Objek Wisata Alam Pantai Teleng Ria Pacitan Jawa Timur Nan Mempesona

Pantai Teleng Ria Pacitan – Halo sobat traveler dimanapun anda berada, khususnya yang ada di Jawa Timur. Jawa Timur memiliki banyak potensi wisata yang layak untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga tercinta.

Ada banyak objek wisata yang indah. Jadi untuk anda yang mau liburan tidak harus ke luar Negeri, karena di dalam negeri saja sangat indah lo.

Salah satu kota di Jawa Timur yang menjadi destinasi wisata adalah Pacitan. Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda mengeksplorasi salah satu pantai indah di Pacitan yaitu pantai Teleng Ria. Nama pantai yang cukup unik ini sudah sangat tersehor di Jawa Timur, bahkan Indonesia.

Landskap indah pantai Teleng Ria Pacitan

Landskap indah pantai Teleng Ria Pacitan

Pantai yang mampu menyedot wisatawan ini terkenal sangat indah, selalu ramai saat liburan tiba. Selain karena indah juga lokasinya yang sangat mudah di jangkau dari pusat kota Pacitan Jawa Timur.

Selayang Pandang Tentang Pantai  Teleng Ria

Sebelum kita liburan ke pantai ini, ada baiknya kalau kita mengenal pantai yang memiliki panjang garis pantai mencapai hingga 2.5 km dan luas sekitar 40 hektar dengan kontur yang cukup datar dan landai, sangat seru untuk dijadikan tempat bermain.

Pantai yang diapit oleh pegunungan Limo ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar, sehingga anak-anak bisa mandi disini. Cukup aneh sebenarnya, pasalnya pantai Teleng Ria ini langsung menghadap ke Samudera Hindia yang biasanya memiliki ombak yang besar.

Pantai nan cantik ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi membentuk pola huruf U seolah melindungi pantai. Nah, ternyata inilah salah satu penyebab mengapa ombak di pantai Teleng Ria Pacitan tidak terlalu besar.

Lokasi Pantai Teleng Ria Pacitan

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, pantai ini letaknya dekat dengan pusat kota Pacitan, lebih tepatnya ada di Desa Teleng, Kelurahan Sidoharjo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak  Wisata Pantai Teleng Ria di Pacitan saya sarankan anda mencari dengan mengetik  Wisata Pantai Teleng Ria di Pacitan di search google maps saja.

Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut. Jika dilihat secara administratif, objek wisata pantai teleng ria yang ada di kota Pacitan ini tepatnya berada di sebuah desa Teleng, kelurahan Sidoharjo. Berasa cukup dekat dengan pusat kota, untuk bisa sampai ke lokasi wisata pantai teleng ria ini Anda hanya perlu melakukan perjalanan sejauh 3 km saja.

Wisatawan Memadati Pantai Teleng Ria Pacitan

Wisatawan Memadati Pantai

Rute Perjalanan ke Pantai Teleng Ria Pacitan

Untuk wisatawan yang baru pertama ke pantai teleng ria ini, tentu agak kebingungan untuk bisa sampai. Khusus untuk anda yang datang dari kota Jogjakarta, maka waktu tempuh perjalanan adalah sekitar 2.5 jam dengan menyusuri jalan di jalur selatan Pulau Jawa melalui Wonosari.

Khusus untuk anda yang datang dari Solo, perjalanan akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam melalui kota Wonogiri untuk dapat tiba di Pacitan.

Kalau anda datang dari kota Surabaya, waktu perjalanan yang dibutuhkan mencapai hingga 6 jam dengan melewati beberapa kota, di antaranya adalah Mojokerto – Jombang – Nganjuk – Madiun – Ponorogo.

Kalau masih belum jelas lagi, berikut ini peta pantai teleng ria yang bisa anda jadikan panduan:


Kegiatan Menarik di Objek Wisata Pantai Teleng Ria Pacitan

Dengan ombak yang tidak terlalu besar, ditambah lagi bibir pantainya yang landai tentu saja menjadi kelebihan bagi pantai ini, sehingga sangat seru untuk dijadikan tempat bermain pasir atau berenang. Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan olahraga di pantai ini seperti bermain voli pantai, jogging, sepakbola, dan juga bersepeda.

Mandi di Pantai Teleng Ria Pacitan

Mandi-mandi di Pantai

Bahkan jika Anda memang memiliki hobi memancing, Anda juga bisa menyalurkan hobi Anda tersebut di pantai ini. Sebab pantai teleng ria di Pacitan tersebut juga terkenal sekali memiliki ikan – ikan laut yang cocok sekali bagi para penghobi kegiatan memancing tersebut.

Dan jika memang Anda ingin bermalam dengan cara berkemah di pantai, di sini juga sudah tersedia fasilitas perkemahan bagi organisasi, keluarga, atau pun sekolah – sekolah yang ingin mengadakan aktivitas berkemah atau pun bermalam untuk menikmati keindahan malam di pantai teleng ria Malang tersebut.

Pada saat Anda memasuki lokasi wisata pantai ini Anda nantinya akan disuguhkan dengan pasir putih kecoklatan dan usapan panas matahari yang tak begitu penyengat kulit, Anda di sini tidak akan ditarik biaya tiket masuk, tetapi Anda hanya perlu bayar retribusi parkir kendaraan saja.

Dikarenakan pantai teleng ria ini yang terkadang berarus ombak besar, jadi apabila Anda memang ingin berenang atau pun  bermain air, Anda di sarankan untuk lebih berhati – hati lagi. Dan salah satu hal yang paling menarik dari pantai teleng ria ini adalah Anda bisa menyaksikan lanskap pantai dari perbukitan. Pantai tersebut dikelilingi oleh dua perbukitan yang indah. Kombinasi kontur pantai dengan pegunungan mampu menciptakan pemandangan yang sangat menawan.

Apabila Anda juga tertarik dengan kegiatan berselancar, maka pantai tersebut merupakan salah satu tempat paling tepat bagi para peselancar pemula. Di sini Anda bisa menyewa papan selancar dengan biaya Rp 50 ribu rupiah. Ombak yang ada di pantai teleng ria ini tidak besar, dengan begitu tepat sekali sebagai tempat belajar surfing bagi pemula.

Untuk pemula, disini ada guide yang siap mengajarkan anda. Disini ada kursus singkat untuk belajar berselancar dengan biaya hanya 20 ribuan saja.

Kuliner di Sekitar Pantai

Sebagaimana pantai-pantai lainnya yang biasanya menyediakan aneka hasil laut, di sekitar pantai teleng ria juga tersedia rumah makan yang menyediakan aneka olahan hasil laut yang masih segar yang siap anda santap.

Bagaimana? Anda sudah bersiap untuk liburan ke pantai yang cantik ini?

Demikianlah informasi tentang kegiatan menarik di objek wisata pantai teleng ria Pacitan. Semoga saja bisa bermanfaat. Jangan lewatkan juga: 26 Tempat Wisata di Pacitan Paling Terkenal Wajib Dikunjungi

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!