Objek Wisata Pantai gesing Gunung Kidul

Pantai Gesing – Kali ini kita masih berada di sekitar Yogyakarta yang memiliki ratusan pesona alam nan menawan. Kota Jogja sendiri memiliki banyak kabupaten yang memiliki destinasi alam yang mendunia, salah satunya adalah kabupaten Gunung Kidul.

Kawasan ini mungkin tidak begitu luas namun di dalamnya terdapat puluhan tempat wisata seru. Jejeran pantai yang memiliki hamparan pasir putih dan batu – batu karang yang berukuran jumbo menjadi salah satu ciri khas pantai di Gunungkidul.

Tidak heran jika kawasan Gunungkidul menjadi salah satu tujuan wisata dunia dengan pantainya yang menawan. Salah satu pantai cantik di daerah ini yang wajib anda kunjungi adalah pantai gesing. Sebuah pantai yang menjadi salah pantai nelayan ini memiliki pesona yang berbeda dari kebanyakan pantai lainnya.

Meski belum selama dan setenar pantai parangtritis namun pantai ini sudah mampu menyedot pengunjung dari berbagai wilayah, bahkan ada banyak turis mancanegara yang khusus datang untuk berlibur.

Memang belum lengkap rasanya jika belum menyaksikan gulungan ombak pantai gesing ini. Selain itu beragam aktivitas seru bisa anda lakukan di sini. Selain itu ada beragam kuliner khas laut yang bisa anda nikmati dengan harga yang sangat terjangkau.

Olahan seafood seperti kepiting, lobster, kerang, cumi – cumi serta masih banyak menu lezat lainnya. Ada pula berbagai spot foto yang instagramable, serta banyak keunikan lain yang ada di tempat ini.

Tunggu apa lagi? Silahkan datang dan nikmati sendiri seluruh keseruan di pantai gesing. Sebelum berkunjung anda bisa melihat sedikit ulasan mengenai pantai gesing.

Kunjungi juga: Objek Wisata Pantai Krakal Gunung Kidul

Lokasi Pantai Gesing

Buat pengunjung yang penasaran dengan keindahan pantai gesing bisa langsung datang ke Girikarto, panggang, Bolang, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55133.

Loading...

Lokasinya cukup jauh dari pusat kota berjarak beberapa puluh kilometer dan hanya bisa dilalui menggunakan sepeda motor sebab rute yang harus dilalui cukup terjal dan memacu adrenalin.

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Gesing

Spot Foto dari Ketinggian via IG @fandiryan

Spot Foto dari Ketinggian via IG @fandiryan

Untuk bisa sampai ke lokasi pantai gesing anda harus menggunakan sepeda motor melalui jalan mulus kota Jogja, namun setiba di kawasan wisata pantai anda harus melalui jalanan yang cukup terjal yang penuh dengan tikungan dan tanjakan sehingga anda harus ekstra hati – hati.

Perjalanan akan dimulai dari pusat kota Yogyakarta lalu ambil arah menuju arah Ringroad selatan lalu jalan terus dan ambil arah menuju jalan Imogiri Timur. Jalan terus dan arahkan motor anda menu daerah Selopamioro Panggang.

Kemudian jalan lurus terus hingga anda menemukan pertigaan SDN Sawah Warak yang tidak begitu jauh dari pohon beringin di pinggir jalan kemudian ambil arah menuju Bolang kemudian jalan lurus terus hingga sampai ke pertigaan lalu ambil arah menuju pantai gesing.

Lokasi pantai ini sedikit terpencil sehingga lokasinya cukup sulit ditemukan bahkan sangat jarang bisa terbaca melalui google map jadi buat anda yang berkunjung perhatikan betul arah anda dan jangan segan untuk bertanya kepada warga sekitar sesering mungkin agar bisa sampai ke pantai gesing dengan benar.

Wisata terkait: Wisata Pantai Jogan Gunung Kidul

Peta ke Pantai Gesing

 

Harga Tiket Masuk Pantai Gesing

Liburan ke Pantai Gesing via IG @rekasatya13

Liburan ke Pantai Gesing via IG @rekasatya13

Meski keberadaan pantai gesing belum selegenda pantai parangtritis namun sejak kemunculannya langsung disambut hangat oleh para pecinta traveling baik dari dalam negeri maupun luar negeri, hal ini ditunjukkan dari antusias pengunjung yang datang.

Meski pengunjung yang datang belum seramai pantai – pantai yang sangat terkenal namun justru banyak pengunjung yang menikmati berwisata di lokasi yang tidak begitu ramai sebab akan lebih terasa kenyamanannya dan lebih private.

Untuk pengunjung yang datang juga tidak perlu membayar tiket masuk yang terlalu mahal sebab tiket masuk hanya dibandrol dengan harga 5 ribu rupiah per orang.

Sungguh harga tiket yang tidak akan menguras isi kantong anda. Untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti motor perlu membayar biaya parker sebesar 2 ribu rupiah. Sungguh wisata yang sangat murah dan cocok buat anda yang memiliki modal pas – pasan.

