32 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Bengkulu – Bengkulu merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Sumatera. Bengkulu menjadi terkenal karena salah satu The founding father of Indonesia pernah diasingkan disini dan menikah disini. Dan kini, rumah pengasingan Soekarno menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Bengkulu yang wajib dikunjungi.

Masyarakat Provinsi Bengkulu termasuk masyarakat Melayu. Bengkulu berbatasan dengan beberapa daerah di sekitarnya seperti Jambi, Sumatera Barat, Palembang dan Lampung. Bengkulu menjadi salah satu destinasi wisata wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia dan Mancanegara.

Bengkulu memiliki banyak sekali objek wisata yang indah dan terkenal. Mungkin anda kenal dengan bunga raflesia, itu adanya di Bengkulu. Selain wisata sejarah, Bengkulu juga menyimpan sejuta keindahan alam yang sangat mempesona, begitu juga dengna pantainya, Bengkulu juga memiliki spot yang ‘sexy’ bagi pada pecinta selancar. Nah, kira-kira dimana saja tempat wisata di Bengkulu yang harus dikunjungi?

Jangan lewatkan juga 31 Tempat Wisata di Sumatera Utara

Kali ini Tempatwisataseru.com ingin mengajak anda keliling Bengkulu. Bagi anda yang sudah ada disini, sangat sayang sekali kalau harus dilewatkan. Berikut ini 32 tempat wisata di Bengkulu yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta atau teman-teman (bagi yang belum punya pasangan 😀 ya!).

32 Tempat Wisata di Bengkulu yang Menarik Dikunjungi

Nah, kira-kira apa saja tempat wisata di Bengkulu yang menarik untuk dikunjungi? Beberapa diantaranya adalah pantai panjang yang terletak di Jl. Pesisir Pantai Panjang, Kota Bengkulu. Yuk kita simak berikut ini:

1. Tempat Wisata Pantai Panjang Bengkulu

Tempat wisata di Bengkulu yang pertama adalah pantai panjang. Pantai panjang merupakan tempat wisata yang wajib kita kunjungi. Keindahan alamnya menjadi salah satu daya tarik pantai ini. Pantai panjang merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Bengkulu, jadi sangat sayang sekali ini dilewatkan.

Tempat Wisata Pantai Panjang Bengkulu

Tempat Wisata Pantai Panjang Bengkulu

Lokasinya juga sangat mudah sekali dijangkau. Anda hanya butuh 15 menit saja untuk mencapai pantai ini dari pusat kota. Kenapa dinamai pantai panjang? Bisa jadi dikarenakan pantai ini memiliki panjang terbentang 7 KM, sangat panjang sekali bukan? Lokasi tepatnya ada di Jl. Pesisir Pantai Panjang, Kota Bengkulu.

Di pantai ini anda dapat menikmati berbagai fasilitas seperti mulai penginapan, restoran, cafe, pusat perbelanjaan, arena bermain anak, hingga fasilitas olah raga. Pengunjung pantai dapat berjogging ria atau juga bermain voli pantai beserta teman dan rekan mereka.

Pasirnya yang halus juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri, selain itu juga pasirnya putih bersih, sangat nyaman sekali untuk main disini. Saat matahari tenggelam juga menjadi saat-saat yang romantis dan ditunggu-tunggu.

Anda pecinta selancar? Di pantai ini anda juga bisa menikmati berselancar sepuasnya. Ombaknya juga cukup menantang. Saat anda mulai lapar, juga ada banyak rumah maka di sekitar pantai ini.

Bagaimana? Anda tertarik berlibur ke pantai panjang?

2. Tempat Wisata Sejarah Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Selanjutnya, tempat wisata di Bengkulu yang harus anda kunjungi andalah rumah pengasingan Bung Karno. Bung Karno merupakan sosok kharismatik yang namanya sampai sekarang masih harus. Pidatonya yang menggelorakan semangat pemuda menjadi salah satu ciri khasnya.

Tempat Wisata Sejarah Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Tempat Wisata Sejarah Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Beliau tidak hanya disegani kawan, tapi juga lawan. Bahkan nama beliau banyak dijadikan nama jalan di negara-negara sahabat, seperti di Mesir contohnya.

