Wisata Alam Bukit Klangon Sleman

Bukit klangon terdapat di kabupaten sleman, yogyakarta. Bagi sahabat traveler yang tengah berada di kawasan jogja ada baiknya menyambangi tempat wisata hits ini. Selain lokasinya berada di kawasan yang sangat indah dan terkenal yaitu kawasan lereng merapi, kaliurang, tempat ini menyuguhkan keindahan yang tidak biasa.

Nama bukit klangon adalah nama sebutan yang dicetuskan para pengguna sosmed. Sebenarnya bukit ini memiliki nama sendiri yang diberikan oleh petugas yaitu wisata alam bukit Glagaharjo.

Bukit klangon diresmikan pada tahun 2011 lalu namun mulai dikenal oleh para wisatawan baru – baru ini. Kini wisata alam bukit klangon sudah banyak dikunjungi para pelancong yang datang dari tempat yang jauh.

Kini bukit klangon semakin baik dan semakin berkembang akibat adanya donasi pengembangan wisata minat khusus oleh Rotary International.

Wisata Bukit Klangon Sleman via Gmap/Wildan Mb

Wisata Bukit Klangon Sleman via Gmap/Wildan Mb

Bukit klangon kini tidak pernah sepi dari kunjungan para pelancong karena memang lokasinya sudah megalami penataan yang serius sehingga menghasilkan destinasi wisata yang menawan dan terus dikembangkan hingga kini.

Beberapa fasilitas penunjang juga turut meramaikan destinasi wisata alam bukit klangon ini demi rasa nyaman pengunjung yang datang. Selain mengunjungi bukit ini anda juga bisa berkeliling ke kawasan wisata lain yang tidak kalah keren yang ada di sekitar lereng gunung merapi.

Bahkan dari atas bukit akan terlihat dengan jelas gagahnya gunung merapi yang merupakan gunung paling aktif di Indonesia ini dan paling sering mengalami erupsi dan mengeluarkan awan panas. Tunggu apa lagi segera nikmati berwisata ke bukit klangon bersama keluarga dan nikmati sendiri pesona alam yang disuguhkan.

Lokasi Wisata Alam Bukit Klangon Jogja

Lokasi bukit klangon sangat mudah ditemukan karena berada di kawasan desa wisata kaliurang di dekat lembah gunung merapi yang memang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Loading...

Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota, hanya berjarak beberapa puluh kilometer dengan waktu tempuh yang juga tidak begitu lama.

Penasaran dengan lokasi tepatnya anda bisa langsung datang ke kawasan kalitengah lor, desa glagaharjo, kecamatan cangkringan, kabupaten sleman, daerah istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Lokasi Wisata Bukit Klangon

Setelah melihat keterangan di atas mengenai lokasi bukit klangon dengan jelas kini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai rute menuju lokasi atau jalan yang bisa kita tempuh untuk bisa sampai ke kawasan wisata bukit klangon.

Jarak yang akan kita tempuh dari pusat kota sekitar 30 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam, namun anda tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan yang akan kita lalui karena sangat nyaman karena sudah diaspal.

Rute akan kita mulai dari pusat kota jogja atau kilometer 0 kota jogja lalu ambil arah ke barat menuju ke jalan KH Ahmad Dahlan lalu jalan terus hingga anda menemukan pertigaan kemudian silahkan belok ke kiri menuju ke arah utara melalui jalan Bhayangkara.

Setelah itu jalan lurus terus menuju ke arah jalan Joyonegaran, sesampainya di wilayah ini silahkan lanjutkan kembali perjalanan anda sampai menemukan perempatan lalu silahkan ambil arah ke barat menuju ke arah jalan kemetiran kidul lalu jalan lurus lagi sampai anda menemukan perempatan kembali.

Silahkan ambil arah ke utara menuju ke jalan letjen Suprapto, setelah itu jalan lurus terus kemudian saat anda menemukan tikungan silahkan belok ke arah kanan menuju ke jalan tentara rakyat mataram kemudian lurus lagi menuju ke jalan magelang.

Jalan lurus terus menuju ke bundaran dan silahkan belok ke timur menuju ke jalan padjajaran hingga nanti anda menemukan perempatan tidak jauh dari jalan tersebut lalu silahkan belok ke arah kiri menuju jalan kaliurang yang merupakan alan paling terkenal diantara para traveler.

Setelah itu lanjutkan kembali perjalanan anda menuju ke jalan pamungkasan, kemudian jalan lurus terus sampai menemukan pertigaan belok ke utara menuju ke jalan pasar butuh lalu silahkan mengikuti jalan utama hingga nanti menemukan papan nama bertuliskan Bukit Klangon.

Harga Tiket Masuk Kawasan Wisata Bukit Klangon

Meski wisata alam bukit klangon menawarkan keindahan yang tiada duanya namun dibandrol dengan harga yang sangat murah. Karena memang wisata alam yang ada di kawasan jogja dan sekitarnya ini terkenal sebagai wisata yang murah.

