42 Objek Wisata di Serang Banten yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Serang – Serang merupakan salah satu daerah di Provinsi Banten yang lokasinya berada tepat di sebelah barat Tangerang. Pada pertengahan 2007 lalu, Serang terus dimekarkan sehingga menjadi dua daerah administratif yaitu Kota Serang dan Kabupaten Serang.

Tentunya daerah ini memiliki potensi wisata yang pastinya menarik dan wajib dikunjungi saat berada di Serang. Terlebih letak Serang yang berbatasan secara langsung dengan laut Jawa maka menjadikan daerah ini mempunyai beragam tempat wisata terutama wisata bahari yang memesona.

Pastinya tempat wisata di Serang sangat cocok menjadi pilihan saat liburan tiba sehingga anda tak perlu bingung lagi untuk merencanakan liburan bersama keluarga atau orang-orang terdekat anda.

Daftar Tempat Wisata di Serang yang Wajib Dikunjungi

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Serang memiliki beragam obyek wisata alam berupa wisata pantai yang indah dan menakjubkan.

Namun selain wisata pantai, Serang juga memiliki beragam obyek wisata menarik lainnya mulai dari wisata budaya, wisata religi hingga wisata kuliner. Bagi anda yang penasaran apa saja tempat wisata di Serang yang wajib dikunjungi maka berikut ini akan diberikan informasinya:

1. Pantai Cibereum Anyer

Pantai Cibeureum Anyer

Pantai Cibeureum Anyer via Travelerien

Obyek wisata yang satu ini memang sudah cukup terkenal di Serang maupun di kalangan wisatawan dari berbagai penjuru. Hal tersebut tak lain karena pemandangan di sekitar Pantai Cibereum Anyer yang indah serta masyarakat sekitar yang sangat ramah kepada para wisatawan yang datang.

Saat berada di pantai ini, anda bisa merasakan suasan yang teduh dan sejuk karena adanya pohon-pohon kelapa yang tumbuh menjulang tinggi sampai ke bagian pinggir pantai.

Pohon-pohon kelapa tersebut juga memiliki daun yang lebat sehingga bisa melindungi wisatawan dari panasnya sinar matahari. Selain itu pantai ini juga mempunyai pantai berpasir dan pantai karang namun lebih banyak jumlah pasirnya dibandingkan karang.

Suasana yang teduh dipadu dengan kondisi pantai yang bersih dan bebas dari sambah tentu akan menjadi sebuah pemandangan yang sempurna. Terlebih ombak pantai Cibereum Anyer tidak begitu besar sehingga sangat aman untuk anak-anak yang bermain di pantai.

2. Pantai Marbella Anyer

Pantai Marbella Anyer via @gilang_roy27

Pantai Marbella Anyer via @gilang_roy27

Pantai Marbella merupakan pantai yang terletak di sebelah pantai Sambolo tepatnya berada di Bandulu Serang. Untuk menuju ke Pantai Marbella juga tidaklah sulit karena anda hanya perlu menyusuri garis pantai Sambolo maka anda akan bertemu pantai Marbella.

Uniknya nama pantai Marbella tersebut ternyata berasal dari nama hotel Marbella yang berada di depan pantai. Pantai yang satu ini memang tergolong bersih dan terdapat banyak saung yang bisa dijadikan tempat beristirahat para wisatawan.

Meskipun berada di depan Hotel Marbella tetapi pantai ini bisa dikunjungi oleh wisatawan umum. Tentunya selain dimanjakan oleh pemandangan pantai yang indah serta pasir putih yang bersih. Wisatawan juga bisa menikmati berbagai sajian kuliner khas pesisir pantai berupa aneka hidangan laut.

Tak lupa pula untuk minum es kelapa sambil menatap ke lepas pantai yang akan membuat liburan anda terasa semakin sempurna. Di pantai Marbella juga tersedia berbagai fasilitas permainan air diantaranya banana boat, boogy, selancar dan lain sebagainya.

Alamat: Jl. Raya Anyer-Sirih, Bandulu, Anyar, Serang, Banten

3. Pantai Sambolo

Objek Wisata Pantai Sambolo Banten

Objek Wisata Pantai Sambolo Banten

Pantai Sambolo merupakan salah satu tempat wisata di Serang yang selalu ramai dipadati wisatawan. Meskipun begitu, pantai yang satu ini tetap terjaga kebersihannya sehingga membuat para pengunjung merasa nyaman.

Bila dibandingkan dengan jenis pantai lainnya di Serang, pantai Sambolo ini memang memiliki keunikan. Karena bentuk pantainya yang landai dan bebas karang.

