Harga Tiket Masuk Umbul Sidomukti Terbaru

Harga Tiket Masuk Umbul Sidomukti – Semarang memang salah satu kota di Jawa Tengah yang mempunyai banyak objek wisata menarik. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata industri, bisa dikatakan Semarang adalah gudangnya.

Nah, salah satu wisata yang kini sedang hits dan banyak dikunjungi adalah wisata alam bernama Umbul Sidomukti. Rasanya belum komplit jika berkunjung ke Semarang tapi tidak ke wisata satu ini.

Umbul Sidomukti merupakan objek wisata populer di lereng Gunung Ungaran. Mungkin banyak yang mengira jika Umbul Sidomukti akan sama dengan Umbul Ponggok di Klaten karena sama-sama bernama “Umbul”.

Sebenarnya sih memang hampir mirip tapi bedanya, Sidomukti lebih lengkap dari Umbul Ponggok. Bahkan, wisata yang ada di Desa Sidomukti, Bandungan ini tidak hanya menyediakan wisata alam aja, tapi juga ada berbagai wahana seru yang sayang untuk dilewatkan.

Keindahan Umbul Sidomukuti via via IG @agendasolo

Keindahan Umbul Sidomukuti via via IG @agendasolo

Jangan lewatkan juga: 61 Tempat Nongkrong di Semarang Paling Asik

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Umbul Sidomukti

Wisata yang ada di Jawa Tengah ini merupakan salah destinasi wisata terkenal yang kerap dituju wisatawan saat bertandang ke Semarang. Untuk menuju kesana, ada banyak cara dan semuanya mudah dilalui, mulai dari menggunakan kendaraan umum hingga kendaraan pribadi.

Jika kamu memakai angkutan umum, kamu bisa duduk manis dan membiarkan angkutan melaju hingga membawamu ke tujuan. Kamu hanya perlu naik di terminal maupun pos-pos angkutan dari tempat asalmu.

Tapi jika kamu memakai kendaraan pribadi, kamu tentu perlu tahu dong rute alias arah menuju objek wisata satu ini. Nah, berikut adalah rute yang bisa kamu lalui dari berbagai kota asal, check this out!

Dari Arah Kota Semarang

Jika kamu akan menuju Umbul Sidomukti dari arah Semarang, kamu cukup menuju Ungaran saja. Sesampainya di Pom Bensin Lemah Abang, kamu akan menemukan sebuah gapura bertuliskan “Wisata Gedong Songo”. Disana nanti, kamu bisa belok melalui gapura tersebut hingga menemukan Pasar Jimbaran.

Sesampainya di pasar, nanti akan ada gang bertuliskan “Umbul Sidomukti”. Langsung saja masuk ke wisata melalui gang tersebut dan tidak perlu takut tersesat karena banyak sekali wisatawan yang akan menuju arah yang sama denganmu. Kurang lebih perjalanannya nanti sekitar 1 jam saja.

Dari Arah Magelang, Salatiga, Solo dan Sekitarnya

Jika kamu bukan dari Semarang, melainkan melaju dari Salatiga dan kota-kota di sekitarnya, kamu bisa nih melalui Jalan Semarang-Surakarta. Cukup ikuti jalan hingga sampai di Kabupaten Semarang dan menemukan RS Ken Saras.

Sama seperti dari arah Semarang Kota, kamu diminta menemukan gapura dengan tulisan “Wisata Candi Gedong Songo”. Setelahnya, ikuti petunjuk seperti yang sudah dijelaskan dari arah Semarang diatas. Mudah, bukan?

Dari Arah Jogja

Jika kamu menuju Umbul Sidomukti dari arah Jogja, maka kamu bisa lewat Jl Jogja-Ambarawa. Nah, setelah kamu tiba di Kota Semarang, kamu bisa menuju Bandungan dan sama seperti sebelumnya, kamu hanya perlu menemukan gapura Candi Gedong Songo. Selanjutnya, kamu bisa melalui arah sama seperti yang sudah disebutkan.

Dari Arah Grobogan, Purwodadi, dan Sekitarnya

Jika kamu menuju Umbul Sidomukti dari arah Purwodadi, kamu bisa melalui arah Purwodadi menuju Godong, melalui Gubug dan Kedungjati, hingga akhirnya tiba di Tuntang, Bergas, lalu Bandungan.

Nah, jika sudah tiba di pertigaan Pos Polisi Tuntang, kamu langsung saja belok kanan ke Kota Semarang. Setelah tiba disana, kamu bisa mengikuti arah seperti petunjuk yang sudah disebutkan diatas.

