40 Objek Wisata di Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi!

Tempat Wisata di Jakarta Selatan – Halo sobat travel mania dimana pun anda berada. Anda warga asli Jakarta Selatan, atau berencana ingin mengunjungi Jakarta Selatan?

Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di Jakarta Selatan yang lagi hits nih.

Kota Adminsistrasi Jakarta Selatan beribukota di Kebayoran Baru. Dan merupakan kota paling maju diantara kota lain di Jakarta, hal ini ditandai dengan berjamurnya pusat bisnis disini. Selain itu juga perumahan warga kelas menengah atas berdiri disini.

Jakarta Selatan berbatasan dengan wilayah lain seperti Jakarta Barat dan Jakarta Pusat di sebelah utara. Di sebelah timur berbatasan dengan Jakarta Timur. Di sebelah selatan berbatasan dengan Kota Depok, dan sebelah barat dengan Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Daftar Tempat Wisata di Jakarta Selatan

Apa saja tempat wisata di Jakarta Selatan yang menarik dikunjungi? Berikut ini diantaranya:

1. Hauwke’s Auto Gallery Kayak Museum Angkut di Malang

Anda hobi otomotif? Untuk anda yang memiliki hobi otomotif, ada satu museum yang menawarkan pajangan aneka koleksi kendaraan seperti di Malang.

Hauwke’s Auto Gallery Kayak Museum Angkut di Malang via Youtube

Hauwke’s Auto Gallery Kayak Museum Angkut di Malang via Youtube

Jadi, anda tidak perlu jauh-jauh ke Malang untuk menyakiskan koleksi di museum angkut. Anda bisa mengunjungi Hauwke’s Auto Gallery yang ada di Jaksel, atau lebih tepatnya ada di Jl. Puri Mutiara VI No. 18B, Cipete, RT.6/RW.4, Cilandak Tim., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, lokasi tidak terlalu jauh dari pemakanan jeruk purut.

Hauwke’s Auto Gallery ini juga menjadi tempat untuk spot foto instagramable di Jakarta Selatan. Sehingga kalau anda kesini, wajib rasanya untuk mengabadikan momen berharganya.

Koleksi yang ada pun tidak main-main. Berbagai kendaraan antik sampai mewah ada disini. Dan yang kerennya lagi, untuk masuk ke gallery ini anda tidak perlu membayar retribusi untuk masuk, alias gratis.

Hauwke Auto Gallery mengusung konsep ala tahun ’30 sampai ’50-an. Saat ini, ada sekitar 50 mobil yang ada di sana dan masih berfungsi dengan baik. Bahkan Hauwke memiliki koleksi khusus, yaitu 4 mobil yang dulu dipakai oleh Presiden Soekarno.

2. Liburan Seru ke Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan merupakan salah satu kebun binatang bersejarah yang ada di Kota Jakarta. Bila dibandingkan dengan beberapa kebun binatang di Kota Jakarta lainnya, kebun binatang ini termasuk sebagai kebun binatang yang tertua.

Liburan Seru ke Kebun Binatang Ragunan via wisatajakartablog

Liburan Seru ke Kebun Binatang Ragunan via wisatajakartablog

Kebun Binatang Ragunan memiliki luas sekitar 140 ha. Karena areanya yang sangat luas, tempat ini benar – benar sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat wisata bersama keluarga.

Di tempat ini, Anda dan keluarga dapat berkeliling untuk melihat berbagai macam hewan dan tanaman. Dari mulai hewan reptil, mamalia, hingga hewan buas seperti beruang dan harimau semuanya tersedia di kebun binatang ini.

Walaupun bernama kebun binatang, tempat ini juga turut menyimpan berbagai macam spesies flora yang cukup lengkap. Selain itu, pengunjung nantinya juga bisa menikmati sajian pentas satwa yang diadakan secara rutin beberapa kali dalam sehari.

Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan, lokasi tempat ini berada di Jl. Harsono, No. 1. Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda dapat memanfaatkan beberapa moda transportasi umum, seperti angkot KWK No. S15A yang berangkat dari daerah Pasar Minggu, Kopaja T19 yang berangkat dari daerah Tanah Abang, dan Bus Trans Jakarta yang mengarah ke Terminal Ragunan.

Biaya tiket masuk Kebun Binatang Ragunan tergolong cukup murah, yaitu hanya Rp. 4.000,- saja per orang. Jika pengunjung ingin menyewa sepeda, menyewa perahu, ataupun melihat pentas satwa, pengunjung akan dikenai biaya tambahan sekitar Rp. 6.500 sampai dengan Rp. 15.000,-.

Di hari normal kebun binatang ini buka setiap hari dari mulai pukul 6 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

3. Bermain di KidZania Pacific Place

KidZania Pacific Place merupakan wahana tempat hiburan mendidik yang dibuat secara khusus untuk anak – anak di rentang usia 2 – 16 tahun. Tempat ini berlokasi di dalam Mall Pacific Place, tepatnya di areal L6 – 601.

Bermain di KidZania Pacific Place via Kompas

Bermain di KidZania Pacific Place via Kompas

KidZania Pacific Place menawarkan pengalaman wisata edukasi yang berguna untuk mengenalkan berbagai macam profesi pada anak – anak. Setidaknya ada sekitar 100 profesi yang dapat dipilih oleh anak – anak. Begitu telah memilih profesi tertentu, anak – anak nantinya akan dibimbing untuk berperan menjalani profesi yang telah dipilihnya tersebut.

Satu hal unik yang tidak kalah menarik di tempat ini adalah penggunaan mata uang Kidzos. Mada uang ini merupakan mata uang mainan yang digunakan oleh tim manajemen KidZania untuk mengajari anak – anak dalam menggunakan dan menghargai uang.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengajak anak Anda ke tempat ini? Jika ya, Anda tinggal berkunjung ke Mall Pacific Place yang terletak di kawasan SCBD Sudirman. Bila Anda memanfaatkan moda transportasi Trans Jakarta, halte terdekat yang bisa Anda tuju adalah Halte Gatot Subroto LIPI dan Halte Semanggi.

Oh ia, untuk bisa menikmati wahana edukasi di tempat ini, Anda diwajibkan untuk membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 250.000. Di hari normal biasanya ada dua sesi yang dibuka oleh tim manajemen KidZania, yaitu pada pukul 9 pagi hingga pukul 2 sore, dan sesi ke dua yang dimulai pada pukul 3 sore hingga pukul 6 sore.

