Wisata Sejarah ke Museum Gunung Merapi Sleman

Museum Gunung Merapi – Siapa yang tidak mengenal gunung merapi, bahkan namanya sudah dikenal hingga ke luar Indonesia. Nama gunung merapi memang selalu menarik untuk diperbincangkan, terutama pada tahun 2016 lalu dimana gunung ini mengalami erupsi dan ledakan yang cukup dahsyat.

Kala itu seluruh perekonomian di kawasan gunung merapi mengalami kelumpuhan selama beberapa saat. Selain itu peristiwa 2016 ini turut menewaskan sang juru kunci yang cukup terkenal yaitu mbah Marijan.

Keadaan disekitar gunung merapi pun tertutup abu vulkanis yang menyebar hingga radius beberapa puluh meter. Secara otomatis kawasan gunung merapi kehilangan keindahan dan pesonanya.

Museum Gunung Merapi via @khusumanusa

Museum Gunung Merapi via @khusumanusa

Namun setelah beberapa belas tahun berlalu kondisi gunung merapi kembali memancarkan pesona alamnya yang tidak bisa kita tolak. Namun kali ini kita bukan akan membahas mengenai kondisi bentang alam yang ada di gunung merapi maupun bagian lerengnya.

Kawasan wisata gunung merapi memiliki sebuah museum yang cukup terkenal yaitu museum gunung merapi. Di dalam museum ini para pengunjung dapat menambah wawasan pengetahuan mengenai gunung serta bencana alam lainnya.

Berwisata ke museum gunung merapi akan memberikan keseruan tersendiri. Selain itu ada banyak sekali ilmu pengetahuan tentang alam yang bisa kita dapatkan.

Museum gunung merapi memang cocok sekali dikunjungi beserta seluruh anggota keluarga terutama anak – anak yang masih sangat membutuhkan banyak ilmu pengetahuan. Penasaran dengan apa saja yang ada di dalam museum gunung merapi anda bisa datang langsung ke kawasan gunung merapi yang berada di kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Lokasi Museum Gunung Merapi

Wisata alam gunung merapi memang berada di kawasan yang paling populer di kabupaten Sleman yaitu kawasan Kaliurang. Sebuah kawasan yang memiliki lebih dari 15 destinasi wisata alam salah satunya anda bisa menemukan keberadaan gunung merapi di wilayah ini.

Loading...

Kawasan kaliurang hingga saat ini tidak pernah sepi pengunjung, bukan hanya dari sekitar jogja saja namun banyak juga yang datang dari wilayah lain. Melihat lokasinya sangat terkenal anda pastilah lokasinya sangat mudah ditemukan. Selain itu lokasi museum gunung merapi juga sangat mudah dijangkau.

Museum gunung merapi berlokasi di kawasan jalan kaliurang No. Km, dusun banteng, desa hargobinangun, kecamatan pakem, kabupaten sleman, daerah istimewa Yogyakarta 55582. Jika anda penasaran dengan kondisi lokasi museum gunung merapi bisa mencoba search lokasi di google maps.

Maket Gunung Merapi

Maket Gunung Merapi

Rute Menuju Museum Gunung Merapi

Setelah melihat dengan jelas lokasi dimana museum berada kini kita akan melihat rute menuju lokasi. Anda tidak perlu khawatir meski berkunjung ke kawasan pegunungan namun rute yang akan kita lalui sangat mudah.

Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 30 menit membuat kondisi lalu lintas di tempat ini selalu mendapatkan perhatian dari pemerintah kota.

Perjalanan akan kita mulai dari pusat kota jogja kemudian lanjutkan perjalanan anda menuju ke jalan KH Ahmad Dahlan lalu jalan terus hingga menemukan perempatan lalu ambil arah menuju ke utara melalui jalan latjen suprapto.

Kemudian lanjutkan kembali sampai anda menemukan pertigaan dan ambil arah ke kawasan timur menuju ke jalan tentara pelajar lalu jalan lurus terus menuju ke jalan Magelang.

Sesampainya di wilayah ini silahkan jalan terus sampai menemukan perempatan kembali lalu belok ke arah timur menuju ke jalan selokan mataram.

Jalan terus sampai menemukan perempatan dan ambil arah ke utara lalu ikuti jalan utama sejauh beberapa kilometer sampai anda menemukan perempatan kembali lalu belok kearah utara menuju ke jalan monjali jalan lurus terus hingga anda sampai ke jalan palagan tentara pelajar

Jalan lurus terus sampai anda menemukan perempatan silahkan belok kearah timur melalui jalan pakem turi lalu jalan lurus terus sampai di perempatan lagi setelah itu belok kearah utara menuju jalan boyong, dari wilayah ini anda harus mengikuti jalan utama sejauh beberapa kilometer hingga sampai ke lokasi yang dituju yaitu museum gunung merapi.

