Objek Wisata Alam Tlogo Putri Kaliurang Sleman

Tlogo Putri Kaliurang – Siapa yang tidak mengenal kawasan wisata kaliurang yang ada di Jogja? Jika kota Bogor memiliki kawasan puncak Bogor yang selalu ramai akan wisatawan, maka Jogja juga memiliki kawasan puncak yang selalu menjadi incaran para pelancong yaitu kawasan kaliurang.

Udara yang ada di kaliurang juga tidak jauh berbeda dari puncak yang ada di kota Bogor, sebab keduanya berada di kawasan dataran tinggi dengan udaranya yang sangat sejuk, bahkan bisa dikatakan cukup dingin.

Berbagai destinasi wisata ada di kawasan desa kaliurang, hingga saat ini saja sudah tercatat lebih dari 15 tempat wisata yang membuktikan bahwa kawasan ini merupakan desa wisata yang indah.

Salah satu destinasi wisata kaliurang yang tidak boleh anda lewatkan yaitu tlogo putri kaliurang. Banyaknya destinasi wisata yang ada di kawasan ini menarik banyak minat wisatawan untuk menghabiskan waktu di tempat ini.

Mereka yang datang bukan hanya berasal dari kawasan jogja saja, namun banyak juga yang datang dari tempat yang cukup jauh, bahkan terlihat pula turis asing yang lalu lalang di kawasan wisata ini.

Kawasan tlogo putri pun tidak luput dari incaran mereka semua. Tunggu apa lagi? silahkan kunjungi tlogo putri kaliurang bersama keluarga dan orang – orang tercinta.

Selain bisa menghilangkan rasa penat dan stress momen ini juga bisa menjadi ajang untuk mendekatkan hubungan kekeluargaan yang sangat jarang terjadi. Selain itu anda juga bisa merasakan keseruan yang maksimal saat mengunjungi tlogo putri kaliurang.

Jalur Masuk Tlogo Putri Kaliurang

Jalur Masuk Tlogo Putri Kaliurang

Lokasi Wisata Alam Tlogo Putri Kaliurang

Salah satu lokasi yang paling mudah ditemukan di kawasan jogja adalah desa kaliurang, karena disana terdapat banyak sekali destinasi wisata dan menjadi salah satu tujuan wisata, yang paling terkenal di kawasan ini adalah wisata alam gunung merapi yang merupakan gunung paling aktif di Indonesia yang sering kali mengalami reaksi, namun banyak sekali orang yang penasaran dengan keadaan gunung tersebut.

Loading...

namun kini kita tidak sedang membahas mengenai gunung merapi melainkan wisata alam tlogo putri kaliurang yang berada di kawasan jalan tlogo putri, kaliurang, desa hargobinangun, kecamatan pakem, kabupaten Sleman, daerah istimewa Yogyakarta, 55582.

Selain lokasinya yang mudah ditemui, anda juga bisa mencapai lokasi dengan mudah karena rute yang akan dilalui cukup layak.

Lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat kota dan berada di kawasan wisata alam yang menjadi tujuan wisata membuat pemerintah selalu memberikan perhatian khusus terhadap sarana dan prasarananya salah satunya adalah jalan menuju lokasi, itulah sebabnya seluruh jalan yang ada sudah diaspal dengan baik.

Jika perjalanan kita lalui menggunakan sepeda motor maupun mobil, maka waktu yang kita butuhkan untuk sampai ke lokasi sekitar 1 jam.

Anda hanya perlu mengarahkan laju kendaraan menuju kawasan kaliurang, maka dari sana akan ada papan petunjuk jalan yang akan mengarahkan anda sampai ke tempat yang dituju yaitu kawasan wisata alam tlogo putri kaliurang.

Bukan hanya kendaraan pribadi saja yang bisa mengantarkan anda menuju tempat wisata namun anda juga bisa naik kendaraan umum menggunakan bus trans jogja melalui trayek jogja – kaliurang. Sesampainya di halte kaliurang silahkan lanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau angkutan umum lainnya.

Tidak perlu takut nyasar saat anda mencari alamat desa wisata kaliurang sebab tempat ini sudah sangat terkenal, jika anda masih merasa ragu silahkan bertanya kepada penduduk sekitar.

Jangan takut bertanya, karena seperti kata pepatah malu bertanya sesat di jalan lo. Selain itu anda juga bisa mencoba membuka google maps untuk memandu perjalanan anda kali ini yang memang sudah banyak digunakan oleh orang lain. Dengan panduan menggunakan peta anda akan sampai di lokasi tlogo putri kaliurang dengan selamat.

