Tempat Wisata di Rangkasbitung Terbaru

Tempat Wisata di Rangkasbitung – Nama Rangkasbitung mungkin masih terasa asing bagi sebagian orang karena nama wilayah ini memang jarang terdengar.

Rangkasbitung adalah sebuah kota di Provinsi Banten yang tak lain juga menjadi ibukota dari Kabupaten Lebak. Meskipun masih jarang terdengar namanya, tetapi Rangkasbitung memiliki sejuta pesona serta keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Bahkan keindahan tersebut seolah bagaikan surga yang tersembunyi karena belum banyak masyarakat yang mengetahuinya.

Tentunya keindahan yang dimiliki oleh Rangkasbitung terdapat pada spot-spot tempat wisatanya yang cukup beragam mulai dari wisata pantai, wisata budaya, wisata sejarah dan lain sebagainya. Dengan demikian tempat wisata di Rangkasbitung bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengisi liburan anda.

Kunjungi juga yuk: 42 Objek Wisata di Serang Banten yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Rangkasbitung yang Wajib Dikunjungi

Dibalik namanya yang masih jarang terdengar terutama di kalangan pencinta traveling namun ternyata Rangkasbitung memiliki tempat wisata yang keren-keren. Bahkan bisa dikatakan tempat wisata di Rangkasbitung juga tak kalah indah seperti tempat wisata populer di wilayah lain.

Bagi anda yang berada di sekitaran Rangkasbitung atau dari luar wilayah dan ingin berkunjung ke daerah ini maka sempatkan mampir ke beberapa tempat wisatanya.

Nah, untuk menambah wawasan anda sebelum liburan ke Rangkasbitung maka berikut ini akan dijelaskan daftar tempat wisatanya yang bisa anda explore.

1. Gua Maria Bukit Kanada

Gua Maria Bukit Kanada via Keuskupanbogorcom

Gua Maria Bukit Kanada via Keuskupanbogor.com

Tempat wisata di Rangkasbitung yang satu ini merupakan obyek wisata yang dikembangkan oleh umat Paroki Rangkasbitung pada tahun 1988 dan didukung oleh pimpinan Kongregasi Suster-Suster Fransiscan Sukabumi.

Awalnya pembangunan Gua Maria Bukit Kanada ini bermula dari tanah lingkungan SPK Misi Lebak Rangkasbitung yang dianggap sudah memenui syarat untuk dijadikan sebagau Gua Maria. Untuk itulah pembangunan Gua Maria Bukit Kanada ini dimulai pada tanggal 1 Mei 1988 dengan peletakan batu pertama oleh Pastor Paroki sebagai awal pembangunan gua Maria.

Proses pembangunan Gua Maria ini akhirnya selesai pada 15 Agustus 1988 bertepatan dengan Hari Raya Maria diangkat ke Surga serta penutupan Tahun Maria. Selanjutnya gua ini dijadikan sebagai tempat bagi para peziarah pertama di wilayah Banten.

Selain itu Gua Maria ini dijadikan sebagai Akademi Keperawatan Yatna Yuana Rangkasbitung yang ada dibagian depan sedangkan bagian belakangnya sebagai Gua Maria. Untuk itulah supaya anda lebih mudah saat mencari Gua Maria maka silakan tanyakan lokasi Akper tersebut karena lokasinya sangat berdekatan.

2. Alun-Alun Rangkasbitung

Alun-Alun Rangkasbitung via Jakartabytrain

Alun-Alun Rangkasbitung via Jakartabytrain.com

Alun-alun Rangkasbitung bisa menjadi destinasi wisata saat anda menginjakkan kaki di daerah ini. Lokasi alun-alun ini juga tidak terlalu jauh dari stasiun kereta api Rangkasbitung dan bisa ditempuh menggunakan angkutan umum.

Saat tiba di Alun-Alun Rangkasbitung maka anda bisa menikmati suasana taman yang rindang. Tak hanya sekedar duduk bersantai saja, anda bisa membeli aneka jajanan yang dijual di sekitaran alun-alun.

Terdapat pula beberapa lapangan di alun-alun ini yang bisa dipakai sebagai lokasi berolahraga. Tentunya saat berkunjung ke alun-alun, anda tak perlu membayar tiket masuk karena tidak dipungut biaya alias gratis.

3. Museum Multatuli

Museum Multatuli via Bbccom

Museum Multatuli via Bbc.com

Setelah bekunjung ke Alun-Alun Rangkasbitung, anda bisa mampir ke Museum Multatuli yang letaknya tidak jauh dari alun-alun tersebut.

Tepatnya museum ini terletak di Jalan Alun-alun Timur No. 8 Rangkasbitung. Di museum ini anda bisa melakukan kegiatan wisata sejarah karena bangunan museum ini adalah rumah tua peninggalan Multatuli.