4. Mengunjungi Museum Layang – Layang

Tempat wisata di Jakarta Selatan yang selanjutnya adalah Museum Layang – Layang. Museum ini berlokasi di Jl. Haji Kamang No. 38, Pondok Labu. Di tempat ini Anda dapat melihat berbagai macam koleksi layang – layang yang berasal dari Indonesia dan manca negara.

Mengunjungi Museum Layang – Layang via trendcornerid

Mengunjungi Museum Layang – Layang via trendcornerid

Tidak hanya sekedar melihat layang – layang, di museum ini Anda juga bisa mempelajari sejarah permainan layang – layang di setiap negara. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui seperti apa cara membuat layang – layang yang diperagakan secara langsung oleh para karyawan museum.

Museum Layang – Layang buka setiap hari dari mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 6 sore. Di hari libur nasional, museum ini biasanya tutup. Biaya tiket masuk ke museum ini ditetapkan sebesar Rp. 10.000,- per orang.

Oh ia, untuk bisa sampai ke lokasi museum ini, Anda dapat memanfaatkan moda transportasi umum berupa angkot No. D02 yang berangkat dari Lebak Bulus dan atau Metromini No. S610 yang berangkat dari terminal Blok M.

5. Tamasya ke Playparq Kemang

Playparq merupakan taman bermain yang berlokasi di Jl. Kemang Timur, No. 73, Jaksel. Tempat ini merupakan taman terbuka yang difungsikan sebagai tempat bermain untuk anak – anak.

Tamasya ke Playparq Kemang via Liburananak

Tamasya ke Playparq Kemang via Liburananak

Di tempat ini Anda dapat mengajak anak – anak Anda untuk menikmati berbagai macam wahana permainan yang sangat menarik. Dari mulai wahana permainan trampolin, hingga wahana permainan flying fox, semuanya sudah tersedia dan bisa dinikmati di tempat ini. Secara total ada sekitar 8 buah wahana permainan yang terletak di bagian dalam dan luar ruangan Playparq.

Playparq buka setiap hari dari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 6 sore. Biaya tiket masuk ke tempat ini dipatoki sebesar Rp. 60.000,- di hari biasa (selain hari selasa), Rp. 30.000,- di hari selasa, dan Rp. 100.000,- di akhir pekan dan hari libur nasional.

6. KidCity Transmart Cilandak

Jika Kota Bandung Memiliki Trans Studio Bandung, maka Kota Jakarta Selatan memiliki KidCity Transmart Cilandak. Kedua wahana permainan ini sama – sama dikelola oleh Trans Corp. Bedanya, KidCity Transmart Cilandak memiliki area yang lebih kecil dari area Trans Studio Bandung.

KidCity Transmart Cilandak via Foody

KidCity Transmart Cilandak via Foody

KidCity Transmart berlokasi di dalam bangunan Transmart Carrefour Cilandak, yaitu di Jl. Cilandak KKO No. 1A. Di tempat ini Anda dapat menikmati berbagai macam wahana permainan yang memacu adrenalin, seperti ayunan berputar, roller coaster, SkyCraper, dan berbagai macam wahana permainan lainnya.

Wahana Permainan KidCity Transmart Cilandak buka setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 9 malam. Untuk bisa menikmati wahana permainan di tempat ini, pengunjung wajib memiliki tiket yang difungsikan dengan sistem saldo.

Harga kartu / tiket ditetapkan sebesar 100.000 rupiah. Isi saldo dalam kartu tersebut sesuai dengan nominal harganya. Nantinya, ketika menaiki wahana tertentu, saldo yang berada di dalam kartu secara otomatis akan terpotong. Rata – rata potongan per wahana permainan sendiri ditetapkan sebesar 15 – 20 ribu rupiah.

7. Bersantai ke Taman Langsat

Taman Langsat merupakan salah satu ruang terbuka hijau yang terletak di Jakarta Selatan. Taman ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat melepas penat setelah seharian bekerja di kantor.

Bersantai ke Taman Langsat via @korneliapramesti

Bersantai ke Taman Langsat via @korneliapramesti

Sebelum dijadikan sebagai taman ruang terbuka hijau, Taman Langsat sebelumnya adalah tempat penampungan bibit tanaman. Setelah direvitalisasi, taman ini sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas umum, seperti: jalur untuk jogging, danau mini, taman teratai, arena bermain anak, lapangan tenis, dll.

Lokasi Taman Langsat tergolong cukup dekat dengan jalur yang mengarah ke Terminal Bus Blok M. Oleh karena itu, untuk bisa sampai ke taman ini, Anda dapat memanfaatkan moda transportasi bus Trans Jakarta yang mengarah ke halte Blok M. Dari Halte Blok M, Anda dapat memanfaatkan moda transportasi metromini yang mengarah ke Lebak Bulus atau Pondok Indah.

Karena taman ini adalah taman terbuka hijau milik pemerintah, tidak ada pungutan biaya sama sekali yang dibebankan pada pengunjung. Selain itu, taman ini juga bisa dikunjungi kapan saja selama 24 jam non stop.Waktu terbaik untuk berkunjung ke taman ini adalah di pagi hari. Di waktu tersebut, kondisi udara di taman ini masih relatif cukup segar dan pengunjungnya pun relatif tidak terlalu ramai.

8. Ngadem di Taman Spathodea

Sama seperti halnya Taman Langsat, Taman Spathodea juga merupakan taman terbuka hijau yang disediakan oleh pemerintah Kota Jaksel untuk warga Jakarta. Taman ini berlokasi di Jl. Raya Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Ngadem di Taman Spathodea via Bersepedahan

Ngadem di Taman Spathodea via Bersepedahan

Pemberian nama Spathodea dilakukan karena taman ini banyak ditumbuhi dengan Bunga Spathodea.Karena sedari awal memang dirancang sebagai taman terbuka hijau, taman ini memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap. Dari mulai trek untuk jogging sampai dengan danau mini yang cukup memukau, semuanya sudah tersedia dan bisa dinikmati di taman ini.

Untuk bisa sampai ke Taman Spathodea, Anda dapat memanfaatkan fasilitas angkutan umum No. M57. Karena taman ini merupakan taman terbuka hijau milik pemerintah, untuk bisa menikmati fasilitas umum di taman ini, Anda tidak akan dibebani biaya sama sekali. Selain itu, taman ini juga bisa dan boleh dikunjungi kapanpun Anda mau.

9. Wisata Pendidikan Pinisi

Tempat wisata di Jakarta Selatan yang selanjutnya adalah Wisata Pendidikan Pinisi. Tempat ini berlokasi di Gedung Pasar Raya Blok M, Landai 8 sampai 10, yaitu di daerah Kebayoran Baru, Jaksel.

