19 Objek Wisata di Cibubur Jakarta Timur yang Paling Hits

Tempat Wisata di Cibubur – Bagi warga Jakarta Timur yang ingin mencari tempat rekreasi menarik mungkin Cibubur bisa menjadi alternatif yang layak dipertimbangkan. Pasalnya ada banyak objek wisata menarik di Cibubur yang terkenal dan bagus tentunya.

Meskipun skopnya kelurahan ternyata ada banyak tempat rekreasi yang layak untuk kita jadikan tempat liburan bersama keluarga tercinta. Jadi kita tidak perlu pergi jauh-jauh keluar daerah apalagi sampai keluar negeri hanya untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga.

Jangan lewatkan juga: 32 Tempat Wisata di Jakarta Pilihan Liburan Seru

Tempat Wisata di Cibubur yang Paling Terkenal

Kali ini Tempat Wisata Seru akan mengajak anda untuk liburan ke berbagai tempat wisata di Cibubur yang paling terkenal dan hits tahun ini. Apa saja kira-kira? Mari simak rangkuman kami dari berbagai sumber, berikut ini:

1. Taman Wiladatika

Tempat wisata di Cibubur yang pertama adalah taman wiladatika. Taman ini menjadi salah satu ikon wisata di Cibubur yang sudah sangat terkenal dan sayang untuk dilewatkan. Wiladatika sendiri merupakan akronim atau singkatan dari Widya Mandala Krida Bakti Pramuka.

Taman Wiladatika

Taman Wiladatika

Taman yang cantik ini menjadi salah satu tempat favorit untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Taman yang memiliki hawa sejuk dan udara yang segar ini kerap dijadikan tempat untuk syuting film, karena memang cantiknya memang sangat luar biasa.

Lokasi taman ini ada di Jl. Jambore 1 Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur. Taman yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu atau tepatnya pada 1980an ini diresmikan oleh presiden Soeharto ketika itu.

Taman ini lokasinya sangat strategis sekali sehingga membuat wisatawan senang liburan kesini. Letaknya yang dekat dengan pintu tol Cibubur sehingga memudahkan siapa saja yang mau datang liburan ke taman yang cantik jelita ini.

Nah, untuk anda yang berangkat dari arah Jakarta, silakan masuk tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Cibubur, sedikit berputar lewat fly over, sudah sampai. Kalo dari arah Bogor, begitu keluar dari pintu tol Cibubur langsung belok kiri, dan anda kana sampai.

Selain sebagai taman hijau, taman Wiladatika ini juga memiliki berbagai wahana pendukung seperti kolam renang, becak mini, bola air, perahu air dan lain sebagainya. Berikut ini harga berbagai wahana tersebut:

  TARIF
Tiket masuk  
Perorangan 8,000
Pramuka 4,000
Rombongan 50 orang Diskon 10 %
Rombongan 100 orang Diskon 20 %
Wahana  
Kolam renang 25,000
Becak mini 10,000
Bola air 10,000
Perahu air 10,000
Sepeda 5,000
Photo dan Shooting  
Photo pengantin 275,000
Photo iklan 550,000
Photo amatir 100,000
Shooting film 2,500,000
Parkir  
Mobil 6,000
Bus / truk 15,000
Motor 3,000

Harga tiket masuk diatas bisa berubah tergantung pengelola.

Jika anda lapar setelah seharian liburan di taman ini, anda tinggal menyebrang saja karena ada Mall Cibubur Junction yang siap menambah keseruan liburan anda. Nanti akan kami bahan mengenai Mall Cibubur Junction ini.

Simak juga yuk: 41 Tempat Wisata Kuliner di Jakarta yang Wajib Anda Coba

2. Eldorado Water Park

Tempat wisata di Cibubur selanjutnya adalah eldorado waterpark yang menjadi salah satu pilihan tempat liburan keluarga yang doyan basah-basahan.

Eldorado Water Park

Eldorado Water Park

Eldorado waterpark sendiri terletak di kawasan Perumahan Legenda Wisata Cibubur. Perumahan Legenda Wisata dapat dicapai dengan mudah melalui Pintu Keluar Tol Km.13  Jagorawi Cibubur/Cikeas/Cileungsi ke arah Bogor.Melajulah lurus ke arah Cileungsi melalui Jalan Alternatif Cibubur sejauh kira-kira 7 km. Apabila Anda sudah melihat pintu masuk Perumahan Kota Wisata (bukan Legenda Wisata), bersiaplah untuk berputar balik. Pintu masuk Legenda Wisata berada kurang lebih di seberang Kota Wisata. Dari Pintu Masuk kompleks, lokasi Eldorado sudah tidak jauh lagi. Bertanyalah pada security yang berjaga di pintu masuk untuk mengetahui letak Eldorado Waterpark.

