Liburan Seru ke Desa Wisata Kaliurang Sleman

Desa Wisata Kaliurang – Indonesia patut bangga karena memiliki salah satu wilayah istimewa yang bernama Yogyakarta. Sebab kota ini bukan lagi berkelas nasional saja namun sudah dikenal seantero dunia.

Hal ini disebabkan beragam hal menarik yang ada di dalamnya salah satunya adalah jejeran destinasi wisata alamnya yang sudah mendunia. Yang tidak pernah terlewatkan dari pembahasan adalah pantai Parangtritis serta kota tua Malioboro.

Tidak sampai disitu saja masih banyak destinasi wisata lain di yogyakarta yang tak kalah menarik dan selalu menyuguhkan sensasi yang berbeda dari tempat-tempat lainnya yaitu objek wisata desa wisata kaliurang.

Tempat wisata ini paling strategis dan juga sangat cocok dikunjungi saat hari libur maupun selepas beraktivitas. Wisata ini juga selalu ramai dengan pengunjung. jadi tidak ada bedanya di hari libur maupun hari biasa.

Objek wisata di desa wisata kaliurang  juga memiliki pesona yang tidak tandingannya sehingga keindahan desa wisata kaliurang ini mampu menghipnotis para wisatawan lokal ataupun mancanegara yang berkunjung di tempat tersebut.

Sehingga jika berkunjung kesana seperti tak mau melewatkan sedetik pun akan keindahannya di desa wisata kaliurang. Jadi jangan sampai terlewatkan jika anda  berkunjung ke Yogyakarta tidak mengunjungi wisata desa wisata kaliurang.

Bagi anda yang suka berlibur ataupun suka tour ke yogyakarta dengan keluarga atapun teman objek wisata desa wisata kaliurang juga sangat cocok menjadi tempat untuk mengisi berbagai kegiatan di hari-hari liburan anda.

Jadi yang masih penasaran akan keindahan dan keelokan wisata di desa wisata kaliurang ayo buruan datang dan jangan takut disana sepi pengunjung. Karena disetiap harinya selalu banyak orang berkunjung. Jadi jangan takut disana sepi.

Pemandangan Hijau dan Asri di sekitar area taman Foto Gmap Hanung Adi Nugroho

Pemandangan Hijau dan Asri di sekitar area taman Foto Gmap Hanung Adi Nugroho

Lokasi Desa Wisata Kaliurang

Loading...

Penasaran dengan lokasi wisata desa kaliurang anda bisa segera mengunjungi kabupaten  Sleman. Lokasi nya tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja.

Berjarak sekitar 20 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit  menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun sepeda motor dalam kondisi lalu lintas normal. Desa wisata kaliurang berada di Hargobinangun kecamatan Pakem kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Rute yang akan kita lalui  sangat mudah karena jalanan semuanya diaspal dan sangat nyaman jika ditempuh dengan kendaraan. Jika anda penasaran dengan lokasi desa wisata kaliurang bisa langsung share lokasi melalui mesin pencarian google yang bisa diakses melalui ponsel pintar yang anda miliki.

Fasilitas yang Ada di Kawasan Desa Wisata Kaliurang

Kawasan desa wisata kaliurang menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung. Oleh sebab itu berbagai fasilitas tambahan terus dikembangkan demi memberi rasa nyaman untuk pengunjung yang datang. Berikut beberapa fasilitas penunjang yang tersedia, diantaranya:

  • Kawasan parkir yang cukup luas dan bisa menampung puluhan motor dan mobil para pengunjung
  • Tempat sampah yang disediakan disetiap sudut kawasan wisata ini mengajarkan kita untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sebab apa jadikan jika kawasan wisata dipenuhi dengan sampah
  • Toilet umum juga tersedia dengan kawasannya yang cukup bersih
  • Mushola yang dibangun khusus untuk pengunjung muslim yang akan menjalankan ibadah sholat
  • Warung makan yang dikelola oleh masyarakat sekitar kawasan kaliurang ini menyediakan berbagai menu makanan yang lezat serta berbagai jenis minuman, mulai dari dingin , panas, serta wedangan.
  • Tempat istirahat
  • Home stay

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Kaliurang

Untuk dapat masuk ke kawasan objek wisata ini, kamu harus merogoh kocek yang cukup mudah, yaitu:

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Kaliurang

Tiket Masuk per Orang Rp10.000
Tiket tiap wahana permainan Rp10.000 – Rp25.000

Daya Tarik Desa Wisata Kaliurang

Desa wisata kaliurang terletak di kabupaten Sleman yang letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota. Kaliurang merupakan sebuah wilayah yang menawarkan berbagai keseruan berlibur.

