Objek Wisata di Ngawi Jawa Timur yang Seru untuk Liburan!

Tempat Wisata di Ngawi – Ngawi merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki alam indah yang memukau. Kabupaten yang beribu kota di Kecamatan Ngawi ini ada di provinsi Jawa Timur. Kalau kita lihat dari posisinya, Kabupaten Ngawi ini berada di Barat Jatim.

Lokasi Kabupaten ini sangat strategis dan berbatasan langsung dengan beberapa dearah yang masuk dalam wilayah Jawa Tengah. Beberapa wilayah yang berbatasan dengan Ngawi seperti Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora (keduanya termasuk wilayah Provinsi Jawa Tengah), dan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Madiun di timur, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Madiun di selatan, serta Kabupaten Sragen (Jawa Tengah) di barat.

Sebelum kita kupas mengenai tempat wisata di Ngawi yang menarik untuk kita kunjungi, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan daerah yang namanya berasal dari kata “awi” yang berarti bambu dalam bahasa Sansekerta.

Ngawi memiliki alam yang rimbun, dahulunya kabupaten ini banyak sekali ditumbuhi oleh pohon bambu, namun karena tanahnya digunakan untuk berbagai keperluan bangunan maka lama kelamaan bambu tersebut mulai berkurang.

Wilayah Kabupaten Ngawi sendiri memiliki luas sekitar 1.298,58 km2. Dari total wilayah tersebut, setidaknya ada 40 persen atau sekitar 506,6 km2 merupakan persawahan. Untuk daerah administrasinya sendiri, sejauh ini Ngawi memiliki 19 kecamatan dan 217 desa.

Rasanya untuk berkenalan dengan wilayah Ngawi sudah cukup. Kita kembali ke topik utama yaitu mengenai tempat wisata di Ngawi yang menarik untuk dikunjungi. Kalau objek wisata sendiri, Ngawi memiliki beberapa andalan yang bisa anda kunjungi saat musim liburan tiba.

Bagi penduduk lokal, beberapa tempat wisata di Ngawi berikut ini mungkin sudah tidak asing lagi, tapi mungkin masih ada juga yang terdengar baru, karena kami akan merangkumnya dari berabgai sumber yang lengkap.

Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi

Kali ini Tempat Wisata Seru rangkum untuk anda tempat wisata di Ngawi yang sayang untuk dilewatkan untuk dikunjungi saat akhir pekan atau musim liburan tiba. Apa saja? Yuk simak berikut ini:

1. Objek Wisata Air Terjun Pengantin

Tempa wisata di Ngawi yang pertama adalah air terjun pengantin. Air terjun pengantin? Wah, kok jadi baper ya. Yang jomblo pasti ketika mendengar nama air terjun ini membuat anda tidak sabar jadi pengantin, ya kan!

Air terjun pengantin ini terletak di Kecamatan Ngrambe. Lebih tepatnya berada di desa Hargomulyo. Air terjun pengantin memiliki keindahan yang luar biasa. Dimana air terjunnya memiliki dua cabang.

Objek Wisata Air Terjun Pengantin

Objek Wisata Air Terjun Pengantin

Air terjun pengantin sendiri memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Saat liburan ke air terjun ini kita akan disuguhkan dengan pemandanga asri yang menyejukkan mata. Anda tidak akan kecewa menjadikan air terjun pelangiini sebagai destinasi tempat liburan bersama orang tercinta.

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, wisatawan hanya membayar tiket masuk 2.000 atau 2.500 saja. Wah sangat mudah sekali bukan. Memang air terjun pengantin ini merupakan salah satu tempat wisata murah di Ngawi namun wajib dikunjungi.

Untuk anda yang tertarik liburan ke air terjun ini, perjalanan yang akan anda tempuh cukup mudah. Setelah sampai di desa, nanti anda hanya harus berjalan sekitar 1 km saja untuk bisa sampai ke spot air terjun pengantin.

Perjalanan anda akan ditemani oleh rimbunnya hutan bambu yang masih sangat alami. Kalau liburan ke air terjun ini, jangan lupa bawa pakaian ganti dan handuk ya. Karena tidak afdhol rasanya kalau liburan ke air terjun ini tapi tidak nyebur.

