Liburan ke Objek Wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Pantai Ngobaran – Saat kita menyebutkan nama Jogja, memang segala hal yang ada di dalamnya tidak ada habisnya untuk dibahas. Mulai dari beragam tradisi  yang cukup kental, bergelar kota pendidikan, ragam makanan yang sangat lezat.

Tidak ketinggalan juga terdapat banyak sekali destinasi wisata alam yang mempesona dan masih banyak lagi yang lainnya yang membuat para wisatawan berbondong – bondong datang ke kota ini. Terutama pada musim libur tiba, setiap sudut kota Jogja selalu ramai dikunjungi.

Kali ini kita akan mengupas tuntas mengenai pariwisata pantai ngobaran yang terdapat di kabupaten Gunung Kidul. Sebuah pantai dengan hamparan pasir putih yang indah dan gulungan ombak yang tidak begitu besar menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata favorit di kota ini.

Kawasan di sekitar pantai adalah keindahan alam yang berbeda dari kawasan lain di kota Jogja. Dijamin buat anda yang berkunjung akan betah berlama – lama berada di pantai ngobaran ini.

Buat anda yang belum berkunjung tunggu apa lagi? Ayo segera masukkan pantai ngobaran dalam daftar kunjungan anda ketika berada di kota Yogyakarta. Ada banyak sekali keseruan yang bisa anda rasakan, serta beragam aktivitas pantai yang tidak bisa anda lewatkan bersama keluarga dan teman terdekat.

Selain itu di kawasan wisata pantai ngobaran memiliki keunikan yang tidak dimiliki tempat lain yaitu merupakan lambang toleransi perbedaan yang tinggi, sehingga membuktikan bahwa perbedaan itu indah dan bukan suatu hal yang perlu diributkan.

Wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul via IG @ambar_sisthanya_itha

Kunjungi juga: Wisata Pantai Krakal Gunung Kidul

Lokasi Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Pantai ngobaran adalah pantai yang kental dengan suasana mistis dengan berbagai sesaji dan beberapa lokasi yang dianggap mistis.

Loading...

Pantai ini berada di gugusan laut pantai selatan dan berada cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, namun anda tidak perlu khawatir karena lokasinya sangat mudah ditemukan. Dan juga sudah banyak dilalui kendaraan.

Untuk sampai ke pantai ngobaran anda harus menempuh perjalanan sejauh 55 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit jika dilalui menggunakan motor atau mobil.

Lokasi pantai ngobaran ini sendiri berada di jalan Ngobaran, Ngrenehan, dusun SaptoSari, Desa Gedang, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisatawan Memadati Pantai Ngobaran via Tripadvisor

Wisatawan Memadati Pantai Ngobaran via Tripadvisor

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngobaran

Setelah melihat dengan jelas lokasi pantai ngobaran kini anda bisa memulai perjalanan menuju lokasi melalui rute yang sangat mudah dan nyaman untuk dilalui sebab seluruh jalan sudah di aspal.

Rute perjalanan bisa kita mulai dari pusat kota Yogyakarta lalu arahkan kendaraan anda menuju jalan Imogiri Timur lalu jalan lurus terus hingga anda menemukan pertigaan lalu silahkan ambil arah ke kanan menu ke jalan Selopamioro hingga sampai ke jalur lintas selatan dan ikuti papan petunjuk jalan yang terpasang di sana hingga anda sampai ke lokasi yang dituju yaitu pantai ngobaran.

Rute menuju lokasi bisa dilalui juga dari arah lain yaitu dari pusat kota Yogyakarta silahkan ambil arah menuju jalan Wonosari lalu jalan terus dan lanjutkan perjalanan menuju Baron, lalu jalan lurus terus hingga anda menemukan pertigaan lalu ambil arah ke kanan. Kemudian dari sini perjalanan menuju lokasi tinggal beberapa puluh meter dengan mengikuti terus papan petunjuk jalan.

Rute menuju lokasi pantai ngobaran ini sangat mudah ditemukan. Jika anda takut nyasar bisa mencoba mengikuti peta lokasi melalui google maps serta bertanya kepada penduduk sekitar yang sangat ramah dan bersahabat.

