19 Tempat Wisata di Bukittinggi Sumatera Barat yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Bukittinggi – Bukittinggi merupakan salah satu kota di Sumatera Barat yang terkenal sebagai pusatnya objek wisata, juga tempat berbelanja aneka keperluan sehari-hari, pakaian, aksesoris, makanan dan lain sebagainya.

Kota Bukittinggi sebagai kota terbesar no 2 setelah Kota Padang, menjadi destinasi liburan masyarakat Sumbar bahkan luar negeri untuk menghabiskan waktu liburannya. Ada banyak sekali tempat wisata di Bukittinggi yang layak untuk kita sambangi saat berkunjung ke kota “jam gadang” ini.

Tahukah anda, Kota Bukittinggi ini dahulu pernah dijadikan sebagai ibu kota Negara Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Indonesia. Kota ini terletak pada ketinggian sekitar 909–941 meter di atas permukaan laut. Sehingga membuat Kota ini memiliki hawa yang sejuk, yaitu sekitar 16.1–24.9 °C.

Kalau anda ingin mengunjungi tempat wisata di Bukittinggi selama beberapa hari, jangan lupa untuk membooking penginapan via online, karena jika anda datang pada hari-hari libur biasanya hotel sudah penuh, sehingga anda akan kesulitan mencari tempat penginapan di sekitar objek wisata Bukittinggi.

Sekarang kita sudah dimudahkan dengan berbagai aplikasi booking hotel dan pesawat via handphone, jadi manfaatkanlah aplikasi tersebut untuk memaksimalkan liburan kita.

Tempat Wisata di Bukittinggi Sumatera Barat

Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda keliling menuju ke tempat wisata di Bukittinggi Sumatera Barat. Mengunjungi semua tempat wisata di Bukittinggi membutuhkan waktu beberapa hari agar biasa puas rasanya. Makanya admin sarankan agar anda membooking tempat penginapan.

Simak tempat wisata di Sumatera lainnya: 32 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi

Yuk jelajahi tempat wisata di Bukittinggi berikut ini:

1. Objek Wisata Jam Gadang Bukittinggi

Tempat wisata di Bukittinggi yang pertama adalah jam gadang. Jam gadang merupakan ikon kota Bukittinggi yang wajib anda kunjungi. Jam gadang menjadi tempat berkumpul wisatawan yang datang ke Bukittinggi.

Objek Wisata Jam Gadang Bukittinggi - tempat wisata di Bukittinggi

Objek Wisata Jam Gadang Bukittinggi

Lokasi jam gadang ini ada di kawasan Taman Sabai Nan Aluih tepat di depan Istana Bung Hatta. Jam gadang sendiri merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda yang masih ada sampai sekarang dan terawat dengan baik.

Ukuran bangunan ini sekitar 13×4 meter Di kawasan sekitar jam gadang ini ditanam sejumlah pohon sehingga makin terasa rindang, Jam gadang merupakan ikon kota Bukittinggi yang sangat sayang jika di lewatkan.

Kurang lengkap rasanya kalau ke Bukittinggi tidak mampir ke jam gadang. Untuk membuat pengunjung betah berlama-lama di sekitarnya, Pemerintah bukittinggi juga melengkapinya dengan kursi-kursi beton untuk bersantai. Taman Jam Gadang ini selalu ramai, mulai pagi, siang, sore hingga pada malam hari. Banyak tua muda selalu memanfaatkannya untuk bersantai. Bahkan, banyak orang tua muda membawa buah hatinya bermain disini pada sore hari.

Di sekitar sini juga banyak penjual makanan yang siap memanjakan lidah anda.

2. Wisata Sejarah ke Benteng Fort de Kock

Tempat wisata di Bukittinggi selanjutnya adalah benteng Fort de Kock yang merupakan sebuah benteng peninggalan bangsa Belanda yang berdiri di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Kawasan ini hanya terletak kurang lebih 1 km dari pusat kota Bukittinggi yakni di kawasan Jam Gadang, Terletak tepatnya di terusan jalan Tuanku nan Renceh.

