Mengunjungi Objek Wisata Tebing Breksi Sleman

Tebing Breksi – Menikmati indahnya kota jogja bersama keluarga menjadi hal yang sangat membahagiakan. Terutama saat berlibur mengelilingi kota yang terkenal akan kulinernya yang bernama gudeg ini menjadi suatu hal yang tidak akan pernah terlupakan. Keseruan demi keseruan akan kita rasakan.

Berbagai destinasi alam yang sayang sekali untuk dilewatkan. Beberapa diantaranya Candi Prambanan, Pantai Parangtritis, Pantai Indrayanti, Gumuk Pasir Parangkusumo, Pantai Samas dan masih banyak lagi.

Mengunjungi tempat – tempat tersebut mungkin sudah biasa dilakukan oleh para pecinta traveling dari seluruh dunia. Ada baiknya jika kamu mengunjungi destinasi wisata yang tidak biasa seperti tebing breksi yang ada di kabupaten Sleman. Bukit ini merupakan salah satu cagar budaya yang ada di kota jogja.

Kini pengembangan wisata bukit breksi semakin baik dan menjadi tujuan para pecinta alam yang ingin merasakan petualangan alam yang memacu adrenalin.

Kawasan ini memiliki pemandangan yang tidak biasa. banyak sekali muda mudi yang berburu spot foto di tempat ini. Bukan hanya sekedar foto selfie saja, namun banyak pula pasangan yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi pengambilan foto prewedding.

Lokasinya yang berdekatan dengan banyak destinasi wisata lainnya membuat lokasi ini cukup mudah ditemukan, salah satunya adalah candi ijo yang merupakan candi yang terletak di tempat yang paling tinggi.

Berkunjung ke tebing breksi saat liburan akan memberikan kesan yang tidak akan terlupakan dan membuat anda selalu rindu ingin kembali. Ingin tahu lebih jelas mengenai tebing yang saat ini silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Lokasi Tebing Breksi

Banyak sekali wisatawan yang penasaran dimana sebenarnya tebing breksi berada. Lokasinya yang berdekatan dengan banyak destinasi wisata alam lainnya sebenarnya menambah nilai plus tempat ini.

Jadi saat kamu berkunjung ke kawasan tebing breksi bisa langsung mampir ke tempat – tempat yang juga ngehits di kota jogja. Tebing breksi ini sendiri berada di kawasan Gn. Sari, desa sambirejo, kecamatan prambanan, kabupaten sleman, daerah istimewa Yogyakarta.

Loading...

 Lokasi tidak begitu jauh dari pusat kota hanya berjarak beberapa kilometer saja, dengan waktu tempuh yang cukup singkat, hanya sekitar 30 menit saja, kamu sudah sampai di lokasi yang dituju.

Kawasan tebing bereksi juga cukup dekat dengan kawasan candi prambanan, jadi saat kamu menghabiskan waktu di tebing ini jangan lupa untuk mampir ke candi yang masuk ke dalam salah satu warisan budaya dunia menurut UNESCO ini.

Tebing Breksi via Dekatour

Tebing Breksi via Dekatour

Rute Mlokasi Tebing Breksi

Kini kita akan membahas lebih lanjut mengenai rute mana yang bisa dilalui untuk bisa sampai ke lokasi tebing breksi. sudah sangat jelas disebutkan dalam lokasi tebing ini berada di kawasan prambanan.

Oleh sebab itu rute yang perlu ditempuh adalah mengikuti arah menuju ke destinasi wisata candi prambanan, kemudian lanjutkan perjalananmu menuju ke arah pasar prambanan.

Sesampainya di pertigaan pasar ini silahkan lanjutkan perjalanan ke arah kanan menuju ke jalan yang mengarahkan kamu menuju ke desa piyungan, setelah itu ikuti papan petunjuk jalan yang akan mengarahkan kamu menuju lokasi wisata yang dituju yaitu tebing breksi.

Jangan khawatir nyasar karena dari pasar prambanan menuju ke lokasi tebing tidak begitu jauh yaitu sekitar 3 kilometer saja, sesampainya di desa Piyungan kini kita akan melanjutkan perjalanan mengikuti jalan ke arah candi ijo terlebih dahulu.

Kemudian jalan lurus terus sampai nanti kamu menemukan pertigaan yang berada sebelum SD sambirejo, di pertigaan tersebut silahkan belok ke arah ke kiri kemudian jalan lurus terus sejauh beberapa kilometer, atau sejauh kurang lebih 1 kilometer, namun disini kamu akan melewati jalanan yang sedikit berbatu karena belum diaspal  sampai kamu menemukan papan nama yang bertuliskan Tebing Breksi.

Ada banyak petunjuk jalan yang akan menuntun perjalan kamu hingga ke lokasi dengan selamat. Untuk meyakinkan kamu bisa mencoba bertanya kepada penduduk sekitar, karena penduduk di sini sangat terkenal akan keramahannya.

Selain itu petunjuk jalan lainnya juga bisa kamu lihat melalui google maps yang akan menuntun perjalananmu menggunakan peta lokasi yang bisa di search melalui ponsel pintar yang kamu miliki.

