15 Tempat Wisata di Padang yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Padang – Kota Padang memiliki ribuan cerita manis dan getir bagi saya pribadi. Kota ini memberikan saya banyak sekali pelajaran berharga tentang hidup, tentang perjuangan, tentang harapan dan tentang berbagi kepada sesama. Kota Padang memberikan banyak hal kepada saya secara pribadi.

Hal ini dikarenakan saya kuliah dan pernah bekerja di Kota Padang. Jadi saya sedikit banyak tahu seluk beluk kota ini. Kota Padang memiliki kultur yang beragam, tipe orangnya juga beragam, adat bersandi sarak, sarak bersandi Kitabullah itulah semboyan masyarakat Minang yang melekat hingga kini. Kota Padang sangat terkenal dengan kulinernya yang luar biasa enaknya. Kita bisa dengan mudah menemukan restoran di Kota Padang, dari yang kecil hingga yang mewah.

Berbagai tempat yang indah siap untuk anda jelajahi di negeri yang kaya dengan ulama ini. Nah, kali ini Tempatwisataseru.com akan mengajak anda jalan-jalan ke tempat wisata di Padang yang tidak boleh anda lewatkan.

15 Tempat Wisata di Padang

Setidaknya ada 15 Tempat Wisata di Padang yang Wajib Dikunjungi, jika anda punya pengalaman atau cerita sendiri tentang ‘Padang Kota Tercinta’ ini silahkan bagikan juga dengan kami, agar bisa menjadi pertimbangan sebagai destinasi wisata di Padang selanjutnya.

1. Obyek Wisata Pantai Padang

Pantai padang atau kalau orang minang menyebutnya TapLau (Tapi Lauik) menjadi destinasi wisata di Padang yang pertama yang harus anda kunjungi. Pantai Padang kini sangat berbeda dengan yang dahulu, pemerintah Kota Padang terus berbenah dan memperbaiki berbagai fasilitas di Pantai ini.

Obyek Wisata Pantai Padang

Obyek Wisata Pantai Padang

Kini, Taplau sudah berubah menjadi tempat yang cantik dan indah dengan aneka bunga yang menghiasi di sekitarnya. Pantai ini berada di dekat Ramayana Plaza Andalas, pasar raya padang, dan dekat juga dengan jembatan siti nurbaya. 

Di sekitar pantai anda bisa menemukan banyak sekali pedagang makanan ringan hingga seafood dengan rasa yang enak. Satu lagi yang perlu anda perhatikan, sebelum makan pastikan anda nego terlebih dahulu dengan pemilik warung makan atau ampera, karena ada sebagian kebiasaan pedagang kalau orang luar biasanya tarif agak dinaikan. Kalau anda bisa berbahasa minang akan lebih baik lagi.

2. Objek Wisata Jembatan Siti Nurbaya di Padang

Jembatan Siti Nurbaya menjadi tempat wisata di Padang yang wajib anda kunjungi selanjutnya jika anda liburan di Padang. Jembatan ini selalu ramai pada sore hingga malam hari.

Jembatan Siti Nurbaya di Padang

Jembatan Siti Nurbaya di Padang

Pemandangan sekitarnya sangat indah sekali. Kalau malam hari jembatan ini sangat terang oleh lampu kota. Di sepanjang jembatan ini anda bisa menikmati aneka makanan ringan seperti roti bakar, jagung bakar, dan aneka makanan yang dijamin enak. 

Saya rekomendasikan untuk mencoba roti bakar disini, dijamin rasanya enak sekali. Lokasi jembatan ini dekat dengan pantai Padang dan Pasar Raya. 

3. Destinasi Wisata Pantai Pasir Jambak di Padang

Pantai Pasir Jambak menjadi objek wisata di Padang selanjutnya, pantai ini berada di Tabing. Lokasinya sekitar 20 KM dari pusat Kota Padang, anda berjalan ke arah jalan lintas Padang-Pariaman. 

Wisata Pantai Pasir Jambak di Padang

Wisata Pantai Pasir Jambak di Padang

Pantai ini berpasir putih, lebar, landai dan dipenuhi oleh pohon-pohon kelapa.

Untuk menambah kenyamanan liburan di Pantai Pasir Jambak, disediakan fasilitas berupa pintu gerbang, tempat parkir, panggung hiburan, warung makanan, home-stay, gazebo, dan penyewaan perahu. Sangat cocok untuk berjemur, berenang, berperahu, bersantai, atau menyaksikan matahari terbenam. Dapat dicapai dengan angkot, bis kota atau taxi.

