Tiket Masuk dan Wahana Objek Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo

Kalibiru – Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai dua kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Sleman dan Bantul, kini kita beranjak ke kabupaten yang ada di sebelahnya yaitu kabupaten Kulonprogo. Kini kita akan melihat destinasi apa saja yang ada di wilayah ini.

Di kabupaten Kulonprogo juga tidak kalah indah di banding dua sejawatnya. Terdapat puluhan destinasi wisata alam yang wajib kamu kunjungi. Salah satu yang cukup populer di kawasan ini adalah destinasi wisata Kalibiru.

Kalibiru menjadi tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga. Tempat ini menjadi tempat terapi relaksasi yang sangat ampuh.

Segala stress yang dirasa akibat rutinitas harian yang tiada henti, mulai dari beban pekerjaan, beban kuliah dan lainnya bisa langsung hilang saat anda mengunjungi kalibiru.

Tidak heran jika musim liburan kalibiru selalu ramai dikunjungi wisatawan, mulai dari anak – anak, dewasa hingga orang tua ingin merasakan sensasi dari atas puncak melihat betapa indahnya pemandangan alam yang ada.

Selain itu di sekitar kawasan kalibiru juga terdapat cukup banyak destinasi keren yang bisa anda kunjungi. Jadi anda lebih bisa memanfaatkan waktu dan menghemat ongkos berlibur.

Setelah menikmati keseruan yang ada di kalibiru anda bisa beranjak ke tempat keren lainnya. Tunggu apa lagi? Segera kunjungi kabupaten Kulon Progo yang ada di kota jogja untuk merasakan sendiri bagaimana keseruan yang ada di kalibiru.

Wisata Alam Kalibiru via Goodnewsfromindonesia

Wisata Alam Kalibiru via Goodnewsfromindonesia

Lokasi Wisata Alam Kalibiru

tidak begitu jauh dari jantung kota jogja, tepatnya di sisi bagian paling barat atau orang jawa menyebutnya daerah paling kulon terdapat sebuah kabupaten yang bernama Kulonprogo.

loading...

Tempatnya berjarak sekitar beberapa puluh kilometer dari tugu kota jogja yang menjadi kilometer 0 kota jogja, dengan waktu tempuh selama beberapa puluh menit sampai beberapa jam anda akan tiba di destinasi wisata alam yang berupa wisata alam hutan kemasyarakatan yang bernama kalibiru.

Meski namanya kalibiru namun destinasi ini bukan lah berupa kali dengan airnya yang berwarna biru, namun sebuah lokasi hutan. Di kawasan ini anda bisa menyaksikan pemandangan alam dari atas puncak bukit.

Dimana kalibiru merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di perbukitan menorah. Untuk yang penasaran dengan lokasi kalibiru bisa langsung datang ke kawasan desa Kalibiru, sermo, hargowilis, kecamatan kokap, kabupaten kulonprogo, daerah istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Lokasi Wisata Alam Kalibiru

Setelah melihat dengan jelas lokasi kalibiru yang ada di kabupaten Kulonprogo, kini pasti banyak pengunjung yang merasa penasaran dengan medan atau rute termudah yang bisa dilalui untuk mencapai lokasi wisata. Jangan khawatir nyasar sebab banyaknya papan petunjuk jalan akan mempermudah perjalanan kita.

Selain itu menggunakan google maps akan semakin memudahkan pengunjung untuk bisa mencapai lokasi dengan panduan jalan menggunakan peta lokasi tersebut.

Rute Pertama

Namun banyak juga pengunjung yang ingin menuju lokasi melalui panduan secara manual yang ada kami terangkan berikut, perjalanan akan kita mulai dari pusat kota jogja, setelah itu silahkan arahkan laju kendaraan anda menuju ke sisi barat menuju kota wates.

Setelah itu jalan lurus terus hingga sampai ke waduk sermo, kini kita akan menunjukkan rute pertama dan nanti akan banyak rute alternatif yang bisa dilalui.

Kemudian ikuti papan petunjuk jalan hingga sampai ke lokasi wisata sebab kalibiru tidak begitu jauh dari waduk sermo yang jaraknya hanya sekitar 39 sampai 40 kilometer dari pusat kota jogja, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Rute Kedua

Rute alternatif untuk mencapai lokasi akan kami informasikan untuk anda. Namun rute yang pertama dirasa lebih baik dari pada rute yang kedua ini. Untuk perjalanan akan kita mulai dari kota jogja lalu silahkan mengarah ke kawasan sentolo.

