Wisata Edukasi Seru ke Omah Salak Sleman

Omah Salak – Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kota jogja selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru negeri. Bahkan banyak sekali turis asing yang menghabiskan waktu di kota ini. Hal ini disebabkan karena kota jogja memiliki daya tarik yang tidak biasa.

Terdapat banyak sekali destinasi wisata alam yang mempesona. Terdapat pula sebuah candi yang masuk ke dalam salah satu warisan dunia versi UNESCO yaitu candi Prambanan yang ada di kabupaten Sleman Yogyakarta serta masih banyak lagi tempat – tempat yang sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Salah satu destinasi wisata yang juga ramai diperbincangkan orang adalah omah salak. Sebuah destinasi wisata yang bukan hanya kaya akan keindahan alam yang cocok jadi tempat liburan keluarga namun juga merupakan wisata edukasi yang akan memberikan banyak pelajaran serta memiliki beragam wahana seru.

Omah salak berada di perkebunan salak yang cukup luas. Pemilihan wisata omah salak karena memang kota jogja sebagai daerah penghasil salak.

Kota jogja yang memiliki udara sejuk akibat keberadaan gunung merapi membuat salah tumbuh subur di wilayah ini dan memiliki kualitas yang baik. Agar perjalanan ke Sleman makin lengkap jangan lupa mampir ke wisata edukasi omah salak.

Dijamin anda tidak akan kecewa saat berlibur di kawasan ini. Tunggu apa lagi? ayo nikmati keseruan liburan di omah salak dan cocok sekali dikunjungi bersama keluarga.

Jangan lewatkan juga: Liburan Seru ke Desa Wisata Kaliurang Sleman

Lokasi Wisata Edukasi Omah Salak

Bagi yang penasaran dengan lokasi omah salak, bisa langsung saja datang ke kawasan Sleman yang tidak begitu jauh dari pusat kota jogja. Jarak keduanya hanya sekitar 30 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Loading...

Jangan takut kesulitan mencari lokasi omah salak, karena sangat mudah ditemukan dan  berada di kawasan yang cukup terkenal yaitu berada di kawasan jalan perum Gadjah Mada Asri Kenteng Turi Sleman, jalan pojok dusun pojok, desa Wono Kerto, kecamatan Turi, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55551.

Untuk rute yang akan dilalui juga sangat mudah. Anda tidak perlu khawatir melalui jalanan yang berlubang karena seluruh jalan yang ada sudah diaspal.

Namun lokasi wisata omah salak ini berada di ketinggian yang lumayan maka dari itu akses jalan yang harus ditempuh akan didominasi oleh tanjakan dan tikungan yang cukup tajam.

Oleh sebab itu anda harus selalu berhati – hati saat berkendara, pastikan pula mesin kendaraan anda layak jalan agar bisa menempuh perjalanan liburan nantinya.

Perjalanan menuju lokasi juga akan dipandu oleh papan petunjuk jalan yang terpasang di pinggir jalan. Jika anda teliti membaca setiap petunjuk arah maka anda tidak akan nyasar.

Selain itu alternatif lain anda bisa mencoba bertanya kepada penduduk sekitar yang terkenal akan keramahannya. Kecanggihan teknologi yang ada juga bisa anda manfaatkan untuk memandu perjalanan anda menuju omah salak yaitu menggunakan google maps.

Peta Omah Salak

Kunjungi juga: Wisata Edukasi ke Museum Affandi Sleman

Harga Tiket Masuk Omah Salak Sleman

seluruh keindahan yang ada di kawasan wisata edukasi omah salak bisa dinikmati dengan membayar tiket masuk yang relatif murah.

Untuk tiket masuk menuju lokasi untuk perorangnya hanya dikenakan biaya sebesar 10ribu rupiah saja. Sungguh sebuah harga yang tidak sebanding dengan apa yang akan anda dapatkan.

