Wisata Keluarga ke Alun-alun Wonosari Gunung Kidul

Alun-alun Wonosari – Pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita bahwa alun alun yang ada di tengah kota menjadi tempat berkumpul orang banyak, melakukan banyak aktivitas seru sambil menikmati keindahan yang disuguhkan.

Setiap kota biasanya memiliki sebuah lokasi yang dijadikan alun alun. Di kawasan Gunung Kidul terdapat sebuah wilayah yang memiliki alun alun dan dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga yaitu alun-alun Wonosari.

Alun-alun wonosari adalah satu dari sekian banyak tempat wisata keluarga di Yogyakarta. Tempat ini selalu ramai dikunjungi, baik pada musim liburan maupun pada hari biasa.

Lokasi yang memiliki area terbuka yang sangat luas ini menyuguhkan sensasi yang berbeda, selain itu ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama keluarga atau pasangan yang pastinya membuat anda enggan beranjak dari tempat ini.

Keindahan di sekitar alun alun wonosari mempunyai keindahan yang tiada duanya. Anda bisa bersantai sambil tiduran di atas tikar atau duduk – duduk malas sambil menikmati keindahan di sekitarnya. Selain itu banyak pula pengunjung yang terlihat asyik membaca buku di bawah pohon nan rindang.

Ada banyak sekali pengunjung yang datang dari sekitar Jogja maupun yang datang dari luar kota. Apalagi saat musim liburan tiba, pengunjung yang datang bisa melebihi kapasitas.

Alun alun wonosari kini memang menjadi salah satu daya tarik kota Jogja yang sayang dilewatkan. Tunggu apa lagi segera ajak buah hati dan orang tercinta mengunjungi alun alun wonosari saat libur tiba untuk mendapatkan sensasi liburan yang berbeda.

Lokasi Alun-alun Wonosari

Alun-alun wonosari berada cukup jauh dari pusat kota Jogja, berada di selatan kota Yogyakarta, tepatnya berada di kecamatan wonosari, kabupaten Gunung Kidul, daerah istimewa Yogyakarta.

Untuk bisa sampai ke lokasi yang dituju ada banyak transportasi umum yang bisa mengantarkan anda sebab wonosari memang sebuah lokasi yang cukup terkenal dan maju. Selain itu bagi yang memilih kendaraan pribadi juga dipersilahkan karena rute yang akan dilalui sangat nyaman dan sudah diaspal.

Transportasi

Loading...

Untuk bisa sampai ke alun-alun wonosari anda tidak perlu takut karena sudah banyak transportasi umum yang mengarah ke lokasi wisata ini, salah satunya adalah bus dengan tujuan Jogja – Wonosari.

Dengan begitu wisatawan yang berasal dari luar daerah, luar pulau, bahkan luar negeri tidak perlu takut nyasar karena untuk mencapai alun alun wonosari sangat mudah.

Anda bisa naik bus dari terminal giwangan yang ada di pusat kota lalu silahkan berhenti di terminal bus kota Gunung Kidul, setelah itu lanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau transportasi lokal lainnya.

Buat pengunjung yang memiliki naik kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor juga bisa mencapai lokasi alun-alun wonosari dengan mudah, karena ada banyak sekali papan petunjuk jalan yang akan mengarahkan anda mencapai lokasi dengan selamat, anda juga bisa bertanya kepada warga sekitar jika sekiranya kurang yakin dengan arah jalan yang anda ambil.

Selain itu bantuan dari google maps juga bisa sangat membantu mencapai lokasi dengan mudah. Peta lokasi yang tersedia nantinya akan menuntun jalan anda hingga menemukan alun alun wonosari.

Fasilitas di Alun-alun Wonosari

Alun-alun wonosari adalah lokasi yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan baik pada musim liburan maupun hari biasa. Dengan melihat itu semua sudah bisa dipastikan bahwa fasilitas tambahan yang tersedia sangat lengkap untuk memberi kenyamanan bagi pengunjung yang datang. Berikut diantaranya:

Area Parkir

Buat pengunjung yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir dengan keamanan kendaraan anda sebab telah disediakan lokasi parkir yang cukup luas dan selalu dijaga keamanannya sehingga anda bisa berlibur dengan tenang

