46 Objek Wisata di Jakarta Timur yang Wajib Dikunjungi!

Tempat Wisata di Jakarta Timur – Halo sobat Tempatwisataseru.com dimanapun anda berada. Apa kabarnya hari ini? Anda punya rencana mau liburan mengunjungi berbagai objek wisata di Jakarta Timur?

Nah, kali ini kami akan mengajak anda untuk berkeliling mengunjungi berbagai destinasi wisata di Jakarta Timur yang sedang hits dan kece tentunya.

TMII mungkin sudah melekat sebagai ikon wisata di Jakarta Timur, tapi ternyata bukan hanya TMII saja, masih ada banyak tempat wisata di Jakarta Timur lainnya yang tidak kalah seru untuk kita jadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga tercinta.

Kota Jakarta Timur sendiri berbatasan dengan Kota Jakarta Utaran dan Jakarta Pusat di sebelah utara. Sedangkan di sebelah timur, ia berbatasan dengan Bekasi. Kota ini, di bagian selatan, berbatasan dengan Kota Depok. Dan di sebelah barat, ia berbatasan dengan kota administrasi Jakarta Selatan.

Artikel terkait: +48 Tempat Wisata di Jakarta Pilihan Liburan Seru Keluarga

TEmpat Wisata di Jakarta Timur

Kira-kira apa saja tempat wisata di Jakarta Timur yang bisa kita kunjungi saat liburan? Berikut ini kami rangkum untuk anda:

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah merupakan ikon wisatanya Kota Jakarta Timur. Sangking populernya TMII di kalangan wisatawan, banyak wisatawan yang mengatakan bahwa berkunjung ke Jakarta Timur masih belum terasa afdol jika belum singgah ke TMII.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII memiliki luas lebih dari 150 hektar. Tempat ini menawarkan banyak aktivitas wisata yang sarat akan nilai – nilai budaya tanah air.

Di tempat ini, wisatawan dapat melihat sajian budaya khas Indonesia yang berasal dari 26 provinsi yang ada di Indonesia. Dari mulai rumah adat, koleksi busana, sampai dengan tarian khas daerah, semuanya bisa dilihat di TMII.

Di TMII wisatawan juga akan disuguhi dengan pemandangan unik berupa bentuk permukaan bumi Indonesia yang diletakkan di tengah – tengah danau. Tidak hanya itu, wisatawan nantinya juga bisa menikmati berbagai macam objek wisata tambahan, seperti: pertunjukan Teater Tanah Airku, museum, pertunjukan Teater IMAX Keong Emas, dll.

TMII buka setiap hari dari mulai pukul 7 pagi sampai dengan pukul 10 malam. Harga tiket masuk ke TMII tergolong sangat murah, yaitu hanya 10 ribu rupiah per orang.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, lokasinya terletak di Ceger, Cipayung, Jakarta Timur. Patokan termudah saat ingin berkunjung ke tempat ini adalah Pasar Rebo. Dari Pasar Rebo Anda tinggal naik angkot yang mengarah ke TMII.

2. Taman Anggrek Indonesia Permai

Anda merupakan pecinta Anggrek? Jika ya, tempat wisata di Jakarta Timur yang satu ini benar – benar sangat cocok untuk Anda.

Taman Anggrek Indonesia Permai via Kompasiana

Di tempat ini, Anda dapat melihat ratusan koleksi anggrek yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Dari mulai anggrek kala, sampai dengan anggrek bulan, semuanya bisa Anda temui di tempat ini.

Selain dapat melihat koleksi anggrek, di tempat ini para wisatawan juga bisa belajar tentang teknik budidaya anggrek yang benar. Tidak tanggung – tanggung, di tempat ini, Anda bisa belajar secara langsung dari para ahli dengan memanfaatkan berbagai macam sarana penelitian yang lengkap.

Lokasi Taman Anggrek Indonesia Permai masih satu komplek dengan Taman Mini. Tempat ini dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 3 sore. Biaya tiket masuk ke tempat ini tergolong sangat murah, yaitu hanya seribu rupiah per orang.

3. Among Skyworld

Anda pernah bercita – cita menjadi seorang astronot? Jika ya, tempat wisata di Jakarta Timur yang satu ini wajib Anda masukkan dalam daftar wisata tujuan Anda.

Among Skyworld via Checkinjakarta

Lokasi Among Skyworld masih berada satu komplek dengan TMII dan Taman Anggrek. Di tempat ini, Anda dapat menikmati sensasi berkunjung ke luar angkasa. Anda dapat mengunjungi berbagai macam spot wisata yang disediakan oleh pengembang tempat ini, yaitu:

  • Digital Planetarium

Tempat ini memiliki bentuk yang mirip seperti kubah masjid. Di tempat ini, Anda dapat menilik secara langsung seperti apa isi ruang angkasa. Dari mulai posisi matahari, bulan, sampai dengan planet – planet yang mengitarinya, semuanya bisa dilihat dan dipelajari di tempat ini.

Khusus untuk Anda yang hobi membaca ramalan zodiak, di tempat ini Anda juga bisa mempelajari sedikit informasi mengenai gugus bintang yang digunakan untuk membuat ramalan zodiak. Sangat menarik bukan?

  • Space Exhibition

Jika di tempat yang sebelumnya Anda dapat mempelajari bagaimana ruang angkasa bekerja, di tempat ini Anda dapat melihat bentuk ruang angka secara keseluruhan.

Bila Anda merasa bingung, Anda dapat langsung bertanya pada pemandu yang siap memberikan informasi lengkap seputar sistem tata surya di ruang angkasa.

  • Space Action Photo Booth

Dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa menebak untuk apa ruangan ini akan digunakan. Ya, ruangan ini akan digunakan untuk mengambil gambar / foto dengan latar belakang bertema luar angkasa.

Salah satu hal menarik yang mungkin hanya bisa ditemui di tempat ini adalah Anda dapat berfoto dengan menggunakan properti khas astronot. Benar – benar pengalaman yang sangat luar biasa bukan?

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini? Jika ya, tempat ini buka setiap hari dari mulai pukul 7 pagi sampai dengan pukul 10 malam. Biaya tiket masuknya ditetapkan sebesar 40 ribu rupiah per orang.

4. Pura Aditya Jaya Rawamangun

Siapa bilang pura cuma ada di Bali? Di Jakarta Timur juga ada pura. Salah satunya adalah Pura Aditya Jaya Rawamangun. Pura ini berlokasi di daerah Rawamangun, Jaktim. Pura ini pertama kali didirikan pada Tahun 1972 dan baru selesai pada Tahun 1997.

Pura Aditya Jaya Rawamangun

Walaupun pura ini bukan pura purbakala, namun bangunan arsitekturnya sangat mirip dengan arsitektur pura kuno yang ada di Bali.