Saat berada di pantai ini, para pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan pemandangan pantai namun bisa menyaksikan eksotisnya sunset di sore hari.

Untuk menambah keseruan di pantai Sambolo, maka anda bisa menggunakan fasilitas berbagai permainan seru mulai dari ATV, speed boat, parasailing, snorkeling, jet ski hingga donat boat. Pastinya berbagai permainan tersebut ditawarkan dengan harga tiket yang terjangkau.

Alamat: Jl. Raya Anyer, Bandulu, Serang, Banten 42112

Cek selengkapnya: Pantai Sambolo Banten Objek Wisata Alam yang Mempesona

4. Pantai Anyer

Tempat Wisata Populer Pantai Anyer di Banten

Tempat Wisata Populer Pantai Anyer di Banten

Pantai Anyer merupakan salah satu nama pantai yang sangat populer di Serang. Namun perlu anda ketahui bahwa nama pantai Anyer sendiri berasal dari nama kecamatan di Kabupaten Serang. Sebab ternyata sebagian besar wilayah Kecamatan Anyer berada di bibir pantai.

Bagi anda yang ingin berwisata ke Pantai Anyer maka anda akan menyusuri jalan raya yang disampingnya terdapat pemandangan pantai yang begitu indah. Selain itu nama pantai Anyer tidak hanya untuk satu pantai saja melainkan untuk seluruh pantai yang berada di Kecamatan Anyer.

Selain bisa menikmati keindahan pemandangan pantai, anda bisa melakukan aktivitas seru lainnya seperti bermain water sport, snorkeling, surfing, berenang, dan lain sebagainya.

Cek selengkapnya: Liburan Seru Pantai Anyer Banten

5. Rumah Hutan Cilowong

Rumah Hutan Cilowong via Sepedaan

Rumah Hutan Cilowong via Sepedaan

Rumah Hutan merupakan obyek wisata yang terletak di Kampung Cidampit, Bojong, Cilowong, Serang. Obyek wisata ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah serta menyajikan sensasi tempat wisata yang berbeda.

Sesuai dengan namanya, Rumah Hutan ini terdapat rumah panggung serta gardu pandang yang bisa dipakai sebagai tempat beristirahat. Awalnya lokasi ini dibuat sebagai properti pirbadi. Namun dari waktu ke waktu semakin banyak wisatawan yang datang dan penasaran dengan tempat yang satu ini.

Di sekitar Rumah Hutan terdapat pepohonan yang rindang dan sejuk serta suara kicauan burung yang semakin menambah kesempurnaan saat bersantai.

Alamat: Kampung Cidampit, Desa Sayar, Kecamatan Taktakan, Serang, Banten

6. Pulau Lima

Pulau Lima via Penawisata

Pulau Lima via Penawisata

Pulau Lima adalah tempat wisata yang berada di Kasemen Serang dan menjadi salah satu pulau baru. Pastinya Pulau Lima ini memiliki daya tarik berupa pemandangan yang indah.

Sebelum munculnya Pulau Lima, muncul empat pulau kecil yang membentuk gugusan kepulauan. Meskipun lokasi Pulau Lima berada dekat dengan pulau-pulau kecil lainnya namun ternyata Pulau Lima memang memiliki ciri yang unik dan berbeda dari pulau lainnya.

Sebab Pulau Lima ini mempunyai pasir yang berwarna putih dan bertekstur lembut. Bahkan terdapat pula hutan mangrove di sekitar Pulau Lima sehingga membuat pemandangan di pulau ini semakin menakjubkan.

Untuk bisa liburan ke pulau Lima ini, anda harus menyebrang dari pelabuhan Karangantu, Serang, Banten selama 20 menit perjalanan laut.

Wisatawan akan sangat dimanjakan di pulau ini, karena pulau yang baru dikembangkan sebagai objek wisata ini memiliki berbagai aktivitas seru yang tidak oleh dilewatkan, mulai dari snorkeling, berkeliling pulau menggunakan banana boat, dan mancing dari dermaga.

Pulau ini juga memiliki berbagai sarana pendukung seperti gazebo-gazebo yang tersedia di tepian secara gratis. Saat tulisan ini dumuat, pulau ini masih tergolong baru dikembangkan sebagai objek wisata, jadi pulau ini masih relatif sepi jadi pas dikunjungi kalau kamu termasuk traveler yang suka dengan suasana hening dan alami.

