Mencoba Petualangan Seru di Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Taman Safari Cisarua Bogor ini merupakan objek wisata konservasi yang sangat populer. Dibangun pada tahun 1980, Taman Safari Indonesia tidak hanya mengedepankan pelestarian hewan-hewan langka, melainkan juga menjadi ajang wisata edukasi dan petualangan untuk keluarga.

Yang unik dari tempat konservasi yang juga wisata ini adalah yaitu satwanya dibiarkan berkeliaran bebas. Lingkungannya pun dibuat sedemikian rupa hingga persis dengan habitat asli hewan-hewan tersebut. Meski begitu, pengunjung tetap bisa berinteraksi dekat dengan para satwa tersebut.

Pada akhir tahun 2017, Taman Safari Indonesia yang berada di Puncak Bogor ini sudah memiliki koleksi hewan hingga 2.500 ekor lebih. Hewan-hewan ini juga tidak hanya dari Indonesia saja, melainkan dari seluruh dunia.

Taman Safari Cisarua

Taman Safari Cisarua

Trik Jitu Berwisata Menuju ke Taman Safari

Untuk sampai di Taman Safari Indonesia, kamu bisa menggunakan mobil pribadi, bus, atau bahkan kereta. Yang perlu diketahui, kawasan wisata ini ada di Kawasan wisata Puncak.

Seperti yang kita semua ketahui, kawasan tersebut merupakan primadona tersendiri bagi para wisatawan. Apalagi tatkala musim libur tiba. Sudah bisa dipastikan kemacetan panjang.

Oleh karena itu, agar liburanmu tidak terganggu, alangkah lebih baiknya jika kamu datang sehari sebelum weekend dan menginap di hotel-hotel dekat Taman Safari. Selain menghemat waktu, kamu juga dapat menghemat tenaga untuk berlibur.

Selain tubuh yang fresh dan bugar saat berwisata di Taman Safari, kamu juga memiliki keuntungan dengan berangkat sehari sebelumnya yaitu dapat tiba di lokasi wisata pada pagi hari. Poin pentingnya, kamu memiliki kesempatan menyaksikan para hewan disana sedang makan.

Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia

Harga Tiket yang Sepadan dengan Petualangannya

Terdapat dua jenis Safari yang bisa dilakukan di tempat konservasi ini, yaitu Safari siang yang buka mulai pukul 08.30 hingga 17.00 WIB (weekdays) dan pukul 08.00 hingga 17.00 WIB (weekend/holidays), serta Safari Malam yang buka setiap malam akhir pekan mulai pukul 18.30 WIB.

Harga tiketnya pun bervariasi. Untuk wisatawan domestik, harga berkisar Rp 195.000 (anak) dan Rp 210.000 (dewasa). Sedangkan untuk turis mancanegara, harganya berkisar Rp 350.000 (anak) dan Rp 400.000 (dewasa). Harga tiket tersebut merupakan tiket untuk bersafari, menonton pertunjukan dan menaiki wahana disana secara gratis.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak: Update Harga Tiket Masuk Taman Safari Cisarua Bogor

Yang perlu diperhatikan, tiket ini dijadikan gelang sebagai tanda masuk dan jangan sampai hilang atau terlepas karena kamu bisa kesulitan untuk masuk ke wahana berikutnya. Cukup sediakan uang tunai demi mempermudah transaksi dengan petugas.

Di dalam Taman Safari, juga tersedia tiket kereta seharga Rp 25.000 per orang untuk berkeliling area wisata. Kemudahannya, tiket ini dapat digunakan berkali-kali selama masih ada di area Taman Safari.

Berbagai Keseruan Wisata di Taman Safari

Untuk waktu safari normal, tour keliling biasanya menghabiskan 45 hingga 50 menit dalam sekali putaran. Selama tour, kita harus mematuhi semua peraturan dari Taman Safari demi keselamatan diri sendiri. Dilarang membuka kaca di daerah hewan buas seperti singa. Apalagi turun dari mobil.

Pengunjung hanya boleh memberi makan hewan-hewan jinak dan herbivora. Makanan yang diberikan juga harus berupa sayur seperti wortel yang biasanya mudah dibeli saat perjalanan ke lokasi.

Sedangkan untuk Safari Malam, akan start pada pukul 18.30. bedanya, di dalam Safari Malam, kamu akan disediakan kereta wisata terbuka dan memakan waktu hingga 2 jam dalam sekali putaran.