Wisata Pendidikan Pinisi yang juga dikenal dengan nama Pinisi Edutainment merupakan tempat wisata keluarga yang ditujukan untuk anak – anak usia 4 sampai dengan 16 tahun.

Wisata Pendidikan Pinisi via Newsmedia

Wisata Pendidikan Pinisi via Newsmedia

Di tempat ini, Anda dapat mengajak anak Anda untuk menikmati berbagai macam wahana permainan yang menghibur dan mendidik.Selain mendapatkan hiburan, anak Anda nantinya juga bisa mendapatkan pelajaran seputar dunia sains, seni, dan juga budaya.

Wisata Pendidikan Pinisi memiliki dua tempat menarik yang selalu ramai dipadati oleh pengunjung. Kedua tempat tersebut adalah Planetarium dan Kak Seto Center. Planetarium merupakan tempat bermain yang mengajarkan anak – anak tentang sistem tata surya. Sedangkan Kak Seto Center merupakan ruang konsultasi khusus untuk orang tua yang ingin mengetahui lebih dalam seputar perilaku anak.

Karena disampaikan dengan metode yang menarik, Wisata Pendidikan Pinisi akan membantu Anda untuk meningkatkan minat belajar anak.Lokasi tempat wisata ini juga relatif mudah untuk diakses, yaitu bersebelahan dengan terminal bus Metromini dan terminal Trans Jakarta Blok M.

Wisata Pendidikan Pinisi buka setiap hari dari mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 3 sore.Biaya tiket masuknya dibedakan antara orang dewasa dan anak – anak. Untuk orang dewasa, biaya tiket masuknya hanya 50 ribu rupiah, sedangkan untuk anak – anak usia 4 sampai dengan 16 tahun biaya tiket masuknya ditetapkan sebesar 115 ribu rupiah per anak.

10. Mencoba Keseruan di Flight Experience Gandaria

Anda pernah bercita – cita ingin menjadi pilot namun tidak kesampaian? Jika pernah, tempat wisata di Jakarta Selatan yang satu ini mungkin bisa mengobati sedikit rasa kecewa Anda.

Flight Experience Gandaria menawarkan pengalaman wisata yang sangat unik. Di tempat ini Anda dapat merasakan seperti apa rasanya menjadi seorang pilot ketika sedang menerbangkan pesawat.

Mencoba Keseruan di Flight Experience Gandaria via Jakartahariini

Mencoba Keseruan di Flight Experience Gandaria via Jakartahariini

Pertama –tama, pengunjung biasanya akan diajak untuk merasakan seperti apa sensasi lepas landas seperti halnya penerbangan sungguhan. Setelah itu, Anda akan dikenalkan dengan berbagai macam tools yang terletak di kokpit pesawat terbang.

Semua pengalaman tersebut akan terasa sangat nyata. Terlebih Anda nantinya juga akan didampingi secara langsung oleh seorang instruktur yang berpengalaman.

Tipe pesawat yang akan Anda terbangkan adalah tipe pesawat penumpang jenis Boeing 737 – 800. Peralatan simulator yang digunakan merupakan peralatan simulator asli. Oleh karenanya, sensasi yang akan Anda rasakan benar – benar mirip seperti sensasi menerbangkan pesawat sungguhan. Dari mulai getaran, perubahan gerakan, hingga perubahan tekanan udara semuanya akan terasa seperti di pesawat sungguhan.

Untuk bisa menikmati pengalaman yang sangat luar biasa ini, Anda harus rela merogoh kocek yang sangat dalam. Untuk satu sesi penerbangan singkat selama 30 menit, Anda akan dikenai biaya sebesar 990 ribu rupiah. Sedangkan untuk sesi penerbangan jarak jauh selama 90 menit, Anda akan dikenai biaya sebesar 2,2 juta rupiah.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba? Bila Anda tertarik, lokasi tempat ini terletak di Gandaria City. Tempat ini dapat Anda akses dari Jl. Sultan Iskandar Muda dari arah Pondok Indah atau dari daerah Kebayoran Lama.

Untuk moda transportasinya, Anda dapat memanfaatkan moda transportasi KRL yang mengara ke Stasiun Kebayoran Lama. Dari Stasiun, Anda tinggal melanjutkan perjalanan menggunakan angkot D01 trayek Kebayoran Lama – Lebak Bulus.

Oh ia, tempat ini buka setiap hari dari mulai pukul 10 pagi sampai dengan pukul 10 malam.

11. Mengunjungi Setu Babakan Jakarta Selatan

Setu babakan merupakan kampung tradisional yang dibuat untuk melestarikan Budaya Masyarakat Betawi. Kampung ini mulai didirikan pada Tahun 2000. Tujuan didirikannya kampung ini adalah untuk menghormati dan melestarikan kebudayaan masyarakat Betawi yang notabene merupakan suku asli Jakarta.

Mengunjungi Setu Babakan Jakarta Selatan via kprihatmono

Mengunjungi Setu Babakan Jakarta Selatan via kprihatmono

Seperti yang telah kita ketahui bersama, keberadaan Suku Betawi di Kota Jakarta belakangan ini semakin terpinggirkan. Mayoritas lahan milik Suku Betawi yang ada di Kota Jakarta sudah dibanguni oleh bangunan gedung kantor. Dampaknya, Suku Betawi pun seakan – akan seperti termarginalisasi.

Nah, dalam upaya untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kota Jakarta Selatan akhirnya mulai mendirikan Setu Babakan.

Didirikan di atas lahan seluas 30 ha, Setu Babakan memiliki 3 buah danau buatan dengan sumber aliran air dari Sungai Museum. Di 3 danau buatan tersebut, para pengunjung dapat menikmati berbagai macam aktivitas wisata, seperti menaiki sepeda air yang berbentuk perahu angsa, memancing, dll.

Di area sekitar danau, Anda dapat menikmati pemandangan bersejarah berupa Rumah Adat Betawi dengan ciri khas berupa ruang terasnya yang luas. Konon, menurut penuturan masyarakat Suku Betawi, teras berukuran luas yang ada di bagian depan rumah adat mereka merupakan simbol keterbukaan mereka terhadap tamu.

Bila beruntung, di tempat ini Anda juga dapat menikmati sajian pertunjukan seni khas Masyarakat Betawi. Dari mulai pertunjukan lenong, boneka ondel – ondel, sampai dengan tanjidor, semuanya bisa Anda nikmati di tempat ini.