Luas wilayah Pura Aditya Jaya Rawamangun tergolong cukup luas. Di area pura ini Anda dapat menikmati berbagai macam sajian wisata budaya sembari bersantai di bawah pohon rindang yang banyak tumbuh di sekitar area pura ini.

Untuk bisa menikmati sajian wisata di pura ini Anda tidak perlu merogoh kocek sama sekali. Ya, pura ini dapat dikunjungi secara gratis setiap hari.

Lokasi nya sendiri tergolong cukup mudah untuk diakses, terutama jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Namun begitu, jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum, Anda dapat menggunakan acuan utama terminal bus Kota Jakarta Timur. Dari terminal kota, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan memanfaatkan layanan ojek.

5. Kelenteng Kong Miao

Kelenteng Kong Miao merupakan objek wisata religi yang terletak di dalam komplek TMII. Letak kelenteng ini berdekatan dengan beberapa rumah ibadah lain yang juga ada di TMII, seperti Masjid Pangeran Diponegoro, Gereja Katolik Santa Chatarina, Vihara Arya Dwipa Arama, Pura Hindu Darma, dan Gereja Kristen Protestan Haleluya.

Kelenteng Kong Miao

Karena letak kelima rumah ibadah tersebut berdekatan, suasana Bhineka Tunggal Ika di tempat ini benar – benar terasa sangat kental.

Kelenteng Kong Miao memiliki tiga bangunan inti, yaitu Qi Fu Dian yang berarti kelenteng keberkahan, Da Cheng Dian yang berarti kelenteng nabi agung, dan Tian Tan yang berarti Altar Suci.

Selain tiga bangunan utama tersebut, Kelenteng Kong Miao juga turut dilengkapi dengan berbagai macam ornamen pendukung, seperti pintu gerbang singa, patung naga, patung shio, patung kura – kura berkepala singa, dll.

Karena Kelenteng Kong Miao merupakan tempat ibadah, pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat ini tidak dikenai biaya apa pun sama sekali.

Oh ia, selain dapat melihat kebudayaan agama Konghucu, di tempat ini Anda juga bisa melihat berbagai macam miniatur terkait budaya Indonesia secara umum lho. Pokoknya lengkap banget deh..

6. Taman Akuarium Air Tawar

Masih belum beranjak dari TMII, ada Taman Akuarium Air Tawar yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Letak Taman Akuarium ini tepat berada di antara Museum Serangga dan Taman Bunga Keong emas yang juga berada di dalam komplek TMII.

Taman Akuarium Air Tawar

Di Taman Akuarium Air Tawar Anda dapat menikmati pemandangan langka berupa rangkaian akuarium yang ditinggali oleh 6000 makhluk hidup. Dari mulai ikan air tawar, binatang reptil, binatang jenis crustacean, sampai dengan tanaman air, semuanya dapat dilihat di Taman Akuarium ini.

Tidak hanya sekedar taman wisata, Taman Akuarium Air Tawar yang ada di TMII juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat belajar. Pasalnya, selain menyediakan akuarium, tempat ini juga turut menyediakan berbagai macam wahana museum yang kaya akan informasi bermanfaat.

Oh ia, khusus untuk Anda yang hobi beternak ikan, di tempat ini Anda juga bisa membeli bibit ikan dan berbagai macam sarana produksi perikanan lho.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini. Jika ya, cukup sediakan budget sebesar 15 ribu rupiah per orang. Waktu operasional taman ini dimulai dari pukul 9 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

7. Taman Bambu

Tempat wisata di Jakarta Timur yang selanjutnya adalah Taman Bambu. Tempat ini berlokasi di Kelurahan Setu, Kec. Cipayung. Jakarta Timur.

Taman Bambu via Youtube

Di tempat ini Anda dapat menikmati berbagai macam fasilitas bermain, berbelanja di plaza, menikmati sarana olahraga, dan bersantai di bawah rindangnya rumpun bambu.

Karena taman ini adalah taman terbuka hijau milik pemerintah, untuk bisa menikmati fasilitas wisata di taman ini Anda tidak perlu merogoh kocek sama sekali. Selain itu, Anda juga dibebaskan untuk datang ke taman ini kapan pun Anda menginginkannya.

Wahana ini cukup ramai dikunjungi oleh keluarga yang ada di Cipayung khususnya dan JakTim pada sore hari untuk menghabiskan waktu bersama. Anda dan keluarga bisa menikmati aneka wahana seru disini, mulai dari tangga-tanggaan, plosotan, main pasir dlll, di taman mahoni juga sudah tersedia beberapa gazebo untuk beristirahat.

Taman yang ditumbuhi oleh pepohonan yang menjadi “paru-paru” kota ini sangat penting untuk membersihkan polusi udara yang begitu pekat.a

8. Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal (BQ & MI)

Khusus untuk Anda yang beragama Muslim, tempat wisata di Jakarta Timur yang satu ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar tempat wisata Anda ketika sedang liburan ke Jakarta Timur. Tempat ini adalah salah satu tempat wisata religi islami terbaik dan terpopuler yang ada di DKI Jakarta.

Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal (BQ & MI) via Situsbudaya

Di tempat ini Anda dapat menemui berbagai macam karya unggulan para Ulamah dan Intelektual Muslim yang berasal dari berbagai macam penjuru daerah yang ada di Indonesia.

Dari mulai mushaf, manuskrip Al-Qur’an, sampai dengan karya seni rupa bertema Islam, semuanya bisa Anda lihat di tempat ini.

Khusus untuk Anda yang ingin mendalami mushaf, di tempat ini Anda dapat menemui koleksi mushaf yang sangat lengkap. Dari mulai Mushaf Istiqlal, Mushaf Sundawi, Mushaf Wonosobo, sampai dengan Mushaf Malaysia, semuanya tersedia di tempat ini.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjunginya? Jika ya, lokasi tempat ini berada tepat di belakang Museum Telekomunikasi dan museum Olahraga.

Jika Anda ingin memanfaatkan moda transportasi umum, Anda dapat memanfaatkan bus Trans Jakarta dan turun di Halte Taman Mini Garuda Koridor 9. Dari situ, Anda dapat menyeberang ke arah Tamini Square dan menumpang angkot K40 dan turun di pintu 1 TMII.

9. Taman Agrowisata Cilangkap

Walaupun berstatus sebagai kota metropolitan, Jakarta Timur ternyata juga memiliki taman agrowisata lho. Taman ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat melepas penat di akhir pekan setelah bekerja sepanjang minggu.

Taman Agrowisata Cilangkap via Indonesiakaya

Di Taman Agrowisata Cilangkap ini Andad apat menikmati berbagai macam fasilitas wisata, seperti: joging track, arena bermain khusus untuk anak – anak, dan arena olahraga.

Tidak hanya itu, tempat ini juga turut memiliki danau pemancingan dan pusat budidaya tanaman. Di waktu – waktu tertentu, pengelola tempat ini terkadang turut mengadakan acara pelatihan yang terkait dengan proses budidaya tanamanhidroponik.