7. Napak Tilas Kerajaan Islam di Serang Banten

Napak Tilas Kerajaan Islam di Serang Banten

Napak Tilas Kerajaan Islam di Serang Banten

Selain memiliki berbagai obyek wisata pantai yang memukau, ternyata Serang juga memiliki wisata budaya dan religi yang wajib untuk dikunjungi.

Salah satu obyek wisata tersebut adalah Napak Tilsa Kerajaan Islam di Serang. Dimana kawasan tersebut merupakan bagian dari kawasan Kesultanan Banten yang sudah tersohor serta menjadi pusat penyebaran agama Islam di wilayah Pulau Jawa.

Bahkan jejak-jejak peninggalan kerajaan hingga kini masih bisa dijumpai dengan mengunjungi kawasan wisata Banten Lama. Perlu anda ketahui bahwa Banten Lama merupakan kompleks situs peninggalan sejarah berupa sisa-sisa kejayaan kesultanan Banten pada masa lampau.

Saat berada di Banten Lama, anda bisa menyaksikan berbagai sisa peninggalan berupa Museum Kepurbakalaan, Keraton Kaibon, Keraton Surosowan dll.

8. Pantai Marina Anyer

Pantai Marina Anyer

Pantai Marina Anyer

Pantai Marina Anyer merupakan sebuah pantai yang berada di Cinangka Serang dan menyajikan pemandangan pantai yang begitu indah.

Saat berada di pantai Marina Anyer, anda bisa mencoba berbagai wahana water sport yang cukup lengkap dibandingkan di pantai lainnya di Serang.

Bila ingin menginap di sekitaran pantai tersedia pula villa dengan ressort yang menggoda. Selain itu pantai ini juga memiliki berbagai fasilitas yang lengkap untuk para wisatawan yang datang.

Saat berada di Pantai Marina Anyer, anda bisa merasakan suasana pantai yang begitu khas. Terlebih di sekitaran pantai terdapat aneka penjual hidangan khas laut yang disajikan oleh penduduk setempat.

Alamat: Desa Karang Suraga, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten

9. Pantai Pasir Putih Florida

Pantai Pasir Putih Florida Rmol

Pantai Pasir Putih Florida Rmol

Nama Pantai Pasir Putih Florida memang terdengar unik dan berbeda dari pantai-pantai lainnya di Serang. Namun pada dasarnya pantai yang satu ini juga menyajikan pemandangan pantai yang tak berbeda jauh dengan pantai pada umumnya.

Tetapi yang unik dari pantai ini adalah garis pantai yang panjang serta landai tanpa adanya karang. Saat berada di Pantai Pasir Putih Florida, pengunjung bisa menikmati sunset karena pantai ini menghadap ke barat.

Selain itu pantai ini juga memiliki karakter ombak dan pasir yang cocok untuk bersantai. Terdapat pula wahana banan boat yang akan membuat suasana liburan anda semakin seru dan menyenangkan.

Alamat: Jalan Raya Karang Bolong, Sindanglaya, Cinangka, Sindanglaya, Cinangka, Serang, Banten 14310

10. Pantai Jambu

Pantai Jambu via Wisatabanten

Pantai Jambu via Wisatabanten

Pantai Jambu merupakan sebuah pantai yang letaknya agak sedikit ke dalam karena menyerupai cekungan. Meskipun letaknya yang agak dalam tetapi di sekitar pantai banyak terdapat wilayah yang dangkal sehingga cukup aman dan mencegah wisatawan dari terseret arus.

Tak hanya memiliki bentuk yang unik, Pantai Jambu juga memiliki ombak yang tenang karena lokasinya yang berada dekat dengan Selat Sunda.

Air laut di pantai ini juga terlihat jernih dan berwarna hijau kebiru-biruan dan dipadu dengan pasir pantai yang putih dan halus. Saat anda berkunjung ke Pantai Jambu maka dijamin tak akan kecewa.

Karena pantai ini masih alami dan terjaga kebersihannya. Terlebih pemandangan di Pantai Jambu memang sangat menarik dan indah sehingga sangat cocok untuk mengisi waktu liburan anda.

Alamat: Bulakan, Serang, Banten

11. Pantai Karang Bolong

Tempat Wisata Unik Pantai Karang Bolong di Banten

Tempat Wisata Unik Pantai Karang Bolong di Banten

Serang memang bisa dikatakan sebagai surganya pantai karena jumlah pantai yang dimiliki oleh daerah ini sangat banyak termasuk salah satunya Pantai Karang Bolong.

