Objek Wisata ALam TAHURA BUNDER Gunung Kidul

TAHURA BUNDER – Jogja memang memiliki segudang destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi. Destinasi alam yang ada bukan hanya memberikan hiburan semata namun memiliki banyak sekali nilai budaya dan mengajarkan kita bagaimana harus lebih mencintai alam.

Kota jogja bukan hanya dijuluki sebagai kota gudeg dan kota pendidikan saja, namun juga kota tujuan wisata yang paling ramai. Bukan hanya wisatawan dari dalam negeri saja namun juga banyak sekali wisatawan mancanegara yang mengunjungi kota jogja

Salah satu tempat wisata yang menarik perhatian banyak orang adalah TAHURA BUNDER, yang merupakan wisata hutan yang ada di jogja atau merupakan taman raya Gunung Kidul yang berada di kawasan konservasi hutan bunder.

Kawasan TAHURA BUNDER ini sangat mudah ditemukan dan rute jalannya pun sangat mudah ditempuh karena berada di kawasan rest area bunder sering kali digunakan untuk camping para mahasiswa dan pelajar di kota jogja.

Mengunjungi TAHURA BUNDER akan memberikan kesan tersendiri. Akan ada banyak ketenangan jiwa yang akan di dapat saat kamu menghabiskan waktu di tempat ini. Tempatnya yang sangat asri dan alami akan membuat pikiran anda merasa lebih tenang dan melupakan seluruh beban berat yang selama ini dirasakan.

Selain itu kesegaran udara yang terkandung di dalamnya memberikan pengalaman yang berbeda karena belum ada pencemaran polusi sama sekali.

Jangan melewatkan destinasi alam yang satu ini saat kamu berkunjung ke Jogja. Silahkan nikmati seluruh pesona TAHURA BUNDER secara nyata bersama keluarga dan orang – orang tercinta.

Mengenal Kawasan Wisata Alam TAHURA BUNDER

TAHURA BUNDER adalah kawasan hutan raya Gunung Kidul yang bukan hanya sekedar tempat berwisata saja namun juga merupakan paru – paru kota yang membantu menyuplai oksigen dan digunakan sebagai tempat penelitian atau konservasi di kawasan Gunung Kidul.

Kawasan hutan ini memiliki luas sekitar 634 hektar yang dibagi – bagi menjadi beberapa wilayah yang digunakan untuk penangkaran rusa, kawasan rest area dan lainnya.

Loading...

Kawasan yang kerap kali menjadi objek penelitian para pelajar dan mahasiswa ini memiliki keanekaragaman hayati flora dan fauna, mulai dari tumbuhan yang biasa terdapat di kawasan hutan hingga tanaman langka.

Selain itu hewan – hewan yang hidup disana juga sangat beragam. Mulai dari burung – burung yang berkicau merdu, hewan melata, rusa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

TAHURA BUNDER ini sendiri mulai diresmikan pada tahun 2012 dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku buwono X. kawasan hutan raya Gunung Kidul ini memiliki konsep pembuatan 3 zona.

Masing – masing zona memiliki fungsi yang berbeda. Zona 1 digunakan untuk atraksi gajah, cycling, kuliner gantung, camping ground, serta show budaya. Sedangkan zona II dimanfaatkan untuk pusat penelitian, pabrik minyak kayu putih, persemaian bibit, serta penangkaran rusa.

Sedangkan zona terakhir atau zona III digunakan sebagai penangkaran reptile, taman burung, kebun binatang mini, agroforestry, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Fauna

TAHURA BUNDER memiliki keanekaragaman fauna seperti, elang ular bido, alap – alap sapi, burung madu sri gati, raja udang, rusa timor, burung madu kelapa, elang elpacina, jenis burung kecil, ular, tupai atau bajing, berbagai macam serangga dan masih banyak lagi

Flora

TAHURA BUNDER selain memiliki berbagai macam fauna juga terdapat banyak sekali tanaman atau fauna yang tergolong langka. Tanaman – tanaman ini terus diupayakan kelestariannya sekaligus memperkaya koleksi tumbuhannya. Berikut beberapa tanaman yang ditanam dalam bentuk demplot arboretum, diantaranya:

  • Laban
  • Kepuh
  • Mojo
  • Asam jawa
  • Pulai
  • Binatos

Lokasi Wisata Alam TAHURA BUNDER

Bermain di Jembatan Gantung via Fb

Bermain di Jembatan Gantung via Fb

TAHURA BUNDER terletak cukup jauh dari pusat kota Jogja atau berada di sebelah selatan kota jogja di kawasan kabupaten gunungkidul.

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata membutuhkan waktu beberapa jam untuk bisa sampai ke lokasi yang dituju. Wisata alam hutan raya gunungkidul ini terletak di kawasan konservasi hutan bunder yang bersebelahan dengan kawasan rest area bunder, sehingga lokasinya sangat strategis untuk dikunjungi.

