Menikmati Wisata Taman Bunga Cibubur Destinasi Favorit Keluarga

Taman Bunga Cibubur – Bagi anda yang tinggal di kawasan Cibubur Depok mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu destinasi wisatanya yang begitu populer yaitu Taman Bunga Wiladatika Cibubur. Taman wisata yang satu ini menjadi yang paling favorit bagi masyarakat Depok.

Meskipun sering disebut sebagai taman bunga Cibubur namun ternyata lokasi objek wisata yang satu ini justru berada di Kecamatan Cimanggis Depok. Perlu anda ketahui pula bahwa nama Taman Bunga Wiladatika merupakan singkatan dari Widya Mandala Krida Bakti Pramuka.

Sebab lokasi taman bunga yang satu ini ternyata tidak jauh dari lokasi Bumi Perkemahan Cibubur. Untuk anda yang mendambakan wisata alam yang sejuk maka taman bunga Wiladatika ini merupakan pilihan yang tepat.

Taman Wiladatika Cibubur

Taman Wiladatika Cibubur

Sebelum mengenal lebih jauh tentang objek wisata taman bunga Cibubur ini, anda sebaiknya mengetahui sejarah singkat taman yang satu ini. Dimana sebetulnya Taman bunga Wiladatika ini sudah dibuka sejak tahun 1980.

Peresmian taman bunga ini dilakukan oleh alm. Bapak Soeharto sebagai presiden RI ke-2. Sejak diresmikan itulah taman bunga ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari kawasan sekitar Depok dan Jakarta. Bahkan ada pula wisatawan dari wilayah lain yang penasaran dengan taman bunga satu ini.

Taman bunga Wiladatika memiliki luas area sekitar 15 hektar yang digunakan sebagai taman dan lokasi wahana permainan. Dengan usianya yang terbilang cukup tua ternyata membuat taman ini mempunyai vegetasi yang sudah cukup rimbun.

Bahkan anda bisa dengan mudah menemukan pohon-pohon berkayu besar yang tumbuh lebat dan menghijau. Kondisi inilah yang justru membuat taman bunga ini semakin diminati karena keasriannya yang dijamin nyaman dan cocok sebagai lokasi rekreasi bersama keluarga.

Lokasi Dan Alamat Taman Bunga Cibubur

Bagi anda yang berada di luar kawasan Depok atau dari kawasan Depok bisa mengunjungi objek wisata yang satu ini. Lokasi taman bunga tersebut adalah di Jalan Jambore Nomor 1, Cimanggis Depok atau tepatnya berada dekat dengan pintu tol Cibubur.

Rute Menuju Taman Bunga Cibubur

Untuk anda yang ingin berwisata ke taman bunga ini maka bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Jika anda memilih angkutan umum maka bisa meggunakan angkutan umum dengan jalur 121 serta K44 yang berasal dari Terminal Kampung Rambutan atau bisa menggunakan bus AC42 dari Tanjung Priok.

Tiga trayek angkutan umum tersebut bisa mengantarkan anda untuk menuju ke halte RSU Melia Cibubur. Selanjutnya dari halte tersebut anda bisa berjalan kaki sekitar 4 menit untuk menuju ke kawasan wisata Taman Bunga Wiladatika. Sedangkan jika anda menggunakan kendaraan pribadi maka bisa menempuh perjalanan menuju pintu tol Cibubur sebab lokasi objek wisata ini yang tidak jauh dari pintu tol tersebut.

Peta Menuju Taman Bunga Cibubur

Aktivitas Seru di Taman Bunga Cibubur

Setelah tiba di kawasan taman bunga Cibubur maka anda akan disambut oleh udara sekitar taman yang begitu sejuk dan asri sebab kawasan wisata ini berada dekat dengan Cibubur Junction. Tak hanya memiliki udara yang sejuk, objek wisata ini juga memiliki taman bunga yang sangat indah dan ditumbuhi oleh pepohononan hijau.

Goa Mini di Taman Bunga Wiladatika

Goa Mini di Taman Bunga Wiladatika

Untuk melengkapi keindahan taman ini, pihak pengelola juga menanam bunga hias berwarna-warni di area taman bunga ini. Sebetulnya taman bunga ini bisa dikategorikan sebagai objek wisata yang cukup tua di kawasan Jakarta. Bahkan tak hanya taman bunga saja, objek wisata ini juga dilengkapi dengan goa mini, kolam air mancur, serta air terjun buatan.

Di kawasan taman bunga Cibubur ini juga terdapat rumah Jepang yang bisa menambah keseruan saat berkunjung ke taman. Sebagai salah satu destinasi wisata favorit para keluarga, taman bunga Wiladatika ini juga menyediakan playground untuk anak-anak sehingga buah hati anda bisa bermain secara bebas.