Bung Karno diasingkan disini sekitar 1938 – 1942.Sebagaimana kita ketahui, Soekarno memiliki banyak istri, salah satu istrinya adalah gadis Bengkulu yang cantik jelita, Fatmawati. Dalam sejarah kemerdekaan kita mengetahui bahwa beliau lah yang menjahit Bendera Sang Saka Merah Putih saat Proklamasi 17 Agustus 1945.

Anda tentu ingin tahu lebih jauh lagi bukan? Silahkan kunjungi museum ini, sangat dianjurkan sekali untuk anda anak muda, apalagi pelajar. Hal ini untuk menimbulkan rasa cinta kepada tanah air. Disini ada sepeda ontel kesayangan Bung Karno, koleksi buku, hingga surat cinta Bung Karno untuk Ibu Fatmawati.

Pada awalnya, rumah ini adalah milik pengusaha Tionghoa bernama Tan Eng Cian yang bekerja saat itu sebagai penyumplai sembako untuk Pemerintah Belanda. Lalu, Belanda menyewanya untuk menempatkan Bung Karno di rumah tersebut selama diasingkan di Bengkulu. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Rumah Pengasingan Bung Karno sebesar Rp 2.500 per orang.

3. Tempat Wisata Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu

Tempat wisata di Bengkulu yang selanjutnya adalah Benteng Marlborough. Benteng ini menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia melawan Inggris. Benteng ini dibangun pada 1713 – 1719 oleh East India Company (EIC).

Tempat Wisata Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu

Tempat Wisata Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu

Untuk menjadi bangsa yang besar kita harus mengenal sejarah, kita ambil hikmahnya dari setiap peristiwa. denga luas sekita 44.100 m persegi dengan panjang 240,5 m dan lebar 170,5 m, menghadap ke arah selatan dan membelakangi Samudra Hindia. Bentuk arsitektur bangunan Benteng Marlborough ini mirip kura-kura, terdapat jembatan yang menghubungkan bagian kepala dan badan, sebuah jembatan di atas parit yang membentuk ekor dan jembatan yang menghubungkan jalan masuk dengan bagian luar.

4. Tempat Wisata Pantai Tapak Paderi Bengkulu

Selanjutnya, tempat wisata di Bengkulu yang populer lainnya adalah pantai Tapak Paderi. Pantai ini dahulunya dijadikan sebagai pelabuhan penjajah Inggris. Pantai ini sendiri menjadi salah satu dari deretan Pantai Panjang di Bengkulu. pada saat musim liburan banyak sekali pengunjung yang memadati wisata pantai Tapak Paderi ini.

Tempat Wisata Pantai Tapak Paderi Bengkulu

Tempat Wisata Pantai Tapak Paderi Bengkulu

Pengunjung dapat menikmati indahnya sunset di pantai yang menjadi daya tarik wisata tersendiri. Suguhan jagung bakar dan kuliner lainnya juga melengkapi pemandangan pantai yang sangat menawan ini.

Lokasinya pun tidak jauh dari Benteng Marlborough, hanya sekitar 100 meter saja. Jika anda mengunjungi pantai ini pada sore hari, anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat luar biasa indahnya, sunset di pantai ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

5. Berwisata ke Kota Curup Bengkulu

Jika anda berlibur ke Bengkulu jangan lupa untuk ke kota Curup. Kota ini juga menyimpan banyak sejarah masa lampau, salah satunya yang terkenal adalah rumah salah seorang Gubernur Pemerintahan Inggris yang sangat terkenal yaitu Raflesia Arnoldi. Raflesia Arnoldi juga dikenal dengan penemu bunga bangkai yang sampai sekarang masih hidup di Kebun Raya Bogor.

Berwisata ke Kota Curup Bengkulu

Berwisata ke Kota Curup Bengkulu

Kota Curup memiliki pemandangan yang sangat indah, hal itu karena lokasi kota ini terdapat di ketinggian 100 – 1000 meter dpl. Kota Curup terdapat di atas pegunungan Bukit Barisan dengan pemandangan sekitar berupa ladang-ladang sayur yang diselimuti kabut khas pegunungan.