Wisata ini memang cocok sekali untuk anda yang minim dana dan tidak memiliki dana lebih untuk melakukan perjalanan liburan.

Saat berada di lokasi selain membayar tiket masuk anda juga harus membayar tiket parkir kendaraan khusus untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

Kawasan wisata ini menyediakan lahan parkir yang cukup luas untuk menampung cukup banyak kendaraan pribadi yang dibawa pengunjung. Untuk harga parkirnya juga tidak begitu mahal, untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor cukup membayar 2 ribu rupiah.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5 ribu rupiah, sedangkan untuk pengunjung yang membawa minibus dan bus pariwisata masing – masing dikenakan tiket parkir sebesar 10 dan 20 ribu rupiah.

Berikut daftar price list Edu-Tourisme / Study Wisata Pertanian Omah Salak :
1. Jelajah Kebun @Rp. 10.000,-
2. Study Wisata @15.000,- (min 20 peserta)
3. Coaching Agro @ 25.000,- (min20 peserta)
4. Coaching Budidaya @40.000,- (min 20 peserta)
5. Visitasi  Produksi (minimal 20 org)
    Pilihan Visitasi Produksi di Home industri
    – Bakpia Salak @Rp. 15.000,-
    – Manisan Salak @Rp. 15.000,-
    – Eggroll Salak @ Rp. 15.000,-
    – Brownis Salak @Rp. 20.000,-
    – Bolen Salak @Rp. 20.000,-
    – Dodol/Wajik Salak @Rp. 20.000,-
    – Kripik Salak @ Rp. 25.000,-
6. Workshop / praktek ikut proses produksi olahan salak (minimal 20 org)
    Pilihan Workshop di Homeindustri Produk:
    – Eggroll Salak @ Rp. 20.000,-
    – Bakpia Salak @Rp. 25.000,-
    – Manisan Salak @Rp. 25.000,-
    – Brownis Salak @Rp. 25.000,-
    – Bolen Salak @Rp. 25.000,-
    – Dodol/Wajik Salak @Rp. 30.000,-
7. BOTANI Ceria @Rp. 30.000,- (minimal 20 org)
8. Sekolah Agropreuner, mulai @Rp. 400.000,- per hari (minimal 20 org)
9. Konsultan Pembukaan & Pembuatan Kebun
–= Outbond & Fun Game Dewi OS KENTENG =–
1. Outbond & Fun Games Ceria, mulai @Rp. 65.000,- (minimal 20 org)
2. Outbond & Fun Games Family, mulai @Rp. 80.000,- (minimal 20 org)
3. Outbond & Fun Games Company Gathering, mulai @ Rp. 150.000,- (min 20 peserta)
–= Kafe: Warung Kebonkoe =–
(satu-satunya Rumah Makan / Kafe / Resto di tengah Hutan Salak)
1. Paket Prasmanan Pincuk Komplit mulai: @Rp 25.000,- (min 20 org)
2. Paket Prasamanan Gudeg Komplit : @Rp 35.000,-
3. Lunch Box mulai @ Rp.  12.000,-
Aktivitas Outbond di Omah Salak

Aktivitas Outbond di Omah Salak

Jam Operasional Omah Salak

Salah satu informasi yang peru anda ketahui saat berkunjung ke omah salak adalah jam operasional atau jam buka kawasan wisata ini. Anda bisa datang pada pukul 09.00 wib dan tutup pada pukul 20.00 wib. Dengan waktu operasional yang cukup panjang anda bisa berlibur di kawasan ini sepuasnya.