Mencoba Sensasi Flying Fox Tlogo Putri via Panoramio

Mencoba Sensasi Flying Fox Tlogo Putri via Panoramio

Harga Tiket Masuk Tlogo Putri Paliurang

Sekilas mengenai pesona tlogo putri kaliurang sebelum kita masuk ke pembahasan inti. Kawasan ini merupakan sebuah embung yang dilengkapi dengan penyewaan bebek dan kano.

Di sekitar embung atau biasa disebut sebagai tlogo ini terdapat banyak sekali wahana permainan anak dan orang dewasa yang wajib anda coba.

Belum lagi pesona gunung merapi yang tidak bisa anda lewatkan, terlihat gagahnya gunung ini berdiri, dimana pada bagian puncaknya seringkali tertutup awan putih membuatnya terlihat sangat eksotis.

Dengan semua keindahan dan pesona tlogo putri kaliurang ini anda bisa menikmatinya dengan membayar tiket masuk yang cukup terjangkau dan bersahabat di kantong. Ada tidak perlu takut kehabisan uang karena berwisata ke kawasan alam Jogja memang terkenal sangat murah.

Selain itu jika anda membawa kendaraan pribadi silahkan meletakkan kendaraan tersebut ditempat parkir yang telah disediakan yang pastinya harus membayar tiket parkir dengan harga yang sudah ditetapkan, namun anda tidak perlu cemas karena tiket parkirnya juga standar.

Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor cukup membayar 2 ribu rupiah, untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5 ribu rupiah, sedangkan untuk pengunjung yang datang bersama rombongan menggunakan minibus atau bus pariwisata, masing – masing cukup membayar 10 ribu hingga 20 ribu rupiah saja.

Fasilitas Umum yang Tersedia

Jika kita lihat dari fasilitas umum yang tersedia, sudah cukup memadai dan sudah bisa memberikan rasa nyaman bagi setiap pengunjung yang datang. Beberapa fasilitas tersebut memang sengaja dibuat khusus untuk para pelancong yang ingin menghabiskan waktu liburan atau akhir pekan di kawasan ini. Berikut beberapa diantaranya:

  • Lahan parkir sengaja dibangun untuk menampung kendaraan milik pengunjung yang datang dan untuk memberi rasa aman saat pengunjung menikmati waktu libur mereka.
  • Tempat sampah bisa kita lihat di beberapa lokasi, meski terlihat sepele dan kurang penting, namun coba bayangkan jika anda harus berlibur bersama sampah yang berserakan dimana – mana
  • Toilet umum yang cukup bersih dan terawat yang bisa digunakan oleh pengunjung, namun jangan lupa untuk memberi sumbangan seikhlasnya sebagai uang kebersihan
  • Mushola bisa digunakan oleh pengunjung muslim yang ingin menjalankan sholat
  • Warung makan yang dikelola oleh warga sekitar dengan menjual menu local yang lezat dan harga yang ditawarkan juga sangat murah
  • Wahana permainan anak dan dewasa
  • Pentas pagelaran seni

Hal Menarik di Kawasan Tlogo Putri

Beberapa hal menarik yang ada di kawasan wisata alam tlogo putri kaliurang

  • Kawasan tlogo putri kaliurang ada di kawasan wisata yang sangat indah yang memiliki banyak destinasi wisata lainnya yang bisa anda kunjungi setelah puas menghabiskan waktu di kawasan ini.
  • Dari tlogo kita bisa melihat dengan jelas gunung merapi yang berdiri kokoh menghiasi pemandangan bumi yang seolah mampu menebus langit.
  • Jika anda datang pada waktu yang tepat atau pada hari minggu, maka bisa melihat panggung hiburan seperti orkes dangdut ataupun grup seni tradisional tanpa harus membayar uang sedikitpun
  • Di lokasi tlogo ada banyak pedagang makanan tradisional yang dipatok dengan harga yang murah, anda bisa berburu kuliner lezat tersebut saat berada di kawasan ini.

Pesona Wisata Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo putri kaliurang termasuk ke dalam salah satu destinasi yang ada di kawasan kaliurang. Dengan begitu saat anda berkunjung ke sana jangan kaget dengan kondisi cuaca yang ada sebab wilayahnya yang disekitar gunung merapi membuat cuacanya sangat dingin dan sudah bisa ditebak bahwa kondisi alamnya sungguh luar biasa. kawasan ini menyediakan tempat peristirahatan bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan.

