Liburan Seru ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah atau nama singkatnya TMII merupakan wahana rekreasi dimana pengunjung dibuat untuk lebih mencintai Indonesia dan lebih mengetahui berbagai macam kearifan lokal Nusantara. Bangunan ini diprakarsai oleh Ibu Tien Suharto yang dulu selaku Ibu Negara.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Sejarah Taman Mini Indonesia Indah

Oh ya sobat travelers, ada baiknya juga kalau kita mengetahui sejarah mengenai taman mini yang menjadi kebanggan Indonesia ini.

Taman yang diprakarsai oleh Ibu Negara Siti Hartinah, atau yang lebih dikenal dengan nama Ibu Tien Suharto ini dicetuskan dalam suatu pertemuan yang diadakan di Jalan Cendana No. 8, Jakarta, pada tanggal 13 Maret 1970.

Tujuan pendirian taman ini adalah untuk membangkitkan kebanggaan dan rasa cinta tanah air yang lebih bagi seluruh bangsa Indonesia. Kemudian dimulailah proyek pembangunan yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita. Proyek ini dikenal dengan sebutan Proyek Miniatur Indonesia “Indonesia Indah”.

Pembangunan awal TMII ini mulai dibangun pada tahun 1972. Hanya selang waktu 3 tahun sejak dibangun, taman ini sudah selesai, pada tanggal 20 April 1975, TMII pun diresmikan.

Di dalamnya terdapat beberapa aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia, hingga aplikasi dari manfaat teknologi modern diperagakan di lahan seluas 150 hektare ini.

Kunjungi juga yuk: Tempat wisata di Jakarta Timur

Liburan Seru ke Taman Mini Indonesia Indah

Anda pasti sudah tidak sabar lagi ingin segera berangkat liburan ke TMII bukan? Agar liburan anda lebih berkesan, yuk simak uraian tentang taman mini Indonesia indah berikut ini:

Cara Menuju ke Taman Mini Indonesia Indah

Alamat: Jl. Raya Taman Mini Jakarta Timur

Untuk anda yang baru pertama kali mengunjungi TMII, mungkin masih kebingungan rute jalan yang harus kita lalui. Berbeda dengan anda yang sudah sering ke TMII atau anda warga yang tinggal di sekitar TMII. Berikut ini cara menuju ke TMII untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum:

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Dari Tangerang – Untuk anda yang berangkat dari Tangerang, perjalanan dimulai dari Jl. HR. Rasuna Said – Tol Merak/Jakarta – Tol S. Parman – Tol Cawang Grogol – Tol Cililitan 2 – Jl. Dharmabakti – Jl. Kerja Bakti – Jl. Raya Bogor – Jl. Raya Pondok Gede – Jl. Taman Mini I – Pintu Masuk TMII.

Dari Bekasi – Untuk anda yang datang dari bekasi silahkan arahkan kendaraan anda menuju ke Jl. Patriot – Jl. KH. Noer Ali – Tol Lingkar Luar Timur – Tol Luar TMII/Cikunir – Jl. Raya Mabes Hankam – Pintu Masuk TMII. Untuk jarak tempuhnya ± 20 km dan memakan waktu sekitar 30 menit jika jalanan lancar.

Dari Bogor – Kalah anda datang dari Bogor, silahkan anda melalui  Tol Jagorawi – Jl. Taman Mini I – Pintu Masuk TMII. Jarak yang ditempuh mencapai ± 43 km.

Dari Bandung – Anda berangkat dari Bandung? Silahkan ambil rute perjalanan dari Tol Pasteur – Tol Purbaleunyi – Tol Cipularang – Tol Jakarta/Cikampek Tol Lingkar Luar Timur – Tol Luar TMII/Cikunir – Jl. Raya Mabes Hankam – Pintu Masuk TMII. Jarak perjalanan mencapai ± 147 km.

Kendaraan Umum

Anda datang dengan menggunakan kendaraan umum? Berikut ini rute yang bisa anda tempuh:

Dari Ragunan – Untuk anda yang datang dari arah ragunan, silahkan naik angot KWK S 15 A jurusan Ragunan – Taman Mini/Pinang Ranti. Kalau dari bekasi, ada Koasi 40 jurusan Kampung Rambutan – Bekasi yang bisa mengantarkanmu sampai ke lokasi.