Sesuai dengan namanya, pantai yang satu ini memiliki sebuah karang berukuran besar yang berlubang atau bolong. Berdasarkan keterangan dari para ahli, diketahui bahwa lubang pada karang tersebut disebabkan oleh kikisan air laut dalam kurun waktu yang lama.

Meskipun begitu hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab lubang pada karang tersebut. Selain daya tariknya berupa batu karang yang berlubang, di pantai ini anda bisa berpiknik sambil menggelar tikar di tepi pantai. Deburan ombak dipadu dengan semilir angin membuat suasana bersantai semakin menyenangkan.

12. Pulau Tunda

Pulau Tunda via Youtube

Pulau Tunda via Youtube

Satu lagi pulau di Serang yang bisa menjadi pilihan saat berlibur ke Serang yaitu Pulau Tunda. Pulau Tunda yang berada di Tirtayasa ini memang menjadi salah satu gugus Pulau Seribu yang dikenal dengan spot snorkelingnya yang memukau.

Selain itu di pulau ini anda bisa menyaksikan keindahan sunrise dan sunset yang dijamin keren. Jangan sampai lewatkan untuk bersnorkeling di pulau ini karena terdapat pemandangan bawah laut yang sangat indah.

13. Curug Bumi

Curug Bumi via Topmedia

Curug Bumi via Topmedia

Tidak hanya berupa pantai saja, obyek wisata di Serang juga berupa curug dengan pemandangan yang indah. Salah satunya adalah Curug Bumi yang berada di Padarincang Serang.

Curug yang satu ini memang sangat unik karena memiliki beberapa air terjun berukuran kecil dengan ketinggian antara 3-5 meter.

Air di curug ini juga begitu jernih dan bersih dipadu dengan pemandangan alam yang masih sangat asri. Selain bisa menikmati keindahan alam, saat berada di air terjun ini anda bisa bermain cliff diving dari tebing pada ketinggian.

Karena masih belum banyak dikunjungi wisatawan maka medan jalan menuju Curug Bumi masih cukup sulit sehingga anda perlu lebih berhati-hati.

14. Situ Rawa Arum

Situ Rawa Arum via CitragardenBMW

Situ Rawa Arum via CitragardenBMW

Tempat wisata yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi berikutnya adalah Situ Rawa Arum sebagai tempat wisata berupa danau. Saat berada di situ ini anda bisa menikmati suasana yang alami dipadu dengan angin sepoi-sepoi.

Air danau tampak berkilauan dan memantulkan sinar matahari. Terdapat pula bunga teratai yang tumbuh di air danau yang membuat pemandangan semakin indah.

Di sekitar danau terlihat bukit-bukit hijau yang indah dan membuat pemandangan di sekitar danau semakin sempurna. Supaya semakin seru, silakan mencoba permainan rakit dan bebek-bebekan di atas danau sehingga wisata di Situ Rawa Arum semakin berkesan.

Danau ini sendiri sebenarnya terdapat di Cilegon. Lebih tepatnya ada di Linkungan Tegalwangi, Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Provinsi Banten.

15. Pulau Sangiang

Pulau Sangiang via Piknikasik

Pulau Sangiang via Piknikasik

Obyek wisata Pulau Sangiang merupakan salah satu destinasi wisata terbaik Serang yang berada di kawasan Anyer. Pulau Sangiang sendiri merupakan pulau kecil yang bisa ditempuh selama 45 menit dari Anyer dengan memakai kapal.

Pesona keindahan Pulau Sangiang terletak pada keindahan alamnya berupa pantai dan terumbu karang. Awalnya pulau ini dijadikan sebagai Cagar Alam namun berubah menjadi Taman Wisata Alam Laut. Lokasi Pulau Sangiang dikelilingi oleh pantai berpasi putih dan dihiasi oleh tanaman bakau.

Adapun lokasi pulau Sangiang ini ada di desa Cikoneng, kecamatan Anyer, kabupaten Serang. Pulau ini sangat eksotis dan mendapat julukan sebagai salah satu dari “The Seven Wonders of Banten”.

Pulau Sangiang sendiri memiliki kekayaan flora dan fauna langka serta menyimpan kekayaan ekosistem. Air di pulau ini sangat jernih dan dipenuhi oleh terumbu karang serta ikan-ikan kecil membuat kalian yang tiba di pulau ini langsung mau nemplung.

16. Pantai Lontar

Pantai Lontar via Job-like

Pantai Lontar via Job-like

Pantai Lontar merupakan salah satu obyek wisata bahari di Serang yang berada di Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Serang. Namun untuk menuju ke pantai ini dibutuhkan perjalanan yang cukup lama dari pusat kota yaitu sekitar 1,5-2 jam perjalanan.