Untuk kamu yang ingin mengetahui lokasi tepatnya TAHURA BUNDER bisa langsung datang ke kawasan Desa Gading III, kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk bisa sampai di lokasi wisata ini kamu bisa mengendarai sepeda motor ataupun mobil, namun bagi kamu yang memiliki transportasi umum juga tersedia bis kota yang akan mengantarkan kamu bertamasya ke kawasan TAHURA BUNDER.

Fasilitas yang Tersedia di TAHURA 

Gerbang Selamat Datang di Tahura Bunder via IG @gpswisata

Gerbang Selamat Datang di Tahura Bunder via IG @gpswisata

Sebagai penunjang kenyamanan para pengunjung yang datang disediakan beberapa fasilitas penunjang yang memang salah satu faktor yang harus diperhatikan ketika kamu memutuskan berkunjung ke suatu wilayah wisata, sebab jika fasilitas penunjang sangat minim maka perjalanan liburan juga tidak akan menyenangkan.

Pihak pengelola TAHURA BUNDER sangat sadar akan hal ini, oleh sebab itu beberapa fasilitas penunjang dibangun seperti kawasan parkir yang cukup luas dan bisa menampung puluhan kendaraan pribadi yang dibawa oleh pengunjung.

Selain area parkir yang dibandrol dengan tiket parkir yang sangat terjangkau uga tersedia jejeran tempat sampah yang bisa digunakan untuk membuang sampah agar tidak menimbulkan serakan sampah.

Fasilitas lain yang tersedia seperti toilet yang cukup bersih dan bisa digunakan oleh pengunjung yang datang dengan membayar 2 ribu rupiah sebagai uang kebersihan.

Beberapa fasilitas penunjang lainnya juga tersedia seperti mushola rest area, papan petunjuk jalan, papan informasi, rute jalan setapak yang bisa digunakan untuk berkeliling hutan sambil menikmati pesona alam yang tersaji.

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat di Tahura Bunder Gunung Kidul adalah :

  • Area Parkir
  • WC / Kamar Mandi
  • Spot Foto
  • Area Bermain / Outbound
  • Area Camping
  • Dll

Ada juga beberapa spot kece yang bisa kamu jadikan tempat untuk selfie ria. Berikut ini beberapa spot instagramable yang bisa menghiasi foto profil medsos kamu: 

  • Bola gantung
  • Payung Gantung
  • Ayunan
  • Angkringan klasik
  • Dll

Ada juga area bermain yang pastinya seru untuk anak-anak kamu menghabiskan liburan mereka, seperti :

  • Ayunan
  • Flying Fox
  • Hammock
  • Dll
Playing Ground di TAHURA

Playing Ground di TAHURA via Gunungkidulkab.go.id

Harga Tiket Masuk Wisata Alam TAHURA BUNDER

Selain terkenal dengan wilayahnya yang sangat indah dan bersih juga makanannya yang sangat lezat, kota jogja juga terkenal dengan wisata murah yang cocok sekali untuk kamu yang sedang punya banyak pengeluaran namun ingin merelaksasikan diri.

Sama halnya dengan kawasan TAHURA BUNDER yang menawarkan wisata murah dengan tiket masuk yang sangat terjangkau, dijamin nggak buat kantong kamu kering. Namun meski harga tiketnya terjangkau dan bisa dibilang murah, namun wisata TAHURA BUNDER memiliki kualitas yang tinggi dan bukan sembarangan.

Ada pula tiket parkir yang harus dibayar jika kamu membawa kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Selain itu kawasan parkir yang luas juga bisa menampung minibus dan bus pariwisata.

Untuk tiket parkirnya juga sangat bersahabat di kantong kita. Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor cukup membayar tiket parkir sebesar 2 ribu rupiah, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5 ribu rupiah.

Jika kamu adalah rombongan wisata yang membawa minibus atau bus pariwisata cukup membayar tiket parkir sebesar 10 ribu hingga 20 ribu rupiah.

Menjelajahi Tahura dengan Sepeda via Tribunjogja

Menjelajahi Tahura dengan Sepeda via Tribunjogja

Kelebihan Kawasan Wisata TAHURA BUNDER

TAHURA BUNDER bukan sekedar wisata kaleng – kaleng, namun memiliki kualitas yang baik jika dibandingkan dengan wisata pada umumnya. Kawasan wisata ini memiliki banyak sekali kelebihan yang membuatnya semakin terkenal.

Kamu bisa melihat hutan yang tersimpan aneka flora dan fauna yang langka dan terdapat di kawasan ini. Kamu juga akan mendapatkan suasana sunyi dan sejuk yang sangat indah. 

