Objek Wisata Kampung Teletubbies “Desa Wisata Rumah Domes” Sleman

Kampung Teletubbies – Masih ingat dengan serial TV anak yang berjudul teletubbies yang pernah menjadi idola pada zamannya? Sebuah serial yang menceritakan kehidupan para boneka di sebuah rumah yang unik.

Ternyata kini kita bisa merasakan berpetualang di dunia teletubbies di sebuah kampung yang terletak di kabupaten Sleman, Yogyakarta. kampung ini memiliki rumah yang didesain mirip dengan rumah yang ditinggali kawanan boneka tersebut.

Kampung ini disebut sebagai kampung teletubbies yang menjadi salah satu desa wisata di Jogja yang wajib kamu kunjungi. Bangunan di bangun dengan atap bulat mirip rumah igloo yang terbuat dari salju.

Kampung ini memiliki jumlah bangunan yang cukup banyak, ada sekitar 80 rumah yang berdiri di kampung glepang ini. Hingga kini sudah sekitar 10 tahun usia rumah yang berbentuk setengah lingkaran tersebut.

Pembangunan kampung teletubbies ini awalnya akibat dari gempa hebat yang melanda Jogja pada tahun 2006 lalu. Gempa dahsyat tersebut memporakporandakan pemukiman penduduk serta membuat tanah di daerah tersebut amblas dan meruntuhkan bangunan warga.

Kemudian lembaga yang berasal dari luar negeri membangun perkampungan di kampung glepang ini untuk menampung penduduk yang kehilangan hunian mereka.

Melihat potensi yang dimiliki kampung teletubbies membuat banyak pihak akhirnya menjadikannya sebuah desa wisata yang unik.

Kampung teletubbies memang memiliki cerita kelam sebelumnya namun kini desa ini penuh dengan keceriaan dan kenyamanan bagi penduduk yang tinggal di dalam bangunan ini meski ukurannya tidak terlalu lebar. Anda bisa mengajak keluarga untuk menikmati keseruan di kampung wisata ini.

Kampung Teletubbies via IG @jihanbank

Kampung Teletubbies Sleman via IG @jihanbank

Lokasi Desa Wisata Kampung Teletubbies

Loading...

Jika anda penasaran dengan kondisi bangunan yang unik ini anda bisa datang langsung ke kabupaten Sleman, yang letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota hanya berjarak sekitar 20 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saat jalanan lalu lintas normal.

Lokasi kampung teletubbies ini cukup strategis karena masih berada di kawasan desa prambanan yang memang menjadi lokasi dari candi prambanan yang menjadi tujuan banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Selain itu berkunjung ke kampung teletubbies akan memberikan keseruan tersendiri karena anda bisa sekaligus menikmati indahnya destinasi wisata di kompleks prambanan yang tidak kalah keren.

Kampung teletubbies ini terletak di kawasan sengir RT. 06 / RW. 2, dusun Sengir, desa Sumberharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55572. Kawasan kampung  teletubbies ini sangat mudah ditemukan dengan rute perjalanan yang sangat nyaman.

Harga Tiket Masuk ke Kampung Teletubbies

Kampung domes yang lucu ini berada di kawasan prambanan yang sangat terkenal, sehingga lokasinya pasti sangat mudah ditemukan. Desa yang kini menjadi salah satu desa wisata di kota jogja ini memiliki keunikan yang tidak memiliki tempat lain.

Seluruh keseruan yang ada bisa anda nikmati dengan hanya membayar tiket masuk sebesar 5 ribu per orang. Sungguh harga yang sangat bersahabat di kantong dan cocok sekali buat kamu yang tidak memiliki biaya lebih untuk perjalanan liburanmu.

Di kampung ini terdapat beberapa wahana yang mengharuskan kamu membayar lebih jika ingin menikmatinya. Beberapa diantaranya kereta odong – odong yang di bandrol dengan tariff sebesar 5 ribu, serta tempat penyewaan sebuah ATV sebesar 50 ribu rupiah per 15 menit.

Anda juga dikenakan tarif tambahan jika datang menggunakan kendaraan umum seperti sepeda motor atau mobil, namun anda tidak perlu cemas sebab tiket parkirnya juga tidak terlalu mahal dan terbilang standar digunakan tempat parkir lain.

Jika kamu membawa kendaraan roda empat atau sepeda motor cukup membayar 2 ribu rupiah saja, sedangkan jika kamu membawa kendaraan roda dua atau mobil cukup membayar 5 ribu rupiah, sedangkan jika pengunjung datang membawa minibus atau bus pariwisata cukup membayar masing – masing sebesar 10 dan 20 ribu rupiah.