Waterpark ini selalu banjir pengunjung ketika hari-hari libur, sehingga bila anda datang dan kondisi tidak terlalu ramai maka anda bisa dapat tempat parkir persis di depan Eldorado Waterpark.

Memang, untuk bisa masuk ke dalamnya wisatawan harus mengeluarkan kocek yang cukup tebal yaitu Rp 25,000 (weekday). Pada akhir minggu (weekend), harga tiket masuk naik menjadi Rp 40,000.

Ada harga ada kualitas. Dengan harga yang cukup mahal tersebut anda tidak akan kecewa, karena fasiltias yang diberikan cukup lengkap dan pastinya membuat liburan anda akan lebih berkesan.

Untuk harga tiket hemat yaitu berlaku pada hari kamis (masih berlaku? Silahkan tanyakan kepetugas). Harga Remat alias Renang Hemat, yaitu Rp 20,000.

Waterpark ini terbilang tidak luas, beberapa fasiltias yang bisa kita nikmati seperti empat jenis kolam renang. Untuk anak-anak balita yang baru membiasakan diri untuk berenang, tersedia kolam dengan ketinggian kurang dari 50cm (sekitar 20-30cm) lengkap dengan seluncuran rendah dan pancuran air. 

Untuk anak-anak balita atau lebih besar yang masih belajar berenang, tersedia kolam sedalam kurang lebih 50cm yang dapat digunakan untuk belajar meluncur maupun teknik-teknik berenang dasar. Di kolam ini juga tersedia juga seluncuran yang lebih besar. 

Bagi yang sudah mahir berenang, tersedia juga kolam dengan kedalaman 120cm. Di kolam ini juga tersedia seluncuran yang besar dan ember besar berisi air yang akan diisi air hingga tumpah dan biasanya akan mengundang jeritan histeris dari anak-anak maupun orang dewasa yang entah sengaja atau tidak sengaja sedang berada di bawahnya.

Selain itu, tersedia juga kolam yang menyerupai kolam arus di waterpark lain dengan kedalaman sekitar 1m. Kolam ini melalui rute melingkar dan melalui gua-gua buatan. Hanya saja, tidak ada arus yang mendorong; kalaupun ada tidak terasa sekuat kolam arus di waterpark lain. Walaupun begitu, kolam ini sangat cocok digunakan untuk anak-anak yang sedang melancarkan gerakan renangnya.

Wah, luamayan seru sepertinya liburan di waterpark ini bukan? Ada banyak sekali pilihan kolam renang yang bisa kita nikmati.

Untuk menjaga kenyamanan pengunjung, waterpark ini juga dilengkapi tempat ganti, tempat bilas, loker dengan kunci, kantin, penjual makanan dan minuman ringan, dan juga tempat duduk di sekitar kolam. Selain itu, ada juga penjual peralatan renang seperti kacamata dan pelampung. Pihak pengelola juga menyediakan pelampung anak-anak berbentuk ban kecil untuk disewa oleh pengunjung.

3. Buperta Cibubur

Tempat wisata di Cibubur selanjutnya adalah Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata Cibubur. Selain bumi perkemahan, tempat ini pun merupakan area wisata terbesar yang ada di Kota Cibubur.

Buperta ini menjadi salah satu tujuan liburan keluarga pada akhir pekan bahkan pada hari biasa. Disini anda bisa menikmati berbagai wahanan permaian yang membuat liburan semakin seru, anda bisa mencoba olahraga paintball, kolam renang, outbond, dan tentunya lokasi perkemahan, taman lalu lintas, permainan air danau, penginapan, kafetaria, pemancingan, lapangan sepak bola, dan lain sebagainya.

Buperta Cibubur

Buperta Cibubur

Selain wahana tersebut, wisatawan juga bisa mengjunjungi tempat perlindungan flora. Lokasi Buperta ini ada di tepi Tol Jagorawi. Tempat liburan yang sangat tepat untuk sarana liburan bersama keluarga ini luasnya kurang lebih 210 hektar.

