Tempat Wisata di Grobogan Jawa Tengah

Kabupaten Grobogan merupakan Kabupaten terluas kedua di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini memiliki luas sekitar 1.975 km persegi dan ditinggali oleh sekitar 1,4 juta penduduk.

Memiliki daerah yang luas, Kab. Grobogan memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari mulai wisata berbentuk air terjun, wisata sejarah, sampai dengan wisata religi, semuanya bisa ditemui di kabupaten ini.

Menurut catatan sejarah, Kab. Grobogan dulunya merupakan areal kekuasaan Kerajaan Majapahit. Saat Majapahit runtuh, Sunan Ngundung memasuki istana dan berhasil menemukan berbagai macam benda pusaka.

Seluruh benda pusaka tersebut dimasukkan ke dalam sebuah grobog untuk dibawa ke Kerajaan Demak.

Anehnya, tanpa sebab yang pasti secara tiba – tiba Grobog yang digunakan untuk membawa benda pusaka peninggalan Majapahit tersebut tertinggal di suatu tempat.

Setelah dicari – cari, akhirnya ketemulah grobog tersebut di suatu daerah. Nah, daerah tersebut akhirnya diberi nama Grobogan.

Tempat Wisata di Grobogan Paling Hits

Jika Anda ingin jalan – jalan di Kab. Grobogan, berikut merupakan beberapa tempat wisata di Grobogan yang menarik untuk disambangi saat sedang liburan:

1. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo

Tempat wisata di Grobogan yang pertama adalah Waduk Kedung Ombo. Waduk ini dinamai “Kedung Ombo” (dalam Bahasa Indonesia berarti kubangan air yang lebar) karena ukuran kedungnya yang sangat luas, yaitu mencapai 6576 hektar.

Sangking luasnya ukuran waduk ini, kawasannya membentang di tiga kabupaten sekaligus, termasuk salah satunya adalah Kab. Grobogan.

Saat pertama kali didirikan, Waduk Kedung Ombo sebenarnya tidak difungsikan sebagai tempat wisata. Tujuan pendirian waduk ini adalah awalnya adalah sebagai fasilitas penopang irigasi.

Namun karena memiliki pemandangan yang indah, seiring berjalannya waktu tempat ini sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar dan luar daerah untuk dijadikan sebagai tempat wisata.

Melihat hal tersebut, pemerintah daerah Grobogan langsung bertindak aktif memfasilitasi waduk ini untuk dijadikan sebagai salah satu objek wisata unggulan Kab. Grobogan.

Saat ini, fasilitas wisata yang tersedia di waduk ini sudah tergolong cukup lengkap. Dari mulai tempat parkir kendaraan sampai dengan warung makan, semuanya sudah tersedia.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di waduk ini pun juga semakin banyak. Dari mulai bersantai di pinggir waduk, berkeliling waduk dengan menggunakan kapal motor, memancing, sampai dengan menikmati ikan bakar di warung sekitar, semuanya sudah bisa dilakukan oleh pengunjung waduk ini.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Waduk Kedung Ombo, lokasinya ada di Desa Kedung Ombo, Kec. Gayer, Kab. Grobogan. Untuk masuk ke lokasi waduk ini Anda tidak perlu membayar tiket masuk sama sekali. Selain itu, waktu kunjungannya pun juga tidak dibatasi.

Kunjungi juga yuk: 33 Tempat Wisata di Purworejo Jawa Tengah

2. Waduk Klambu

Waduk Klambu via Jalanwisata

Waduk Klambu via Jalanwisata

Selain Waduk Kedung Ombo, di Grobogan masih ada beberapa waduk lagi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, seperti salah satunya adalah Waduk Klambu.

Sama seperti Waduk Kedung Ombo, Waduk Klambu juga difungsikan sebagai waduk penopang sistem irigasi sekaligus tempat wisata keluarga.

Untuk meningkatkan animo pengunjung, pemerintah Kab. Grobogan telah menyiapkan beragam fasilitas pendukung, seperti taman, tempat parkir, mushola, dan tempat makan.

Beberapa aktivitas wisata menarik yang bisa dilakukan di waduk ini adalah: menikmati pemandangan alam sekitar, menikmati sunset di sore hari, hunting foto, memancing, dll.

Lokasi Waduk Klambu ada di Area Sawah, Penanten, Klambu, Kab. Grobogan, Jateng. Waduk ini dibuka untuk umum selama 24 jam non stop dan dapat dikunjungi tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

3. Waduk Cindelaras

Waduk Cindelaras via Lelungan

Waduk Cindelaras via Lelungan

Jika dua waduk yang telah kita bahas sebelumnya cenderung lebih identik dengan tempat wisata keluarga di Grobogan, waduk yang satu ini lebih identik dengan tempat nongkrong di Grobogan.

Saat pertama kali didirikan, Waduk Cindelaras sering dijadikan sebagai lokasi camping. Belakangan, waduk ini lebih sering dijadikan sebagai tempat nongkrong oleh anak muda setempat.

Sayangnya, karena minim perhatian, kondisi Waduk Cindelaras saat ini mulai agak “mengkhawatirkan”. Akses jalan menuju ke waduk ini pun sudah mulai rusak dan agak sulit untuk dilalui.

Walaupun begitu, pemandangan alam yang ditawarkannya tetap menarik, sehingga layak untuk dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata di Grobogan.

