Objek Wisata Telaga Jonge Gunung Kidul

Telaga Jonge – Buat kamu yang tengah berada di Yogyakarta dan sekitarnya untuk berlibur sebaiknya jangan mengunjungi destinasi wisata itu – itu saja yang memang sudah terkenal di dunia dan tidak perlu diragukan lagi keindahannya.

Selain mengunjungi tempat wisata yang dikunjungi banyak orang ada baiknya kamu mengunjungi destinasi wisata yang lain dari yang lain, maka akan memberikan kesan tersendiri, apalagi saat kamu menceritakan kepada teman disekitarmu, Pengalaman langka yang kamu rasakan, pastinya lebih menyenangkan.

Jika pada umumnya masyarakat yang datang ke kota Yogyakarta mengunjungi kawasan pantai yang ada di kawasan parangtritis maka ada baiknya kamu mengunjungi tempat yang tidak biasa yaitu kawasan Telaga Jonge. Telaga jonge sudah ada sejak zaman kerajaan sebelum kemerdekaan, dan tidak pernah kering hingga saat ini.

Ada banyak cerita mitos yang berkembang di masyarakat tentang telaga ini. Selain itu telaga jonge juga memberikan keindahan yang luar biasa serta ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan.

Tidak heran jika telaga jonge menjadi salah satu destinasi favorit di kota Yogyakarta. Pengunjung yang datang bukan hanya dari wilayah Yogyakarta saja namun juga banyak yang berasal dari luar daerah, luar pulau, bahkan luar negeri.

Tunggu apa lagi segera kunjungi telaga jonge dan nikmati seluruh keindahan yang ada disana bersama keluarga dan orang – orang tercinta.

Keindahan Telaga Jonge via mutiaky.blogspotcoid

Keindahan Telaga Jonge via mutiaky.blogspot.co.id

Sejarah Telaga Jonge

Telaga jonge bukan hanya menyuguhkan pemandangan yang tidak biasa dan memiliki banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan, namun juga memiliki cerita sejarah dan mitos yang terus berkembang di masyarakat setempat.

Menurut cerita yang beredar telaga jonge adalah sebuah tempat petilasan seorang kiai suci yang bernama mbah jonge dan oleh masyarakat dipercaya mengalami pengangkatan atau muksa.

Loading...

Kiai suci tersebut adalah seorang yang memiliki hati mulia dan menjadi sosok yang disegani dan dituakan oleh masyarakat disekitarnya. Lalu yang dianggap istimewa dan mistis oleh penduduk sekitar adalah keberadaan telaga jonge yang tidak pernah surut atau tidak pernah mengering.

Warga percaya keistimewaan ini ada hubungannya dengan kesaktian mbah jonge yang dulunya petilasannya ditemukan pertama kali di tengah telaga saat dilakukan perluasan.

Hingga kini masyarakat di sekitar telaga menganggap bahwa kawasan ini adalah tempat suci yang harus dijaga. Oleh sebab itu untuk pengunjung yang datang diharap bisa mengikuti seluruh peraturan yang ada dan menjaga norma yang berlaku agar tidak terjadi hal – hal buruk.

Meski mitos ini belum tentu benar namun sebagai manusia kita memang wajib mengikuti peraturan dan sopan santun dimanapun kita berada.

Lokasi Destinasi Wisata Telaga Jonge

Telaga jonge letaknya tidak terlalu dekat dengan pusat kota Yogyakarta, berjarak sekitar beberapa puluh kilometer, yaitu berada di kawasan Gunung Kidul di selatan Jogja.

Namun anda tidak perlu cemas sebab lokasi telaga jonge cukup mudah ditemukan dengan rute perjalanan yang mudah dilalui dan cukup nyaman. Telaga jonge terletak di kawasan Dusun Jonge, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk bisa sampai di lokasi wisata ada banyak sekali papan petunjuk jalan yang akan membantu anda. Selain itu anda bisa menggunakan bantuan dari google maps yang bisa diakses melalui smartphone. Jadi buat kamu yang berasal dari kawasan yang jauh tidak perlu takut nyasar.

Acara Jogja Culture Festival via Gunungkidulkabgoid

Acara Jogja Culture Festival via Gunungkidulkab.go.id

Rute Menuju Lokasi Wisata Alam Telaga Jonge

Untuk bisa sampai ke telaga jonge ada beberapa rute alternatif yang bisa kamu lalui. Rute tersebut juga cukup mudah dilalui dengan petunjuk arah yang jelas juga berada satu arah dengan beberapa destinasi alam yang sudah terkenal seperti kalisuci, dan lainnya. Berikut beberapa rute menuju lokasi yang bisa kamu lalui:

Rute Pertama

Perjalanan akan kita mulai dari pusat kota Yogyakarta, setelah itu lanjutkan perjalanan menuju kawasan bukit bintang di jalan pathuk Gunungkidul, setelah itu jalan lurus terus menuju Sambipitu lalu lurus lagi menuju lanud TNI AU gading.