Kota Curup adalah ibukota Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Inilah tempat yang menjadi rumah Bunga Rafflesia Arnoldi yang terkenal itu.

Dari kota ini, Anda dapat pergi ke Bukit Kaba, mendakinya hingga ke puncak untuk menyaksikan panorama alam yang memikat di sana. Atau, menikmati wisata di Danau Mas Harun Bastari. Jika Anda ingin mandi air panas di kota ini, datanglah ke Suban Air Panas, sebuah tempat pemandian air panas di Bengkulu dengan sumber air dari pegunungan yang langsung menuju kolam-kolam. Kota Curup adalah tempat wisata di Bengkulu dengan keunikan daerahnya yang menarik.

Ada banya sekali tempat menarik di kota curup, nanti akan dibahas di bagian bawah.

6. Tempat Wisata Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu

Danau ini memiliki nama yang agak seram. Kalau dalam bahasa Indonesianya, dendam yang tidak berujung. Danau ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Masih sangat terjaga dari kejahilan tangan manusia.

Tempat Wisata Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu

Tempat Wisata Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu

Danau ini terletak di Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Danau yang dikelilingi bukit-bukit hijau ini merupakan kawasan cagar alam yang menyimpan banyak potensi ekologi dan keseimbangan ekosistem.

7. Tempat Wisata Danau Mas Harun Bastari Bengkulu

Selain danau dendam tak sudah, ada juga dana mas harum bastari yang harus anda kunjungi. Lokasinya ada di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Danau ini juga tak kalah indahnya dari danau dendam tak sudah.

Tempat Wisata Danau Mas Harun Bastari Bengkulu

Tempat Wisata Danau Mas Harun Bastari Bengkulu

Untuk menuju danau ini, anda harus berjalan sekitar 17 km dari kota Curup. Di danau ini ada banyak wahana yang bisa dimainkan. Anda bisa naik perahu keliling danau. Sangat cocok untuk wisata keluarga. Anda juga bisa main sepeda air yang tak kalah serunya.

8. Tempat Wisata Sejarah Museum Negeri Bengkulu

Satu lagi objek wisata sejarah di Bengkulu yang harus anda kunjungi, Museum Negeri. Museum ini sudah mengalami pemindahan, dimana sebelumnya ada di Benteng Marlborough. Pemerintah Bengkulu berinisiatif untuk memindahkannya pada 3 Januari 1983.

Tempat Wisata Sejarah Museum Negeri Bengkulu

Tempat Wisata Sejarah Museum Negeri Bengkulu

Disini anda dapat melihat koleksi sejarah seperti geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramologika, seni rupa, hingga teknologika. Total, ada sekitar 6.220 macam koleksi.

Museum ini dibuka setiap hari, kecuali Senin, dari pukul 8 pagi hingga 1 siang. Hampir separuh koleksi tersebut adalah benda budaya kategori etnografi atau benda budaya yang merupakan perlengkapan hidup, seperti kain tenun tradisional, benda upacara, senjata, dan lainnya baik yang masih dipakai dan diproduksi maupun perlengkapan kuno yang sudah tidak diproduksi atau digunakan lagi.

9. Tempat Wisata Alam Bukit Kaba Bengkulu

Satu lagi tempat wisata di Bengkulu yang harus dikunjungi yaitu Bukit kaba. Bukit kaba terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Buku ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Tahukah anda? Terdapat 8 kawah gunung berapi yang 5 diantaranya tertutup oleh rimbunnya vegetasi. Untuk menikmati indahnya kawah di Bukit Kaba pengunjung harus melewati sekitar 307 anak tangga.

Tempat Wisata Alam Bukit Kaba Bengkulu

Tempat Wisata Alam Bukit Kaba Bengkulu

Hmm, selain untuk wisata juga bisa untuk olahraga ya? Hehe, tapi anda tidak perlu khawatir, setelah sampai dipuncaknya semua rasa lelah akan terbayar dengan panorama yang menakjubkan di Bukit Kaba.

Selain dapat menikmati indahnya pemandangan pada siang hari, wisatawan juga dapat menikmati indahnya Kota Curup pada malam hari. Biasanya pengunjung akan berkemah di sini. Rasakan sensasi liburan di alam.