4. Tempat Wisata Pantai Nirwana di Padang

Pantai Nirwana menjadi destinasi wisata di Padang yang selanjutnya. Pantai sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga, ombaknya tidak terlalu besar, pasirnya putih bersih, pantainya luas dan landai menjadikan tempat ini sangat asyik untuk mandi-mandi atau bermain air.

Wisata Pantai Nirwana di Padang

Wisata Pantai Nirwana di Padang

Pantai Nirwana ini memberikan pengalaman tersendiri untuk saya ketika singgah bersama rombongan dari mahasiswa Teknik Pertambangan Angkatan 2010, kami berhenti disini sejenak setelah melakukan kuliah lapangan bersama dosen Goelogi, Bapak Heri Prabowo. 

Setelah puas mandi-mandi, kita bisa menikmati berbagai sajian makanan di sekitarnya. Biasanya pada sore hari juga ada penjual bakso atau mie ayam yang akan menghampiri rombongan anda, rasanya enak dan sangat sayang sekali untuk dilewatkan. 

Simak juga: 20 Tempat Wisata di Jember Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Pantai ini bisa diakses melalui jalan Padang-Pesisir Selatan, lokasinya dengan dengan pelabuhan teluk bayur yang sangat terkenal itu. 

5. Objek Wisata Pantai Air Manis Batu Malin Kundang di Padang

Anda tentu sudah pernah mendengar mengenai kisah seorang anak durhaka kepada ibunya yang dikutuk menjadi batu bukan? Ini adalah mitos yang berkembang di masyarakat hingga kini. Mengenai kebenaran ceritanya tidak terlalu penting, yang terpenting adalah pelajaran yang bisa kita ambil, karena kita tidak boleh membantah apalagi durhaka kepada orang tua.

Wisata Pantai Air Manis Batu Malin Kundang di Padang via minangtourim

Wisata Pantai Air Manis Batu Malin Kundang di Padang via minangtourim

Pantai air manis atau pantai aia manih kalau orang minang menyebutnya, berada di dekat pelabuhan teluk bayur. Jika anda jalan dari arah pasar raya, maka pantai ini berada sebelum pelabuhan teluk bayur. Kita bisa menemukan dengan mudah lokasinya karena ada plang lalu lintas yang menjadi tanda. Disini anda bisa mandi-mandi atau foto-foto. Juga ada banyak penjual souvenir khas pantai aia manih berupa batu malin kundang dan sebagainya.

6. Tempat Wisata di Pulau Cubadak Padang

Pulau cubadak menjadi salah satu tempat wisata di Padang yang sangat terkenal. Pulau ini menjadi surganya pecinta dunia bawah laut. Objek wisata ini sendiri dikelola oleh investor asal Italia, berlokasi di Kawasan Mandeh tepatnya di sisi Selatan. Keindahan alam disana bisa dinikmati dengan menaiki perahu, Motor Boat, memancing, Snorkeling, dan lain sebagainya umumnya wisata pantai.

Tempat Wisata di Pulau Cubadak Padang

Tempat Wisata di Pulau Cubadak Padang

7. Destinasi Wisata Pulau Sikuai di Padang

Pulau Sikuai menjadi destinasi wisata di Padang selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan. Pulau ini sangat cocok bagi anda yang berlibur dengan pasangan. Karena suasana sekitarnya yang begitu tenang, pemandangannya yang indah serta lokasinya yang jauh dari keramaian akan membuat suasana Honey moon anda semakin terasa. Pulau ini bisa kita tempuh dengan perjalanan sekitar 35 menit dengan menggunakan perahu. 

Destinasi Wisata Pulau Sikuai di Padang

Destinasi Wisata Pulau Sikuai di Padang

Jika kita sudah berada di pulau ini rasanya sangat nyaman sekali, airnya sangat jernih, pasir pantainya putih bersih, kita juga bisa memancing disini, ikannya sangat banyak sekali di tepiannya. Untuk penginapan tersedia Hotel berbintang 2 disini.