Kemudian ambil arah menuju Siyono lalu lurus terus menuju Alun – alun Wonosari, setelah sampai di alun – alun lanjutkan kembali perjalanan menuju pasar Argosari Wonosari setelah itu lurus terus menuju Proliman Baleharjo.

Setelah sampai di perempatan Ringroad Timur silahkan ambil arah menuju jalan Wonosari Semanu, lalu lanjutkan perjalanan hingga menemukan pertigaan disebelah timur gardu induk PLN lalu ambil arah ke kanan.

Setelah itu lanjutkan perjalanan hingga menemukan pertigaan pasar wage silahkan ambil arah ke kanan dan dari situ silahkan melanjutkan perjalanan kembali sejauh beberapa meter hingga menemukan telaga jonge.

Rute Kedua

Rute kedua atau rute alternatif ini bisa kita lalu dari tugu Jogja lalu lanjutkan menuju bukit bintang patuk lalu ambil arah menuju sambipitu lalu lanjutkan perjalanan kembali menuju lanud TNI AU Gading

Setelah itu lanjutkan kembali perjalanan menuju Siyono setelah itu ambil arah menuju ke kanan atau ke arah selatan dan jalan lurus hingga menemukan perempatan galri lalu ambil arah ke kanan atau selatan menuju jalan Baron jalan terus sampai di lapangan karangrejek.

Lalu ambil arah ke kiri dan lihat papan petunjuk menuju kalisuci setelah itu jalan terus hingga menemukan perempatan dan ambil arah ke kanan setelah itu lanjutkan perjalanan kembali hingga menemukan pertigaan lalu ambil arah ke kiri menuju ke dusun Wilayu dan ikuti jalan utama hingga menemukan papan nama Telaga Jonge.

Peta Lokasi Telaga Jonge

Fasilitas di Telaga Jonge

Saung untuk Bersantai di Pinggir Telaga

Saung untuk Bersantai di Pinggir Telaga via Gunungkidulku

Meski telaga ini terbilang destinasi teranyar di Gunungkidul namun jika kita lihat dari segi fasilitas penunjang yang tersedia cukup memadai. Beberapa fasilitas dibangun bertujuan untuk memberi rasa aman pada pengunjung yang datang. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia, diantaranya:

  • Tempat parkir yang cukup luas dan bisa menampung banyak sekali kendaraan seperti motor dan mobil dengan harga tiket parkir yang terjangkau
  • Tempat sampah disediakan petugas untuk menyadarkan pengunjung untuk selalu membuang sampah pada tempatnya
  • Toilet umum sudah tersedia di tempat ini dan cukup bersih sehingga nyaman untuk digunakan
  • Mushola dibangun khusus untuk pengunjung muslim yang ingin mengerjakan ibadah sholat
  • Warung makan yang dikelola secara sederhana oleh warga sekitar dengan menu makanan ringan seperti mie rebus, nasi goreng dan beberapa menu lokal lainnya. Selain itu ada banyak sekali warung wedangan khas yang menawarkan harga yang terjangkau.
  • Gazebo yang disediakan untuk para pengunjung yang ingin beristirahat

Jam Operasional 

Buat pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan di telaga jonge bisa datang kapan saja sebab telaga ini dibuka selama 24 jam untuk umum tanpa hari libur dan waktu libur.

Harga Tiket Masuk Telaga Jonge

Ingin menikmati liburan yang seru dan menyenangkan namun minim dana maka sangat cocok mengunjungi telaga jonge sebab hingga saat ini tiket masuk ke destinasi wisata ini tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

Kamu bisa menghabiskan waktu sepanjang hari tanpa harus pusing memikirkan tiket masuk yang harus dibayar.  Namun buat kamu yang membawa kendaraan pribadi seperti motor dan mobil  harus membayar biaya tambahan yaitu biaya parkir yang dibandrol juga sangat bersahabat.

Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor cukup membayar 2 ribu rupiah sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5 ribu rupiah.

Aktivitas Seru di Telaga Jonge

Wisatawan di Telaga Jonge

Wisatawan Memadati  Telaga via Pesona.travel

Saat kamu berlibur ke kawasan telaga ini bukan hanya bisa menikmati keindahan telaga namun ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan. Pihak pengelola juga menyediakan track untuk jogging di sepanjang hutan dan mengelilingi telaga. Selain itu ada  banyak aktivitas seru lainnya, seperti:

1. Camping

Salah satu aktivitas seru yang wajib kamu lakukan adalah mendirikan tenda untuk camping. Kawasan camping ini berada di pinggir telaga yang tempatnya cukup luas dan bersih. Ditempat itu nantinya kamu akan melihat banyak sekali pengunjung yang camping di sana

2. Memancing

Mancing Gratis via Garengid

Mancing Gratis via Gareng.id

Buat kamu yang punya hobi memancing kamu bisa menuntaskan hobi tersebut di telaga jonge yang menjadi habitat ikan – ikan kecil. Petugas juga menyediakan spot – spot memancing yang sangat asyik dan menyenangkan

3. Aktivitas Air

Keliling Telaga dengan Perahu

Keliling Telaga dengan Perahu

Salah satu aktivitas yang tidak boleh kamu lewatkan adalah melakukan aktivitas air seperti berenang, bagi pengunjung yang tidak mahir berenang disediakan tempat penyewaan pelampung, atau sekedar merendam kaki di pinggir telaga sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Atau anda juga bisa naik kapal kecil untuk mengelilingi telaga. Aktivitas ini seru dilakukan jika kita bersama-sama dengan keluarga atau rombongan.