Wisata Sejarah ke Benteng Fort de Kock

Wisata Sejarah ke Benteng Fort de Kock

Bangunan ini sudah ada sejak tahun 1825 dan didirikan oleh Kapten Bouer. Benteng Fort De Kock ini digunakan oleh Tentara Belanda sebagai kubu pertahanan dari gempuran rakyat Minangkabau terutama sejak meletusnya Perang Paderi pada tahun 1821-1837.

Benteng fort de kock menjadi objek wisata sejarah di Bukittinggi yang menarik untuk anda kunjungi.

Kunjungi juga: 37 Objek Wisata di Aceh yang Mempesona yang Menarik Dikunjungi

3. Jembatan Limpapeh kota Bukittinggi

Selanjutnya, anda juga bisa mengunjungi Jembatan Limpapeh. Jembatan ini dibangun sekitar tahun 1995 dengan terlihat dominan warna kuning dan merah. Jembatan yang terbuat dari baja ini menghubungkan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dengan Benteng Fort de Kock.

Jembatan Limpapeh kota Bukittinggi

Jembatan Limpapeh kota Bukittinggi

4. Tempat Wisata Ngarai Sianok Bukittinggi

Tempat wisata di Bukittinggi yang wajib anda kunjungi selanjutnya adalah ngarai sianok yang membentang sejauh kurang lebih 15 km dari sisi selatan Nagari Koto Gadang hingga Nagari Sianok Enam Suku, dengan kedalaman lembah mencapai 100 meter dan lebar celah sekitar 200 meter.

Tempat Wisata Ngarai Sianok Bukittinggi

Tempat Wisata Ngarai Sianok Bukittinggi

Ngarai sendiri merupakan salah satu fenomena alam yang menakjubkan, karena merupakan hasil dari pergerakan lempeng bumi berupa pengangkatan. Bagi anak geologi atau kebumian pasti sangat paham dengan fenomena ini.

5. Tempat Wisata Sejarah Lobang Jepang Bukittinggi

Lobang Jepang menjadi objek wisata di Bukittinggi selanjutnya yang wajib anda kunjungi. Objek wisata yang merupakan peninggalan penjajahan Jepang ini memiliki keunikan tersendiri.

Tempat Wisata Sejarah Lobang Jepang Bukittinggi

Tempat Wisata Sejarah Lobang Jepang Bukittinggi

Gua Hasil kerja paksa ini memiliki panjang sekitar 1.470 meter dan berjarak 40 meter di bawah Ngarai Sianok. Terdapat 21 terowongan di dalam lobang jepang, yang dulunya digunakan untuk menyimpan amunisi, tempat tinggal, ruang pertemuan, ruang tahanan, ruang makan, dapur,ruang penyiksaan, ruang mata-mata, ruang penyergapan, dan pintu gerbang.

6. Janjang Ampek Puluah Bukittinggi

Selanjutnya, saat di Bukittinggi anda juga bisa mengunjungi janjang ampek puluah atau kalau dalam bahasa Indonesianya, tangga empat puluh.

Janjang Ampek Puluah Bukittinggi

Janjang Ampek Puluah Bukittinggi

Nama tangga janjang ampek puluah sendiri diberikan sesuai dengan jumlah anak tangga sebanyak empat puluh. Janjang ampek puluah cukup terjal dengan tinggi anak tangga 25 cm. Lantai tangga berwarna merah tua.

7. Objek Wisata Janjang Saribu koto Gadang Bukittinggi

Untuk anda yang ingin mengunjungi tembok besar China kini bisa beralih ke tembok besar Koto Gadang. Great wall of koto Gadang ini menjadi tempat wisata di Bukittinggi yang wajib anda kunjungi.