Selain nuansa pekatnya malam yang mendukung, suasana sunyi dan aura pemangsa yang keluar dari para hewan-hewan tersebut menghadirkan adrenalin tersendiri bagi wisatawan. Tidak hanya itu, untuk Safari Malam akan diakhiri dengan Fire Dance yang sangat memukau.

Tidak puas hanya bersafari hewan saja? Kamu dapat menguji sikap petualangmu dalam Safari Trek. Dalam Safari ini, pengunjung dipandu dengan mentor berpengalaman akan diajak menyusuri hutan tropis.

Suasana yang rindang, jalan yang melewati sungai, panorama air terjun, hingga wahana outbound seperti flying fox dan rope climbing akan membuat petualanganmu sangat berkesan.

Selain bersafari, Taman Safari Indonesia juga menyediakan wahana permainan dan juga pertunjukan yang tidak kalah mendebarkannya dari bertemu hewan liar. Ada lebih dari 20 wahana bermain di Taman Safari Bogor yang dapat kamu coba.

Sebagian wahana tersebut hanya boleh dinaiki anak-anak dan diberi kode wahana A, misalnya wahana Mandi Bola, Crazy Plane, atau Speed Way. Sebagian malah hanya boleh dinaiki dewasa dan diberi kode wahana D, seperti Z Force Tower dan Space Shuttle.

Untuk yang dapat dinaiki kedua kategori tersebut, wahana diberi label U untuk umum misalnya Rumah Hantu.

Kunjungi juga yuk: 38 Tempat Wisata Kuliner Bogor yang Wajib Anda Coba

Balon udara taman safari bogor

Balon udara taman safari bogor

Di Taman Safari Ada Juga Tontonan Seru Dan Menantang

Selain wahana, kamu bisa melihat pertunjukan favoritmu, antara lain:

  • Tiger Show, yaitu atraksi harimau dalam memanjat pohon, menerkam, dan bersahabat dengan manusia
  • Globe of Death, yaitu permainan sejenis tong setan dimana di dalamnya ada atraksi pengendara motor yang berputar tanpa henti dalam 1 bola
  • Birds of Prey Show, yaitu atraksi berbagai macam burung pemangsa, mulai dari mempertahankan sarang hingga mengambil makanan.

Setelah wahana dan atraksi, kamu juga dapat berinteraksi dengan bayi satwa dalam Baby Zoo. Bahkan berfoto juga diperbolehkan lho. Syaratnya kamu harus membayar Rp 10.000,00 per orang. Kamu dapat berfoto dengan bayi singa, bayi orang utan, bayi harimau putihhingga bayi harimau Sumatera yang berukuran besar.

Kamu juga dapat melihat berbagai macam unggas di kawasan Bird Aviary. Di dalam area ini, terdapat sekitar 90 spesies burung yang jumlahnya keseluruhan lebih dari 1000 ekor dimana semuanya bebas berterbangan.

Lelah dengan semua aktivitas tersebut, jangan khawatir… kamu dapat rileksasi dan menyejukkan diri di Waterpark. Kolamnya yang luas dan dilengkapi berbagai macam permainan air seperti jalur Spiral Water Slide, Lazy River, Kiddy Pool membuat area ini juga tidak akan pernah sepi pengunjung. Apalagi kamu dapat melihat akuarium dan berenang bersama buaya.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Alam Curug Bidadari Bogor Nan Cantik

Melihat Keindahan Taman Safari Dari Balon Udara

Tidak hanya wisata darat dan air saja, di dalam Taman Safari Indonesia juga tersedia wisata udara yaitu Balon Udara. Hot Air Balloon akan membawamu hingga ketinggian 40 m, melihat segala penjuru area Taman Safari dari atas.

Balon udara ini dapat mengangkut hingga 6 orang dewasa secara bersamaan dan dikendalikan dengan teknik udara panas. Sayangnya, waktu terbangnya tidak lama, hanya sekitar 10 menit sekali mengudara.

Meski hanya sebentar, tapi kemanannya sangat terjamin dan berlipat. Selain dikendalikan dari bawah, balon udara ini juga diikat dengan tali dari 8 arah. Pengunjung juga diharapkan dapat berkontribusi menjaga keamanan selama mengendarai balon, misalnya tidak merokok.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu ketahui tentang berwisata ke Taman Safari Indonesia. Meski Taman Safari merupakan tempat konservasi satwa dimana para hewan disana dijaga dan diberi pengamanan yang baik agar tidak merugikan pengunjung, tapi alangkah lebih baiknya jika kita juga berhati-hati demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat liburan!

Jangan lewatkan juga: Melihat Taman Matahari Bogor Bersama Dinginnya Hawa Puncak

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!