Kunjungi juga: Objek Wisata Pantai Sundak Gunung Kidul

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Gesing

Selain memiliki keindahan alam yang luar biasa, pantai gesing juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang memadai. Beberapa fasilitas pendukung dibuat untuk memberi kenyamanan kepada pengunjung yang datang. Berikut beberapa fasilitas yang ada di pantai gesing, diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas dan mampu menampung kendaraan pribadi milik pengunjung, dan tiket parkir di badrol dengan harga yang bersahabat.
  • Tempat sampah yang diletakkan di sudut – sudut lokasi pantai sebagai upaya menjaga kebersihan lingkungan pantai
  • Toilet umum serta kamar bilas bisa digunakan pengunjung yang ingin membersihkan tubuh dan berganti pakaian setelah bermain air dan pasir
  • Mushola dibangun untuk pengunjung muslim yang ingin menjalankan ibadah sholat
  • Warung makan yang menyediakan banyak sekali hidangan laut yang lezat dan nikmat seperti udang, cumi, ikan, kakap, gurame, kerang, kepiting, dan masih banyak lagi dengan berbagai bumbum pilihan yang pastinya sangat lezat.
  • Gazebo atau gardu pandang
  • Penyewaan payung besar warna – warni sebagai tempat berteduh para pengunjung terutama di siang hari.

Wajib kamu kunjungi juga: Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Pesona Pantai Gesing

Keindahan Objek Wisata Pantai Gesing yang Menawan via IG @raraira_

Keindahan Objek Wisata Pantai Gesing yang Menawan via IG @raraira_

Lokasi pantai gesing ini memang cukup terpencil dengan akses jalan yang cukup sulit dan hanya sepeda motor yang bisa masuk hingga ke lokasi pantai.

Namun jalur yang akan anda lalui cukup terjal dengan tanjakan curam serta kelokan – kelokan tajamnya akan sedikit berbahaya oleh sebab itu anda harus ekstra hati – hati.  Namun setiba di pantai gesing seluruh kesulitan dan kepenatan akan terbayar.

Terlihat hamparan pasir putih halus nan menawan yang cukup luas dan bisa digunakan untuk beragam aktivitas seperti berjemur, bermain istana pasir, serta sebagai lokasi olahraga voli pantai.

Kemudian akan terlihat laut biru sejauh mata memandang bahkan terlihat tanpa batas yang cantik serta gulungan ombak yang tidak terlalu besar sangat cocok untuk tempat bermain air serta melakukan berbagai aktiivitas air seperti berenang, berendam, surfing serta snorkeling atau wisata bawah laut.

Hembusan angin yang cukup kencang banyak dimanfaatkan pengunjung untuk menerbangkan layang – layang menjadi salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama keluarga.

Terlihat pula beberapa orang mengabadikan momen – momen penting karena memang pantai gesing memiliki banyak sekali spot foto andalan.  Pantai ini juga menjadi salah satu pantai yang menjadi tempat bersandar kapal – kapal nelayan yang membawa beragam hasil tangkapan.

Anda bisa menyaksikan kegiatan mereka dan bisa juga langsung membeli hasil laut yang mereka bawa sebab ditempat ini memiliki tempat pelelangan ikan, yang pastinya segar dan masih sangat fresh.

Keindahan Laut yang Membiru via IG @danieliqbale

Keindahan Laut yang Membiru via IG @danieliqbale

Aktivitas Seru di Pantai Gesing

Mengunjungi pantai gesing anda bisa menikmati kualitas alam kelas dunia yang memukau, meski bibir pantai tidak begitu luas namun terlihat banyak sekali batu karang yang berukuran raksasa dan menjulang tinggi serta air lautnya yang biru dan jernih membuat setiap orang ingin berlama – lama berada di pantai ini.

Selain menyaksikan pesona alam yang luar biasa ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Beberapa kegiatan menyenangkan tersebut adalah:

1. Menikmati Sajian Kuliner Lezat

Kulineran di Pantai Gesing via IG @rivandiapahlevy

Kulineran di Pantai Gesing via IG @rivandiapahlevy

Di pantai gesing anda bisa memulai petualangan kuliner laut yang benar – benar nikmat. Ada beragam menu yang ditawarkan. Bahan dasarnya juga bisa anda beli sendiri di pasar pelelangan ikan yang berada di pinggir pantai. Jadi anda bisa memilih sendiri kualitas ikan dan seafoodnya yang memang tidak perlu diragukan lagi kesegarannya.

Jika anda tidak ingin membeli langsung dari nelayan anda bisa mempercayakan pada pemilik warung untuk memilih bahan dasarnya sendiri.

Ada beragam olahan makanan lezat yang tersedia seperti udang, cumi, kerang, ikan mujair, ikan kakap, ikan kerapu, lobster serta masih banyak lagi menu lezat lainnya. Ada banyak sekali ragam bumbu – bumbu pilihan yang digunakan dan benar – benar menyatu  dengan ikan dan seafoodnya.