Di Gunung Kaba atau masyarakat Bengkulu menyebutnya sebagai Bukit Kaba, anda juga dapat menikmati indahnya jajaran Bukit Barisan yang berdiri indah serta pendar cahaya matahari terbenam adalah beberapa hal memikat yang dapat Anda rasakan di tempat wisata Bengkulu yang satu ini. Berkemah di puncak bukit untuk menyaksikan gemerlap lampu Kota Curup pada malam hari adalah satu hal yang menawan. Untuk dapat masuk kawasan wisata Bukit Kaba di Bengkulu ini, Anda harus membayar retribusi sebesar Rp 2.500 per orang.

10. Berwisata ke Pulau Tikus Bengkulu

Mungkin anda akan bertanya? Pulau Tikus? Apa penghuninya tikus semua ya? Hmm, memang nama pulau ini cukup unik. Pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Bengkulu. Pulau yang hanya memiliki luas sekitar 1,5 ha ini menyuguhkan keindahan terumbu karang di sekitarnya.

Berwisata ke Pulau Tikus Bengkulu

Berwisata ke Pulau Tikus Bengkulu

Lokasi Pulau Tikus ada di 10 km di arah barat dari kota Bengkulu. Palau ini menjadi surganya para pecinta alam bawah laut. Untuk menjangkau pulau Tikus di Bengkulu ini pengunjung dapat melalui Pantai Jakat kemudian menyewa kapal nelayan.Perjalanan dari sini memakan waktu 1 jam. Selain itu pengunjung juga dapat melalui Pelabuhan Pulau Baai kemudian menggunakan boat untuk menuju Pulau Tikus. Dengan cara ini anda hanya akan memakan waktu sekitar 40 menit.

Keindahan pulau ini sangat luar biasa, air lautnya sangat jernih, batu karangnya sangat cantik, ikannya berwarna-warni. Membuat wisatawan akan betah berlama-lama di Pulau mini ini.

11. Wisata Alam Sungai Air Berau Bengkulu

Kalau tadi kita sudah ke tempat yang indah-indah di Bengkulu, sekarang saatnya kita pacu adrenalin. Bagi anda pecinta olahraga ekstrim arung jeram, maka Sungai Berau harus masuk dalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bengkulu.

Wisata Alam Sungai Air Berau Bengkulu

Wisata Alam Sungai Air Berau Bengkulu

Arusnya yang sangat deras menjadi tantangan tersendiri untuk anda. Tempatnya ada di kabupaten Muko-muko, Bengkulu.

Di Sungai Air Berau ini juga terdapat sebuah upacara adat yang unik yaitu upacara anak daro mandi ke air. Upacara ini merupakan upacara memandikan anak bayi yang baru lahir ke sungai ini.

12. Wisata ke Habitat Bunga Rafflesia Arnoldii Bengkulu

Sebagaimana yang sudah saya sebutkan diawal tadi, di Bengkulu terdapat Bunga yang berukuran raksasa, yaitu Bunga Rafflesia arnoldii. Bunga ini bisa kita temukan di Hutan Lindung Bukit Daun Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu jadi lokasi wisata dadakan sebab dua kuntum bunga langka itu mekar di lokasi tersebut.

Wisata ke Habitat Bunga Rafflesia Arnoldii Bengkulu

Wisata ke Habitat Bunga Rafflesia Arnoldii Bengkulu

Bagi pecinta alam, jika berwisata ke Bengkulu maka anda wajib ke tempat ini. Selain dua bunga yang mekar sempurna itu, di lokasi ini juga masih ada sejumlah bonggol atau calon bunga yang akan mekar beberapa minggu ke depan. Sebelumnya, dua bunga rafflesia juga mekar bersamaan di lokasi tersebut.

