Objek Wisata Pantai ngrenehan Gunung Kidul

Pantai Ngrenehan – Saat mendengar kata Gunung Kidul yang ada di dalam ingatan kita adalah jejeran pantai nan indah dengan hamparan pasir putih nan menawan. Belum lagi bukit – bukit karst atau batu kapur yang mengelilingi Gunung Kidul menambah keeksotisan wilayah ini.

Selain itu masih banyak lagi keindahan Gunung Kidul yang terus terekspos melalui media sosial seperti instagram membuat wilayah ini semakin dikenal dan ramai pengunjung.

Ada banyak sekali pantai dengan pasir putih yang wajib dikunjungi, salah satunya adalah pantai ngrenehan. Pantai ini adalah pantai nelayan yang berbentuk teluk yang dikelilingi perbukitan karst atau perbukitan kapur yang menyuguhkan panorama alam yang mempesona.

Saat anda berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa untuk berkunjung ke pantai ngrenehan, dengan seluruh pemandangan yang terbentang membuat siapa saja yang berkunjung enggan untuk beranjak dari pantai ini.

Pantai ngrenehan akan terlihat semakin indah ketika kedatangan para pelancong disambut oleh puluhan kapal tradisional nelayan yang cantik dan tidak sebanyak kawasan lainnya, karena memang pantai ini adalah pantainya para nelayan.

Anda bisa melihat dari dekat kegiatan nelayan saat berlabuh dan mengeluarkan seluruh hasil buruannya. Namun pantai ngrenehan masih cukup sepi pengunjung dan namanya masih kalah pamor dengan dengan pantai ngobaran yang berada di sebelahnya.

Buat yang penasaran dengan keindahan pantai ngrenehan bisa langsung datang dan nikmati pesonanya dan berbagai aktivitas seru di pantai ini.

Keindahan Pantai Ngrenehan via Ig @silviafatdia_

Keindahan Pantai Ngrenehan via Ig @silviafatdia_

Lokasi Pantai Ngrenehan

Pantai ngrenehan adalah pantai yang berbentuk teluk yang dikelilingi oleh tebing – tebing nan menawan. Untuk bisa menikmati keindahan pantai ngrenehan bisa langsung datang ke kawasan Gunung Kidul yang berada cukup jauh dari pusat kota Jogja yang berjarak beberapa kilometer dari kota Jogja.

Loading...

Pantai ngrenehan terletak di desa kanigoro, kecamatan saptosari, kabupaten Gunung Kidul, daerah istimewa Yogyakarta.

Untuk bisa sampai ke lokasi bisa menggunakan sepeda motor atau mobil, karena untuk angkutan umum masih cukup sulit dan belum ada rute ke wilayah terdekat dengan pantai.

Saat berkendara pastikan anda selalu berhati – hati sebab jalanan menuju Gunung Kidul didominasi oleh tanjakan dan tikungan karena wilayahnya terletak di perbukitan karst atau bukit kapur.

Kunjungi juga: Objek Wisata Pantai Ngandong Gunung Kidul yang Lagi Hits

Rute Menuju Lokasi Wisata Alam Pantai Ngrenehan

Meski lokasi pantai ini cukup jauh dari pusat kota namun rute menuju lokasi cukup mudah dilalui dan sudah diaspal. Perjalanan akan kita mulai dari pusat kota Jogja lalu ambil arah menuju wonosari.

Jalan utama wonosari cukup panjang dan kita tinggal mengikuti jalan utamanya hingga menemukan pasar trowono. Setiba di pasar anda bisa melanjutkan kembali perjalanan menuju ke arah pantai selatan ke arah kelurahan  kanigoro.

Lalu rute perjalanan kita lanjutkan hingga menemukan pertigaan wonogiri – imogiri. Silahkan ambil arah menuju ke kiri dan jalan lurus terus hingga menemukan lokasi yang dituju yaitu pantai ngrenehan.

Atau rute alternatif lain yaitu dari arah gading lanjutkan perjalanan menuju playen lalu jalan terus mengikuti jalur utama hingga menemukan pasar trowono, setelah itu ambil arah menuju kelurahan kanigoro. Lalu jalan terus beberapa kilometer hingga menemukan titik lokasi.

Rute menuju pantai ngrenehan juga bisa kita lewati. Rute alternatif selanjutnya akan dimulai dari kota jogja lalu melanjutkan perjalanan menuju arah piyungan, kabupaten bantul, setelah itu terus melaju menuju daerah pathuk lalu lanjutkan kembali perjalanan anda menuju ke sambipitu.

Sesampainya di wilayah tersebut lanjutkan perjalanan hingga menemukan lapangan terbang yang bertuliskan gading lalu jalan terus hingga menemukan pertigaan dan silahkan ambil arah ke playen lalu lanjutkan kembali menuju ke paliyan. Setelah itu ambil arah menuju pasar trowono.

Sesampainya di pasar trowono anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke desa kanigoro. Tidak jauh dari wilayah itu akan ada pintu retribusi atau tempat pembelian tiket masuk ke pantai ngrenehan dan beberapa pantai lain di sekitarnya yang tidak kalah indah.

