41 Tempat Wisata di Pasuruan Jawa Timur

Pasuruan merupakan salah satu wilayah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berbatasan secara langsung dengan Kota Surabaya.

Dari Kota Surabaya, Kabupaten Pasuruan hanya berjarak sekitar 60 km dan dapat ditempuh dalam kurun waktu sekitar 1 jam perjalanan memakai kendaraan bermotor.

Di dunia pariwisata, nama Kabupaten Pasuruan memang tidak sebesar Kabupaten Malang ataupun Kota Batu.

Alih – alih terkenal sebagai Kabupaten Wisata, Kab. Pasuruan lebih dikenal sebagai kabupaten penopang pertanian dan industri.

Walaupun begitu, bukan berarti kabupaten ini tidak memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi lho ya!

Di kabupaten ini sebenarnya ada banyak spot wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari mulai tempat wisata berbentuk coban, tempat wisata berbentuk taman safari, sampai dengan tempat wisata berbentuk kawasan pegunungan, semuanya tersedia di kabupaten ini.

Tempat Wisata di Pasuruan Jawa Timur

Bila dalam waktu dekat Anda berencana untuk berkunjung ke Kab. Pasuruan atau Anda merupakan penduduk Kab. Pasuruan, berikut merupakan daftar objek wisata di Pasuruan yang menarik dan rekomended untuk dikunjungi di waktu luang bersama dengan keluarga, kerabat, dan pasangan:

1. Kawasan Tretes

Kawasan Tretes via @yoiki_pasuruan

Kawasan Tretes via @yoiki_pasuruan

Tretes merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Kab. Pasuruan. Tempat wisata yang berlokasi di Kec. Prigen, Kab. Pasuruan, Prov. Jawa Timur ini menawarkan daya tarik utama berupa udara pegunungan yang sejuk dan pemandangan alam sekitar yang sangat eksotis.

Bisa dibilang tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik di Pasuruan yang bisa dikunjungi untuk melepas penat dan rasa bosan.

Saat berkunjung ke tempat ini Anda bisa bersantai sembari menikmati indahnya alam pegunungan di kaki Gunung Wlirang dan Gunung Arjuna.

Mirip seperti kawasan Puncak di Kab. Bogor, di Tretes ada banyak villa dan tempat penginapan yang ditawarkan dengan harga bervariasi.

Dari mulai penginapan yang murah dengan fasilitas pas – pasan, sampai dengan penginapan yang mahal dengan fasilitas super lengkap, semuanya sudah tersedia dan siap untuk dipesan.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini, objek wisata ini dibuka untuk umum selama 24 jam non stop 7 hari dalam seminggu.

Biasanya Tretes ramai dikunjungi wisatawan di hari libur dan akhir pekan. Untuk itu, jika Anda tidak suka keramaian atau pun ingin bisa menikmati tempat ini dengan lebih leluasa, Anda kami sarankan untuk berkunjung ke objek wisata ini di hari biasa / hari kerja.

Alamat: Kec. Prigen, Kab. Pasuruan, Prov. Jawa Timur

2. Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen via @farisalbaihaqi

Taman Safari Prigen via @farisalbaihaqi

Sama seperti Tretes, Taman Safari Prigen juga berlokasi di daerah Prigen. Di taman safari ini Anda bisa melihat dan berinteraksi secara langsung dengan beraneka jenis satwa liar, seperti gajah, harimau, rusa, kuda, dll.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai macam pameran dan atraksi yang disediakan oleh pengelola, seperti: Exhibit Hipo, Aquatic Land, Baby Zoo, Dolphin Bay, dll.

Untuk Anda yang membawa mobil pribadi, Anda diperbolehkan berkeliling area taman safari dengan menggunakan mobil pribadi Anda. Sedangkan untuk yang tidak membawa mobil pribadi, Anda dapat berkeliling lokasi taman safari dengan menggunakan fasilitas bus yang disediakan oleh pihak pengelola.

Lokasi Taman Safari Prigen ada di Desa Jatiarjo RT. 12, RW. 06, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Taman ini beroperasi setiap hari dari mulai pukul 08.30 sampai dengan pukul 16.45.

Untuk masuk ke taman ini Anda harus membayar biaya tiket masuk sekitar Rp. 70.000 sampai dengan Rp. 140.000 per orang.

Untuk detail harga tiketnya yaitu, pihak pengelola taman Safari Prigen menyediakan 3 jenis paket, yaitu:

  • Tiket pertama adalah Tiket Badak Unlimited (gelang hitam) dengan harga Senin-Jumat sebesar Rp. 115.000, Sabtu-Minggu Rp. 135.000 dan untuk wisatawan asing sebesar Rp. 160.000. Adapaun fasiltias yang akan anda dapatkan berupa safari adventure, 10 education show, 21 wahana permainan (unlimited), dan safari water world (gratis sewa pelampung).
  • Sementara untuk paket yang kedua dinamai Tiket Badak (gelang merah) dengan harga pada hari Senin-Jumat sebesar  Rp. 100.000 sedangkan pada hari Sabtu-Minggu sebesar Rp. 120.000. Untuk wisatwan asing seharga Rp. 145.000. Dengan paket ini anda akan mendapatkan fasilitas berupa safari adventure, 10 education show, 21 wahana permainan, dan safari water world.
  • Sementara untuk paket yang ketiga dinamai Tiket Rusa (tiket reguler) dengan harga pada weekdays atau hari Senin-Jumat sebesar Rp. 70.000, sedangkan pada weekend atau hari  Sabtu-Minggu seharga Rp. 80.000. Untuk wisatawan asing sebesar Rp. 120.000. Buat Ibu-Ibu yang membawa anak di bawah 5 tahun pada weekday cukup membayar Rp. 65.000 sedangkan saat weekend Rp. 75.000. Anda akan mendapatkan fasilitas berupa safari adventure dan 10 ducation show.