Dari Pluit – Kalau anda datang dari arah pluit, silahkan naik Bus Transjakarta dengan rute Pluit – Pinang Ranti, kemudian dilanjut dengan naik angkot KWK S 15 A ke arah Taman Mini Jakarta.

Dari Bogor – Buat anda yang datang dari arah Bogor bisa naik NRL jurusan Bogor – Angke dan turun di Stasiun Cawang. Kemudian, naiklah bus jurusan Pinang Ranti – Pluit dari Stasiun Cawang dan turun di Garuda Taman Mini Jakarta.

Apa Saja Isi TMII?

Saat kakimu menginjak pertama kali disana, pengunjung akan disuguhi halaman sebuah gedung bernama Sasono Adiguno Utomo. Bangunan ini kental dengan nuansa arsitektur Jawa Tengah dan sering disewakan. Selanjutnya… berbagai macam wahana, studio, anjungan, hingga permainan ada di dalam TMII.

1. Anjungan Daerah

Anjungan daerah via @tamanmini

Anjungan daerah via @tamanmini

Di dalam kawasan ini, kamu akan melihat bagaimana bentuk rumah-rumah adat dari seluruh daerah di Indonesia. Terdiri dari 33 Anjungan dimana menyerupai 33 daerah Provinsi di Indonesia yang juga dibangun untuk mengelilingi Danau Miniatur Arsipel Indonesia.

Namun jika dipisahkan secara tematik, Anjungan Daerah terbagi 7 zona, yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Yang unik dari Anjungan ini, bentuk rumah adat memang dirancang sesuai aslinya, mulai dari ukuran, bentuk atap, hingga detail dalam jendela, tangga rumah, dan dekorasi lainnya.

Bahkan, ada anjungan yang langsung diboyong dari daerah asalnya, seperti Rumoh Aceh Cut Meutia dari Aceh. Selain itu, rumah adat tersebut tidak lupa juga diisi dengan pakaian adat, artefak etnografi hingga kerajinan tangan dan makanan khas daerah tersebut.

2. Bangunan Keagamaan

Di Indonesia ini, terdapat 5 agama yang diakui keberadaannya. Untuk itulah, bangunan keagamaan di TMII dibangun mewakili rumah ibadah dari agama yang diakui secara resmi tersebut. Bangunan ini juga tidak hanya sekedar pajangan, melainkan juga digunakan dalam beribadat.

  • Masjid Pangeran Diponegoro
  • Gereja Katolik Santa Catharina
  • Gereja Protestan Haleluya
  • Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa
  • Wihara Arya Dwipa Arama
  • Kuil Konghucu Kong Miao
  • Pura Panataran Agung Kertabumi

3. Wahana Rekreasi

Banyak sekali wahana rekreasi di dalam TMII hingga untuk mengunjunginya satu persatu diperlukan waktu seharian lho. Berikut ini daftar-daftar wahananya :

Istana Anak-Anak Indonesia

Istana Anak-Anak Indonesia

Istana Anak-Anak Indonesia

Bangunan ini lebih dikenal dengan Istana Boneka. Arsitekturnya juga dibuat menyerupai istana dalam kisah-kisah dongeng anak. Tiket masuknya sekitar Rp 10.000 saja. Meski bertajuk Istana Boneka, namun di dalamnya pengunjung dapat juga melihat pameran wayang dan aneka permainan tradisional khas nusantara. Selain itu, juga terdapat wahana seperti mandi bola, kereta api kelinci, hingga komedi putar.

Kereta Gantung

Kereta gantung di taman mini indonesia indah via @likalikukakiku

Wahana ini merupakan salah satu strategi untuk melihat Taman Mini Indonesia Indah secara menyeluruh dalam waktu singkat. Bisa dijangkau dari 3 stasiun, yaitu Stasiun A, B, dan C. Rutenya pun juga gampang diingat, yaitu dari Stasiun A ke Stasiun B dan berakhir di Stasiun C serta kembali seperti itu secara terbalik.

Stasiun A ada di Desa Seni dan Kerajinan, Stasiun B di dekat Anjungan Papua, sementara Stasiun C ada di dekat Snowbay. Wahana ini jalan setiap hari. Harganya satu kali perjalanan sekitar Rp 40.000 per orang.