Lokasi Waduk Cindelaras ada di Desa Bandungharjo, Kec. Toroh, Kab. Grobogan. Jika Anda ingin mengunjunginya, waduk ini bisa dikunjungi kapan saja tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

4. Waduk Nglangon

Waduk Nglangon via @dolangrobogan

Waduk Nglangon via @dolangrobogan

Waduk Nglangon berlokasi di desa Nglangon, Kec. Kradenan, Kab. Grobogan.

Waduk ini menawarkan daya tarik utama berupa kawanan burung liar yang berterbangan di sekitar lokasinya.

Beberapa spesies burung liar yang bisa Anda lihat di waduk ini adalah Bondol Peking, Dederuk Jawa, Elang Jawa, Alap – Alap, dll.

Berbeda dengan tiga waduk yang telah kita bahas sebelumnya, Waduk Nglangon memiliki sifat musiman. Di musim penghujan waduk akan terisi banyak air, sedangkan di musim kemarau, waduk biasanya akan surut dan tampak agak mengering.

Jika Anda ingin berkunjung ke waduk ini, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat musim penghujan, yaitu saat waduk terisi banyak air.

Untuk bisa menikmati indahnya pemandangan alam di waduk ini, Anda tidak perlu membayar tiket masuk sama sekali.

5. Objek Wisata Bledug Kuwu Grobogan

Objek Wisata Bledug Kuwu Grobogan via Grobogannews

Objek Wisata Bledug Kuwu Grobogan via Grobogannews

Anda tentu masih ingat dengan bencana alam Lumpur Lapindo di Sidoarjo bukan?

Nah, ternyata di Kab. Grobogan ada objek wisata yang dapat mengeluarkan luapan lumpur layaknya Lumpur Lapindo di Sidoarjo. Objek wisata tersebut bernama Objek Wisata Bledug Kuwu Grobogan.

Bledug Kuwu Grobogan akan mengeluarkan luapan lumpur seperti gunung meletus setiap 2 – 3 menit sekali.

Menurut informasi yang beredar, letupan lumpur yang terjadi di objek wisata ini ditengarai oleh proses pelepasan gas di dalam teras bumi.

Luapan gas tersebut terdiri atas gas metana yang bercampur dengan mineral dan garam.

Uniknya, alih – alih menimbulkan bencana dan kesulitan, letupan lumpur di Bledug Kuwu Grobogan malah menelurkan peluang bisnis untuk masyarakat sekitar.

Oleh masyarakat sekitar letupan lumpur di Bledug Kuwu dimanfaatkan untuk memproduksi garam bleng dengan metode tradisional.

Tidak hanya itu, uniknya letupan lumpur di tempat ini juga berhasil menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Hasilnya, desa ini menjadi ramai pengunjung dan ekonomi masyarakat sekitar pun akhirnya turut ikut terdorong.

Objek Wisata Bledug Kuwu Grobogan berlokasi di Desa kuwu, Kec. Kradenan, Kab. Grobogan.

Jika ingin menikmati fenomena unik di tempat ini Anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 3.000 per orang plus uang parkir sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 4.000 untuk mobil pribadi.

6. Goa Macan dan Goa Lowo

Goa Macan dan Goa Lowo via wspamungkas-grobogan

Goa Macan dan Goa Lowo via wspamungkas-grobogan

Tempat wisata di Grobogan yang selanjutnya adalah Goa Macan dan Goa Lowo.

Goa Macan dan Goa Lowo sebenarnya adalah dua gua yang berbeda. Hanya saja karena lokasi kedua gua ini berdekatan, wisatawan biasanya akan mengunjungi keduanya sekaligus.

Menurut informasi yang beredar, Goa Macan dulunya merupakan gua tempat tinggal harimau alias macan. Sayangnya, saat ini Macan di goa ini sudah tidak ada lagi.

Untuk Goa Lowo sendiri merupakan gua tempat tinggal kelelawar (dalam Bahasa Jawa dikenal dengan nama Lowo). Sampai saat ini gua ini masih ditinggali oleh kawanan kelelawar.

Saat masuk ke goa ini Anda akan disambut oleh pemandangan stalaktit dan stalagmit yang sangat mengagumkan.

Selain itu, jika cuaca sedang cerah, Anda juga berpeluang melihat indahnya paparan cahaya matahari yang masuk dari sela – sela lubang di bagian atas gua.

Lokasi Goa Macan dan Goa Lowo ada di Desa Sedayu, tepatnya di Dusun Watu Song, Kec. Sedayu, Kab. Grobogan, Jawa Tengah.

Untuk bisa masuk ke goa ini Anda tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam. Cukup sediakan uang tiket masuk sebesar Rp. 2.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati sajian wisata di goa ini sepuasnya.

7. Goa Urang Grobogan

Goa Urang Grobogan via Lebah-lebahku

Goa Urang Grobogan via Lebah-lebahku

Jika dua gua yang sebelumnya merupakan tempat tinggal macan dan kelelawar, gua yang akan kita bahas ini merupakan tempat tinggal Urang, yang dalam Bahasa Indonesia berarti Udang.

Menurut penuturan masyarakat sekitar wilayah perairan gua ini dulunya banyak ditinggali oleh udang sungai.

Sayangnya, karena sesuatu hal, saat ini jumlah udang di kawasan perairan gua ini semakin lama semakin sedikit dan bahkan sudah sangat sulit untuk ditemui.

Dibandingkan Gua Lawa dan Gua Macan, Goa Urang cenderung lebih sepi pengunjung.