Tidak hanya itu, di tempat ini Anda juga dapat menikmati berbagai macam sajian kuliner khas Masyarakat Betawi, seperti nasi uduk, es selendang mayang, kerak telor, bir pletok, kerak telor, dll. Harga makanan khas Betawi di tempat ini tergolong murah – murah lho.

Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke Setu Babakan, lokasinya berada di daerah Jagakarsa.Ada dua jalur mudah yang bisa Anda gunakan untuk bisa sampai ke tempat ini, yaitu menggunakan rute Cilandak KKO, atau melalui Kota Depak dengan memanfaatkan angkutan umum dari Stasiun UI.

Karena tempat ini tergolong fasilitas umum, tempat ini dibuka setiap hari selama 24 jam nonstop. Selain itu, tempat ini juga dapat dikunjungi secara cuma – cuma alias gratis. Satu – satunya biaya yang harus Anda keluarkan adalah biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah untuk roda dua dan 5 ribu rupiah untuk roda empat.

12. Mengunjungi Museum Basoeki Abdullah

Museum Basuki Abdullah terletak di Jl. Keuangan Raya, No. 19, Cilandak. Dulunya sebelum dijadikan museum, tempat ini adalah rumah pribadi milik seniman ternama Indonesia, Basuki Abdullah. Di Tahun 2001, bangunan rumah seluas 600 m ini dialihfungsikan menjadi sebuah museum yang dipakai sebagai tempat pameran karya seni Basuki Abdullah.

Mengunjungi Museum Basoeki Abdullah

Mengunjungi Museum Basoeki Abdullah

Untuk Anda yang agak asing dengan nama Basuki Abdullah, Basuki Abdullah merupakan cucu dari dr. Wahidin Sudirohusodo, yaitu seorang pejuang kemerdekaan Indonesia.

Sepanjang hidupnya, Basuki Abdullah telah terhasil menelurkan berbagai macam karya seni yang berhubungan dengan jasa para pahlawan, seperti Pangeran Diponegoro, Ir. Soekarno, dan Cut Nyak Dien.

Walaupun Anda tidak mengenal Basuki Abdullah, Anda pasti pernah melihat karya – karyanya di buku pelajaran sejarah.

Ada satu hal bersejarah yang pernah dilakukan oleh Basuki Abdullah pada Tahun 1948. Pada waktu itu, ia berhasil menjadi juara dalam sayembara lukis internasional.Kemenangan beliau pada waktu itu benar – benar berhasil mengharumkan nama Bangsa Indonesia yang notabene baru saja merdeka.

Untuk bisa menikmati koleksi seni di Museum Basuki Abdullah, Anda diharuskan membayar biaya tiket masuk sebesar 2 ribu rupiah. Di hari kerja, waktu operasional museum ini adalah pukul 9 pagi sampai dengan pukul 4 sore, sedangkan di akhir pekan, waktu operasionalnya cenderung lebih pendek, yaitu dimulai pada pukul 9 pagi sampai dengan pukul 3 sore.

13. Menyambangi Schmutzer Primate Center

Tempat wisata di Jakarta Selatan yang selanjutnya adalah Schmutzer Primate Center. Tempat ini merupakan konservasi khusus primata yang berlokasi di dalam Kebun Binatang Ragunan.

Menyambangi Schmutzer Primate Center via Wikimedia

Menyambangi Schmutzer Primate Center via Wikimedia

Schmutzer Primate Center pertama kali dibuka pada Tahun 2000. Pada waktu itu, pembukaan tempat ini diresmikan secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta yang berkuasa pada waktu itu, yaitu Bapak Ir. Sutiyoso.

Di Schmutzer Primate Center para pengujung Kebun Binatang Ragunan dapat menikmati sajian wisata berupa beranekaragam satwa primata yang berasal dari berbagai penjuru wilayah Indonesia dan beberapa negara lainnya. Seluruh spesies primata yang ada di tempat ini dipelihara di kandang yang mirip dengan habitat alamnya masing – masing.

Pengelolaan Schmutzer Primate Center dilakukan dengan sangat ketat. Pengunjung tempat ini tidak diperbolehkan membawa makanan. Bahkan, untuk menghindari pengunjung memberi makanan ke satwa primata yang ada di dalamnya, di pintu masuk tempat ini, petugas biasanya akan merazia pengujung.

Walaupun Schmutzer Primate Center terletak di dalam Kebun Binatang Ragunan, namun untuk bisa masuk ke dalam tempat ini, pengunjung diwajibkan untuk membayar biaya tambahan. Di hari Selasa – Jumat, biaya tiket masuk ke tempat ini ditetapkan sebesar 6 ribu rupiah per orang, sedangkan di hari Sabtu – Senin, biaya tiket masuknya ditetapkan sebesar 7.500 rupiah per orang.

Karena tempat ini dikelola oleh manajemen Kebun Binatang Ragunan, maka jam operasional tempat ini juga mengikuti jam operasional kebun binatang, yaitu dari mulai pukul 6 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

14. Tamasya di Taman Tabebuya

Taman Tabebuya terletak Di Jl. Moh. Kahfi I, Ciganjur, Jagakarsa. Taman ini merupakan taman terbuka hijau yang dapat dikunjungi secara gratis dari mulai pukul 6 pagi sampai dengan pukul 6 sore.

Tamasya di Taman Tabebuya via @siiranti86

Tamasya di Taman Tabebuya via @siiranti86

Taman Tabebuya diberi nama “Tabebuya” karena keberadaan Pohon Tabebuya yang banyak ditanam di tempat ini. Pohon ini merupakan pohon yang berasal dari Brazil. Ketika berbunga, pohon ini akan dipenuhi dengan bunga berwarna kuning dan merah muda yang sangat mirip dengan pohon Sakura yang ada di Jepang.

Selain menawarkan keindahan Bunga Tabebuya, taman ini juga menawarkan keindahan lain berupa kolam taman yang dipenuhi dengan berbagai macam spesies ikan air tawar. Pengunjung taman ini dibebaskan untuk melakukan berbagai macam aktivitas selama aktivitas tersebut tidak mengotori area taman.

Oh ia, waktu terbaik untuk berkunjung ke Taman Tabebuya adalah pada musim berbunga.Namun begitu, jika Anda mau, Anda bisa mengunjungi taman ini kapan pun Anda menginginkannya.

15. Tempat Rekreasi Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala berlokasi di Jl. Gatot Subroto, Kuningan, Jaksel. Museum ini merupakan museum sejarah yang didirikan untuk mengenang perjuangan TNI. Lokasi museum ini tepat berada di rumah salah satu istri Presiden Soekarno, yaitu Ibu Ratna Sari Dewi Soekarno.