Fasilitas dan Permainan di Umbul Sidomukti

Sebagai kawasan yang dikenal dengan kawasan wisata pegunungan, tidak heran jika nuansa sejuk akan dirasakan ketika menginjakkan kaki di objek wisata yang ada di lereng gunung dengan ketinggian 1200 mdpl ini. Lokasi yang ada di Desa Sidomukti ini mempunyai pemandangan alam luar biasa. Di Umbul Sidomukti sendiri terdapat banyak wahana seru yang pasti sangat sayang untuk dilewatkan.

Disana terdapat area kolam renang yang terdiri dari 4 buah kolam dengan susunan bertingkat dan kedalaman yang bervariasi, mulai dari kedalaman untuk ukuran anak-anak hingga ukuran dewasa sekitar 1,5 meter dalamnya. Kolam alami ini seperti yang ada di Umbul Ponggok, yang membedakan, disana kolamnya lebih kecil dan tidak terdapat ikan.

Selain itu, air kolamnya yang jernih tentu saja sangat menyegarkan untuk digunakan berenang. Apalagi sembari disuguhi pemandangan alam penuh landscape perbukitan dari Kabupaten Semarang.

Beberapa fasilitas selain kolam juga ada, diantaranya tempat camping yang juga ada peralatan campingnya, flying fox, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Berbicara mengenai flying fox, fasilitas ekstrim ini mempunyai panjang sekitar 110 m dengan ketinggian sekitar 70 meter. Bisa dibayangkan bukan bagaimana menantangnya kegiatan meluncur di flying fox saat melewati antar lereng bukit disana. Masalah keselamatan, tidak perlu khawatir. Pasalnya pihak pengelola sudah menetapkan standar keamanan dalam wahana ini.

Aktivitas Seru di Umbul Sidomukti

Nah, setelah melihat berbagai fasilitas yang tersedia, kegiatan apa saja ya yang bisa dilakukan disana? Penasaran akan diisi apa liburanmu di Umbul Sidomukti? Jangan khawatir, ternyata disana banyak kegiatan menarik lho.

Berenang

Berenang di Umbul Sidomukuti Indah via IG @dianhijabistana

Berenang di Umbul Sidomukuti Indah via IG @dianhijabistana

Karena disana terdapat kolam renang, maka sudah pasti kegiatan berenang sudah pasti bisa dilakukan. Kolam tersebut juga ada diapit 2 jurang di atas bukit sehingga menjadikan kolam renang ini disebut sebagai salah satu tertinggi di tanah air.

Air untuk isian kolam mini berasal dari sumber mata air alami, disebut juga tuk. Sumber air ini bernama Watu Payung dan Ngetihan sehingga matamu tidak akan pedih terkena kaporit seperti yang biasanya dialami saat di kolam renang buatan.

Menikmati Sunrise

Menikmati Sunrise di Umbul Sidomukti via prigelgallery-blog.blogspotcom

Menikmati Sunrise di Umbul Sidomukti via prigelgallery-blog.blogspot.com

Jangan salah, di Umbul Sidomukti, kamu tidak hanya bisa berenang saja, tapi kamu juga bisa menikmati matahari terbit disana. Tentunya untuk menikmati sunrise yang indah, kamu perlu menginap di kawasan wisata.

Jangan khawatir, pasalnya disana banyak terdapat penginapan murah dengan beragam fasilitas lho. Jadi, sambil menikmati waktu menunggu terbitnya matahari, kamu bisa duduk nyaman di penginapan.

Bermain Flying Fox

Bermain Flying Fox via Kabarrantaucom

Bermain Flying Fox via Kabarrantau.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di Umbul Sidomukti terdapat wahana wisata pemacu adrenalin yakni flying fox setinggi 70 meter. Melalui wahana ini, tentunya kamu bisa menikmati bagaimana rasanya meluncur dari ketinggian bukit sembari menikmati indahnya pemandangan Gunung Ungaran.

Tidak cukup flying fox saja, wahana bernama Marina Bridge juga dibuat agar kamu tertantang mencobanya lho. Tapi tentu saja, butuh keberanian ekstra untuk melewatinya karena wahana ini berupa jembatan kayu sempit yang menggantung tinggi. Bayangkan kamu harus mengatur keseimbangan agar bisa lewat? Wah, pasti cocok sekali bagi para penyuka wisata ekstrim.

Camping

Camping di umbul sidomukti via Ulinulincom

Camping di umbul sidomukti via Ulinulin.com

Camping bisa dilakukan di kawasan wisata ini karena disana sudah disediakan camping ground yang mampu menampung banyak perkemahan lho. Tentunya wahana ini cocok untuk mereka yang malas mendaki gunung dan lebih menyukai berkemah sembari menikmati pemandangan cantik di Ungaran.