Anda bisa puas berwisata dengan berbagai pilihan lokasi yang sesuai dengan yang anda impikan. Ada belasan wisata kaliurang terbaru yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi, berikut diantaranya:

1. Blue Lagoon Jogja

Blue Lagoon Jogja via Info-jogja

Blue Lagoon Jogja via Info-jogja

Desa wisata kaliurang yang pertama bisa anda jadikan tempat berlibur adalah blue lagoon jogja. Lokasi ini merupakan tempat wisata pemandian yang paling direkomendasikan untuk mengisi waktu libur anda.

Lokasi pemandian tirta budi atau blue lagoon jogja terletak di desa dalem, widodomartani, kecamatan ngemplak, kabupaten sleman, Yogyakarta. anda bisa puas bermain air bersama keluarga sambil tertawa gembira membuat waktu kebersamaan semakin menyenangkan.

2. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa anda nikmati adalah museum gunung merapi. Yang letaknya di kawasan lereng selatan merapi. Bukan hanya berlibur namun ada banyak nilai edukasi yang akan anda dapatkan seperti wahana edukasi konservasi, pengetahuan mengenai pengembangan ilmu kebencanaan gunung api, gempa bumi, serta bencana alam lainnya.

Museum gunung merapi ini tidak pernah sepi pengunjung karena banyak sekali wisatawan yang penasaran ingin mempelajari mengenai gunung merapi yang ada di kota Jogja. Sejak peresmiannya pada 1 Oktober 2009 langsung mendapat sambutan hangat dari para pengunjung.

3. Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang via @horo_photography

Tlogo Putri Kaliurang via @horo_photography

Dinas wisata kabupaten sleman juga mengelola langsung sebuah destinasi wisata alam yang ada di kawasan desa wisata kaliurang yaitu tlogo putri kaliurang.

Kawasan ini cukup unik karena merupakan perpaduan antara wisata air serta wisata alam. Telaga yang dijadikan tempat wisata ini sebenarnya adalah sebuah embung atau tempat penampungan air hujan yang dilengkapi dengan bebek air serta kano.

Bukan hanya sebuah tlogo saja namun ada beberapa wahana yang bisa menambah keceriaan liburan anda seperti bianglala, jungkat jungkit, flying fox, serta masih banyak lagi.

4. Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang via KSMTour

Desa wisata kaliurang juga memiliki sebuah air terjun yang diberi nama air terjun tlogo muncar kaliurang. Ketinggian air terjun ini tidak bisa dianggap remeh sebab mencapai 30 hingga 45 meter.

Namun aliran air terjun yang ada tidak begitu deras karena sumber aliran air terjun ini berasal dari kawasan bukit plawangan yang merupakan bukit di gunung merapi yang sangat gersang membuat debit airnya sangat sedikit.

Jika anda ingin berwisata ke tempat ini sebaiknya lakukan saat musim penghujan sebab pada musim kemarau tidak jarang aliran airnya mengering.

5. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu via Liburananak

Museum Ullen Sentalu via Liburananak

Anda juga bisa mengunjungi salah satu museum terbaik di Indonesia yaitu museum ullen sentalu yang masuk ke dalam salah satu bagian dari desa wisata kaliurang.

Anda bisa berwisata sambil belajar mengenai kehidupan masyarakat pada zaman kerajaan mataram kuno serta mempelajari mengenai tradisi jawa serta tentang seni.

6. Wisata Edukasi Omah Salak

Omah Salak Sleman via @fxgregoriuseric

Omah Salak Sleman via @fxgregoriuseric

Ingin mengetahui lebih jauh mengenai salak pondoh bisa langsung datang ke desa kaliurang. Kawasan ini menyediakan desa wisata edukasi omah salak.

Ada banyak hal yang bisa didapat dari wisata omah salak ini, mulai dari proses panen hingga menikmati aneka olahan salak. Anda juga bisa membeli berbagai olahan salak untuk dijadikan sebagai cinderamata atau oleh – oleh untuk dibawa pulang.

Kawasan ini terletak di kawasan turi kabupaten sleman yang memang sejak tahun 70an sudah menjadi salah satu desa penghasil salak pondoh. Tekstur tanahnya memang cocok sekali dijadikan perkebunan salak. Hal inilah yang menginspirasi munculnya desa wisata edukasi omah salak.

7. Wisata Lereng Gunung Merapi

Wisata Gunung Merapi di Jogja

Wisata Gunung Merapi di Jogja

Gunung merapi memang menjadi salah satu kebanggan kota Jogja khususnya desa kaliurang. Indahnya pegunungan dipagi hari membuat suasana liburan semakin menyenangkan.

Terlihat matahari terbit nan mempesona dengan kabut putih turun menyelimuti kegagahan gunung merapi. Saat hari cerah terlihat sekali kemegahan gunung merapi meskipun dari arah mana saja anda memandangnya.