Kira-kira anda mau beli paket yang mana sob? Silahkan anda tentukan sendiri ya, karena ada harga ada rupa. Hehehe

Alamat: Desa Jatiarjo RT. 12, RW. 06, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

3. Pantai Lekok

Pantai Lekok via @mukhlishidayat89

Pantai Lekok via @mukhlishidayat89

Berbicara tentang pantai, Apa yang terbayang di benak Anda pertama kali? Pasir pantai yang lembut? Atau malah dentuman ombak yang menantang?

Nah, objek wisata pantai di Pasuruan yang satu ini tidak hanya sekedar menawarkan “hal mainstream” tersebut.Lebih dari itu, pantai ini juga menawarkan daya tarik lain yang luar biasa unik, yaitu olah raga ski lot.

Olah raga ski lot merupakan olah raga khas nelayan Pantai Lekok yang dilakukan dengan cara meluncur di atas lumpur. Perlombaan olahraga ski lot ini dilakukan secara rutin oleh masyarakat setempat saat hari raya ketupat. Untuk itu, jika Anda ingin menikmatinya, Anda harus berkunjung ke pantai ini tepat di hari raya ketupat.

Lokasi Pantai Lekok ada di Daerah Pengaletan, Jatirejo, Kec. Lekok, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. Pantai ini dapat dikunjungi kapan saja tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

Sayangnya, walaupun bisa dikunjungi secara cuma – cuma, namun fasilitas dan akses jalan menuju ke pantai ini masih tergolong kurang memadai. Untuk itu, jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini, jangan berharap Anda bisa mendapatkan fasilitas yang lengkap ya!

Alamat: Daerah Pengaletan, Jatirejo, Kec. Lekok, Kab. Pasuruan, Jawa Timur

4. Gunung Bromo

Gunung Bromo via @explorepasuruan

Gunung Bromo via @explorepasuruan

Mayoritas dari Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan objek wisata yang satu ini bukan?

Gunung yang terletak di perbatasan kab. Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, dan Malang ini merupakan salah satu objek wisata paling populer di Provinsi Jawa Timur.

Di sini Anda dapat menikmati indahnya pemandangan alam berupa kawah gunung yang masih aktif lengkap dengan padang pasir yang sangat luas.

Berbeda dengan kebanyakan wisata gunung lainnya, wisata Gunung Bromo benar – benar sangat mudah untuk diakses.

Untuk bisa sampai ke puncak bukit ini, Anda sama sekali tidak perlu melakukan aktivitas trekking selama berjam – jam dan hanya perlu menaiki anak tangga yang telah disiapkan oleh pengelola.

Selain menikmati indahnya panorama alam berupa kawah Gunung Bromo yang masih aktif, Anda juga bisa berkeliling dengan menggunakan kuda sewaan.

Jika ingin membawa oleh – oleh, Anda bisa membeli bunga edelweis yang dijajakan oleh pedagang.

Oh ia, tidak jauh dari Gunung Bromo ada banyak objek wisata lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi lho! Beberapa objek wisata tersebut adalah: Pasir Berbisik, Air Terjun Makadipura, Bukit Teletubbies, Puncak B29, dll.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berwisata ke Bromo? Jika ya, Anda harus menyiapkan biaya tiket masuk sebesar Rp. 27.500 di hari biasa dan Rp. 32.500 di hari libur dan akhir pekan.

Jika ingin membawa kendaraan pribadi, Anda akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat, Rp. 5.000 untuk sepeda motor dan Rp. 2.000 untuk sepeda pancal.

Alamat: Perbatasan kab. Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, dan Malang

5. Bukit Flora

Bukit Flora via nurrochmaningrum

Bukit Flora via nurrochmaningrum

Anda merupakan seorang pecinta tanaman hias? Jika ya, di Pasuruan ada objek wisata yang mirip seperti surganya para pecinta tanaman hias. Objek wisata tersebut adalah Bukit Flora.

Bukit ini diberi nama bukit flora karena memiliki koleksi flora yang luar biasa lengkap. Dari mulai bunga hias lokal sampai dengan bunga hias dari manca negara semuanya bisa ditemui di tempat wisata ini.

Selain bisa melihat koleksi tanaman hias, Anda juga bisa melakukan aktivitas out bond, titian tali, dan flying fox.

Terletak di daerah dataran tinggi, Bukit Flora memiliki udara yang sejuk dan segar, sehingga sangat pas untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata untuk melepas lelah dan penat di akhir pekan.

Untuk bisa masuk ke objek wisata Bukit Flora Nongkojajar, wisatawan harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 25.000.

Jika ingin menikmati aktivitas outbond, pengunjung harus membayar sedikit lebih mahal, yaitu sekitar Rp. 80.000 per peserta dengan minimal jumlah peserta sebanyak 50 orang.

Alamat: Jl. Raya Tutur, Krajan Satu, Tutur, Nongkojajar, Pasuruan, Jawa Timur

6. Condido Agro Herbal

Condido Agro Herbal via Flickriver

Condido Agro Herbal via Flickriver

Tempat wisata di Pasuruan yang selanjutnya adalah Condido Agro Herbal.

Condido Agro Herbal berlokasi tidak jauh dari lokasi Bukit Flora, yaitu sama – sama di Desa Tutur, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

Seperti nama yang dimilikinya, objek wisata ini merupakan tempat pembudidayaan tanaman herbal.

Menurut informasi yang beredar, Condido Agro Herbal sudah ada sejak Tahun 1997 dan sempat memiliki produk unggulan yang dinamai Nongkojajar.

Selain sebagai pusat budidaya tanaman herbal, Condigo Agro Herbal juga turut memelihara berbagai macam jenis bunga hias.

Beberapa bunga hias terkenal yang dibudidayakan di tempat ini adalah: Gerbera, Krisan, Leather Leaf, Calla Lily, Lily, dll.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata Condido Agro Herbal, Anda hanya perlu menyediakan uang tiket masuk sebesar Rp. 7.000 saja.

Sangat terjangkau bukan?