Wisatawan yang datang kesini biasanya menyempatkan diri untuk mandi-mandi dibawah air terjun yang membentu seperti kolam.

Wah, pasti seru ya kalau bisa liburan sambil mandi-mandi. Bagaimana? Anda tertarik mengunjungi air terjun pelangi akhir pekan ini? Tunggu apalagi, ayo kita ngebolang.

2. Air Terjun Srambang

Masih berupa air terjun, tempat wisata di Ngawi selanjutnya berada di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, tepatnya ada di Gunung Lawu yang ada di sebelah utara Ngawi Jawa Timur.

Air terjun ini bernama Srambang. Air terjun srambang ini juga tidak kalah indahnya dengan air terjun pengantin.

Air Terjun Srambang - tempat wisata di Ngawi

Air Terjun Srambang

Kalau air terjun pengantin tadi kita merasakan sensasi hutan bambu, namun di air terjun Srambangan ini kita akan ditemani dengan lebatnya hutan pinus yang menambah keseruan bertualang menyusuri alam untuk menuju ke air terjun ini.

Untuk bisa sampai di lokasi air terjun Srambangan, kita harus berjalan menyusuri hutan pinus sekitar 30 – 45 menitan. Wah, pasti seru bisa liburan sambil trekking ya.

Liburan ke air terjun ini pasti membuat anda akan rileks dan mengendorkan urat saraf yang tegang akibat beban kerja selama seminggu ini. Udara di sekitaran air terjun dan hutan pinus ini sangat segar. Kita bisa menarik nafas sekuatnya kemudian menghembuskannya secara perlahan.

Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi air terjun ini, kita hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja. Wah, cukup murah bukan? Ketimbang ke waterpark yang biasanya biasanya di atas Rp. 30.000.

3. Objek Wisata Air Terjun Teleng

Tempat wisata di Ngawi selanjutnya masih berupa air terjun. Anda bisa mengunjungi air terjun teleng yang lokasinya ada di Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Propinsi Jawa Timur. 

Air terjun yang terletak di terdapat di kaki gunung Lawu dan di dekatnya terdapat sebuah lapangan yang sering dijadikan tempat untuk camping.

Objek Wisata Air Terjun Teleng

Objek Wisata Air Terjun Teleng

Nah untuk anda yang suka bertualang, bisa mencoba camping sekitar air terjun ini untuk merasakan sensasi liburan di alam terbuka. Karena memang, lapangan tersebut merupakan bumi perkemahan yang memiliki fasilitas penunjang lain seperti kolam renang anak dan dewasa.

Saat Anda berjalan menuju lokasi air terjun, nantinya anda bisa saja “disergap” oleh segerombolan kera yang imut-imut. Tapi tenang, kera-kera tersebut tidak akan mengganggu perjalanan anda.

Untuk anda yang tertarik liburan ke air terjun ini, dari Ngawi Kota silahkan anda beranjak menuju ke arah selatan menuju Jogorogo ini air terjun jika dari ngawi kota akan melewati Jamus dilanjut sedikit lagi ke Jogorogo, jika sudah sampai jogorogo silahkan tanyakan ke warga dimana letak Desa Ngrayudan.

Setelah itu, kita tanyakan dimana letak air terjun ini kepada warga sekitar. Namun perlu diingat, air terjun terjun teleng juga sering disebut dengan Selo Ondo oleh warga sekitar.

Bagaimana? Anda sudah terbayang-bayang segarnya menceburkan diri ke kolam di air terjun teleng? Hmmm, ayo kita berpetualang.

4. Perkebunan Teh Jamus

Tempat wisata di Ngawi selanjutnya masih berupa objek wisata alam. Kami akan mengajak anda mengunjungi perkebunan teh Jamus yang lokasinya sangat adem, tentrem dan ayem.

Lokasi perkebunan teh Jamus ini terletak di sebelah utara di lereng Gunung Lawu. Perkebunan ini sangat cocok untuk kita jadikan tempat relaksasi otot-otot yang sudah menegang karena beban kerja yang sangat berat semingguan ini.