Camping ground ini terletak sekitar 1,5 kilometer jauhnya dari lokasi wisata Umbul Sidomukti. Untuk menuju kesana, kamu hanya bisa melalui jalur trekking yang mana medannya tidak begitu sulit. Bahkan, anak-anak bisa menempuh jalur ini lho.

Jika kamu ingin berkemah tapi tidak membawa peralatan lengkap, tidak usah takut gagal berwisata camping disana. Pasalnya, di camping ground Umbul Sidomukti sudah disediakan persewaan alat perkemahan yang tentunya sangat bermanfaat bagi para pengunjung wisata.

Menjelajah dengan ATV

Menjelajah dengan ATV via IG @aditya1905

Menjelajah dengan ATV via IG @aditya1905

Bagi kamu yang malas menjelajahi alam disana tapi ingin sekali menikmati indahnya pemandangan wisata Umbul Sidomukti, kamu bisa berkeliling dengan menaiki ATV.

Wahana ini disewakan kepada pengunjung dan bisa dinaiki segala usia, bahkan anak-anak. Selain itu, saat berkeliling jangan lupa mampir di Gua Tirta Mulya yang tidak jauh dari lokasi wisata. Pasti kamu akan takjub melihat megahnya pemandangan gua disana.

Selain fasilitas untuk wahana permainan, di objek wisata ini juga disediakan fasilitas umum, misalnya saja area parkir yang dapat menampung banyak kendaraan pengunjung, musholla sebagai sarana ibadah, bahkan ada pula toilet serta kamar mandi untuk pengunjung membersihkan diri selepas bermain.

Tidak hanya cukup sampai disitu, di kawasan Umbul Sidomukti juga dibuat penginapan hingga restoran. Kamu bisa bersantai sambil menikmati berbagai hidangan makanan di berbagai café yang ada disana. Terlebih ditambahi pemandangan alam menakjubkan yang hanya bisa kamu nikmati di Ungaran.

Apalagi sembari menikmati beberapa kuliner khas Semarang, seperti kopi dan teh Ungaran. Sangat pas untuk menghangatkan tubuh kala pagi menjelang. Semua itu bisa kamu nikmati di salah satu café langganan pengunjung disana, yakni Pondok Kopi. Sayangnya untuk menuju café ini, kita perlu naik ke atas melewati area kolam renang karena letaknya yang ada di dekat penginapan.

Jangan lewatkan juga: 38 Tempat Wisata Kuliner Semarang Enak dan Terkenal

Marine Bridge

Marine Bridge via Trivindocom

Marine Bridge via Trivindo.com

Ada lagi nih aktivitas seru dan menantang yang bisa kamu cobain, yaitu menyebrangi lembah dengan menggunakan jembatan yang terbuat dari tali. Wahana Marine Bridge ini sangat seru untuk ktia coba, kita akan merasakan sensasi menjadi militer yang sedang latihan.

Disini anda akan ditantang menyeberangi jembatan dari tali dengan ketinggian sekitar 30 dan jarak tempuh sekitar 50 meter. Lumayan membuat bulu roma berdiri sob!

Untuk bisa mencoba wahana ini kamu hanya harus membayar tiket sebesar Rp.15.000. Wah, murah sekali ya, jadi sangat sayang untuk kamu lewatkan deh!

Highest Triangle

Highest Triangle via Luthfianita.blogspotcom

Highest Triangle via Luthfianita.blogspot.com

Selain menyeberangi jembatan tali, kamu juga ditantang untuk menyebrangi jembatan yang tinggi yang terbuat dari kayu kecil seukuran telapak kaki yang diikat dengan tali.

Terdapat tiga gardu pada jembatan ini sehingga membentuk jembatan segitiga dan setiap jembatan memiliki tingkat kesulitan masing-masing untuk dilewati. Kamu cukup membayar Rp.40.000 untuk menikmati wahana yang satu ini.

Little Ranch

Ternyata disini juga ada perkebunan lho. Ada wahana little ranch, seperti yang ada di Lembang Bandung sana. Jadi kamu bisa menikmati keindahan alam sembari menunggangi kuda disini.

Tenang, kuda-kuda disini sudah pada jinak kok, jadi sangat ramah sama pengunjung. Kamu disini akan disuguhkan oleh keindahan kebun yang menghijau.

Oh ya sob, wahana ini hanya buka pada weekend saja. kalau di week day kudanya sedang istirahat dan harus mendapatkan perawatan ekstra. Sebelum menghadapi hari minggu yang pastinya akan selalu padat.