Alamat: Jl. Nongkojajar Km No.3, Teratai, Karang Sentul, Gondang Wetan, Pasuruan, Jawa Timur

7. Finna Golf & Club Resort

Finna Golf & Club Resort via @chintakarim

Finna Golf & Club Resort via @chintakarim

Finna Golf & Club Resort merupakan salah satu arena olahraga golf terkenal dan terluas di Kota Pasuruan.

Arena golf ini secara total memiliki luas sekitar 6.345 meter persegi. Di sini Anda dapat bermain golf sepuasnya dengan fasilitas yang sangat lengkap.

Selain berstatus sebagai arena / lapangan golf, tempat ini juga berfungsi sebagai resort penginapan. Jika mau, Anda dapat menginap di resort penginapan yang ada di tempat ini untuk menikmati pemandangan alam sekitarnya yang luar biasa indah.

Lokasi Finna Golf & Club Resort ada di Jl. Raya Barsari, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

Jika Anda ingin menginap di resort ini,  Anda harus rela merogoh kocek agak dalam, yaitu mulai dari Rp. 784.200 per malam.

8. Pantai Penunggul

Pantai Penunggul via Setkab

Pantai Penunggul via Setkab

Tempat piknik di Pasuruan yang selanjutnya adalah Pantai Penunggul.

Pantai Penunggul terletak di perbatasan Kab. Pasuruan dan Probolinggo, tepatnya di Desa Penunggul, Kec. Nguling, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

Pantai ini memiliki pantai yang cukup lebar dengan pasir putih yang lembut.

Untuk kondisi airnya sendiri masih tergolong sangat bersih dan jernih dengan kondisi ombak yang relatif cukup tenang.

Saat berkunjung ke pantai ini Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas wisata, seperti berjemur di pinggir pantai, bermain air, bermain voly pantai, berkeliling areal hutan bakau, berburu foto di beberapa spot menarik yang tersedia, dll.

Untuk menopang aktivitas wisata di sini, pengelola pantai ini telah menyediakan fasilitas wisata yang cukup lengkap.

Lapangan parkirnya tergolong cukup luas, tempat makan, toilet, dan penginapan sudah tersedia. Selain itu ada juga kursi dan payung di pinggir pantai yang bisa disewa dengan tarif yang relatif cukup terjangkau.

Pantai Penunggul dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam non stop. Untuk bisa masuk dan menikmati keindahan pantai ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp. 15.000 saja.

Alamat: Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, Pasuruan, Jawa Timur

9. Pemandian Alam Banyu Biru Pasuruan

Pemandian Alam Banyu Biru Pasuruan via Youtube

Pemandian Alam Banyu Biru Pasuruan via Youtube

Ingin berfoto di bawah air dengan pemandangan air yang jernih beserta dengan kawanan ikan? Jika ya, Anda dapat berkunjung ke tempat rekreasi di Pasuruan yang satu ini.

Di sini Anda dapat menikmati pengalaman menarik mandi dan berenang di kolam berair jernih yang ditinggali oleh kawanan ikan Sengkaring.

Uniknya, menurut informasi dari masyarakat sekitar, bagi masyarakat sekitar Ikan Sengkaring merupakan ikan keramat. Karena dianggap keramat, sampai saat ini tidak ada orang yang berani menangkap atau bahkan hanya sekedar menyentuhnya. Padahal ikan ini memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga layak untuk dijadikan sebagai ikan konsumsi. Kabarnya panjang ikan ini dapat mencapai 1 meter.

Selain menawarkan air yang jernih, Pemandian Alam Banyu Biru Pasuruan juga memiliki sejarah yang cukup panjang lho!

Kabarnya pemandian ini sudah ada sejak era penjajahan kolonial Belanda. Hebatnya walaupun sudah berusia lebih dari 1 abad, kondisi air di pemandian ini masih tetap bersih dan jernih sampai sekarang.

Oh ia, di pemandian ini juga ada Tropen Museum yang digunakan untuk menyimpan koleksi foto pemandian ini sejak Tahun 1900 – an lho!

Sangat unik bukan?

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk datang ke pemandian alam ini?

Di hari normal, pemandian ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Biaya tiket masuk ke pemandian ini tergolong sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 5.000 saja per orang.

Alamat: Jalan Raya Banyubiru Rt/Rw 02/02 Sumber Rejo, Winongan, Sumber Rejo, Winongan, Pasuruan, Jawa Timur

10. Candi Jawi

Candi Jawi via @utdindonesiapas

Candi Jawi via @utdindonesiapas

Tempat jalan – jalan di Pasuruan yang satu ini terletak di kawasan perbukitan Desa Prigen.

Di sini Anda dapat menikmati keindahan bangunan candi kuno yang telah berusia ratusan tahun.

Selain itu Anda juga dapat menikmati indahnya pemandangan alam sekitar yang sarat akan warna hijau dan udara sejuk.

Menurut catatan sejarah, Candi Jawi merupakan candi peninggalan raja Terakhir Kerajaan Kertanegara. Dari bentuk dan model bangunannya, diperkirakan candi ini mulai didirikan di kisaran awal abad ke 13.

Candi yang dibangun dengan gaya arsitektur bercorak Hindhu Budha ini memiliki tinggi sekitar 24,5 meter dengan lebar 9,5 meter dan panjang 14 meter.

Material yang digunakan untuk mendirikan candi ini adalah material batu Andesit yang terkenal akan daya tahannya yang luar biasa kuat.

Dari Kota Pasuruan, Candi ini Berjarak sekitar 31 km dan dapat ditempuh dalam kurun waktu kurang dari 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Tiket masuk ke candi ini sampai sekarang masih digratiskan. Hanya saja, jika wisatawan datang ke tempat ini menggunakan kendaraan bermotor, wisatawan akan dikenai biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000.

Alamat: Jl. Raya Prigen, Jawi, Candi Wates, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

11. Candi Gunung Gangsir

Candi Gunung Gangsir via @algho_z

Candi Gunung Gangsir via @algho_z

Terletak di Dusun Keboncandi, Desa Gunung Gangsir, kec. Beji, Kab. Pasuruan, Jawa Timur, Candi Gunung Gangsir merupakan salah satu candi terbesar di Kab. Pasuruan.