Silahkan datang saja ke alamat: Jalan Buperta – Jambore RW.5, Cibubur, Harjamukti, Cimanggis, Harjamukti, Cimanggis, Kota Jakarta Timur

Bagi anda yang ingin mendirikan tenda disini, anda hanya dikenakan tarif sekitar Rp 10.000 per malamnya (Juni 3013). Jangan khawatir jika Anda tidak punya peralatan berkemah, karena pihak pengelola Bumi Perkemahan Cibubur menyediakan tenda dengan berbagai ukuran dan harganya cukup terjangkau dengan kisaran Rp 40.000 hingga Rp 300.000.

Untuk kawasan Buperta ini sendiri dibagi menjadi beberapa kawasan, yaitu kawasan yang merupakan areal perkemahan pada hamparan rumput yang bebas dengan luas sekitar 80 Ha. Di kawasan perkemahan tersebut masih terbagi 2 kawasanya itu areal Kemah Putra (Kempa) dan juga Kemah Putri (Kempi) yang dapat menampung hingga sekitar 20 ribu orang.

Beberapa fasilitas penunjang lainnya di Buperta ini seperti lapangan utama, ada aula serbaguna, cafetaria, kawasan kolam renang, taman hutan wisata, danau, tempat beribadah 5 agama dan juga toilet.

Untuk anak-anak, disini juga ada di Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara, sebuah wahana yang dapat dikatakan sebagai kawah candradimuka bagi Anda yang ingin menanamkan sikap kedisiplinan kepada anak-anak. Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara ini memang sengaja didesain menyerupai wilayah Kota Jakarta dengan skalanya yang lebih kecil.

Anak anda bisa mengendarai mobil ceria atau fun car, naik kereta yang dapat mengelilingi kota atau naik sepeda sambil menerapkan berbagai aturan dan norma yang telah diajarkan sebelumnya agar bisa belajar tertib berlalu lintas dengan baik

4. Kampoeng Cibubur

Tempat wisata di Cibubur selanjutnya adlaah kampoeng Cibubur yang terletak di Ujung Timur Laut kompleks Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, sekitar 1,1 km dari pintu gerbang Buperta.

 

Kampoeng Cibubur

Kampoeng Cibubur

 

Objek wisata ini memiliki beberapa tempat asyik, diantaranya Kampoeng Main, Kampoeng Tradisional, Kampoeng Keluarga, kampoeng rasa dan kampoeng karya. Setiap kampoeng memiliki kegiatan dan fasilitas yang berbeda beda. Kegiatan yang dilakukan pun sesuai dengan nama kampoeng itu masing masing.

Sangat sayang rasanya kalau anda dan keluarga tidak mengunjungi kampoeng Cibubur. Permainan favorit disini yang layak anda coba seperti ketapel raksasa, permainan pancingan bambu, pukul kentongan, dan lain sebagainya.

5. Telaga Arwana Cibubur

Telaga arwana menjadi tempat wisata di Cibubur selanjutnya yang bisa anda kunjungi. Telaga ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama anak-anak. Disini anda bisa liburan sambil mengajarkan anak bagaiaman cara menanam padi dan membajak sawah, memancing, berenang, dan lain-lain. Telaga

Telaga Arwana Cibubur

Telaga Arwana Cibubur

Visi dari pihak manajemen Arawana sendiri yaitu melakukan kegiatan wisata yang edukatif dimana tidak hanya kesenangan semata namun juga mendapatkan ilmu pendidikan dan juga pengetahuan ketika berada di tempat wisata ini.

Untuk menunjang liburan anda disini, pihak pengelola menyediakan kolam renang serta area pemancingan, danau, outbond, floating donut, dan masih banyak lagi. Petugas ada di setiap wahana dan siap membantu para wisatawan untuk menjajal semua yang ada di Telaga Arwana.

Untuk yang penasaran dan ingin mencoba keseruan bermain di telaga arwana ini silahkan simak ulasan selengkapnya di: Liburan Seru ke Telaga Arwana Cibubur Bersama Keluarga

6. Kampung Cina

Tempat wisata di Cibubur selanjutnya adalah kampung Cina yang ada di Jl. Boulevard Kota WisataCibubur, Kota Jakarta Timur.

Liburan disini gratis-tis. Saat liburan disini sangat terasa suasana seperti aslinya di negeri tirai bambu di China sana. Jadi, kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke China sana untuk merasakan sensasi negeri Tiongkok ini.

