Wisata Edukasi ke Museum Affandi Sleman

Museum Affandi – Indonesia memang memiliki banyak sekali museum besar yang menyimpan beragam benda bersejarah serta benda yang memiliki nilai penting yang dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi bagi banyak orang.

Kota jogja menjadi salah satu kota penyumbang beragam jenis museum. Salah satunya adalah museum affandi. Museum ini adalah museum seni yang menyimpan banyak sekali pengetahuan mengenai seni.

Dikatakan museum affandi karena di dalamnya menyimpan berbagai macam jenis lukisan karya affandi yang sangat terkenal. Museum ini sendiri dibagi menjadi empat galeri utama, beserta fasilitas tambahan yang akan memberi kenyamanan kepada siapa saja yang berkunjung.

Bukan hanya menyimpan lukisan karya affandi saja, namun museum ini dulunya adalah rumah sang pelukis beserta seluruh keluarganya.

Rumah yang kini disulap menjadi salah satu bangunan bersejarah ini memiliki bentuk yang unik, dimana bagian atapnya memiliki bentuk seperti pelepah pisang.

Spesifikasi lain dari bangunan yang menjadi pusat kesenian ini adalah terdiri dari dua lantai yang dulunya lantai pertama digunakan sebagai ruang tamu dan garasi, sedangkan bagian lantai dua digunakan sebagai kamar affandi, namun setelah berubah menjadi museum seluruh bangunan dialihfungsikan.

Saat anda berkunjung ke kota jogja, jangan sampai melewatkan berkunjung ke museum affandi yang terletak di kabupaten Sleman, Yogyakarta. Membawa serta anak dan keluarga saat berlibur ke museum affandi akan menjadi momen yang tidak terlupakan.

Selain itu ada banyak nilai edukasi yang bisa anda dapatkan. Tunggu apa lagi, segera kunjungi museum affandi saat liburan di kota gudeg ini.

Kisah Singkat Affandi

The Stories of Affandi via IG @kompasklasika

The Stories of Affandi via IG @kompasklasika

Loading...

Affandi adalah seorang seminal asal Cirebon yang lahir pada 1907 silam. Pada awal mula ia terjun ke dunia seni lukis, ia dan keluarga berperan sebagai objek lukisan yang kemudian ia curahkan melalui lukisan yang berjudul self portrait (potret diri) serta mother’s anger ( kemarahan ibu) pada 1938.

Affandi adalah seorang anak dari R. Koesoema yang bekerja sebagai mantra ukur di pabrik gula yang meninggal dunia saat ia masih kecil hingga pengasuhan dilakukan oleh ibunya seorang diri.

Kemudian aia mendapatkan kesempatan pergi ke India untuk mendalami ilmu seni melukis, pada tahun 1949 ia mendapatkan beasiswa dari pemerintah india untuk mempelajari ilmu seni lukis di The Art School Shantineketan Tagore University

Selama ia berkarya ada lebih dari 2000 lukisan yang sudah dibuatnya. Dari karyanya tersebut ia berhasil mendapatkan banyak sekali penghargaan besar dari berbagai Negara. Beberapa penghargaan bergengsi itu, diantaranya doctor honoris causan dari university of singapura, dag hammarskold, grand maestro, dan masih banyak lagi.

Sejarah Museum Affandi

Bangunan gedung museum affandi terdiri dari 4 galeri utama beserta beberapa ruangan lainnya. Gedung ini dibangun diatas lahan seluas 3,5 hektar dengan dua lantai yang dahulu nya digunakan oleh affandi dan keluarga sebagai hunian. Sang maestro mendirikan museum ini dari hasil penjualan lukisan – lukisannya.

Renovasi yang dilakukan selesai pada tahun 1962 kemudian beberapa tahun setelah diresmikan sebagai museum affandi tepatnya pada tahun 1974 oleh Prof. Ida Bagus Mantra yang memiliki jabatan sebagai Direktur Kebudayaan Umum.