Perkebunan Teh Jamus

Perkebunan Teh Jamus

Untuk anda yang tertarik liburan ke perkebunan teh jamus ini, silahkan anda menuju ke arah barat daya sekitar 40 kilometer demi mencapai tempat ini dari Ngawi Kota.

Selama perjalanan sekitar 1 jam menuju ke desa Girikerto, Kecamatan Sine, anda akan ditemani oleh pemandangan alam yang menyejukkan mata.

Begitu sampai, pemandangan menghijau luas terbentang membuat mata anda kembali restart dan pasti akan berdecak kagum atas kuasa ilahi dengan segala ciptan-Nya.

Kebun teh ini sendiri dikelola oleh PT. Candi Loka. Nah, perkebunan teh ini sangat terkenal dengan air mineral Jamus dan tehnya. Ternyata tidak hanya kebun teh saja, wisatawan juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya yang akan membuat libura anda lebih bermakna.

Disini anda bisa menemukan Borobudur Hill, kolam renang khusus anak, bumi perkemahan untuk yang senang kemping, goa Jepang, dan Sumber Lanang.

Anda tertarik untuk liburan ke perkebunan teh jamus ini? Nah, untuk bisa masuk, anda hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10 ribu saja per kepala. Wah, cukup murah ya, untuk wisata yang lengkap.

5. Objek Wisata Waduk Pondok

Tempat wisata di Ngawi selanjutnya adalah waduk pondok yang terdapat di desa Dero, kecamatan Bringin.

Waduk ini menjadi salah satu spot memancing favorit untuk mancing mania. Untuk bisa liburan di waduk ini wisatawan hanya membayar tiket sebesar Rp. 2.000 saja.

Objek Wisata Waduk Pondok

Objek Wisata Waduk Pondok

Bagi anda pemancing sejati, waduk ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Ngawi yang akan anda kunjungi.

Berabgai ikan air tawar hidup dan berkembang disini mulai dari ikan bandeng, ikan tombro, dan bahkan ikan tawes. Jika beruntung datang berkunjung di waktu yang tepat, bagi para wisatawan dengan hobi memancing bisa ikut berpartisipasi pada acara lomba memancing yang diadakan secara berkala. Bersama dengan pemancing-pemancing yang berasal dari area sekitar Ngawi, para pengunjung boleh mencoba ikut meramaikan.

Selain untuk memancing, waduk ini juga kerap dijadikan sebagai tempat wisata kuliner di Ngawi yang cukup terkenal. Anda bisa mencoba berbagai kuliner lezat di warung terapung disini.

6. Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem)

Tempat wisata di Ngawi berikutnya adalah benteng va den bosch atau benteng pendem yang lokasinya ada di sudut pertemuan antara Sungai Madiun dan Bengawan Solo.

Benteng ini sendiri merupakan bangunan bersejarah peninggalan penjajah Belanda. Pengunjung bisa liburan sambil melihat-lihat sambil mengenang kembali kepedihan bangsa Indonesia atas penjajahan Belanda.

Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem)

Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem)

Objek wisata sejarah ini lokasinya ada di desan Pelem kecamatan kota Ngawi, Jawa Timur. Bangunan bersejarah ini sendiri selesai pada tahun 1845.

Bangunan bersejarah ini dihuni oleh tentara penjajah Belanda sekitar 250 orang yang memiliki senjata bedil berikut 60 orang kavaleri yang berada di bawah kepemimpinan Van Den Bosch serta adanya 6 meriam api yang ada di sana.

Di dalam  benteng ini kita bisa menemukan Makam K.H Muhammad Nursalim. Beliau adalah pejuang NKRI salah satu pengikut Pangeran Diponegoro yang ditangkap dan dibawa ke Benteng Van Den Bosch oleh Belanda.

Untuk anda yang ingin napak tilas sejarah, sebaiknya menajak anak anda sembari mengajarkan mereka untuk cinta dengan para pahlawan NKRI.

