Liburan Seru ke Objek Wisata Curug Cimahi Bandung

Curug Cimahi – Kota Bandung memang memiliki banyak tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata alam yang patut anda kunjungi adalah Curug Cimahi. Lokasi wisata tersebut mudah sekali anda jangkau karena letaknya berada di pinggiran jalan raya Kolonel Masturi dan berada tidak jauh dari Universitas Advent Bandung.

Air terjun Cimahi ini memiliki ketinggian sekitar 87 meter. Bisa dibilang wisata alam air terjun ini menjadi salah satu Curug yang tertinggi di Kota Bandung

Sebenarnya nama Curug Cimahi ini diambil dari nama sungai yang telah mengalir. Yang mana alirannya itu berhulu di danau Lembang dan akan mengalir menuju Kota Cimahi. Suhu udara yang berada di kawasan wisata tersebut berkisar antara 18 hingga 22 derajat celcius.

Curug Cimahi Bandung

Curug Cimahi Bandung

Alamat Curug Cimahi Bandung Jawa Barat

Lokasinya pun berada pada ketinggian sekitar 1050 mdpl. Wisata alam Curug Cimahi ini letaknya berada di Jl.Kolonel Masturi No 325, Bandung, Jawa Barat. Tentunya lokasi wisata ini dekat sekali dengan obyek wisata lain. Jika berbicara mengenai akses jalannya, saya rasa sudah cukup baik untuk dilalui.

Rute Jalan Menuju Kawasan Wisata Curug Cimahi

Banyak sekali alternatif jalan yang bisa anda lalui menuju lokasi wisata Curug Cimahi ini. Salah satu akses jalan yang mudah anda lalui tentunya jalur Lembang-Paronpong. Anda hanya perlu menyusuri jalur hingga sampai pada terminal angkot Cisarua kurang lebih jaraknya 1 km saja sebelum anda sampai pada dusun Bambu Bandung.

Anda hanya perlu mengikuti jalannya. Yang menjadi patokannya adalah Universitas Advent. Setelah melewati universitas tersebut, anda akan melewati suatu turunan, jembatan bahkan juga tanjakan. Jika anda sudah melalui tanjakan maka anda akan segera sampai di gerbang Curug Cimahi.

Berbeda lagi jika anda memilih menggunakan angkutan umum. Tentunya anda hanya perlu menuju lokasi dengan angkutan kota jurusan Ledeng-Parongpong. Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum dengan jurusan Parongpong – Padalarang kurang lebih 2 km jaraknya dan nanti akan berhenti pada terminal angkot Cisarua. Apabila anda berkunjung ke Dusun Bambu Bandung, maka gerbang dari wisata Curug Cimahi ini akan anda lewati secara langsung.

Fasilitas yang Tersedia di Lokasi Wisata Curug Cimahi

Jika akses menuju lokasi wisata Curug Cimahi saja cukup baik, untuk masalah fasilitas pastinya juga sudah terpenuhi. Ketika anda sampai di lokasi, anda akan menyusuri sebuah tangga turun kurang lebih selama 15 hingga 20 menit lamanya dengan kondisi tangga yang masih terawat dan juga bagus.

Keindahan Curug Cimahi Bandung

Keindahan Curug Cimahi Bandung

Tangga turunan yang ada di lokasi wisata cukup banyak juga. Sehingga anda akan merasa cukup lelah ketika harus menaikinya. Tapi jangan khawatir lagi karena sepanjang tangga tersebut sudah disediakan tempat untuk beristirahat maupun tersedia shelter. Ada baiknya anda gunakan sandal sepatu yang lebih nyaman jika anda berkunjung menuju wisata ini.

Ada banyak sekali fasilitas umum yang telah tersedia di lokasi wisata Curug Cimahi ini seperti halnya musholla, kamar kecil, warung, maupun tempat istirahat sekalipun. Umumnya wisata tersebut memang terawat sekali sehingga terlihat begitu bersih.

Sementara untuk area parkirnya berada di dekat gerbang masuk wisata. Bahkan setelah adanya pengembangan dengan air terjun pelangi ini, terdapat beberapa penambahan dek bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana sekitar lokasi wisata.

Dengan hadirnya beragam fasilitas sekaligus prasarana ini tentunya bisa membuat para pengunjung merasa nyaman saat berada di lokasi wisata. Jika anda sedang berada di kota Bandung, jangan sampai anda lewatkan untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Anda akan merasakan keseruan yang tak terlupakan.

Kunjungi juga: 34 Tempat wisata anak di Bandung paling Populer dan Mengasyikan

Pesona Keindahan Curug Cimahi Sayang Dilewatkan

Perjalanan anda menuju kawasan wisata Curug Cimahi dari kota Bandung ini bisa dibilang cukup mulus. Hanya saja sesekali anda akan melewati beberapa tanjakan maupun turunan. Sepanjang perjalanan pun anda akan melihat hamparan kebun sayur yang ada di sebelah kiri maupun kanan jalan.

Bahkan di berbagai titik, anda akan menemui beberapa penjual durian. Uniknya lagi saat anda sampai pada loket pembayaran masuk lokasi, anda akan disambut dengan belasan monyet. Ketika anda sudah masuk lokasi wisata, maka anda hanya perlu menuruni tangga sekitar 500 anak tangga untuk bisa sampai pada lokasi air terjun. Anda akan melihat keindahan air terjun Curug Cimahi ini setelah anda melalui beberapa tangga yang ada.

