Liburan Seru Penuh Tantangan Lava Tour Merapi Sleman

Lava Tour Merapi – Siapa yang tidak mengenal gunung merapi yogyakarta, yang merupakan gunung paling aktif di Indonesia. Gunung ini sering kali erupsi dan mengeluarkan lahar panasnya.

Awan panas yang keluar juga tidak kalah mengancam jiwa para penduduk di sekitarnya, seperti letusan yang cukup dahsyat pada tahun 2006 lalu yang merenggut nyawa sang juru kunci yaitu mbah Marijan. Letusan selanjutnya terjadi pada tahun 2010 lalu dan tidak kalah dahsyatnya.

Meski begitu penduduk disekitar gunung merapi enggan berpindah karena sudah sangat mencintai wilayah tersebut. setelah terjadi letusan maka tanah yang ada akan semakin subur dan keindahan gunung merapi juga semakin tampak jelas.

Para penduduk yang menggantungkan hidupnya dari kesuburan tanah gunung merapi juga tidak kalah bersyukurnya. Karena Tuhan YME memberikan karunianya dengan tanah yang begitu subur untuk lahan pertanian. Udaranya yang sejuk juga cocok sekali untuk sayuran.

Setelah letusan gunung merapi pada tahun 2010 lalu justru membuat kawasan gunung merapi ini memiliki destinasi wisata baru yang diberi nama lava tour  merapi. Sebuah wisata berkeliling alam kaki gunung merapi menggunakan jeep dengan sensasi offroad.

Banyak sekali operator yang menyediakan paket wisata jeep. Ada banyak keseruan yang bisa kita rasakan. Terutama bagi anda pecinta alam belum lengkap rasanya jika belum menikmati bermotor jeep menikmati sensasi offroad yang memacu adrenalin dan sangat menantang ini.

Wisata lava tour merapi juga menawarkan harga yang murah dengan keseruan yang tidak sebanding dengan harganya. Tunggu apalagi ayo segera nikmati berwisata alam di kaki gunung merapi dengan sensasi yang tidak biasa.

Lava Tour Merapi via Youtube

Lava Tour Merapi via Youtube

Lokasi Wisata Alam Lava Tour Merapi

Wisata alam lava tour merapi kini dimanfaatkan oleh banyak operator untuk menawarkan paket liburan seru menggunakan mobil jeep. Di sepanjang jalan kaliurang akan terlihat beberapa basecamp jeep yang menawarkan paket liburan untuk pengunjung yang datang ke kawasan lava tour merapi.

loading...

Untuk masalah tarifnya tentu saja berbeda – beda. Tergantung paket yang anda pilih. Di tempat ini anda bisa menemukan base camp kecil, sedang dan besar. Setiap operator memiliki kapasitas atau jumlah penumpang yang berbeda – beda.

Basecamp yang ada di Kaliurang dan Kaliadem biasanya lebih terkenal dari pada yang ada di kawasan lain dan terkenal cukup besar. Berikut beberapa operator yang ada di kawasan Kaliadem, diantaranya:

  • M-Jak
  • Merapi jaya
  • Belantara Adventure
  • 86 Adventure
  • MLCC (merapi land cruiser community)
  • TLCM (toyota land cruiser merapi
  • Dll

Operator yang ada di Kaliurang, diantaranya:

  • Jeep kaliurang
  • Tlogo putri
  • Land rover community
  • Komunitas jeep elang
  • Dll

Dari nama operator yang kami sebutkan di atas masih banyak lagi nama yang tidak bisa disebutkan karena saking banyaknya pilihan yang akan mengantarkan anda berkeliling di kaki gunung merapi melalui lintasan yang bervariasi.

Dengan melihat beberapa basecamp tersebut sudah bisa dipastikan bahwa lava tour merapi ada di kawasan kedua tempat itu. Anda bisa memiliki datang ke lokasi yang ada di Kaliadem atau yang ada di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.

Dengan bantuan dari google maps pasti akan menemukan Kaliadem dan Kaliurang dengan mudah. Selamat mencoba dan selamat berkeliling area menggunakan jeep.