Candi ini merupakan Candi Budha yang didirikan dengan menggunakan material batu Andesit.

Di kalangan masyarakat sekitar, Candi Gunung Gansir lebih banyak dikenal dengan nama Candi Kebon.

Kabarnya, di dalam bangunan candi ini terdapat berbagai macam benda yang sangat berharga.

Karena keberadaan benda berharga tersebut, lantai bangunan candi ini pernah digali oleh sekolompok orang tidak bertanggung jawab.

Untungnya, walaupun sempat digali bangunan candi ini tidak mengalami kerusakan sama sekali sehingga masih sangat menarik untuk disambangi di waktu luang.

Candi Gunung Gansir dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Untuk masuk ke kompleks candi ini wisatawan tidak perlu membayar uang apa pun sama sekali.

Alamat: Dusun Keboncandi, Gunung Gangsir, Beji, Gn. Gangsir, Beji, Pasuruan, Jawa Timur

12. Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati via @rifki_hidayat

Danau Ranu Grati via @rifki_hidayat

Jika Kab. Simalungun, Tobasa, dan Tapanuli Utara memiliki Danau Toba, Kab. Pasuruan memiliki Danau Ranu Grati yang sama – sama terkenal dengan ukurannya yang sangat luas.

Menurut informasi yang beredar, Danau Ranu Grati memiliki luas sekitar 107 hektar. Dengan ukurannya tersebut, danau ini saat ini berstatus sebagai salah satu danau terluas di Provinsi Jawa Timur.

Sampai saat ini kondisi Danau Ranu Grati masih terjaga dengan baik. Kondisi airnya masih tergolong cukup jernih dengan lingkungan sekitar yang cukup bersih dan terbebas dari tumpukan sampah.

Pemandangan alam Danau Ranu Grati yang eksotis juga ditimpali dengan pemandangan areal Pegunungan Tengger yang tidak kalah eksotis.

Saat berkunjung ke danau ini Anda dapat menikmati berbagai macam aktivitas wisata menarik, seperti: berkeliling areal danau menggunakan perahu tradisional, memancing di pinggiran danau, berburu foto, berburu panorama sunset, dll.

Selain menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah, Danau Grati juga telah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang cukup lengkap. Oleh karenanya, saat berkunjung ke danau ini, Anda tidak perlu takut sengsara.

Danau ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam non stop dengan biaya tiket masuk Rp. 2.000 per orang.

Alamat: Jl. Alpukat Cukurgondang, Desa Ranu Grati, Kab. Pasuruan, Jawa Timur

13. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi via @preweddingmalang

Kebun Raya Purwodadi via @preweddingmalang

Tempat wisata di Pasuruan yang selanjutnya adalah Kebun Raya Purwodadi. Kebun raya ini memiliki luas sekitar 85 hektar dan memiliki koleksi tanaman sebanyak lebih dari 10.000 jenis tanaman.

Menurut informasi yang beredar Kebun Raya Purwodadi sudah ada sejak era penjajahan Belanda.Tanggal peresmiannya sendiri ada di tanggal 30 Januari 1941.

Pendiri kebun raya ini adalah Dr. Laurens Gerhard Marinus Baas Becking. Pemrakarsa pendiriannya sendiri adalah Dr. Dirk Van Slooten.

Walaupun dulunya kebun ini didirikan dan dimiliki oleh pemerintah kolonial belanda, namun saat ini status kebun ini telah dimiliki seutuhnya oleh Pemerintah Indonesia.

Secara keseluruhan, aktivitas wisata yang bisa dilakukan di tempat ini tergolong tidak terlalu banyak. Mayoritas wisatawan biasanya berkunjung ke tempat ini untuk sekedar jalan – jalan sembari melakukan beberapa take foto.

Karena terletak di kawasan hutan, fasilitas wisata yang tersedia di kebun raya ini masih tergolong sangat minim. Walaupun begitu, karena lokasinya tidak terlalu jauh dengan pemukiman penduduk, urusan fasilitas bukan permasalahan yang besar.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, tempat ini dibuka untuk umum setiap hari dari pagi hingga sore.

Tiket masuk ke kebun raya ini dibedakan antara turis lokal dan turis asing. Turis lokal hanya dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp. 9.500 saja, sedangkan turis asing / mancanegara dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp. 15.500.

Alamat: Jl. Raya Surabaya – Malang Km 65, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur

14. Kebun Apel Khrisna

Kebun Apel Khrisna via tkwtaiwan

Kebun Apel Khrisna via tkwtaiwan

Pasuruan memang bukan daerah sentral produksi buah apel. Walaupun begitu, di kabupaten ini ada areal perkebunan apel seluas 1100 hektar. Perkebunan apel tersebut bernama Kebun Apel Khrisna.

Kebun Apel Khrisna berlokasi di Kec. Tutur, tepatnya di Desa Andono, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. Dari pusat Kota Pasuruan, kebun ini berjarak sekitar 40 km dan dapat dikunjungi dalam kurun waktu kurang dari 40 km perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Berstatus sebagai agrowisata, Kebun Apel Khrisna dapat dijadikan sebagai tempat wisata sekaligus sarana edukasi.

Di sini Anda dapat berkeliling areal kebun apel sembari melihat proses panen buah apel.

Jika beruntung, saat berkunjung ke tempat ini Anda dapat melihat proses pengembangbiakan dan penanaman pohon apel secara langsung.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk datang ke Agrowisata Kebun Apel Khrisna ini?

Jika ya, Anda dapat mengunjunginya kapan saja Anda mau di kisaran pukul 8 pagi sampai dengan pukul 6 sore.

Untuk bisa masuk ke kawasan agrowisata ini, nantinya Anda akan dimintai biaya masuk sebesar Rp. 20.000  per orang. Biaya tersebut sudah termasuk biaya petik apel sepuasnya (hanya untuk dimakan di tempat).