Objek Wisata Janjang Saribu koto Gadang Bukittinggi

Objek Wisata Janjang Saribu koto Gadang Bukittinggi

Sebelum kesini, pastikan fisik anda dalam kondisi fit dan bugar, karena anda harus melewati anak tangga yang sangat banyak, sama seperti tembok besar di China sana.

Grat wall of koto gadang ini membentang ke kawasan bawah Ngarai Sianok. Jalan anak tangga tersebut dalam bahasa daerah ini diberi nama Janjang Saribu, atau yang berarti tangga seribu.

8. Wisata Sejarah Museum Bung Hatta Bukittinggi

Untuk menambah kecintaan kepada Indonesia, anda sebaiknya mengunjungi museum Bung Hatta yang ada di kota Bukit Tinggi. Museum ini merupakan rumah kelahiran Bung Hatta dengan luas lebih 1.000 m² dibebaskan oleh Pemerintah Kota Bukittinggi. Diperkirakan luas tanah itu baru sebagian dari lahan yang dahulu dimiliki keluarga almarhum Bapak Bung Hatta.

Wisata Sejarah Museum Bung Hatta Bukittinggi

Wisata Sejarah Museum Bung Hatta Bukittinggi

Yayasan Pendidikan Wawasan Nusantara yang mengelola Universitas Bunga Hatta dan merenovasi rumah kelahiran Bung Hatta pada bulan September 1994. Perencanaan dan Pelaksanaan renovasi dipimpin oleh Rektor Universitas Bung Hatta. Museum ini dikelola oleh Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Bukittinggi yang bernilai sejarah yang tinggi.

Jika anda liburan bersama anak-anak jangan lupa untuk mampir ke museum yang sangat bersejarah bagi pendiri bangsa kita ini.

9. Istana Bung Hatta di Bukittinggi

Selain tempat kelahiran Bung Hatta, ada juga Istana Bung Hatta yang ada di seberang Jam Gadang Bukittinggi. Istana Bung Hatta ini memiliki halaman luas, hijau, asri dan sejuk yang dihiasi oleh pohon palm dan cemara. Di sekeliling Istana Bung Hatta dipagaro tembok rendah, dengan pintu gerbang yang terbuka.

Istana Bung Hatta di Bukittinggi

Istana Bung Hatta di Bukittinggi

10. Taman Margasatwa dan Budaya Kinanta

Taman marga satwa dan Budaya Kinantan atau yang lebih dikenal masyarakat “Kebun Binatang” menjadi tempat wisata di Bukittinggi yang wajib anda kunjungi selanjutnya.

Taman Margasatwa dan Budaya Kinanta

Taman Margasatwa dan Budaya Kinanta

Lokasi kebun binatang ini bisa dijangkau cukup dengan berjalan kaki cukup menyeberangi Jembatan Limpapeh, sesaat setelah selesai melihat Benteng Fort de Kock. Anda Memasuki area Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan, akan segera terlihat sebuah kandang Gajah, serta Rumah Adat Baanjuang yang digunakan sebagai museum.

Lokasi kebun binatang Bukittinggi ini ada di atas Bukit Cubadak Bungkuak Bukittinggi, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan ini juga merupakan salah satu kebun binatang tertua yang ada di Indonesia, dan satu-satunya di Sumatera Barat, dengan koleksi hewan terlengkap di pulau Sumatera.

Jadi sangat rugi rasanya kalau ke Bukittinggi tapi tidak mampir ke kebun binatang ini. Letaknya juga tidak terlalu auh dari pusat kota Bukittinggi. Lebih tepatnya ada di Jl. Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Bagaimana? Anda tertarik untuk melihat koleksi satwa disini?

11. Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu Bukittinggi

Tempat wisata di Bukittinggi selanjutnya adalah Museum Rumah Adat Baanjuang. Bangunan bersejarah peninggalan penjajah kolonial ini didirikan pada tahun 1935 oleh Mondelar Countrolleur. Lokasi rumah adat ini ada di dalam kawasan Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan / Benteng Fort De Kock Bukittinggi.

Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu Bukittinggi

Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu Bukittinggi

12. Tabiang Takuruang Bukittinggi

Tabiang takuruang Tempat wisata alam di Bukittinggi yang sayang untuk dilewatkan.  Lokasinya ada di dalam kawasan objek wisata Ngarai Sianok. Namun, sebenarnya objek ini terletak dekat Ngarai Sabik.

Tabiang Takuruang Bukittinggi

Tabiang Takuruang Bukittinggi

13. Belanja kaos Kapuyuak

Saat ke Bukittinggi sayang rasanya kalau tidak membeli oleh-oleh baju khas Bukittinggi dengan kata-kata keren. Nah, suvenir khas Bukittinggi berupa baju bisa anda dapatkan di T Shirt Kapuyuak dengan desain keren.

Belanja kaos Kapuyuak

Belanja kaos Kapuyuak

Kapuyuak sendiri artinya adalah kocak atau lucu-lucuan. Letaknya ada di Jalan Sudirman No. 19 D Bukittinggi dan Jalan Panorama No. 4 Bukittinggi. Namun meski sudah memiliki 2 outlet, penjualan via online masih tetap dilakukan melalui FB (Kaos Kapuyuak), Twitter (@kapuyuakkloting), Instagram (@kaoskapuyuak) dan website www.kapuyuak.id.

14. Wisata Belanja di Pasar Atas Bukittinggi

Kalau ke Bukittinggi jangan lupa juga berbelanja di pasar ateh atau pasar atas Bukittinggi yang ada di dekat jam gadang. Disini ada banyak penjual makanan yang siap menggoyang lidah anda. Ada banyak sekali kuliner lezat disini, tidak disebutkan satu persatu.

Wisata Belanja di Pasar Atas Bukittinggi

Wisata Belanja di Pasar Atas Bukittinggi

15. Taman Panorama Bukittinggi

Taman Panorama menjadi tempat wisata di Bukittinggi selanjutnya yang bisa anda kunjungi. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota, dekat dengan lobang Jepang dan menjadi salah satu spot untuk melihat keindahan ngarai sianok yang sangat fenomenal.

Taman Panorama Bukittinggi

Taman Panorama Bukittinggi

16. Objek Wisata Taman Ngarai Maaram Bukittinggi

Taman ngarai Maaram merupakan salah satu tempat wisata terbaru di Bukittnggi yang layak anda singgahi. Lokasinya ada dibelakang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi.

Memang, taman ini masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan, maka dari itu perlu sosialisasi lebih masive lagi agar semakin terkenal.

Objek Wisata Taman Ngarai Maaram Bukittinggi

Objek Wisata Taman Ngarai Maaram Bukittinggi

Taman yang memiliki luas sekitar 1 ha ini memiliki beragam fasilitas mulai dari  jalan setapak yang mengelilingi taman, fasilitas bermain anak, pentas terbuka, dan yang paling menarik perhatian adalah titian yang menghadap langsung ke hamparan Ngarai Sianok yang hijau dan luas. Karena titian ini terletak tepat bibir ngarai. Titian ini terbuat dari rangka besi kuat yang memiliki papan sebagai alasnya. Sangat disayangkan jika anda tidak mengabadikan momen berharga dititian ini dengan ber-Selfie ria.

Tidak semua orang mengetahui keberadaan tempat ini. Jangankan wisatawan lokal maupun asing, penduduk asli Kota Bukittinggi pun masih belum mengetahui lokasi tamannya. Hanya penduduk yang berdomisili di kelurahan Kayu Kubu dan Kelurahan Bukit Apit yang mengetahui dengan pasti.

Tempat Wisata di Bukittinggi dan Sekitarnya

Berikut ini beberapa tempat wisata di sekitar Bukittinggi yang sangat sayang sekali untuk anda lewatkan, karena tempatnya bagus dan dekat dari kota Bukittinggi:

17. Danau Maninjau

Yang pertama adalah danau Maninjau yang sudah sangat terkenal itu. Keindahan danau ini sangat luar biasa, ditambah lagi dengan udara sejuk di sekitarnya pasti membuat siapa saja betah berlama-lama bermain di sekitar danau ini.