Kelebihan lain yang bisa kamu rasakan ketika berkunjung adalah terdapat kawasan rest area di dalam hutan yang dipenuhi dengan pepohonan yang tumbuh subur dan hijau sangat cocok untuk melepaskan penat dari segala kesibukan yang memakan banyak waktu.

Kawasan ini sangat cocok untuk para pecinta alam yang ingin melakukan penjelajahan hutan. Di tengah luasnya area hutan ini ada banyak sekali lokasi yang sering dijadikan sebagai tempat camping para mahasiswa dan pelajar dari kota jogja dan sekitarnya.

Saat berkemah ada banyak kegiatan seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan, mulai dari mengadakan acara api unggun hingga bakar ayam atau ikan, namun yang harus kamu perhatikan jangan sampai meninggalkan bara api saat meninggalkan kawasan hutan yang nantinya bisa menimbulkan kebakaran hutan.

Untuk bisa menyusuri kawasan hutan yang memang sangat luas dan pastinya membutuhkan banyak tenaga untuk mengelilinginya namun kamu tidak perlu khawatir sebab kamu bisa membawa motor atau mobil untuk mengelilingi hutan karena track yang bisa dilalui cukup luas.

Namun jika kamu ingin berolahraga sambil jalan santai bisa mencoba berjalan kaki mengelilingi sebagian hutan ini. Di kawasan TAHURA BUNDER kamu bukan hanya  bisa menikmati kerimbunan pepohonan yang menjulang tinggi, namun kamu juga bisa menyaksikan penangkaran rusa timor yang dipelihara oleh para pertugas di lahan seluas 6,2 hektar.

Rusa Timor via kaskus.co.id

Rusa Timor via kaskus.co.id

Para rusa timor ini pastinya sangat menarik perhatian anak – anak yang berkunjung yang ingin berfoto bersama rusa, selain itu ada juga wisatawan yang menikmati kegiatan memberi makan para rusa yang imut.

Selain itu para rusa yang hidup bebas bisa berlarian sepuasnya akan semakin membuat anak – anak merasa gembira saat melihatnya. Kelebihan lain yang dimiliki TAHURA BUNDER adalah terdapat sungai oya yang membelah kawasan TAHURA BUNDER sehingga menambah kesegaran saat berkunjung.

Potensi Wisata Alam

Kawasan TAHURA BUNDER yang luasnya mencapai 6 ratus hektar lebih ini memiliki 40 jenis tanaman yang sudah teridentifikasi serta memiliki banyak sekali jenis hewan serta memiliki topografi landai serta berbukit.

Ada pula beberapa jenis hewan yang dilindungi oleh undang – undang seperti beberapa jenis burung. Potensi wisata alam lain juga bisa kita lihat dari bukit gunung tua, lembah yang terhampar di bawah serta alam pedesaan yang terasa sangat alami di kaki bukit.

Salah satu keistimewaan tempat ini adalah bisa dijadikan tempat menikmati keseruan sunset dan sunrise yang memberikan pemandangan yang tidak biasa dan menghadirkan siluet yang luar biasa.

Pabrik Penyulingan Minyak Kayu Putih

Sendang Mole via IG @gpswisata

Sendang Mole via IG @gpswisata

Sejak tahun 1980 an kawasan hutan raya Gunung Kidul ini telah dijadikan tempat penyulingan minyak kayu putih. Terdapat sebuah pabrik yang bernama sendang mole yang mengolah daun dan pohon kayu putih.

Tips dan Saran

Untuk menciptakan suasana liburan yang menyenangkan ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal sebagai tips dan saran berlibur dari kami, seperti berikut ini:

  • Kawasan Gunung Kidul terkenal dengan bukit karstnya sehingga rute yang akan kamu tempuh didominasi oleh tanjakan dan tikungan tajam, oleh sebab itu sebelum melakukan perjalanan jauh pastikan mesin kendaraan dalam kondisi yang baik
  • Pastikan kamu membawa beberapa perlengkapan berlibur seperti obat – obatan untuk berjaga – jaga dari serangan flu dan sebagainya. Selain itu kamu juga bisa membawa bekal makanan dan minuman yang pastinya lebih sehat ketimbang makanan beli
  • Kawasan hutan raya Gunung Kidul ini sangat luas sehingga saat kamu berkunjung pastikan memakai alas kaki yang nyaman seperti sandal atau sepatu sneaker
  • Untuk menyempurnakan liburanmu pastikan kamu membawa kamera dengan kualitas yang mumpuni untuk mengabadikan beberapa momen penting dan kebersamaan bersama keluarga

Demikianlah artikel mengenai TAHURA BUNDER yang berada di kawasan Gunung Kidul dan berada di lokasi yang sangat strategis karena berada di jantung kota dan berada disebelah area rest area. Selamat berkunjung dan berlibur. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Alam Embung Batara Sriten Gunung Kidul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!