Meski anda sedang mengalami gangguan keuangan tidak akan begitu berarti saat anda mengunjungi kawasan wisata bukit klangon ini. Kabar gembira untuk anda, kawasan wisata ini bukan hanya menawarkan tiket masuk yang terjangkau namun anda tidak perlu membayar alias gratis.

Di beberapa lokasi nanti akan ditemukan spot – spot foto yang instagenik, nah disitulah anda harus membayar uang seikhlasnya untuk membantu merawat lokasi ini.

Biaya lain yang perlu anda siapkan adalah biaya tiket parkir yang juga dipatok dengan harga yang tidak kalah murah  dan pastinya bersahabat di kantong.

Untuk pengunjung yang datang membawa kendaraan roda dua atau sepeda motor silahkan membayar tiket parkir 2 ribu rupiah saja, sedangkan untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar tiket parkir sebesar 5 ribu rupiah saja.

Menikmati Pemandangan Alam via IG @gerbang_adventure

Menikmati Pemandangan Alam via IG @gerbang_adventure

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini sudah cukup lengkap, selain itu pembangunan juga terus dilakukan demi memberi rasa aman untuk pengunjung yang datang. Berikut beberapa fasilitas penunjang yang tersedia, diantaranya:

  • Lahan parkir yang bisa digunakan untuk menitipkan kendaraan yang sahabat traveler bawa agar terjaga keamanannya
  • Tempat sampah terlihat di beberapa lokasi yang diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin membuang sampah
  • Toilet umum juga disediakan khusus bagi pengunjung dan petugas yang ada di sekitar lokasi dengn kondisi toilet yang cukup baik
  • Mushola dibangun khusus bagi pengunjung musim yang datang dan ingin menjalankan ibadah sholat
  • Warung makan tradisional menyediakan beberapa menu lokal yang nikmat degan harga yang sangat terjangkau, selain itu beberapa wedangan juga tersedia di sini seperti wedang ronde, wedang jahe dan masih banyak lagi, selain itu warung disini juga menyediakan minuman hangat seperti kopi, dan teh
  • Portal sepeda
  • Track downhill
  • Tempat istirahat
  • Kursi panjang
  • Spot – spot foto yang instagenic
  • Gazebo

Kunjungi juga yuk: Museum Ullen Sentalu Sleman

Pesona Wisata Alam Bukit Klangon

Penasaran dengan keseruan apa saat yang bisa anda dapatkan? Silahkan berfoto ria dengan background gunung merapi dan mencoba melintasi track sirkuit downhill.

Kini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai pesona alam yang disuguhkan kawasan wisata ini. Bukit klangon ini sendiri memiliki nama asli bukit Glagaharjo yang diberikan oleh petugas saat meresmikan atau membuka kawasan ini, namun beberapa sahabat social media menyebutnya sebagai bukit klangon dan hingga kini lebih terkenal dengan nama tersebut.

Sebuah pengembangan wisata minat khusus oleh Rotary International memberikan donasi atau bantuan kepada bukit klangon untuk merenovasi tempat ini agar terlihat lebih indah.

Pelestarian yang dilakukan memang membuahkan hasil, kini sudah banyak pengunjung yang wira – wiri di kawasan ini. Kawasan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2011 lalu namun keberadaannya belum begitu dikenal. Namun kini ketenarannya sudah mulai menarik minat para wisatawan untuk berkunjung.

Setelah terjadi erupsi gunung merapi beberapa waktu lalu, tepatnya pada erupsi tahun 2010 lalu kini kawasan ini baru mulai diresmikan. Pemerintah mendukung penuh pengelolaan bukit klangon yang dibantu oleh beberapa warga yang kreatif.

Dengan ide – ide yang muncul maka dibangunlah beberapa spot foto yang cantik yang dipercaya mampu menarik lebih banyak pengunjung.

Dan semua usaha itu pun berhasil, dengan menyediakan spot foto yang kekinian ada banyak muda mudi yang ingin merasakan sensasi berfoto selfie dengan background gunung merapi.

Beberapa fasilitas penunjang pun ikut meramaikan tempat ini. Beberapa fasilitas seperti track downhill, lahan parkir, mushola, toilet, serta masih banyak lagi yang sengaja dibangun demi kenyamanan pengunjung.

Spot Menikmati Puncak Merapi Tanpa Harus Mendaki

Menikmati Puncak Merapi

Menikmati Puncak Merapi

Wisata alam bukit klangon juga berada di kawasan yang sangat strategis yaitu berada di dekat desa wisata kaliurang, gunung merapi. Dengan begitu anda bisa menikmati dengan jelas gagahnya merapi berdiri.