Dimana nama Multatuli sebetulnya merupakan nama pena yang dipakai oleh Eduard Douwes Dekker ketika ia membuat novel yang berjudul “Max Havelar”.

Museum Multatuli ini terbagi menjadi tujuh ruangan serta empat segmen. Pada segmen pertama menceritakan tentang sejarah masuknya kolonialisme di Indonesia.

Untuk segmen kedua menjelaskan tentang Multatuli serta Max Havelar. Sedangkan untuk segmen ketiga menjelaskan tentang sejarah Banten dan Lebak serta segemn empat yang menceritakan kisah sejarah Rangkasbitung.

4. Balong Ranca Lentah

Balong Ranca Lentah via Merahputihcom

Balong Ranca Lentah via Merahputih.com

Balong Ranca Lenta merupakan obyek wisata berupa bendungan yang airnya bersih. Di obyek wisata ini banyak terdapat wahana permainan seru yang bisa dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Selain tersedia berbagai wahana permainan, Balong Ranca Lentah juga menawarkan beragam sajian kuliner lokal yang siap memanjakan lidah para pengunjung. Hadirnya obyek wisata Balong Ranca Lentah ini memang mampu menghadirkan suasana di tengah kota Rangkasbitung yang semakin lengkap.

Bahkan saat malam hari tiba, kawasan Balin Ranca Lentah ini justru semakin ramai dipadati pengunjung yang ingin menikmati makan malam. Sebab saat malam hari semakin banyak pedagang makanan yang menyajikan berbagai jenis makanan mulai dari ketoprak, bakso, nasi goreng hingga sampai seafood.

Sambil menikmati hidangan, anda bisa menyaksikan keindahan bendungan serta suasana yang sejuk sehingga membuat momen makan terasa semakin nikmat. Tak perlu khawatir untuk masalah harga, karena mayoritas makanan yang dijual di kawasan ini ditawarkan dengan harga terjangkau.

5. Curug Sata

Curug Sata via Teluklove

Curug Sata via Teluklove.com

Obyek wisata Curug Sata merupakan obyek wisata yang berlokadi di Cimangyangray namun belum sepenuhnya dikembangkan sebagai destinasi wisata komersil. Untuk tulah kondisi air terjun Curug Sata ini tampak masih sangat alami dan pastinya belum banyak sampah.

Tak hanya air terjunnya saja yang indah karena debit airnya yang besar dan jernih, suasana di sekitar air terjun juga sangat asri karena dikeliling hutan hijau yang rindang. Perpaduan keindahan alam seperti ini tentu bisa menjadi pilihan terbaik bagi anda yang ingin bersantai dan melepas penat.

6. Masjid Agung Al-Araf Rangkasbitung

Masjid Agung Al-Araf Rangkasbitung via Fatahilahfaris.wordpress

Masjid Agung Al-Araf Rangkasbitung via Fatahilahfaris.wordpress.com

Masjid Agung Al-Araf Rangkasbitung merupakan sebuah masjid kebanggaan masyarakat Rangkasbitung yang berdiri kokoh di Jalan Sunan Kalijaga atau dekat dengan Jalan Multatuli hingga ke Alun-Alun Rangkasbitung.

Masjid ini diperkirakan dibangun pada tahun 1932 di atas tanah wakaf dengan luas bangunan 1.632 meter persegi. Sejak awal berdiri, masjid ini sudah mengalami beberapa kali pemugaran hingga akhirnya berdiri kokoh seperti saat ini.

Keunikan bangunan masjid ini terletak pada desain banguannnya yang berarsitektur modern minimalis serta dihiasi bentuk geometri sederhana. Masjid ini memiliki kubah kecil berbentuk kerucut yang meruncing ke atas dan terbuat dari genteng merah sehingga terkesan tradisional.

Masjid yang terdiri dari dua lantai ini pada lantai pertama digunakan sebagai ruang kantor Departemen Agama Kabupaten Lebak serta kepengurusan masjid. Sedangkan ruang utamanya sebagai tempat sholat. Masjid ini juga memiliki sebuah menara dengan tinggi 40 meter sebagai tempat mengumandangkan adzan.

7. Pantai Karang Bokor

Pantai Karang Bokor via Lebakuniquecom

Pantai Karang Bokor via Lebakunique.com

Pantai Karang Bokor merupakan sebuah pantai di Rangkasbitung yang memiliki pesona keindahan yang masih sangat alami. Meskipun merupakan bagian dari pantai yang indah di kawasan Banten, namun masih banyak wisatawan yang belum mengetahui keberadaan pantai ini.