Fasilitas yang Tersedia di Kampung Teletubbies

Berfoto dengan Para Teletubbies

Berfoto dengan Para Teletubbies

Setelah gempa yang terjadi tahun 2006 lalu mengguncang kota jogja di bangunlah sebuah kampung yang diberi nama kampung teletubies yang dibangun di atas tanah seluas 2 hektar dengan jumlah bangunan sebanyak 80 buah.

Beberapa diantaranya digunakan sebagai hunian sedangkan sebagian lagi digunakan sebagai fasilitas umum atau fasilitas tambahan. Berikut beberapa fasilitas tambahan yang tersedia, diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas disediakan khusus untuk pengunjung yang datang ingin melihat kelucuan bangunan yang ada di kampung ini
  • Tempat sampah juga diletakkan berjejer di kawasan ini untuk mengajak pengunjung sadar akan kebersihan lingkungan
  • Fasilitas MCK yang sengaja disediakan sejak awal pembangunan kawasan ini sebagai fasilitas umum yang bisa digunakan bersama, kini juga bisa digunakan oleh pengunjung yang datang
  • Mushola yang bisa digunakan oleh pengunjung muslim untuk beribadah
  • Warung makan atau kantin yang dikelola oleh penduduk yang tinggal di kampung ini untuk menambah penghasilan keluarga dengan menu yang cukup lengkap dan rasanya juga sangat lezat. Jika kita lihat dari segi harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal
  • Aula yang digunakan untuk acara – acara tertentu atau bisa juga disewa oleh pengunjung yang ingin mengadakan acara
  • Klinik kesehatan
Desa Wisata Rumah Domes via IG @annarasuwardi

Desa Wisata Rumah Domes via IG @annarasuwardi

Sebuah Perkampungan yang Kini Menjadi Desa Wisata

Sebuah perkampungan yang awalnya menampung korban gempa yang sudah kehilangan harta bendanya atau banyak juga dari mereka yang lahan pekarangan nya sudah tidak diperbolehkan membangun rumah.

Sebuah lembaga luar negeri menggagas pembangunan rumah yang berbentuk kubah dan didominasi berwarna putih ini merupakan rumah tahan gempa. Kampung yang kini sudah berubah menjadi salah satu desa wisata andalan kabupaten Sleman ini di bangun di atas lahan seluas 2 hektar.

Spot Foto di Desa Wisata Rumah Domes

Spot Foto di Desa Wisata Rumah Domes

Di kampung teletubbies ini berdiri sekitar 80 bangunan, 71 diantaranya digunakan sebagai rumah hunian, sedangkan 6 lainnya digunakan sebagai fasilitas MCK, sebuah mushola, sebuah aula, serta sebuah klinik kesehatan.

Bangunan yang ada didominasi berwarna putih sehingga memberi kesan yang sangat bersih. Setiap rumah yang dihuni oleh beberapa orang ini memiliki ukuran diameter sekitar 7 meter, sedangkan ketinggian rumah ini sekitar 4,6 meter.

Pihak yayasan luar negeri sengaja mendesain rumah memiliki 2 lantai agar tidak terlalu sempit jika dihuni oleh beberapa anggota keluarga. Rumah dome ini dilengkapi dengan dua buah kamar tidur, sebuah ruang tamu, sebuah dapur, untuk menambah keunikan bangunan  pada bagian atas yang berlantai kayu dibiarkan tanpa sekatan.

Hunian ini juga dilengkapi dengan 4 buah jendela serta dua buah pintu pada bagian depan dan belakangnya. Rumah ini sengaja dibangun berbentuk setengah lingkaran yang dirancang khusus tahan terhadap gempa bumi. Rumah ini berukuran tidak terlalu besar dan terlihat sederhana namun bagi para penghuninya sudah lebih daripada cukup dan sangat nyaman.

Kini pengunjung yang datang bukan hanya bisa menikmati keunikan bangunan yang juga didesain cukup lucu, namun terdapat pula beberapa arena permainan untuk menambah keseruan saat berlibur.

Dijamin saat membawa anak – anak ke kampung teletubbies ini tidak akan merasa bosan dan selalu ingin kembali, karena mereka bebas bermain di arena bermain anak. Beberapa wahana anak yang tersedia seperti, kereta mini yang akan membawaa anak berkeliling rel, ayunan, serta terdapat pula papan seluncur dan jungkat jungkit.