Terdapat beberapa penginapan yang bisa menjadi pilihan dengan nuansa alam merapi yang mempesona. Kawasan tlogo ini berada di bukit plawangan yang dikelola langsung oleh dinas pariwisata Sleman. Anda bisa menikmati indahnya alam yang dipadukan dengan wisata air.

Di tlogo atau embung buatan ini anda bisa bermain bebek air dan kano yang bisa disewa dengan harga yang terjangkau. Buat anda yang suka olahraga menantang bisa mencoba arena flying fox yang memacu adrenalin, namun jika anda fobia ketinggian atau lemah jantung sebaiknya jangan mencoba permainan ini.

Petugas wisata juga menyediakan banyak wahana permainan lainnya yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung yang datang, beberapa diantaranya, ayunan, bianglala, jungkat jungkit, dan banyak lagi yang lainnya. 

Saat berada di lokasi jangan ketinggalan melakukan banyak aktivitas seru dan menyenangkan, salah satu berburu spot foto yang instagramable di beberapa lokasi yang memang disediakan khusus bagi anda yang suka berfoto, selain itu mengayuh becak air juga bisa menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan.

Terlihat pula beberapa pengunjung yang bermain bebek air serta mengayuh perahu kano guna melepas rasa penat yang menggelayut. Beberapa anak kecil yang datang mencoba mengayun lembut di ayunan serta bermain jungkat – jungkit.

Main di Tlogo Putri Kaliurang

Main di Tlogo Putri Kaliurang

Bagi pengunjung yang memiliki keberanian lebih mencoba bergelantungan di udara menggunakan tali yaitu bermain flying fox. Nuansa alam memang sangat terasa di kawasan ini, udaranya yang sejuk khas pegunungan membuat kita enggan beranjak dari tempat ini.

Jangan sampai melewatkan berburu foto dengan background gunung merapi, terutama saat cuaca sedang cerah akan terlihat pesona gunung merapi yang tiada duanya.

Kadang kala terlihat serombongan monyet liar yang menyambangi lokasi tlogo, namun anda tidak perlu takut karena jika tidak diganggu terlebih dahulu, kawanan monyet ini juga tidak akan mengganggu pengunjung yang datang.

Salah satu yang menjadi daya tarik tepat ini adalah pementasan seni yang selalu diadakan pada hari minggu tanpa dipungut biaya apapun. Pihak pengelola selalu memberikan hiburan seperti orkes dangdut dengan artis lokal yang keren serta beberapa seni tradisional yang sering diadakan.

Beberapa grup seni lokal sering kali bergantian mengadakan pertunjukan seni tradisional, mulai dari jathilan, campursari, topeng ireng, kubro siswo. Dan masih banyak lagi. pementasan seni ini dilakukan di atas panggung yang ada di sebelah tlogo putri kaliurang ini.

Banyak pula pengunjung yang datang melakukan penyusuran hutan melalui jalan setapak mencari keberadaan air terjun tlogo muncar serta mencari keberadaan watu kemloso.

Tersedia pula jeep willys yang akan mengantarkan anda menyusuri sisa – sisa erupsi merapi. Demikianlah pembahasan lengkap mengenai tlogo putri kaliurang yang berada di kabupaten Sleman. Sebuah embung yang menjadi tujuan wisatawan untuk menikmati nuansa alam serta wisata air bersama keluarga.

Naik Biang Lala di Tolong Putri via IG @nincamera

Naik Biang Lala di Tolong Putri via IG @nincamera

Tips Berlibur

Untuk menciptakan momen liburan yang seru dan menyenangkan sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips berlibur yang akan kami berikan untuk anda, berikut diantaranya:

  • Saat berada di sekitar embung atau tlogo jangan asyik berain sendiri dan tidak memperhatikan kemana anak anda pergi, karena petugas keamanan tidak bisa selalu mengikuti anda, maka dari itu anda harus memperhatikan sendiri keselamatan anda dan seluruh anggota keluarga
  • Saat berlibur jangan lupa untuk membawa beberapa perlengkapan berlibur seperti bekal makanan dan minuman jika memang diperlukan, obat – obatan untuk menanggulangi jika terjadi hal hal buruk
  • Untuk melengkapi perjalanan liburan anda jangan lupa untuk mengambil beberapa petik foto di beberapa spot pilihan untuk kenang – kenangan berlibur ke tlogo putri kaliurang, maka dari itu jangan lupa untuk membawa serta kamera

Selamat berkunjung karena kunjungan anda sangat berarti untuk kemajuan wisata ini. Sekian dan terima kasih. Kunjungi juga: Wisata Alam Bukit Klangon Sleman

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!