Maka tak heran bila kondisi pantai ini terlihat bersih, alami dan cenderung sepi. Saat berada di pantai ini anda bisa menyaksikan dahsyatnya ombak pantai selatan dari atas tebing.

Selain itu karang yang terdapat pada pantai ini juga terlihat begitu mencolok karena lokasinya yang terpisah dari daratan dan tidak bisa diakses supaya bisa mencapainya.

Namun akhirnya pihak pengelola telah menyediakan akses menuju karang sehingga wisatawan bisa menyaksikan keindaan pantai dan karang secara lebih dekat. Keindahan Pantai Karang Bokor memang mampu menghipnotis siapa saja sehingga jangan sampai lewatkan kesempatan mampir ke pantai ini saat berada di Rangkasbitung.

8. Pantai Ciantir

Pantai Ciantir via Sawarnanet

Pantai Ciantir via Sawarna.net

Obyek wisata Pantai Ciantir merupakan obyek wisata yang terdiri dari pasir putih yang bersih serta memiliki bibir pantai yang cukup panjang.

Bahkan pantai ini menjadi surga bagi para peselancar yang gemar dengan tantangan. Saat berada di Pantai Ciantir, anda juga bisa menyaksikan keindahan karang yang menjulang dan menambah keeksotisan pantai ini.

Pantai Ciantir juga merupakan pantai yang menghadap ke Samudera Hindia sehingga tak heran bila ombak pantai ini cenderung besar serta arusnya juga kuat. Bila anda ingin berlama-lama di pantai ini maka silakan memilih untuk menginap karena tersedia banyak penginapan harga murah dan pastinya nyaman untuk beristirahat.

9. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar via IG

Pantai Tanjung Layar via IG

Obyek wisata Pantai Tanjung Layar merupakan salah satu obyek wisata terbaik di Rangkasbitung. Sebagai obyek wisata pantai, keindahan Pantai Tanjung Layar seolah tak terbantahkan karena memiliki panorama yang masih alami dari hamparan pasir, air laut dan tebing karang di sekitaran pantai.

Saat berada di pantai ini anda bisa merasakan sensasi keindahan pantai yang sesungguhnya dan mungkin tidak anda temukan di pantai lainnya.

Saat air pantai surut biasanya anda bisa menyaksikan karang-karang ditepi pantai dan diselingi oleh air laut. Bagi anda yang penasaran dengan keindahan pantai Tanjung Layar maka silakan datang ke kawasan Sawarna Rangkasbitung.

10. Curug Munding

Curug Munding via Rahadianluthfycom

Curug Munding via Rahadianluthfy.com

Curug yang satu ini adalah sebuah wisata air terjun yang letaknya di kawasan pegunungan. Namun curug yang satu ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan karena belum banyak terekspose.

Tetapi kebanyakan pengunjung curug ini adalah komunitas pencinta alam yang ingin menikmati keindahan alam yang masih sangat alami. Untuk menuju ke Curug Munding memang membutuhkan perjalanan yang cukup panjang dan medan yng terjal.

Namun perjuangan tersebut akan terbayarkan saat anda menyaksikan panorama di sekitar curug yang sangat indah dan memanjakan mata. Suara deburan air terjun serta hempasan air yang menyentuh tubuh seolah menambah kesan sejuk dan tenang. Bila beruntung anda bisa menyaksikan pelangi yang tampak melengkung diantara air terjun tersebut.

11. Perpustakaan Saidjah Adinda

Perpustakaan Saidjah Adinda via Sindonews

Perpustakaan Saidjah Adinda via Sindonews.com

Tempat wisata di Rangkasbitung yang satu ini merupakan sebuah perpustakaan yang namanya diambil dari salah satu karangan Multatuli. Perpustakaan Saidjah Adinda bersama dengan Museum Multatuli merupakan bangunan ikon Kabupaten Lebak yang letaknya di Jalan Rt Hardiwinangun Nomor 3, Rangkasbitung Barat.

Perpustakaan yang satu ini mempunyai bentuk bangunan yang unik karenan menyerupai lumbung padi masyarakat Suku Baduy yang disebut dengan leuit. Keunikan dan keindahan bangunan perpustakaan ini menjadikan para pengunjung sering berfoto dengan latar belakang bangunan perpustakaan Saidjah Adinda.

Selain memiliki desain bangunan yang unik, di dalam perpustakaan ini juga terdapat belasan ribu koleksi buku yang bisa dibaca oleh masyarakat umum. Bagi anda yang gemar membaca maka silakan mampir ke perpustakaan unik yang satu ini.