Setelah itu jalan lurus terus lalu lanjutkan menuju ke arah pengasih, setelah itu lanjutkan kembali menuju ke clereng, maka ikuti jalan utama selama beberapa menit hingga anda sampai ke tempat yang dituju yaitu wisata alam kalibiru, kulonprogo.

Harga Tiket Masuk Wisata Kalibiru

Kini kita akan melanjutkan informasi mengenai harga tiket masuk dan tiket parkir di kalibiru. Menurut informasi yang akurat, tiket masuk menuju ke dalam area kalibiru tidak terlalu mahal.

Meski terbilang wisata alam yang sangat indah, namun harga tiketnya terbilang sangat terjangkau, karena memang jika anda mengunjungi tempat – tempat wisata alam biasanya tidak perlu menyiapkan uang terlalu banyak. Anda hanya perlu membayar 5 ribu setiap orang yang ingin masuk ke kalibiru.

Kini kita akan melihat harga tiket parkir yang harus dibayar pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Anda tidak akan membayar terlalu mahal, karena harga yang dipatok sudah standar digunakan.

Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor cukup membayar 2 ribu rupiah, sedangkan untuk kendaraan roda empat cukup membayar 5 ribu rupiah.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi WIsata

Untuk pengunjung yang ingin bermalam di area kalibiru ada beberapa homestay yang bisa menjadi pilihan. untuk harga yang ditawarkan tergantung dari kelas yang anda pilih.

Terdapat sekitar 6 buah homestay dengan harga termurah RP 120.000. selain itu tersedia pula cottage dengan variasi harga mulai dari Rp 120.000 hingga RP 150.000 per malam.

Tersedia pula pendopo yang bisa disewa dengan harga sekitar RP 150.000. dengan banyaknya pilihan penginapan anda bisa memilih yang sesuai dengan keinginan anda serta bujget yang dimiliki tentunya.

Pusat Jajanan Juga Ada via Novyesto

Pusat Jajanan Juga Ada via Novyesto

Fasilitas yang Tersedia di Kutan Kemasyarakatan Kalibiru

Pihak pengelola sengaja menyediakan berbagai fasilitas penunjang sebagai salah satu daya tarik untuk memikat pengunjung. Karena jika pengunjung merasa nyaman saat berada di tempat ini pastinya mereka akan rindu untuk kembali. Berikut beberapa fasilitas yang disediakan, diantaranya:

  • Area parkir untuk menampung kendaraan yang dibawa para sahabat traveler agar mereka tidak bingung dan meletakkan kendaraan di sembarang tempat.
  • Toilet umum juga tersedia untuk para pengunjung dengan kondisi yang cukup nyaman dan bersih
  • Mushola bagi pengunjung yang beragama islam bisa menjalankan ibadah sholat di mushola yang tersedia
  • Warung makan lokal dan menu luar daerah tersedia di kawasan ini, sebagian ada yang memiliki konsep lesehan dengan menu makanan berat dan ringan yang pastinya dengan cita rasa yang bisa menggoyang lidah, dan harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal
  • Area camping ground yang cukup luas bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin membangun kemah, dan sering digunakan oleh mahasiswa dan para pecinta alam
  • Pendopo untuk pengunjung yang ingin beristirahat sembari menikmati indahnya alam sekitar
  • Arena outbound untuk rombongan pengunjung atau yang datang membawa keluarga disediakan sebuah arena outbound yang pastinya sangat seru
Spot Foto Kano Terbang via IG @ainfairuz02

Spot Foto Kano Terbang via IG @ainfairuz02

Spot Foto yang Instagramable

Sebagai informasi penting untuk anda, wisata kalibiru ini memiliki spot foto yang luar biasa dan sayang sekali untuk dilewatkan. Jadi saat berkunjung jangan lupa membawa kamera dengan kualitas gambar yang baik.

Saat berada di kawasan kalibiru pastilah anda akan takjub dengan panorama yang ada di depan mata. Tersedia sebuah gardu pandang yang sengaja dibuat cukup tinggi, meski wilayah ini sudah cukup tinggi, namun pihak pengelola membangun gardu pandang atau aksen panggung yang menghadap ke perbukitan yang lebih tinggi untuk menyempurnakan pemandangan.