13. Tempat Wisata Pantai Teluk Sepang Bengkulu

Di Bengkulu juga ada tempat berselancar yang harus anda kunjungi. Dengan deburan ombak yang mencapi 3 sampai 4 meter ini menjadi surga bagi pecinta surfing. Ada “spot” baru selancar di pantai yang merupakan perbatasan antara Kota Bengkulu dengan Kabupaten Seluma itu. Bahkan, tidak ada peselancar dari Indonesia saja yang ingin menaklukan ombak disini, wisatawan dari mancanegara juga tertantang.
Tempat Wisata Pantai Teluk Sepang Bengkulu

Tempat Wisata Pantai Teluk Sepang Bengkulu

14. Berwisata ke Air Terjun Curup

Kalau anda berlibur ke Kota Curup, maka air terjun Curup harus masuk dalam daftar tempat wisata yang akan anda kunjungi di Bengkulu. Di curup juga ada Danau yang menarik untuk anda kunjungi.

Berwisata ke Air Terjun Curup

Berwisata ke Air Terjun Curup

15. Tempat Wisata Danau Lebong di Bengkulu Tengah

Danau ini merupakan bekas galian tambang batubara yang tidak direklamasi. Lokasinya ada di Desa Surau, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah. Danau yang terlihat cantik ini sebenarnya merupakan air asam yang beracun yang mencemari lingkungan.

Tempat Wisata Danau Lebong di Bengkulu Tengah

Tempat Wisata Danau Lebong di Bengkulu Tengah

Warnanya memang cantik, dengan gradasi air berwarna biru muda, yang terkadang menjadi berwarna hijau bila ditengah terik matahari.  Untuk berkunjung kemari, perlu perjuangan ekstra keras dan kendaraan yang benar-benar berada dalam kondisi terbaik. Jarak dari Kota Bengkulu menuju ke Taba Penanjung, Bengkulu Tengah terhitung cukup jauh, yakni 35 kilometer. Sampai ke jalan masuk ke Desa Surau, yang berjarak sekitar 200 meter dari tugu meriam, Taba Penanjung, barulah perjuangan yang sebenarnya dimulai!

16. Tempat Wisata Air Terjun Kepala Curup Bengkulu

Air terjun kepada curup menjadi salah satu tempat wisata di Curup Bengkulu yang wajib dikunjungi. Keindahan air terjun kepala ini sangat luar biasa. Dengan ketinggian mencapai 100 meter menjadi potensi tersendiri untuk warga sekitar.
Tempat Wisata Air Terjun Kepala Curup Bengkulu

Tempat Wisata Air Terjun Kepala Curup Bengkulu

Lokasinya ada di Desa Kepala Curup Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong. Dengan berjalan kaki kira-kira 300 meter dari jalan raya kita dapat menikmati pemandangan indah air terjun ini. Ketinggian air terjun ini 100 meter, di belakang air terjun terdapat gua.

17. Tempat Wisata Air Terjun Sindang Kelingi Bengkulu

Satu lagi pesona Bengkulu yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu Objek Air terjun sindang kelingi. Air terjun ini berada di desa sindang jati. Untuk menjangkau daerah ini tidak begitu sulit karena lokasinya tepat berada di pinggir jalan, namun untuk mencapai dasar dari air terjun ini sangatlah sukar karena tidak ada jalan menuju ke dasar air terjun tersebut,kita harus menelusuri puing-puing sisa bangunan belanda, yang mana jalan tersebut sangat curam dan licin.

Tempat Wisata Air Terjun Sindang Kelingi Bengkulu

Tempat Wisata Air Terjun Sindang Kelingi Bengkulu

18. Tempat Wisata Kebun Teh Bukit Daun Bengkulu

Bengkulu juga memiliki perkebunan teh yang luas. Perkebunan ini terletak di Kampung Sajad, Bermani Ulu. Terletak 22 km dari Curup. Untuk menuju ke sini, kita dapat melalui jalur persimpangan Tabarenah-Talang Gambir, atau persimpangan Pal Seratus. Perkebunan teh ini dikelolah oleh PT.Agrotea. Perkebunan teh ini memproduksi teh cap Dandang. Dari perkebunan teh ini kita dapat melihat kota Curup dan sekitarnya.

Tempat Wisata Kebun Teh Bukit Daun Bengkulu

Tempat Wisata Kebun Teh Bukit Daun Bengkulu

19. Tempat Wisata Pantai Lais Bengkulu

Jika anda berada di Bengkulu Utara, ada satu pantai yang harus anda kunjungi, yaitu Pantai Lais, terletak di Desa Lais, Kabupaten Bengkulu Utara. Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun dari daerah lainnya.