Meskipun begitu perjalanan anda akan semakin dimanjakan dengan adanya pemandangan hamparan persawahan yang membentang luas.

Pantai Lontar ternyata berbeda dari pantai pada umumnya sehingga anda tidak bisa menjumpai gazebo di tepi pantai hingga turis-turis yang berjemur.

Sebab pantai ini disebt sebagai pantai mati karena terbentuk dari gelombang laut yang besar dan membuat daerah di sekitarnya menjadi lebih tipis serta terlihat menyerupai pantai.

17. Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara via buddha

Vihara Avalokitesvara via Buddha

Vihara Avalokitesvara merupakan salah satu tempat wisata di wilayah Serang yang memiliki kisah sejarah yang unik. Karena pembangunan vihara ini berkaitan dengan Sunan Gunung Jati yaitu tokoh penyebaran Islam di Pulau Jawa yang mempunyai istri dari keturunan kaisar Tiongkok bernama Putri Ong Tien.

Setelah mengetahui banyaknya pengikut putri yang masih memegang teguh keyakinannya maka membuat Sunan Gunung Jati berkeinginan membangun vihara pada tahun 1542 di Banten namun di tahun 1774 vihara tersebut dipindahkan ke Pamarican sampai sekarang.

Meskipun begitu ada kisah lain yang menyebutkan bahwa viahar tersebut di bangun pada tahun 1652 saat masa kejayaan Kerajaan Banten yang dipimpin oleh Sultan Ageng Tirtayasa.

Saat berada di vihara ini, anda bisa menyaksikan sebuah gerbang berhiaskan dua naga yang memperebutkan mustika sang penerang. Bangunan vihara ini dibuka untuk para wisatawan yang ingin menyaksikan secara lebih dekat karena vihara ini menjadi salah satu cagar budaya Provinsi Banten.

Artikel terkait: Keindahan Pantai Carita di Banten, ‘Surga’ yang Tidak Boleh Dilewatkan

18. Gunung Api Krakatau

Gunung Api Krakatau

Gunung Api Krakatau

Gunung Api Krakatau merupakan gunung api yang sangat fenomenal dengan letusannya yang sangat dahsyat. Setelah lestusan tersebut munculan anak Krakatau yang kini menjadi gunung api yang aktif dan semakin bertambah besar.

Meskipun begitu, Gunung Api Krakatau ini banyak dijadikan sebagai lokasi pendakian gunung. Meskipun terkesan menyeramkan namun gunung Krakatau menyajikan panorama alam yang unik dan indah sehingga semakin membuat banyak orang merasa penasaran untuk mengunjunginya.

19. Goa Cilayang

Goa Cilayang Serang via Serangbackpacker69

Goa Cilayang Serang via Serangbackpacker69

Obyek wisata goa Cilayang berada di Cikeusai Serang tepatnya berada di desa Cilayang. Obyek wisata goa ini memiliki keunikan berupa banyaknya kelelawar hitam di dalam goa dan sebagian orang menganggap goa ini sebagai tempat yang keramat.

Bagi anda yang menyukai tantangan maka Goa Cilayang ini bisa menjadi pilihan yang tepat saat liburan. Meskipun dianggap keramat tetapi pemandangan di dalam goa sangatlah eksotis dengan adanya stalaktit dan stalagmit. Lokasi goa yang tersembunyi menjadikan goa ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

20. Pantai Labuan

Pantai Labuan

Pantai Labuan

Masih seputar wisata bahari di Serang kali ini anda wajib mengunjungi sebuah pantai di kawasan Mancak Serang yaitu Pantai Labuan.

Pantai yang satu ini tidak hanya dikenal oleh masyarakat sekitar Serang namun juga wisatawan dari berbagai penjuru.

Pesona keindahan Pantai Labuan ini tentu terletak pada pemandangan alamnya yang begitu indah dan bersih. Namun anda jangan kaget bila menemukan kotoran berupa ranting tua, kulit kerang hingga batok kelapa.

Karena sampah kotoran tersebut bukanlah sampa plastik sehingga menbuktikan bahwa pantai ini masih sangat alami. Pantai Labuan bisa menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat karena dipantai ini anda bisa menikmati suara deburan ombak, angin sepoi-sepoi dan suasana sepi yang seutuhnya.