Gardu Pandang Kalibiru via IG @mardi_deri

Gardu Pandang Kalibiru via IG @mardi_deri

Untuk tarif spot foto yang ada cukup bervariasi, mulai dari 3 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah tergantung dari view alam yang disuguhkan, jika pemandangannya semakin cantik maka tarifnya juga semakin mahal, begitu juga sebaliknya.

Dari atas gardu pandang anda bisa mengambil beberapa jepret foto sebagai kenang – kenangan dan bisa juga diunggah di media sosial seperti facebook atau instagram.

Spot Foto Ayunan via IG @reviewafrzlal

Spot Foto Ayunan via IG @reviewafrzlal

Pesona Alam  Kalibiru Kulonprogo

Di daerah paling barat kota jogja terdapat sebuah kabupaten yang terkenal akan keindahan alamnya. Terdapat sebuah destinasi wisata alam yang berada diatas ketinggian sekitar 450 dari permukaan laut.

Sebuah spot berfoto yang menawan dan memberikan sensasi yang berbeda saat anda berada di kawasan tersebut. Ya destinasi tersebut bernama kalibiru. Destinasi wisata ini terdapat di perbukitan menorah yang berupa wisata alam hutan kemasyarakatan.

Seperti layaknya hutan yang ada di di dataran tinggi sekitar 450 m di atas permukaan air laut pastinya menyuguhkan pemandangan yang tidak biasa.

Sebelum kita melihat lebih lanjut pesona alam kalibiru kini kita akan melihat asal usul dari nama yang diberikan. Sebab destinasi wisata ini bukanlah sebuah kali, melainkan hutan dengan spot foto yang keren.

Ternyata kalibiru diambil dari nama desa tempat wisata ini berada. Desa kalibiru, maka diberilah nama destinasi wisata kalibiru. Terlihat pepohonan hijau yang tumbuh subur ikut meramaikan suasana yang ada di kawasan ini.

Suasana yang Tenang

Suasana yang ada terasa sangat tenang membuat setiap yang berkunjung merasa tenang dan semua stress yang dirasa bisa hilang seketika. Oksigen yang dihasilkan dedaunan hijau yang tumbuh ditempat ini terasa sangat segar yang pastinya tidak anda dapatkan di kota.

Apalagi kalau anda bisa bersantai sembari menikmati indahnya alam ciptaan tuhan dengan ditemani oleh secangkir kopi. Tentu waktu akan berputar tanpa terasa, apalagi kalau kita datang bersama pasangan. Ternyata memang, dunia cuma miliki berdua, yang lain ngontrak.

Santai Sambil Menikmati Secangkir Kopi via IG @nurdiana_seprianti

Santai Sambil Menikmati Secangkir Kopi via IG @nurdiana_seprianti

Terlihat beberapa hewan liar yang hidup berdampingan dengan damai. Selain itu terdengar pula suara kicauan burung yang membuat suasana semakin menyatu dengan alam. Di beberapa bagian dibangun gardu pandang yang berupa panggung yang dibentuk sedemikian rupa agar layar dinikmati pengunjung.

Letaknya yang cukup tinggi membuat anda harus ekstra hati – hati saat naik ke atas gardu pandang. Dibuat dengan ketinggian yang lumayan bertujuan agar seluruh kawasan yang ada di bawahnya terlihat dengan jelas.

Ketika berada di atas gardu pandang dijamin mata anda seolah tidak ingin terpejam. terlihat dengan jelas keindahan alam yang terbentang luas, membuat kita semakin bersyukur akan keindahan yang tuhan berikan.

Terlihat dengan jelas deretan bukit menorah yang ditumbuhi pepohonan hijau menambah keindahan yang ada dan menandakan tanah di sekitarnya sangat subur. Memang benar kata pepatah bahwa tanah kita, tanah surga, tongkat dan batu jadi tanaman.

Saat anda berkunjung di hari yang cerah akan terlihat cukup jelas deburan ombak pantai selatan. Bagi pecinta fotografi jangan sampai melewatkan keindahan yang ada. Spot foto seperti ini tentunya sangat jarang terlihat.

Dengan hasil jepretan yang memukau, lalu diunggah di facebook atau instagram bisa menjadi promosi untuk menarik lebih banyak lagi pengunjung ke kawasan wisata alam kalibiru.