Walaupun memiliki fasilitas wisata yang lengkap, pengelola taman ini tidak menarik biaya tiket masuk sama sekali pada pengunjung. Satu – satunya biaya yang harus Anda keluarkan saat berkunjung ke taman ini adalah biaya parkir kendaraan.

10. Museum Minyak dan Gas Bumi Graha Widya Patra

Museum Minyak dan Gas Bumi Graha Widya Patra terletak di sisi sebelah timur TMII.Lokasinya tidak jauh dari Museum Listrik dan Energi Baru, Monumen KTT – Non Block dan Taman Burung.

Museum Minyak dan Gas Bumi Graha Widya Patra via 60museunjakarta

Di tempat ini Anda dapat melihat berbagai macam benda bersejarah yang terkait dengan industri minyak dan gas bumi. Dari mulai pompa bensin engkol lawas berusia 90 tahun, sampai dengan pompa angguk Conadis yang berusia setengah abad, semuanya bisa Anda lihat di taman ini.

Sama seperti beberapa objek wisata di TMII lainnya, untuk bisa menikmati sajian wisata di tempat ini, para pengunjung wajib membayar tiket masuk. Tapi tenang saja, harga tiket masuk ke tempat ini benar – benar sangat murah, yaitu hanya 2 ribu rupiah saja per orang.

11. Centex (CX) Waterpark

Centex (CX) Waterpark merupakan tempat wisata di Jakarta Timur yang sangat pas untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Di tempat ini, Anda dapat bermain air dan menikmati berbagai macam wahana permainan air sepuasnya.

Centex (CX) Waterpark via Youtube

Jika dilihat dari sudut pandang luas wilayah, tempat ini memang tergolong tidak begitu luas. Namun begitu secara keseluruhan masih cukup layak dan sangat lega untuk dijadikan sebagai tempat berwisata bersama dengan keluarga.

Beberapa wahana permainan air populer yang bisa Anda nikmati di tempat ini adalah ember raksasa, seluncuran air, kolam arus, dll.

Selain wahana permainan air tersebut, di tempat ini Anda juga dapat menikmati fasilitas wisata tambahan berupa kolam renang yang tersedia dalam beberapa ukuran. Dari mulai kolam renang ukuran dewasa sampai dengan kolam renang khusus untuk anak – anak, semuanya tersedia di tempat ini.

Untuk bisa menikmati fasilitas wisata di tempat ini, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam. Di hari kerja, Anda hanya perlu menyediakan uang tiket masuk sebesar 25 ribu rupiah. Untuk akhir pekan, harga tiket masuknya naik menjadi 35 ribu rupiah. Dan di hari libur nasional, harga tiketnya kembali naik menjadi 40 ribu rupiah.

Bagaimana? Anda berminat untuk main air di tempat ini? Jika ya, lokasi tempat ini ada di Jalan Raya Centex No. 88, Ciracas, Jaktim.

12. Monumen Pancasila Sakti

Bila Anda merupakan seorang pecinta sejarah, saat berkunjung ke Jakarta Timur, jangan lupa untuk singgah ke Monumen Pancasila Sakti. Monumen ini merupakan monumen bersejarah yang menjadi saksi bisu pemberontakan G30SPKI di Jakarta.

Monumen Pancasila Sakti

Lokasi Monumen Pancasila Sakti berada di daerah Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur. Monumen ini dibuka setiap hari untuk umum dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

Untuk bisa masuk ke tempat ini, Anda akan dikenai biaya tiket masuk sebesar 4 ribu rupiah per orang. Jika Anda berkunjung bersama dengan rombongan yang jumlahnya lebih dari 50 orang, biaya tiket masuknya akan dipotong menjadi setengahnya saja.

Selain membayar biaya tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi juga akan dikenai biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah untuk sepeda motor, 15 ribu rupiah untuk mobil pribadi, dan 25 ribu rupiah untuk bus.

13. Museum Pusaka

Museum pusaka berlokasi di sebelah selatan TMII. Letak museum ini tepat berada di antara Museum Keprajuritan Indonesia dan Museum Serangga.

Museum Pusaka

Jika dibandingkan dengan bangunan – bangunan lain yang ada di kompleks TMII, Museum Pusaka cenderung memiliki bentuk bangunan yang sangat unik, yaitu mirip seperti keris raksasa yang menulang ke langit.

Menurut pihak pengelola museum ini, bentuk bangunan yang mirip seperti keris ini sengaja dibuat untuk menggambarkan simbol pusaka asli Indonesia, yaitu Keris.

Di dalam museum ini Anda dapat melihat berbagai macam benda pusaka yang berasal dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia. Dari mulai keris sampai dengan tombak, semuanya bisa ditemui di museum ini.

Berbeda dengan kebanyakan tempat wisata di Jakarta Timur lainnya yang buka setiap hari, hari operasional museum ini cenderung dibatasi dari hari Selasa sampai dengan Minggu saja. Jam operasional hariannya sendiri berada pada pukul 9 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

Nantinya, untuk bisa masuk ke tempat ini, Anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah per orang.

14. Museum Keprajuritan Indonesia

Lokasi Museum Keprajuritan Indonesia tepat berada di sebelah Museum Pusaka. Sama seperti halnya Museum Pusaka, museum ini juga memiliki bentuk arsitektur bangunan yang unik, yaitu berupa persegi lima yang dikelilingi oleh air. Jika dilihat sekilas, bentuk bangunan ini sangat mirip dengan bentuk benteng pertahanan.

Museum Keprajuritan Indonesia via Situsbudaya

Di Museum Keprajuritan Indonesia, Anda dapat melihat berbagai macam benda bersejarah yang terkait dengan dunia keprajuritan. Dari mulai diorama, relief, sampai dengan fragmen patung, semuanya bisa Anda temui di tempat ini.

Satu hal menarik yang mungkin hanya bisa Anda temui di tempat ini adalah keberadaan relief yang menyatu dengan bagian luar dinding museum. Relief tersebut merupakan relief khusus yang dibuat untuk mengisahkan perjuangan bangsa Indonesia di sekitar abad ke 13 sampai dengan abad ke 19.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke museum ini, museum ini buka dari mulai hari Selasa sampai dengan hari Minggu pada pukul 9 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

Biaya tiket masuk ke tempat ini tergolong sangat murah, yaitu hanya 2500 rupiah per orang.

15. Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia

Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia via Youtube

Masih belum beranjak dari TMII, ada satu lagi objek wisata museum yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu Museum Fauna Indonesia.

Museum ini memiliki bentuk bangunan yang sangat unik, yaitu menyerupai Komodo. Di museum ini, Anda dapat menemui berbagai macam koleksi replika spesies hewan khas Nusantara seperti Harimau Sumatera, Beruang, Burung Cenderawasih, dll.

Untuk bisa masuk ke museum ini, Anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Kedua museum ini beroperasi 6 hari dalam seminggu, yaitu dari mulai hari Selasa sampai dengan hari Minggu.