Rendahnya minat wisatawan untuk berkunjung ke goa ini tidak terlepas dari akses lokasinya yang agak sulit untuk diakses.

Jika Anda merupakan tipikal orang yang menyukai petualangan yang menantang, objek wisata Goa Urang Grobogan ini benar – benar sangat pas untuk Anda.

Lokasi Goa Urang Grobogan ada di Dusun Guwo, Desa Kemahdobatur, Kec. Tawangharjo, Kab. Grobogan, Jawa Tengah.

Untuk masuk ke goa ini Anda sebenarnya tidak perlu mengeluarkan uang tiket masuk sama sekali.

Hanya saja, karena akses lokasinya yang sulit untuk bisa sampai ke bagian dalamnya Anda harus melakukan susur sungai yang mana membutuhkan peralatan safety yang harus disewa.

8. Wisata Api Abadi Mrapen

Wisata Api Abadi Mrapen via Grobogannews

Wisata Api Abadi Mrapen via Grobogannews

Tempat wisata di Grobogan yang selanjutnya adalah Wisata Api Abadi Mrapen. Wisata Api Abadi Mrapen mirip dengan wisata Kayangan Api yang ada di Kab. Bojonegoro.

Tempat wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa api abadi yang tidak pernah mati walaupun diguyur air hujan sekalipun.

Menurut informasi yang beredar api abadi di tempat ini tidak mati walaupun terguyur air hujan karena semburan gas alam dari dalam tanah yang tidak pernah berhenti.

Karena semburan gasnya tidak pernah berhenti, maka secara otomatis nyala apinya pun juga menjadi tidak pernah berhenti.

Selain unik, api abadi yang terletak di Desa Manggarmas, Kec. Odong, Kab. Grobogan, Jawa Timur ini juga memiliki sejarah yang cukup membanggakan lho!

Di Tahun 1963 api abadi di tempat ini pernah digunakan sebagai sumber api untuk menyalakan obor Pesta Olahraga Internasional Ganefo.

Sekitar 20 tahun setelahnya, tepatnya pada Tahun 1983, api abadi ini kembagi digunakan untuk menyalakan obor Pesta Olahraga Nasional dan Pesta Olahraga Regional.

Walaupun nama objek wisata api abadi Mrapen ini sudah sangat terkenal, namun tiket masuknya tidak serta merta menjadi mahal.

Untuk masuk, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 2.500 saja.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini?

Jika ya, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di malam hari, yaitu ketika nyala api abadi Mrapen bisa terlihat dengan sangat jelas.

Artikel terkait: Objek Wisata di Batang Jawa Tengah

9. Air Terjun Gulingan

Air Terjun Gulingan via Beritasatu

Air Terjun Gulingan via Beritasatu

Pernah Mendengar Air Terjun Sewu di Kulon Progo? Nah, di Kab. Grobogan ada objek wisata berbentuk air terjun yang sangat mirip dengan air terjun tersebut. Namanya adalah Air terjun Gulingan.

Air Terjun Gulingan berlokasi di Desa Sedayu, tepatnya di Dusun Sandi, Kab. Grobogan.

Berbeda dengan kebanyakan air terjun di daerah – daerah lainnya yang hanya menawarkan daya tarik berupa air terjun saja, selain menawarkan daya tarik utama berupa air terjun yang eksotis, tempat ini juga menawarkan berbagai macam aktivitas wisata menarik lainnya, seperti olahraga offroad, MTB, canyoning, dll.

Khusus untuk Anda yang hobi fotografi, air terjun ini juga memiliki banyak spot indah yang sangat pas untuk dijadikan sebagai latar belakang untuk mengambil foto.

Terletak di dataran tinggi, udara di sekitar air terjun ini masih terasa sejuk dan segar.

Untuk air terjunnya sendiri sebenarnya tidak terlalu tinggi dan deras. Namun karena alirannya bercabang – cabang, air terjun ini menjadi terlihat lebih cantik dan juga lebih eksotis.

Untuk masuk ke objek wisata air terjun ini pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang tiket masuk sebesar Rp. 3.000 saja per orang.

10. Air Terjun Widuri

Air Terjun Widuri via Doelbaca

Air Terjun Widuri via Doelbaca

Tempat piknik di Grobogan yang selanjutnya adalah Air Terjun Widuri. Air Terjun Widuri berlokasi di Kec. Tawangharjo, tepatnya di Desa Batur, Kab. Grobogan.

Air terjun ini tergolong sebagai salah satu air terjun tersembunyi yang belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Karena jarang dikunjungi wisatawan, kondisi air terjun ini benar – benar masih sangat asri dan alami.

Aliran airnya benar – benar sangat bersih dan jernih.

Karena tidak terlalu tinggi, aliran air terjun ini cenderung tidak terlalu deras.

Jika dilihat dari kejauhan, aliran airnya akan terlihat seperti awan yang jatuh dari atas ketinggian.

Selain menawarkan daya tarik utama berupa air terjun yang luar biasa eksotis, air terjun ini ternyata juga sarat akan sejarah lho.

Kabarnya air terjun ini merupakan lokasi tempat bertemunya Nawang Wulan (yang diyakini merupakan seorang bidadari) dengan Jaka Tarub.

Walaupun lokasi air terjun ini agak tersembunyi, namun fasilitasnya sudah tergolong cukup lengkap.

Hebatnya, tiket masuk ke air terjun ini dibanderol dengan harga yang sangat murah, yaitu hanya Rp. 3.000 saja per orang.