Setelah membayar tiket masuk anda bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi pantai hingga ke area parkir pantai ngrenehan.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan

Pesona Pantai Ngrenehan

Pesona Pantai Ngrenehan

Salah satu yang menjadi keistimewaan pantai ngrenehan adalah menawarkan harga tiket masuk yang sangat murah sehingga cocok sekali buat pengunjung yang memiliki modal terbatas. Anda hanya perlu membayar tiket masuk di pintu retribusi sebesar 5 ribu rupiah per orang.

Bahkan harga tiket ini sudah termasuk tiket menuju beberapa pantai di sekitarnya yang tidak kalah keren. Dimana lagi anda bisa mendapatkan liburan istimewa dengan bermodalkan 5 ribu rupiah, selain di pantai ngrenehan Gunung Kidul.

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi bisa membayar biaya tambahan untuk biaya tiket parkir kendaraan. Harga yang dipatok juga tidak kalah murahnya, jadi anda tidak perlu khawatir menghabiskan uang anda.

Untuk kendaraan roda dua atau motor hanya di patok harga 2 ribu rupiah saja, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil hanya dipatok dengan harga 5 ribu rupiah saja.

Dengan modal yang sangat minim anda bisa merasakan liburan yang sangat seru dan menikmati kebersamaan bersama keluarga yang pastinya sangat jarang terjadi karena kesibukan masing – masing.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngrenehan

Keindahan yang ada di pantai ngrenehan tidak perlu diragukan lagi, mulai dari laut, bibir pantai, sampai perbukitan di sekelilingnya sangat mempesona, namun pantai ini masih sepi dan belum banyak pengunjung yang datang.

Meski begitu dari segi fasilitas yang tersedia cukup lengkap agar pengunjung yang datang merasa nyaman saat berlibur. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia, seperti:

  • Area parkir yang cukup luas yang bisa menampung puluhan kendaraan pribadi milik pengunjung dengan cukup membayar tiket parkir yang relatif murah
  • Tempat sampah juga disediakan untuk pengunjung agar tidak membuang sampah disembarang tempat yang akan mengotori pantai
  • Toilet umum. Anda tidak perlu cemas sebab di pantai ngrenehan sudah tersedia toilet umum yang cukup bersih dan nyaman digunakan
  • Tempat ibadah. Untuk pengunjung muslim bisa menjalankan ibadah di mushola yang tersedia dan kini bisa berkeliling pantai dengan tenang.
  • Warung makan. Jika anda penggila kuliner laut maka sangat cocok datang ke pantai ngrenehan sebab berbagai menu lautnya dibuat dengan bumbu khas membuatnya terasa special seperti buatan koki terkenal, bahkan anda bisa memilih ikan dan bahan lainnya dari para nelayan yang ada di sekitar pantai. Untuk menemani siang yang terik tersedia banyak sekali pedagang es kelapa muda yang segar

Menikmati Sajian Seafood yang Menggoda

Menikmati Sajian Seafood yang Menggoda via IG @yusithemantra

Menikmati Sajian Seafood yang Menggoda via IG @yusithemantra

Saat berkunjung ke pantai ngrenehan belum lengkap rasanya jika belum menikmati sajian seafood yang menggoda. Untuk bahan mentahnya bisa anda pilih dari tangkapan para nelayan yang biasanya disetor ke TPI serta beberapa warung makan disekitar pantai.

Berbagai macam ikan – ikan tangkapan nelayan seperti kakap, gurame, kerapu merah, salmon, cumi, udang lobster, kepiting dan masih banyak lagi.

Semua bahan mentah yang terjamin kesegarannya itu bisa diolah dengan bumbu yang sesuai dengan selera anda seperti asam manis, lada hitam, pedas manis, bakar, goreng, sup, serta masih banyak lagi bumbu olahan yang siap menggoyang lidah anda dan siap mengobati rasa lapar yang dirasa setelah seharian berkeliling pantai.

Selain berbagai olahan laut, beberapa warung disini juga menyediakan menu lain seperti nasi goreng, mie rebus, dll. Menikmati makanan sambil memandang keindahan laut memang menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Untuk menu minuman yang tersedia, seperti berbagai jenis wedangan, minuman dingin dan panas, serta jus buah segar. Selain itu ada pula es kelapa muda yang segar yang diambil langsung dari pohonnya. Untuk harga yang ditawarkan juga anda tidak perlu khawatir karena dibadrol dengan harga yang relatif murah

Spot Wisata di Pantai Ngrenehan

Bermain Pasir Pantai

Bermain Pasir Pantai

Mengunjungi pantai ngrenehan yang terdapat di kabupaten Gunung Kidul jangan sampai melewatkan berbagai spot wisata seru dan menyenangkan.

Mulai dari menikmati panorama pantai yang mengagumkan. Dimana pantai yang merupakan pantai nelayan ini adalah sejenis teluk yang memiliki air yang biru membentang luas, jika dipandang dari bibir pantai seolah tanpa tepi.