Alamat: Desa Andono, Kab. Pasuruan, Jawa Timur

15. Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan

Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan via @yoiki_pasuruan

Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan via @yoiki_pasuruan

Tempat wisata di Pasuruan yang selanjutnya adalah Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan.

Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan memiliki luas total sekitar 60 hektar.

Walaupun luasnya jauh lebih sempit dari Agrowisata Khrisna, namun jumlah tanaman buah yang bisa dilihat di agrowisata ini jumlahnya jauh lebih banyak.

Jika di Agrowisata Khrisna Anda hanya bisa melihat tanaman apel, di Agrowisata Bhakti Alam Anda dapat melihat tanaman Durian, Semangka, Buah Naga, Melon, dan beberapa tanaman buah lainnya (total kurang lebih sekitar 15 jenis).

Sayangnya, walaupun jumlah tanaman buah di agrowisata ini banyak, pengunjung tidak diperkenankan untuk memetik buah sendiri. Jadi saat berkunjung ke agrowisata ini pengunjung hanya bisa sekedar melihat – lihat saja.

Kalaupun ingin makan / membawa pulang buah, pengunjung bisa membeli di tempat pembelian yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Untuk meningkatkan daya tarik agrowisata ini, pihak pengelolanya sudah menyediakan berbagai macam fasilitas wisata.

Dari mulai fasilitas wisata standar seperti toilet, tempat makan dan tempat parkir, sampai dengan fasilitas wisata berbentuk wahana permainan air, semuanya sudah disediakan oleh pengelola tempat ini.

Di hari normal, Agrowisata Bhakti Alam beroperasi setiap hari dari mulai pagi hingga sore.

Tiket masuknya tergolong agak mahal, yaitu Rp. 30.000 di hari biasa, dan Rp. 45.000 di hari libur dan akhir pekan.

Alamat: Desa Ngembal, Kec. Tutur, Pasuruan, Jawa Timur 67165

16. Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar via @hndri_aremania

Air Terjun Gumandar via @hndri_aremania

Air terjun ini merupakan air terjun yang sangat unik. Pasalnya tidak seperti kebanyakan air terjun lainnya, aliran air terjun ini tidak mengalir membentuk aliran sungai, melainkan langsung masuk dan terserap secara langsung ke dalam tanahuntuk kemudian keluar kembali di pemukiman masyarakat sekitar.

Aliran air Terjun Gumandar tergolong tidak terlalu deras. Kondisi airnya sendiri masih sangat bersih dan jernih, sehingga enak untuk digunakan untuk sekedar mandi dan bermain air.

Jika Anda tertarik untuk menyambangi air terjun ini, Anda dapat mengunjunginya kapan pun Anda mau secara gratis.

Alamat: Jalan Raya Ledug, Prigen, Ledug, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

17. Air Terjun Sumber Nyonya

Air Terjun Sumber Nyonya via @elipdeunow

Air Terjun Sumber Nyonya via @elipdeunow

Sebelumnya kita telah membahas objek wisata Bukit Flora bukan? Nah, lokasi air terjun yang akan kita bahas selanjutnya ini tidak terlalu jauh dari lokasi objek wisata Bukit Flora.

Sama seperti Air Terjun Gumandar, Air Terjun Sumber Nyonya memiliki aliran yang tidak terlalu deras.

Bedanya, jika aliran Air Terjun Gumandar tidak membentuk anak sungai, aliran air terjun ini langsung membentuk anak sungai. Selain itu, kondisi airnya pun tidak sejernih air di Air Terjun Gumandar, terutama di musim penghujan.

Di bagian bawah air terjun ini ada areal kedung yang bisa dimanfaatkan untuk sekedar berendam dan bermain air.

Lokasi Air Terjun Sumber Nyonya ada di areal perkebunan Kopi milik masyarakat sekitar, yaitu di Dusun Gunung Sari, Desa Wonosari, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

Sampai artikel ini ditulis, fasilitas wisata yang tersedia di air terjun ini masih belum begitu lengkap.

Untuk mengunjunginya, Anda hanya perlu membayar uang retribusi sebesar Rp. 5.000.

Alamat: Dusun Gunung Sari, Desa Wonosari, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

18. Air Terjun / Coban Cemoro Gading

Coban Cemoro Gading

Coban Cemoro Gading

Tempat wisata di Pasuruan yang selanjutnya adalah Coban Cemoro Gading.

Air Terjun Cemoro Gading merupakan air terjun tertinggi di Kawasan Nongkojajar, Pasuruan, Jawa Timur.

Air terjun ini memiliki aliran yang cukup deras dengan kondisi air yang cukup bersih dan jernih.

Di bagian bawah air terjun ini ada banyak batu hitam berukuran besar yang bisa dimanfaatkan sebagai spot untuk berfoto.

Sayangnya, karena keberadaan bebatuan besar tersebut, aliran air terjun ini jadi tidak membentuk kedung. Oleh karenanya, saat berkunjung ke air terjun ini jangan harap Anda bisa berenang di areal kedungnya.

Sampai artikel ini ditulis, fasilitas wisata yang tersedia di sekitar lokasi air terjun ini masih sangat terbatas dan cenderung belum memadai.

Selain itu, akses jalannya juga masih belum bagus dan lokasinya pun terletak di tempat yang terpencil, sehingga untuk menjangkaunya, dibutuhkan perjuangan yang cukup berat.

Jika Anda tertarik untuk datang ke sini, Anda bisa mendatanginya secara cuma – cuma kapan pun Anda mau.

Alamat: Cemorogading, Ngadirejo, Tutur, Pasuruan, Jawa Timur

19. Coban Waru Pasuruan

Coban Waru Pasuruan via @surya_wijaya027

Coban Waru Pasuruan via @surya_wijaya027

Coban Waru merupakan salah satu air terjun dengan aliran air terderas di Kab. Pasuruan.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Uniknya, walaupun ketinggiannya cuma 25 meter, debit air yang mengalir di air terjun ini cenderung cukup deras, terutama saat sedang musim hujan.

