Liburan Seru ke Taman Menteng Jakarta

Taman Menteng – Di tengah aktivitas kota yang padat, memang adanya sebuah ruang terbuka publik diperlukan guna memberikan penyegaran bagi warganya. Jika mendengar kawasan Menteng, mungkin yang terpikir adalah Elite dan Obama. Yap, kawasan yang memang dikenal dengan kawasan kelas atas tersebut pernah menjadi hunian Mantan Presiden Amerika Serikat Berkulit Hitam Pertama tersebut.

Namun kini, Menteng tidak hanya berupa kawasan hunian saja, melainkan juga dibangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang mana sangat menguntungkan kebersihan udara daerah Ibukota. Selain itu, Taman Menteng juga memiliki fungsi sosial yaitu sebagai fasilitas umum dengan fungsi rekreasi, pendidikan dan olahraga.

Keindahan Taman Menteng dari Ketinggian via Angkukoper

Keindahan Taman Menteng dari Ketinggian via Angkukoper

Lokasi Taman Menteng ini Sangat Strategis

Taman ini diresmikan Pemprov DKI Jakarta pada 28 April 2007 dan berlokasi di Jl Raya HOS Cokroaminoto, tepatnya di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Keunikannya, Taman Menteng dikelilingi oleh jalan-jalan strategis seperti Jl HOS Cokroaminoto di Barat, Jl Prof Moh Yamin di Utara, Jl Kediri di Timur, Jl Sidoarjo dan Jl Kertosono di Selatan, dan bahkan gedung parkir di sudut Barat Daya taman.

Karena keberadaan Taman ini, maka Pemprov DKI Jakarta juga melakukan penertiban di sepanjang jalan HOS Cokroaminoto. Bahu jalan dilarang untuk lahan parkir dan berjualan pedagang kaki lima. Alasannya kedua kegiatan tersebut yang menjadi penyumbang macetnya jalanan di sekitar Taman.

Sejarah Lahan Taman Menteng

Sebelum untuk Taman, lahan yang digunakan tersebut merupakan markas besar tim kesebelasan Persija. Memang sejak tahun 1921, lahan ini dulunya juga tempat olahraga orang-orang Belanda.

Lambat laun, Stadion Menteng tersebut mengalami disfungsi dan memiliki perawatan yang sangat minim sehingga membuat area tersebut terkesan kumuh. Bahkan ada beberapa oknum yang membuatnya menjadi lahan usaha ilegal.

Resah dengan hal ini, Gubernur Provinsi DKI Jakarta saat itu, Sutiyoso, mempunyai inisiatif untuk menjadikannya sebuah area publik. Pengalihan fungsi tersebut tidak sepenuhnya menghapus kejayaan Stadion bersejarah ini. Terbukti, di salah satu sudut Taman dibangun sebuah artwork yang mematri nama-nama para legenda Persija.

Merupakan Ruang Terbuka Hijau yang Bagus

Ruang Terbuka Hijau merupakan area atau jalur yang penggunaannya lebih bersifat terbuka, dimana terdapat tumbuhan atau tanaman, entah itu tanaman yang tumbuh secara alami atau yang memang sengaja ditanam. Ruang Terbuka Hijau memiliki beberapa manfaat, antara lain :

#Fungsi Ekologi

Ruang Terbuka Hijau juga bisa dibilang sebagai paru-paru kota. Tumbuhan yang ada disana dapat menyerap karbondioksida untuk diubah menjadi oksigen.

Dengan begitu, Ruang Terbuka Hijau dapat menurunkan suhu apalagi di tengah Global Warming yang tengah terjadi saat ini. Ruang Terbuka Hijau juga bisa menjadi area resapan air. Hal ini berguna mengurangi banjir yang sering terjadi di Ibukota.

Selain itu, Ruang Terbuka Hijau juga dapat meredam kebisingan kendaraan-kendaraan bermotor. Mengacu pada UU No. 26 tahun 2007, Jakarta mengingat luasnya memang harus mempunyai Ruang Terbuka Hijau sebesar 30% dari luas kotanya.

#Ruang Rekreasi

Seperti yang kita tahu, ruang terbuka seperti taman memang dapat digunakan publik untuk beraktivitas tanpa membayar apapun. Hal ini tentu saja sama artinya Ruang Terbuka Hijau menyediakan sarana berekreasi dengan keluarga. Anak-anak dapat bermain di luar rumah tanpa takut bahaya, sedangkan orang tua dapat mengawasi anak lebih baik daripada bermain tidak tentu arah.