16. Istana Anak – Anak Indonesia

Istana Anak – Anak Indonesia terletak di areal Taman Anak – Anak Indonesia yang ada di TMII. Istana ini memiliki bentuk bangunan yang mirip seperti bangunan kastil yang ada di film kartun Cinderella. Secara total, istana ini terdiri dari 4 lantai yang terbagi menjadi: ruang terbuka, 2 bangunan sayap, dan beberapa menara super tinggi.

Istana Anak – Anak Indonesia via TMII

Menurut penuturan pengelola tempat ini, tinggi menara yang ada di Istana Anak – Anak Indonesia memiliki pesan bahwa anak – anak harus memiliki cita – cita yang tinggi dan mau berusahauntuk menggapainya.

Secara keseluruhan, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan anak – anak. Jika Anda ingin mengajak anak Anda berkunjung ke tempat ini, tempat ini buka setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 9 malam.

Biaya tiket masuk ke tempat ini tergolong cukup murah, yaitu hanya 10 ribu rupiah saja per orang. Kunjungi juga: 23 Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

17. Monumen Perjuangan Jatinegara

Monumen Perjuangan Jatinegara terletak di ujung Jalan Matraman, tepatnya di perbatasan Jl. Jatinegara Barat dan Jl. Urip Sumohartjo. Monumen ini memiliki bentuk berupa patung manusia yang sedang berdiri tegak di atas landasan dengan tinggi 3 meter.

Monumen Perjuangan Jatinegara

Menurut penuturan masyarakat sekitar, monumen ini sengaja didirikan untuk mengenang perjuangan warga Jatinegara saat melawan penjajah di berbagai macam wilayah Kota Jakarta, seperti Kampung Melayu, Paseban, pasar Jangkrik, Pulomas, dll.

Jika Anda merupakan seorang pecinta wisata sejarah, monumen ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan wisata Anda i Jakarta Timur.

Karena monumen ini adalah tempat terbuka, Anda dapat mengunjungi tempat ini kapan saja secara gratis.

Untuk akses lokasinya, jika Anda ingin menggunakan moda transportasi umum, moda transportasi terpraktis yang bisa Anda gunakan untuk ke tempat ini adalah bus Trans Jakarta. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menumpangi bus Trans Jakarta yang mengarah ke shelter Kebon Palah.

18. Dinosaur Adventure

Dinosaur Adventure merupakan salah satu wahana populer yang terdapat dalam Taman Legenda di TMII. Di tempat ini wisatawan akan diajak untuk mengenal berbagai jenis spesies Dinosaurus. Tidak hanya itu, di tempat ini Anda juga bisa mengambil foto dengan latar belakang replika Dinosaurus dan tanaman prasejarah.

Dinosaur Adventure via Youtube

Wahana Dinosaur Adventure beroperasi setiap hari. Hanya saja jam operasional hariannya cenderung berbeda – beda.

Di hari Senin sampai Kamis, tempat ini beroperasi dari mulai pukul 10 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Di hari Jumat, tempat ini beroperasi dari mulai pukul 10 sampai dengan pukul 6 sore. Sedangkan pada akhir pekan dan hari libur nasional, tempat ini beroperasi dari mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 8 malam.

Untuk bisa masuk ke tempat ini Anda akan dikenai biaya tiket masuk sebesar 30 ribu rupiah. Biaya tersebut tidak termasuk biaya tiket masuk ke TMII dan Taman Legenda ya!

19. Museum Prangko Indonesia

Museum Prangko Indonesia terletak tepat di samping Museum Komodo. Jika Anda merupakan seorang kolektor perangko, tempat ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar wisata tujuan Anda.

Museum Prangko Indonesia via 1001expres

Di tempat ini, Anda dapat melihat koleksi perangko yang super lengkap. Dari mulai perangko terbitan dalam negeri sampai dengan perangko terbitan luar negeri, semuanya bisa Anda temui di tempat ini.

Tidak hanya itu, di tempat ini Anda juga bisa memelajari sejarah penerbitan perangko di berbagai penjuru dunia, mempelajari proses pembuatan perangko, mengikuti aktivitas filateli, dan lain sebagainya.

Untuk bisa masuk ke Museum ini, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam. Cukup sediakan uang receh sebesar 2 ribu rupiah, Anda sudah bisa melihat koleksi perangko di tempat ini sampai puas.

Oh ia, jam operasional museum ini sama dengan jam operasional museum – museum yang lainnya ya, yaitu hari Selasa sampai Minggu di pukul 9 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

20. Museum Serangga dan Taman Kupu – Kupu

Museum Serangga dan Taman Kupu – Kupu merupakan dua objek wisata wajib yang harus Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan Anda di TMII.

Museum Serangga dan Taman Kupu – Kupu via Duopanda

Di tempat ini Anda dapat melihat sekitar 600 jenis spesies serangga yang sudah diawetkan. Dari mulai kupu – kupu, nyamuk, sampai dengan spesies kumbang langka, semuanya bisa Anda temui di tempat ini.

Selain dapat melihat koleksi spesies serangga yang telah diawetkan, di tempat ini Anda juga bisa mempelajari berbagai macam hal yang terkait dengan serangga, seperti: peranan serangga tanah dalam ekosistem, peta sebaran spesies kupu – kupu di Indonesia, dll.

Di hari normal, museum ini buka setiap hari dari mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Biaya tiket masuk ke museum ini tergolong cukup murah, yaitu hanya 15 ribu rupiah saja. Biaya tersebut sudah termasuk biaya untuk masuk ke museum air tawar dan museum serangga.

21. Museum Telekomunikasi

Tempat wisata di Jakarta Timur yang selanjutnya adalah Museum Telekomunikasi. Sama seperti halnya museum – museum yang sebelumnya, museum ini juga terletak di dalam lingkup wilayah TMII. Untuk bisa masuk ke museum ini, Anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar 2 ribu rupiah per orang.

Museum Telekomunikasi via Foody

Di museum ini, Anda dapat menikmati berbagai macam koleksi bersejarah yang terkait dengan alat – alat komunikasi. Dari mulai alat komunikasi yang digunakan sebelum Indonesia merdeka, sampai dengan alat komunikasi terkini, semuanya bisa Anda temui di tempat ini.

Tidak hanya itu, di tempat ini Anda juga bisa melihat Monumen Sumpah Palapa yang dilontarkan oleh patih Gaja Mada. Monumen ini merupakan monumen penting yang menandai dua peristiwa penting di Indonesia, yaitu sumpah palapa itu sendiri dan peluncuran satelit Palapa C1.

22. Museum Transportasi

Anda mungkin pernah mendengar “Museum Angkut” yang ada di Kota Malang. Nah, Jika Kota Malang memiliki Museum Angkut, maka Kota Jakarta Timur memiliki Museum Transportasi yang berlokasi di TMII.