Kunjungi juga: Wisata Pantai Jogan Gunung Kidul

Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran

Wisata alam pantai ngobaran ini selain terkenal karena keindahan lokasi dan cerita mistisnya yang sayang untuk dilewatkan juga memiliki keunggulan lain yaitu dibandrol dengan harga tiket yang sangat murah.

Biaya tiket masuk menuju lokasi tidak akan membuat kantong anda kosong, sebab anda hanya perlu membayar 5 ribu rupiah per orang. Sungguh harga yang sangat murah, bahkan lebih murah daripada harga secangkir kopi.

Namun untuk anda yang membawa kendaraan pribadi harus membayar tiket parkir kendaraan yang juta dibandrol dengan harga yang sangat bersahabat.

Untuk sebuah kendaraan roda dua atau motor cukup membayar 2 ribu rupiah, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 10 ribu rupiah. Selain itu buat bus pariwisata yang diparkirkan di tempat ini silahkan membayar 20 ribu rupiah saja.

Fasilitas yang Ada di Pantai Ngobaran

Pantai ngobaran memiliki fasilitas pendukung yang sangat lengkap. Selain itu pembangunan demi pembangunan juga terus dilakukan demi menjaga kenyamanan pengunjung dan diharapkan juga mampu menarik wisatawan lain untuk berkunjung ke pantai ini. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia, diantaranya:

1. Area parkir

Area parkir disini dibangun sangat luas bahkan bukan hanya mampu menampung puluhan motor dan mobil, namun juga bisa menampung bus sekelas bus pariwisata dengan harga tiket yang sangat murah.

2. Tempat sampah

Buat pengunjung yang datang ke lokasi pantai ngobaran harus menyadari pentingnya membuang sampah di tempat yang tersedia sebagai upaya membantu menjaga kebersihan dan keindahan lokasi wisata

3. Toilet Umum

Pantai ngobaran sudah dilengkapi dengan toilet umum yang cukup bersih dan nyaman digunakan. Buat anda yang ingin menggunakannya cukup membayar 2 ribu rupiah untuk membayar jasa kebersihan

4. Warung Makan

Jejeran warung makan yang dibangun di pinggir pantai ini menyediakan menu laut yang nikmat, dimana menu andalan tempat ini adalah olahan landak laut yang nikmat. Selain itu beberapa menu ikan dan seafood juga tersedia di tempat ini. Beberapa menu minuman hangat, dingin, berbagai jus buah segar serta air kelapa muda juga tersedia.

5. Mushola

Buat para pengunjung muslim bisa menunaikan ibadah di mushola yang dibangun dan cukup nyaman digunakan.

6. Pura

Serasa di Bali via IG @aguzprasetiya

Serasa di Bali via IG @aguzprasetiya

Selain mushola tempat ibadah umat islam, di lokasi wisata pantai ngobaran juga terdapat beberapa pura yang biasa digunakan umat hindu untuk sembahyang dan melakukan berbagai upacara adat

  • Patung – patung atau arca para dewa seperti dewa siwa, desa wisnu, serta dewa ganesa.
  • * gardu pandang atau gazebo

Sejarah Singkat Pantai Ngobaran

Pantai ngobaran ternyata juga memiliki sebuah cerita sejarah yang berkembang di masyarakatnya.konon katanya pantai ini masih memiliki hubungan yang cukup erat dengan kerajaan majapahit dan Demak.

Kisah pada zaman dahulu ketika Btawijaya V yang merupakan raja kerajaan Mataram yang mulai di pojokkan oleh kerajaan tetangganya yaitu kerajaan Demak yang dipimpin oleh putra sendiri yang bernama Raden Patah mulai menyerang Majapahit.

Saking terpojoknya akhirnya raja bersama putranya yaitu Bondan kejawen setra terpaksa meninggalkan kerajaan menuju ke arah Barat. Kemudian tibalah rombongan raja di suatu pesisir pantai yang tenang dan damai.

Namun karena beberapa hal akhirnya penguasa kerajaan mataram ini memutuskan melakukan upacara muksa atau pembakaran diri. Konon menurut ceritanya raja melakukan pembakaran diri karena tidak ingin berperang melawan anaknya sendiri.

Kemudian raja melakukan pembakaran diri dengan kobaran api yang sangat besar. Maka begitulah kisah pantai ini akhirnya disebut sebagai pantai ngobaran.