11. Objek Wisata Jati Pohon Indah

Objek Wisata Jati Pohon Indah via Jasafotovideogrobogan

Objek Wisata Jati Pohon Indah via Jasafotovideogrobogan

Objek Wisata Jati Pohon berlokasi di Desa Sumber Jatipohon, Kec. Grobogan, Kab. Grobogan, Jawa Tengah.

Objek wisata ini merupakan salah satu tempat nongkrong di Grobogan yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama yang berasal dari kalangan anak muda.

Terletak di areal pegunungan utara Purwodadi, Objek Wisata Jati Pohon memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang luar biasa indah.

Dari objek wisata ini Anda dapat menikmati keindahan Kota Purwodadi dari atas ketinggian.

Untuk menunjang aktivitas wisata di tempat ini, pengelolanya telah menyediakan berbagai macam fasilitas wisata.

Dari mulai gardu pandang, tempat pemancungan, sampai dengan bumi perkemahan, semuanya telah disiapkan oleh pihak pengelola demi menghadirkan pengalaman wisata yang benar – benar memuaskan.

Uniknya, walaupun telah dilengkapi dengan segudang fasilitas wisata, tiket masuk ke objek wisata Jati Pohon tidak serta – merta menjadi mahal. Alih – alih menarik uang tiket masuk yang mahal, pengelola hanya meminta uang retribusi sebesar Rp. 2.000 saja per orang.

12. Objek Wisata Lumpur Kesongo

Objek Wisata Lumpur Kesongo via Okezone

Objek Wisata Lumpur Kesongo via Okezone

Tempat rekreasi di Grobogan yang berikutnya adalah objek wisata Lumpur Kesongo. Objek Wisata Lumpur Kesongo merupakan objek wisata yang sangat unik.

Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa letupan lahar dingin yang akan terjadi jika dipicu dengan menggunakan susu cair.

Biasanya, saat berkunjung ke objek wisata ini, pengunjung akan menyempatkan diri untuk melakukan ritual unik menuangkan susu cair ke dalam kawah lumpur di titik keraton.

Menurut kepercayaan yang beredar di masyarakat setempat, letupan yang akan muncul dari aktivitas di atas merupakan gambaran tentang besarnya keinginan pengunjung untuk mewujudkan cita – cita yang diinginkannya.

Selain letupan di titik Keraton, ada satu lagi fenomena unik di tempat ini yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Fenomena unik tersebut bernama luapan Kurdo.

Luapan kurdo ini cenderung memiliki daya luang yang jauh lebih besar dari daya luap di titik keraton.

Kabarnya luapan di titik ini pernah memakan korban berupa puluhan burung yang bersarang di sekitar lokasinya.

Anehnya, alih – alih dihindari, sebagian orang justru tertarik untuk melihat luapan di titik Kurdo. Biasanya burung yang mati terkena luapan lahar akan dijadikan sebagai lauk untuk makan.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk melihat luapan lahar dingin di tempat ini? Jika ya, lokasi objek wisata ini ada di Kec. Gabusan, Kab. Grobogan, Jawa Tengah.

13. White Canyon

White Canyon via @hansphotoart

White Canyon via @hansphotoart

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan objek wisata Green Canyon bukan? Nah, di Kab. Grobogan ada objek wisata yang mirip dengan Green Canyon di Amerika.

Bedanya, Canyon di Kab. Grobogan tidak berwarna hijau, melainkan berwarna putih, sehingga masyarakat sekitar tempat ini pun menamainya objek wisata White Canyon.

Objek Wisata White Canyon terletak di Desa Mrisi, Kec. Tanggungharjo, Kab. Grobogan.

Dulunya tempat ini merupakan lokasi penambangan kapur. Belakangan, setelah aktivitas penambangan kapur di tempat ini dihentikan, tempat ini menjadi ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Di tempat ini, Anda dapat menikmati pemandangan unik berupa canyon berwarna putih keemasan.

Selain itu, saat cuaca sedang cerah Anda juga bisa menikmati indahnya fenomena sunset di ufuk barat.

Bagaimana? Sangat menarik bukan?

14. Kalibiru Grobogan

Kalibiru Grobogan via @ahlanprasetya

Kalibiru Grobogan via @ahlanprasetya

Lho, bukannya objek wisata Kalibiru terletak di Kab. Kulon Progo ya? Ya, objek wisata yang akan kita bahas ini memang memiliki nama yang sama dengan salah satu objek wisata terkenal di Kab. Kulon Progo.

Objek wisata ini merupakan telaga yang memiliki air sangat jernih berwarna kebiruan.

Nah, karena dalam bahasa Jawa, sungai sering disebut dengan nama Kali, akhirnya oleh masyarakat setempat tempat wisata ini diberi nama Kalibiru.

Objek Wisata Kalibiru Grobogan memiliki daya tarik utama berupa air yang jernih dan berwarna kebiruan.

Di sini Anda dapat bersantai sembari berendam dan berenang dengan leluasa.

Selain itu, Anda juga bisa berburu foto dengan latar belakang kali biru atau bebatuan kuning di areal pinggirannya.

Sangat menarik bukan?

Jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata ini, lokasinya ada di Desa Pandan Harum, Kec. Gabung, Kab. Grobogan, Jawa Tengah.

Untuk masuk ke objek wisata ini Anda tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam.

Cukup sediakan uang tiket masuk sebesar Rp. 10.000, Anda sudah bisa mandi dan berenang di kali ini sepuasnya.