Museum Transportasi via TMII

Di museum ini, Anda dapat menikmati sajian wisata sejarah yang berkaitan dengan proses perkembangan moda transportasi dunia. Dari mulai perkembangan moda transportasi darat, moda transportasi laut, sampai dengan moda transportasi udara, semuanya bisa Anda lihat di museum ini.

Satu hal spesial yang hanya bisa Anda temui di tempat ini adalah kereta api kepresidenan yang pernah dipakai oleh Presiden Soekarno. Rangkaian kereta api tersebut saat ini diletakkan di museum ini.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini? Jika ya, Anda dapat mengunjunginya pada hari Selasa sampai Minggu dari mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 4 sore dengan biaya tiket masuk sebesar 2 ribu rupiah.

23. Museum Olahraga Nasional

Anda merupakan seorang pecinta olahraga? Jika ya, tempat yang satu ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar tujuan wisata Anda saat berlibur ke Jakarta Timur.

Museum Olahraga Nasional via Foody

Di tempat ini Anda dapat melihat berbagai macam benda dan rangkaian peristiwa bersejarah yang terkait dengan dunia olahraga di Indonesia. Dari mulai sejarah olahraga di Indonesia, sampai denganprestasi olahraga Indonesia di Olimpiade, semuanya bisa Anda lihat di tempat ini.

Oh ia, museum ini memiliki bentuk yang sangat unik lho. Jika dilihat sekilas, bentuk museum ini sangat mirip dengan bentuk bola.Konon, karena bentuknya yang unik, museum ini sering digunakan sebagai latar belakang untuk pengambilan foto.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke museum ini lokasinya ada di kompleks TMII, tepatnya di sebelah barat Teater IMAX Keong Mas.Di hari normal, museum ini buka setiap hari dari mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

Untuk bisa masuk ke museum ini, pengunjung harus membayar biaya tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah.

24. Museum Timor Timur

Walaupun Timor Timur sudah bukan bagian dari NKRI, namun Museum Timor Timur masih tetap bisa dikunjungi. Museum ini pertama kali dibangun pada Tahun 1979 dan diresmikan setahun setelahnya.

Museum Timor Timur via 60museunjakarta

Sebelum Timor Timur memisahkan diri dari NKRI, dulunya museum ini bernama Anjungan Timor Timur. Belakangan, setelah Timor Timur berpisah dari NKRI namanya langsung diubah menjadi Museum.

Museum Timor Timur memiliki bentuk bangunan yang unik, yaitu berupa rumah adat Uma Latem.Bangunan ini merupakan bangunan rumah panggung yang berdiri di atas empat tiang dengan tinggi masing – masing tiang sekitar 3 meter di atas permukaan tanah.

Di hari normal, Museum Timor Timur buka setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 4 sore. Untuk bisa masuk ke museum ini, pengunjung wajib membayar biaya tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah.

25. Taman Waringin Permai

Taman Waringin Permai merupakan taman terbuka hijau yang berlokasi di Jl. Wira Bakti 1 Blok K. No. 4, Cipinang Melayu, Jaktim. Taman ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersantai dan melepas penat setelah bekerja sepanjang pekan.

Secara keseluruhan taman ini memiliki kondisi yang cukup asri. Di sekitar taman ini Anda dapat berolahraga, bersepeda, atau pun bermain bersama dengan keluarga.

Karena taman ini adalah taman terbuka hijau, Anda bisa mengunjungi taman ini kapan pun Anda mau secara gratis alias cuma – cuma.

26. Telaga Mina

Khusus untuk Anda yang hobi memancing, TMII memiliki sebuah areal pemancingan yang bisa Anda jadikan sebagai spot memancing saat berwisata ke TMII bersama keluarga.

Telaga Mina

Lokasi telaga ini berada tepat di sisi belakang TMII, yaitu di sebelah Museum Listrik dan energi Terbarukan.

Secara keseluruhan, telaga ini tergolong cukup luas. Menurut pengelola TMII, telaga ini memiliki luas sekitar 1000 meter persegi dengan tata taman yang sangat indah dan rapi.

Di waktu – waktu tertentu, Telaga Mina sering digunakan sebagai spot kejuaraan memancing berskala besar.

Oh ia, selain cocok untuk dijadikan sebagai spot untuk mancing, Telaga Mina juga cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk berolahraga kecil seperti joging dan bersepeda.

Untuk menikmati fasilitas yang ada di Telaga Mina Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali. Satu – satunya biaya yang harus Anda keluarkan adalah biaya untuk masuk ke TMII, yakni sekitar Rp 10.000 saja. Silahkan datang saja kesini setiap hari pada jam 07.00 WIB sampai 22.00 WIB

27. Kampung Artis

Kampung Artis merupakan studio shooting yang berlokasi di Kompleks Binamarga, Jl. Cipayung Raya, RT 2 / RW 3, Cipayung, Jaktim.

Kampung Artis via makassaronline

Di tempat ini, Anda dapat menemui 30 replika bangunan yang difungsikan sebagai tempat untuk shooting film. Dari mulai bangunan sekolah, bangunan rumah sakit, sampai dengan bangunan kuno yang berbau mistis, semuanya bisa Anda temui di tempat ini.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, tempat ini buka setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 6 sore. Untuk bisa masuk ke tempat ini, pengunjung tidak dikenai biaya tiket masuk sama sekali.

28. Telaga Arwana Cibubur (TAC)

Tempat wisata di Jakarta Timur selanjutnya adalah telaga arwana Cibubur atau disingkat dengan TAC. TAC merupakan tempat rekreasi keluarga yang kudu anda kunjungi saat sedang liburan bersama keluarga.

Lokasi TAC ini ada di Jl. Jambore, Cibubur. Sebagai objek wisata edukasi, sangat cocok untuk anda kunjungi jika tamasya bareng anak-anak.

Waterpark Telaga Arwana Cibubur

Berbagai fasilitas menarik dan seru bisa anda dan anak anda nikmati disini, mulaii dari restoran dengan suasana pedesaan, floating donut, kolam pemancingan, permainan tangkap ikan, rumah keramik, kolam renang, wahana outbound, permainan ATV, flying fox dan juga wahana bajak sawah.

Tiket Masuk Telaga Arwana Cibubur

Bagi wisatan yang tertarik liburan di TAC, anda hanya harus membayar sekitar Rp. 8.000 saja perorang untuk masuk, kemudian 30.000/orang jika ingin berenang di waterpark Telaga Arwana, Rp 20.000/orang untuk permainan tangkap ikan.

Nangkap Ikan di Telaga Arwana Cibubur

Nangkap Ikan di Telaga Arwana Cibubur

Selain biaya masuk tersebut, ada beberapa biaya tambahan untuk menikmati wahan lain seperti Rp 30.000/orang, motor ATV Rp 10.000/orang, dan untuk fying fox Rp 80.000/orang. Jam buka untuk wisata Telaga Arwana Cibubur mulai pukul 09.00 pagi sampai 05.00 sore.