Tempat Wisata Pantai Lais Bengkulu

Tempat Wisata Pantai Lais Bengkulu

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Edi Nevian di Bengkulu, menjelaskan, objek tersebut banyak dikungjungi wisatawan selain memang indah juga mudah dijangkau. “Pantai tersebut berada di tepi jalan rayat Lintas Barat Sumatra, jadi sangat mudah bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi itu, selama ini objek wisata itu kurang dipromosikan karena itu belum cukup dikenal terutama oleh wisatawan dari luar daerah.

Jarak dari Bandara Fatmawati Kota Bengkulu ke Pantai Lais, sekitar 60 km dan dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum.

20. Tempat Wisata Air Terjun Curug Sembilan Bengkulu

Air terjun ini sangat indah dan wajib anda kunjungi jika berlibur ke Bengkulu Utara, letaknya ada di Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara sekitar 120 km dari kota Bengkulu. Keunikan air terjun ini adalah karena air yang mengalir membentuk sembilan tingkatan dan masing-masing tingkatan membentuk beberapa air terjun sehingga memberikan pemandangan alam yang spektakuler.

Tempat Wisata Air Terjun Curug Sembilan Bengkulu

Tempat Wisata Air Terjun Curug Sembilan Bengkulu

Air Terjun ini terletak di kawasan hutan lindung yang alami dan sangat menarik untuk dikunjungi oleh para pecinta alam. Disini juga dapat ditemui berbagai macam flora dan fauna langka dengan habitat yang alami.

21. Objek Wisata Danau Gedang Bengkulu

Satu lagi objek wisata di Bengkulu Utara yang wajib anda kunjungi yaitu Danau Gedang. Daya tarik pemandangan alam danau ditepi laut, terletak di desa padang betuah, Bengkulu Utara. Lokasinya sekitar 24 km dari kota Bengkulu.

Objek Wisata Danau Gedang Bengkulu

Objek Wisata Danau Gedang Bengkulu

22. Tempat Wisata pantai jakat Bengkulu

Tempat wisata di Bengkulu selanjutnya adalah pantai jakat. Pantai Jakat selalu ramai, terutama pada minggu sore. Pantai ini menjadi tempat wisata favorit keluarga, kedalaman pantainya hanya berkisar 0 sampai 1,5 meter saja. Pantai Jakat Terletak sekitar 1 km dari pusat kota Bengkulu. Di pantai Jakat terdapat aktivitas nelayan tradisional yang berdomisili di sekitar kawasan pantai. Atraksi wisata yang tersedia berupa kegiatan Arena Bermain Banana boat, jet sky. swimming, penangkapan ikan di laut.
Tempat Wisata pantai jakat Bengkulu

Tempat Wisata pantai jakat Bengkulu

Pantai jakat dapat ditempuh kurang lebih 10 menit dari pusat kota Bengkulu karena jaraknya hanya 1 KM. Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, pemerintah daerah terus membenahi dan menata kawasan di sekitar pantai ini.

23. Objek Wiasta Tugu Thomas Parr Bengkulu

Tugu Tomas Parr (Parr Monument) adalah salah satu bangunan bersejarah peninggalan Inggris yang ada di jantung kota Bengkulu. Orang Inggris memberi nama “Parr Mausoleum” (kuburan besar Gubernur Parr). Sedangkan orang Bengkulu menyebutnya sebagai “Kuburan Bulek” (Kuburan Bulat) – mungkin karena bentuk fisik bangunannya yang bulat. Dan setelah kedatangan Sir Thomas Stamford Raffles, lebih popular dengan nama “ Raffles Park” (Taman Raffles).
Objek Wisata Tugu Thomas Parr Bengkulu

Objek Wisata Tugu Thomas Parr Bengkulu

24. Tempat Wisata Taman Hutan Raya Bengkulu

Taman hutan raya dapat anda jangkau dengan jarak 16 km dari pusat kota Bengkulu yang dapat dicapai oleh berbagai jenis kendaraan roda empat Tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat untuk rekreasi bersama keluarga dan tempat kemah dengan keadaan alam yang indah.