Rumah Tradisional Jepang via youtube

Rumah Tradisional Jepang via youtube

Untuk permainan yang terdapat di playground tersebut diantaranya ayunan, jungkat-jungkit, perosotan dan wahana permainan anak lainnya. Selain itu terdapat pula terowongan berbentuk siput yang juga bisa menjadi tempat bermain anak-anak.

Untuk semakin melengkapi keseruan saat berwisata taman bunga Cibubur maka pihak pengelola juga menyediakan rumah jamur yang bentuknya menyerupai di tayangan film kartun. Tak hanya wahan untuk anak-anak saja, di kawasan objek wisata ini juga terdapat beberapa wahana air yang bisa dinikmati oleh orang dewasa.

Wahana air tersebut antara lain bola air, perahu air, dan becak mini. Bagi anda yang hanya ingin menikmati keindahan taman bunga Wiladatika sambil menemani buah hati maka bisa duduk di kursi yang dilengkapi payung peneduh untuk bersantai.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Keluarga Taman Buah Mekarsari Bogor

Fasilitas di Kawasan Taman Bunga Wiladatika

Objek wisata taman bunga Wiladatika ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap sehingga bisa membuat wisatawan merasa nyaman dan betah. Fasilitas yang disediakan di kawasan objek wisata ini diantaranya perahu air, becak mini, kolam renang, sepeda dan playground.

Tersedia pula fasilitas untuk photo session atau shooting yang sudah disediakan oleh pihak pengelola dengan membayar biaya charge yang sudah ditentukan. Untuk fasilitas penunjang lainnya juga tersedia di taman ini mulai dari toilet, lahan parkir, hingga mushola.

Wisata Keluarga di Taman Bunga Wiladatika Cibubur Depok

Wisata Keluarga di Taman Bunga Wiladatika Cibubur Depok

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Wiladatika             

Untuk memasuki kawasan taman bunga Wiladatika ini para wisatawan hanya membayar tiket dengan harga cukup terjangkau yaitu Rp 8.000 per orang untuk pengunjung umum. Sedangkan untuk pengunjung Pramuka dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp 4.000 per orang.

Jika anda mengajak rombongan minimal 50 orang maka akan ada potongan harga khusus untuk tiket masuknya. Namun jika wisatawan ingin menikmati wahana permainan seperti perahu air, becak mini dan bola air maka harus membayar sebesar Rp 10.000 per orang.

Sedangkan jika ingin menikmati keseruan berenang dan bermain air maka bisa membayar tiket masuk kolam renang sebesar Rp 25.000. Untuk wahana permainan seperti playgorund tidak dipungut biaya. Untuk menyewa sepeda dikenakan tarif sebesar Rp 5.000.

Untuk lebih jelasnya, silahkan cek daftar harga tiketnya berikut ini:

  • Kolam renang : Rp 25 ribu
  • Bola air : Rp 10 ribu
  • Becak mini : Rp 10 ribu
  • Perahu air : Rp 10 ribu
  • Sepeda : Rp 5 ribu
  • Untuk photo pengantin : Rp 275 ribu
  • Photo iklan : Rp 550 ribu
  • Photo amatir : Rp 100 ribu
  • Shooting film : Rp 2.500.000

Cek juga yuk: Daftar Taman Bunga Matahari di Indonesia

Penginapan di Kawasan Taman Bunga Wiladatika

Bagi anda yang ingin menginap dan menghabiskan waktu lebih taman di sekitar taman bunga Cibubur sebaiknya tak perlu khawatir. Sebab di sekitar kawasan wisata ini terdapat banyak penginapan mulai dari homestay hingga hotel berbintang.

Pastinya masing-masing pengiapan tersebut menyediakan fasilitas yang nyaman untuk beristirahat. Untuk masalah harga sewa penginapan di kawasan wisata ini tergolong terjangkau.

Cukup dengan membayar mulai dari 200 ribu rupiah permalam anda bisa memperoleh penginapan yang nyaman dengan fasilitas yang cukup lengkap. Pastinya anda bisa memilih penginapan tersebut sesuai dengan budget yang anda miliki sehingga liburan anda tetap ramah di kantong.

****

Demikianlah penjelasan mengenai wisata taman bunga Cibubur sebagai destinasi wisata favorit keluarga yang bisa menjadi referensi anda.

Bagi anda yang tinggal di kawasan Depok atau dari wilayah lain yang ingin berlibur ke Depok maka sempatkan untuk berkunjung ke Taman Bunga Wiladatika. Sebab ada banyak aktivitas seru yang bisa anda lakukan serta didukung fasilitas yang cukup lengkap sehingga akan membuat liburan anda lebih seru dan menyenangkan. Artikel terkait: Liburan Seru ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!