Terutama jika anda memandang dari kota Jogja akan semakin terasa keindahannya. Namun dari wilayah lain juga bisa menikmati kemegahan gunung ini seperti dari kabupaten sleman, magelang, klaten, serta boyolali.

8. Kawasan Wisata Kaliurang

Wahana Permainan Outbound Foto Gmap Rizky Dachlan

Wahana Permainan Outbound Foto Gmap Rizky Dachlan

Lokasi  yang tidak begitu jauh dengan kota Yogyakarta wisata ini termasuk kawasan pegunungan karena bertepatan di kaki gunung merapi. Kawasan wisata kaliurang menjadi salah satu kawasan yang wajib anda kunjungi karena memiliki nuansa alam yang sangat mempesona dan sejuk.

Namun untuk mencapai lokasi anda akan melalui rute yang cukup menantang adrenalin. Selain itu wisata yang tersedia juga menjadi salah satu alternatif wisata adrenalin.

9. Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang

Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang

Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang

Desa wisata kaliurang juga menyediakan satu lokasi wisata desa alami asli yang berada di jalan kaliurang KM 19,2 padukuhan samba, desa pakembinangun kec. Pakem kabupaten sleman. Berbagai potensi alam terdapat di dalamnya sehingga sayang untuk dilewatkan saat anda berada di kota Jogja.

10. Desa Wisata Pulesari

Desa Wisata Pulesari

Desa Wisata Pulesari

Desa wisata pulesari dibangun untuk menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara dengan konsep back to nature atau go green. Kawasan ini masih sangat menjaga kawasannya agar tetap asri serta menjaga tradisi serta budayanya yang memang sangat kental dengan tradisi jawa atau kejawen.

11. Goa Jepang Kaliurang

Goa Jepang via Youtube

Goa Jepang via Youtube

Siapa sangka ternyata kawasan desa wisata kaliurang juga memiliki goa peninggalan penjajahan jepang yang diberi nama goa jepang kaliurang. Goa yang masih sangat dijaga kealamian nya ini terlihat sangat eksotis.

Goa ini sudah ada sejak tahun 1942 sebelum masa kemerdekaan negeri kita ini. Goa ini dahulu nya dijadikan sebagai markas bangsa jepang saat menjajah bangsa kita saat melawan sekutu.

Namun kini sudah dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang juga memiliki nilai edukasi tinggi mengenai kehidupan bangsa jepang di Negara kita. Di kawasan goa jepang ini juga banyak terdapat primata asli yaitu sebangsa monyet.

12. Desa Wisata Pentingsari

Desa Wisata Pentingsari via Visitingjogja

Desa Wisata Pentingsari via Visitingjogja.com

Kawasan wisata selanjutnya ini memiliki hawa yang selalu sejuk baik siang maupun malam karena letaknya yang berada di kaki gunung merapi.

Memang sudah bukan rahasia lagi jika kawasan yang dekat pegunungan memiliki hawa dingin yang cukup ekstrim. Namun jika dilihat dari bentang alamnya tidak perlu diragukan lagi.

Terlihat keindahan alam yang begitu menyejukkan membuat banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk datang ke desa wisata pentingsari yang terletak di kawasan desa umbulharjo, kecamatan cangkringan.

14. Bukit Kali Kuning

Bukit Kali Kuning via Alodiatour

Bukit Kali Kuning via Alodiatour

Bukit kali kuning masuk ke dalam daftar salah satu kawasan desa wisata kaliurang.  Udaranya yang sejuk mengharuskan anda menggunakan baju tebal saat berkunjung.

Sebab lokasinya berada di kawasan lereng gunung merapi. Melihat dari letak geografisnya sudah pasti bentang alam yang dimiliki sangat mengagumkan. Terdapat tumbuhan yang menghijau membuat setiap yang memandang menjadi damai dan tentram.

Selain itu ada banyak kegiatan seru yang bisa anda lakukan seperti camping, serta outbond training. Terlihat pula tebing bebatuan adresit yang sangat menawan.

Jangan lupa untuk: Liburan ke Candi Ratu Boko Sleman Yogyakarta

15. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem via shutterstock

Bunker Kaliadem via shutterstock

Kini kita beranjak ke kawasan wisata lainnya yang terdapat di desa wisata kaliurang yaitu bunker kaliadem. Kawasan ini menjadi salah satu benteng pertahanan dari awan panas gunung merapi saat terjadi letusan.