Pesona Keindahan Curug Cimahi

Pesona Keindahan Curug Cimahi

Saat tengah perjalanan, para pengunjung pun biasanya akan dimanjakan dengan hadirnya menara pandang yang bisa anda manfaatkan untuk menikmati landskap Curug cimahi dari atas. Bahkan pada gardu pandang yang telah tersedia, ada pula beberapa buah meja dan kursi yang bisa anda gunakan untuk beristirahat.

Tak sedikit pula dari mereka yang berhenti sejenak untuk beristirahat maupun berfoto untuk dijadikan kenangan. Jika beruntung, para pengunjung biasanya mampu melihat pelangi yang ada di lokasi wisata Curug Cimahi ini. Biasanya pelangi akan muncul dari jam 1 hingga jam 3 sore.

Munculnya pelangi ini hasil dari pembiasan sinar matahari oleh titik air sehingga mampu hasilkan lengkungan spectrum yang berwarna.  Inilah yang mampu membuat Curug Cimahi sering dijuluki dengan nama Curug pelangi.

Jangan lewatkan juga: 37 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Harus Anda Coba

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Curug Cimahi

Saat kita berkeinginan untuk menghabiskan waktu liburan di luar kota tentu saja masalah budget menjadi salah satu hal yang paling dipertimbangkan. Bukan hanya memikirkan mengenai tujuan wisatanya saja. Yang namanya wisata harapan semua orang tentu bisa berwisata seru namun dengan budget yang lebih murah.

Menghabiskan waktu liburan ke tempat wisata alam nan indah pastinya bisa menjadikan pikiran kita lebih fresh lagi. Kini harga tiket wisata Curug Cimahi ini sangat terjangkau sekali untuk semua kalangan masyarakat.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 rupiah saja. Sedangkan bagi anda yang membawa kendaraan sepeda motor, maka anda akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 2.000 rupiah saja. Tentunya tarif masuk wisata Curug Cimahi sangat murah meriah sekali. Apalagi wisata alam yang satu ini memiliki nama lain yang cukup unik pula yakni air terjun Pelangi.

Saat malam hari, wisata tersebut juga dibuka dengan nama lain Rainbow Fall Bandung. Menariknya lagi saat malam hari tersedia fitur lampu hias yang menyala dibelakang air terjun sehingga mampu membuat mata kita terpana melihatnya.

Saat anda merasa suntuk pastinya lokasi wisata tersebut menjadi pilihan yang paling tepat bagi anda. Di sana anda bisa membuat pikiran anda lebih tenang bahkan rasa lelah pun seakan terlepaskan dan bisa kembali dengan kondisi yang lebih fresh.

Jadikan liburan anda lebih berwarna dengan berkunjung ke salah satu wisata alam yang ada di Bandung yakni Curug Cimahi ini. Apalagi bagi anda yang ingin lepas dari suasana kebisingan maka wisata alam tersebut patut dijadikan pilihan.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata di Trans Studio Bandung Jawa Barat

Tips Liburan ke Curug Cimahi Bandung

Bagaimana, anda pasti sudah tidak sabar lagi ingin liburan ke curug Cimahi ini bukan? Keindahan curug yang tiada taranya ini pasti akan membius siapa saja yang datang kemari. Nah untuk sobat yang datang liburan ke Curug ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Karena curug ini masuk dalam kategori objek wisata ekstrim dan berbahaya, maka anda harus memiliki keberanian sekaligus siap untuk memacu adrenalin untuk bisa menuruni sebanyak 587 anak tangga sepanjang 500 meter panjangnya dengan tingkat kecuramannya mencapai 45 derajat dan lama tempuh standar 30 menit.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan waktu berkunjung kesini, karena pada saat akhir pekan bisa dipastikan jalur dari arah Kota Bandung menuju Bandung utara (Lembang), kerap macet. Maklum, kawasan Lembang selalu diserbu wisatawan luar Bandung seperti Jakarta saat liburan.

Waktu terbaik untuk menikmati objek wisata Curug Cimahi atau curug pelangi ini adalah pada saat menjelang waktu sore dan malam hari, agar supaya anda bisa menikmati keindahan warna pelangi dari Curug ini.

Jika anda ingin liburan lebih seru lagi anda bisa mencari tempat penginapan di sekitar curug ini. Karena ada banyak objek wisata lainnya yang ada di Lembang Bandung yang tidak kalah menarik untuk kita kunjungi, mulai dari Dusun Bambu, Kampung Gajah Wonderland, Rumah Hobbit Farm House Lembang, Terminal Wisata Grafika Cikole, Maribaya Natural Hot Spring Resort, Floating Market Lembang ( Taman Miniatur Kereta Api & Hijab Swimming Pool ) atau Gunung Tangkuban Perahu.

Bagaimana? Anda sudah tidak sabar lagi ingin merasakan keseruan liburan bersama orang tercinta ke curug Cimahi ini? Tunggu apalagi, yuk siapkan ransel anda sekarang kita meluncur. Jangan lewatkan juga: Liburan Seru ke Curug Dago Bandung Jawa Barat

Leave a Reply

error: Content is protected !!