Anda bisa melihat indahnya puncak merapi dari bukit ini. Jadi tidak perlu melakukan pendakian gunung untuk bisa menyaksikan betapa indahnya puncak merapi, karena dari atas bukit klangon ini terlihat dengan jelas kondisi puncak merapi

Jarak dari gunung merapi dan bukit klangon ini hanya 4-5 kilometer saja. Sebuah gunung paling aktif yang selalu mengundang decak kagum ini terlihat dengan jelas di depan mata kita, sungguh anugerah yang tidak ternilai.

Sebuah gardu pandang juga disediakan untuk pengunjung yang ingin beristirahat sambil menyaksikan betapa indahnya ciptaan Tuhan, memang kita tidak bisa meragukan kebesaran Tuhan, salah satunya dengan memandang ciptaannya.

Mencoba Track Lintasan Downhill

Mencoba Jalur Sepeda Downhill via Gmap/bayu_sna

Mencoba Jalur Sepeda Downhill via Gmap/bayu_sna

Fasilitas lain yang tidak kalah diandalkan di kawasan ini adalah track lintasan downhill. Dan kini lintasan ini semakin dikembangkan sebagai track lintasan para pecinta sepeda gunung. Bahkan ada banyak event atau acara yang diadakan untuk pembalap sepeda gunung.

Acara balapan sepeda ini dibuat untuk para pembalap tingkat regional maupun nasional. Bahkan menjadi satu – satunya lintasan sirkuit downhill terbaik di kota gudeg ini.

Bukit klangon memiliki lintasan track downhill sepanjang 20 KM, dengan medan yang memacu adrenalin dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam mengelilingi bukit klangon dan melihat betapa indahnya kondisi di sekitar lokasi wisata.

Tempat Seru untuk Camping

Wisata Bukit Klangon via Tribunnews

Wisata Bukit Klangon via Tribunnews

Buat kamu pecinta alam, kegiatan camping mungkin bisa menjadi pilihan tepat buat kamu dan rombongan. Bukit ini sangat seru untuk kamu jadikan sebagai tempat bermalam bersama tenda dan api unggun.

Kamu bisa menikmati malam dari atas bukit, menyaksikan indahnya langit malam tanpa penghalang, ditemani dengan milyaran bintang di langit.

Bukit ini memiliki area yang cocok untuk camping. Nah, buat kamu yang berminat bermalam disini, silahkan lapor kepada pengelola. Nantinya kamu akan dimintai charge sekitar Rp10.000 untuk berkemah.

Tempat Menikmati Sunrise

Menikmati Sunrise

Menikmati Sunrise via Niagatour

Kawasan wisata alam bukit klangon memang cocok sekali dikunjungi bersama keluarga. Anda bisa menghilangkan penat dan lelah setelah melewati hari – hari yang cukup melelahkan selama ini.

Indahnya puncak merapi serta pesona lereng gunung yang dipenuhi kabut putih akan mengobati rasa lelah yang kita rasakan. Apalagi jika anda datang dipagi hari maka akan terlihat sunrise yang begitu menawan muncul dari balik gunung merapi yang memancarkan sinarnya yang begitu indah dan tidak bisa dilukiskan dengan kata – kata.

Selain itu anda bisa menikmati indahnya bukit klangon dan berkeliling melalui lintasan sambil bersepeda santai. Sungguh momen yang sangat jarang terjadi, terutama di daerah perkotaan yang terdapat banyak pencemaran polusi udara.

Udara disini sangat sehat, karena masih banyak pepohonan yang menghasilkan oksigen alami dan sama sekali belum tercemar polusi. Bersepeda pun menjadi kegiatan yang menyehatkan, selain berolahraga pagi anda juga bisa menghirup udara yang pastinya menyehatkan paru – paru.

Tips Berlibur

Kini tibalah saatnya untuk mengatakan beberapa tips berlibur untuk sahabat traveler agar liburan di kawasan bukit klangon berakhir dengan menyenangkan dan rasa puas dari setiap pengunjung yang datang, berikut diantaraya:

  • Saat berlibur kita akan melalui jalanan yang berbukit dan pastinya akan menguras tenaga kita, oleh sebab itu pastikan anda membawa air mineral serta memakai alas kaki yang nyaman.
  • Sebelum memulai perjalan pastikan kondisi cuaca sedang baik agar tidak menghambat liburan anda selain itu saat cuaca cerah keindahan gunung merapi akan sangat terlihat dan bisa dijadikan background saat berfoto dan menghasilkan jepretan yang baik
  • Saat berada di lokasi pastikan anda tidak melakukan tindakan yang tidak menyenangkan serta selalu menjaga sopan santun agar tidak mengganggu penduduk sekitar dan pengunjung lain

Anda bisa menyaksikan pesona bukit dari dekat, karena memang keindahannya tidak bisa dilukiskan dengan kata – kata. Selamat berkunjung dan menikmati liburan anda di bukit klangon. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Museum Gunung Merapi Sleman

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!