#Fungsi Pendidikan

Selain sebagai sarana bermain anak, Ruang Terbuka Hijau dapat digunakan sebagai sarana pendidikan juga. Di tengah aktivitas orang tua yang padat dengan bekerja dan lain hal sebagainya, terkadang orang tua tidak dapat meluangkan waktu untuk memberikan edukasi pada anak di sarana seperti Museum, Laboratorium dan sebagainya.

Oleh sebab itu, adanya Ruang Terbuka Hijau di sekitar mereka dapat membantu para orang tua dalam mengajarkan kepada anak-anaknya sebuah edukasi dini, misalnya mengenai tanah, bumi, dan alam.

#Fungsi Ekonomis

Tidak bisa dipungkiri, Ruang Terbuka Hijau juga dapat mendatangkan nilai ekonomis. Entah itu dirasakan pengelola atau pengunjung, namun dampak ekonomis tentu pasti dirasakan. Selain itu, adanya Ruang Terbuka Hijau tentu juga akan meningkatkan nilai properti lingkungan sekitar, meningkatkan kesehatan tenaga kerja yang tinggal di sekitarnya, serta membuka berbagai peluang usaha.

Jangan lewatkan: 41 Tempat Wisata Kuliner di Jakarta yang Wajib Anda Coba

Ada Apa Saja di Dalam Taman Menteng?

Meski dinamakan Taman, tapi banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di tempat tersebut. Dibangun di atas 30 ha lahan, taman ini dihuni lebih dari 30 jenis tanaman hias. Selain itu, Taman Menteng dilengkapi arena lapangan futsal dan lapangan basket.

Hebatnya, 44 buah sumur resapan dibangun di area ini sebagai lahan serapan air hujan. Dana sebesar kurang lebih 30 M dikeluarkan demi membangun taman yang juga dilengkapi dengan fasilitas rumah kaca. Fasilitas tersebut berjumlah 2 buah dan bisa digunakan sebagai ruang pameran.

Fasilitas yang ada di Taman Menteng juga tidak main-main atau terkesan tempelan saja. Terdapat sarana bermain anak, jogging track, hingga air mancur yang dapat digunakan untuk spot piknik warga. Di arena bermain, jangan takut apabila anak jatuh dan merasakan sakit karena alas atau lantai area bermainnya sudah dipasangi semacam karpet lembut yang meminimalisir cedera.

Jangan takut tidak bisa melakukan surfing internet karena di Taman ini dipasangi koneksi internet dengan kecepatan yang mumpuni. Parking area juga lumayan besar yaitu lahan 4 tingkat yang dapat menampung kendaraan-kendaraan roda dua dan roda empat. Pada malam hari, Taman Menteng merupakan basecamp anak-anak komunitas hobi ekstrim, seperti skateboarding.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar fasilitas yang ada di taman menteng yang bisa anda nikmati:

#Lapangan Futsal

Fasilitas pertama yang paling disukai anak-anak muda adalah lapangan futsal. Lapangan futsal ini terletak di bagian utara taman. Terdapat dua buah lapangan futsal yang bisa anda jadikan tempat sparing disini. Letaknya kedua lapangan tersebut berjajar serta berdampingan dengan lapangan basket.

Siapapun boleh menggunakan lapangan ini untuk bermain futsal. Anda harus meminta izin terlebih dahulu agar bisa menggunakan taman ini, pastikan juga anda bermain di saat sedang tidak ada tim lain membuat jadwal di waktu tersebut.

#Lapangan Basket

Lapangan Basket di Taman Menteng via Tripadvisor

Lapangan Basket di Taman Menteng via Tripadvisor

Di taman menteng ini juga menjadi salah satu area tempat bermain basket yang digemari oleh anak-anak muda. Para pecinta basket datang dari berbagia wilayah di Jakarta, Menteng khususnya untuk menyalurkan hobi mereka disini.

Tidak heran, lapangan ini selalu ramai, apalagi saat akhir pekan, atau saat sore hari orang pulang kantor atau sekolah.

Selain ramai oleh para pemain basket, lapangan ini juga diramaikan oleh anak-anak muda yang datang hanya untuk menonton orang bermain basket.

