Objek Wisata Alam Embung Batara Sriten Gunung Kidul

Embung batara sriten jika kita lihat dari namanya banyak yang menyangka bahwa ini merupakan embung yang terletak di kota Denpasar, Bali, namun pemikiran anda salah besar sebab lokasi embung batara sriten berada di Yogyakarta.

Ternyata embung batara sriten turut melengkapi destinasi wisata alam yang ada di kota yang memiliki banyak keistimewaan ini. Memang tidak bisa kita sangkal bahwa kota jogja memiliki jejeran destinasi wisata yang mempesona serta masih sangat alami. Selain itu berwisata di jogja menawarkan perjalanan liburan yang menyenangkan dan relatif sangat murah.

Objek wisata yang satu ini memiliki pesona telaga di puncak tertinggi Gunung Kidul yang wajib dikunjungi saat musim liburan atau hanya sekedar menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga dan teman – teman.

Keeksotisan embung ini tidak perlu diragukan lagi dan bisa menjadi ajang traveling serta refresing untuk menghilangkan segala kepenatan yang selama ini menghantui. Setelah melakukan perjalanan liburan yang menyenangkan maka pikiran anda akan segar kembali dan siap menjalani hari seperti biasanya dengan pikiran yang lebih segar.

Susana di tempat ini juga cukup tenang karena belum begitu banyak wisatawan yang datang berkunjung karena memang lokasi wisata ini masih baru dibuka. Namun justru disitulah letak keistimewaan tempat ini sebab anda bisa merasakan embung ini milik pribadi.

Tunggu apa lagi, ayo segera ramaikan destinasi wisata alam embung batara sriten untuk melestarikan tempat ini agar mampu bersaing dengan wisata yang sudah lebih dulu beroperasi.

Puncak Embung Batara Sriten

Puncak Embung Batara Sriten

Lokasi Wisata Alam Embung Batara Sriten

Ika anda ingin mengunjungi embung batara sriten untuk merasakan keindahan yang tersaji disana dan ingin melakukan banyak aktivitas seru dan menyenangkan bisa langsung saja datang ke kabupaten Gunung Kidul dimana destinasi wisata ini berada.

Lokasinya cukup mudah ditemukan, namun untuk masalah rute perjalanannya cukup menantang adrenalin karena berada di sekitar lokasi yang cukup curam, oleh sebab itu pastikan mesin kendaraan anda dalam kondisi yang baik.

Loading...

Lokasi embung ini berada di desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Lokasi Wisata Embung Batara Sriten

Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa jalan menuju lokasi embung batara sriten ini cukup terjal dan curam oleh sebab itu anda perlu ekstra hati – hati saat berkendara.

Jika anda ingin melihat dengan jelas rute jalan yang bisa dilalui maka akan kita mulai dari tugu Jogja pada kilometer 0 kemudian silahkan memulai perjalanan ke timur melalui jalan panembahan senopati kemudian jalan lurus terus hingga sampai ke jalan kusumanegara jalan lurus terus hingga anda menemukan perempatan dan ambil arah ke selatan menuju jalan gedong kuning.

Setelah itu jalan lurus terus hingga menemukan perempatan kembali lalu ambil arah ke timur menuju ke jalan wonosari, sesampainya di wonosari jalan lurus terus sampai ke jalan sambipitu nglipar. Ikuti jalan utama hingga anda menemukan papan nama bertuliskan wisata alam Embung Batara Sriten.

Jika perjalanan dalam kondisi normal menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota jogja hingga ke lokasi wisata bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam 38 menit, dengan jarak tempuh yang cukup jauh yaitu sekitar 45,5 kilometer.

Jika masih ragu dengan rute yang anda tempuh maka silahkan bertanya kepada penduduk sekitar atau juga bisa menggunakan panduan dari google maps yang kini semakin canggih.

Harga Tiket Masuk Embung Batara Sriten

Telaga Kece di Embung Batara Sriten

Telaga Kece di Embung Batara Sriten

Anda tidak perlu takut maupun cemas saat berkunjung ke embung batara sriten akan menghabiskan banyak uang anda. Sebab berwisata ke tempat ini relatif sangat murah. Anda cukup mengeluarkan uang 3 ribu rupiah per orang untuk biaya tiket masuk.

Siapa yang menyangka dengan uang 3 ribu rupiah kita sudah bisa menghabiskan waktu libur yang menyenangkan di tempat seindah dan seeksotis embung batara sriten dengan pesona telaga di puncak tertinggi Gunung Kidul.

Namun bagi anda yang membawa kendaraan pribadi harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar tiket parkir. Namun harga tiket parkir di tempat ini juga sangat bersahabat di kantong.

Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor hanya dibandrol dengan harga 2 ribu rupiah sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil dibandrol dengan harga 5 ribu rupiah.

Fasilitas Pendukung

Meski tiket masuknya tergolong sangat murah namun dari segi pesonanya tidak perlu diragukan lagi, selain itu jika kita lihat dari segi fasilitas pendukungnya juga cukup memadai yang ditujukan untuk memberi kenyamanan bagi pengunjung yang datang. Berikut beberapa fasilitas pendukung yang tersedia,diantaranya

  • Lahan parkir yang cukup luas dan selalu dijaga keamanannya karena disediakan beberapa petugas parkir yang selalu siap siaga
  • Tempat sampah bisa kita gunakan untuk membuang sampah bekas botol mineral, bungkus makanan, tisu dan lain sebagainya
  • Toilet umum juga tersedia disini dengan kondisi yang cukup baik dan terjaga kebersihannya.
  • Warung makan juga turut meramaikan objek wisata ini dan turut membantu pengunjung yang merasa lapar dan haus
  • Gazebo untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan air nan cantik dan segar di puncak tertinggi Gunung Kidul.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Untuk mengisi liburanmu di embung batara sriten sebaiknya melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan agar liburanmu semakin seru. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Hunting foto

Hunting Spot Foto via IG @prabuhutomo

Hunting Spot Foto via IG @prabuhutomo

Bagi anda yang memiliki hobi cekrek sana cekrek sini untuk mengabadikan beberapa momen indah di suatu lokasi maka sangat cocok datang ke embung batara sriten untuk hunting foto.

Saat cuaca cerah akan terlihat panorama yang menakjubkan dari puncak bukit. Akan terlihat latar depan telaga membentuk seperti boomerang.

Pemandangan di sekitarnya juga tidak kalah fotogenic, dimana pada bagian belakang embung terlihat puncak bukit mangir yang indah dan terdapat sebuah gazebo kecil yang bisa anda jadikan objek foto untuk melengkapi koleksi foto liburan di embung batara sriten.

2. Berburu Sunset dan Sunrise

Berburu Sunset via IG @Ekodwis

Berburu Sunset via IG @Ekodwis

Lokasi embung yang ada di puncak bukit mangir ini sangat cocok jika dijadikan lokasi berburu sunset dan sunrise. Sinar mentari pagi yang naik perlahan akan menyinari perbukitan yang hijau dan ditemani dengan kabut asap putih yang semakin menyempurnakan sunrise di langit yang cerah ini.

Selain itu dari puncak bukit ini juga menjadi lokasi yang tepat untuk menatap senja. Akan terlihat langit romantis di ujung bukit dengan warna jingga keemasan dan menghasilkan siluet senja yang sempurna.

3. Camping

Camping di Embung Batara Sriten via IG @sibolanggg_

Camping di Embung Batara Sriten via IG @sibolanggg_

Di puncak mangir dimana lokasi embung batara sriten berada akan menjadi lokasi camping yang kece abis. Anda bisa mencoba mendirikan tenda di pinggir telaga yang tenang dan memberikan keindahan alam yang luar biasa.

Untuk menyempurnakan camping kali ini jangan lupa untuk membawa kail pancing untuk memancing di telaga, kemudian anda bisa membakar ikan hasil pancingan saat malam tiba dimana api unggun mulai dinyalakan.

Di bawah taburan ribuan bintang dan di tengah pemandangan indah yang terhampar sepanjang mata memandang dan diiringi lantunan gitar nan merdu membuat camping kali ini tidak akan terlupakan.

4. Berselaras dengan Alam

Menikmati Keindahan Puncak Mangir via IG @puspita_luthfi96

Menikmati Keindahan Puncak Mangir via IG @puspita_luthfi96

Buat anda yang sedang membutuhkan ketenangan jiwa karena memiliki banyak permasalahan seperti putus cinta dan tidak segera menemukan tambatan hati yang pas atau lebih kerennya disebut sedang galau, anda bisa menghibur diri dengan berselaras dengan alam di sekitar embung batara sriten.

Dijamin pikiran yang menumpuk akan hilang saat anda mulai menikmati suasana di embung batara sriten dan mencoba berbincang dengan warga sekitar yang memang sangat ramah dan bersahabat.

5. Hammocking

Hammocking

Hammocking

Buat kamu yang suka melakukan hammock di alam bebas bisa mencoba membawa peralatannya dan tiduran di atas hammock yang diikatkan pada pohon berukuran raksasa yang ada di salah satu sudut embung.

