Objek Wisata Alam Goa Gelatik Gunung Kidul

Goa Gelatik – Ada banyak sekali objek wisata di Gunung Kidul yang menarik untuk kita kunjungi. Terutama jejeran  wisata pantainya yang luas membentang berada di pesisir samudra Hindia. Memang belum lengkap rasanya ketika mengunjungi Gunung Kidul jika belum mampir ke pantai yang memiliki hamparan pasir putih ini. dengan ombaknya yang tidak begitu besar sehingga aman untuk bermain air.

Tahukah ada jika Kab. Gunung Kidul bukan hanya memiliki pantai yang eksotis, namun ada beberapa destinasi alam yang tidak kalah cantiknya, salah satunya adalah goa – goanya yang sayang untuk dilewatkan. Ada lebih dari 60 jenis  goa yang tersebar di Kab. Gunung Kidul ini.

Salah satu goa yang kami rekomendasikan untuk anda adalah goa Gelatik. Atau warga sekitar menyebutnya ga gelatik lorong sewu.

Salah satu goa yang berdiri sejak puluhan tahun ini memang belum begitu populer, namun keindahan dan keeksotisan yang tersembunyi di perut bumi ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Goa yang sangat cocok menjadi wahana susur goa ini bukan hanya menyajikan keindahan alam yang luar biasa namun juga banyak pelajaran yang bisa kita ambil. Dengan keindahan yang sangat eksotis dan alami membuat goa ini terus mengalami peningkatan popularitas.

Hal ini terbukti dari sejak ditemukan keberadaannya, goa ini langsung mendapatkan perhatian dari para pecinta alam dan pecinta traveling.

Meski ketenarannya masih belum bisa mengalahkan wisata besar lainnya, namun goa ini sudah mendapatkan tempat tersendiri di hati penggemarnya. Banyak yang penasaran dengan kondisi goa yang cukup ekstrim ini dan penasaran ingin menaklukkan rintangan di dalamnya.

Lokasi Goa Gelatik

Setelah melihat keindahan goa gelatik di berbagai media sosial seperti instagram ada banyak sekali wisatawan yang penasaran dimanakah letak goa ini? letaknya cukup jauh dari pusat kota Jogja, berjarak beberapa puluh kilometer.

Goa ini terletak di tengah hutan belantara, namun anda tidak perlu khawatir sebab campur tangan pemerintah membuat perjalanan menuju lokasi goa cukup mudah dilalui, meski nanti kita harus menyusuri jalan setapak beberapa meter, namun ini akan menjadi perjalanan yang sangat menyenangkan.

loading...

Untuk menjawab rasa penasaran ada kami akan memberikan penjelasan secara detail mengenai lokasi goa. Goa Gelatik berlokasi di Dusun Gunungbang, Desa Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bisa memulai perjalanan menggunakan mobil atau motor.

Rute Menuju Lokasi Goa

Untuk rute menuju lokasi goa cukup menantang karena akan banyak sekali kelokan dan tanjakan, sehingga anda harus memastikan kondisi mesin kendaraan anda dalam kondisi yang prima.

Meski kita akan melewati perjalanan menuju dataran tinggi yang pastinya ada banyak sekali kelokan dan tanjakan namun untuk medannya sendiri sudah bagus dan sudah diaspal, hanya ada beberapa meter saja yang belum diaspal.

Lalu bagaimana dengan rute menuju lokasi apakah mudah ditemukan atau cukup sulit? Meski berada cukup jauh dari perkotaan rute menu lokasi sangat mudah ditemukan dan diakses.

Perjalanan wisata alam goa gelatik akan kita mulai dari pusat kota Yogyakarta, lalu arahkan lau kendaraan anda menuju Wonosari, lalu ikuti jalan utama Wonosari hingga ke kota Wonosari lalu ikuti jalan yang mengarah ke Goa Pindul.

Ikuti jalan tersebut karena letak goa gelatik searah dengan jalan menuju goa pindul. Setelah melakukan perjalanan selama 1,5 jam maka anda akan sampai ke lokasi yang dituju yaitu lokasi goa gelatik, Gunung Kidul.

Peta Lokasi

Harga Tiket Masuk Goa Gelatik

Goa yang terkenal dengan lorongnya yang cukup ekstrim ini tidak mematok harga yang cukup tinggi, jadi buat anda yang minim dana memang cocok mengunjungi goa gelatik di Gunung Kidul ini.