15. Kedung Kempul

Kedung Kempul via @yuan_aji

Kedung Kempul via @yuan_aji

Tempat jalan – jalan di Grobogan yang selanjutnya adalah Kedung Kempul. Kedung Kempul berlokasi di Desa Sedayu, Kec. Grobogan, Kab. Grobogan, Jawa Tengah.

Kedung ini menawarkan daya tarik utama berupa kawasan perairan berbentuk kedung yang dipenuhi dengan air yang bersih dan jernih.

Di kedung ini Anda bisa berendam, berenang, dan bermain air hingga puas.

Jika mau dan memiliki nyali, Anda juga bisa melompat dari atas batu yang ada di kedung ini.

Fasilitas wisata yang tersedia di Kedung Kempul sudah tergolong cukup bagus dan memadai. Dari mulai kamar mandi, mushola, sampai dengan penginapan, semuanya sudah tersedia.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjunginya? Jika ya, Anda hanya perlu menyediakan uang tiket masuk sebesar Rp. 5.000 saja per orang.

16. Sendang Coyo Grobogan

Sendang Coyo Grobogan via Grobogannews

Sendang Coyo Grobogan via Grobogannews

Masih terkait dengan pemandian alami, ada satu lagi objek wisata berbentuk pemandian alami yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu objek wisata Sendang Coyo Grobogan.

Sendang Coyo Grobogan berlokasi di kec. Pulokulon, tepatnya di Desa Mlowo Karang Talun, Kab. Grobogan, Jawa Tengah.

Sendang ini memiliki air yang cukup jernih berwarna kehijauan.

Menurut informasi yang beredar, sendang ini merupakan salah satu peninggalan Sunan Kalijaga, dimana air yang ada di sendang ini berasal dari aliran air yang keluar dari lubang hasil tancapan tongkat Sunan kalijaga.

Uniknya, dalam kondisi kemarau panjang sekalipun, sendang ini tidak pernah mengalami kekeringan sama sekali.

Secara keseluruhan, aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sendang ini tergolong tidak terlalu banyak.

Biasanya mayoritas wisatawan yang datang hanya sekedar mandi, berenang, dan berfoto – foto di lokasi sekitar.

Fasilitas wisata yang tersedia di Sendang Coyo Grobogan sudah tergolong cukup lengkap dan memadai. Padahal tiket masuk ke tempat ini tergolong sangat murah, yaitu cuma Rp. 3.000 saja.

17. Tugu Lasi

Tugu Lasi

Tugu Lasi

Tempat wisata di Grobogan yang satu ini berlokasi di Desa Mrisi, Kec. Tanggung Rejo, Kab. Grobogan, Jawa Tengah.

Tempat ini sebenarnya bukan merupakan tempat wisata, melainkan merupakan lokasi penambangan batu yang masih beroprasi sampai sekarang.

Tugu ini menawarkan daya tarik utama berupa areal bebatuan yang unik dan mirip seperti pemandangan di objek wisata White Canyon.

Di hari normal, Tugu Lasi dapat disambangi kapan saja tanpa perlu membayar uang tiket masuk.

Walaupun begitu, waktu terbaik untuk berkunjung ke objek wisata ini adalah di sore hari, yaitu saat tugu ini dipenuhi oleh kawanan kelelawar.

18. Danau Resto Purwodadi

Danau Resto Purwodadi via @anggadwp28

Danau Resto Purwodadi via @anggadwp28

Objek wisata yang satu ini berlokasi di Jl. Gajahmada Kuripan, Kec. Purwodadi, Kab. Grobogan, Jawa Tengah.

Danau ini merupakan danau buatan yang masih cukup baru (mulai dioperasikan di pertengahan Tahun 2016).

Di sini, Anda dapat menikmati berbagai macam fasilitas wisata yang cukup menghibur, seperti Bioksop 3D, kolam ikan hiu, water park, rumah kaca, dan badan pesawat Boeing 737 yang digunakan sebagai wahana edukasi.

Selain itu, ada juga restoran unik yang mengusung konsep semi tradisional modern. Restoran ini menawarkan berbagai macam olahan kuliner super lezat dengan harga yang relatif cukup mahal (nasi goreng dihargai sebesar Rp. 20.000 – an).

Di hari normal, objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 10 malam.

Untuk menikmati fasilitas wisata di resto ini, Anda harus membayar biaya tiket masuk dengan besaran yang berbeda – beda, bergantung fasilitas yang ingin digunakan.

19. Kolam Renang Ayodya

Kolam Renang Ayodya

Kolam Renang Ayodya

Kolam Renang Ayodya terletak di Pusat Kota Purwodadi, tepatnya di Kompleks SPBU Nglejok, Jl. Ahmat Yani No. 1, Purwodadi, Porong, Kuripan, Kab Grobogan, Jawa Tengah.

Kolam renang ini telah dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan khusus untuk anak – anak, seperti splash bucket, family slide, twin slide, serta sebuah jacuzzi dengan atraksi utama sebuah tower slider dengan tinggi 7 meter untuk memicu adrenalin.

Di sini Anda bisa berenang dan bermain air sepuasnya. Selain itu, Anda juga bisa menikmati seluruh fasilitas / wahana yang tersedia.

Di hari normal, kolam renang ini dibuka untuk umum setiap hari selasa sampai minggu dari mulai pukul 7 pagi sampai pukul 5 sore.