Mampir juga ke: Wisata Alam Bukit Klangon Sleman

Keseruan Liburan di Kampung Teletubbies

Keseruan Liburan di Desa Wisata Teletubbies via Rappler

Keseruan Liburan di Desa Wisata Teletubbies via Rappler

Berkunjung ke kampung teletubbies akan memberikan sensasi yang tidak biasa. bagi pengunjung yang datang juga diperbolehkan masuk ke dalam rumah yang anda suka.

Kemudian anda bisa dengan leluasa melihat suasana rumah teletubbies, namun ada beberapa hal yang perlu anda ingat saat masuk ke dalam rumah ini, selayaknya tamu yang datang berkunjung pastinya anda harus selalu menjaga sopan – santun, serta tidak melakukan tindakan yang kurang menyenangkan.

Bagi pengunjung yang ingin berada di kampung ini lebih lama, tersedia pula arena camping ground yang lokasinya berdekatan dengan rumah teletubbies.

Kawasan kampung teletubbies bukan hanya bisa dilihat dari desain bangunanya yang mirip dengan bangunan yang ada di serial televisi anak ini, namun dilengkapi juga dengan badut teletubbies yang akan menghibur para pegunjung yang datang setiap hari minggu atau hari libur lainnya.

Anda juga bebas berfoto bersama para boneka yang berbentuk teletubbies aneka warna, mulai dari merah, ungu, kuning, serta hijau. Setelah selfie bersama badut teletubbies anda bisa mengunggah nya di akun media sosial yang kamu miliki sebagai ajang eksistensi diri serta bisa menjadi promosi yang baik untuk meningkatkan jumlah pengunjung di kampung teletubbies ini.

Jika kamu ingin merasakan keseruan tinggal di rumah teletubbies ini dipersilahkan untuk menginap barang semalam atau dua malam dengan harga sewa sebesar 120 ribu per orang.

Uang sewa yang kamu bayar nantinya akan dikelola dan dimasukkan ke kas desa, sebab lahan yang ada di kawasan ini hinggi kini belum dibebaskan, sehingga buat penduduk yang tinggal di kawasan desa wisata ini masih harus membayar uang setiap bulannya.

Jika kamu berkunjung pada saat liburan harus selalu berhati – hati meletakkan barang bawaan sebab pengunjung yang datang sangat ramai. Terutama mereka melihat atraksi yang akan dilakukan para boneka teletubbies ini. Banyak dari pengunjung yang mengajak bermain bersama serta foto bersama.

Liburan ke kampung teletubbies yang ada di kabupaten Sleman tidak akan pernah terlupakan dan pasti membuat anda selalu rindu ingin kembali. Jika kamu ingin merasakan keseruan lainnya sebaiknya datang pada hari libur. Selain itu disediakan pula tempat penyewaan motor ATV untuk mengelilingi area kampung teletubbies.

Wisata di Sekitar Kampung Teletubbies

Selain

  • Candi prambanan
  • Candi boko
  • Tebing breksi
  • Candi ijo
  • Candi banyunibo
  • Candi barong
  • Candi sojiwan
  • Desa wisata nawung
  • Bukit teletubbies
  • Candi perwara

Tips dan Saran

Saat berkunjung ke kampung teletubbies untuk menyaksikan uniknya bangunan igloo atau kubah yang berbentuk setengah lingkaran ini sebaiknya perhatikan beberapa tips dan saran berikut, agar liburanmu juga semakin seru, diantaranya:

  • Saat menikmati keseruan di dalam rumah teletubbies sebaiknya kamu selalu menjaga tata krama dan sopan santun sebagai tamu, selain itu jangan pula mengambil barang yang ada di dalam ruangan yang bukan milik kamu.
  • Untuk menambah keseruan ada baiknya kamu menginap semalam atau dua malam di rumah teletubbies untuk menikmati sendiri keseruan tidur di rumah yang berbentuk seperti kubah ini
  • Jangan lupa untuk membawa kamera agar kamu bisa mengambil gambar di lokasi yang memiliki spot – spot foto yang cantik. Selain itu kamu sebaiknya datang pada hari libur atau weekend agar bisa bertemu langsung dengan para badut teletubbies dengan warna yang ceria

****

Selamat menikmati liburan ada di kota Jogja, kota sejuta wisata ini, kurang da lebih mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Alam Tlogo Putri Kaliurang Sleman

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!