Jangan lewatkan juga 19 Tempat Wisata di Lembang Bandung yang Wajib Dikunjungi

8. Tempat Wisata Sejarah Museum Adityawarman di Padang

Jika anda ingin kenal dengan budaya Minang lebih dekat lagi, disini lah tempatnya. Museum Adityawarman berlokasi di Jl.Diponegoro no: 10 ,Kota Padang – Sumatra Barat.
Wisata Sejarah Museum Adityawarman di Padang

Wisata Sejarah Museum Adityawarman di Padang

Museum Negeri Provinsi Sumatera Barat mulai dibangun  pada tahun 1974 dan diresmikan pada tanggal 16 Maret 1977. Pada tanggal 28 Mei  1979, meseum tersebut diberi nama “Adityawarman”. Nama Adityawarman  diambil dari nama seorang Raja besar yang pernah berkuasa di Minangkabau, sezaman  dengan Kerajaan Majapahit pada masa Patih Gajah Mada.
 
Museum Adityawarman merupakan museum budaya  terpenting di Sumatera Barat. Museum tersebut berfungsi sebagai tempat  menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah seperti cagar budaya  Minangkabau, cagar budaya Mentawai dan cagar budaya Nusantara. Untuk menjaga kelestarian  koleksi benda-benda bersejarah tersebut, pemerintah setempat membentuk tim kecil  yang bertugas sebagai tenaga educator, konservator, preparator dan pustakawan.

9. Objek Wisata Pantai Caroline di Padang

Inilah pantai yang dijadikan sebagai lirik lagu yang berasal dari minang, pantai Caroline. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Padang yang wajib dikunjungi. Lokasinya di Teluk Bungus, 25 km di selatan Kota Padang, dapat dicapai dengan taxi atau angkot jurusan Bungus. 
Objek Wisata Pantai Caroline di Padang

Objek Wisata Pantai Caroline di Padang

Ada banyak fasilitas disini, seperti penginapan, cottage, restoran, panggung kesenian, dan taman bermain yang cukup luas. Dari Pantai ini wisatawan juga dapat menyewa motor boat atau perahu nelayan untuk pergi ke pulau-pulau karang yang berada di depannya.

Cuaca cerah membuat suasana pantai makin menggoda untuk dicumbui. Pasir putih dan ombak biru merayu siapa saja yang berkunjung siang itu ke Pantai Caroline—arah selatan Kota Padang. Pecahan ombak yang menyisir hingga tepian menyisakan buih-buih putih dan menyapu pasir pantai berwarna putih kecoklatan. Pantai nan landai dan rindangnya pepohonan menjadi daya tarik bagi setiap pengunjung. Kawasan Caroline terbilang masih menyimpan potensi laut yang lebih baik ketimbang kawasan lain di sepanjang Pantai Padang.

10. Wisata Religi Manasik Haji di Miniatur Makkah di Padang

Jika anda sudah berada di Padang tidak ada salahnya juga kalau mengujungi makah mini di Lubuk Minturun. Hitung-hitung juga kalau kita bisa pergi ke Makah Al Mukarramah di Saudi Arabia sana.
Manasik Haji di Miniatur Makkah di Padang

Manasik Haji di Miniatur Makkah di Padang via wisata tanah air

Asrama haji ini merupakan proyek pribadi dari haji nuril zakir dan keluarga. Niat pendirian ini sekaligus sebagai perayaan ulang tahun pernikahan mereka yang ke 30. Pembangunan Asrama ini dimulai pada tanggal 13 Desember 2000, selesai pada tanggal 8 September 2001.
Selain itu mesjid ini juga memiliki beberapa binatang yang asing di tanah air kita seperti onta, ulaur phiton, dan ikan besar dengan nama latin arapaima.

11. Objek Wisata Pemandian Lubuk Minturun Padang

Sejalan dengan lokasi makah mini, di Lubuk Minturun juga ada objek wisata untuk mandi-mandi. Kalau anda eksplorasi lebih jauh lagi, anda bisa mandi ke Lubuk Camin atau LC di sungai ini. Untuk lokasinya agak jauh ke atas ke arah Pesantren Ar-Risalah Padang. 
Objek Wisata Pemandian Lubuk Minturun Padang

Objek Wisata Pemandian Lubuk Minturun Padang

LC atau Lubuk Camin menjadi salah satu tempat mandi favorit anak-anak pesantren Ar Risalah Padang. Anda bisa menikmati air terjun di LC.
Lokasinya berdekatan dengan kolam renang ABG.