Untuk bisa menikmati seluruh fasilitas dan wahana permainan yang ada di tempat ini, Anda hanya perlu menyediakan uang sebesar Rp. 18.000 per orang.

20. Desa Wisata Banjarejo

Desa Wisata Banjarejo via Grobogan

Desa Wisata Banjarejo via Grobogan

Tempat wisata di Grobogan yang selanjutnya adalah Desa Wisata Banjarejo.

Desa Wisata Banjarejo merupakan salah satu tempat terbaik yang dapat dikunjungi untuk mempelajari fosil dan sejarah peradaban.

Di desa ini ada objek wisata bernama Rumah Fosil Banjarejo yang berisi beranekaragam fosil makhluk hidup.

Di sini Anda bisa mempelajari beraneka jenis fosil makhluk hidup sembari berfoto dengan latar belakang fosil – fosil yang ada di sini.

Jika beruntung, Anda juga bisa melihat pagelaran festival jerami yang memang sengaja diadakan untuk menarik minat wisatawan, terutama yang berasal dari luar daerah.

Lokasi Desa Wisata Banajrejo ada di Kec. Gabus, Kab. Grobogan, Jawa Tengah.

Bila Anda ingin berkunjung ke desa wisata ini Anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang.

21. Bendungan Klambu

Bendungan Klambu via @endeng_photo.art

Bendungan Klambu via @endeng_photo.art

Bendungan Klambu terletak di Desa Penganten, Kec. Klambu, Kab. Grobogan, Jawa Tengah.

Bendungan ini sejatinya bukan merupakan tempat wisata, melainkan merupakan bendunganuntuk kebutuhan irigasi di Kab. Grobogan.

Karena bentuk bendungan ini cukup unik, banyak wisatawan yang mengunjunginya sebagai tempat untuk berfoto.

Akhirnya, lama kelamaan, bendungan ini mulai dikenal sebagai tempat wisata.

Berstatus sebagai fasilitas umum, Bendungan Klambu dapat dikunjungi kapan saja tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke bendungan ini, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah di pagi hari atau sore hari, yaitu saat sinar matahari tidak terlalu menyengat.

22. Waduk Gambringan

Waduk Gambringan via @Wisatagrobogan

Waduk Gambringan via @Wisatagrobogan

Khusus untuk Anda yang hobi memancing, di Grobogan ada sebuah spot mancing gratis yang cukup menarik untuk dikunjungi.Spot mancing gratis tersebut bernama Waduk Garbingan.

Waduk Gambringan terletak di Desa Tambirejo, Kec. Toroh, Kab. Grobogan.

Waduk ini merupakan waduk penampungan air yang difungsikan sebagai pengendali air untuk kebutuhan irigasi persawahan.

Kondisi perairan yang bersih membuat waduk ini banyak ditinggali oleh ikan air tawar. Karena ikan air tawarnya cukup banyak, waduk ini akhirnya mulai ramai dikunjungi oleh para pecinta olahraga pancing.

Selain cocok untuk dijadikan sebagai spot untuk memancing, Waduk Garbingan juga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk menikmati fenomena sunset di sore hari.

Dari waduk ini fenomena sunset di ufuk barat dapat terlihat dengan sangat jelas.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjunginya?

Jika ya, Anda bisa datang ke waduk ini kapan pun Anda mau secara cuma – cuma.

23. Masjid K.H. Burham

Masjid K.H. Burham

Masjid K.H. Burham

Masjid K.H Burham terletak di Desa Jenglong, Kec. Purwodadi, Kab. Grobogan, Jawa tengah.

Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua sekaligus masjid paling bersejarah di Kab. Grobogan.

Proses pendirian masjid ini diinisiasi oleh salah seorang tokoh agama yang sangat berjasa dalam proses perkembangan agama Islam di Daerah Grobogan.

Secara keseluruhan, bentuk bangunan masjid ini tergolong biasa – biasa saja dan tidak ada istimewanya sama sekali.

Arsitektur bangunan yang diusung adalah arsitektur khas tradisional jawa dengan ciri khas utama berupa atap berbentuk limas.

Berstatus sebagai masjid yang notabene adalah fasilitas umum, masjid ini dapat dikunjungi kapan saja dan oleh siapa saja secara cuma – cuma.

24. Cindelaras

Cindelaras via Kompas

Cindelaras via Kompas

Tempat wisata di Grobogan yang selanjutnya adalah Cindelaras. Cindelaras merupakan objek wisata berupa alam terbuka hijau yang berlokasi di Kec. Toroh, tepatnya di Desa bandungharjo, Kab. Grobogan jawa Timur.

Objek wisata ini terletak di kawasan waduk Garbingan. Dari tempat ini, keindahan waduk Garbingan bisa dilihat dengan sangat jelas. Karena masih baru, objek wisata Cindelaras masih sangat minim fasilitas.

Walaupun begitu, karena pemandangan alam yang ditawarkannya sangat bagus, tempat ini tetap ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama oleh para pecinta aktivitas kemah.

Jika Anda merupakan pecinta aktivitas kemah, tempat wisata ini benar – benar sangat pas untuk Anda.

25. Taman Remaja Pungkruk

Taman Remaja Pungkruk via Tripjalanjalan

Taman Remaja Pungkruk via Tripjalanjalan

Taman Remaja Pungkluk terletak di Daerah Kedung Jati, Kab. Grobogan. Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa tempat nongkrong kekinian berkonsep alami.