Alamat: Desa Labuhan, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, Banten

Artikel terkait: Keindahan Pantai Tanjung Lesung Pandeglang Banten Nan Eksotis

21. Danau Rowa

Danau Rowa via Bantenwisata

Danau Rowa via Bantenwisata

Danau Rowa merupakan obyek wisata yang berada di Padarincang, Serang. Dimana tempat wisata ini berupa perpaduan sebuah tempat wisata alam yang didominasi oleh rawa-rawa dan sebuah danau.

Perlu anda ketahui bahwa obyek wisata ini adalah kepundan gunung berapi yang sudah tidak aktif. Seiring berjalannya waktu, akhirnya membantuk sebuah danau dan menjadi rawa-rawa di atas danau.

Pemandangan alam di sekitar Danau Rowa memang begitu asri dan alami sehingga sangat memanjakan mata. Hal tersebut tak lain karena di sekitar danau terdapat banyak pepohonan rindang yang juga menjadi tempat hidup satwa.

Tak heran heran bila dikawasan ini setidaknya terdapat 250 jenis burung hingga ular dan buaya yang bisa ditemukan saat berwisata di danau ini.

22. Cagar Alam Pulau Dua

Cagar Alam Pulau Dua via Gpswisataindonesia

Cagar Alam Pulau Dua via Gpswisataindonesia

Cagar Alam Pulau Dua atau disebut juga dengan Pulau Burung merupakan tempat wisata yang secara administratif berada di desa Sawah Luhur, Kasemen, Serang.

Ketika anda berada di pulau ini pertama kali mungkin anda akan dibuat heran karena kondisi pulau yang berupa datarannya tidak terpisah. Ternyata dahulu pulau ini adalah pulau yang terpisah dari Pulau Jawa lalu dipisahkan oleh selat selebar 500 meter.

Ketika ombak sedang surut maka daratan tersebut akan menyatu. Karena adanya pendangkalan sungai Cibanten ternyata berpengaruh pada ketinggian daratan serta batas pulau yang menjadi tidak jelas. Untuk itulah Pulau Burung ini akhirnya menyatu dengan Pulau Jawa.

Di Pulau Burung ini anda bisa menyaksikan hamparan pohon bakau serta suara kicauan burung yang bersahutan. Bila dilihat dari depan, pulau ini terlihat seperti hutan kecil di pinggir pantai.

Selain sebagai obyek wisata, Pulau ini juga merupakan cagar alam yang memiliki ekosistem tumbuhan tropis dan pesisir. Pemberian nama Pulau Burung karena burung-burung dari beragam wilayah berkumpul disini saat bermigrasi lalu singgah dan berkembangbiak.

23. Curug Betung

Curug Betung via @indra_sakti

Curug Betung via @indra_sakti

Obyek wisata yang satu ini berada di Cinangkan Serang tepatnya terletak di perbukitan yang bersebalahan dengan Rawa Danau.

Curug Betung memiliki keindahan alam yang memesona namun tempat ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat luas.

Keunikan yang dimiliki oleh curug ini yaitu berupa ketinggiannya yang hanya 1,5 meter saja namun terlihat sangat eksotis.

Untuk menuju curug ini anda harus menempuh perjalanan melewati hutan yang rindang. Tak perlu khawatir karena saat diperjalanan anda bisa menyaksikan pemandangan hutan yang indah serta air sungai pedesaan yang mengalir jernih.

Alamat: Kubang Baros, Cinangka, Serang, Banten 42167

24. Danau Tasikardi

Danau Tasikardi via Bantenwisata

Danau Tasikardi via Bantenwisata

Nama Danau Tasikardi sebetulnya berasal dari gabungan dua suku kata dalam bahasa Sunda yaitu Tasik dan Ardi sehingga memiliki arti Danau Buatan.

Berdasarkan sejarah yang berkembang, diketahui bahwa danau ini dibuat pada masa pemerintahan Panembahan Maulana Yusuf yang tak lain adalah sultan kedua dari Kesultanan Banten.

Selain itu menurut kisah yang beredar, dasar danau ini terbuat dari ubin batu bata dan menjadi tempat peristirahatan sultan beserta keluarganya.

Pada masa dahulu danau ini memiliki fungsi ganda yaitu sebagai penampung air untuk mengairi persawahan serta untuk memenuhi pasokan air keluarga keraton dan masyarakat sekitar.

Kini Danau Tasikardi menjadi salah satu obyek wisata yang menarik di Serang dan banyak dikunjungi wisatawan. Danau ini memiliki air yang tenang serta dihiasi deretan pepohonan di sekitarnya sehingga memberikan kesan yang sejuk dan tenang.