Gulungan ombak yang terbilang normal dengan hembusan angin sepoi – sepoi menambah keindahan pantai ini. Di bagian bibir pantai terdapat hamparan pasir putih yang sangat luas dan bisa dijadikan lokasi berbagai aktivitas seru seperti bermain layang – layang sambil berlari kecil di hamparan pasir, serta melakukan berbagai olahraga pantai seperti bola kaki dan voli.

1. Berburu Spot Foto

Jangan Lupa Foto via IG @Jogjajateng

Jangan Lupa Foto via IG @Jogjajateng

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat berada di pantai ngrenehan adalah berburu spot foto yang kekinian dan instagramable.

Sebab beberapa lokasi bisa dijadikan spot foto, mulai dari kapal – kapal nelayan yang bisa diambil sebagai lokasi foto dan cocok sekali dijadikan lokasi foto prewedding. Selain itu masih banyak lagi area lainnya.

2. Berburu Matahari Terbenam

Menikmati Sunset Pantai Ngobaran via iG @indrayuszirel

Menikmati Sunset via iG @indrayuszirel

Ketika berada di pantai ngrenehan jangan lupa untuk menunggu detik – detik matahari terbenam di kala senja. Akan terlihat panorama langit nan romantis dan mempesona.

Terlihat di ujung barat matahari mulai menutup diri dan membuat langit berubah menjadi jingga keemasan menciptakan siluet yang mempesona.

Pemandangan seperti ini akan semakin sempurna saat dinikmati bersama pasangan. Selain itu jangan lupa untuk mengabadikan momen sunset menjadi beberapa lembar foto atau potret nan indah yang akan memenuhi galeri liburan anda.

3. Panorama Teluk yang Melengkung

Landscape Teluk Melengkung via visitingjogjacom

Landscape Teluk Melengkung via visitingjogja.com

Tahukah anda jika lokasi pantai ngrenehan sangat strategis dan indah karena berada di lekukan teluk. Lokasi geografisnya yang indah membuatnya semakin sayang untuk dilewatkan.

Terlihat perbukitan kapur mengelilingi pantai ngrenehan. Selain itu karang – karang yang berukuran raksasa juga banyak di pantai ini. Melihat pemandangan semenarik ini tentu saja membuat takjub dan enggan untuk beranjak.

Apalagi saat anda mengabadikan pantai ngrenehan dari ketinggian akan terlihat sangat mempesona dan terlihat unik.

4. Bukit Karang

Bukit Karang

Bukit Karang

Di pantai ngrenehan ada sebuah bukit nan indah yang dipenuhi dengan cangkang dan kerang – kerang khas laut. Pemandangan di bukit karang ini juga tidak boleh dilewatkan.

Keberadaan bukit karang ini juga menjadi salah satu daya tarik pantai ngrenehan dan banyak dicari para pelancong dan pastinya rindu untuk datang lagi dimomen liburan selanjutnya.

5. Berenang di Pantai Ngrenehan

Berenang di Pantai Ngrenehan via Dimassuyatno

Berenang di Pantai Ngrenehan via Dimassuyatno.com

Ombak yang datang ke bibir pantai ini sangat aman karena lokasinya yang berada di cekungan dan dipenuhi oleh batu karang. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk berenang dan bermain air.

Namun anda juga harus tetap berhati – hati jangan sampai berenang terlalu ke tengah Karena meski ombaknya tenang di bagian tengahnya, ombak yang ada juga cukup besar.  Untuk anak – anak yang ingin berenang juga cukup aman, dan pastikan anak – anak berenang dibagian pinggir pantai.

6. Wisata budaya

Sama seperti pantai – pantai pada umumnya yang sering dijadikan lokasi kegiatan budaya seperti upacara adat atau upacara sedekah laut, sama halnya dengan pantai ngrenehan ini, di waktu – waktu tertentu akan diadakan upacara adat.

Ada banyak warga lokal dan warga dari luar daerah yang mengikuti upacara adat yang mengandung nilai mistis. Biasanya upacara diadakan pada saat bulan purnama dan hari – hari yang dianggap mistis seperti malam suro, malam jumat kliwon atau masih banyak malam lainnya.

Jadi anda bisa menikmati keindahan laut sembari menyaksikan kegiatan budaya yang dilakukan warga sekitar.

Tips Berlibur

  • Sebelum pergi berlibur ke pantai ngrenehan pastikan terlebih dahulu kondisi kesehatan anda baik atau fit agar tidak mengganggu liburan yang seru dan menyenangkan
  • Sebelum memesan makanan di warung – warung pinggir pantai sebaiknya tanyakan terlebih dahulu harga yang ditawarkan agar anda tidak terjebak dengan harga selangit
  • Agar perjalanan berkeliling pantai terasa lebih nyaman sebaiknya gunakan alas kaki yang nyaman seperti sandal jepit atau sepatu sneaker

****

Demikianlah artikel mengenai pantai ngrenehan yang mempesona, meski terbilang masih sepi namun justru disitulah letak keistimewaannya karena anda akan merasa berlibur di pantai pribadi. Jadi tunggu apalagi ayo segera berlibur ke Gunung Kidul dan menikmati indahnya pantai ngrenehan. Selamat berkunjung. Terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Telaga Jonge Gunung Kidul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!