12. Panorama Sitinjau Lauik

Jika malam hari ada spot yang sangat sayang untuk dilewatkan, Panorama Sitinjau Lauik. Panorama menjadi salah satu tempat favorit untuk menikmati keindahan kota Padang pada malam hari. Disini kita bisa menyaksikan Kota Padang dari ketinggian. Lokasinya berada di jalan lintas Padang-Solok. 
Panorama Sitinjau Lauik

Panorama Sitinjau Lauik

Untuk menghangatkan suasana anda bisa memesan mie rebus atau kopi disini.

13. Objek Wisata Alam Air Terjun Tiga Tingkat di Padang

Bagi pecinta alam, air terjun tiga tingkat menjadi salah satu tempat wisata di Padang yang wajib dikunjungiAir terjun tiga tingkat adalah salah satu objek wisata alam yang paling indah di padang walaupun masih belum terkenal seperti tempat wisata lain bahkan oleh warga lokal di kota padang sendiri.

Wisata Alam Air Terjun Tiga Tingkat di Padang - tempat wisata di Padang

Wisata Alam Air Terjun Tiga Tingkat di Padang

Objek wisata Air terjun sangat cocok bagi mereka yang menyukai wisata alam dan petualangan. Air terjun ini memiliki tiga tingkat seperti namanya dan untuk mencapai tingkat paling atas anda perlu menyusuri jalan terjal dan licin yang cukup menguras tenaga.

Untuk lokasinya, air terjun ini berada di Desa Koto Lubuk Hitam Cindakir, Kota Padang. Untuk mencapai lokasi air terjun pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 22 km dari kota Padang. Bisa ditempuh dengan menggunakan angkutan umum, atau pun jika menginginkan perjalanan yang lebih nyaman bisa menggunakan mobil sewaan atau kendaraan pribadi.

Air terjun ini lokasinya masuk dalam kawasan kaki bukit Barisan. Dengan ketinggian lebih dari 600 m di atas permukaan laut, membuat air terjun ini semakin indah, apalagi sesuai dengan namanya air terjun tiga tingkat, yang terdiri dari 3 tingkatan, masyarakat Cindakir menyebutnya dengan nama Lubuk Hitam. Keindahan yang terpancar dari Air terjun ini tentunya akan sangat memukau para pengunjung air terjun Tiga Tingkat.

14. Objek Wisata Lembah Anai

Lembah anai tidak berada di Kota Padang, lokasinya ada di tepi Jalan Raya Padang-Bukittinggi. Jika anda hendak jalan pulang atau ingin menuju ke Bukit Tinggi, maka anda bisa melihat dan singgah di Lembah anai. Atau Jika anda sudah selesai berkunjung ke tempat wisata di Padang di atas, anda bisa menjadikan lembah anai destinasi wisata selanjutnya.
Objek Wisata Lembah Anai - tempat wisata di Padang

Objek Wisata Lembah Anai

Lembah anai sangat terkenal, foto di samping diambil dari perlintasan kereta api yang ada di atasnya.

15. Objek Wisata Taman Siti Nurbaya atau Taman Gunung Padang

Sebenarnya Gunung Padang bukanlah gunung, melainkan sebuah bukit. Gunung Padang sendiri menjadi salah satu destinasi wisata yang mulai banyak dilirik wisatawan.
Taman Siti Nurbaya atau Taman Gunung Padang - tempat wisata di Padang

Taman Siti Nurbaya atau Taman Gunung Padang

Lokasinya berada di sebelah jembatan Siti Nurbaya, jika anda berada di jembatan siti nurbaya maka akan terlihat bukit ini di sebelah Barat.
Pemandangan di sekitarnya sangat mirip sekali dengan bukit yang ada di Film Doraemon dan Nobita, sehingga bukit ini juga disebut sebagai bukit nobita. Di bukit ini ada sebuah kuburan di dalam Goa. Katanya adalah makam siti nurbaya yang sangat terkenal dengan cerita rakyat Minang ini, namun kebenarannya tidak bisa dibuktikan dan tidak ada sumbernya yang pasti
Bagaimana? Kira-kira mana saja tempat wisata di Padang yang akan segera anda kunjungi, atau yang sudah pernah anda kunjungi?
Itulah 15 Tempat Wisata di Padang yang Wajib Dikunjungi dari kami, mudah-mudahan bisa menjadi panduan wisata di Padang untuk anda bersama keluarga tercinta. Kunjungi juga 20 Tempat Wisata di Palembang Sumatera Selatan dan Sekitarnya

5 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!