Spot Foto via IG @nafiza_olshop_solo

Spot Foto via IG @nafiza_olshop_solo

Harga Tiket Masuk Menuju Tebing Breksi

Setelah kita melihat dengan jelas lokasi serta rute yang bisa kita lalui hingga bisa sampai ke lokasi wisata dengan selamat, kini kita akan melihat harga tiket masuk yang perlu dibayar untuk bisa menikmati seluruh keindahan dan keeksotisan lokasi wisata ini.

Meski lokasi wisata sangat indah dan eksotis dengan pemandangan alam yang tiada duanya namun siapa sangka kamu bisa menikmati semua itu secara gratis alias tidak perlu membayar sedikitpun. Sangat cocok sekali bukan untuk dikunjungi.

Hingga kini belum ada tiket masuk yang dipatok dari petugas wisata, hanya saja buat yang membawa kendaraan pribadi diwajibkan membayar tiket parkir yang juga sangat murah.

Anda tidak perlu membayar mahal untuk membuat mobil atau motor tetap aman selama kamu berkeliling menikmati indahnya tebing ini.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda dua atau sepeda motor cukup membayar 2 ribu rupiah saja, sedangkan kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5 ribu rupiah saja, sedangkan untuk rombongan wisatawan yang membawa minibus atau bus pariwisata masing – masing dipatok harga sebesar 10 dan 20 ribu rupiah.

Jam Operasional

Pengunjung yang datang bisa berada di lokasi mulai pukul 5 pagi sesaat sebelum matahari terbit sampai pukul 6 sesaat setelah matahari terbenam.

Petugas memang sengaja membuka dan menutup lokasi pada pukul tersebut agar pengunjung bisa merasakan betapa indahnya bukit breksi kala itu. Jadi silahkan datang pada pukul atau jam yang telah ditentukan, jangan pulang terlalu malam karena cukup berbahaya berada di luar terlalu larut.

Pesona Taman Tebing Breksi via Trivindo

Pesona Taman Tebing Breksi via Trivindo

Fasilitas Tambahan di Lokasi Wisata 

Tebing breksi merupakan salah satu lokasi wisata yang baru dibuka serta pegelolaannya masih sepenuhnya dilakukan oleh warga sekitar yang memiliki inisiatif dan kreatifitas, oleh sebab itu jika kita membicarakan soal fasilitas pendukung yang tersedia memang masih sangat minim, tidak seperti wisata lain yang ada di sekitar kawasan prambanan.

Fasilitas yang ada di lokasi sangat sederhana, hanya terlihat beberapa diantara, lahan parkir yang disiapkan khusus untuk kendaraan yang dibawa oleh para wisatawan, toilet umum, latar pertunjukan yang digunakan pada hari – hari tertentu, serta lokasi off road.

Buat pengunjung yang datang sebaiknya membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah sebab hingga kini belum terlihat warung – warung makan yang berdiri di sekitar lokasi.

Kita harapkan petugas atau warga sekitar berupaya mengembangkan lokasi tebing breksi karena memang lokasinya sangat potensial dijadikan destinasi wisata alam yang luar biasa, mengingat pemandangan yang ada sungguh mengagumkan.

Keunikan Tebing Breksi

Keindahan Area Bekas Tambang Breksi via IG @Pamuji.w

Keindahan Area Bekas Tambang Breksi via IG @Pamuji.w

Bukit breksi berada di kawasan prambanan yang berdekatan dengan beberapa destinasi wisata alam yang tidak kalah populernya. untuk bisa sampai ke puncak tebing kamu harus melalui rute yang cukup memacu adrenalin, sehingga kawasan ini cocok sekali untuk para pecinta alam.

Sesampainya di puncak tebing, anda akan merasakan seolah sedang merasa di surga, terhampar pemandangan yang luar biasa. sapaan hangat dari mentari juga menyempurnakan lokasi ini.

Terlihat tebing yang menawan yang cocok sekali dijadikan lokasi foto selfie dan cocok juga dijadikan tempat untuk pemotretan sesi prewedding.

Terlihat pepohonan hijau dan kejauhan membuat udara yang ada terasa sejuk, tidak seperti di kota yang penuh dengan polusi. Tempatnya yang tenang cocok sekali dijadikan terapi meditasi menenangkan diri dan menghilangkan stress dari beratnya rutinitas harian selama ini.

Dari puncak tebing juga terlihat cukup jelas gagahnya gunung merapi yang merupakan gunung teraktif di Indonesia dan paling sering mengalami erupsi, namun pemandangan di lereng merapi tiada duanya.

Pemandangan lain yang tidak kalah indahnya yaitu terlihat candi ijo, candi barong, candi prambanan, candi sojiwan, serta dari ketinggian tempat ini juga terlihat indahnya kota jogja yang dipenuhi oleh gedung – gedung pencakar langit.

Pada awalnya tebing ini bukan sebuah lokasi wisata yaitu hanya merupakan lokasi tambang batu breksi yang menjadi sumber mata pencaharian warga sekitar.