Kelezatan makanannya sudah tidak perlu diragukan lagi, selain itu harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal. Selain itu ada pula beragam menu minuman yang sayang untuk dilewatkan serta es kelapa muda segar yang langsung diambil dari pohonnya.

2. Memancing Ikan

Spot Memancing via IG @o.ped

Spot Memancing via IG @o.ped

Pantai gesing memiliki keindahan alam yang luar biasa selain itu terdapat pula batu karang berukuran besar yang menjadi tempat hidup ikan – ikan kecil yang lucu dan menggemaskan.

Buat pengunjung yang hobi memancing bisa mencoba melakukan kegiatan memancing ikan ditempat ini. Beberapa spot mancing yang cukup terkenal di pantai gesing ini bisa anda coba.

Spot memancing paling seru adalah naik ke tebing karang, meski membutuhkan perjuangan yang tidak mudah untuk bisa mencapai puncak karang, namun sesampainya disana ada banyak sekali ikan – ikan yang bisa anda pancing.

Selain itu dari atas karang ini anda bisa berselfie ria dengan latar belakang pemandangan pantai nan indah dan menawan.

3. Spot Foto

Spot Foto dari Tebing di Pantai Gesing via IG @anto_hariyanto

Spot Foto dari Tebing di Pantai Gesing via IG @anto_hariyanto

Salah satu yang tidak boleh anda lupakan ketika mengunjungi pantai gesing adalah kamera yang mumpuni pastinya. Sebab di tempat wisata ini ada banyak sekali spot – spot foto  yang cantik. Dengan kemampuan kamera anda dan destinasi keren pantai gesing akan menghasilkan jepretan yang jempolan.

Salah satu lokasi yang paling favorit adalah dua batu karang yang berdiri kokoh dan menghadirkan nuansa yang berbeda. Anda juga bisa berselfie di antara kapal nelayan yang terlihat cukup eksotik.

4. Menyaksikan Sunset Nan Menawan

Berburu Sunset via IG @farismusthofa_

Berburu Sunset via IG @farismusthofa_

Keindahan alam pantai gesing tidak habis sampai disitu saja namun masih ada spot lain yang tidak kalah menawannya yaitu anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang menarik dan membuat setiap yang memandang akan terpesona.

Keindahan langit berwarna jingga di sore ini akan menghadirkan rona siluet yang benar – benar menawan. Ada banyak sekali pengunjung yang menanti saat – saat seperti ini.

5. Menyaksikan Pelelangan Ikan

Salah satu yang menarik di pantai gesing adalah sebuah lokasi yang digunakan sebagai pelelangan ikan. Para nelayan yang baru saja mendarat akan segera membawa hasil tangkapannya ke pasar untuk dijual kepada para pedagang makan serta kepada para pelancong yang datang.

Selain menawarkan beragam ikan dan tangkapan lain yang segar, harga yang ditawarkan juga sangat murah dan aman di kantong.  Ada banyak sekali jenis ikan yang mereka jual.

Ikan yang anda beli bisa langsung dibawa ke warung makan terdekat dan diolah sesuai pesanan anda atau juga bisa langsung dibawa pulang untuk oleh – oleh.

Ada Banyak Penginapan yang Cozy

Penginapan via IG @penginapan_pantai_gesing

Penginapan via IG @penginapan_pantai_gesing

Setelah malam tiba kini waktunya menghentikan segala aktivitas di pantai gesing dan waktunya untuk pulang namun buat anda yang masih ingin berada di sekitar pantai yang terletak di Gunung Kidul untuk beberapa hari kedepan sebaiknya bisa bermalam di beberapa penginapan yang ada di sekitar pantai.

Beberapa hotel mewah dan homestay sederhana bisa menjadi pilihan dengan harga yang bervariasi tergantung dari tipe penginapan yang anda pilih.

Selain itu buat anda yang ingin menikmati alam bebas dengan ribuan bintang, serta api unggun yang menjadi penghangat dan penerangan serta memperindah suasana malam ini bisa mencoba membangun perkemahan yang jauh dari pantai.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Pantai Sadranan Gunung Kidul

Tips Berlibur

Kondisi pantai yang terik dan sangat panas sangat tidak nyaman, sehingga ketika berkunjung sebaiknya membawa topi atau penutup kepala. Selain itu bawa pula kacamata hitam untuk melindungi mata dari teriknya matahari siang di pantai gesing.

Untuk melindungi kulit dari sinar UV sebaiknya gunakan krim atau sunblock yang digunakan untuk melindungi kulit agar tidak terbakar.

Tips berlibur lainnya adalah jangan lupa untuk membawa kamera yang mumpuni, sebab di lokasi wisata pantai ini ada banyak sekali spot – spot menarik yang bisa diabadikan.

***

Itu tadi sedikit gambaran mengenai pantai gesing yang terletak di kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Ada banyak sekali keseruan yang bisa dinikmati di pantai ini. Silahkan rasakan sendiri keseruannya, selamat berlibur dan berkunjung. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!