Fasilitas Penunjang yang Tersedia 

Kawasan wisata edukasi omah salak ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum untuk memberi rasa nyaman pada setiap pengunjung yang datang. Berikut beberapa fasilitas umum yang tersedia, diantaranya:

  • Lahan parkir yang dibangun cukup luas dan mampu menampung puluhan kendaraan pribadi yang dibawa oleh pengunjung
  • Toilet umum tersedia di kawasan ini dan bisa digunakan oleh setiap pengunjung yang datang dengan membayar 2 ribu rupiah sebagai uang kebersihan
  • Mushola yang dibuat khusus bagi pengunjung muslim yang berkunjung jika ingin menjalankan ibadah sholat
  • Warung makan yang menyediakan makanan lokal dengan cita rasa pilihan khas nusantara dengan beragam pilihan. Untuk harga yang ditawarkan sendiri juga sangat terjangkau.
  • Wahana permainan
  • Tempat istirahat seperti gazebo

Kunjungi juga: Wisata Alam Bukit Klangon Sleman

Keseruan Memetik Salak

Aktivitas di Omah Salak via IG @omahsalak

Aktivitas di Omah Salak via IG @omahsalak

Seperti namanya anda pasti sudah bisa menebak hal pertama yang bisa dilakukan di tempat ini adalah memetik buah salak. Keseruan memetik buah salak menjadi suatu hal yang tidak biasa bagi warga kota seperti anda. Terlihat hamparan pohon salak yang menggugah selera.

Pohon – pohon salak disini ditanam di atas lahan seluas 27 hektar dan memiliki banyak sekali jenis dengan kuaitas rasa unggulan. Ada lebih dari 17 jenis salak tumbuh subur di kawasan ini.

Beberapa jenis salak yang bisa anda temui di kawasan ini seperti salak bali salak semeru, salak gading salak pondoh hitam, salak manggala, dan masih banyak lagi jenis salak lainnya.

Anda bisa mencicipi berbagai jenis salak di tempat ini. Keseruan lain yang tidak kalah serunya adalah menikmati bekal makanan di tengah kebun salak. Makan bersama keluarga akan terasa seperti tengah piknik di hamparan kebun salak yang rimbun, namun jangan terlalu dekat dengan pohon salak yang ada karena pohon salak memiliki duri yang cukup berbahaya.

Disediakan sebuah gazebo di tengah kebun salak ini untuk pengunjung yang kelelahan setelah berkeliling kebun sambil menikmati bekal makanan dan minuman yang dibawa.

Berkeliling kebun salak yang luas ini bisa kita lanjutkan. Terlihat jenjang salak yang menggelantung cantik pada tiap pohonnya terlihat sangat ranum dan membuat kita geram ingin memetiknya.

Memetik Salak di Omah Salak via IG @anicintapooh

Memetik Salak di Omah Salak via IG @anicintapooh

Namun anda tidak diperkenankan memetik sendiri buah salak karena duri yang ada cukup berbahaya anda hanya diperbolehkan menyaksikan proses pemetikan buah salak, serta boleh belajar memetik salak namun tetap dengan pengawasan dari petugas.

Di tempat ini anda bisa berlibur bersama keluarga dan terasa lebih menyenangkan serta memberikan pengalaman yang berbeda yang tidak ditemukan di tempat wisata lainnya.

Dimana lagi anda dapat merasakan pengalaman seperti ini jika bukan di omah salak, sleman, Yogyakarta. anda juga bisa merasakan kebersamaan bersama keluarga yang pastinya jaranga sekali terjadi.

Makan bersama keluarga di tengah kebun salak juga bisa mempererat rasa persaudaraan dan menciptakan kebersamaan yang membahagiakan.

Tujuan Wisata Anak Usia Dini

Aktivitas Outbond di Omah Salak

Aktivitas Outbond di Omah Salak

Di tempat ini bukan hanya bisa merasakan pengalaman di tengah kebun salak saja, namun terdapat berbagai wahana permainan anak yang seru. Dengan begitu tempat ini sering sekali dijadikan tujuan wisata anak usia dini.

Omah salak menyediakan wahana permainan yang akan merangsang sensor motorik anak dengan memberikan permainan – permaianan yang menuntut pergerakan fisik yang aktif.

Permainan disini memiliki berbagai tema yang menarik mulai dari permainan yang melatih keseimbangan sampai permainan yang membangun kekompakan.