Kalau anda kurang suka bermain basket anda bisa mencoba berbagai alat-alat fitness yang bisa digunakan secara gratis untuk melatih otot para pengunjung.

Buat anda yang mau bermain basket, silahkan anda gunakan lapangan pada senin-jum’at, karena hari Sabtu dan Minggu digunakan untuk berlatih tim bola basket Menteng. Selain itu, lapangan basket ini sudah dijadikan tempat latihan tetap bagi sekolahan-sekolahan di sekitar kawasan Menteng. So, buat kalian yang datang akhir pekan harus puas datang sebagai penonton saja.

#Rumah Kaca

Rumah Kaca di Taman Menteng via ax-xin

Rumah Kaca di Taman Menteng via ax-xin

Fasilitas di taman menteng yang menjadi ikon taman ini adalah rumah kaca. Rumah kaca ini sendiri merupakan tempat pameran lukisan dari seniman-seniman Indonesia, kawasan Menteng pada khususnya. Ada 2 rumah kaca yang bisa anda sambangi di taman ini.

Selain itu, wisata juga bisa menyaksikan pameran foto yang menampilkan gambar bagus dan unik hasil jepretan fotografer tanah air. Selain pertujunkan seni lukis atau fotografi, anda juga bisa menyaksikan pertunjukan theater ataupun pembacaan puisi yang juga sering dilakukan di rumah kaca ini.

Rumah kaca ini pertama kali dibuat ditujukan sebagai tempat pembibitan berbagai tanaman yang ada di Indonesia, terutama yang akan ditanam di kawasan Jakpus. Seiring berjalannya waktu, rumah kaca ini diubah menjadi sentra kesenian untuk menghibur masyarakat menteng dan sekitarnya.

Para seniman juga kerap mengadakan pagelaran hasil seni mereka di luar gedung atau out door di sekitar kawasan taman.

Kira-kira berapa biaya masuk rumah kaca ini? Ternyata wisatawan yang datang untuk menikmati hasil karya seni di rumah kaca ini tidak dipungut biaya.

Selain melihat hasil seni, disini anda juga bisa mengambil gambar untuk dijadikan foto profil lho. Karena rumah kaca ini sangat instagrammable, jadi sangat sayang kalau kita tidak mengabadikan momen disini.

#Gedung Parkir

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung taman mentang, pihak pengelola menyediakan area parkir yang memadai.

Ada gedung parkir berlantai  4 yang digunakan sebagai tempat parkir para pengunjung. Jadi, anda tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat parkir disini.

Taman ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada pagi hari ketika akhir pekan, karena banyak keluarga datang kesini untuk rekreasi atau sekedar berolahraga.

Gedung 4 lantai ini bisa menampung hingga ratusan mobil yang datang. Pada lantai dasar gedung parkir ini sering dijadikan sebagai tempat untuk latihan break dance atau juga kegiatan lainnya.

Disini juga terdapat tolilet untuk pria dan wanita secara terpisah dengan fasilitas westafel dan sabun cuci tangan. Kondisi toilet sangat terawat dengan baik akan kebersihannya sehingga lebih nyaman digunakan. Selain itu, ada juga musholla yang agak luas dan bisa digunakan untuk beberapa orang.

Nah, di bagian paling atas gedung ini sengaja dibuat terbuka supaya pengunjung bisa menyaksikan keindahan taman dari ketinggian.

#Arena Bermain Anak

Fasilitas Bermain Anak di Taman Menteng via Tribunnews

Fasilitas Bermain Anak di Taman Menteng via Tribunnews

Buat anda yang datang bersama keluarga atau anak-anak, di taman menteng ini tersedai areana bermain anak yang tidak kalah seru dengan kids zone di mall-mall. Terdapat arena  bermain dengan fasiltias mulai dari perosotan, ayunan dan jembatan kayu dengan tali.

Simak juga yuk: 23 Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

#Tempat Nongkrong

Taman menteng juga menyediakan tempat nongkrong asyik buat anak muda atau wisatawan yang datang.Pengelola taman menyediakan bangku taman dari besi yang ditempatkan di setiap sudut taman untuk dijadikan tempat istirahat sambil menikmati udara sejuk.