Saat menunggangi kuda, kamu akan dipandu kok sama guide yang sudah berpengalaman, jadi tidak perlu cemas kalau kudanya tiba-tiba lari.

Untuk bisa menikmati wahana yang satu ini kamu cuku membayar sewa sebesar Rp.50.000 dan berkendara selama 30 menit.

Goa Tirta

Di Umbul Sidomukti ternyata juga ada goa lho, tapi ya hanya gua buatan. Goa yang memiliki kedalaman sekitar 135 meter ini pasti akan membuat anda terkejut dan terpukau dengan pemandangan yang ada di depan mata. Rasanya tidak diungkapkan dengan kata-kata.

Bagaimana tidak, kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah, dan kerap dijadikan sebagai tempat untuk prewedding.

Panahan

Disini juga ada lho arena untuk belajar memanah. Silahkan uji skill memanahmu disini.

Paralayang

Sobat doyan gentayangan di angkasa? Nah, kamu mesti mencoba wahana paralayang yang menantang ini. Kamu akan diajak mengudara semabri menikmati segarnya udara dan menikmati pemandangan kawasan wisata Sidomukti dari angkasa.

Buat kamu yang mau mencoba olahraga paralayang ini kamu harus mengeluarkan kocek sebesar Rp. 350.000 untuk 15 menit, dan harus daftar Pondok Lesehan Ikan Bakar.

Setelah kamu daftar, nantinya akan diantarkan menggunakan motor ke tempat untuk memulai penerbangan, yaitu di kaki gunung Ungaran.

Sayang rasanya kalau sudah mencoba wahana ini tanpa mengabadikannya, oh ya kamu bisa menyewa kamera GoPro dengan tarif sewa sebesar Rp.50ribu.

Sepeda Ekstrem

Selanjutnya, kamu juga mesti mencoba sepeda ekstrem nih, tapi ya khusus buat kamu yang sudah mempunya skill. Wisatawan bisa mencoba wahana sepeda ekstrim ini di kawasan wisata Umbul Sakti.

Pengelola menyediakan jalur downhill yang bisa digunakan para bikers sebagai tantangan baru dengan jalur terjal dan naik turun di sekitar jurang dan masuk hutan. Lokasi jalur downhill dimulai dari lereng gunung Ungaran melintasi kawasan Homestay Pinus.

Penginapan

Buat kamu yang memang niat untuk liburan, maka tidak ada salahnya untuk menginap disini, karena seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa umbul sidomukti ini menjadi salah satu spot untuk menikmati sunrise yang kece badai.

Maka dari itu, kamu mesti nginap disini untuk bisa menikmatinya. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi tempat menginap di Umbul Sidomukti yang bisa kamu nikmati:

1. Villa Pondok Kopi

Penginapan yang pertama adalah villa pondok kopi. Penginapan ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Untuk menginap disini kamu cukup merogoh kocek mulai dari 700 ribu rupiah. Lokasi penginapan ini ada di dekat umbul sidomukti dengan pemandangan yang sangat mengesankan.

2. Homestay Pinus

Ada juga homestay pinus yang tidak kalah indahnya. Untuk menginap di homestay dengan fasilitas yang sangat lengkap dan sangat nyaman ini cukup membayar mulai dari 500 ribuan.

Harga Tiket Masuk Umbul Sidomukti

Bagaimana? Kamu sudah mengetahui tentang gambaran singkat Umbul Sidomukti, bukan? Kamu tertarik untuk berkunjung? Nah, jika iya, maka kamu tentunya perlu info tentang jam operasional serta harga tiket masuk Umbul Sidomukti.

Kamu bisa datang ke objek wisata ini bersama keluarga, teman, atau orang terkasih setiap hari mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore untuk weekdays dan mulai jam 7 pagi hingga 5 sore untuk weekdays.

Tentunya berkunjung kesini merupakan alternatif wisata murah meriah. Pasalnya, harga tiket masuk Umbul Sidomukti sangat murah lho, yakni hanya 10 ribu rupiah per individu. Namun tentunya jika kamu ingin menikmati wahana wisata disana, kamu juga perlu membayar biaya penggunaannya.

Untuk menyewa ATV, kamu perlu membayar sekitar 20 ribu rupiah per 3 kali putaran, sementara untuk sewa kuda per jam dikenakan biaya sekitar 100 ribu rupiah. Untuk wahana-wahana lain biayanya bervariasi, ada yang hanya 6 ribu rupiah, ada pula yang hingga 12 ribu rupiah. Semuanya tergantung jenis permainannya.