4. Danau Miniatur Arsipel Indonesia

Perahu Angsa di Danau Miniatur Arsipel via @vthreedeela

Perahu Angsa di Danau Miniatur Arsipel via @vthreedeela

Danau ini merupakan danau yang tersusun di dalamnya pulau-pulau buatan di Negara Indonesia. Untuk mengelilinginya, kamu bisa menggunakan perahu angsa berjenis mesin dan manual. Harga sewa tentu berbeda, perahu mesin dihargai Rp 30.000 per sementara perahu manual dibanderol Rp 20.000 per orang. Durasinya sama, yaitu 30 menit.

5. Sky World Indonesia

Sesuai dengan namanya, Sky World merupakan wahana yang menunjukkan edukasi bertema antariksa dan aeronautika. Terdapat miniatur ruang angksa yaitu Space Exhibition. Ada juga ruangan Planetarium yang menampung sekitar 30 pengunjung. Harga masuknya sekitar Rp 60.000 per orang.

6. Snowbay Waterpark

SnowBay Cipayung Waterpark via Mommiesdaily

SnowBay Cipayung Waterpark via Mommiesdaily

Ingin melihat salju di negara tropis seperti Indonesia? Snowbay tempatnya! Bahkan, pengunjung juga dapat menikmati permainan air dengan tema salju. Tiketnya memang cukup mahal, yaitu Rp 140.000/orang (weekdays) dan Rp 180.000/orang (weekend), namun tentu saja sepadan dengan petualangan yang didapatkan.

Snowbay Beach

Snowbay Beach

Untuk lebih jelasnya mengenai wahana SnowBay ini sudah kami rangkum pada artikel sebelumnya, silahkan baca: Update Harga Tiket Masuk Snowbay Terbaru

7. Pusat Peragaan IPTEK

PP IPTEK merupakan wahana dimana pengunjung dapat melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia. Banyak program yang dilakukan, mulai dari pelatihan perancangan alat peraga, science fair, hingga peneropongan bintang. Pengunjung juga bisa menonton film ilmiah hanya dengan tiket masuk wahana sebesar Rp 16.500/orang saja.

8. Wahana Taman

Karena memang bertajuk wahana rekreasi, Taman Mini Indonesia juga menyediakan taman yang terisi berbagai macam keindahan flora dan fauna. Berikut adalah nama-nama taman yang ada di TMII, yaitu Taman Anggrek, Taman Apotik Hidup, Taman Kaktus, Taman Melati hingga Taman Bunga Keong Emas. Untuk bagian fauna, kamu bisa melihatnya melalui Akuarium Ikan Air Tawar, Taman Bekisar dan Taman Burung.

Untuk taman seni juga disediakan disini. Melalui Taman Ria Atmaja Park dan Taman Budaya Tionghoa Indonesia kamu dapat mengenali bagaimana seni dan budaya yang ada di Indonesia ini.

9. Museum

Jangan salah… Taman Mini tidak hanya sekedar wahana bermain saja, melainkan wahana edukasi pun juga sangat diperhatikan.

Terbukti dengan adanya 16 museum yang berguna untuk memamerkan sejarah, budaya, hingga teknologi, antara lain Museum Indonesia, Museum Purna Bhakti Pertiwi, Museum Keprajuritan Indonesia, Museum Perangko Indonesia, Museum Pusaka, Museum Transportasi, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Telekomunikasi, Museum Penerangan, Museum Olahraga, Museum Asmat, Museum Komodo dan Taman Reptil, Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu, Museum Minyak dan Gas Bumi, hingga Museum Timor Timur (dulunya merupakan Anjungan Timor Timur).

10. Teater

Demi mendukung budaya dan seni tanah air, Taman Mini juga membangun wahana teater yang berguna untuk menampilkan beragam pertunjukkan seperti Teater 4 Dimensi, Teater IMAX Keong Emas, dan Teater Tanah Airku.

Wahana Teater Keong Mas TMII

Wahana Teater Keong Mas TMII

IMAXX Keong Emas merupakan bangunan yang memang dirancang menyerupai keong emas raksasa ini merupakan tempat pemutaran film khusus dengan teknologi canggih yang dimilikinya. Namun Film yang diputar di dalam IMAX ini haruslah film yang mengangkat keindahan, kekayaan, dan keberagaman alam serta budaya Indonesia.

