Objek Wisata Pantai Nguyahan Gunung Kidul

Pantai Nguyahan – Di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta ada banyak sekali jejeran pantai berpasir putih nan menawan. Pantai di sana memang memiliki ciri khas pantai dengan pasir putih yang putih dan sangat bersih.

Oleh sebab itu setiap pelancong yang menginjakkan kaki di tempat itu enggan beranjak karena takjub dengan pesonanya. Salah satu pantai yang berada di Gunungkidul dan wajib anda kunjungi adalah pantai nguyahan.

Pantai nguyahan termasuk pantai perawan dan masih sangat alami. Belum banyak pengunjung yang datang sehingga liburan akan lebih seru karena serasa berada di pantai pribadi.

Memang banyak sekali orang yang mengincar tempat wisata yang tidak terlalu bising karena mereka ingin menenangkan diri dan mencari ketenangan hati dan pikiran, jika anda adalah salah satu dari mereka maka berkunjung ke pantai nguyahan adalah solusi yang paling tepat.

Pantai yang relatif kecil namun memiliki pesona unik ini memang belum cukup dikenal namun saat anda mengunjunginya dijamin anda enggan beranjak dari sana. Hamparan bukit – bukit karang semakin menyempurnakan keindahan pantai nguyahan.

Pantai nan indah ini juga memiliki cerita mitos yang beredar di masyarakat mengenai asal usul terbentuknya pantai nguyahan. Selain berbagai keunikan yang dimiliki pantai ini juga memiliki banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan dan sayang untuk dilewatkan.

Pantai nguyahan sering menjadi incaran para pengunjung yang suka bermain air dan pasir, karena memang air lautnya yang lumayan tenang sangat cocok untuk tempat bermain air, selain itu bibir pantainya yang luas sering dimanfaatkan oleh para pemuda untuk melakukan olahraga seperti voli pantai dan sepak bola pantai.

Pantai Nguyahan via Instagram

Pantai Nguyahan via Instagram

Asal Usul Nama Pantai

Ada sebuah cerita turun temurun yang beredar di masyarakat mengenai asal usul nama pantai nguyahan. Pantai ini dulunya menjadi pusat pembuatan garam karena air lautnya sangat mudah dijadikan garam. Kemudian oleh warga sekitar pantai ini disebut sebagai pantai nguyahan yang berasal dari kata uyah, dimana dalam bahasa jawa uyah berarti garam. Dan nguyahan berarti tempat pembuatan garam.

Loading...

Hingga saat masih banyak warga sekitar yang berprofesi sebagai petani garam, hal ini bisa dilihat saat anda berkunjung dimana di sepanjang perjalanan menuju lokasi pantai nguyahan akan terlihat banyak sekali petani garam serta aktivitas pembuatan garam yang dilakukan oleh warga yang tinggal disekitar pantai.

Alamat Lokasi Pantai Nguyahan

Pantai yang terkenal sebagai penghasil garam terbanyak ini membuat pantai ini disebut sebagai pantai nguyahan karena dalam bahasa jawa uyah itu berarti garam.

Meski memiliki wilayah yang cukup indah dengan hamparan bukit karang yang menawan namun pantai nguyahan belum begitu banyak dikenal oleh para pecinta traveling. Meski begitu ada saja pengunjung yang datang dari sekitar Yogyakarta maupun tempat lain.

Hal ini karena gencarnya promosi yang dilakukan dari berbagai media sosial khususnya instagram yang diposting para pengunjung yang pernah menghabiskan waktu di tempat ini. Pantai nguyahan sendiri berada di desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pasir Pantai Putih Bersih di Nguyahan Beach

Pasir Pantai Putih Bersih di Nguyahan Beach

Rute Menuju Pantai Nguyahan

 untuk bisa mencapai lokasi pantai nguyahan akan memakan waktu yang lumayan lama yaitu sekitar 1 jam 30 menit dan dengan jarak tempuh sekitar 75 kilometer dari pusat kota Jogja. Perjalanan bisa ditempuh menggunakan sepeda motor maupun mobil, karena belum tersedia transportasi umum, dengan rute yang didominasi oleh tanjakan dan tikungan karena akan melewati perbukitan batu kapur.