Sunrise Nan Menawan

Menyaksikan Sunrise via IG @sayogatravtourjogjaindo

Menyaksikan Sunrise via IG @sayogatravtourjogjaindo

Suasana akan semakin sempurna saat fajar menyingsing, terlihat dari atas suasana lembah yang dipenuhi kabut putih tipis yang membuat seolah kita sedang mengambang di atas awan.

Mengabadikan momen sunrise dari puncak gardu pandang juga akan memberikan kesan tersendiri. Terlihat sangat ayu mentari yang seolah malu – malu menyapa setiap pengunjung yang datang.

Sunset Juga Menjadi Daya Tarik

Momen sunset di senja hari juga tidak kalah menawan. Suasana romantis akan semakin terasa dari puncak gardu pandang. Momen seperti ini cocok sekai jika disaksikan bersama pasangan dan keluarga tercinta.

Untuk yang suka foto selfie juga tidak boleh ketinggalan mengambil foto diri dengan background pemandangan alam yang menawan.

Wahana Menarik

Di kawasan ini juga terdapat sebuah lahan atau area yang cukup luas yang digunakan sebagai arena camping ground, arena outbound, serta flying fox.

Pada bagian puncak area tersebut terdapat sebuah prasasti batu, menara pandang serta fly over. Saat anda berkunjung jangan sampai melewatkan lokasi ini, sebab ada beberapa aktivitas seru yang akan dirasakan.

Salah satunya anda bisa mencoba arena outbound yang disiapkan khusus untuk pengunjung yang datang berkelompok. Selain itu bagi pengunjung yang memiliki keberanian lebih bisa mencoba wahana fly over.

Wahana Outbond via Njogja

Wahana Outbond via Njogja

Objek Wisata di Sekitar Kalibiru

Selain mengunjungi kalibiru anda juga bisa merasakan sensasi yang berbeda di tempat – tempat indah yang ada di sekitar kalibiru. Beberapa tempat tersebut sayang sekali untuk dilewatkan saat anda sudah datang jauh – jauh ke kawasan ini. Berikut beberapa tempat di sekitar kalibiru yang kami rekomendasikan, diantaranya:

  • Gunung gajah kulon progo
  • Kedung pedut kulon progo
  • Waduk mini kleco
  • Puncak widosari
  • Pantai trisik
  • Arum jeram sungai progo
  • Pantai glagah indah kulonprogo
  • Waduk sermo wates kulonprogo
  • Goa kiskendo
  • Bukit cendana kulonprogo
  • Bukit isis (bukit nglinggo)
  • Kebun teh nglinggo
  • Taman sungai mudal

Tips Berlibur

Ingin merasakan keseruan yang tidak biasa saat liburan sebaiknya kunjungi kawasan wisata alam kalibiru yang memiliki konsep hutan kemasyarakatan yang ada di Kulonprogo. Untuk menambah keseruan liburan ada beberapa tips berlibur yang perlu anda perhatikan, berikut diantaranya:

  • Saat mengunjungi kalibiru jangan lupa membawa kamera jika kamu tidak mau menyesal karena telah melewatkan berbagai spot foto yang instagramable
  • Jangan lupa untuk membawa peralatan liburan mulai dari obat – obatan, bekal makanan dan minuman, kondisi tubuh yang prima, makan sebelum pergi dan masih banyak lagi persiapan liburan lainnya
  • Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kondisi di sekitar anda, jika sekiranya kondisi tidak memungkinkan sebaiknya tunda terlebih dahulu perjalanan anda.

***

Itu tadi sekilas mengenai taman wisata alam hutan kemasyarakatan kalibiru yang ada di kawasan kabupaten Kulonprogo. Sebuah destinasi alam yang menyediakan berbagai spot foto yang instagramable yang wajib anda kunjungi saat berlibur ke jogja.

Kawasan ini berada di dataran tinggi di area bukit menoreh. Dengan disediakannya gardu pandang yang dibangun cukup indah membuat kita bisa melihat alam disekitarnya dari ketinggian.

Selain itu ada beberapa kawasan wisata yang ada di sekitarnya dan kami rekomendasikan untuk anda kunjungi agar liburan semakin sempurna. Silahkan kunjungi kalibiru bersama keluarga. Selamat menikmati hari libur anda. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Waduk Sermo Kulon Progo

Loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!