Air yang mengalir di Coban Waru tergolong masih sangat bersih dan jernih. Tidak hanya itu, kondisi alam di sekitar air terjun ini pun juga masih sangat nyaman dan asri.

Secara keseluruhan air terjun ini sangat pas untuk dikunjungi di hari libur dan akhir pekan sebagai tempat untuk melepas rasa penat dan bosan setelah bekerja saban minggu.

Di kalangan masyarakat sekitar, air terjun ini dikenal dengan tiga nama sekaligus, yaitu Coban Waru, Coban Joyo dan Coban Wonosari.

Jika Anda ingin berkunjung ke Coban Waru, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat musim kemarau, yaitu ketika aliran airnya tidak terlalu deras dan berada dalam kondisi yang jernih.

Sampai artikel ini ditulis, air terjun ini masih belum dikelola secara komersil. Karenanya, air terjun ini bisa dikunjungi secara gratis. Namun sebagai konsekuensinya fasilitas wisata yang tersedia di sini masih sangat kurang memadai.

Alamat: Dusun Kayukebek, Desa Wonosari, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

20. Coban Rambut Moyo

Coban Rambut Moyo via @salsabillaolivia

Coban Rambut Moyo via @salsabillaolivia

Tempat wisata di Pasuruan yang berikutnya adalah Coban Rambut Moyo. Coban Rambut Moyo terletak di Desa Njeglong, Kerajaan, Kec. Puspo, Kab. Pasuruan Jawa Timur.

Coban ini tergolong cukup tinggi dengan aliran air yang cukup deras.

Bagian belakang air terjun ini terdiri atas tebing batu yang diselimuti dengan lumut hijau.

Di bagian bawahnya ada banyak batu berukuran besar yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat duduk dan tempat untuk berfoto.

Sama seperti air terjun yang sebelumnya, saat artikel ini ditulis Air Terjun Rambut Moyo juga belum dikelola secara komersil sebagai tempat wisata.

Untuk itu, walaupun bisa dikunjungi secara gratis, jangan harap Anda bisa mendapatkan fasilitas wisata yang lengkap ya!

Alamat: Desa Njeglong, Kerajaan, Kec. Puspo, Kab. Pasuruan Jawa Timur.

21. Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan

Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan via @moch.yahya86

Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan via @moch.yahya86

Air Terjun Kakek Bodo terletak di dataran tinggi, yaitu di ketinggian 850 – an mdpl. Karena letaknya tersebut, kondisi udara di sekitar air terjun ini benar – benar sangat sejuk dan segar.

Ketinggian air terjun ini diperkirakan mencapai 40 – an meter. Walaupun tergolong cukup tinggi, namun aliran airnya tergolong tidak begitu deras.

Di bagian bawah air terjun ini terdapat kedung yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk bermain air, berendam, dan berenang.

Lokasi Air Terjun Kakek Bodo ada di Lereng Gunung Welirang, yaitu di Desa Tretes, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

Berbeda dengan beberapa air terjun yang sebelumnya, air terjun ini sudah dikelola sebagai tempat wisata komersil.

Oleh karenanya, fasilitas wisata yang tersedia di tempat wisata ini sudah terbilang cukup lengkap dan memadai.

Biasanya air terjun ini dibuka untuk umum setiap hari dari pagi sampai sore. Tiket masuknya dibedakan antara tiket masuk untuk orang dewasa dan anak – anak di bawah 10 tahun. Untuk orang dewasa, tiket masuknya ditetapkan sebesar Rp. 10.000, sedangkan untuk anak – anak di bawah 10 tahun tiket masuknya ditetapkan sebesar Rp. 8.000.

Cukup murah bukan?

Alamat: Lereng Gunung Welirang, yaitu di Desa Tretes, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

22. Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno via @adityaprada8990

Air Terjun Putuk Truno via @adityaprada8990

Masih di Desa Tretes, Kec. Prigen, ada satu lagi objek wisata berbentuk air terjun yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Air Terjun Putuk Truno.

Air Terjun Putuk Truno merupakan air terjun yang cukup deras. Ketinggian air terjun ini mencapai 45 meter, dengan kondisi air yang cukup bersih dan jernih.

Menurut informasi yang beredar, aliran air yang mengalir di air terjun Putuk Truno merupakan aliran air dari kaki Gunung Welirang dan kaki Gunung Arjuno.

Karena alirannya deras, pengunjung tidak diperkenankan untuk bermain air di bagian bawah alirannya.

Jadi saat berkunjung ke sini pengunjung paling hanya bisa sekedar melihat – lihat dan berfoto dengan latar belakang air terjun yang sangat eksotis ini.

Kalaupun ingin mandi, pengunjung disarankan untuk mandi di bagian pinggirannya saja (tidak tepat di bawah aliran air terjunnya).

Untuk urusan fasilitas, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, fasilitas yang tersedia di air terjun ini sudah tergolong cukup lengkap.

Untuk masuk ke air terjun ini, pengunjung dewasa (berusia di atas 10 tahun) akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000.

Alamat: Desa Tretes, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

23. Saygon Waterpark

Saygon Waterpark via Explorewisata

Saygon Waterpark via Explorewisata

Tempat wisata di Pasuruan berikutnya adalah Saygon waterpark yang memiliki banyak wahana permainan seru untuk anda dan keluarga.

Waterpark yang satu ini terbilang unik karena selain memiliki berbagai wahana permainan air juga memiliki sebuah sebuah pesawat terbang berjenis Boieng 272-400.

Pesawat tersebut merupakan ikon dari waterpakr ini. Bukan pesawat tiruan lo, pesawat Boieng ini memang pesawat sungguhan yang disulap sedemikian rupa menjadi tempat untuk demo penerbangan maupun pemutaran film 3D. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati fasiltias bioskop 6D.

Tunggu apalagi, kamu harus memasukkan saygon waterpark ini ke dalam daftar tempat wisata di Pasuruan yang akan kamu kunjungi lho.