Wajib mampir juga ke: Wisata Edukasi Seru ke Omah Salak Sleman

Peta Lokasi Lava Tour Merapi

 

Harga Paket Lava Tour Merapi

Saat berada di kawasan lava tour merapi anda harus membayar tiket parkir mobil dan motor bagi yang membawanya. Untuk harga tiket parkir kendaraan pribadi ini cukup murah. Untuk pengendara sepeda motor cukup membayar 2 ribu rupiah saja, sedangkan untuk pengendara mobil cukup membayar 5 ribu rupiah.

Sedangkan untuk rombongan bus pariwisata dan minibus bisa membayar 10 dan 20 ribu rupiah tergantung dari harga yang sudah ditetapkan.

Untuk masalah harga paket yang bisa anda pilih sangat bervariasi, tergantung dari lintasan yang anda pilih. Untuk harga pada tiap operatornya mematok harga yang sama karena mereka semua memang sudah mengadakan kesepakatan mengenai harga yang mereka pakai.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman dan perselisihan yang justru merusak kearifan wisata lava tour merapi. Berikut daftar harga lava tour merapi pada tahun 2020, diantaranya:

  • Rute pendek Rp. 350.000
  • Rute sedang Rp. 450.000
  • Rute panjang Rp. 550.000
  • Rute trip Rp. 450.000

Untuk masalah harga yang dipatok sewaktu – waktu bisa berubah, misalnya pada saat liburan akhir pekan, libur panjang, libur lebaran, serta tahun baru. Harga diatas hanyalah harga saat hari biasa saja mulai senin hingga jumat.

Lava Tour via bersabadacom

Lava Tour via bersabada.com

Rute dalam Paket Lava Tour Merapi

Untuk rute yang akan dilalui cukup panjang. Rute juga tergantung dari lintasan yang anda pilih. Untuk rute mana saja yang akan dilalui bisa lihat penjelasan di bawah ini:

  • Basecamp
  • Kali opak / sungai opak
  • Dusun Kaliadem
  • Dusun Petung
  • Batu alien
  • Dusun Jambu
  • Sungai gendol
  • Gardu pandang kopeng
  • Batu gajah kepuharjo
  • Makam almarhum mbah marijan
  • Bukit glagahsari
  • Bukit / gumuk panguk
  • Material panas kaliadem
  • Bamboo segitiga Kaliadem

Kunjungi juga: Tlogo Putri Kaliurang Sleman

Fasilitas yang Tersedia

Wisata lava tour merapi dibuka setelah terjadi letusan gunung merapi pada tahun 2010 lalu. Musibah besar yang terjadi justru memberikan sesuatu yang berbeda.

Kini banyak sekali operator yang menyewakan jeep dengan berbagai paket pilihan untuk berkeliling kaki gunung merapi. Jika kita lihat dari fasilitas yang tersedia tidak begitu banyak.

Terlihat lahan parkir yang tersedia di setiap basecamp yang ada. Kemudian di sekitar Kaliurang dan Kaliadem banyak terlihat warung – warung yang menyediakan makanan khas yang pastinya sangat lezat.

Saat sudah memilih operator jeep yang tepat maka mereka akan membagikan masker gratis karena memang lintasan yang akan dilalui belum diaspal sehingga menghasilkan debu yang cukup banyak.

Selain itu operator juga menyediakan helm untuk keselamatan pengunjung. Aktivitas berkeliling kaki gunung merapi bersama paket tour merapi ini sudah termasuk asuransi keselamatan jiwa yaitu asuransi jasa raharja untuk jaga  jaga jika terjadi insiden yang tidak kita harapkan.

Rombongan Wisatawan Lava Tour via Suaramerdeka

Rombongan Wisatawan Lava Tour via Suaramerdeka

Paket Lava Tour Merapi

Berwisata di lereng gunung merapi sambil menikmati berkeliling kaki gunung menjadi kegiatan yang berbeda. Untuk berkeliling ada beberapa operator yang menawarkan paket lava tour merapi menggunakan jeep. Beberapa paket yang tersedia seperti:

  • Merapi Sunrise Tour

Paket wisata yang pertama ini selain seru dan menyenangkan juga sangat mempesona. Bayangkan bagaimana indahnya matahari di pegunungan. Anda bisa menikmati indahnya sunrise sambil berkeliling menggunakan mobil jeep. Petualangan akan dimulai pada pukul 4 pagi.