Rute Pertama

Untuk rute menuju lokasi pantai nguyahan bisa ditempuh melalui pusat kota lalu ambil arah menuju Piyungan kemudian lanjutkan kembali perjalanan menuju Pathuk.

Setelah itu ambil arah menuju Gading, setibanya di sana lanjutkan perjalanan menuju ke arah Playen, setelah itu menuju arah Paliyan, jalan terus hingga anda menemukan pasar Trowono, setiba di pasar lanjutkan kembali perjalanan menuju kanigoro, ikuti jalan utama sejauh beberapa kilometer hingga anda sampai ke lokasi yang dituju yaitu pantai nguyahan.

Rute Kedua

Selain rute di atas ada satu rute alternatif lain yang bisa dilalui para pelancong yang berada di Piyungan lalu ambil arah menuju Parangtritis, kemudian ambil arah menuju panggang, lalu lanjutkan kembali menuju pasar Trowono, sesampainya di pasar arahkan kendaraan anda menuju jalan Kanigoro, dan beberapa kilometer dari jalan tersebut anda akan sampai di titik lokasi.

Harga Tiket Masuk Pantai Nguyahan

Bagi pengunjung yang ingin menikmati indahnya pantai nguyahan dan ingin menghabiskan waktu liburan di pantai ini tidak perlu membayar tiket masuk namun anda hanya perlu membayar tiket retribusi di pintu masuk retribusi sebesar 5 ribu rupiah per orang.

Yang lebih istimewanya lagi tiket retribusi ini bukan hanya bisa digunakan untuk masuk ke pantai nguyahan namun juga masuk ke pantai – pantai lain di sekitarnya seperti pantai Ngrenehan, pantai Ngobaran, serta pantai Torohudan.

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biayan tiket parkir kendaraan yang tidak kalah terjangkaunya, sehingga tidak akan merogoh kantong anda terlalu dalam dan cocok sekali buat pengunjung yang tipis modal.

Untuk kendaraan roda dua atau motor cukup membayar 2 ribu rupiah saja, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5 ribu rupiah saja. Setibanya di area parkir pengunjung harus berjalan beberapa meter menuju pantai yang dituju.

Seru-seruan di Nguyahan Beach via Rentalmobiljogjaid

Seru-seruan di Nguyahan Beach via Rentalmobiljogja.id

Jam Operasional

Buat pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di pantai nguyahan sambil berburu pemandangan alam yang indah dan melakukan banyak aktivitas seru silahkan datang ke pantai ini kapan saja, sebab pantai nguyahan dibuka selama 24 jam untuk umum dan beroperasi setiap hari tanpa hari libur.

Selain itu buat yang ingin menghabiskan malam di tepi pantai juga bisa dengan membangun tenda – tenda perkemahan bersama teman dan orang – orang tercinta selain akan terasa lebih seru juga bisa menjadi alternatif menghemat biaya menginap di hotel atau homestay yang tersedia di sekitar pantai.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Pantai Ngandong Gunung Kidul

Fasilitas yang Tersedia

Pantai nguyahan ini terbilang relatif kecil jika dibanding dengan pantai – pantai di Indonesia, dan masih sangat alami dengan jumlah pengunjung yang belum begitu banyak, tidak heran jika fasilitas penunjang di pantai ini masih sangat minim. Namun sudah cukup membuat pengunjung merasa nyaman. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia, diantaranya:

  • Area parkir ini ditujukan untuk meletakkan kendaraan pribadi yang dibawa oleh pengunjung agar saat berwisata merasa lebih tenang karena tidak takut kendaraan yang dibawa hilang atau rusak
  • Tempat sampah, meski lokasi pantai relatif kecil namun dari segi kebersihan pantai sangat dijaga, hal ini bisa dilihat dari pantai yang bebas dari sampah.
  • Toilet umum bisa digunakan oleh pengunjung dengan membayar biaya kebersihan sebesar 2 ribu rupiah
  • Warung makan yang dikelola oleh warga sekitar, meski sangat sederhana namun cukup untuk membantu pengunjung yang tidak membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah.