Untuk harga tiket masuknya dipatok dengan harga yang sangat bersahabat. Anda hanya perlu membayar biaya susur goa atau biaya untuk pemandu wisata yang akan memandu anda menyusuri lorong demi lorong, sebab  anda memang tidak diperbolehkan menyusuri goa tanpa panduan dari petugas sebab lorong goa gelatik terbilang cukup ekstrim.

Untuk biaya susur goa hanya dipatok harga 30 ribu rupiah saja. kemudian untuk harga tiket parkirnya juga tidak begitu mahal, anda cukup membayar Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua atau motor, Rp. 5000 untuk kendaraan roda empat atau mobil, serta Rp. 10.000 – Rp. 15.000 untuk kendaraan wisata.

Susur Goa Gelatik via IG @wahyu.nurfadly

Susur Goa Gelatik via IG @wahyu.nurfadly

Fasilitas yang Ditawarkan Goa Gelatik Gunung Kidul

Sejak pertama kali ditemukan goa gelatik ini memang mampu menyita perhatian para traveler sehingga membuat lokasinya selalu ramai dikunjungi para pecinta alam, hal ini membuat petugas goa bersama pemerintah setempat terus berupaya memajukan destinasi wisata alam mini dengan cara membangun sarana dan prasarana di goa gelatik.

Hingga saat ini telah tercatat ada beberapa fasilitas yang berhasil dibangun, mulai dari lahan parkir yang cukup luas dan terus dijaga keamanannya oleh beberapa petugas yang siap siaga, selain itu terlihat jejeran tempat sampah sebagai upaya pemeliharaan kebersihan dan keindahan lokasi ini, terlihat pula beberapa kamar mandi atau toilet umum di bangun untuk memberikan rasa nyaman para pengunjung yang datang.

Fasilitas pendukung lain yang ada ditempat ini, diantaranya:

  • Jemputan untuk pengunjung yang tidak ingin berjalan kaki saat melalui jalan tanah yang cukup licin saat diguyur hujan
  • Pemandu wisata yang memang wajib anda sewa untuk membantu ada menyusuri goa gelatik yang terbilang ekstrim
  • Loker yang bisa digunakan oleh pengujung untuk menyimpan barang bawaannya. Anda cukup membayar uang sewa lokernya saja
  • Helm sebagai alat standar keamanan yang harus dipakai untuk melindungi kepada dari benda tajam
  • Penerangan seperti senter sebagai satu – satunya sumber cahaya di tempat ini, sebab belum ada penerangan listrik yang dipasang di dalam goa
  • Tabung oksigen yang sangat penting di gunakan oleh pengunjung sebab kondisi pengap dan hampa udara di dalam goa cukup berbahaya jika tanpa bantuan oksigen
  • Plastik untuk melindungi gadget atau barang penting lainnya dari air yang ada di dalam goa
  • Air minum untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi sebab perjalanan menyusuri goa kali ini cukup menguras tenaga

Pesona Goa Gelatik Lorong Sewu

Pesona Goa Gelatik Lorong Sewu via IG @lakubecik

Pesona Goa Gelatik Lorong Sewu via IG @lakubecik

Goa gelatik lorong sewu begitulah warga sekitar menyebutnya, mereka menyebutnya demikian karena banyaknya lorong yang terdapat di dalam goa ini. Goa ini sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu namun baru ditemukan pada 2014 lalu.

Wisata goa gelatik ini banyak disebut sebagai wisata minat khusus, hal ini berarti pengunjung yang datang harus benar – benar dipandu ketika melakukan penyusuran lorong goa. Mengapa demikian karena untuk lorong goa ini cukup ekstrim.

Sehingga petugas goa selalu mengedepankan keselamatan dan keamanan pengunjung. Namun satu hal yang perlu anda ingat bahwa meski ekstrim bukan berarti goa ini tidak bisa dikunjungi karena kami selalu memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan pengunjung.

Banyak juga cerita yang berkembang bahwa nama gelatik diambil dari banyaknya burung gelatik yang hinggap di pintu gua yang terdapat di bawah permukaan tanah ini. selain itu keunikan lain dari goa ini adalah terdapat 7 lapis goa yang berada di dalam.

Goa ini memiliki kesulitan pada tingkatan sedang dan sangat menantang dengan berbagai lapisan goa di dalamnya membuat goa ini mencuri para pecinta alam.