Tempat Rekreasi Museum Satria Mandala via @laudyablue

Tempat Rekreasi Museum Satria Mandala via @laudyablue

Museum Satria Mandala berisi berbagai macam replika senjata milik TNI yang dipakai untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. tidak hanya itu, Museum ini juga berisi beberapa seragam dan atribut tentara yang lengkap dengan lambang dan lencana untuk setiap pangkat jabatan

Salah satu benda menarik yang hanya bisa Anda temui di museum ini adalah tandu yang digunakan untuk membawa Jenderal Soedirman saat Perang Gerilya.

Untuk bisa sampai ke Lokasi Museum Satria Mandala, Anda dapat memanfaatkan moda transportasi Trans Jakarta rute Pinang Randi – Pluit di koridor 9.Anda dapat turun di halte Gatot Subroto Jamsostek.

Di hari normal, tempat ini dibuka setiap hari untuk umum dari mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul setengah 3 sore.

16. Main Air di The Wave Pondok Indah Water Park

Dari namanya saja Anda pasti sudah bisa menebak dimana lokasi tempat wisata ini berada. Ya, tempat wisata ini berada di Pondoh Indah, tepatnya di sebelah Pondok Indah Mall. Tempat ini sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat wisata untuk bersantai bersama dengan keluarga.

Main Air di The Wave Pondok Indah Water Park vai Nenekngluyur

Main Air di The Wave Pondok Indah Water Park vai Nenekngluyur

Water park ini memiliki tujuh buah wahana permainan air yang dapat digunakan oleh semua kalangan usia. Dari mulai anak – anak sampai dengan orang dewasa, semuanya bisa menikmati wahana permainan air yang ada di tempat ini.

Khusus Anda yang hobi renang, di tempat ini Anda dapat menikmati sensasi berenang di kolam renang berstandar internasional, yaitu di Olypic Swimming Pool. Kolam ini memiliki ukuran dan tingkat kedalaman yang sesuai dengan standar kolam renang untuk olimpiade internasional.

Khusus untuk anak – anak, The Wave Pondk Indah Water Park telah menyediakan beberapa wahana permainan yang sangat menghibur. Sebut saja ember tumpah dan lazy river, kedua wahana permainan ini sangat digemari oleh kalangan anak – anak yang berkunjung ke tempat ini.

Oh ia, di tempat ini Anda juga bisa belajar olahraga surfing lho.Walaupun Anda tidak pernah melakukan olahraga surfing, Anda tidak perlu takut, pasalnya aktivitas surfing di tempat ini dilakukan dengan menggunakan ombak buatan, sehingga relatif sangat aman untuk orang yang masih awam sekalipun.

Di hari Senin sampai Sabtu, tiket masuk ke wanaha permainan ini dipatoki sebesar Rp. 100.000,-. Di akhir pekan dan hari libur nasional, tiket masuknya dinaikkan menjadi Rp. 150.000,-.

Jika Anda ingin mendapatkan tiket murah, Anda disarankan untuk berkunjung ke tempat ini di atas pukul 6 sore. Di atas pukul 6 sore, harga tiketnya terkadang bisa tinggal separuh harga.

Oh ia, biaya tiket tersebut tidak termasuk wahana Flow Rider ya. Bila Anda ingin menikmati wahana Flow Rider, Anda wajib membayar biaya tiket tambahan sebesar 55 ribu rupiah per orang.

Kunjungi juga yuk: 23 Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

17. Liburan ke Museum di Tengah Kebun

Museum di Tengah Kebun merupakan museum pribadi yang dimiliki oleh seorang pengusaha sukses bernama Sjahrial Djalil. Museum ini pertama kali didirikan pada Tahun 1980. Anehnya, walaupun telah berusia sekitar 38 tahun, Museum ini cenderung belumbanyak diketahui oleh wisatawan.

Liburan ke Museum di Tengah Kebun via Kompas

Liburan ke Museum di Tengah Kebun via Kompas

Untuk bisa masuk ke Museum ini, Anda harus memesan dan membuat janji kedatangan terlebih dahulu. Agak sedikit merepotkan memang. Namun pengalaman wisata yang akan Anda dapatkan di tempat ini benar – benar tidak akan mengecewakan.

Di tempat ini, Anda dapat melihat lebih dari 4 ribu koleksi benda bersejarah yang berasal dari berbagai penjuru dunia.Dari mulai benda bersejarah yang berasal dari Indonesia sampai dengan benda bersejarah yang berasal dari Belanda, semuanya tersedia di tempat ini.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini tidak dibebani biaya tiket masuk sama sekali. Hanya saja, jumlah minimum pengunjung yang diperbolehkan adalah 10 orang. Dan sebelum datang, perwakilan pengunjung juga diwajibkan untuk membuat janji via telepon terlebih dahulu.

Biasanya, waktu kunjungan ke museum ini dibatasi hanya pada hari Rabu, Kamis, Sabtu dan Minggu saja. Untuk jam kunjungannya sendiri berkisar antara pukul 09.45 – 12.00 atau pukul 12.45 – 14.30.

Bila Anda ingin berkunjung ke tempat ini, Anda dapat memanfaatkan moda transportasi umum berupa metromini No. S77 jurusan / trayek Blok M – Ragunan.

18. “Taman Ayodya” Tempat Nongkrong di Jakarta Selatan

Taman Ayodya berlokasi tidak jauh dari Taman Langsat. Taman ini merupakan salah satu tempat nongkrong favorit yang selalu ramai dikunjungi oleh kalangan anak muda.

Taman Ayodya via @Johanfernandi

Taman Ayodya via @Johanfernandi

Luas Taman Ayodya hanya sekitar 1.800 meter persegi. Walaupun tidak terlalu luas, namun lokasi taman ini tergolong sangat strategis. Selain itu, desainnya juga cukup keren, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong di Jakarta Selatan.

Fasilitas umum di Taman Ayodya tergolong cukup lengkap. Dari mulai jogging track sampai dengan tempat duduk untuk bersantai semuanya telah tersedia di taman ini. Tidak hanya itu, taman ini juga memiliki banyak pohon rindang, sehingga suasana di sekitarnya terasa relatif cukup sejuk.

Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke taman ini, lokasinya berada di Kawasan Barito, yaitu di persimpangan Jl. Lamandau, Jl. Bariot, Jl. Melawai, dan Jl. Mahakam. Bila Anda ingin memanfaatkan moda transportasi umum, Anda dapat menggunakan metromini No. S72 yang berangkat dari Pondok Indah.