Menikmati Keindahan Nguyahan Beach via Tribunnews.com

Pesona Objek Wisata Pantai Nguyahan

Pantai nguyahan memiliki hamparan pasir yang terbentang di bibir pantai yang cukup luas. Selain itu terlihat gulungan ombak yang bersahabat dengan para pelancong sehingga bisa dijadikan arena bermain air seperti berenang, serta bisa digunakan oleh pengunjung yang hanya sekedar ingin berendam.

Meski terlihat relatif kecil namun lautan biru yang membentang jika dilihat dari bibir pantai juga cukup luas dan seolah tanpa batas. Jejeran bukit – bukit karang yang berukuran jumbo yang ada di sekitar pantai semakin menambah keindahan pantai nguyahan. Selain berburu pemandangan pantai nan menawan ada banyak sekali objek wisata yang bisa dinikmati, diantaranya:

1. Pantai yang Landai dan Berpasir Putih

Pantai Nguyahan Berpasir Putih Bersih via IG @auliadocent

Pantai Nguyahan Berpasir Putih Bersih via IG @auliadocent

Pantai nguyahan terkenal dengan pantainya yang bersih dan pasir putihnya yang menawan dan lembut membuat lokasi ini menjadi favorit pengunjung yang suka olahraga seperti voli dan sepak bola. Selain itu bentuk pantainya yang landai sehingga cukup aman jika anda ingin bermain di sekitar laut.

Gulungan ombak di pantai ini juga cukup tenang jadi pantai ini cocok untuk wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan alam yang luar biasa.

Kunjungi juga: Wisata Alam Embung Batara Sriten Gunung Kidul

2. Pemandangan Batuan Karang

Spot Foto di Bantuan Karang via IG @fajriian_

Spot Foto di Bantuan Karang via IG @fajriian_

Saat air laut surut ada keindahan yang tersembunyi di balik indahnya pantai nguyahan yaitu akan terlihat lebih jelas pemandangan batuan karang nan menawan.

Terlihat pula tumbuhan laut dengan jelas dari bibir pantai seperti hamparan rumput laut serta ganggang hijau yang membuat warna laut perpaduan antara biru dan hijau akan terlihat semakin menawan.

Di sela – sela batu karang kita bisa melihat ikan – ikan kecil yang imut dan lucu dan terlihat sangat cantik dan ada banyak biota laut yang hidup di sekitar batu karang dan bisa anda nikmati secara langsung.

Pemandangan seperti bisa diabadikan menjadi gambar atau foto yang cantik dan menawan dan sayang untuk dilewatkan.

3. Pemandangan Petani Panen Rumput Laut

Saat musim panen rumput laut kita bisa melihat banyak sekali warga sekitar yang berprofesi menjadi petani rumput laut. Memang banyak sekali warga yang menggantungkan hidup mereka dari pantai nguyahan seperti menjadi nelayan, pemburu kepiting dan lobster, petani rumput laut, pencari kerang, serta petani garam yang menang menjadi mata pencaharian utama.

Melihat petani memanen rumput laut juga menjadi pemandangan yang mengasyikkan dan menarik banyak wisatawan untuk mendekat dan melihat secara langsung proses pemanenan rumput laut.

4. Gubuk – gubuk Nan Cantik

Gazeebo untuk Pengunjung dari Kejauhan Wsrental

Gazeebo untuk Pengunjung dari Kejauhan Wsrentaljogja.com

Meski masih terbilang pantai alami namun ada fasilitas yang cukup keren dan sayang jika dilewatkan yaitu jejeran gubuk sederhana yang disediakan khusus untuk pengunjung yang ingin beristirahat atau sekedar meletakkan barang bawaan mereka.

Disekitar gubuk ada pula warung sederhana yang dikelola oleh warga yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga yang sangat murah.

Untuk menemani siang anda di bawah teriknya matahari ada pedagang es kelapa yang siap melayani berapapun pesanan anda karena kelapa yang dijual diambil langsung dari pohonnya yang terdapat di pinggir pantai.