Silahkan datang ke benteng ini dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Untuk bisa masuk ke benteng ini pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp 5 ribu per kepala. Sementara mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3 ribu. Sementara para pengendara sepeda motor hanya perlu membayar Rp 1 ribu saja untuk parkir.

Bangunan ini memiliki luas tanahnya sekitar 15 hektar dan luas bangunan 165 m x 80 m persegi. Lokasinya sangat strategis dan mudah untuk anda temukan karena hanya berjarak 1 Km dari Kantor Pemkab Ngawi.

Masih ada banyak sekali bangunan bersejarah lainnya yang menarik untuk kita kunjungi di Ngawi. Karena memang, Ngawi dahulunya memang merupakan dermaga pelayaran perdangan penjajah Belanda, sehingga untuk pertahannya mereka mendirikan banyak bangunan.

7. Wisata ke Monumen Soerjo

Objek wisata di Ngawi selanjutnya adalah monumen soerjo yang didirikan khusus untuk mengenang Gubernur Jawa Timur. Lokasi monumen ini ada di tepi jalan utama Ngawi Solo.

Monumen ini kini dijadikan sebagai salah satu tempat untuk kumpul-kumpul keluarga di Ngawi. Tidak hanya orang dewasa saja yang suka liburan ke monumen ini, anak-anak juga suka.

Wisata ke Monumen Soerjo

Wisata ke Monumen Soerjo

Berbagai fasilitasn dan wahana juga disediakan disini. Anda bisa menemukan rest area, warung makan dan minum, pasar burung, MCK, mushola, hitan wisata disertai patung Gubernur Soerjo, aneka sangkar burung, beragam kerajinan kayu jati, dan tempat bermain anak-anak. Untuk bisa masuk ke area ini, pengunjung sama sekali tidak perlu membayar sepeser pun.

Sembari anda liburan dengan anak-anak, anda bisa menceritakan sejarah gubernur pertama yang dibunuh oleh pemberontok PKI ini. Yuk kenalkan anak kita dengan sejarah bangsanya sendiri.

8. Liburan ke Museum Trinil

Museum trinil menjadi tempat wisata di Ngawi yang masih bernuansa sejarah berikutnya. Di dalam museum ini wisatawan bisa melihat berbagai koleksi fosil dan mahluk hidup zaman purba.

Lokasi museum ini hanya berjarak sekitar 12 km dari Ngawi kota menuju ke barat. Untuk bisa masuk ke dalamnya, wisatawan hanya dikenakan tarif tiket masuk Rp. 5.000 saja.

Liburan ke Museum Trinil

Liburan ke Museum Trinil

Adapaun alamat museum purba yang didirikan oleh Wiradiharjo ini ada di Dusun Pilang Kecamatan Kedunggalar Ngawi Jawa Timur.

9. Bermain Air di Waterboom Tirto Nirmolo

Untuk anda yang sedang mencari tempat bermain air sepuasnya, anda bisa mencoba sensasi liburan di waterboom tirto nirmolo yang memiliki faslitas lengkap.

Waterboom kebanggan orang Ngawi ini memiliki berbagai fasilitas yang bisa kita nikmati, mulai dari Perahu air, flying fox, mobil elektrik, kereta elektrik, boom-boom boatboom-boom car, becak family, bioskop 3D, dan kereta gantung dan lain sebagainya.

Bermain Air di Waterboom Tirto Nirmolo

Bermain Air di Waterboom Tirto Nirmolo

Tidak heran kenapa warna Ngawi menjadikan waterboom tirto nirmolo ini sebagai tempat liburan, karena memang wahana yang disediakan adalah untuk semua umur.

Untuk anda yang ingin liburan ke waterboom ini silahkan datang saja mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore setiap harinya.

Sementara untuk harga tiket masuk waterboom tirto nirmolo ini yakni sebesar 12.500 per kepala dari hari Senin sampai Sabtu, sementara Rp 15 ribu khusus di hari Minggu dan Libur Nasional. Tiket masuk belum termasuk biaya wahana. Untuk segala permainan yang ada di dalam, pengunjung wajib menyiapkan uang Rp 5 ribu sampai Rp 20 ribu untuk setiap wahana. Untuk berhemat, tersedia Paket Silver yang bisa dibeli dengan harga Rp 27.500 per kepala atau Paket Gold dengan harga Rp 33.500 per orang.