Selengkapnya mengenai telaga arwana Cibubur, silahkan cek artikel: Telaga Arwana Cibubur, Tempat Wisata Keluarga Edukatif

29. Objek Wisata Anjungan DKI

Anjungan DKI menjadi tempat wisata di Jakarta TImur berikutnya yang bisa anda masukkan dalam daftar. Anjungan yang masuk dalam TMII ini memiliki peran penting untuk menceritakan bagaimana sejarah Jakarta sejak zaman dahulu.

Objek Wisata Anjungan DKI

Dari laman Resmi TMII kami dapatkan informasi, bahwa anjungan ini memiliki dua lantai dimana:

Lantai Bawah

Merupakan lLobi utama Anjungan DKI ditata sebagai cermin suasana khas Betawi dengan mengetengahkan garde seperti rumah-rumah Jakarta tempo dulu dengan ragam hias Betawi pula.

Memasuki gedung pengunjung akan melihat keanekaragam busana dan seni berpakaian masyarakat Betawi dengan peragaan Manekin. Manusia dan kegiatannya sehari hari serta upacara upacara terpenting disajikan pula interior khas Betawi, alat musik, pagelaran, kesenian, sebagai ungkapan lingkungan hidup dan wajah seni Budaya.

Lantai Atas

Sementara lantai atas sendiri menyajikan tema Jakarta dalam perjalanan waktu. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung dapat mengetahui transisi bentuk citra Jakarta dari jaman ke jaman. Dari suatu Bandar menjadi metropolis yang sibuk.Kesan modern itu didukung dengan tampilan layar ‘Multi Image Slide Presentation‘ dengan Sembilan proyektor yang memutar film perjalanan tersebut, juga ditayangkan program video untuk kesempatan-kesempatan khusus.

30. Waduk Ria Rio

Waduk Ria Rio via Tribunnews

Tempat wisata di Jakarta Timur berikutnya adalah waduk ria rio yang terletak di

Waduk ini memiliki taman di dekatnya yang bisa anda jadikan tempat untuk kongkow-kongkow bersama teman atau keluarga.

Cek juga yuk: 24 Tempat Nongkrong di Jakarta yang Paling Terkenal

31. Taman Wisata Lebah Cipayung

Tempat wisata di Jakarta Timur selanjutnya adalah wisata taman lebah Cipayung yang ada di Jl. Buperta No. 1, RT. 1 RW.5, Pondok Ranggon, Cipayung, RW.5, Pd. Ranggon, Cipayung, Kota Jakarta Timur.

Taman ini menjadi tempat penangkaran budidaya lebah untuk menghasilkan madu. Madu yang dihasilkan disini 10 kali lipat ketimbang mereka di alam.

Taman Wisata Lebah Cipayung via Kumparan

Disini anda bisa menyaksikan saat lebah Pemandu menemukan bunga sebagai sumber makanan, ia terbang lurus ke sarang dan membuat tarian yang memberi petunjuk arah.

Bukan hanya tempat budidaya madu saja, disini juga di sediakan area bermain untuk anak berupa kolam air, tempat berteduh berbentuk goa juga saung-saung untuk tempat menginap.

Selain itu juga ada tempat untuk terapi penyembuhan berbagai penyakit dengan menggunakan lebah disini. Anda bisa mencoba terapi sengat lebah untuk mengobati masuk angin, pegal, reumatik, sakit kepala, lemah syahwat, pusing, tekanan darah rendah / tinggi, sulit tidur, kencing manis, dll

Taman wisata lebah madu ini juga mengadakan pelatihan untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara beternak lebah madu, mulai dari paket 1 hari, 4 hari, 7 hari, dan 30 hari. Peserta bisa perorangan atau rombongan, dan dapat memilih termasuk konsumsi dan penginapan atau tidak.

32. Taman Burung

Objek wisata taman burung ini masih masuk dalam bagian Taman Mini Indonesia Indah yang memilik beragam koleksi burung cantik.

Taman Burung

Ketika bagu masuk saja, yakni dekat pintu masuk anda bisa menjumpai beberapa ekor nuri cantik yang menyambut pengunjung. Kemudian masuk ke dalam kubah kawat raksasa dengan koleksi burung wilayah Indonesia Barat.

Kubah barat untuk burung wilayah Indonesia Barat, dan kubah timur untuk burung Indonesia Timur. Kubah terbesar berdiameter 68 m dan tinggi 30 mm, terkecil 20 mm dan tinggi 9 m.

Di seluruh Kepulauan Indonesia diperkirakan hidup sekitar 250 jenis burung. Burung dari wilayah Indonesia Barat mencakup burung yang hidup di kepulauan Bali, Jawa, Sumatera, serta Kalimantan.

Sedangkan burung wilayah Indonesia Timur mencakup burung asal Sulawesi, Nusatenggara, Papua, Kepulauan Maluku, serta pulau kecil di sekitarnya. Danau buatan di Taman Burung TMII menjadi tempat nyaman bagi pelikan putih dengan garis hitam cantik ini yang tengah berenang lambat dan santai di permukaan airnya. Selain pelikan juga ada angsa, bebek dan belibis yang berenang di danau ini.

Bagaimana? Anda tertarik menyaksikan kolksi indah dari burung-burng di taman burung ini?

33. Taman Budaya Tionghoa

Masih di Taman MIni Indonesia Indah, anda juga bisa mengunjungi Taman Budaya Tionghoa yang letaknya ada di sisi timur, diapit oleh Wahana Pemancingan Telaga Mina dan Museum Perangko.

Taman Budaya Tionghoa

Taman ini sendiri sudah berdiri sejak 2004 lalu di atas lahan seluas 4,5 hektar. Taman ini berdiri didasari oleh keselarasan dan keseimbangan, filosofi paling tua yang dianut kalangan Tionghoa, dengan memadukan unsur yin (im) dan yang (kang), yakni unsur kekerasan (kasar) dan kelembutan (lembut), misalnya ada siang harus ada malam, ada daratan (dataran) harus ada lautan, ada air harus ada api, dan seterusnya.

Anda dapat menyaksikan pilar pintu gerbang taman berupa kambing jantan dan betina, menjadi penanda pertama gugus taman. Di depan pintu gerbang terdapat sepasang patung kilin, hewan mirip Singa yang dipercaya sebagai peliharaan para Dewa. Di bagian belakang, tepat di tengah ruang, terdapat batu granit hitam berbentuk bulat sebagai citraan bola dunia. Batu dengan berat lebih dari satu ton itu ditopang penyangga sekaligus sebagai pipa yang dialiri air bertekanan tinggi untuk memutar batu granit ‘bola dunia’ itu.

Bagaimana? Anda tertarik mengunjung taman ini? Anda tidak perlu membayar tiket lo untuk masuk ke taman ini, hanya membeli tiket ketika masuk ke TMII saja.