Sementara itu, Teater Tanah Airku merupakan gedung teater pertama di Indonesia yang mempunyai teknologi berstandar internasional. Kita dapat melihat mulai dari pagelaran opera hingga konser musik.

Harga Tiket Masuk TMII Ramah Dikantong

Wahana yang beroperasi setiap hari dari pukul 07.00 hingga 20.00 WIB ini memiliki harga tiket masuk mulai dari Rp 10.000/orang saja.

Untuk mencoba aneka wahana lain kita harus membayar tambahan. Berikut ini detailnya:

Jenis Kendaraan Senin s/d Minggu Harga (Rp)
Mobil 07.00 – 22.00 WIB Rp10.000
Bus atau Truk 07.00 – 22.00 WIB Rp30.000
Motor 07.00 – 22.00 WIB Rp6.000
Sepeda 07.00 – 22.00 WIB Rp1.000
Nama Wahana Senin s/d Minggu Harga (Rp)
Pintu Masuk 08.30 – 17.00 WIB Rp10.000
Kereta Api Kelinci 08.30 – 17.00 WIB Rp10.000
Mandi Bola 08.30 – 17.00 WIB Rp5.000
Kolam Renang 08.30 – 17.00 WIB Rp15.000
Bumper Car 08.30 – 17.00 WIB Rp15.000
Air Plane 08.30 – 17.00 WIB Rp10.000
Monorail 08.30 – 17.00 WIB Rp10.000
Komedi Putar 08.30 – 17.00 WIB Rp10.000
Roda Tamasya 08.30 – 17.00 WIB Rp10.000
Kiddy Boat 08.30 – 17.00 WIB Rp10.000
Baterry Car 08.30 – 17.00 WIB Rp10.000
Pesawat Capung 08.30 – 17.00 WIB Rp10.000
Fancy Animal 08.30 – 17.00 WIB Rp10.000
Giring Ombak 08.30 – 17.00 WIB Rp10.000
Nama Wahana Hari Harga (Rp)
SnowBay Water Park Senin s/d Kamis Rp140.000
Jumat s/d Minggu, Hari Libur Rp180.000
Nama Wahana Kelas Harga (Rp)
Theater IMAX Keong Emas Umum atau Biasa Rp35.000
VIP atau Balkon Rp75.000
Nama Wahana Jam Operasional Harga (Rp)
Outbound – Harga terusan 09.00 – 17.00 WIB Rp65.000
Green Skate Park 09.00 – 17.00 WIB Rp15.000
Dunia Inline Skate (coba-coba) 09.00 – 17.00 WIB Rp60.000
Manasik Haji 09.00 – 17.00 WIB Rp65.000
Nama Wahana Hari Harga (Rp)
Teater 4 Dimensi Senin s/d Jumat Rp20.000
Sabtu-Minggu, Hari Libur Rp25.000
Teater 4 Dimensi (DAT) Senin s/d Jumat Rp15.000
Sabtu-Minggu, Hari Libur Rp20.000
Nama Wahana Hari Harga (Rp)
Titihan Samirono/Aeromovel Senin – Jumat Rp30.000
Sabtu-Minggu Rp30.000
Taman Burung dan Taman Bekisar Senin-Minggu Rp20.000
Nama Wahana Harga (Rp)
Kereta Gantung Senin – Jumat Rp40.000
Sabtu-Minggu Rp40.000

*Disclaimer : Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu.

Tips Jika Ingin Berwisata ke Taman Mini Ini

Tidak ada salahnya simak beberapa tips berwisata di TMII berikut agar liburanmu nyaman dan menyenangkan :

  • Bawa wadah untuk tempat sampahmu karena kamu dilarang membuang sembarangan
  • Bawa bekal dari rumah karena banyak spot menarik disini untuk jadi tempat piknik menikmati santap bersama
  • Datang pagi hari karena kamu bisa menikmati banyak tempat dengan waktu lebih banyak
  • Bawa baju ganti karena kamu pasti akan sangat berkeringat saat mengitarinya seharian
  • Bawa kipas agar kamu tidak terjebak hawa panas yang berlebihan

Nah, itulah beberapa hal terkait Taman Mini Indonesia Indah yang bisa kami rangkum untuk anda. Semoga liburanmu menyenangkan!

Jangan lewatkan juga: +48 Tempat Wisata di Jakarta Pilihan Liburan Seru Keluarga

Leave a Reply

error: Content is protected !!