Danau Maninjau

Danau Maninjau

Dari kota Bukittinggi, danau maninjau hanya berjarak sekitar 36 km saja. Wisatawan yang tertarik mengunjungi danau ini akan disuguhkan dengan jalan yang fenomenal, yaitu kelok 44 atau dalam bahasa padang disebut dengan “kelok ampek puluh ampek”.

Artikel terkait lainnya: 65 Destinasi Wisata di Lampung yang Menarik Dikunjungi

18. Danau Tarusan Kamang 

Tempat wisata di sekitar Bukittinggi selanjutnya adalah tarusan kamang. Disini ada danau tarusan kamang yang sangat indah dan mempesona. Jaraknya hanya sekitar 14 kilometer dari kota Bukittinggi. Lokasinya ada di Jorong Halalang, Kamang Mudiak, Kamang Magek, Kabupaten Agam.

Danau Tarusan Kamang  

Danau Tarusan Kamang

19. Puncak Lawang

Satu lagi destinasi wisata di sekitar Bukittinggi yang layak anda kunjungi yaitu puncak lawang. Puncak lawang menjadi salah satu spot untuk menikmati keindahan danah maninjau dari ketinggian. Lokasi puncak lawang ini berjarak sekitar 22 km dari pusat kota Bukittinggi jika melalui Jalan Pintas Ngarai Sianok. Perjalanan dimulai dari jalan Atas Ngarai, melewati wisata Lubang Japang dan Janjang Koto Gadang serta Panorama Ngarai Sianok.

Puncak Lawang

Puncak Lawang

Perjalanan sekitar 10 KM untuk sampai pada sebuah Persimpangan yang bernama Simpang Pisang. Diharapkan kepada pengendara berhati-hati utuk melalui Rute ini karena jalur lintas ini tergolong Rawan Bencana Longsor dan jalannya yang lumyan sempit. Kemudian setelah di Simpang Pisang Anda Belok Kanan.

Sekitar 4 KM Anda akan bertemu simpang Matur yang disana terdapat sebuah Lapangan Bola Kaki. Anda belok ke Kanan, di persimpangan tersebut juga terdapat Plang Penunjuk Arah. Sekitar 2.3 KM Anda akan bertemu Persimpangan dan Pasar Tradisional. Anda tinggal belok Kiri dan terus melaju. Sekitar 4 KM Anda akan bertemu Simpang Puncak Lawang dan Anda tinggal belok Kanan dan Welcome to Puncak Lawang. Perjalanan melalui Jalan Lintas Ngarai ini, lebih hemat ± 7 KM dibandingkan melalui Padang Luar.

Disini anda bisa menikmati berbagai wahana yang disediakan oleh pengelola, berupa Flying Fox, Melintasi Jembatan Ban , Paralayang. Untuk Game Flying Fox di Bandrol dengan Budget Rp. 25.000/org dan Full Game Rp. 75.000/org. Untuk Paralayang sekitar ± Rp. 300.000/org untuk sekali terbang dengan durasi yang ditentukan.

Biaya untuk Masuk kedalam Wisata ini pada Hari Biasa Rp. 5.000/org dan Parkir Motor Rp. 2.000/org. Untuk Mobil sekitar Rp. 5.000/unit. Pada Hari Besar seperti Idul Fitri, Tarif masuk naik menjadi Rp. 15.000/org dan Parkir Motor Rp. 3.000/unit.

Bagaimana? Menarik sekali bukan? Ternyata ada banyak tempat wisata di Bukittinggi Sumatera Barat yang wajib dikunjungi saat liburan. Untuk lebih seru lagi, yuk telusuri seluruh Sumatera Barat, simak: 45 Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Wajib Anda Kunjungi

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!