Namun pada tahun 2015 lalu, pemerintah setempat yang diwakili oleh gubernur DIY yang juga selaku Raja keraton jogja yaitu Sri sultan Hamengku Buwono X menandatangani sebuah prasasti yang mengatakan, bahwa lokasi tambang batu breksi ini sebagai salah satu lokasi cagar budaya dan hingga kini terus didatangi oleh pengunjung yang penasaran dengan keindahan yang ada di sekitarnya.

Kini lokasi ini tidak terlihat seperti lokasi bekas pertambangan, namun sudah bertransformasi menjadi sebuah wilayah yang indah dan disukai para petualang alam dan menjadi primadona para pecinta traveling.

Bahkan saking indahnya wilayah ini pernah membuat presiden Obama penasaran dan ingin mengunjunginya bersama keluarga untuk berlibur.

Di sekitar tebing breksi terdapat batuan kapur yang merupakan endapan dari hasil erupsi yang berupa menghasilkan morfologi bukit dengan ketinggian 30 meter.

Batu apung di tempat ini memiliki ketebalan sekitar 300 hingga 600 meter yang berada di desa semilir dan serupa dengan temuan yang ada di parangtritis hingga wonogiri. Batu apung ini tersebar luas dan memiliki ukuran yang tebal dan berada di atas lava bantalan berubah.

Banyak yang berpendapat bahwa batu apung yang ada di beberapa wilayah ini terbentuk dari letusan dahsyat sekitar 20 juta tahun yang lalu.

Suasana Malam Hari

Suasana Malam Hari

Berasal dari Bekas Tambang

Wisata alam bukit breksi lahir dari buntut larangan pemerintah setempat atas penambangan batu kapur yang dilakukan oleh warga setempat yang menggantungkan hidup dari tempat ini.

Kemudian masyarakat beserta para seniman jogja menyulap lahan bekas pertambangan batu kapur ini menjadi sebuah lokasi yang mampu menarik jutaan pengunjung untuk datang ke lokasi ini.

Kemudian peresmiannya dilakukan oleh Gubernur DIY yaitu Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tahun 2015 lalu dengan ditandatanganinya sebuah prasasti yang menjadikan lokasi ini sebagai destinasi wisata.

Terlihat di beberapa bagian ukiran yang terlihat artistic yang berada di pori – pori tebing kapur yang bila didekati terlihat seperti pipi yang berjerawat.

Ukiran Artistik via IG @ari.wachid.ansory_08

Ukiran Artistik via IG @ari.wachid.ansory_08

Ternyata banyak sekali pengunjung yang menyukai ukiran tersebut yang kini dijadikan tempat untuk berfoto. Ukiran yang paling favorit adalah ukiran wayang serta ukiran naga. Terlihat pula beberapa pasangan yang menjadikan tempat ini sebagai tempat pemotretan foto prewedding.

Bagi anda yang mencintai kegiatan menantang, maka silahkan coba melakukan kegiatan panjat tebing serta sepeda gunung yang sangat memacu adrenalin.

Kegiatan lain yang tidak boleh ditinggalkan adalah menyaksikan indahnya sunrise serta sunset. Lokasi ini menjadi tempat yang paling sempurna untuk menyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam.

Spot Menikmati Sunset di Tebing Breksi Sleman via TEMPO Pribadi Wicaksono

Spot Menikmati Sunset di Tebing Breksi Sleman via TEMPO – Pribadi Wicaksono

Terlihat langit yang seketika berubah warna menjadi jingga keemasan dengan latar belakang gunung merapi serta menghasilkan siluet yang tidak biasa. terlihat pula beberapa komunitas yang khusus datang untuk mengabadikan momen indah ini.

Tips Berlibur

Tebing breksi adalah salah satu lokasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan ketika sampai di jogja. Keindahan yang ada di sana tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu partisipasi kamu juga membantu pengembangan dan melestarikan wisata tebing breksi ini. Selain itu ada beberapa tips berlibur untuk menjamin liburanmu semakin seru dan menyenangkan, diantaranya:

  • Pastikan kamu membawa bekal makanan dari rumah atau dari luar sebab di sekitar lokasi wisata belum ada pedagang makanan, jangan sampai nanti kamu merasa kelaparan dan mengganggu keseruan liburan bersama keluarga
  • Berwisata ke tebing breksi memiliki rute yang cukup memacu adrenalin oleh sebab itu pastikan kamu menggunakan alas kaki yang nyaman, serta udaranya yang dingin mengharuskan kamu memakai baju tebal agar merasa hangat
  • Terdapat banyak sekali spot foto yang layak kamu abadikan, maka dari itu jangan sampai lupa membawa serta kamera dengan kemampuan mumpuni agar mampu menghasilkan foto yang cantik.

***

Demikianlah artikel yang membahas mengenai tebing breksi yang memiliki beberapa spot foto yang tidak boleh dilewatkan. Keindahannya semakin terpancar saat matahari terbit dan terbenam.

Kabut putih dari lembah yang perlahan naik seiring matahari yang semakin tinggi semakin menyempurnakan keindahannya. Selamat berkunjung dan menikmati liburan anda bersama keluarga. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Kampung Teletubbies “Desa Wisata Rumah Domes” Sleman

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!