Dengan begitu kawasan ini menjadi kawasan yang sangat dekat bahkan bisa dikatakan berada di garis depan. Bunker kaliadem juga menjadi salah satu saksi keganasan letusan gunung merapi pada 2016 lalu

16. Bukit Klangon

Bukit Klangon Merapi via @adik_prastyo_w

Bukit Klangon Merapi via @adik_prastyo_w

Ingin menyaksikan kegagahan gunung merapi anda bisa langsung saja datang ke kawasan bukit klagon. Kawasan bukit ini menyediakan sebuah gardu pandang yang kerap kali digunakan oleh pengunjung untuk memantau gunung merapi beserta seluruh keindahan yang disuguhkan.

Terlihat hutan dengan pepohonannya yang menghijau dari kejauhan terlihat sangat indah. Tidak heran jika banyak sekali pengunjung yang terpesona dengan keindahan tempat ini.

17. Batu Alien Cangkringan

Batu Alien Cangkringan via jeeplavatour

Batu Alien Cangkringan via jeeplavatour

Berwisata ke kawasan desa kaliurang memang tidak akan pernah merasa bosan karena ada banyak sekali kawasan yang bisa anda kunjungi salah satunya adalah kawasan batu alien cangkringan.

Melihat dari namanya saja sudah terdengar sangat unik lalu bagaimana dengan lokasinya? Dijamin anda akan betah berlama – lama berada di kawasan ini.

Salah satu yang menjadi daya tarik tempat ini adalah keberadaan sebuah batu besar yang mirip dengan kepala alien yang letaknya persis di tepi bantaran sungai gandol di antara tebing yang curam

18. Stonehenge Cangkringan

Stonehenge Cangkringan via @triheruwiyono_

Stonehenge Cangkringan via @triheruwiyono_

Kawasan cangkringan bukan hanya memiliki batu alien yang sangat unik namun juga memiliki Stonehenge yang juga sangat unik yang merupakan situs prasejarah peninggalan manusia purba.

Kawasan ini menjadi salah satu bukti sejarah yang tidak boleh kita lewatkan dimana terdapat sebuah monumen yang terdiri dari batu – batuan besar yang ditata dan ditumpuk di tengah lapang serta disusun secara melingkar. Para pengunjung yang datang merasa penasaran dengan kawasan yang mirip sekali dengan yang ada di luar negeri.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Sejarah Candi Ijo Sleman

19. The Lost World Castle

The Lost World Castle via IG @lissasetiawati

The Lost World Castle via IG @lissasetiawati

Kawasan wisata yang kami rekomendasikan untuk anda yang tengah berada di kawasan desa wisata kaliurang adalah the lost world castle yang menyerupai bangunan kuno yang diklaim sangat mirip dengan bangunan tembok besar cina.

Namun sebagian orang juga mengatakan tempat wisata yang berada di kota Jogja ini sangat mirip dengan benteng takhesi. Namun seberapa pun kemiripan kedua yang pasti kawasan ini memiliki keistimewaannya sendiri dan sayang sekali jika dilewatkan.

Kunjungi juga: Objek Wisata Sejarah Candi Sari Sleman Yogyakarta

Kuliner Khas Kaliurang yang Wajib Dicoba

Setelah letih keliling seharian di berbagai destinasi di atas, tentu kamu akan merasa lelah dan lapar kan? Nah, di kawasan Kaliurang ini ada banyak kuliner khas yang wajib kamu cobain lho. Beberapa diantaranya mungkin bisa kamu temui di tempat lain, namun beberapa diantaranya mungkin tidak ada di tempat lain.

Untuk kamu yang berasal dari luar Jogja, tentu gudeg Jogja dan bakpia menjadi kuliner wajib yang mestin kamu cicipi. Selain itu juga ada jadah tempe, nasi klenyer, dan sate donal. Nah, untuk minuman yang wajib kamu cobain disini yaitu wedang gedang dan wedang ronde.

Tips dan Saran Berlibur

  • Kawasan desa wisata kaliurang ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang seru dan menyenangkan, maka dari itu saat berlibur sebaiknya sediakan lebih banyak waktu agar anda bisa mengunjungi lebih banyak tempat wisata
  • Sebelum berkunjung ke beberapa tempat wisata sebaiknya perhatikan terlebih dahulu cuaca disekitar anda jangan sampai cuaca buruk mengganggu perjalanan liburan anda
  • Jangan lupa untuk membawa kamera yang mumpuni agar bisa mengabadikan momen – momen penting sebab ada banyak sekali spot foto yang ada di kawasan kaliurang.

***

Demikianlah artikel yang menginformasikan mengenai desa wisata kaliurang yang wajib anda kunjungi saat berlibur ke kota Jogja. Keindahan serta keragaman yang ada di kaliurang membuatnya tidak pernah sepi pengunjung.

Tunggu  apa lagi, segera datang dan nikmati sendiri keseruan yang ada di dalamnya. Selamat berlibur da berkunjung. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Wisata Edukasi ke Museum Affandi Sleman

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!