Tempat Sampah

Jika kamu berkunjung ke alun-alun wonosari jangan pernah meninggalkan sisa tissue, bekas botol mineral, atau bungkus makanan di sembarang tempat. Pastikan anda membuang sampah pada tempat sampah yang tersedia

Toilet Umum

Toilet umum atau MCK yang tersedia di alun-alun wonosari cukup bersih dan nyaman untuk digunakan oleh pengunjung, anda hanya perlu membayar 2 ribu rupiah sekali pakai sebagai uang kebersihan

Masjid atau Mushola

Di sekitar alun-alun wonosari juga tersedia mushola atau masjid bagi pengunjung muslim yang ingin menjalankan ibadah sholat

Rumah Makan

Buat pengunjung yang tidak membawa bekal makanan dan minuman sendiri bisa langsung memasuki warung – warung makan yang tersedia.

Ada banyak sekali makanan ringan yang dijual seperti mie goreng, mie rebus, nasi goreng, camilan lezat enak dan bergizi, serta masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu ada banyak sekali menu minuman yang tersedia seperti minuman hangat, minuman dingin, serta berbagai aneka jus buah segar

Tempat Beristirahat

Buat pengunjung yang kelelahan berkeliling alun alun atau melakukan banyak kegiatan hari ini disediakan lokasi untuk beristirahat

  • Aneka wahana permainan
  • Dan masih banyak lainnya

Tiket Masuk Alun-alun Wonosari

Suasana Minggu Pagi di Alun-alun

Suasana Minggu Pagi di Alun-alun via Kabarhandayani.com

Untuk pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan di alun-alun wonosari sepuasnya bisa berlibur dengan tenang sebab tidak perlu membayar tiket masuk ke alun alun. Berlibur ke tempat ini sangat cocok buat kamu yang minim dana namun tetap ingin berlibur.

Namun jika ingin naik menikmati beberapa wahana permainan harus membayar lebih sesuai dengan tarif yang telah ditentukan. Namun buat pengunjung yang membawa mobil atau sepeda motor harus membayar tiket parkir.

Anda tidak perlu khawatir sebab tiket parkir juga dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau dan tidak akan merogoh kantong terlalu dalam.

Untuk kendaraan roda dua atau motor cukup membayar 2 ribu rupiah, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5 ribu rupiah, selain itu buat rombongan yang membawa bus pariwisata atau minibus masing – masih dikenakan tiket parkir 10 hingga 20 ribu rupiah saja.

Daya Tarik Wisata

Daya tarik alun-alun wonosari bisa kita lihat dari banyaknya pengunjung yang datang. Mereka ingin menghabiskan waktu di tempat nan indah dan tiada duanya ini. Alun-alun wonosari memang sangat menarik untuk dikunjungi. Anda bisa membawa serta anggota keluarga dan orang disekitar anda untuk menghabiskan hari di di alun-alun yang terdapat jantung kota ini.

Alun-alun wonosari memang sangat cocok dijadikan lokasi bersantai menghilangkan seluruh kepenatan yang dirasa selama melakukan banyak aktivitas harian seperti lelah bekerja, sekolah, atau kuliah. Anda bisa merasakan kesegaran kembali dan siap menghadapi hari yang akan datang.

Anda bisa membentang tikar di bawah pepohonan sambil duduk atau baring dan menikmati keindahan keindahan kota yang penuh dengan lalu lalang kendaraan.

Kunjungi juga: Embung Batara Sriten Gunung Kidul

Aneka Permainan untuk Anak

Kendaraan Hias di Alun-alun Wonosari

Kendaraan Hias di Alun-alun Wonosari via nidahanifaa.blogspot.com

Terlihat pula di sebelah barat alun alun ini beberapa arena permainan nan menarik dan sayang untuk dilewatkan. Ada banyak wahana permainan anak yang pastinya bisa memberikan kebahagian tersendiri bagi anak kita.

Selain itu ada pula wahana permainan untuk orang dewasa yang wajib anda coba. Dengan membayar tiket wahana yang tidak terlalu mahal anda bisa puas bermain dan membuat anak beserta keluarga gembira.

Beberapa wahana tersebut seperti mandi bola, kereta api mini, kuda – kudaan, ayunan, arena panjat tebing, mini trail, kereta, pancingan mainan, istana balon, delman, sepeda hias / becak, skuter anak, mobil listrik, skateboard, musik jalanan, komunitas BMX dan masih banyak lagi yang lainnya.