Namun bagi orang dewasa tidak perlu cemas, karena omah salak juga memiliki wahana bagi orang dewasa. Jadi bukan hanya anak TK saja yang mendapatkan keseruan namun orang kantoran sekalipun bisa merasakan hal yang sama.

Kini anda bisa menikmati liburan sambil berwisata edukasi yang pastinya bermanfaat. Salah satu edukasi yang bisa kita dapat adalah manfaat dari salak gading ini baik dikonsumsi bagi penderita diabetes karena sangat rendah kadar gulanya.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Alam Tlogo Putri Kaliurang Sleman

Makan Rame-rame via IG @outbondomahsalak

Makan Rame-rame via IG @outbondomahsalak

Keunikan Buah Salak

Sudah banyak kita ketahui bahwa mengkonsumsi buah salak sangat baik bagi tubuh karena mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Salak juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain dikonsumsi secara langsung kini sudah banyak bermunculan varian baru olahan buah yang satu ini. Hasil panen salak di wilayah ini dikelola menjadi berbagai makanan olahan salah satunya adalah bakpia salak.

Pembuatan bakpia ini dicampur dengan bahan tambahan lainnya seperti tepung terigu, gula, garam dan minyak gorenga. Bahan tersebut akan dijadikan bahan pembungkus bakpia kemudian bagian kulit tadi diisi dengan isian yang berasal dari daging buah salak dipotong kecil lalu dimasak dengan tambahan air gula.

Kemudian masak hingga menjadi selai lalu diisi ke dalam bakpia. Proses pembuatan olahan salak ini pun dilanjutkan dengan proses pembentukan bakpia lalu dipanaskan di dalam oven selama 30 menit. Maka bakpia pun selesai dibuat dan bisa langsung disajikan kepada pengunjung.

Selain itu bakpia ini juga bisa dibawa pulang untuk oleh – oleh. Keunikan buah salak lainnya bisa kita lihat dari olahan lain yang dihasilkan dari buah ini yaitu keripik buah salak.

Siapa sangka keripik buah salak ini pun tidak kalah nikmatnya dengan keripik dari bahan lain. Setelah puas berkeliling kebun salak dan menyaksikan pengolahan salak, mulai dari proses panen hingga melihat proses pembuatan olahan dari salak kini tibalah saatnya menyantap hidangan penutup yang spesial.

Beberapa hidangan yang disediakan semuanya mengandung salak, beberapa diantaranya, minuman segar, cah kangkung hingga ayam goreng sambal.

Tips Berlibur

Saat anda berlibur ke kawasan wisata omah salak sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut agar liburan anda semakin seru dan menyenangkan. Berikut diantaranya:

  • Perjalanan ke wisata edukasi omah salak membutuhkan ketahanan tubuh yang prima sebab cuaca disana sangat dingin khas daerah pegunungan, maka dari itu gunakan baju hangat, jangan lupa makan, serta mengkonsumsi multivitamin tambahan jika diperlukan
  • Siapkan pula mesin kendaraan anda agar mampu menempuh perjalanan menuju omah salak karena jalan yang akan dilalui cukup memacu adrenalin dengan tikungan dan tanjakan yang mendominasi
  • Persiapkan peralatan liburan agar liburan terasa lebih istimewa seperti bekal makanan dan minuman jika diperlukan, obat – obatan serta jangan lupa membawa kamera dengan kualitas yang mumpuni agar menghasikan jepretan yang sempurna

Itu tadi segala keseruan yang bisa kita nikmati di lokasi wisata edukasi omah salak yang ada di kabupaten Sleman. Ada banyak keseruan yang bisa anda dapatkan. Selain itu anda juga bisa menikmati makanan olahan dari buah salak. Selamat berkunjung bersama keluarga. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Kampung Teletubbies “Desa Wisata Rumah Domes” Sleman

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!