Wisata lainnya: Wisata Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul

Spot Unik Pantai Ngobaran

Dimana lagi anda bisa melihat sebuah pantai yang eksotis yang dikelilingi hamparan sawah nan hijau kalau bukan di kabupaten Gunung Kidul yaitu pantai ngobaran.

Namun sawah yang sebenarnya bukanlah sawah padi milik para petani namun terlihat hamparan alga hijau yang terlihat seperti hamparan sawah yang tumbuh di sela – sela karang.

Memang salah satu ciri khas pantai – pantai yang ada di kabupaten Gunungkidul adalah terdapat karang – karang berukuran jumbo yang menjadi pembatas antar pantai.

Pemandangan hamparan alga hijau ini sangat mencuri perhatian para pengunjung sehingga buat mereka yang datang belum lengkap rasanya jika belum melihat keindahan sawah alga hijau ini.

Diantara batu karang juga hidup biota laut lainnya yang tidak kalah indahnya dan berbagai binatang laut yang lucu dan menggemaskan seperti ikan – ikan hias berukuran kecil, rumput laut dan masih banyak lagi juga menjadi salah satu spot foto favorit pengunjung.

Selain itu kawasan ini menjadi salah satu lambang indahnya perbedaan dan toleransi beragama. Di lokasi pantai di kita bisa melihat beberapa pura yang dibangun berdampingan dengan mushola yang menjadi lambang persatuan Indonesia.

Dalam beberapa kesempatan kita bisa melihat umat islam menunaikan Ibadah di mushola kemudian umat hindu menjalankan upacara keagamaan di pura tersebut. Tidak ada yang saling mengganggu, mereka menghormati pilihan masing – masing dan mencerminkan indahnya perbedaan.

Pantai ngobaran terkenal dengan pantai dengan pura yang mengingatkan kita pada suasana pantai yang ada di pulau Dewata Bali. Namun tidak perlu repot pergi jauh – jauh sebab anda bisa datang ke pantai ngobaran Yogyakarta.

Pura di bangun hampir di seluruh lokasi pantai. Kemudian anda bisa menuju sebuah bukit karang berukuran raksasa yang memiliki posisi lebih tinggi.

Kemudian di ujung jalan terlihat sebuah petilasan Woni Pantai ngobaran dan dijaga oleh seorang juru kunci. Petilasan ini berukuran 4 X 2 meter yang berbentuk seperti lapangan dan pada bagian tepinya terdapat sesaji

1. Melihat Aktivitas Nelayan

Kapal Nelayan via IG @hutamianika

Kapal Nelayan via IG @hutamianika

Spot wisata unik yang bisa anda nikmati di pantai ngobaran yang pertama adalah menyaksikan para nelayan dan penduduk sekitar melakukan aktivitas mereka yang menjadi mata pencaharian pokok.

Ada banyak sekali nelayan dan ibu – ibu petani rumput laut yang berada di lokasi ini. Buat pengunjung yang ingin membeli hasil tangkapan nelayan secara langsung juga bisa. Selain itu para penduduk di sini juga sangat ramah dan bersahabat.

2. Menyaksikan Sunset Nan Menawan

Menikmati Sunset Pantai Ngobaran via iG @indrayuszirel

Menikmati Sunset Pantai Ngobaran via iG @indrayuszirel

Ketika mengunjungi pantai ngobaran salah satu aktivitas seru yang tidak boleh anda lewatkan adalah berburu sunset nan menawan.

Beberapa patung – patung siluet yang ada di tempat ini akan terlihat lebih sempurna ketika ditimpa mentari senja dimana langit akan berubah menjadi jingga keemasan dan terlihat di ujung laut matahari semakin menghilang membuat sunset di pantai ini semakin terasa sempurna.

Spot sunset di pantai ngobaran juga selalu diburu pengunjung, terutama para muda – mudi yang datang secara berpasangan, mereka akan berburu suasana romantis senja di pantai ngobaran.

3. Menyaksikan Upacara Adat

Menyaksikan Upacara Adat via IG @ndromorrow

Menyaksikan Upacara Adat via IG @ndromorrow

Jangan heran jika anda berkunjung ke pantai ngobaran akan mencium aroma yang berbeda yaitu aroma sesajen dan dupa yang cukup menyengat. Hal ini bisa terjadi akibat di lokasi pantai ngobaran sering dilakukan upacara adat.

