa dijadikan sebagai pilihan, karena ombak di pantai ini cukup menantang.

Perlu juga anda ketahui, bahwa Anda harus hati-hati karena ada banyak bulu babi di pantai ini. Walaupun belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan, namun fasilitas di Pantai Madasari sudah cukup memadai dengan adanya toilet dan mushola.

18. Wisata Pantai Pananjung Pangandaran

Objek wisata Pangandaran berikutnya adalah pantai pananjung yang ada di dalam kawasan Cagar alam Pananjung, pantai ini salah satu pantai yang masih sepi dan alami. Sama halnya dengan pantai di sekitarnya, keindahan pantai ini terletak pada pasir putih kecokelatan nan landai serta pemandangan yang menyejukkan mata.

Wisata Pantai Pananjung Pangandaran

Wisata Pantai Pananjung Pangandaran

Disini anda bisa melakukan kegiatan diving dan snorkeling mengamati indahnya biota laut di air yang biru jernih. Biota tersebut antara lain kuda laut, teripang, tiram dan bintang laut serta berbagai jenis ikan yang cantik.

Selain itu, anda juga bisa berselancar di tempat ini dengan kondisi ombak yang tak terlalu besar. Fasilitas di pantai ini terbilang masih minim. Namun Anda bisa menikmati keindahan pantai ini dengan menaiki kapal untuk berkeliling menyaksikan keajaiban laut yang berada di sekitar pantai ini.

19. Objek Wisata Ciwayang Rafting Pangandaran

Destinasi wisata Pangandaran selanjutnya adalah objek wisata ciwayang rafting yang ada di blok Ciwayang Dusun Cikoranji Desa Cimindi kecamatan Cigugur, berjarak sekitar 1 jam dari Pangandaran. Tempat yang satu ini merupakan salah satu tempat terbaik rafting dengan pemandangan alam yang luar biasa.

Objek Wisata Ciwayang Rafting Pangandaran

Objek Wisata Ciwayang Rafting Pangandaran

Untuk anda yang gemar dengan objek wisata alam, maka tempat ini harus masuk dalam daftar objek wisata di Pangandaran yang akan anda kunjungi.

20. Objek Wisata Alam Pangandaran Curug Taringgul

Objek wisata Pangandaran berikutnya yang menarik untuk kita kunjungi adalah Curug Taringgul. Curug ini snagat terkenal dengan keindahannya yang luar biasa. Terdapat batu karang hijau yang memancarkan air bak tirai terlihat sangat  eksotis. Lokasi curug taringgul ini ada di desa Kertayasa Kecamatan Cijulang berada sekitar 3 kilometer dari lokasi parkir Green Canyon.

Objek Wisata Alam Pangandaran Curug Taringgul

Objek Wisata Alam Pangandaran Curug Taringgul

21. Objek Wisata Pantai karang nini Pangandaran

Objek wisata Pangandaran yang tidak boleh anda lewatkan berikutnya adalah pantai karang nini yang letaknya tidak jauh dari Pantai Karapyak, tepatnya di Desa Emplak, Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

Objek Wisata Pantai karang nini Pangandaran

Objek Wisata Pantai karang nini Pangandaran

Diberi nama pantai karang nini karena di pantai ini terdapat sebuah karang yang berbentuk seperti sesosok nenek atau dalam bahasa sunda berarti nini yang sedang termenung. Hal inilah yang menjadi latar belakang dari nama pantai itu sendiri.

22. Wisata rafting Goa Lanang

Wisata Pangandaran yang bisa anda jajal selanjutnya adalah wisata rafting Goa Lanang. Objek wisata ini masih berada di sekitaran Dusun Selasari. Objek wisata Pangandaran yang satu ini menawarkan sensasi rafting serta caving atau wisata goa secara bersamaan.

Wisata rafting Goa Lanang

Wisata rafting Goa Lanang

Selain rafting, wisatawan juga akan diajak merasakan sensasi susur goa lanang dengan panjang kurang lebih 360 meter dengan sarang kelelawar di dalamnya. Bagaimana? Apa yang kurang dari Pangandaran? Karena memang, Indonesia punya semua.

23. Wisata Kuliner restoran Rasa Sayang

Berikut ini kita ulas juga tempat makan yang tidak boleh dilewatkan saat kita berkunjung ke Pangandaran. Yang pertama kami ulas adalah restoran Rasa Sayang.

Restoran rasa sayang menawarkan aneka kuliner lezat dan siap memanjakan lidah anda. Disini juga ada seafood yang nikmat. Lokasi restoran ini ada di Jalan Kidang Pananjung No. 236., Pananjung, Banjar, Pangandaran, Jawa Barat. Lokasinya berada tak jauh dari Nyiur Beach Hotel.

Uniknya, restoran ini juga siap memasakkan bahan mentah yang anda bawa dengan biaya Rp40.000,- permasakan. Tempat ini layak Anda jadikan sebagai tujuan wisata Kuliner Anda di Pangandaran.

24. RM Berkah Seafood

Tempat makan enak di Pangandaran berikutnya adalah RM Berkah Seafood. Disini anda bisa mencoba aneka menu olahan hasil laut yang akan menggoyang lidah Anda. Mulai dari nasi goreng cumi-cumi, nasi goreng udang, hingga variasi olahan lainnya. Untuk harga juga relatif terjangkau mulai dari 15 ribu rupiah saja.

Alamat : Jl. Talanca No.315, Pantai Timur Pangandaran

25. Warung Sate Galunggung

Jangan lupa juga untuk mampir ke warung sate galunggung yang sangat terkenal satenya. Disini anda bisa mencoba sate ayam dan juga sate kambing dengan rasanya yang sangat khas dan enak.

Alamat : Jl. Kidang Pananjung, Pangandaran

26. Bakso Podomoro

Tempat wisata kuliner di Pangandaran berikutnya adalah Bakso Podomoro. Warung bakso ini menyediakan bakso dengan daging sapi asli. Rasa yang super nikmat membuat anda pasti ketagihan ingin mencobanya lagi. Apalagi ditambah dengan kuahnya yang khas. Rasa khas inilah yang membuat bakso Podomoro semakin terkenal. Untuk itu, ketika Anda berlibur di Pangandaran jangan lupa mampir ke Bakso Podomoro.

Alamat : Jl. Kidang Pananjung, Pangandaran

27. Cumi Goreng Kering Cabe Pondok Pangandaran

Tempat makan di Pangandaran selanjutnya adalah warung aneka cumi. Cumi disini dibandrol mulai Rp. 29.500 untuk satu porsinya. Jadi, bagi Anda yang suka dengan daging cumi wajib mencicipi olahan ini.

Alamat : Jl. Green Ville blok BL-6, Pangandaran

Itulah 27 Tempat Wisata Pangandaran yang Wajib Dikunjungi, jangan lewatkan juga 27 Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

loading...

3 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!