Kemudian kunjungan presiden soekarno memberikan dukungan dan bantuan besar dalam pembangunan galeri II yang rampung dibangun pada 1987 dan diremikan pada tahun 1988 oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan yaitu Prof. Dr. Fuad Hasan.

Galeri ke III mulai dibangun oleh yayasan affandi  setelah wafatnya sang legenda lukisan. Pembangunan dimulai pada tahun 1999 yang setahun kemudian rampung dikerjakan, barulah setelah itu pada tahun 2000 museum III ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono ke X yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Yogyakarta

Galeri terakhir atau galeri ke IV dibangun dengan tujuan untuk mengeksplor lukisan karya seluruh anggota keluarga affandi, salah satu yang terlihat di museum ini adalah lukisan karya Didit (cucu affandi).

Wisata ke Museum Affandi via IG @ditanggainy

Wisata ke Museum Affandi via IG @ditanggainy

Lokasi Museum Affandi

Museum affandi ini letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota. Tepatnya berada di kabupaten sleman. Selain itu lokasinya sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak sekitar 20 kilometer dari tugu jogja, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit pada saat kondisi lalu lintas normal.

Untuk bisa mencapai lokasi anda bisa mengendarai sepeda motor atau mobil, namun bagi yang memilih menggunakan kendaraan umum juga tersedia bus trans jogja yang bisa menjadi alternatif pilihan.

museum ini berada di kawasan  jalan laksda Adisucipto, No 167, dusun Papringan, Desa Caturtunggal, kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55281.

Rute Menuju Lokasi Museum Affandi

Setelah kita melihat dengan jelas lokasi museum affandi, kini kita akan melihat rute yang akan mengantarkan anda dari pusat kota hingga menuju lokasi, perjalanan yang akan dilalui cukup mudah, karena letaknya yang sangat dekat dengan pusat kota sehingga pembangunan jalannya juga sudah terlaksana dengan baik dan selalu menjadi prioritas.

Perjalanan akan kita mulai dari pusat kota, kemudian silahkan lanjutkan perjalanan menu ke arah timur ke jalan panembahan senopati

Kemudian lanjutkan perjalanan sampai menemukan perempatan lalu pilih arah ke utara menuju ke jalan mayor suryotomo lalu jalan lurus terus sampai jalan mataram kemudian lanjutkan kembali perjalanan anda hingga menemukan pertigaan.

Lalu pilih arah ke timur melewati jalan mas Suharto jambu kemudian jalan terus hingga menemukan perempatan lalu pilih arah ke utara menuju ke jalan tukangan, setelah itu jalan lagi sampai menemukan perempatan lalu silahkan menuju ke utara melalui jalan DR wahidin sudirohusodo.

Lalu jalan lurus terus sampai menemukan pertigaan silahkan ambil arah ke timur menuju ke jalan laksda adisucipto, kemudian silahkan mengikuti jalan utama hingga menemukan lokasi wisata yang dituju yaitu museum affandi.

Rute yang akan dilalui memang cukup banyak melalui jalan – jalan yang cukup terkenal di kota ini, jika anda merasa kebingungan bisa langsung saja membuka google maps untuk membantu perjalanan anda menuju lokasi, nanti akan ada peta yang akan mengarahkan laju kendaraan anda.

Kunjungi juga: Objek Wisata Sejarah Candi Ijo Sleman

Harga Tiket Masuk ke Museum Affandi

Untuk bisa menikmati seluruh benda penting seperti lukisan karya sang legenda anda hanya harus membayar tiket masuk yang sangat terjangkau. Sehingga untuk anda yang sedang minim dana tetap bisa merasakan liburan yang seru kali ini. Untuk harga tiket dipatok dengan harga yang bervariasi, berikut rinciannya:

  • Wisatawan lokal cukup membayar 25 ribu per orang
  • Wisatawan mancanegara atau turis asing cukup membayar 50 ribu rupiah per orang
  • Anak – anak cukup membayar 10 ribu rupiah per orang
  • Untuk pengunjung yang membawa serta kamera digital harus membayar lebih yaitu sebesar 20 ribu rupiah
  • Lalu bagi yang membawa kamera ponsel harus membayar lebih sebesar 10 ribu rupiah

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi juga harus membayar tiket parkir yang dibandrol dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Untuk kendaraan roda empat atau sepeda motor cuku membayar 2 ribu rupiah saja, sedang pengunjung yang membawa kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5 ribu rupiah sedangkan untuk minibus dan bus pariwisata harus membayar masing – masing sebesar 10 dan 20 ribu rupiah.