Kampung Cina

Kampung Cina

Untuk anda yang tertarik liburan kesini silahkan ikuti beberapa rute berikut ini:

  • Pertama untuk anda yang dari Jakarta Anda bisa memulainya dari Kuningan, Tanjung Priok, Cawang, Grogol dan juga Mampang.
  • Melalui akses jalan tol lingkar dalam kota.
  • Setelah itu anda bisa mengambil arah menuju ke tol Jogorawi.  Kemudian keluar dari arah Tol menuju ke Cibubur.
  • Perjalanan anda akan menuju ke Jalan Transyogi. Jalan ini akan membawa anda menuju ke Jonggol.
  • Jika tidak amcet perjalanan anda menuju ke kampung wisata Cibubur kurang lebih 45 menit. Ketika macet bisa lebih dari itu.
  • Jika sudah sampai di Kampunh Wisata Cibubur anda bisa dengan mudah menemukan kampung ini.

7. Kampung Jepang

Selain kampung Cina juga ada kampung Jepang yang layak kita jadikan destinasi liburan di Cibubur selanjutnya. Lokasi kampung Jepang ini ada di Jl. Boulevard Kota Wisata, Cibubur.

Disini anda juga bisa merasakan suasana negeri samurai ini. Bangunan disini didesain oleh arsitektur sama persis dengan di Jepang.

Kampung Jepang

Kampung Jepang

Selain dapat melihat-lihat bangunan yang ada, disini juga terdapat toko yang menjual aksesoris Jepang. Jadi kamu bisa membeli oleh-oleh untuk kerabat setelah berkunung dari Kota Cibubur.

Jangan lewatkan juga: 72 Tempat Wisata di Jepang Paling Populer dan Wajib Dikunjungi

8. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah menjadi tempat wisata di Cibubur yang layak untuk anda kunjungi selanjutnya.

TMII terkenal dengan wisata budayanya. TMII ini sendiri ada di atas lahan seluas sekitar 150 hektar.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Disini anda bisa melihat anjungan daerah dengan gaya arsitektur tradisional, bermacam tari daerah, busana daerah/pakaian adat, dan aneka tradisi yang terdapat di daerah seluruh Indonesia. Selain itu, pada bagian tengan Taman Mini, ada sebuah danau yang merupakan gambaran miniatur Kepulauan Indonesia.

Setiap harinya TMII selalu ramai pengunjung, terlebih ketika liburan atau akhir pekan. Tempat wisata ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Beberapa wahana yang terdapat di Taman Mini, antara lain : Taman Among Puro, Kolam renang Snow Bay, kereta gantung, Taman Ria Atmaja, dan beragam wahana menarik lainnya. Selain berekreasi, di Taman Mini kita dapat menambah ilmu pengetahuan dan  belajar mengenai beragam kebudayaan nusantara.

Berbagai wahana menarik bisa kita nikmati disini, mulai dari Istana Anak-Anak Indonesia, Teater IMAX Keong Emas, Teater 4D’Motion, Kereta Gantung, Monorel Titihan Samirono, Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Taman Among Putro Skyworld, Snowbay Waterpark dan Taman Legenda Keong Emas. 

Berbagai jenis wahana dan fasilitas tersebut semuanya mempunyai dimensi rekreasi, pendidikan dan pelestarian sekaligus pemerkaya cakrawala pengetahuan dan pewarisan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, Khususnya bagi generasi muda.

Pihak pengelola TMII membagi fasilitas mereka menjadi 4 kategori yaitu hotel dan restoran, toko kerajinan tangan dan galeri, persewaan gedung dan transportasi umum. Ada beberapa hotel dan restoran yang berada di dalam komplek TMII yakni, Desa Wisata Hostel, Puri, Graha Wisata Remaja, Puri Caping Gunung dan Pondok Pecel Madiun. Begitu juga dengan toko kerajinan tangan dan galeri dimana para pengunjung dapat melihat hasil karya para seniman di Desa Seni dan Pasar Buku Langka. 

Lokasi TMII yang sangat luas yaitu sekitar 150 hektar pastinya akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk keliling dan sangat melelahkan tentunya, maka dari itu pihak pengelola TMII menyediakan mobil keliling, sepeda listrik dan sepeda wisata.

Lokasi: Jl. Raya Taman Mini Jakarta Timur Telp : (021) 840-1687.