Waterboom ini selalu ramai saat akhir pekana musim liburan. Selain menikmati fasilitas yang disediakan, wisatawan yang datang juga tidak perlu khawatir sampai kelaparan karena sudah banyak tersedia warung-warung yang menyediakan aneka kuliner lezat.

Waterboom ini terletak di Desa Tempuran, Kec Paron, Ngawi Jawa Timur. Bagi anda yang sedang ingin mencari wahana libura keluarga waterboom ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Ngawi yang akan anda kunjungi.

10. Pemandian Hargo Dumilah

Tempat wisata di Ngawi selanjutny ada alah tempat pemandian hargo dumilah yang ada di Desa Sentono Kecamatan Ngrambe yang hanya berjarak sekitar 30 kilometer di sebelah selatan kota Ngawi.

Pemandian alami ini terletak tepat di lereng Gunung Lawu. Mata air pemandian harga dumilah ini bersumber dari Gunung Lawu. Rasakan kesegaran mata air alami hingga ke ubun-ubun.

Pemandian Hargo Dumilah

Pemandian Hargo Dumilah

11. Wisata Taman Tawun

Objek wisata di Ngawi berikutnya berupa taman yang tidak kalah menarik untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga. Taman tawun menjadi salah satu tempat untuk berkumpul keluarga pada sore hari.

Kalau di akhir pekan atau hari libur taman ini biasanya ramai tumpah ruah masyarakat yang datang bersama keluarga.

Wisata Taman Tawun

Wisata Taman Tawun

Taman ini terletak di Desa Tawun Kecamatan Kasreman. Untuk bisa  sampai ke taman ini anda hanya harus menempuh perjalanan sekitar 6 kilometer ke sisi timur bila dari pusat kota. Sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga karena terdapat juga fasilitas pendukung seperti kebun binatang mini, taman rekreasi, kolam renang, dan kolam kura-kura.

Tidak hanya untuk anak-anak tentunya, orang dewasa biasnaya juga akan betah berlama-lama disini karena terdapat danau buatan yang juga telah disediakan kano serta area memancing bagi para pemancing.

Bagaimana? Anda pasti tidak mau melewatkan taman tawun ini sebagai destinasi liburan anda bersama orang tercinta bukan?

12. Objek Wisata Air Terjun Suwono

Masih berupa air terjun di Ngawi, anda juga bisa mengunjung air terjun Suwono yang terletak di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe. Air terun ini juga memiliki keindahan yang tidak kalah dari air terjun pengantin atau air terjun teleng yang sudah kami uraikan sebelumnya.

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, wisatawan hanya merogoh kocek sebesar Rp. 3000 saja. Sangat murah sekali bukan?

Objek Wisata Air Terjun Suwono

Objek Wisata Air Terjun Suwono

Air terjun suwono juga memiliki alam yang masih sangat alami dan asri, sehingga membuat siapa saja yang datang liburan pasti betah berlama-lama disini. Udaranya yang sejuk dan segar membuat pikiran kita kembali fresh.

Lokasi air terjun ini ada di lereng gunung sehingga menambah sejuk udara yang ada di sekitarnya. Untuk bisa sampai ke air terjun ini wisatawan tidak perlu trekking menempuh medan yang berat. Lokasi air terjun suwono berada di kurang lebih 7 km dari pasar Ngrambe dan bisa ditempuh dengan motor atau mobil.

Kedepannya air terjun ini harus lebih dikelola dengan baik kemudian dilengkapi fasilitasnya seperti kamar mandi, toilet, mushola, tempat makan atau bangku-bangku untuk duduk wisatawan yang datang. Saat ini anda harus membawa makanan dan minuman sendiri dari luar ya.

13. Objek wisata watu jonggol

Objek wisata di Ngawi selanjutnya adalah watu jonggol yang terletak di Desa Pandasari, kecamatan Sine.