Yuk kita eksplore juga: 24 Tempat Nongkrong di Jakarta yang Paling Terkenal

19. Liburan Menantang di The Escape Hunt

The Escape Hunt merupakan tempat wisata baru di Jakarta Selatan yang menawarkan pengalaman wisata berbeda. Di tempat ini, Anda dapat merasakan pengalaman menjadi seorang detektif untuk memecahkan sebuah permasalahan.

Liburan Menantang di The Escape Hunt

Liburan Menantang di The Escape Hunt

Begitu masuk ke tempat ini, Anda akan diminta untuk memilih tema permasalahan yang ingin Anda pecahkan. Saat ini ada tiga tema utama yang dapat Anda pilih, yaitu Explosion in The Kitchen Room, Kidnaping in The Study Room, dan Murder in The Bedroom.

Anda diwajibkan untuk mencari siapa dalang dibalik terjadinya permasalahan yang Anda pilih. Yang membuat permainan ini semakin menarik, waktu yang tersedia untuk Anda hanya satu setengah jam alias 90 menit.

Untuk dapat memecahkan permasalahan, Anda diwajibkan untuk menyelesaikan teka – teki dan berbagi macam tantangan. Bila teka – teki dan tantangan yang tersedia dirasa terlalu sulit, seorang Game Master akan membantu Anda dengan cara memberi petunjuk tambahan.

Untuk bisa menikmati permainan di tempat ini, Anda diwajibkan untuk membayar biaya tiket masuk sebesar 18 USD per orang. Jika Anda ingin membayar dengan mata uang rupiah, Anda dapat menggunakan fasilitas kartu kredit atau melapor ke staf The Escape Hunt yang ada di front office terlebih dahulu.

Di hari normal, The Escape Hunt buka setiap hari dalam dua sesi. Sesi permainan pertama dimulai pada pukul setengah 10 pagi, dan sesi kedua dimulai pada pukul 8 malam.

20. Sehari menjadi Seniman di Komunitas Salihara

Komunitas Salihara merupakan tempat perkumpulan para seniman kota. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat untuk melangsungkan berbagai macam pertunjukan seni yang sangat menarik.

Sehari menjadi Seniman di Komunitas Salihara

Sehari menjadi Seniman di Komunitas Salihara

Beberapa pertunjukan seni yang sering diadakan di tempat ini adalah pentas sastra, lomba menulis, diskusi sastra, dan forum teater Salihara.

Lokasi Komunitas Salihara berada di Jl. Salihara, No. 6, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda dapat memanfaatkan moda transportasi umum Trans Jakarta Dukuh Atas  Ragunan dan turun di Halte Pejanten.Dari Halte Penjanten, Anda dapat naik mikrolet No. 61 dan turun di Jl Salihara No. 16.

Untuk bisa melihat jadwal dan jenis pertunjukan seni di tempat ini, Anda dapat mengunjungi situs web resmi milik mereka. Biasanya, biaya tiket masuk untuk bisa melihat pertunjukan seni di tempat ini adalah sekitar 75 ribu rupiah untuk umum dan 50 ribu rupiah untuk mahasiswa dan pelajar.

21. Melihat Koleksi Uang di Museum Reksa Artha

Tempat wisata di Jakarta Selatan selanjutnya adalah museum reksa artha yang terletak di Jalan Lebak Bulus No. 1, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan. Untuk menjangkaunya dapat menggunakan bus Transjakarta koridor 8 jurusan Lebak Bulus – Harmoni dan turun di halte Lebak Bulus.

Melihat Koleksi Uang di Museum Reksa Artha via Panduanwisata

Melihat Koleksi Uang di Museum Reksa Artha via Panduanwisata

Mungkin bagi anda yang sering berhubungan dengan Bank pernah mendengar istilah reksa dana?

Museum ini sendiri PERURI (perum Percetakan Uang Negara) dan pendiriannya diprakasai oleh direktur utama Perum PERURI, Wahyu Hagono yang menjabat pada tahun 1974-1989. Sedangkan arti dari nama Reksa Artha itu sendiri adalah “Reksa” bermakna menjaga, “artha” berarti uang.

Disini anda bisa melihat koleksi uang dari sejak zaman kemerdekaan hingga orde baru dan sekarang disini.

22. Mengunjungi Rooftop Lucy in The Sky

Lucy in The Sky merupakan rooftop bar yang paling populer dan paling keren di Jakarta. Bahkan anak gaul Jakarta sering nongkrong di Lucy in the Sky karena musiknya seru banget dan sangat urban. Rooftop bar yang terletak di SCBD (Sudirman Central Business District) ini merupakan salah satu tempat ngongkrong mewah dan mahal di Jakarta.

Mengunjungi Rooftop Lucy in The Sky via Infojakarta

Mengunjungi Rooftop Lucy in The Sky via Infojakarta

Namun karena interior dan suasananya yang coxzy membuat banyak orang, terutama anak muda, betah nongkrong di Lucy in the Sky. Disini banyak tanaman dan juga green house yang membuat suasana menjadi lebih adem.

Di bawah Lucy in the Sky juga ada club Fable yang bisa kamu cobain untuk nongkrong. Begitu melewati pintunya, Anda akan merasa seperti mendatangi sebuah garden party. Lucy In The Sky didekorasi seperti sebuah taman, dengan tanaman hijau yang tersebar hampir di semua area.

23. Jimbaran Outdoor Tanah Abang

Jika anda ingin merasakan sensasi liburan ke Bali di jakarta, silahkan mampir saja ke Jimbaran outdoor tanah abang yang menawarkan konsep ala taman tropis Bali.

Jimbaran Outdoor Tanah Abang

Jimbaran Outdoor Tanah Abang

Disini anda akan menyaksikan keindahan dipadukan denga kesejukan alam melalui hamparan pepohonan serta beragam tanaman tropis.  Belum lagi ditambah dengan suara gemericik air kolam buatan yang berada di bagian tengahnya.

Dengan konsep ala taman tropis Bali, anda juga dapat menyantap berbagai hidangan berkelas disini. Beberapa menu andalan disini yaitu Seafood Cheviche, Roasted Chili & Garlic Shrimp, serta Duck & Asian 5 Spice Sausages.

Dengan tema modern kontemporer, diperlihatkan dengan penataan tempat duduk serta jembatan yang terbuat dari rotan dan juga kayu, sehingga kesan lounge jauh lebih santai. Sedangkan untuk mendapatkan kesan ceria, ditambahkan detail-detail kecil seperti pemilihan bantal, sofa, lampion serta lampu-lampu kecil yang berwarna-warni. Jika malam tiba, lampu-lampu ini menambah kesan indah dan romantis.