Danau ini sendiri memiliki luas sekitar 5 ha, konon dahulu danau ini dibuat sebagai tempat untuk beristirahat keluarga para Sultan Banten.

Alamat: Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu, Kota Serang, Provinsi Banten

25. Hutan Kayu Putih Kragilan

Hutan Kayu Putih Kragilan via @anugrahpuspitasari22

Hutan Kayu Putih Kragilan via @anugrahpuspitasari22

Masih seputar wisata alam ternyata di Serang juga terdapat Hutan Kayu Putih Kragilan yang sangat cocok untuk melepas penat.

Di kawasan wisata ini anda bisa menemukan deretan pohon albasia yang berjajar dengan rapi dan sangat cocok untuk berfoto.

Biasanya warga setempat menyebut hutan ini sebagai hutan kayu puth karena kulit kayu pepohonan di hutan ini berwarna putih.

Bagi anda yang ingin berwisata ke hutan ini maka bisa mencarinya dengan mudah karena lokasi hutan ini berada di belakang kompleks industri indah Kiat Serang.

Dengan harga tiket yang terjangkau maka anda bisa menikmati suasana berlibur di hutan yang alami dan tertata rapi.

26. Gunung Pinang

Gunung Pinang via Koransindo

Gunung Pinang via Koransindo

Bagi anda yang suka dengan sajian pemandangan alam maka sangat wajib untuk berkunjung ke Gunung Pinang, Kramatwatu, Serang, Banten. Sebab di kawasan wisata ini anda bisa menyaksikan pemandangan alam hijau dari atas ketinggian.

Selain itu di kawasan ini juga terdapat beragam spot foto yang unik dan instagramable sehingga sangat cocok untuk anda yang hoby fotografi.

Bagi pencinta olahraga ekstrim, kawasan Gunung Pinang juga menyajikan trek downhill Gunung Pinang yang sangat menantang dan populer sehingga sangat wajib untuk anda coba.

27. Masjid Tanpa Kubah, Masjid Pecinan Tinggi

Masjid Pecinan Tinggi via @wisnuatmaja_

Masjid Pecinan Tinggi via @wisnuatmaja_

Masjid di Serang yang satu ini memang sangat unik karena tidak memiliki kubah. Ternyata bangunan masjid ini adalah peninggalan kaum muslim Tionghoa di wilaya Serang. Saat ini masjid tersebut hanya tersisa bagian mihrab saja yang berbentuk menara persegi dan didominasi warna putih.

Alamat: Jl. Vihara – Karangantu No.57, Banten, Kasemen, Serang, Banten

28. Danau Kaolin  Bekas Tambang Pasir Ciomas

Tambang Pasir Ciomas via @rizkigraphy

Tambang Pasir Ciomas via @rizkigraphy

Danau koalin yang merupakan areal bekas lahan tambang di Ciomas ini bisa anda jadikan sebagai tempat untuk selfi-selfi yang kece lho.

Meskipun dahulunya merupakan tempat untuk mengambil bahan galian C, namun setelah digenangi air kini berubah menjadi danau koalin nan cantik. Bukan danau saja lho, bekas areal tambang pasir ini juga membentuk perbukitan berbatu yang mirip dengan yang ada di Danau Kaolin Pulau Bangka.

29. Arung Jeram Tubing Cikalumpang

Arung Jeram Tubing Cikalumpang via@sigit_sugiyono

Arung Jeram Tubing Cikalumpang [email protected]_sugiyono

Selanjutnya, buat anda yang suka dengan olahraga ekstrim, anda bisa mencoba sensasi arung jeram tubing Cikalumpang. Cukup dengan mengeluarkan biaya Rp.25.000 anda sudah bisa merasakan sensasi petualangan ekstrim sejauh 1,5 kilometer.

30. Pemandian Cirahab

Pemandian Cirahab Serang via Serangbanten

Pemandian Cirahab Serang via Serangbanten

Oh ya sob, kamu suka liburan sambil basah-basahan? Nah anda bisa mencoba sensasi mandi di pemandian Cirahab. Pemandian Cirahab memiliki air yang sangat jernih.

kok bisa jernih ya? Padahal kan biasanya pemandian alam itu adanya di pedesaan, lha ini di perkotaan kok bisa jernih juga ya.

Karena memang, sumber air pemandian Cirahab ini berasal dari pegunungan sehingga terasa menyegarkan. Sepanjang perjalanan menuju lokasi kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan hijau persawahan areal pedesaan.