Watu jonggol sendiri merupakan salah satu objek wisata terpadu yang memiliki beragam wahana permaian yang bisa memuaskan liburan kita dan keluarga. Di watu jonggol anda akan disuguhkan dengan kolam renang yang airnya bersumber dari mata air alami dari penggunungan.

Objek wisata watu jonggol

Objek wisata watu jonggol

Lokasinya yanga ada di dataran tinggi membuat perjalanan menuju objek wisata ini agak butuh perjuangan. Namun setelah sampai di lokasi pasti anda tidak akan sabar lagi ingin merasakan sensasi perosotan dan meluncur ke dalam kolam renang.

Untuk bisa mandi sepuasnya kita hanya membayar tiket masuk Rp. 5000. Kalau libura kesini jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto yang memiliki keindahan luar biasa.

14. Mengunjungi Gunung Liliran

Objek wisata selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk kita kunjungi adalah gunung liliran yang masih ada di kecamatan Sine, dan lebih tepatnya ada di daerah Tulakan.

Gunung ini memiliki daya tarik yang memikat bagi para pecinta fotografi. Disini anda bisa melihat pemandangan indah dengan rimbunnya hutan bambu nan cantik.

Mengunjungi Gunung Liliran

Mengunjungi Gunung Liliran

Gunung ini sendiri memiliki cerita panjang yang masih melekat di benak masyarakat Ngawi, yaitu tentang legenda Joko Budug.

Bagi wisatawan yang ingin mencoba sensasi liburan di gunung liliran ini anda hanya dikenakan tiket masuk Rp .2500 saja perorang.

15. Pesanggrahan Srigati

Tempat liburan di Ngawi selanjutnya adalah pesanggrahan srigati yang merupakan tempat wisata misteri yang menarik untuk kita jelajahi.

Objek wisata ini memiliki cerita mistis yang menarik untuk kita gali. Konon katanya pesanggrahan ini merupakan tempat para lelembut berkumpul. Untuk anda yang doyan dengan liburan plus mistis-mistis, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat ini.

Pesanggrahan Srigati

Pesanggrahan Srigati

Lokasi pesanggrahan srigati ini ada di  Desa Babadan, wilayah Kecamatan Paron.. Untuk menikmati sensasi liburan yang agak mistis namun menyenangkan silahkan datang saja ke sini, anda hanya dikenakan tarif tiket masuk Rp 10.000 saja perorangnya.

Objek wisata ini lokasinya hanya berjarak sekitar 12 km dari pusat kota Ngawi. Akses jalan menuju lokasi wisata pesanggrahan ini sudah sangat baik.

16. Rumah Dr. Radjiman Wedyodiningrat

Jas Merah!!!

Kata-kata bung karno ini patut kita resapi. Jangan lupakan sejarah. Begitulah kata Bung Karno. Nah, jika anda sedang liburan di Ngawi, ajaklah keluarga anda terutama anak anda untuk mengunjungi rumah Dr. Radjiman Wedyodiningrat yang ada di dusun Dirgo Desa Walikuku kecamatan Widodaren.

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh nasional yang satu ini memiliki peran yang sangat penting untuk bangsa kita. Beliau adalah pimpinan dari Budi Utomo. Beliau juga merupakan bapak pendiri bangsa Indonesia.

Rumah Dr. Radjiman Wedyodiningrat

Rumah Dr. Radjiman Wedyodiningrat

Beliau datang ke Ngawi pada 1935 dan membeli sebuah rumah kemudian wafat pada 1951. Dan rumah beliau hingga kini masih terawat dan dijadikan sebagai bangunan bersejarah oleh pemerintah setempat.

17. Sentra Industri Gamelan

Sentra industrai gamelan yang terletak di desa Mojo juga bisa menjadi tempat liburan anda bersama keluarga. Disini anda bisa melihat para pengrajin gamelan membuat alat musik asli Indonesia ini. Alat musik tradisional ini sudah dikenal sampai ke mancanegara, bahkan ada juga di universitas di Belanda yang mempelajari serta memainkan alat musik ini di mata kuliahnya.