Kemudian akan berkeliling kaki gunung melalui rute yang cukup ekstrim menuju dusun kaliadem untuk menyaksikan sunrise karena wilayah tersebut paling tinggi dan paling mudah dijangkau.

  • Paket Malam

Sensasi berkeliling bukan hanya bisa dinikmati pada pagi hari untuk menyaksikan sunrise namun nikmati juga berkendara menyaksikan dinginnya merapi di malam hari melalui jalanan yang juga tidak kalah ekstrimnya.

perjalanan akan dimulai dari basecamp menuju kali opak lalu dilanjutkan menyusuri kali dan menikmati indahnya Jogja serta pemandangan di sekitar lereng merapi di malam hari akan menimbulkan sensasi yang berbeda.

  • Rute Pendek

Paket tour selanjutnya yang bisa menjadi pilihan adalah merapi lava tour rute pendek yang akan menempuh lintasan rute standar dengan waktu tempuh sekitar 1 hingga 1,5 jam.

Paket ini berisi 4 hingga 6 orang. Rute yang akan ditempuh mulai dari basecamp menuju kali opak, menuju batu alien, menuju kali gendol, menuju dusun kaliadem, menuju hamparan material erupsi merapi kaliadem, menuju gumuk petung, dan berakhir di makam masal korban merapi

  • Rute Sedang

Rute selanjutnya akan ditempuh dalam waktu yang lebih lama yaitu 2 hingga 3 jam. Perjalanan kali ini dijamin akan sangat seru dan sulit untuk terlupakan. Perjalanan menyusuri alam bebas yang menawan cocok sekali untuk anda para pecinta alam.

Rute yang akan dilalui mulai dari basecamp menuju kali opak, menuju dusun petung, menuju gardu pandang kopeng, menuju hamparan material merapi kali gendol, menuju air panas cangkringan, menuju batu gajah kepuharjo dan berakhir di makam masal korban merapi

  • Rute Panjang

Rute terakhir yang bisa anda lalui adalah rute panjang dimana waktu tempuh pastinya akan jauh lebih lama dan lebih panjang. Perjalanan akan melalui waktu lebih dari 3 jam lamanya.

Rute ini cukup favorit dan sering kali digunakan oleh para peneliti dalam dan luar negeri. Rute yang cukup panjang memungkinkan anda menikmati indahnya lereng merapi secara lebih lengkap dan lebih lama.

Perjalanan akan dimulai dari basecamp menuju kali opak, menuju dusun petung, menuju gardu pandang kopeng, menuju batu gajah kepuharjo menuju makam mbah marijan, menuju air panas cangkringan, menuju hunian sementara korban merapi dan berakhir di makam masal korban merapi.

Rasakan Sensasi Offroad Lava Tour Merapi

Rasakan Sensasi Offroad Lava Tour Merapi via Tribunnews

Kunjungi juga: Objek Wisata Tebing Breksi Sleman

Keseruan di Lava Tour Merapi

Setelah terjadinya letusan gunung merapi pada tahun 2010 lalu yang menyebabkan banyak korban jiwa ini ternyata memiliki berkah tersendiri yaitu tercetus ide mendirikan lava tour merapi.

Paket wisata menawarkan 2 pilihan yaitu menggunakan mobil jeep serta menggunakan motor trail. Biasanya para wisatawan lebih memilih berkeliling menggunakan mobil jeep karena ingin merasakan sensasi offroad bersama rombongan yang jumlahnya bisa 4 hingga 6 orang dalam sekali jalan.

Wisata ini diresmikan pada tahun 2011 dan terbukti mampu menarik banyak sekali para pecinta alam yang ingin menikmati indahnya lereng gunung merapi. Selain itu masih banyak lagi keseruan yang bisa anda nikmati di lava tour merapi, diantaranya:

Menyaksikan Sisa-sisa Erupsi Lebih Dekat

Mengendarai mobil jeep sambil melihat akibat dari erupsi gunung merapi 2010. Bersama paket wisata tour merapi menggunakan mobil jeep milik warga pengunjung akan diajak mengelilingi kawasan merapi dan melihat secara langsung bagaimana dahsyatnya erupsi merapi pada tahun 2010 lalu.