34. Wisata Pusat Peragaan IPTEK

Selanjutnya, saat liburan bareng anak-anak, anda bisa mengajak mereka untuk mengunjungi Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) yang ada di

Wisata Pusat Peragaan IPTEK via TMII

PP-IPTEK sendiri didirikan untuk menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan dan kreatif. Gagasan pendiriannya berawal dari Mentri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Prof.Dr.B.J.Habibie, yang berkeinginan bagaimana mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dibangunlah PP-IPTEK digedung terminal B Skylift-TMII di atas lahan seluas 1000 m2 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1991.

Disini anak-anak bisa mencoba sekitar 250 alat peraga yang bisa disentuh, dipegang dan dimainkan. Peraga disiapkan untuk anak-anak dari taman kanak-kanak (TK) sampai dengan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dan di sediakan lembar kerja sains yang akan memandu anak didik untuk belajar ilmu pengetahuan dan teknologi agar lebih terarah dan intensif.

Beberapa alat peraga menantang misalnya sepeda layang, roket air, try science, generator van de graft, dan simulator gempa bumi.

Sangat cocok untuk sekolah-sekolah yang ingin mencari tempat wisata Edukasi di Jakarta Timur.

35. Museum Purna Bhakti Pertiwi

Tempat wisata di Jakarta Timur selanjutnya adalah Museum Purna Bhakti Pertiwi yang ada di Jl. Taman Mini I, Jakarta Timur. Museum ini sendiri didirikan untuk mengenang pengabdian mantan presiden Soeharto.

Museum Purna Bhakti Pertiwi via TMII

Lokasi museum ini sendiri tepat berada di depan gerbang pintu masuk utama TMII. Untuk menuju lokasi, Anda bisa langsung mengambil tujuan Terminal Kampung Rambutan, lalu lanjutkan dengan naik angkutan umum langsung menuju TMII. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa langsung menuju Tol Pondok Pinang dan keluar di Tol Lingkar Timur ke arah TMII.

Anda bisa melihat 3 bagian bangunan yaitu bangunan utama, bangunan penunjang, dan tata ruang luar. Untuk fasilitas penunjang disini juga terbilang cukup lengkap mulai dari kafetaria, kios cendera mata, musala, restoran, ruang baca, perpustakaan, hingga toilet.

Untuk masuk ke dalamnya juga hanya membayar Rp1.000,00 untuk anak-anak dan Rp2.000,00 untuk dewasa. Museum ini buka pada hari Senin-Sabtu mulai pukul 09.00 hingga 16.00. Pada hari Minggu, museum buka seperti biasa dan beroperasi dua jam lebih lama.

36. Tugu Api

Selanjutnya anda bisa berpose di Tugu Api untuk mendapatkan angel terbaik untuk yang bisa anda jadikan sebagai poto profil akun media sosial anda. Tugu api yang merupakan monumen utama Taman Mini Indonesia Indah ini bentuknya berupa lima buah keris berdiri menjulang di tengah kolam air.

Tugu Api

Tugu ini dijadikan sebagai alun-alun yang cocok dijadikan sebagai tempat berkumpul, menggelar acara hiburan, upacara, berolahraga, spot fotografi dan lain sebagainya. Lahan parkir di lokasi ini juga sangat luas sehingga dapat menampung kendaraan dalam jumlah besar.

37. Museum Asmat

Pada 2017 lalu sempat heboh mengenai suku Asmat di Papua yang banyak mengalami gizi buruk bahkan tidak sedikit yang meninggal.

Museum Asmat ini menyimpan banyak koleksi karya seni yang dibuat langsung oleh para penduduk Suku Asmat. Selain seni ukir, dipamerkan pula pakaian adat, perhiasan, perahu , patung, senjata, benda upacara, dan lain sebagainya.

Museum Asmat via Jalanjalan

Museum ini sendiri masih termasuk di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII), tepatnya di dalam kompleks Taman Bunga Keong Mas. Untuk menuju Museum ini, ambillah jalur dari Terminal Kampung Rambutan dan naik angkutan umum jurusan pintu utama TMII.

Untuk bisa melihat berbagai koleksi di museum ini, wisatawan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000 , terlepas dari biaya masuk kawasan TMII. Silahkan datang ke museum ini dari jam 09.00 hingga 16.00 setiap hari.

Jangan lewatkan juga: 40 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi!

38. Stupha Sidartha Gautama Jakarta Timur

Selanjutnya, anda bisa memasukkan Stupha Sidartha Gautama ke dalam daftar tempat wisata di Jakarta Timur yang akan anda kunjungi.

Vihara ini masuk dalam kawasan TMII dekat dengan Stasiun Taman Budaya TMII. Tidak ada biaya tambahan untuk memasukinya, selain tiket masuk TMII seharga Rp10.000,00.

Vihara ini bisa anda jadikan sebagai objek wisata religi di Jakarta Timur, dimana bangunannya menyerupai bentuk stupa seperti di candi Borobudur. Terdapat juga patung Buddha yang ditempatkan di sebelah barat vihara.

Kompleks vihara dikelilingi oleh kolam air yang seakan-akan mengangkat bangunan, dan menjadi gambaran perilaku spiritual para penganut agama Buddha.Tempat ini biasanya dijadikan sebagai tempat untuk ibadah ketika hari besar umat Buddha.

39. SnowBay Cipayung Waterpark

Tempat wisata di Jakarta Timur selanjutnya adalah SnowBay Cipayung Waterpark yang masih masuk dalam kawasan TMII.

Wahana SnowBay ini dirancang sebagai tempat rekreasi berkelas dunia dengan konsep pegunakan salju. Di taman seluas 3 hektar ini dibangun tahun 2008 dan diresmikan pembukaannya oleh ketua Yayasan harapan Kita, Hj. Siti Hardiyanti Rukmana pada tanggal 19 April 2009.

SnowBay Cipayung Waterpark via Mommiesdaily

SnowBay Cipayung Waterpark via Mommiesdaily

Ada banyak wahana permainan seru disini yang bisa membuat liburan anda semakin menyenangkan, baik untuk anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Beberapa wahana permainan yang bisa anda coba seperti kolam ombak, yang menawarkan kedasyatan berupa tujuh jenis ombak, yang memiliki ketinggian sampai 3 meter. Kolam arus, atau biasa disebut dengan Thypoon River merupakan yang terpanjang di Indonesia. Kemudian akan mengguyur pengunjung yang ada di bawahnya sekitar 15 menit sekali. Tak kalah menariknya ada Cool Running, yakni sebuah seluncuran kembar pertama di Indonesia.

Pokoknya masih ada banyak wahana atraksi di SnowBay ini, dijamin liburan anda semakin berkesan dan menyenangkan.