Tempat Wisata Taman Hutan Raya Bengkulu

Tempat Wisata Taman Hutan Raya Bengkulu

25. Wisata ke Pusat Makanan Khas Bengkulu

Nah, kalau anda sudah mau pulang, di Bengkulu ada pusat makan khas dan oleh-oleh yang tidak boleh anda lewatkan. Lokasinya ada di Jalan penurunan dekat dengan simpang 5 Suprapto, ada berbagai makanan dan oleh-oleh disini, seperti: lempuk, kue siput, kue tart Bengkulu, kerupuk palembang, macam 2 makanan khas Bengkulu.

Wisata ke Pusat Makanan Khas Bengkulu

Wisata ke Pusat Makanan Khas Bengkulu

Ada juga yang jual pernak pernik, miniatur Tabot dari yang kecil sampe yang besar, tas dari kulit kayu, dompet, topi, semuanya lucu2, gantungan kunci bentuk tabot sampe bentuk bunga Rafflesia, tempat hp semuanya dari kulit kayu yang dikemas menarik dan lucu, Tempuyak, bagar Hiu, dsb

26. Berwisata ke Kampung Tua Cina Bengkulu

Di Bengkulu juga ada kampung China. Kampung ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Bengkulu yang menarik untuk dikunjungi. Kampung ini sengaja dijaga keasliannya oleh pemerintah. Letaknya sekitar 190 meter di sebelah selatan dari Benteng Marlborough, pada titik koordinat 3o 47? 15,9? LS dan 102o 15? 2,6? BT.

Berwisata ke Kampung Tua Cina Bengkulu

Berwisata ke Kampung Tua Cina Bengkulu

Berdasarkan data sejarah kawasan ini merupakan pemukiman Cina sejak masa Kolonial Inggris. Keterangan tersebut mendukung keberadaan tinggalan-tinggalan arkeologi di kawasan tersebut yang berupa rumah tinggal yang mempunyai arsitektur Cina.

27. Tempat Wisata Sungai Air Berau Muko-Muko Bengkulu

Satu lagi tempat menantang yang bisa anda coba untuk melakukan aktivitas olahraga arung jeram, Sungai Air Berau. Sungai ini berada di bantaran jalan lintas Barat (Jalinbar) Bengkulu, berjarak 30 Km dari Kota Mukomuko.

Tempat Wisata Sungai Air Berau Muko-Muko Bengkulu

Tempat Wisata Sungai Air Berau Muko-Muko Bengkulu

Sungai ini sangat menantang karena lintasannya lebih banyak rintangan. Di bagian hulu sungai Air Berau terdapat air terjun dalam hutan perawan dan belum tersentuh masyarakat, sehingga para wisatawan dapat menikmati kesejukan alam.

Pesona alam yang indah dan mempesona ini diyakini bisa mengundang para wisatawan dari luar Provinsi Bengkulu, terlebih sekarang sudah didukung adanya penerbangan rutin ke Kabupaten Mukomuko. Bahkan di hari jati kota Muko muko yang lalu diadakan lomba dayung sampan di sungai ini.

28. Pantai Batung Badoro Muko-Muko Bengkulu

Pantai Batung Badoro terletak di mukomuko kecamatan mukomuko utara, kabupaten mukomuko atau sekitar 300 kilometer dari kota Bengkulu. Di sepanjang pantai banyak sekali batu kecil yang menghiasi daratan pantai sehingga sering disebut pantai batu.

Pantai Batung Badoro Mukomuko Bengkulu

Pantai Batung Badoro Mukomuko Bengkulu

29. Pantai Air Rami Mukomuko Bengkulu

Tempat wisata di Bengkulu selanjutnya adalah pantai Air Rami, Pantai Air Ramai terletak di pinggir jalan lintas barat, sekitar 10 km dari kota Ipuh Kabupaten Muko-muko. Pantai ini memiliki pasir putih dengan panorama alam vegetasi hutan cemara. Sebagian daerah ini merupakan kawasan cagar alam. Letaknya tepat dipinggir jalan lintas barat, sekitar 10 km dari kota Ipuh Kabupaten Muko-muko.