Bunker Kaliadem via Rekeasijogja

Bunker Kaliadem via Rekeasijogja

Beberapa bukti keganasan erupsi merapi bisa kita saksikan di museum sisa hartaku, bunker merapi, serta desa makam mbah marijan selaku juru kunci merapi yang ikut tewas pada peristiwa besar tersebut.

Jangan lewatkan juga: Museum Gunung Merapi Sleman

Ada Banyak Tempat Keren

Banyak rute dan titik pemberhentian. Dalam rute yang dipilih akan banyak tempat yang dilalui dan menjadi tempat pemberhentian yang sangat menarik dan merupakan tempat wisata kaliurang yang terkenal, beberapa diantaranya, bunker merapi, the lost world castle, stone henge, batu alien, museum sisa hartaku, dll. Banyak sekali titik pemberhentian yang menjadi favorit pengunjung.

Rute Lava Tour via Kumparan

Rute Lava Tour via Kumparan

Menikmati Indahnya Lereng Merapi

Menikmati indahnya lereng gunung merapi. Dalam perjalanan menyusuri lereng merapi pastinya hal utama yang bisa anda saksikan adalah betapa indahnya bumi pertiwi kita ini. Sudah tidak perlu diragukan lagi bagaimana lereng gunung merapi menyuguhkan keindahannya yang tiada tandingannya.

Anda bisa mengambil video selama menempuh perjalanan menyusuri indahnya lereng merapi. Udaranya yang segar membuat kita enggan beranjak dari lokasi ini.

Menyaksikan Sunrise

Sunrise Lava Tour via Paketlavatourmerapi.blogspotcom

Sunrise Lava Tour via Paketlavatourmerapi.blogspot.com

Aktivitas seru lainnya yang bisa anda lakukan disini adalah menikmati indahnya matahari terbit dari jarak yang lebih dekat dan lebih “nyata”. Untuk menikmati matahari terbit ini anda bisa mencoba paket Lava Tour Merapi paket sunrise.

Tentu ada harga yang harus kita “bayar” untuk mendapatkan momen sunrise sempurna. Kita harus bangun lebih pagi lagi untuk mendapatkan momen sunrise ini.

Kita akan merasakan sensasi berbeda ketika menyaksikan matahari terbit langsung dari kaki gunung. Langit yang biru bersi tanpa awan semakin mempercantik pemandangan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga ini ya.

Tips Berlibur

Sebelum berkunjung ke gunung merapi untuk menikmati wisata alam lava tour merapi jangan lupa untuk mempersiapkan beberapa hal agar liburan kali ini tidak mengalami hambatan yang berarti. Berikut diantaranya:

  • Pastikan kondisi tubuh anda sehat agar bisa menikmati liburan dengan maksimal. Selain itu pastikan makan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan
  • Sebelum melakukan perjalanan pastikan kondisi disekitar anda tidak mendung maupun hujan sebab jeep yang akan anda kendarai nantinya tidak memiliki atap yang bisa membuat anda basah kuyup jika turun hujan
  • Siapkan beberapa peralatan berlibur seperti obat – obatan, bekal makanan dan minuman, serta jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen – momen penting di tempat wisata
  • Di tempat wisata akan banyak sekali debu, jika masker diberikan secara Cuma – Cuma oleh operator maka sebaiknya anda memakai kacamata agar mata tidak kemasukan debu.

Itu tadi sepenggal cerita mengenai perjalanan menyusuri lereng merapi bersama paket wisata lava tour merapi dengan rute yang cukup ekstrim membuat anda merasakan sendiri sensai offroad.

Berbagai keseruan yang kita nikmati pastinya membuat kita selalu rindu ingin kembali, terutama bagi para pecinta alam. Selamat berkunjung dan berlibur di lava tour merapi. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Liburan Seru ke Objek Wisata Lava Bantal Sleman

Loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!