Jadi buat anda yang mencari tempat nongkrong di Menteng dan sekitarnya, taman ini bisa anda jadikan pilihan, selain nyaman juga sejuk oleh udara yang bebas polusi tentunya.

Kunjungi juga: 24 Tempat Nongkrong di Jakarta yang Paling Terkenal

#Jogging Trek

Taman Menteng ini juga menyediakan trek khusus buat yang suka Jogging. Taman ini sangat cocok untuk dijadikan tempat Jogging karena selain dingin juga udaranya bersih, jadi menyehatkan tubuh dan jantung anda tentunya.

Tidak heran taman ini selalu ramai oleh pengunjung yang Jogging pada pagi atau sore hari. Dan memang, pengunjung yang datang untuk Jogging biasanya adalah pengunjung dewasa.

#Kolam Ikan dan Air Mancur

Air Mancur

Taman menteng ini gua memiliki kolam ikan dan air mancur di tengah-tengah taman, posisinya berada diantara rumah kaca dan lapangan olahraga.

Kolam yang berbentuk bulat dan berukuran besar ini memiliki banyak sejak ikan di dalamnya. Anda bisa sekedar melihat-lihat ikan atau memberinya makan.

#Wifi Gratis

Buat kamu yang memburu tempat online gratis, maka taman ini bisa menjadi pilihannya. Taman menteng ini menyediakan fasiltas berupa wifi gratis untuk pengunjungnya.

Tidak heran juga taman ini dikunjungi juga oleh para fakir kuota 😀 Peace broo.

Biasanya para pemburu wifi gratis ini akan bergerombol di dekat provider pemancarnya. Karena memang, jangkauannya hanya 10 meter dari pemancar sinyal.

#Spot Pre Wedding

Buat yang jomblo skip baca tulisa ini ya, karena akan terasa sangat pahit. Hehehe.

Buat kamu yang sedang mencari poto prewed, taman ini bisa menjadi pilihan yang pas. Taman ini menyajikan suasana alami di tengah hiruk pikuk kota Jakarta.

Ada ratusan tanaman untuk pengambilan gambar dengan background natural tanpa harus mengedit warna daun dan bunganya.

Ada banyak sudut taman yang bisa kamu jadikan tempat untuk foto prewed lho. Misalnya di rumah yang memberikan kesan klasik modern. Untuk foto disini gratis kok.

Kunjungi juga yuk: 46 Objek Wisata di Jakarta Timur yang Wajib Dikunjungi!

Mari Menjaga Kelestarian Saat Berekreasi

Kota yang sehat adalah kota yang seimbang antara aktivitas warga dan kelestarian alamnya. Tidak bisa dipungkiri, aktivitas kota yang tinggi akan tingkat polusi udara memang membutuhkan Taman sebagai penghasil oksigennya.

Bahkan, di beberapa kota besar yang ada di dunia, terdapat beberapa taman kota yang namanya dikenal secara internasional, seperti Central Park di New York dan Hyde Park di London. Kota yang mendapat julukan “The Green City” ini memang sangat memperhatikan Ruang Terbuka Hijau daerahnya.

Terbukti dengan banyaknya taman besar seperti Hyde Park dan Kensington Gardens, hingga taman-taman kecil di pinggiran kota seperti Greenwich Park, Bushy Park dan Primrose Hill.

Keuntungan memiliki Taman seperti ini pasti sudah dirasakan warga sekitarnya. Salah satu hal positifnya yaitu meningkatnya gaya hidup sehat. Yang semula malas berolahraga jadi semangat dalam berolahraga, yang semula stress karena pekerjaan dapat mengurangi tingkat stresnya dengan refreshing di Taman. Itu adalah contoh kecil saja.

Oleh karena itu, dengan dimulainya pembangunan area publik seperti Taman Menteng di Ibukota, diharapkan dapat membuat daerah lain menyusul dan tergerak dengan adanya kepedulian menciptakan Ruang Terbuka Hijau bagi warganya. Selain sebagai sarana rekreasi yang murah dan nyaman, tentunya taman juga dapat membantu kehidupan manusia lebih baik, bukan?

***

Demikianlah ulasan singkat mengenai taman menteng yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga bisa menjadi referensi buat anda yang sedang mencari tempat liburan yang menyenangkan bersama teman, keluarga atau orang tercinta. Artikel terkait: Nongkrong Asyik di Taman Cattleya Tomang Jakarta Barat

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!