Fasilitas Tambahan di Museum Affandi

Museum ini bukan hanya menyimpan berbagai benda bernilai seni karya affandi saja namun terdapat pula beberapa fasilitas tambahan yang bertujuan untuk memberi rasa nyaman bagi pengunjung yang datang. Berikut diantaranya:

  • Lahan parkir yang cukup luas yang mampu menampung puluhan sepeda motor dan mobil
  • Tempat sampah untuk membuang sampah pada tempatnya agar tidak ada sampah yang berserakan di sekitar lokasi
  • Toilet umum juga tersedia dengan kondisi yang sangat layak dan selalu terjaga kebersihannya
  • Mushola bagi pengunjung yang beragama islam tidak perlu khawatir sebab ditempat ini disediakan mushola untuk menjalankan ibadah sholat
  • Warung makan atau kantin khusus juga ada di sini, berbagai menu khas jogja bisa anda jumpai dengan harga yang murah serta dengan kualitas rasa yang selalu dijaga
  • Perpustakaan dengan berbagai jenis buku yang menarik yang bisa menambah wawasan anda khususnya tentang seni
  • Kolam renang yang dulunya digunakan oleh keluarga affandi
  • Rumah panggung
  • Menara pandang bisa digunakan untuk beristirahat sambil menikmati beberapa lukisan yang tersaji
  • Gerobak
  • Galeri pertunjukan indoor dan outdoor
  • Local guide atau pemandu wisata juga tersedia untuk menjelaskan lukisan yang ada serta akan memandu perjalanan anda di beberapa ruangan

Wisata terkait: Objek Wisata Sejarah Candi Prambanan Sleman

Daya Tarik Museum Affandi

Bagi pengunjung yang datang ke museum affandi dijamin tidak akan menyesal dan merasa bosan karena ada banyak hal menarik yang bisa anda dapatkan. Terutama melihat goresan tangan sang maestro yang melegenda sepanjang sejarah. Indahnya lukisan beliau tetap tidak pernah tergantikan. Terlihat di setiap sudut ruangan menggantung lukisan apik karya affandi sepanjang hidupnya yang bernilai seni tinggi.

Lukisan yang jumlah lebih dari 2000 lukisan ini menjadi magnet tersendiri. Ada banyak pengunjung yang penasaran dengan lukisan yang beliau ciptakan semasa hidupnya.

Selain itu ada beberapa lukisan karya pelukis terkenal lainnya yang berjumlah sekitar 700 lukisan yang tertata rapi di dinding museum.

Barang – barang yang beliau gunakan semasa hidupnya juga masih terawat hingga kini dan turut dipajang untuk mengenang jasa beliau di dunia seni lukis Indonesia, beberapa diantara, mobil, alat komunikasi, sepeda, hingga cerutu yang selalu menemani beliau melukis dan hingga kini kondisinya masih baik.

Taman Cafe Loteng

Taman Cafe Loteng

Pada bagian lantai 2 yang dulunya digunakan affandi sebagai tempat tidur kini telah disulap menjadi sebuah café yang bernama café loteng. Café ini diperuntukkan bagi wisatawan yang datang ke museum ini. Ada beberapa peninggalan yang disimpan di galeri masing – masing, berikut diantaranya:

Galeri I

Interior Galeri 1 Photo Jaya Tri Hartono. Copyright © YogYes

Interior Galeri 1 Photo Jaya Tri Hartono. Copyright © YogYes

Pada galeri pertama ini tersimpan banyak sekali lukisan affandi semasa hidupnya yang disusun rapi di dinding bangunan. Akan ada pemandu wisata yang menjelaskan mengenai searah setiap lukisan yang digantung.