Pantai Air Rami Mukomuko Bengkulu

Pantai Air Rami Mukomuko Bengkulu

Bagi yang menggunakan jalur lintas barat dapat singgah untuk beristirahat disini sebelum melanjutkan perjalanan ke kota Bengkulu atau Provinsi Sumatera Barat.

30. Danau Nibung Mukomuko Bengkulu

Satu lagi tempat wisata di Bengkulu, tepatnya di Mukomuko yang harus anda kunjungi adalah Danau Nibung. Danau ini terletak di Pusat Kota Mukomuko di Kawasan Kantor Bupati, lokasi objek wisata Danau Nibung ini mudah dijangkau dengan kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua dan hanya berjarak sekitar 6 km dari Kota Muko Muko, ibu kota Kabupaten Muko Muko,Bengkulu.

Danau Nibung Mukomuko Bengkulu - tempat wisata di Bengkulu

Danau Nibung Mukomuko Bengkulu

Sedangkan dari Bandara Fatmawati Kota Bengkulu, berjarak sekitar 300 km dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum. Kedepannya,objek wisata Danau Nibung ini bisa menjadi objek wisata andalan kabupaten mukomuko.

Danau Nibung mempunyai Panorama Alam perbukitan. dengan dikelilingi oleh hutan tropis sebagai pemandangan utamanya. Selain aktifitas memancing, kita juga dapat menyaksikan satwa liar, seperti burung, Bagi yang pencinta “bird watching” dapat berburu foto disini.

31. Tempat Wisata Pantai Seluma Bengkulu

Tempat wisata di Bengkulu selanjutnya adalah Pantai Seluma. Pantai di terletak di desa Pasar seluma, Sukasari Kecamatan Sukaraja, +/-12 Km dari pusat kota Tais. Pantai Seluma Sangat terkenal karena pantainya yang landai, dengan pasir putih yang luas membentang serta ombaknya yang bervariasi.

Tempat Wisata Pantai Seluma Bengkulu - tempat wisata di Bengkulu

Tempat Wisata Pantai Seluma Bengkulu

Memanjang dari Muara Sungai Seluma ke arah Selatan dan sangat cocok bila dikembangkan menjadi lokasi olahraga Selancar (surfing) dan memancing.wisata pantai seluma sangat cocok di gunakan untuk liburan di akhir pekan bersama keluarga

32. Air Terjun Tri Muara Karang

Tempat wisata di Bengkulu yang terakhir dari kami adalah air terjun tri muara karang. Air terjun ini merupakan rekomendasi dari mas Arif Purnomo, karena menurut beliau air terjun Tri Muara Karang ini sangat unik, karena suhu air terjun ini berbeda, ada yang panas dan ada yang dingin. Air terjun ini terletak di Desa Belitar Seberang Kec. Sindang Kelingi Kab. Rejang Lebong. Terdapat 5 buah air terjun dan 2 diantaranya merupakan air terjun air panas, dan terdapat pemandian air panas yang saat ini di kelola oleh warga dalam kepengurusan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS).
Air Terjun Tri Muara Karang - tempat wisata di Bengkulu

Air Terjun Tri Muara Karang

Untuk menuju lokasi para wisatawan diberkan dua alternatif pilih jalan yaitu dari Desa Sindang Jati maupun dari Desa Belitar. Dimana untuk jalan dari Desa Sindang Jati ini jalannya cukup bagus namun jaraknya cukup jauh. Sedangkan dari Desa Belitar memang cukup dekat, hanya saja akses jalannya hanya jalan setapak dan tidak bisa dilalui kendaraan.
Bagaimana traveler? Sudah menyusun rencana untuk liburan di Bengkulu? Nah, tentukan kira-kira daerah mana yang akan anda kunjungi. Kalau anda mau kunjungi semua juga boleh. Itulah 32 tempat wisata di Bengkulu yang menarik dikunjungi dari kami, jika anda punya ceria atau pengalaman menarik selama berwisata di Bengkulu silahkan bagikan juga sama kami ya. Jangan lewatkan juga 19 Tempat Wisata di Sukabumi Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi
loading...

13 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!