Harga Tiket Masuk Museum Gunung Merapi

Di dalam museum gunung merapi terdapat banyak sekali bukti letusan gunung ini beserta bencana alam lainnya. aka nada pemandu museum yang akan menjelaskan pada pengunjung mengenai kegunungan.

Selain itu anda juga bisa bebas bertanya sebab pemandu akan dengan telaten menjawab seluruh pertanyaan anda. Meski berwisata ke museum gunung merapi akan memberikan pengalaman yang berharga namun tiket masuk menuju lokasi terbilang murah. Berikut rincian harga tiket yang perlu dibayar:

  • Harga tiket masuk per orang RP. 5000
  • Harga tiket turis asing atau mancanegara per orang RP. 10.000
  • Harga tiket masuk ke ruang audio visual per orang RP. 5000
  • Harga tiket masuk ke ruang audio visual bagi turis asing per orang RP. 10.000

Untuk pengunjung yang membawa motor atau mobil harus membayar tiket parkir yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola museum. Namun anda tidak perlu khawatir karena harga tiket parkirnya juga tidak kalah murah dari tiket masuk.

Untuk kendaraan roda dua atau motor cukup membayar 2 ribu rupiah, untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5 ribu rupiah sedangkan untuk kendaraan seperti minibus dan bus pariwisata masing – masing dikenakan biaya parkir sebesar 15 dan 20 ribu rupiah.

Teater Museum Gunung Merapi via IG @vincentius_kuori

Teater Museum Gunung Merapi via IG @vincentius_kuori

Fasilitas yang ada di Kawasan Museum Gunung Merapi

Kawasan museum gunung merapi dikelola dengan baik oleh dinas pariwisata setempat, oleh sebab itu jika kita lihat dari fasilitas penunjang yang tersedia cukup lengkap. Fasilitas ini dibangun demi memberi rasa nyaman untuk para pelancong yang datang. Berikut diantaranya:

  • Area parkir yang ada di pelataran museum ini terlihat cukup luas yang dilengkapi dengan beberapa petugas parkir yang akan merapikan serta mengamankan kendaraan yang anda bawa
  • Tempat sampah juga diletakkan di beberapa sudut lokasi agar pengunjung yang datang bisa membuang sampah pada tempatnya
  • Toilet umum yang cukup bersih dan wangi juga tersedia di museum ini
  • Warung makan atau kantin yang dikelola oleh pihak petugas museum yang memperbantukan penduduk di sekitar museum
  • Taman mungil di sekitar museum menambah daya tarik museum gunung merapi
  • Mushola bagi umat islam yang ingin menjalankan ibadah sholat, baik zuhur maupun ashar.
  • Toko souvenir
  • Gazebo
  • Koperasi
  • Ruang audio visual
  • Ayunan
Korban Wedus Gembel via panduanwisataid

Korban Wedus Gembel via panduanwisata.id

Keseruan di Museum Gunung Merapi

Saat liburan di kota jogja jangan sampai melewatkan kawasan wisata museum gunung merapi, karena berwisata ke tempat ini bukan hanya bisa menyegarkan pikiran dan badan namun juga akan mendapat banyak pengetahuan mengenai pegunungan serta bencana alam lainnya. museum yang letaknya di kawasan wisata kaliurang ini berisi tentang gunung merapi.

Jaraknya yang sekitar 5 kilometer dari kawasan wisata kaliurang menjadi nilai plus museum ini karena setelah puas berkeliling museum anda bisa mengunjungi beberapa wisata lain yang tidak kalah keren, itung – itung hemat ongkos, sekali pergi bisa berkunjung ke beberapa lokasi wisata.

Museum yang diresmikan pada tahun 20009 lalu oleh menteri energy dan sumber daya mineral ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga yang menginginkan berlibur sambil belajar terutama bagi anak – anak yang masih harus lebih banyak tahu tentang alam yang ada di negeri kita ini.

Maket Letusan Tahun ke Tahun

Maket Letusan Tahun ke Tahun

Museum dibangun di atas lahan seluas 3,5 hektar dengan luas bangunannya sekitar 4,470 meter. Museum ini cukup terkenal bahkan memiliki julukan sebagai gunung apinya merapi yang memiliki semboyan merapi jendela bumi.

museum ini dibuat bukan sekedar sebagai lokasi tujuan wisata namun juga dijadikan sebagai sarana  pendidikan bagi anak – anak bangsa ini, sebagai penyebarluasan informasi mengenai gunung, serta digunakan untuk mempelajari mengenai bencana geologi lainnya yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mempelajari sejarah mengenai gunung merapi serta bencana lainnya.