Di sini Anda dapat duduk – duduk santai sembari menikmati indahnya pemandangan alam sekitar yang didominasi oleh kawasan pepohonan.

Selain itu, Anda juga bisa berfoto di beberapa spot foto yang disediakan oleh pihak pengelola.

Di hari normal objek wisata ini dibuka untuk umum selama 24 jam non stop.

26. Agrowisata Kebun Blimbing Grobogan

Agrowisata Kebun Blimbing Grobogan

Agrowisata Kebun Blimbing Grobogan

Agrowisata Kebun Blimbing Grobogan terletak di Desa Tawangharjo, Kec. Tarub. Kab. Grobogan, Jawa Tengah.

Agrowisata ini menawarkan daya tarik utama berupa wisata petik belimbing secara langsung di kebun.

Selain itu, Anda juga bisa belajar berbagai macam hal terkait komoditi belimbing, seperti: belajar cara membedakan buah belimbing yang bagus dan kurang bagus, belajar cara budidaya pohon belimbing, belajar cara memetik buah belimbing yang benar, dll.

Untuk masuk ke agrowisata ini pengunjung tidak perlu membayar biaya tiket masuk.

Selain itu, jika ingin membeli buah belimbing, harganya juga sangat murah, yaitu hanya Rp. 12.000 saja per kg.

27. Makam Ki Ageng Selo

Makam Ki Ageng Selo via Youtube

Makam Ki Ageng Selo via Youtube

Tempat wisata di Grobogan yang berikutnya adalah Makam Ki Ageng Selo. Makam Ki Ageng Selo berlokasi di Desa Selo, Kec. Tawang Harjo, Kab. Grobogan, Jawa Tengah.

Makam ini merupakan salah satu objek wisata religi terpopuler di Kab. Grobogan.

Menurut informasi yang beredar, Ki Ageng Selo merupakan salah satu tokoh masyarakat yang sangat berjasa di Kab. Grobogan.

Karena jasanya yang luar biasa banyak, Beliau sangat dihormati oleh masyarakat Grobogan. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah wisatawan yang berziarah di makam ini.

28. Waterboom Mulia Klambu

Waterboom Mulia Klambu via Infowisatagrobogan

Waterboom Mulia Klambu via Infowisatagrobogan

Tempat wisata di Grobogan selanjutnya adalah waterboom mulia klambu yang cocok untuk anda jadikan tempat mandi-mandi bersama keluarga. Jadi, kalau liburan kesini kalian kudu membawa pakaian ganti ya.

Lokasi waterboom mulia klambu ini berada di Jl. Purwodadi-Kudus KM. 18 Desa Klambu, Kecamatan Klambu, Grobogan.

Waterbom ini memiliki banyak wahana permainan, baik untuk anak-anak muapun orang dewasa. Terdapat kolam renang anak-anak, kolam renang dewasa, aneka permainan air, beberapa gazebo, kamar ganti, loker barang, musholla, kantin, persewaan pelampung, dan minimarket serta fasilitas penunjang lainnya.

Tidak heran jika waterboom ini selalu ramai oleh wisatawan, terutama pada saat akhir pekan atau saat musim liburan. Jadi tunggu apalagi, yuk ajak anak dan keluarga liburan ke waterboom mulia klambu ini.

29. Waterpark ‘n Snow Gubug

Waterpark ‘n Snow Gubug via Tripjalanjalan

Waterpark ‘n Snow Gubug via Tripjalanjalan

Tempat wisata keluarga di Grobogan berikutnya adalah Waterpark ‘n Snow Gubug. Waterpark ini juga sangat seru untuk kamu jadikan tempat liburan bersama keluarga lho.

Waterpark ini memiliki 4 jenis kolam renang yang dibedakan berdasarkan ketinggian air dan tingkatan usia. Design interior wahana ini sangat menarik dan menyenangkan.

Oh ya son, bukan hanya namanya saja ‘snow’, disini memang terdapat tempat yang dibuat mirip sekali seperti di arena salju. Membuat pengunjung seolah-olah berada di area salju. Pasti sangat seru sekali bisa liburan ke waterpark ‘n sno gubug ini.

30. Master Park Purwodadi

Master Park Purwodadi via Grobogannews

Master Park Purwodadi via Grobogannews

Masih berupa waterpark, anda juga bisa mengunjungi masterpark Purwodadi yang terletak di di Jl. Gajah Mada Purwodadi.

Waterpark yang baru beroperasi sejak April 2016 ini memiliki wahana permaianan yang lengkap sehingga tidak heran kalau menjadi salah satu destinasi liburan keluarga saat akhir pekan.

Selain wahana waterpark yang lengkap, masterpark yang berdiri di lahan 4 hektar ini juga mengusung tema wisata kuliner yang lezat. Serta wahana bermain simulasi pesawat serta bioskop tiga dimensi.

Oh ya sob, disini ada kolam untuk balita, kolam permainan anak, kolam arus, dan kolam dewasa. Selain taman air, terdapat juga wahana rumah “aku ingin pintar” yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk wisata edukasi bersama anak.

Di dalam wahana rumah “aku ingin pintar” ini terdapat ensiklopedi pengetahuan yang mudah dipelajari oleh anak-anak.

31. Arung Jeram Grobogan

Arung Jeram Grobogan Foto Oleh Abdul Rozak

Arung Jeram Grobogan Foto Oleh Abdul Rozak

Kamu suka dengan hal-hal yang memacu adrenalin? Nah, di Grobogan ternyata juga ada wahana arung jeram lho. Kamu bisa mengetes seberapa besar adrenalin kamu di derasnya arus sungai Tuntang di Kecamatan Kedungjati.