24. Museum Harry Darsono, Sang Desainer Kelas Dunia

Ternyata Jakarta Selatan masih punya museum yang bisa kita sambangi, yakni museum harry Darsono yang ada di Cilandak.

Museum Harry Darsono, Sang Desainer Kelas Dunia

Museum Harry Darsono, Sang Desainer Kelas Dunia

Harry Darsono sendiri merupakan salah satu perancang busana terkenal asal Indonesia yang pernah merancang busana orang-orang tersohor di Inggris seperti Lady Diana.

Bahkan busana houte couture Harry masuk ke dalam busana pilihan yang dimuseumkan di Istana Kensington, London, Inggris. Di Indonesia sendiri, Harry merupakan pelopor museum fashion di tanah air dengan membidani Museum Harry Darsono pada 1996 lalu.

Museum yang dibangun ala istana Eropa ini dibangun bergaya bergaya Baroque. Untuk anda yang berminat dalam dunia perancang busana, tidak ada salahnya untuk melihat berbagai koleksi busana, aksesoris, dan desain interior dari herry darsono dini.

Beberapa hasil harya Herry yang sudah go Internasional diantaranya jubah raja dan ratu dalam pertunjukan King and Queen of Britain, dan pagelaran karya-karya Shakespeare. Selain itu, ada juga jubah runcing yang dikenakan dalam pagelaran Romeo and Juliet hingga pakaian perang dalam pementasan Julius Caesar di Jakarta (1997).

25. Tugu Pancoran Tebet Nan Melegenda

Tempat wisata di Jakarta Selatan berikutnya adalah tugu pancoran yang ada di Tebet. Tugu ini sendiri mejadi ikon dunia penerbangan Indonesia. Patung yang dprakarsai oleh presidne Soekarno ini dirancang oleh Edhi Sunarso pada tahun 1964 – 1965, dibantu Keluarga Arca Yogyakarta.

Tugu Pancoran Tebet Nan Melegenda

Tugu Pancoran Tebet Nan Melegenda

Inspirasi dari patung setinggi 11 meter dan berat 11 ton ini konon berasal dari Kosmonot Yuri Gagarin. Yuri Gagarin adalah astronot pertama dari Rusia yang berhasil ke luar angkasa.

Ada filosofi tersendiri jika melihat bentuk dari Patung Pancoran. Tangan patung yang seperti hendak terbang ke atas langit memiliki makna agar anak-anak muda memiliki cita-cita setinggi langit dan berusaha keras untuk menggapainya.

Selain sebagai ikon nan melegenda, di sekitar Tugu pancoran ini juga banyak tempat untuk makan yang bisa kita singgahi.

Kunjungi juga: 18 Tempat Makan Enak di Tebet Jakarta Selatan yang Wajib Anda Coba

26. Seru-seruan di Speedy Karting Pancoran

Anda doyan bermain Gokart? Nah, di Jakarta Selatan ada tempat khusus untuk anda yang doyan bermain gokart beraksi. Tempat ini merupakan arena bermain Gokart seluas 3000 m2.

Seru-seruan di Speedy Karting Pancoran

Seru-seruan di Speedy Karting Pancoran

Disini anda bisa memacu adrenalin di trek sepanjang 400 meter dan lebar 4- 6 meter. Disini anda bisa mneyewa gokart plus perlengkapan lain mulai dari jaket dan helm, dan untuk pelapis helm dan sarung tangan bisa dibeli cukup murah dengan harga Rp. 15.000.

Untuk anda yang baru ingin mencoba sensasi bermain gokart tidak pelru khawatir, karena cukup save, dimana di pinggir jalan pembatas diberi ban bekas, sehingga jika menabrak tidak akan berbahaya.

Sebenarnya ada beberapa tempat yang bisa anda kunjungi untuk bermain gokart di Jakarta Selatan. Untuk speedy Karting Pancoran ini berlamat di Jl. Jend. Gatot Subroto kavling 72. RT 03/RW 04, Pancoran, Kota Jakarta Selatan

Berapa tarifnya? Anda bisa bermain gokart disini dengan membayar tarif sekitar Rp. 70.000/6 menit (Reguler).

27. Taman Martha Tiahahu Melawai

Tempat wisata di Jakarta Selatan berupa taman selanjutnya adalah taman martha Tyahuhu. Taman ini sendiri didediasikan untuk Sang Pahlawan Nasional wanita dari Maluku yang ikut melawan penjajahan Belanda.

Taman Martha Tiahahu Melawai

Taman Martha Tiahahu Melawai

Taman ini memiliki hamparan rumput hijau uang luas, air mancur, kandang ayam jago, burung dara, dan rumah kompos. Keren.

Martha Tiahahu hidup semasa dengan Kapitan Pattimura, sama-sama berjuang dan pernah ditahan di kapal yang sama dengan Belanda.

Taman dengan luas sekitar 20.960 m2 ini letaknya persis di belakang terminal Blok M. Di sana, kamu bisa main-main sama burung dara yang bisa terbang bebas bolak-balik kandangnya.

28. Ngunyah di Kemang Food Festival

Kalau anda mencari tempat wisata kuliner di Jakarta Selatan, maka kemang food festival harus masuk dalam daftar. Kemang Food Festival ini menjadi surganya bagi para pemburu kuliner. Disini anda bisa mencoba berbagai kuliner lezat yang sangat banyak.

Ngunyah di Kemang Food Festival

Ngunyah di Kemang Food Festival

Lokasinya ada di Jalan Kemang Raya. Dan anda bisa mulai datang kesini sejak pukul 17.00 WIB hingga tengah malam.

Biasanya, jalanan di kawasan kemang selalu macet pada saat tempat ini sudah buka, apalagi pada akhir pekan pada pukul 19.00, saat puncaknya anak-anak muda datang kesini.

Selain tempat untuk makan, Kemang Food Festival ini juga dijadikan tempat untuk nongkrong anak-anak muda dari berbagai komunitas.

Kunjungi juga yuk: 41 Tempat Wisata Kuliner di Jakarta yang Wajib Anda Coba

29. Menyejukkan Pikiran di Taman Mataram

Kalau anda mencari tempat rekreasi yang asri dan nyaman, maka taman mataram bisa menjadi pilihan terbaik. Taman mataram juga bisa anda jadikan tempat liburan di Jakarta Selatan bersama keluarga tericnta.