Goa ini memiliki lorong sepanjang 350 meter dengan waktu tempuh sekitar 1 setengah jam perjalanan. Sehingga sangat penting untuk memperhatikan kondisi tubuh anda. Selain itu sebelum memulai penyusuran goa pastikan anda menggunakan pengaman standar seperti helm dan sepatu boot.

Meski terkenal sebagai goa yang ekstrim bukan berarti tidak ada keindahan di dalamnya. Terdapat banyak sekali pesona alam yang sayang untuk dilewatkan, seperti di dalam goa terdapat banyak sekali jenis batu alam yang cantik dan juga masih terlihat jelas jejak turbulensi di dalamnya. Yang menjadi salah satu daya tarik goa ini adalah terdapat 7 lapisan di dalamnya.

Kita akan melihat bagian dasar goa. Di bagian dasar ini terdapat aliran sungai bawah tanah yang merupakan habitat atau tempat hidup ikan naga jawa atau moa, sungguh pemandangan sungai yang sangat cantik dan mempesona. Dengan jalur lorong yang memiliki tingkatan kesulitan mulai dari sedang dan sangat menantang, sebab ada banyak jalur vertikal dan horizontal di dalamnya.

Terdapat pula stalaktit dan stalakmit yang terus tumbuh membuat goa semakin terlihat eksotis. Meski menggunakan penerangan seadanya anda bisa mengambil beberapa jepret foto dalam goa yang cantik. Terlihat pula ribuan kelelawar yang hidup di dalam goa, karena memang mereka sangat menyukai hidup ditempat yang gelap, lembab, dan pengap seperti goa ini contohnya.

Menurut pemerintah setempat goa gelatik ini termasuk ke dalam goa kering, sehingga dalam pengembangan wisata alamnya tidak mampu berdiri sendiri. Dengan begitu ketika berkunjung anda bisa memilih paket kunjungan.

Untuk paket kunjungan ini akan dilakukan dengan cara dibentuk konsep wisata goa, dimana dalam sekali wisata yang dipandu oleh pemandu wisata yang bersertifikat akan membawa pengunjung mengelilingi beberapa goa mulai dari Goa Pindul, goa gelatik lorong sewu, serta goa – goa indah di sekitarnya.

Paket wisata ini bukan hanya melibatkan pemandu wisata saja, namun juga melibatkan UMKM yang tersebar di sekitar goa Gelatik lorong sewu.

Tips dan Saran

Agar liburanmu lebih seru, simak tips dan saran berikut ini:

  • Memang goa – goa di Gunung Kidul sudah dibuka untuk umum sejak bertahun – tahun lalu, namun anda perlu menyadari bahwa sebenarnya merupakan budaya warga setempat, dan ada beberapa tempat yang kerap kali dijadikan sebagai tempat ritual di hari – hari tertentu, oleh sebab itu sebaiknya anda berkunjung di waktu yang tepat serta tetap menjaga sopan santun ketika berada di lokasi goa
  • Saat mengunjungi goa yang memiliki tingkat kesulitan sedang dan lumayan menantang ini sehingga diharapkan bagi para wisatawan harus mendengarkan segala arahan pemandu, selain itu untuk anda yang memiliki beberapa penyakit tertentu seperti sesak nafas serta sakit kepala sebaiknya tidak mengikuti perjalanan kami menyusuri goa
  • Untuk bisa menaklukkan rute di dalam goa yang terbilang ekstrim pasikan kamu makan terlebih, sebab perjalanan kali ini membutuhkan banyak sekali energy. Selain itu jangan lupa untuk membawa air mineral agar tidak terjadi dehidrasi ketika berada di dalam goa yang pengap ini.
  • Sebelum melakukan perjalanan menyusuri lorong demi lorong di dalam goa pastikan kondisi tubuh ada selalu fit dan prima, agar tidak mengganggu liburanmu kali ini di goa gelatik.
  • Pastikan kamu mengikuti setiap arahan yang dijelaskan oleh pemandu wisata. Sebab perjalanan kali ini memiliki resiko yang cukup tinggi, sehingga sangat penting menjaga keamanan dan keselamatan anda.

***

Goa gelatik lorong sewu yang sangat cantik dan mempesona ini memang sangat cocok dikunjungi terutama buat anda yang menyukai petualangan dan para pecinta alam. Kurang dan lebih mohon maaf, selamat berkunjung dan terima kasih.

Kunjungi juga: TAHURA BUNDER Gunung Kidul

Loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!