Harga yang ditawarkan untuk setiap wahana permainan sangat terjangkau dan tidak akan membuat kantong anda menipis. Di beberapa lokasi juga sangat menarik jika dijadikan lokasi berfoto. Anda bisa sepuasnya selfie untuk memenuhi galeri Liburan kali ini.

Tersedia pula deretan tempat duduk yang bisa dijadikan tempat bersantai di sisi selatan. Anda bisa menghilangkan penat sejenak setelah lelah berkeliling lokasi wisata. Selain itu terlihat jejeran lampu taman atau lampu hias yang membuat suasana terlihat sangat romantis dan uga bisa dijadikan spot foto yang instagramable.

Keistimewaan alun-alun wonosari semakin terasa jika dilihat dari lokasinya yang berada di titik nol kilometer wonosari membuat lalu lalang kendaraan tidak pernah henti.

Banyak Penjaja Makanan

Malam Minggu di Alun-alun. KH/Kandar

Malam Minggu di Alun-alun. KH/Kandar

Anda bisa bersantai bersama komunitas, berkumpul di sudut – sudut alun-alun wonosari sambil menikmati sajian kuliner yang tersedia.

Ada banyak sekali pedagang kaki lima yang turut meramaikan alun-alun wonosari, mulai dari pedagang bebek goreng, ayam goreng, bakmi, burger, pecel lele, jagung bakar, aneka jus buah segar, berbagai macam es yang segar seperti es cendol, es tebu, es krim, es the, es capucino dan masih banyak yang lainnya.

Serta yang selalu ramai dikunjungi penikmat kuliner adalah angkringan.  Dari segi harga juga tidak terlalu mencekik karena dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau.

Kunjungi juga yuk: TAHURA BUNDER Gunung Kidul

Suasana Malam Hari

Keseruan Bersama Keluarga di Alun-alun-wonosari

Keseruan Bersama Keluarga di Alun-alun-wonosari via Solopos.com

Suasana malam di alun-alun wonosari tidak kalah indah dan menyenangkan dibanding siang hari. Akan terlihat lampu lampu yang menghiasi alun-alun wonosari dan menghiasi kota membuat suasana semakin cantik dan pastinya sangat romantis.

Tidak heran jika banyak sekali muda mudi yang menghabiskan malam di alun-alun wonosari. Belum lagi jejeran pedagang jagung bakar dan es tebu akan menemani anda menghabiskan malam di kota ini. Selain itu lantunan music dari beberapa pengamen jalanan nan merdu akan menyempurnakan malam di alun-alun wonosari.

Alun-alun wonosari memang sayang jika dilewatkan, terutama bagi pelancong yang sudah menginjakkan kakinya di kota Yogyakarta.

Ada banyak keseruan yang bisa dilakukan bersama keluarga dan orang – orang tercinta anda bisa membahagiakan mereka yang tersayang dengan membuat mereka bahagia salah satunya adalah menghabiskan waktu di alun alun wonosari.

Saran dan Tips Berlibur

Jika anda ingin menghabiskan hari di area alun-alun wonosari pada liburan kali ini sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut agar liburanmu kali ini semakin menyenangkan. Berikut diantaranya:

  • Agar liburanmu kali ini tidak terganggu sebaiknya persiapkan segala sesuatunya seperti bekal makanan, bekal minuman, tikar untuk bersantai sambil menyantap bekal yang dibawa, peralatan kesehatan seperti minyak angin dan obat – obatan, serta membawa kamera dengan kualitas yang baik untuk mengabadikan momen indah bersama orang – orang tercinta
  • Untuk persiapan fisik anda harus menjaga kesehatan dengan baik, bila perlu menjelang keberangkatan minum multivitamin tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh anda agar tidak mudah sakit
  • Bagi pengunjung yang berniat membawa kendaraan pribadi sebaiknya pastikan kondisi mesin anda baik agar tidak rusak dijalan dan bisa menempuh perjalanan jauh dan pastikan selalu berkendara dengan hati – hati

Tunggu apa lagi ayo segera kunjungi alun-alun wonosari dan nikmati sendiri keseruannya. Selamat berkunjung dan berlibur. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Alam Goa Gelatik Gunung Kidul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!