Alamat: Desa Pucangsari, Sengon, Purwosari, Jawa Timur

24. Sawahe Pak Budi

Sawahe Pak Budi via @wisata.kebunpakbudi

Sawahe Pak Budi via @wisata.kebunpakbudi

Sawahe pak budi cocok buat kamu jadikan tempat rekreasi bareng keluarga, terutama anak-anak. Tempat rekreasi di Pasuruan ini menawarkan wisata edukasi untuk anda dan keluarga.

Tempat ini bahkan tempat bermain anak terbaik di Pasuruan lho. Bahkan sempat menghebohkan jagad media sosial pada akhir 2017 lalu.

Disini anda akan diajak untuk melihat dan mencoba aneka kegiatan pengolahan bahan pangan sehingga layak dikonsumsi.

Disini juga tersedia area Peternakan Organik, Pertanian Organik, Kids House, Edukasi Kopi Luwak, Mini Market, Kolam Pancing, Gazebo, Restoran, Cottage, Amphiteatre, dan Kuliner.

Wah sangat lengkap sekali bukan? Tunggu apalagi, yuk langsung saja ajak anak dan keluarga anda liburan ke sawahe atau kebun pak Budi ini.

Alamat: Dusun Canggi, Desa Sekar Mojo, Kecamatan Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur.

25. The Taman Dayu

The Taman Dayu via @loendofoto

The Taman Dayu via @loendofoto

Tempat wisata di Pasuruan selanjutnya adalah The taman dayu yang memiliki banyak fasilitas outbond. Tempat ini sangat seru untuk anda jadikan sebagai destinasi wisata lho, karena disini juga ada The Pines Camping Ground, Waterpark, Golf Clubhouse, Golf Course, Hotel & Villa, serta Driving Range.

Wah sangat seru sekali ya. Kamu disini bisa menjajal 3 fasiltias camping, mulai dari rumah pohon, rumah kayu, dan tenda di hutan pinus. Wah seru pastinya nih.

Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 300.000 untuk bisa menginap di rumah pohon dengan kapasitas 6 orang dan Rp. 350.000 untuk kapasitas 8 orang.

Rumah Pohon Taman Dayu via Mius

Rumah Pohon Taman Dayu via Mius

Kalau kamu berminat menginap di rumah kayu, kamu harus menggelontorkan dana sebesar Rp. 400.000 dengan toilet yang terpisah dari rumah dan Rp. 450.000 dengan toilet di dalam rumah.

Sementara buat kamu yang suka dengan nuansa alam yang kental, kamu bisa mencoba tinggal di tende-tenda yang disediakan oleh pengelola dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 150.000 untuk 6 orang.

Dengan menginap di tenda-tenda yang disediakan oleh pengelola, akan membuat liburanmu akan semakin berkesan lagi. Oh ya, kalau kamu tidak mau ribet membawa bekal, kamu juga bisa pesan sama pengelola lho.

Mengenai fasiltias disini kamu tidak perlu cemas, karena sudah ada banyak kamar mandi disini, musholla, tempat wudhu, bahkan ada permainannya juga loh. Ada outbond, flying fox, fun games dan paintball.

Hmmm, pasti seru nih liburan kesini. Tunggu apalagi? Yuk rencakan liburan besok kesini ya!

Alamat: Jl. Raya Surabaya-Malang No.16, Karang Jati, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur

26. Alun-alun Pasuruan

Alun-alun Pasuruan via @syukron_najib

Alun-alun Pasuruan via @syukron_najib

Selanjutnya, kalau kamu mencari tempat nongkrong di Pasuruan kamu bisa nongkrong di alun-alun yang menawarkan suasana yang asri dengan dua buah gapura bernuansa hijau pada sisi timur dan barat.

Alun-alun Pasuruan ini memiliki konsep taman yang rapi ditambah lagi dengan adanya air mancur di dalamnya sehingga membuat tempat ini cocok untuk kamu jadikan tempat menghilangkan penat setelah seminggu beraktivitas.

Alamat: Jl. Alun-alun Timur, Kebonsari, Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur.

27. Taman Pakuncen

Taman Pakuncen via @vonny_uzya

Taman Pakuncen via @vonny_uzya

Taman Pakuncen juga bisa kamu jadikan tempat utuk rehat di Pasuruan selanjutnya. Taman ini memiliki pepohonan tertata rapi yang rindang dan sangat sejuk untuk kamu jadikan tempat rekreasi bareng keluarga.

Alamat: Jl. Dokter Wahidin Sudiro Husodo, Pakuncen, Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur.

28. Taman GOR Untung Suropati

Taman GOR Untung Suropati via @moch_ridwan01

Taman GOR Untung Suropati via @moch_ridwan01

Taman GOR Untung Suropati ini bisa kamu jadikan tempat untuk foto-foto kece. Disini ada menara jam gadang yang mirip seperti di Bukittinggi sana.

Kalau kamu mau yang lebih wah, datang saja kesini pada malam hari. Karena paduan lampu yang cantik akan membuat taman ini semakin apik. Pokoknya kece abis deh.

Alamat: Purutrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur.

29. Taman Sekargadung

Taman Sekargadung via @djinukk_

Taman Sekargadung via @djinukk_

Selanjutnya, kamu juga bisa mengunjungi taman Sekargadung yang menyediakan fasilitas internetan gratis. Cocok nih buat kamu yang mau nongkrong sambil online.

Taman yang cukup luas ini juga ditumbuhi oleh tanaman yang membuat suasana sejuk bagi wisatawan yang datang, sangat nyaman sekali.

Alamat: Jl. Sukarsono No. 2, Sekargadung, Bugulkidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur.

30. Hutan Mangrove Nguling

Hutan Mangrove Nguling via @yoiki_pasuruan

Hutan Mangrove Nguling via @yoiki_pasuruan

Ternyata Pasuruan juga punya hutan mangrove lo. Sebut saja hutan Mangrove nguling yang bisa kamu jadikan alternatif tempat wisata di Pasuruan.