Daya Tarik Telaga Jonge

Spot Foto via Kabarhandayani

Spot Foto via Kabarhandayani.com

Telaga jonge yang terletak di kawasan Gunung Kidul ini memiliki pesona khas yang tidak dimiliki oleh tempat lain. Airnya yang sangat jernih dan segar seolah memanggil kita untuk segera bermain air disana dan selalu rindu bermain air di tempat ini.

Selain itu yang menjadi keistimewaan dan daya tarik tempat ini adalah telaganya yang tidak pernah kering mesti di musim kemarau sekalipun. Telaga jonge ini cukup luas yang membentang seluas 5 hektar yang dijuluki oase di daerah kering dan bebatuan kapur seperti kawasan Gunung Kidul.

Pesona lain dari telaga jonge adalah kawasannya yang masih sangat alami dan asri, sejuk dan bersih dan belum tercemar sama sekali, membuat siapa saja yang datang akan mendapatkan ketenangan dan kesejukan hati. Damainya kawasan ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran yang cukup lelah dengan hingar bingar perkotaan.

Udaranya yang segar serta airnya yang kehijauan memberikan kesan kesejukan yang mendalam, selain itu di sekitar telaga juga terlihat pemandangan hutan  dengan pepohonan yang rindang membuat pemandangan semakin indah dan nyaman membuat pengunjung yang datang merasa nyaman berlama – lama di kawasan ini dan selalu rindu ingin kembali berkunjung.

Wisata alam telaga jonge memang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga saat musim liburan tiba. Kamu lebih bisa memanfaatkan waktu liburan  dan memberikan quality time untuk keluarga yang selama ini tidak didapatkan.

Pasar Digital Telaga Jonge

Pasar Digital Telaga Jonge via Kompas

Pasar Digital Telaga Jonge via Kompas

Liburan kesini bukan sekedar menawarkan wisata air saja lho, karena lidahmu akan dimanjakan oleh aneka kuliner lezat di pasar digital Telaga Jonge.

Dengan perpaduan antara konsep tradisional dan digital, diharapkan pasar ini dapat menyedot wisatawan milenial untuk berkunjung ke telaga ini. 

Pasar ini sendiri baru diresmikan pada 2018 lalu, dimana menawarkan kuliner lezat tradisional. Ada yang unik dari pasar ini, dimana alat tukar yang digunakan disini bukanlah rupiah melainkan uang jonge yang terbuat dari kayu berbentuk persegi panjang. Satunya bernilai Rp 2.000, pedagang di sana hanya menerima uang jonge. Silahkan cicipi aneka kuliner lezat disini mulai dari jenang, hingga soto bathok.

Penginapan Terdekat Telaga

Untuk pengunjung yang datang dan ingin menghabiskan malam di kawasan telaga jonge tersedia penginapan murah dengan fasilitas lengkap yang disediakan, berikut diantaranya:

  • Homestay Rusmiyati K1, semanu, Gunungkidul, RP. 282.000 / kamar / kamar
  • Homestay Ebnu K1B, semanu, Gunungkidul, RP. 295.000 / kamar / malam
  • Homestay Ebnu K1A, Semanu, Gunungkidul, Rp. 295.000 / kamar / malam
  • Homestay Sumono Gunungkidul, Semanu, Gunungkidul, RP. 236.000 / kamar / malam

Tips dan saran

Agar liburanmu kali ini semakin menyenangkan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Seperti:

  • Sebelum bepergian sebaiknya perhatikan kondisi cuaca. Jika cuaca sedang tidak baik sebaiknya menunda perjalanan liburanmu kali ini
  • Jangan lupa membawa peralatan liburan seperti obat – obatan, tissue, bekal makanan dan minuman bila diperlukan, serta yang tidak boleh ketinggalan adalah kamera untuk mengabadikan beberapa momen penting
  • Perhatikan kondisi mesin kendaraanmu agar mampu menempuh perjalanan jauh

Demikianlah artikel mengenai keindahan alam telaga jonge yang tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari airnya yang jernih dan segar dan cocok sekali untuk tempat bermain air serta banyak sekali kegiatan seru yang bisa dilakukan. Kurang dan lebih mohon maaf. Selamat berkunjung yang berlibur. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Embung Batara Sriten Gunung Kidul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!