Menyejukkan Pikiran di Taman Mataram via majalahasri

Menyejukkan Pikiran di Taman Mataram via majalahasri

Taman ini dahuluny adalah sebuah POM bensin yang kini sudah disulap menjadi taman yang kece. Kini bekas SPBU yang sudah tidak terpakai ini penuh dengan pohon rindang dan sejuk.

Taman ini bisa anda jadikan tempat bermain pada pagi atau sore hari sambil quality time bersama teman, dijamin suasana seperti ini jarang kamu rasakan di Jakarta!

Lokasi taman ini ada di Jl. Mataram No.1, RT.1/RW.3, Selong, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

30. Tempat Wisata Anak di Jakarta Selatan, Kampung Main Cipulir

Kampung main cipulis bisa menjadi tempat wisata anak di Jakarta Selatan selanjutnya. Kalau anda liburan bareng anak-anak maka wahana bermain ini kudu masuk dalam daftar tempat wisata di Jakarta Selatan yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata Anak di Jakarta Selatan, Kampung Main Cipulir

Tempat Wisata Anak di Jakarta Selatan, Kampung Main Cipulir

Berbagai wahana permaian seru tersedia disini, mulai dari berenang, outbound, melakukan kegiatan memanah, berkuda, flying fox, trampolin, dan banyak lagi. Pokoknya sangat banyak sekali, liburan anda keluarga pasti lebih menyenangkan.

Lokasi kampung main cipulir ini terletak di Jl. Masjid Nurul Yaqin, Gang H. Sairi No. 1A, Jakarta Selatan. Untuk bisa masuk kedalamnya, anda hanya merogoh kocek sebesar 5K atau 7K untuk weekend, dan kamu bisa melakukan segala aktivitas tersebut.

Wow, sangat seru bukan? Murah meriah dan menyenangkan, wahana ini pasti tidak akan mengecewakan anda. Sangat cocok rasanya kalau kampung main Cipulir ini dimasukkan sebagai tempat wisata murah meriah di Jakarta Selatan dengan kualitas premium.

31. Wisata Belanja ke Pasar Santa Jaksel

Pasar santa terletak di Kebayoran baru, Jakarta Selatan. Pasar ini merupakan salah satu pasar terlengkap yang ada di Kota Jakarta. Dari mulai barang – barang biasa sampai dengan barang antik, semuanya bisa ditemui di pasar ini.

Wisata Belanja ke Pasar Santa Jaksel

Wisata Belanja ke Pasar Santa Jaksel

Sebelum terkenal seperti sekarang ini, Pasar Santa dulunya adalah pasar biasa yang digunakan untuk menjajakan produk kebutuhan rumah tangga. Di sekitaran Tahun 2014, pasar ini mulai terkenal di kalangan warga Jakarta berkat beberapa pengusaha muda yang membuka warung kopi, tempat makan, dan toko aksesori di tempat ini.

Sejak saat itu, Pasar Santa terus ramai dikunjungi oleh warga Jakarta. Pasalnya, selain lengkap, harga barang di pasar ini juga tergolong cukup terjangkau. Hanya saja, untuk beberapa barang tertentu seperti piringan hitam atau pun rekaman musik klasik, harganya tetap agak mahal.

Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke pasar ini, Anda dapat memanfaatkan angkutan umum Kopaja 57 yang berangkat dari Cawang, kemang dan Bangka. Atau, jika Anda berangkat dari terminal Blok M, Anda dapat memanfaatkan fasilitas bajaj yang banyak tersedia di sekitar daerah terminal.

32. Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng via @hudi_bits

Hutan Kota Srengseng via @hudi_bits

Lokasi: Jalan Haji Kelik RT.8/RW.6, Srengseng, Jakarta Barat, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

33. Taman Anggrek Ragunan

Taman Anggrek Ragunan via @santi_orchid

Taman Anggrek Ragunan via @santi_orchid

Lokasi: Jl. Kebagusan Raya, RT.1/RW.7, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan

34. Taman Sepat Pasar Minggu

Taman Sepat Pasar Minggu via @Bersepedahan

Taman Sepat Pasar Minggu via @Bersepedahan

Jl. Sepat I No.68, RT.1/RW.6, Kebagusan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan

35. Objek Wisata Belanja Kota Kasablanka di Tebet

Objek Wisata Belanja Kota Kasablanka di Tebet

Objek Wisata Belanja Kota Kasablanka di Tebet

Jl. Casablanca No.KAV 88, RT.16/RW.12, Menteng Dalam, Tebet, Kota Jakarta Selatan

36. Wisata Taman Tangkuban Perahu di Guntur

Wisata Taman Tangkuban Perahu di Guntur

Wisata Taman Tangkuban Perahu di Guntur

Jalan  Tangkuban Perahu, Guntur, Setiabudi, RT.5/RW.1, Guntur, Kota Jakarta Selatan

37. Objek Wisata Ruangrupa di Pancoran

Objek Wisata Ruangrupa di Pancoran

Objek Wisata Ruangrupa di Pancoran

Jl. Pancoran Timur II No.4, RT.13/RW.5, Cikoko, Pancoran, Kota Jakarta Selatan

38. Wisata Kuliner Tauto Pekalongan di Tebet

Wisata Kuliner Tauto Pekalongan di Tebet

Wisata Kuliner Tauto Pekalongan di Tebet

Jalan Tebet Timur Dalam Raya No.3, RT.5/RW.5, Tebet Timur, Tebet, RT.1/RW.6, Tebet Tim., Tebet, Kota Jakarta Selatan

39. Objek Wisata Kuliner Sate Khas Senayan

Objek Wisata Kuliner Sate Khas Senayan

Objek Wisata Kuliner Sate Khas Senayan

Jl. Sultan Iskandar Muda, Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan

40. Wisata Kuliner Soto Betawi Fatmawati

Wisata Kuliner Soto Betawi Fatmawati

Wisata Kuliner Soto Betawi Fatmawati

Jalan RS. Fatmawati, Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan

***

Wow, sangat banyak sekali ya! Jadi anda tidak perlu jauh-jauh liburan ke luar kota lagi apalagi ke luar negeri, karena Jakarta Selatan punya sederet objek wisata yang kece punya.

Demikianlah ulasan seputar tempat wisata di Jakarta Selatan yang kami rekomendasikan untuk mengisi waktu liburan anda. Jika anda masih memiliki rekomendasi tempat lain yang tidak kalah keren, jangan lupa beri tahu kami melalui kolom komentar ya.

Kunjungi juga: 19 Tempat Wisata di Cibubur Jakarta Timur yang Paling Hits

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!