Beberapa barang pribadi milik sang legenda juga tersimpan pada galeri pertama seperti mobil Mitsubishi Gallant, sepeda, kuas, sarung dengan motif kotak – kotak, kliping, serta beberapa foto kenangan.

Mitsubishi Galand Affandi Photo Jaya Tri Hartono. Copyright © YogYes

Mitsubishi Galand Affandi Photo Jaya Tri Hartono. Copyright © YogYes

Galeri II

Interior Galeri 2 Photo Jaya Tri Hartono. Copyright © YogYes

Interior Galeri 2 Photo Jaya Tri Hartono. Copyright © YogYes

Kini kita beranjak ke museum museum selanjutnya dimana didalam nya terdapat makam affandi beserta sang istri yang bernama maryati. Lukisan yang tersusun rapi di galeri II ini juga tidak kalah indah dan memiliki nilai sejarah tinggi pada tiap lukisannya.

Namun pada galeri kedua ini terlihat pula beberapa lukisan karya pelukis – pelukis terkenal Indonesia lainnya, seperti popo iskandar, hendra gunawan, basuki abdullahmuchtar apir, dll.

Kunjungi juga: Objek Wisata Sejarah Candi Sari Sleman Yogyakarta

Galeri ke III

Lantai Pertama di Galeri III

Lantai Pertama di Galeri III

Galeri ke III merupakan bangunan yang didirikan setelah affandi wafat dan dibuat lebih modern dari galeri sebelumnya. Bangunanya terdiri dari 3 lantai dengan fungsinya masing – masing.

Lukisan karya affandi dan seluruh anggota keluarganya serta tempat untuk belajar melukis bagi anak – anak berada di lantai pertama, sedangkan lantai kedua dibuat untuk merawat lukisan yang ada.

Masih ada 1 lantai lagi yang letaknya di bagian bawah tanah yang digunakan untuk menyimpan beberapa lukisan.

Lukisan dan Rajutan Maryati di Galeri III Photo Jaya Tri Hartono. Copyright © YogYes

Lukisan dan Rajutan Maryati di Galeri III Photo Jaya Tri Hartono. Copyright © YogYes

Galeri ke IV dan Menara

Pesona galeri yang terakhir atau galeri ke IV  tidak kalah indah dari galeri – galeri sebelumnya. Galeri ini digunakan sebagai lokasi pameran lukisan karya cucu affandi yang bernama Didit.

Lalu menara digunakan untuk menikmati indahnya kota jogja. Menara ini letaknya di dekat galeri ke III dan bentuknya seperti gardu pandang. Selain pemandangan indah kota jogja anda juga bisa menikmati indahnya sungai gajah wong serta museum affandi.

Tips dan Saran Berlibur

 Agar liburan anda semakin seru dan berkesan ada beberahal yang perlu anda perhatikan saat berkunjung ke museum affandi, berikut diantaranya:

  • Sebelum melakukan perjalanan pastikan anda mengisi perut anda terlebih dahulu atau makan di rumah, jangan sampai anda pergi dalam kondisi perut kosong karena bisa menyebabkan masuk angin dan sakit perut
  • Jika anda tidak suka jajan di luar sebaiknya membawa bekal makanan sendiri dari rumah
  • Pastikan kondisi mesin motor anda dalam kondisi yang baik agar bisa diajak berkendara jauh
  • Pastikan pula kondisi cuaca sebelum pergi, jika cuaca kurang mendukung sebaiknya tunda terlebih dahulu perjalanan anda

Demikianlah informasi mengenai museum affandi yang letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota jogja. Di dalam museum ini terdapat seluruh lukisan karya sang maestro beserta beberapa pelukis terkenal Indonesia lainnya.

Terdapat searah yang tidak biasa pada setiap lukisan yang diciptakkannya. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat berlibur dan berkunjung , sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Menyaksikan Sendratari Ramayana Nan Spektakuler

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!