31. Curug Cigumawang

Curug Cigumawang via @efendi_husni

Curug Cigumawang via @efendi_husni

Selanjutnya, kamu juga bisa mengunjungi curug Cigumawang yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Air terjun yang memiliki pemandangan menakjubkan ini dikelilingi oleh area hutan dan bebatuan. Air terjun ini sering dijadikan lokasi perkemahan hingga panjat tebing.

Alamat: Bugel, Padarincang, Serang, Banten 42168

32. Curug Leuwi Tomo

Curug Leuwi Tomo via @anandhairma

Curug Leuwi Tomo via @anandhairma

Tempat wisata di Serang berikutnya adalah curug leuwi Tomo yang juga memiliki keindahan yang tidak kalah dengan curug Cigumawang. Tapi memang, air terjun leuwi Tomo ini tidak setinggi curug Cigumawang sih.

Anda akan menyaksikan pancaran air yang muncul dari sela-sela bebatuan memberikan kesan asri dan menyegarkan. Kamu bahkan bisa berenang di daerah kolam curug yang cukup luas.

Alamat: Desa Kadu Bereum, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten.

33. Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk via Sportourims

Benteng Speelwijk via Sportourims

Selanjutnya, anda juga bisa mengunjungi benteng Speelwijk yang ada di Kawasan Banten Lama di sisi utara Kota Serang.

Benteng yang satu ini adalah peninggalan penjajah Belanda untuk menghadapi serangan rakyat Banten. Benteng ini dikelilingi oleh parit selebar 10 meter, benteng ini masih menyisakan keperkasaannya.

Anda bisa melihat menara pengintai di setiap sudut bangunan, dan anda bisa langsung melihat ke arah kota Banten Lama. Saat ini hanya ada satu menara pengintai yang masih tersisa.

Alamat: Kampung Pamarican, Banten, Kasemen, Kota Serang, Banten 42191

34. Gunung Batu Lawang

Gunung Batu Lawang via Merahputih

Gunung Batu Lawang via Merahputih

Tempat wisata di Serang berikutnya adalah gunung batu lawang yang menawarkan suasana yang tenang dan asri serta tersembunyi.

Matamu akan dimanjakan oleh pemandangan yang hijau, plus udara segar yang menyejukkan. Lokasi gunung batu lawang ini sendiri berdekatan dengan pelabuhan pada saat kalain menaiki ke gunung batu lawang.

35. Bendungan Sindang Heula

Bendungan Sindang Heula via Youtube

Bendungan Sindang Heula via Youtube

Alamat: Sindangheula, Pabuaran, Serang, Banten

36. Kerkhoff

Kerkhoff

Kerkhoff

Alamat: Jl. Bio Banten, Kasunyatan, Kasemen, Kota Serang, Banten 42616

37. Situs Banten Girang

Situs Banten Girang via @opick_r

Situs Banten Girang via @opick_r

Alamat: Jalan Raya Pandeglang Blok Sempu Banten Girang No.2, Cipare, Serang, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42116

38. Museum Negeri Banten

Museum Negeri Banten via Radarbanten

Museum Negeri Banten via Radarbanten

Alamat: Jl. Brigjen KH Samun No.5, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42112

39. Taman Rekreasi Wulandira

Taman Rekreasi Wulandira via Jalanwisata

Taman Rekreasi Wulandira via Jalanwisata

Alamat: Wanayasa, Kramatwatu, Wanayasa, Serang, Banten 42616

40. Curug Cikotak

Curug Cikotak via @sherlylolytia

Curug Cikotak via @sherlylolytia

Alamat: Cibojong, Padarincang, Serang, Banten 42168

41. Curug Sawer

Curug Sawer via Dinaspariwisatabanten

Curug Sawer via Dinaspariwisatabanten

Alamat: Ujungtebu, Ciomas, Serang, Banten 42164

42. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten via Wacananusantara

Masjid Agung Banten via Wacananusantara

Alamat: Jl. Banten Lama, Banten, Kasemen, Serang, Banten 42161

******

Demikianlah penjelasan mengenai tempat wisata di Serang yang wajib anda kunjungi saat berada di wilayah ini. Selain tempat-tempat di atas sebetulnya masih masih lagi kekayaan wisata di kawasan Serang yang sayang bila terlewatkan begitu saja.

Untuk itulah pastikan anda merencanakan perjalanan wisata dengan sebaik mungkin agar semakin banyak tempat wisata terbaik di Serang yang bisa anda kunjungi.

 

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!