12. Rafting di Sungai Ciberang Rangkasbitung

Rafting di Sungai Ciberang Rangkasbitung via Okezone

Rafting di Sungai Ciberang Rangkasbitung via Okezone.com

Berwisata tidak hanya menikmati keindahan panorama saja melainkan mencoba hal-hal yang menantang salah satunya dengan mengikuti rafting di Sungai Ciberang Rangkasbitung.

Bahkan lokasi rafting yang satu ini disebut-sebut tidak kalah serungnya dengan rafting di Sungai Citarik. Bagi anda penyuka tantangan maka lokasi ini sangatlah cocok. Saat melakukan arung jeram atau rafting di sungai Ciberang nantinya anda akan menaiki sebuah perahu karet yang berisi 6 orang dan termasuk pembinanya.

Saat musim kemarau tiba biasanya satu perahu hanya bisa dinaiki oleh 4 orang saja. Biaya untuk rafting tersebut juga cukup terjangkau dan sudah termasuk sewa peralatan, makan, hingga guide wisata alam. Tentunya saat rafting para peserta akan diajak mengarungi Sungai Ciberang dengan medan sungai yang berliku dan penuh tantangan.

Keseruan yang memacu adrenalin seolah bisa melepas penat akibat beban kerja yang padat. Setelah selesai rafting biasanya peserta akan diajak berwisata alam sehingga akan semakin melengkapi keseruan berwisata ke lokasi rafting yang satu ini.

13. Vihara Rangkasbitung

Vihara Rangkasbitung via Merahputihcom

Vihara Rangkasbitung via Merahputih.com

Obyek wisata yang satu ini berada di depan terminal lama Rangkasbitung. Vihara ini juga disebut sebagai Vihara Ananda Avalokitesvara Rangkasbitung yang lokasinya berada di tengah pemukiman warga.

Vihara ini memang terlihat sangat unik dan menarik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Namun ada nilai penting dari adanya Vihara ini yaitu adanya sikap toleran yang tercermin dalam diri masyarakat pribumi.

Selain Vihara masih ada tempat peribadatan lain yang berdiri kokoh di seputaran Kota Rangkasbitung. Adanya Vihara di Rangkasbitung ini tak lepas dari kisah leluhur orang Tionghoa – Indonesia yang melakukan imigrasi secara bergelombang sejak ribuan tahun yang lalu melalui kegiatan perniagaan.

Hal tersebut yang melatarbelakangi kedatanan mereka ke Rangkasbitung. Selain itu kedatangan mereka tersebut juga sering muncul pada peristiwa penting di Indonesia sehingga hal ini membuat vihara aman berdiri di kawasan ini.

14. Wisata Kuliner Sate Bandeng

Wisata Kuliner Sate Bandeng

Wisata Kuliner Sate Bandeng

Tidak hanya menyajikan tempat-tempat wisata yang indah saja, Rangkasbitung juga memiliki sajian kuliner yang tak kalah nikmat dan pastinya membuat ketagihan.

Sate Bandeng adalah sajian kuliner khas Rangkasbitung yang selalu menjadi incaran para wisatawan. Sajian sate bandeng sangatlah gurih dan sudah tidak perlu repot karena tulang belulang sate bandeng sudah dibersihkan sehingga anda tinggal menyantapnya saja.

Kuliner Sate Bandeng juga sudah menjadi menu makanan khas yang ditetapkan pemerintah. Bagi anda yang ingin berburu sajian sate Bandeng maka silakan datang ke Jalan Jendral Sudirman

15. Kupat Tahu Rangkasbitung

Kupat Tahu Rangkasbitung via Wongkamfungcom

Kupat Tahu Rangkasbitung via Wongkamfung.com

Sajian kuliner Rangkasbitung lainnya yang wajib anda cicipi yaitu Kupat Tahu Rangkasbitung. Dimana sajian makanan ini terdiri dari ketupat, tahu goreng serta disiram bumbu kacang khas.

Rasanya sekilas mirip dengan gado-gado atau ketoprak namun kupat tahu khas Rangkasbitung masih memiliki keunikan tersendiri. Untuk menikmati sajian kupat tahu ini anda bisa datang ke Jalan Sunan Kalijaga karena di kawasan ini terdapat penjual kupat tahu yang enak.

 

 

Itulah tadi informasi mengenai daftar tempat wisata di Rangkasbitung yang bisa menjadi referensi untuk perjalanan liburan anda. Melalui informasi di atas kini anda tak perlu khawatir bila ingin berlibur di kawasan Rangkasbitung karena terdapat banyak obyek wisata menarik dan lengkap yang bisa anda kunjungi.

Tentunya masing-masing obyek wisata tersebut menawarkan keunggulan yang akan membuat suasana liburan anda semakin berkesan dan tak terlupakan. Jangan lewatkan juga: 45 Tempat Wisata di Pandeglang Banten Terbaru

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!