Museum ini menjadi sarana untuk mencerdaskan masyarakat awam yang belum memahami mengenai ilmu kegunungan serta menjadi pusat layanan informasi mengenai gunung api.

Keseruan lain yang akan di dapatkan pengunjung adalah beberapa ilmu pengetahuan lain yang bisa didapat seperti membangkitkan kesadaran masyarakat akan ancaman bahaya letusan gunung merapi dan bencana lainnya serta manfaat yang bisa kita rasakan.

Museum ini memiliki desain bangunan yang cukup unik yang dibangun dengan dua lantai. Pada tiap lantainya berisi foto – foto yang menggambarkan dahsyatnya letusan gunung merapi.

Selain itu museum ini juga berisi alat – alat yang digunakan untuk memantau aktivitas gunung merapi. Beberapa alat yang digunakan untuk mengamati aktivitas gunung seperti  komputer, radio serta seismograf.

Simulator Bencana dengan LCD

Simulator Bencana dengan LCD

Pengunjung yang datang juga bisa mendengarkan penjelasan sang pemandu mengenai lava gunung sampai ke perkembangan pemantauan yang dilakukan petugas hingga hari ini.

Beberapa benda bersejarah juga terdapat di museum ini seperti sebuah benda yang berperan penting dalam peristiwa erupsi gunung merapi, namun kita tidak bisa melihat benda tersebut secara utuh sebab hanya tinggal kerangkanya karena terhempas oleh awan panas.

Keseruan lain yang sering kali dilakukan para pelancong yang datang adalah menyaksikan replikasi merapi dari lantai atas atau lantai dua. Dari lantai dua juga kita dapat menuju sebuah lorong yang isinya adalah alat peraga simulasi yang di  tampikan dalam LCD.  Beberapa peraga yang ditampilkan melalui gambar ini berisi mengenai peraga gempa bumi, peraga bencana tsunami serta replica gunung.

Pengunjung yang datang akan diajak menuju sebuah bioskop mini yang ada di lantai dua. Di dalam bioskop mini ini anda akan disuguhkan film dokumenter “mahaguru merapi”. Saat berkunjung jangan lupa untuk berfoto dan mengambil gambar – gambar yang menarik. anda bisa berselfie ria di beberapa spot yang cantik.

Objek Wisata di Sekitar Museum

Kawasan gunung ini berada di kawasan wisata kaliurang. Maka dari itu sesampainya di museum anda akan merasa rugi jika tidak berkunjung ke beberapa lokasi wisata di sekitarnya yang jempolan. Berikut beberapa objek wisata yang ada di sekitar museum gunung merapi:

  • Blue lagoon jogja
  • Tlogo putri kaliurang
  • Air terjun tlogo muncar kaliurang
  • Museum ullen sentalu
  • Wisata edukasi omah salak
  • Wisata lereng gunung merapi
  • Kawasan wisata kaliurang
  • Desa wisata ladok samba kaliurang
  • Desa wisata pulesari
  • Goa jepang kaliurang
  • Desa wisata pentingsari
  • Bukit kali kuning
  • Bunker kaliadem
  • Bukit klagon
  • Bukit batu alien cangkringan
  • Stonehenge cangkringan
  • The lost world castle

Tips Berlibur

Sebelum anda berangkat ke kawasan museum gunung merapi sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut agar liburan kali ini semakin seru dan menyenangkan. Berikut diantaranya:

  • Pastikan kondisi tubuh anda selalu sehat untuk mencegah terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan. Bila perlu minum multivitamin tambahan untuk menjaga kebugaran tubuh
  • Kondisi museum cukup dingin karena berada di kawasan pegunungan oleh sebab itu gunakan baju hangat saat berlibur jangan sampai anda terkena flu dan penyakit lainnya
  • Pastikan kondisi mesin motor anda fit agar mampu menempuh perjalanan jauh dimana kondisi jalan yang didominasi oleh tanjakan dan tikungan
  • Saat berada di lokasi sebaiknya buanglah sampah pada tempatnya agar kebersihan dan keindahan lokasi selalu terjaga dengan baik.

****

Berlibur ke museum gunung merapi ini memang memberikan keseruan yang tidak terlupakan. Liburan edukasi juga semakin seru saat dilakukan bersama keluarga dan orang – orang tercinta. Selain itu anda juga bisa mengunjungi beberapa lokasi wisata di sekitar area ini. Selamat menikmati liburan anda, kurang dan lebih mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Wisata Edukasi ke Museum Affandi Sleman

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!