Anda bisa menikmati keindahan alam sambil tiduran dan berayun di atas hammock, sungguh menjadi pengalaman yang berbeda.

6. Mencoba Sensasi Paralayang

Mencoba Sensasi Paralayang via IG @jarwanto12345678910

Mencoba Sensasi Paralayang via IG @jarwanto12345678910

Buat kamu yang doyan mencoba adrenalin, cobalah sensasi melayang-layang di udara. Tempat ini juga difungsikan sebagai lokasi olahraga dirgantara atau aerosport. Berbagai olahraga menantang mulai dari paramotor, gantole hingga paralayang dapat dilakukan di sana. Bahkan beberapa klub olahraga paralayang Jogja sering menjajal take off dari Puncak Mangir, Embung Batara Sriten.

Pesona Wisata Alam Embung Batara Sriten

Embung batara sriten baru saja diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X selaku Gubernur DIY pada tanggal 17 Maret 2015 lalu. Sejak kemunculannya memang sudah mempersiapkan sesuatunya dengan matang, hal ini dapat kita lihat dari pemandangannya yang sangat indah dan eksotis.

Meski belum begitu banyak dikunjungi namun dari pengalaman yang sudah ada tidak ada pengunjung yang merasa kecewa setelah menghabiskan waktu di tempat ini.

Tidak puas sampai disitu saja, pihak pengelola embung memproyeksikan pembangunan perkebunan buah – buahan untuk menarik lebih banyak lagi pengunjung sekitar jogja dan dari luar daerah juga. Jenis buah yang akan mendominasi kebun buah disini adalah manggis dan kelengkeng serta beberapa jenis buah lainnya.

Embung batara sriten menyajikan pemandangan yang luar biasa dengan bagian lembah yang terlihat mempesona, serta perbukitan hijau yang berada di sekitar puncak mangir tersebut.

Puncak Mangir via IG @joeluluk

Puncak Mangir via IG @joeluluk

Selain itu embung juga dimanfaatkan untuk menampung air yang bisa digunakan oleh penduduk sekitar untuk pengairan perkebunan saat musim kemarau tiba.

Embung yang didesain secara tidak beraturan dan berbentuk elip bertujuan untuk lebih mengeksplor keindahannya dan diharapkan lebih bisa memikat hati banyak pengunjung.

Dari segi keamanan embung juga sangat diperhatikan hal ini terlihat dari pemasangan pagar pembatas di sekeliling waduk, serta telah dilengkapi dengan adanya pemberitahuan larangan bersandar di sekitar pagar sehingga sangat aman bagi anak – anak.

 Untuk anda yang ingin menikmati bagaimana berjalan di sekitar embung telah disediakan jalan khusus. Buat anda yang suka menyaksikan pemandangan di sekitar lokasi wisata telah disediakan tempat peristirahatan yaitu sebuah gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan alam serta sebuah pohon besar yang berada di jalur menuju puncak mangir.

Tips Berlibur

  • Perhatikan waktu terbaik untuk berkunjung ke lokasi wisata ini. Anda sebaiknya datang di pagi hari saat menjelang sunrise sehingga anda bisa menikmati keindahan langit fajar, selain itu waktu yang juga baik untuk berkunjung adalah di sore hari saat menjelang matahari terbenam atau sunset yang menawan
  • Kondisi jalanan yang cukup terjal dan curam mengharuskan anda menggunakan kendaraan yang bisa menempuh medan yang sulit, dan tidak disarankan mengendarai motor matik karena akan menyulitkan perjalanan anda kali ini.
  • Perhatikan pula cuaca sekitar anda sebelum memulai perjalanan, jika sekiranya hari akan hujan sebaiknya anda menunda perjalanan liburan kali ini karena lumpur pekat akan menutupi jalan sehingga akan lebih sulit lagi untuk bisa sampai ke puncak
  • Saat berada di lokasi wisata jangan sampai lupa waktu karena disarankan untuk meninggalkan lokasi embung batara sriten sesaat setelah menyaksikan sunset karena cukup berbahaya berada di puncak bukit dalam kondisi gelap.

***

Dari ketinggian puncak mangir yang menjadi puncak tertinggi di kawasan Gunung Kidul ada banyak pemandangan yang mengesankan bisa anda saksikan seperti waduk gajah mungkur, rowo jombar, persawahan, serta perbukitan yang mempesona.

Pesona embung batara sriten memang tidak bisa kita ragukan lagi, dan pastinya wajib dikunjungi saat musim liburan tiba. Selamat berlibur dan berkunjung kurang dan lebih mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Pantai Ngandong Gunung Kidul

loading...

One Response

Leave a Reply

error: Content is protected !!