Dan, sentra kerajinan gamelan di Ngawi ini produknya sudah dikirim ke Kalimantan dan Bali. Jadi, tidak ada salahnya juga untuk mampir, syukur-syukur kalau bisa membawa pulang juga. Atau minimal sedikit mengenal dan memainkannya.

Sentra Industri Gamelan

Sentra Industri Gamelan

18. Selondo Jeporo

Objek wisata di Ngawi selanjutnya adalah Selondo Jeporo yang ada di Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo. Ngawi. Objek wisata ini kerap dijadikan sebagai tempat kemah oleh para Pecinta Alam atau pun anak-anak sekolah. Di tempat ini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan berlatar hutan pinus yang sungguh menyejukkan mata. Inilah alasan yang menjadikan.

Selondo Jeporo

Selondo Jeporo

19. Sentra Kerajinan Jati Gembol

Anda penggemar karya seni rupa? Nah, di Ngawi ada satu sentra pengrajin kayu jati yang bisa anda kunjungi. Sentra kerajinan jati gembol ini ada di desa Kedungharjo kecamatan Mantingan, Ngawi Jawa Timur.

Pusat kerajinan Jati ini sudah sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara, dimana wisatawan asing yang tahu tempat ini biasanya menyempatkan diri untuk membawa oleh-oleh untuk keluarga di negara asalnya berupa hasil kerajinan jati nan cantik-cantik.

Sentra Kerajinan Jati Gembol

Sentra Kerajinan Jati Gembol

20. Lokasi pertapaan Jaka Tarub

Serial film kolosal jaka tarub pernah ditayangkan di televisi. Film jaka tarub sendiri mengisahkan tentang seoarang pria gagah bernama jaka tarub dan 7 bidadari nan cantik jelita.

Dsini terdapat sebuah sendang atau mata air. Nah, konon katanya di lokasi sendang inilah jaka tarub dan 7 bidadari bertemu.

Lokasi pertapaan Jaka Tarub

Lokasi pertapaan Jaka Tarub

Tempat Wisata Kuliner di Ngawi

Setelah kita capek jalan menyusuri tempat wisata di Ngawi yang sudah kami uraikan, maka kini saatnya kita isi perut yang mulai keroncongan dengan berbagai kuliner khas Ngawi yang terkenal enak dan khas. Berikut ini beberapa diantaranya:

21. Tepo Tahu

Kuliner Ngawi yang pertama yang layak anda cobain adalah tepo tahu. Anda bisa menemukan panganan ini dengan mudah di pinggir jalan di sepanjang jalan kota Ngawi.Panganan ini mirip dengan tahu lontong. Kalau anda sedang berada di Ngawi, silahkan jajal saja kenikmatan tepo tahu ini.

22. Nasi Pecel Khas Ngawi

Saat berlibur di Ngawi, tidak ada salahnya mencoba kuliner lezat nasi pecel khas Ngawi yang cara penyajiannya agak berbeda, dimana nasi pecel akan disajikan dengan cara dipincuk yaitu menggunakan daun pisang yang dibentuk segitiga.

Nasi pecel khas Ngawi juga memiliki ciri kacangnya lebih kasar sehingga saat menyantap nasi pecel ini kita masih bisa merasakan butiran-butiran kacang dan bumbu lainnya.

Saat penyajian, nasi pecel khas Ngawi ini biasanya disajikan dengan repeyek dan tumpang yaitu sambal yang terbuat dari tempe ‘busuk’ yang dicampur dengan santan, daun jeruk serta kencur.

23. Ledre

Kuliner khas Ngawi yang bisa anda nikmati selanjutnya adalah ledre. Ledre sendiri bentuknya mirip dengan opak. Ledre memiliki banyak varian rasa sehingga membuat panganan ini begitu digemari.

Demikianlah ulasan dari kami seputar tempat wisata di Ngawi yang menarik untuk kita kunjungi. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda untuk liburan selama di Ngawi. Jangan lewatkan juga: 48 Tempat Wisata di Malang Jawa Timur Paling Populer

One Response

Leave a Reply

error: Content is protected !!