Alamat: Penunggul, Nguling, Pasuruan, Jawa Timur.

31. Air Terjun Baung

Air Terjun Baung via bhayangkaranews

Air Terjun Baung via bhayangkaranews

Tempat wisata di Pasuruan berikutnya adalah air terjun baung yang masih sangat alami. Air terjun ini yang memiliki ketinggian skeitar 100 meter ini memiliki sensasi keindahan alam yang luar biasa.

Disini kamu akan menjumpai 4 air terjun kecil yang letaknya dekat coban baung ini. Jadi jangan dilewatkan keseruan lainya ya.

Alamat: Area Sawah/Kebun, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur

32. Air Terjun Alap-alap di Pasuruan

Air Terjun Alap-alap di Pasuruan via @imam_id9

Air Terjun Alap-alap di Pasuruan via @imam_id9

Tempat wisata di Pasruan berikutnya adalah air terjun alap-alap yang lokasinya berada di atas obyek wisata air terjun kakek bodo.

Lokasi air terjun ini masuk dalam kawasan lereng gunung welirang dan gunung arjuno. Ketinggian air terjun ini sekitar 40 meter dan turun dengan 3 tingkatan air terjun.

Saat pertama mengunjunginya, maka kita akan terbelalak kagum akan keindahan air terjun yang bertingkat-tingkat. Oh ya, kamu bisa mandi-mandi disini lho, karena debit airnya relatif kecil.

Alamat: Area Sawah/Kebun, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

33. Air Terjun Tundo Pitu di Pasuruan

Air Terjun Tundo pitu di Pasuruan via @ibent89

Air Terjun Tundo pitu di Pasuruan via @ibent89

Tempat wisata di Pasuruan selanjutnya masih berupa air terjun, yaitu air terjun Tundo Pitu yang terletak di pinggir jalan Puspo menuju ke Tosari dan berjarak beberapa km saja.

Air terjun ini sangat eksotis karena memiliki memiliki lekukan sebanyak 7 buah sehingga di beri nama air terjun tundo pitu.

Air terjun ini masih sangat perawan lo, karena lokasinya yang masih di dalam hutan sehingga belum banyak wisatawan yang menyambanginya. Buat kamu pecinta alam, kamu kudu mengunjungi air terjun kece yang satu ini ya.

Alamat: Desa Baledono , Kecamatan Losari, Pasuruan, Jawa Timur

Kunjungi juga yuk: Tempat Wisata di Situbondo Jawa Timur

34. Masjid Cheng Hoo Pandaan

Masjid Cheng Hoo Pandaan via Detik

Masjid Cheng Hoo Pandaan via Detik

Siapa sih yang tidak kenal dengan laksamana Cheng Hoo. Beliau adalah salah satu panglima islam yang berasal dari China sana.

Cheng Hoo sendiri melakukan perjalannya pada 1404-1443. Dia pernah memimpin sekitar 300 kapal yang dihuni oleh 27 ribu pelaut ke Asia Selatan, Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika.

Selama perjalanannya, dia menyebarkan agama Islam. Dan kini namanya diabadikan menjadi nama sebuah masjid dengan arsitektur bangunan China oleh komunitas muslim China atau Tionghoa untuk mengenang Laksamana Cheng Hoo yang memang terlahir menjadi seorang muslim.

Alamat: Petungasri, Pandaan, Jawa Timur

35. Curug Coban Watu

Curug Coban Watu via @zonacurug

Curug Coban Watu via @zonacurug

Tempat wisata di Pasuruan berikutnya adalah curug Coba Watu yang cocok untuk anda jadikan tempat untuk melepas penat dan stres beban pikiran.

Keindahan dan kealamian air terjun ini masih terawat dengan baik, dengan batuan tebing yang berdiri kokoh di samping kawasa curug dan tumbuhan yang mengelilinginya nampak sempurna menemani batuan yang berada tepat di bagian bawah curug.

36. Saygon Night Park

Saygon Night Park via Tracpackerindonesia

Saygon Night Park via Tracpackerindonesia

Alamat: Sengon, Purwosari, Pucangsari, Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur

37. Kedawung Agro Selfie

Kedawung Agro Selfie

Kedawung Agro Selfie

Alamat: Jalan Raya Banyubiru KM. 1 Dusun Kajar Kuning, Desa Kesandung Wetan, Kecamatan Grati, Kedawung Kulon, Grati, Pasuruan, Jawa Timur

38. Reco Kembar

Reco Kembar via @hingkua_kingdom

Reco Kembar via @hingkua_kingdom

Alamat: Dusun Krajan, 67163, Cowek, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur

39. Pemandian Taman Ria Suropati

Pemandian Taman Ria Suropati via Youtube

Pemandian Taman Ria Suropati via Youtube

Alamat: Gg. Masjid No.11, Rt 2 Rw. 3, Ranggeh, Gondang Wetan, Pasuruan, Jawa Timur

40. Taman Hayati

Taman Hayati via @elis_safitri006

Taman Hayati via @elis_safitri006

Alamat: Petahunan, Gadingrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur.

41. Candi Belahan (Candi Sumber Tetek)

Candi Belahan via Situsbudaya

Candi Belahan via Situsbudaya

Alamat: Desa Belahan, Wonosunyo, Gempol, Pasuruan, Jawa Timur

*****

Itulah beberapa tempat wisata di Pasuruan yang menarik untuk disambangi di waktu luang bersama dengan keluarga dan pasangan.

Penting untuk diketahui, mayoritas objek wisata eksotis di Pasuruan terletak di daerah terpencil yang belum terjangkau fasilitas angkutan umum. Untuk itu, jika Anda ingin mengunjunginya, Anda kami sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Akhir kata, selamat jalan – jalan di Pasuruan, dan semoga perjalanan wisata Anda terasa bermakna ya! Jangan lewatkan juga: Tempat Wisata di Tuban Jawa Timur

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!