9. Cibubur Garden Dairy

Tempat wisata di Cibubur selanjutnya adalah Cibubur Garden Dairy.  Cibubur garden diary merupakan salah satu tempat seru untuk bermain bersama sapi.

Disini anda bisa mengajarkan anak anda bagaimana cara memerah susu sapi yang benar. Cibugary merupakan milik Bapak Rachma Bagory.

Cibubur Garden Dairy

Cibubur Garden Dairy

Awalnya, Cibugary ini merupakan lokasi peternakan sapi perah dan juga kambing perah. Namun seiring berjalannya waktu muncul ide dari pemiliki untuk mengembangkan peternakan miliknya menjadi agrowisata yang bermanfaat untuk orang banyak.

Disini anak anda akan lebih mengetahui segala hal yang berkaitan dengan beternak sapi. Tidak hanya itu saja, dengan hadirnya tempat wisata ini diharapkan kesadaran untuk meminum susu sapi segar atau kambing segar semakin bertambah. Hal itu dikarenakan susu sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang maupun kecerdasan anak anak.

Lokasi agrowisata ini ada di Komplek Peternakan DKI Blok C No.1 Rt 01 Rw 02 Pondok Ranggon Cipayung Jakarta Timur.

10. Cibubur Junction

Anda mencari tempat wisata belanja di Cibubur? Maka Cibubur Junction adalah jawabannya. Disini anda bisa berbelanaj sepuasnya. Mall yang baru beroperasi pada 2015 ini menjadi salah satu tempat berbelanja yang lengkap.

Cibubur Junction

Cibubur Junction

Selain berbelanja keperluan sehari-hari, anda juga bisa mengganjal perut yang keroncongan disini. Ada banyak sekali restoran yang menawarkan makanan khas dari berbagai daerah disini. Lokasi cibubur junction ini ada di Jl. Jambore No.1, Cibubur, Ciracas.

11. Jakarta Gems Center

Anda penggemar batu akik? Atau anda ingin melihat batu akik yang indah dari berbagai daerah? MakaJakarta Gems Center adalah tempatnya.

Ada banyak kios disini yang memajang batu akik berbagai jenis, warna dan bentuk yang indah-indah.Alamat Jakarta Gems Center ini ada di Jl. Raya Bekasi Barat, Rw. Bunga, Jatinegara, Kota Jakarta Timur.

Jakarta Gems Center

Jakarta Gems Center

Untuk menuju ke tempat ini anda bisa melalui rute berikut ini :

  • Pertama. Rute ini berawak dari Juanda / Gondangdia / Cikini. Anda bisa mengambil jalur menuju ke Bekasi kemudian anda bisa berhenti di bagian stasiun Jatinegara. Setelah itu anda bergerak ke arah selatan selama 2 menit. Anda pun bisa menemukan tempat ini.
  • Kedua. Jalur kedua ini anda bisa tempuh dari Tanah Abang. Dari Tanah Abang anda bisa menempuh Jalur Kuning menuju dareah Jatinegara. Setelah itu anda bisa berjalan ke arah selatan selaa 2 menit lamanya.
  • Ketiga. Bisa ditempuh dari Sudirman kemudian anda bisa mengambil arah  menuju Jatinegara.  Kemudian ke arah selatan selaa dua menit.

12. Monumen Pancasila Sakti

Monumen pancasila sakti bisa menjadi tempat anda dan anak-anak anda untuk liburan selanjutnya. Monumen ini merupakan bangunan yang dibangun untuk mengenang para pahlawan korban kekejamanan G30S/PKI.

Sebaiknya anda mengajak anak anda mengunjung monumen ini agar mereka paham sejarah, agar mereka memahami bagaimana kekejaman PKI itu sebenarnya.

Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasila Sakti

Untuk masuk kedalamnya, kita hanya dikenakan tiket sebesar Rp. 5000 saja. (Harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Lokasi monumen ini ada di  Jl. Raya Pondok Gede Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

13. Monumen Perjuangan Jatinegara

Selaian monumen pancasila sakti juga ada monumen perjuangan jatinegara yang dibangun untuk mengenang para pejuang pahlawan bangsa. Lokasi monumen ini ada di Jalan Matraman Raya No. 212, Bidara Cina, Jatinegara. Untuk masuk gratis.