Di hari – hari tertentu para penganut kepercayaan melakukan upacara adat bagi para leluhur mereka. Biasanya upacara adat dilakukan pada hari – hari yang dianggap keramat seperti pada saat bulan purnama, malam satu suro, malam jumat kliwon, dan hari – hari lainnya. Nah biasanya buat pengunjung yang beruntung bisa menyaksikan upacara adat dari dekat.

4. Menikmati Wisata Kuliner Laut

Menikmati Wisata Kuliner Laut via IG @silviarosetti

Menikmati Wisata Kuliner Laut via IG @silviarosetti

Di kawasan pantai ngobaran ada satu makanan khas yang sangat terkenal yaitu menu landak laut yang rasanya sangat lezat dan nikmat dan sayang untuk dilewatkan.

Jika anda menikmati landak laut di luar negeri harga yang ditawarkan bisa sangat fantastis. Olahan landak laut di tempat ini diolah dengan berbagai macam jenis bumbu tergantung permintaan dan pesanan pengunjung.

Wisata kuliner pantai ngobaran tentu bukan hanya landak laut namun masih banyak menu laut lezat lainnya seperti olahan seafood seperti cumi, udang, kepiting, kerang.

Serta berbagai menu ikan seperti gurame, kakap, pari, dll. Selain beragam menu makanan yang lezat dan murah anda jangan lupa  menikmati es kelapa muda yang diambil langsung dari pohonnya.

Anda bisa merasakan kelezatan makanannya bersama kesegaran minumannya sambil menikmati keindahan pantai dan sekitarnya, sungguh pengalaman yang tidak dapat terlupakan.

Wisata kuliner lain yang juga tidak boleh anda lewatkan adalah beragam cemilannya seperti peyek ikan yang lezat dan pastinya sangat murah. Terdapat juga cemilan yang dibuat dari alga yang diolah menjadi kerupuk dengan harga 5 ribu per plastiknya.

5. Foto di Bangunan Menawan

Foto di Bangunan Menawan via IG @ariyanniyantut42

Foto di Bangunan Menawan via IG @ariyanniyantut42

Saat anda berada di pantai ngobaran jangan lupa untuk menyempatkan diri menyaksikan bangunan – bangunan menawan  dengan berbagai macam patung yang indah.

Patung atau arca – arca ini dibuat sangat mirip dengan beberapa dewa seperti ganesha dan siwa. Ditempat ini sangat kental dengan nuansa hindu. Selain itu terlihat pula patung dewa wisnu yang menghadap ke laut dan sedang mengendarai burung garuda.

Di lokasi ini sering dilakukan persembahyangan dan terlihat beberapa sesajen diletakkan di sana, jadi anda harus menghormati budaya di tempat ini dan selalu menjaga sopan santun.

Memang di lokasi pantai ngobaran ada beberapa lokasi yang terkenal angker, salah satunya adalah lokasi arca, bangunan kejawen serta bukit tinggi yang merupakan tempat untuk bersemedi.

Jangan lewatkan juga: Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Wisata Pantai Terdekat

Setelah berkeliling pantai ngobaran dan menikmati keindahan dan berbagai aktivitas seru, akan semakin sempurna Liburan anda kali ini dengan mengunjungi kawasan wisata pantai di sekitarnya yang tidak kalah menawan.

Kawasan tetangga yang juga wajib anda kunjungi adalah pantai Ngrenehan yang sangat terkenal yang menjadi tempat bersandar kapal – kapal nelayan.

Selain itu ada juga pantai Nguyahan yang masih terbilang sepi namun sudah cukup nyaman untuk dikunjungi karena beberapa fasilitas pendukung tempat ini cukup lengkap.

Selain itu terdapat pula spot foto yang instagramable. Namun kondisi tanahnya yang lebih turun atau rendah menyebabkan sering terjadi banjir pada saat musim hujan, sehingga anda perlu ekstra hati – hati.

*****

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai pantai ngobaran yang terletak di kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta yang wajib anda kunjungi. Kurang dan lebih mohon maaf, selamat berlibur dan berkunjung, sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Pantai Sadranan Gunung Kidul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!