Wahana yang sudah beroperasi sejak September 2016 ini dikembangkan oleh anak-anak muda sekitar dengan membentu komunitas Dharma Raja Adventure.

Kamu bisa mencoba arung jeram (rafting) dengan jarak tempuh sekira 16 km dengan masa tempuh sekitar 2,5 jam. Kamu akan ditantang untuk menaklukan Wisata petualangan air sungai Tuntang ini sunggung menantang, dengan jalur yang relatif aman, grade arung jeram  II-IV, serta didukung arus yang cukup deras.

32. Wisata Tengah Sawah (WTS)

Wisata Tengah Sawah (WTS) Foto Oleh Kang Asti

Wisata Tengah Sawah (WTS) Foto Oleh Kang Asti

Tempat wisata di Grobogan yang selanjutnya adalah wisata tengah sawah yang terletak di jalan raya Semarang- Purwodadi, tepatnya di Jl. A. Yani, Perumahan Kampung Baru, Gubug, Kabupaten Grobogan.

Dinamai wisata tengah sawah karena memang lokasi objek wisata yang satu ini berada di tengah persawahan. Dan untuk menuju ke objek wisata ini anda harus melewati jalan dua tapak sekitar 200 meter melewati perumahan kampung baru.

Disini anda akan disuguhkan oleh berbagai wahan seru mulai dari becak air dan aneka permainan seperti motor trail, otoped injak, kereta api, ATV, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa mengabadikan momen untuk foto profilmu di berbagai spot yang instagrammable disini lo. Ada banyak spot yang memiliki latar tulisan-tulisan berisi pesan-pesan yang unik.  Seperti “Jauh di Mata, Dekat di Hati, Berat di Pulsa”; “Aku Tanpa Kamu? Biasa Aza tuh…!”; “I Miss You”; “Umpomo Fotomu Ora Editan, Opo sih Ayu Yo”; “Urip Dipaido, Mati Ditangisi, Waras Dilarani, Piye Jal?”, dan lain-lain banyak lagi.

33. Grojogan Jati Anom

Grojogan Jati Anom via Youtube

Grojogan Jati Anom via Youtube

Alamat: Ngulakan, Sumber Jatipohon, Kec. Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

34. Waduk Butak

Waduk Butak

Waduk Butak

Alamat: Butak, Pakis, Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

35. Bendungan Glapan Munir

Bendungan Glapan Munir via Infocilangkap

Bendungan Glapan Munir via Infocilangkap

Alamat: Gelapan, Gubug, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

36. Waduk Sidorejo

Waduk Sidorejo via Areasoloraya

Waduk Sidorejo via Areasoloraya

Alamat: Area Sawah / Kebun, Sobo, Geyer, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

37. Bendungan Dumpil

Bendungan Dumpil via Jalanwisata

Bendungan Dumpil via Jalanwisata

Alamat: Area Sawah, Ngaraparap, Ngaringan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

38. Wisata Air Terjun Taruman

Wisata Air Terjun Taruman via Grobogantoday

Wisata Air Terjun Taruman via Grobogantoday

Alamat:  Taruman, Klambu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

39. Sendang Keongan

Sendang Keongan via Tripjalanjalan

Sendang Keongan via Tripjalanjalan

Alamat: Penganten, Klambu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

40. Grojogan Kinasih

Grojogan Kinasih via Grobogantoday

Grojogan Kinasih via Grobogantoday

Alamat: Jl. Tegalrejo Wirosari, Karangasem, Wirosari, Kabupaten Grobogan

41. Air Terjun Nganyongan

Air Terjun Nganyongan via Grobogantoday

Air Terjun Nganyongan via Grobogantoday

Alamat: Karangasem, Wirosari, Karangasem, Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

42. Puncak Pelangi Gunung Ulo

Puncak Pelangi Gunung Ulo via @ririnsipit

Puncak Pelangi Gunung Ulo via @ririnsipit

Alamat: Desa Dokoro, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

43. Menara Simpang Lima

Menara Simpang Lima via @singgih.foto

Menara Simpang Lima via @singgih.foto

Alamat: Simpang Utara, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah 58111

44. Air Terjun Watu Ondo

Air Terjun Watu Ondo via Tripjalanjalan

Air Terjun Watu Ondo via Tripjalanjalan

Alamat: Ds. Lebak, Dsn. Welahan, Lebak, Kec. Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah 58152

45. Air Terjun Bengkat

Air Terjun Bengkat via Googleplus

Air Terjun Bengkat via Googleplus

Alamat: Desa Taruman, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan

46. Kedung Tlawah

Kedung Tlawah via Wisata-grobogan

Kedung Tlawah via Wisata-grobogan

Berada di Desa Sedayu, Kecamatan Grobogan.

47. Grojogan Ngrandu

Grojogan Ngrandu via Grobogantoday

Grojogan Ngrandu via Grobogantoday

Alamat: Desa Lebengjumuk, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan

***

Nah, itulah sedikit informasi mengenai daftar tempat wisata di Grobogan, Jawa Tengah yang dapat kami bagikan kepada Anda. Akhir kata, selamat jalan – jalan dan semoga perjalanan wisata Anda bisa berjalan dengan aman dan menyenangkan ya!

Kunjungi juga yuk: Tempat Wisata di Kendal Jawa Tengah

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!