Monumen Perjuangan Jatinegara

Monumen Perjuangan Jatinegara

Patung ini menggambarkan seorang pemuda yang memeluk senapan dan menggunakan ransel. Pembuatan patung terbilang sangat lama, sekitar 2.5 tahun dengan menggunakan bahan batu cor dan gips.

14. Fantasy Island Cibubur

Tempat wisata di Cibubur selanjutnya adalah fantasy island Cibubur yang terletak di Kompleks Perumahan Kota Wisata, Cibubur.

Tempat wisata ini wajib anda kunjungi bersama keluarga, terutama jika anda liburan bersama anak-anakj. Disini anda bisa mengunjungi sebuah taman yang unik, yaitu Taman Jurasic Park. Binatang yang menjadi legenda ini rupanya jadi daya tarik tersendiri.

Fantasy Island Cibubur

Fantasy Island Cibubur

Selain itu banyak sekali wahana yang ditawarkan, seperti Bumper Car, ATV, Flying Horse, dan masih banyak permainan lainnya. Di dalamnya juga ada danau buatan dan bisa kamu nikmati dengan menyewa perahu untuk mengelilingi indahnya pemandangan yang ada.

Silahkan datang saja ke fantasy island Cibubur ini mulai pukul 10.00 – 17.30 WIB, untuk info lebih lanjut anda bisa menghubungi nomor telepon 021 8493 4848.

Simak juga: 24 Tempat Nongkrong di Jakarta yang Paling Terkenal

15. Museum Fauna Indonesia (Museum Komodo) dan Taman Reptilia

Tempat wiata di Cibubur berikutnya adalah museum fauna Indonesia (Museum komodo) dan taman reptilia yang menyimpan berbagai koleksi hewan yang sudah diawetkan.

Dari bentuk gedung museum ini sudah unik, yaitu menyerupai komodo, yang merupakan hewan langka, satu-satunya di Dunia hanya ada di Indonesia.

Museum Fauna Indonesia (Museum Komodo) dan Taman Reptilia

Museum Fauna Indonesia (Museum Komodo) dan Taman Reptilia

Komodo sendiri hidup di alam bebas di pulau komodo dan skeitarnya, bobot hewan ini bisa mencapai 70 kg.

Bangunan museum ini memiliki luas sekitar 1500 meter persegi dan berdiri di atas lahan seluas 10.120 meter persegi.

Bangunan museum ini mulai dibangun sejak dari tanggal 1 Oktober 1975 sampai dengan 1 Juli 1976 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 April 1979.

Setidaknya ada sekitar 150 jenis hewan yang sudah diawet dan menjadi koleksi musuem ini. Sangat cocok untuk mengajak anak untuk liburan kesini, anda bisa melihat hewan mamalia, reptil, dan serangga yang lengkap dengan keadaan alam di mana ia tinggal, beragam hewan mamalia yang dilindungi, gajah, beruang, harimau. Dan terdapat pula aneka jenis kupu-kupu yang hidup di timur sampai barat. Dengan keong serta keanekaragaman kerang, kepiting, dan udang, yang merupakan hewan laut dan melambangkan betapa kaya lautan Indonesia.

 Selain itu ada juga binatang beruas atau berbuku-buku seperti kaki seribu, kalajengking, dan laba-laba. Semua bisa kita saksikan di sini dan merupakan sarana pembelajaran yang fun bagi anak-anak.

Lokasi : TMII

16. Museum Perangko

Museum di Cibubur yang bisa anda kunjungi selanjutnya adalah museum perangko. Perangko? Anak zaman sekarang pasti sudah asing dengan benda yang satu ini.

Anda bisa mengajak anak anda mengunjungi museum perangko ini untuk mengenalkan mereka pada salah satu instrumen surat pada zaman dulu-dulu ini.

Museum Perangko

Museum Perangko

Museum Perangko dibangun dengan gaya arsitektur Bali pada lahan yang luasnya mencapai 9590 m2. Peresmian dilakukan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 29 September 1983. Pada sayap kiri dan kanannya ada 2 bangunan. Untuk sayap kana nada kantor pengelola dan tempat pertemuan.

Koleksi perangko yang terdapat di museum ini asalnya dari Indonesia juga luar negeri. Di sekeliling gedung berhiaskan ukiran dan patung Bali. Dikelilingi oleh pagar tembok dengan dua buah pintu gerbang bergaya candi bentar.

Pada bagian kiri dan kanan pintu masuk ada lukisan Bali karya pelukis Drs. Wayan Sutha S dan merupakan cerita pewayangan menurut versi Bali.