Sebagai referensi saja, berikut ada beberapa list harga wahana permainan di Umbul Sidomukti selain wahana ATV dan persewaan kuda, yaitu wahana taman berani dipatok dengan harga tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah per orang, sama dengan wahana rappelling.

Sedangkan wahana flying fox dipatok mulai harga 16 ribu rupiah per orang hingga yang paling mahal sekitar 35 ribu rupiah per orangnya. Lalu ada pula wahana highest triangle yang dibanderol dengan tiket seharga 40 ribu rupiah per orang, sedangkan wahana marine bridge mempunyai harga tiket masuk sekitar 15 ribu rupiah per orang.

Selain wahana, berikut merupakan harga beberapa peralatan yang disewakan di objek wisata daerah lereng Ungaran tersebut, yakni matras dipatok dengan harga sewa sekitar 5 ribu rupiah dan sleeping bag dengan harga 8 ribu rupiah per orangnya.

Sedangkan untuk sewa camping, pengunjung dipatok harga sekitar 18 ribu rupiah untuk satu orangnya. Pengunjung juga bisa menyewa tenda yang sudah disediakan pihak pengelola dengan harga sekitar 45 ribu rupiah untuk 1 tenda berkapasitas 3 orang.

Bagaimana? Tiketnya tidak terlalu mahal, kan? Bahkan tiket dengan harga segitu sangatlah murah lho jika dibandingkan dengan beragam fasilitas dan keindahan pemandangan yang disuguhkan disana. Maka dari itu, kamu tidak usah bingung mencari wahana rekreasi, cukup datang saja ke Umbul Sidomukti di Semarang.

Untuk detailnya, berikut ini kisaran harga tiketnya:

  • ATV : Rp 20.000,-
  • Flying Lembah : Rp 25.000,-
  • Flying Double : Rp 45.000,-
  • Marie Bridge : Rp 20.000,-
  • Highest Triangle : Rp 45.000,-
  • Sepeda Awang : Rp 25.000,-
  • Panahan : Rp 30.000,-/ 15 anak panah
  • Little Ranch : Rp 75.000,-
  • Berenang : Rp 10.000,-
  • Goa Tirta : Rp 5.000,-

Note: Harga Bisa Berubah Sewaktu-Waktu

Tips Liburan ke Umbul Sidomukti

Tentunya untuk merasa nyaman dalam masa liburan, kamu perlu kiat-kiat khusus agar harimu lancar, bukan? Nah, berikut ini ada beberapa tips liburan yang bisa kamu gunakan saat berkunjung ke Umbul Sidomukti. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak poin-poin berikut ini!

Perhatikan Cuaca

Berlibur ke daerah pegunungan yang berhawa dingin tidak akan nyaman jika cuacanya mendung atau bahkan hujan. Maka sebelum berangkat, kamu perlu mengecek ramalan cuaca di lokasi wisata, apakah akan turun hujan atau tidak. Pastikan kamu datang saat hari diramal cerah karena lereng Ungaran akan sangat berkabut kala hujan datang.

Berkunjung Saat Weekdays

Memang sih waktu yang biasanya dipakai saat liburan adalah weekend, tapi sebenarnya waktu yang paling pas untuk liburan adalah weekdays. Sebab di hari-hari seperti itu, intensitas pengunjung tidak akan terlalu ramai dan kamu bisa puas menikmati wisata disana bak milik pribadi.

Pakai Kendaraan Pribadi

Jika memungkinkan dan kamu memang punya, ada baiknya kamu kesana menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya menggunakan kendaraan pribadi akan membuatmu lebih leluasa mencari jalan agar tidak terjebak kemacetan saat musim liburan.

Kamu juga bisa prepare lebih banyak dalam membawa barang-barang pribadi, seperti obat, baju ganti, dan makanan. Tapi sebenarnya jika diharuskan memilih mobil atau motor, maka memilih motor merupakan hal yang paling pas. Sebab motor bisa melewati jalanan kecil yang mungkin menjadi jalan alternatif yang tentunya tidak bisa dilewati mobil atau angkutan.

Tidak Perlu Berenang Jika Tidak Tahan Dingin

Jika kamu tipikal orang yang tidak tahan dingin, maka jangan memaksa dirimu berenang di kolam Umbul Sidomukti karena pasalnya air disana sangat dingin.

****

Demikianlah ulasan mengenai harga tiket masuk Umbul Sidomukti dan wahana yang tersedia di dalamnya dari kami. Semoga bermanfaat dan selamat liburan. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya, supaya objek wisata Umbul Sidomukti bisa makin terkenal dan ramai lagi.

Artikel terkait: Liburan Seru ke Objek Wisata Curug Lawe Semarang

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!