Tempat Wisata Kuliner di Jakarta Timur

Liburan tentu kurang lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi tempat makan-makan. Nah, berikut ini Tempatwisataseru.com merekomendasikan beberapa tempat makan di Jakarta Timur yang sedang hits dan sayang untuk dilewatkan:

40. Abunawas Resto

Tempat makan di Jakarta Timur yang kami rekomendasikan yang pertama adalah Abunawas Resto. Resto ini menyajikan aneka panganan dari Timur Tengah yang terkenal nikmat dan porsi jumbo.

Disini anda bisa menyantap aneka makanan sambil lesehan, sembari menikmati aneka masakan olahan kambing, mulai dari Mandi Lamb, Zurbian Lamb, sampai Biryani Lamb yang semuanya enak.

Dengan bumbu khas Timur Tengah yang bisa menghilangkan bau prengus kambing dan bikin dagingnya juga lebih empu

Seperti yang sudah kami sampaikan, porsi makan di Resto Timur Tengah biasanya jumbo, maka sebaiknya anda membawa banyak anggota kesini ya.

Lokasi Resto Abunawas ini ada di:

  • Jl. Matraman Raya No. 15, Matraman, Jakarta. Telp. (021) 8583914.
  • Jl. Kemang Utara Raya No. 15, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 71794691.

Jangan lewatkan juga: 41 Tempat Wisata Kuliner di Jakarta yang Wajib Anda Coba

41. Quiznos Sub

Tempat makan di Jakarta Timur berikutnya adalah Quiznos Sub yang merupakan restoran franchise asal AS yang terkenal dengan hot sandwich nya.

Nah, disini pengunjung bisa menentukan sendiri roti dan ukuran sandwich yang kamu mau. Untuk menu favorit disini yaitu Zesty Steak, dimana memiliki tekstur roti yang renyah dipadukan dengan beef steak, mozzarella, cheddar, sauteed onion, mushroom, zesty grilled sauce, dan honey bourbon. Pokoknya pecah di mulut

Lokasi Quiznos Sub ini ada di:

  • Jl. Pemuda, Rawamangun, Jakarta. Telp. (021) 29834017.
  • Atau anda juga bisa mengunjungi cabang lain di Supermal Karawaci, Lantai Upper Ground, Jl. Boulevard Diponegoro No. 105, Karawaci, Tangerang. Telp. (021) 54211956.

42. Ayam Goreng Mat Lengket

Tempat makan enak di Jakarta Timur berikutnya adalah Resto Ayam Goreng Mat Lengket yang terkenal dengan ayam gorengnya yang kriuk-kriuk.

Tampilan ayam goreng disini memang sangat simpel, tapi kalau soal rasa jangan ditanya, sangat cetar.

Bagian kulit ayamnya itu terasa kriuk kriuk, namun di bagian daging tetap empuk, dan yang pecah di mulut.

Dengan aneka rempah tradiosional rahasia mereka, sangat meresap sampai ke dalama bagian ayam goreng. Anda bisa menyantapnya dengan nasi uduk dan tambahan sate usus atau semur tahu nya. Nikmatnya bisa-bisa bikin kamu nggak sadar udah tambah nasi berkali-kali.

Lokasi resto ayam goren mat lengket ini ada di Jl. Inspeksi Kalimalang, Kalimalang, Jakarta.

43. Naniura Sushibar & Resto

Anda penggemar aneka panganan Jepang? Nah, buat anda yang suka dengan aneka olahan Jepang, anda bisa mampir ke Naniura Sushibar & Resto.

Anda bisa mencoba aneka sushi disini dengan harga yang terjangkau lo. Untuk menu favorit disini yaitu Salmon Mentai Roll, Booty Roll, Karaage Roll, dan Rinzani Roll.

Selain bisa menikmati aneka sushi, anda juga bisa mencoba Mushroom Creamy Yaki Udon yang tidak kalah nikmatnya.

Lokasi Naniura Sushibar & Resto ini ada di Jl. Kalimalang Raya No. 6, Kalimalang, Jakarta. Telp. (021) 86611789.

44. Kedai Locale

Anda mau mencoba aneka menu lokal Indonesia? Anda bisa mampir ke Kedai Locale. Restoran disini didominasi oleh aneka masakan Indonesia dan beberapa wastern food.

Menu Nasi Goreng disini sangat digemari, karena rasanya yang wah sekali. Anda bisa mencoba Nasi Goreng Kencur yang rasanya itu beda dari nasgor lain berkat sentuhan bumbu kencur nya.

Selain itu, anda bisa mencicipi Nasi Goreng Rawon yang menyandang predikat favorit di sini. Meski spicy, tapi pasti buat anda bakal ketagihan.

Selain itu, anda juga bisa mencoba pempek dengan tingkat kepedasan yang bisa diminta dan kematangan pempek pilihanmu.

Lokasi Kedai Locale ini ada di:

  • Jl. Balai Pustaka Timur C 6, Rawamangun, Rawamangun, Jakarta. Telp. (021) 4892640.
  • Jl. Boulevard Raya, Blok RA I No. 11, Kelapa Gading, Jakarta 14240. Telp. (021) 4504505.

45. Asinan Betawi H. Mansyur

Tempat makan enak di Jakarta Timur selanjutnya adalah Asinan Betawi H. Masyur yang merupakan sentra kuliner khas Betawi.

Disini anda bisa mencoba Asinan Betawi yang sudah sangat populer. Saat akhir pekan, pembeli akan ngantri untuk mencoba asinan Betawi disini.

Dengan sayuran yang fresh, tahunya banyak, dan bumbu kacangnya nampol banget. Sangat sayang untuk dilewatkan.

Silahkan datang saja ke Asinan Betawi H. Mansyur di Jl. Taman Kamboja 3 No. 10, Rawamangun, Jakarta. Telp. (021) 4707242.

46. De Facto Coffee & Eatery

Terakhir, anda bisa mampir ke De Facto Coffee & Eatery. Buat anda pecinta kopi wjaib nih mencoba kopi disini.

Resto ini menggunakan kopi Wonosobo yang memiliki nutty citrus yang khas. Selain menyajikan kopi, anda bisa memesan pesan cake dan aneka menu berat mereka.

Menu wajib yang dipesan disini yaitu Choco Devil akan jadi pilihan terbaik untuk teman minum kopi. Dengan rasa cokelat yang mantap plue rasa bitter serta manisnya yang pas.

Khusus buat anda yang doyan sama pasta, anda wajib mencoba Spaghetti Bolognese di sini. Spaghetti Bolognese ini hadir dengan spaghetti yang dimasak al dente, dan sensasi rasa asam saus bolognese yang menggiurkan.

Lokasi De Facto Coffee & Eatery ini ada di Jl. Balai Pustaka Timur, Blok A7 No. 39, Rawamangun, Jakarta. Telp. 0812-9189-2670.

****

Demikianlah ulasan seputar tempat wisata di Jakarta Timur yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga bisamenjadi referensi untuk liburan anda sleanjutnya.

Jangan lewatkan juga: 19 Tempat  Wisata di Cibubur Jakarta Timur yang Paling Hits

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!