5. Terdapat Bukit di Sekeliling Pantai

Bukit di Sekeliling Pantai via IG @yulugepenk_

Bukit di Sekeliling Pantai via IG @yulugepenk_

Salah satu pesona pantai nguyahan yang tidak bisa kita tinggalkan adalah pemandangan di sekeliling pantai yang menawan, dimana terlihat jejeran bukit hijau yang elok.

Pemandangan bukit – bukit yang hijau akan semakin sempurna ketika anda menyaksikannya di pagi hari dimana terlihat dari kejauhan bukit – bukit yang diselimuti kabut asap putih dan seolah bukit tersebut dikelilingi awan.

Belum lagi saat matahari tenggelam pemandangan bukit juga akan terlihat semakin sempurna. Untuk pecinta fotografi bisa mengabadikan pemandangan bukit nan menawan ini dengan hasil yang cantik tentunya.

6. Tempat Berburu Matahari Terbenam

Sunset di Nguyahan Beach via IG @kitarokeita

Sunset di Nguyahan Beach via IG @kitarokeitac

Pantai nguyahan menjadi tempat yang paling sempurna untuk berburu matahari terbenam atau sunset. Memang sunset adalah momen yang paling ditunggu apalagi untuk pengunjung yang datang bersama pasangannya.

Akan terlihat langit yang berubah jingga keemasan akan menghadirkan siluet yang sempurna. Belum lagi akan terlihat matahari yang meredup di balik bukit membuat suasana semakin romantis dan hangat.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen sunset menjadi gambar atau foto yang cantik, setelah itu bisa diupload di mesia sosial instagram. Selain menunjukkan eksistensi anda juga cocok sekali menjadi media promosi sehingga anda turut membantu melestarikan tempat – tempat wisata yang ada di negeri kita ini.

7. Bisa Dijadikan Tempat Memancing

Di pantai nguyahan pengunjung yang hobi memancing bisa menuntaskan hobinya. Ada spot memancing yang paling keren di pantai ini yaitu di sekitar batu karang dimana hidup ratusan ikan mungil yang siap memakan umpan yang anda beri.

Itulah mengapa di pantai ini ada banyak pengunjung yang datang sambil memancing berbagai jenis ikan sambil menikmati pemandangan di sekitar pantai.

8. Camping Seru

Camping Seru di Pantai Nguyahan via IG @macroep

Camping Seru di Pantai Nguyahan via IG @macroep

Selain untuk aktivitas di atas, pantai ini juga seru lho untuk kami jadikan tempat camping bareng komunitas. Berkemah disini bisa jadi alternatif buat kamu yang mau seru-seruan pada malam hari di Pantai nguyahan.

Mengingat, sampai tulisan ini dibuat belum ada tempat menginap atau hotel di pantai ini. Sehingga buat kamu yang mau bakar jagung, atau bakar ikan pada malam hari mesti membuat tempat menginap sendiri.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Pantai Sepanjang Gunung Kidul

Tips dan Saran Berkunjung

  • Pantai nguyahan belum memiliki warung makan yang lengkap, oleh sebab itu sebaiknya anda membawa sendiri bekal makanan dan minuman dari rumah, selain lebih sehat pastinya juga lebih hemat.
  • Pantai nguyahan terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan selalu terjaga kebersihannya maka dari itu saat anda berkunjung pastikan jangan meninggalkan sampah di lokasi pantai
  • Jika anda ingin bermain pasir dan bermain air jangan lupa untuk membawa peralatan mandi, handuk, baju ganti, dalaman, serta alat make up jika dibutuhkan.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera yang mumpuni untuk mengabadikan momen – momen penting bersama keluarga dan orang – orang terdekat.

Pantai nguyahan memberikan pemandangan yang menakjubkan untuk setiap pengunjung yang datang. Meski masih sangat minim fasilitas namun sudah cukup membuat pengunjung merasa nyaman. Selamat berkunjung dan berlibur, sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Alam Goa Gelatik Gunung Kidul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!