Pada ruang penyajian 2 menampilkan proses pembuatan perangko mulai dari melukis sampai dengan mencetaknya menjadi sebuah perangko, patung perancang perangko, dan lain-lain. 

Pada ruang penyajian 3 menampilkan perangko terbitan tahun 1864-1950, masa pemerintahan Jepang, Belanda, dan masa perang kemerdekaan. Pada ruang penyajian 4 menampilkan souvenir sheet dan perangko cari kenangan yang terbit sejak 1950. Masa penerbitan 1950-1959, tahun 1959-1966, 1966-1973, 1973-1983, serta tahun 1983-1993.

Pada ruang penyajian 5  menampilkan perangko dengan susunan yang didasarkan pada periode serta tema tertentu. Misalnya tema pariwisata, satwa, sosial, lingkungan hidup, kemanusiaan. Pada ruang penyajian 6 menampilkan perangko dengan tema tematik yaitu olahraga dan kepramukaan.

Alamat : TMII

17. Taman Buah Mekarsari

Taman buah mekarsari menjadi tempat wisata di sekitar Cibubur selanjutnya yang bisa anda sambangi. Taman buah ini terletak di Jalan Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi.

Taman Buah Mekarsari - Tempat Wisata di Cibubur

Taman Buah Mekarsari – Tempat Wisata di Cibubur

Untuk mencapainya cukup mudah, dengan kendaraan pribadi Anda dapat mengikuti jalur tol Jagorawi yang keluar di Gerbang Tol Cibubur kemudian menuju jalur Cileungsi. Anda akan sampai di Taman Wisata Mekarsari dalam kurun waktu sekitar 20 hingga 30 menit sejak keluar dari tol.

Disini anda bisa menikmati buah sepuasnya. Hanya dengan membayar tiket masuk Rp. 25.000 saja. Wah, bisa kenyang nih.

Dari buah musiman hingga non musim ada disini. Untuk buah musiman di Taman Buah Mekarsari ini ditumbuhi dengan buah Mangga, Jambu, Melon, Lengkeng dll. Sedangkan buah non musim, seperti Nanas, Pisang dan Markisa Rola.

18. Kolam Renang Splash Waterpark Cibubur Country Cikeas

Tempat wisata di Cibubur selanjutnya adalah kolam renang splash waterpark. Waterpark ini ada di perumahan Grand Cibubur Country Cikeas. Waterpark ini memiliki kolam yang cukup luas  serta seluncuran yang sangat cocok untuk anak-anak dan keluarga.

Kolam Renang Splash Waterpark Cibubur Country Cikeas

Kolam Renang Splash Waterpark Cibubur Country Cikeas

Perumahan Grand Cibubur Country sendiri kalau dari arah exit toll Cibubur ke arah Cileungsi sekitar KM 6, sebelum perumahakn Kota Wisata ada perempatan Nagrak – Cileungsi. Ambil arah ke Selatan tepatnya di Jl. Letda Natsir No. 8 Cikeas Nagrak (+/- 2 km dari perempatan).

Kolam Renang ini letaknya di Perumahan Cibubur Country, tepatnya hanya 1-2 Km dari puri cikeas rumah pribadi bapak Presiden Republik Indonesia SBY. Untuk HTM dihari senin-jumat Rp. 25.000 dan untuk weekend Rp.35.000 (update april 2015)

19. Kolam Renang Tirta Teja

Tempat wisata di Cibubur yang terakhir dari kami adalah kolam renang Tirta Teja yang ada di dalam kompleks Taman Bunga ‘Wiladatika’, yang termasuk dalam area Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur. 

Kolam Renang Tirta Teja - Tempat Wisata di Cibubur

Kolam Renang Tirta Teja – Tempat Wisata di Cibubur

Untuk bisa masuk ke dalamnya kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000 untuk weekday.

Di dalam waterpark ini juga ada warung makanan yang menjual  bakso dan camilan di sebelah barat kolam. Lokasi waterpark ini ada di Jl. Jambore No.1, RT.8, Cibubur, Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13720

Demikianlah ulasan seputar tempat wisata di Cibubur dari kami. Jika anda anda rekomendasi tempat wisata di Cibubur yang lainnya, jangan lupa untuk menambahkannya via kolom komentar, agar pembaca yang lain juga bisa mengunjunginya.

Jangan lewatkan juga: 23 Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!