Keindahan Pantai Tanjung Lesung Pandeglang Banten Nan Eksotis

Pantai Tanjung Lesung – Ada banyak tempat wisata di Banten yang menjadi primadona warga Banten, Jakarta dan Indonesia pada umumnya. Di Banten juga terdapat banyak sekali pantai indah yang mengalahkan keindahan pantai-pantai di Indonesia Timur sana.

Ada banyak sekali pantai indah di Banten yang layak kita jadikan sebagai destinasi wisata saat hari libur tiba. Pantai di Banten sangat terkenal dengan pasir pantainya yang putih dan halus serta pemandangan sekitarnya yang menawan. Sebelumnya Tempatwisataseru.com sudah berbagi beberapa pantai Indah di Banten seperti Pantai Papuma Jember Nan Menawan atau Pantai Swarna nan Mempesona.

Kali ini masih seputar pantai di Banten, ada satu pantai yang tidak kalah indah dan eksotisnya, yaitu Pantai Tanjung Lesung. Pantai ini sangat terkenal dengan keindahan alam di sekitarnya, serta pasir pantainya halus dan bersih. Sehingga tidak heran kalau pantai tanjung lesung ini menjadi salah satu tujuan liburan favorit keluarga saat akhir pekan atau musim libur.

Tidak hanya oleh warga Banten, namun juga warga Jawa Barat dan Jakarta, menjadikan pantai ini sebagai destinasi liburan seru bersama keluarga tercinta. Nah, kalau anda sendiri bagaimana? Pasti juga tertarik untuk mengunjungi pantai ini bukan? Tunggu apalagi segera simak panduan liburan di Pantai Tanjung Lesung berikut.

Lokasi Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung berada di ujung barat pulau Jawa, tepatnya di Desa Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang, Banten. Pantai ini menjadi salah satu yang terfavorit di Pulau Jawa, salah satunya karena ombaknya yang tidak terlalu besar, sehingga kita bisa bermain sepuasnya tanpa kawatir terseret ombak seperti di pantai lainnya.

Kalau dari Jakarta, kita harus menempuh perjlanan sekitar 160 km atau sekitar 3 jam perjalanan. Kawasan ini merupakan daratan dengan luas 1500 hektar dengan pasir putih yang bersih sepanjang 15 km. Sangat luas sekali bukan? Ada banyak sekali objek wisata dan permainan disini.

Aktivitas di Pantai Tanjung Lesung

Ada banyak alasan kenapa kita menjadikan pantai tanjung Lesung sebagai tujuan liburan kita, berikut ini beberapa aktivitas seru yang bisa kita lakukan di Pantai Tanjung Lesung seharian:

1. Water sport Pantai Tanjung Lesung

Water sport Pantai Tanjung Lesung

Water sport Pantai Tanjung Lesung

Aktivitas seru di Pantai Tanjung Lesung yang pertama adalah berbagai olahraga air seperti kano, banana boat dan jet ski serta permainan air lainnya yang sangat menantang dan asyik tentunya.

Air laut yang jernih serta relatif lebih tenang membuat kita merasa seperti sedang berada di kolam renang yang sangat luas. Pantai ini sangat cocok untuk bermain anak, apakah berenang, main pasir di pinggir pantai, menyelam sekalipun atau kegiatan bermain ban.

Bagaimana? Seru sekali bukan?

2. Snorkeling dan Diving (menyelam) Pantai Tanjung Lesung

Snorkeling dan Diving (menyelam) Pantai Tanjung Lesung

Snorkeling dan Diving (menyelam) Pantai Tanjung Lesung

Kegiatan seru di Pantai Tanjung Lesung selanjutnya adalah kegiatan Snorkeling atau Diving. Kedua kegiatan tersebut, baik itu menyelam dangkal atau menyelam dalam dengan perlengkapan lebih banyak sama-sama seru dan mengasyikan, apalagi air pantai yang jernih ditambah dengan aneka biota laut yang indah pasti membuat kegiatan menyelam anda semakin seru.

Adapun spot yang seru untuk melakukan kegiatan menyelam ada di pulau Liwungan. Disini anda bisa menyelam menikmati terumbu karang, snorkeling di pantai sekitar serta menikmati keindahan anak gunung krakatau di kejauhan. Dan menjelang sore hari, ribuan burung camar beterbangan adalah suatu pemandangan yang menakjubkan. Jika anda tidak bisa berenang dan bertualangan, sebaiknya jangan pergi ke tempat ini!

Benar-benar pengalaman liburan yang menyenangkan.

3. Menikmati indahnya sunset

Menikmati indahnya sunset Pantai Tanjung Lesung

Menikmati indahnya sunset Pantai Tanjung Lesung

Menikmati sunset di Pantai Tanjung Lesung juga menjadi salah satu aktivitas yang tidak terlupakan. Mungkin hampir sama dengan pantai-pantai lainnya.

Namun, pemandangan indah itu akan terlihat ketika matahari tenggelam di balik anak Krakatau, ini yang membuat sunset disini berbeda daripada tempat lainnya.

Benar-benar suatu pesona yang sangat menakjubkan. Bagi penggemar fotografi, tentu ini merupakan momen indah dan tak boleh terlewatkan sedikit pun.

4. Kuliner di Pantai Tanjung Lesung

Kuliner di Pantai Tanjung Lesung

Kuliner di Pantai Tanjung Lesung

Kalau liburan ke Pantai Tanjung Lesung, anda tidak perlu repot-repot untuk membawa bekal karena di sekitar pantai ini berjejer rumah makan yang menyediakan aneka seafood lezat dan mantap!

Bahkan, seafood party menjadi salah satu meomen yang tidak akan terlupakan di pantai ini. Anda dapat mencicipi aneka hidangan barbeque seafood yang lezat dan menggugah selera yang disuguhkan berbagai restoran di tepi pantai.

Tentu hal ini akan menjadi momen yang dapat semakin menghangatkan dan mengakrabkan Anda dan keluarga ataupun antar anggota dalam rombongan. Bisanya kegiatan ini diadakan pada hari sabtu, saat sebagian besar masyarakat menikmati weekend.

5. Konservasi Terumbu Karang Pantai Tanjung Lesung

Konservasi Terumbu Karang Pantai Tanjung Lesung

Konservasi Terumbu Karang Pantai Tanjung Lesung

Alam yang sudah mulai rusak ini tentu harus kita jaga dan lestarikan untuk anak cucu kita. Salah satunya bisa anda lakukan di pantai ini.

Ada kegiatan menarik yang ditawarkan untuk wisatawan yang datang berkunjung. Anda bisa ikut serta dalam kampanye menjaga kelestarian lingkungan dengan cara menanam terumbu karang.

Di tempat ini Anda akan melihat dan mempraktekkan bagaimana membudidayakan terumbu karang. Kegiatan ini salah satunya dapat Anda lakukan di Liwungan yang berada di disekitar pantai Tanjung Lesung.

Bagi kita yang sangat peduli dengan kelestarian alam maka sangat direkomendasikan untuk mencoba kegiatan yang sangat bernilai ini, terlebih jika anda datang bersama anak-anak maka konservasi terumbu karang ini akan mengajarkan mereka untuk lebih peduli dan mencintai alam sekitar.

6. Memancing di Pantai Tanjung Lesung

Memancing di Pantai Tanjung Lesung

Memancing di Pantai Tanjung Lesung

Anda hobi memangcing? bagi mancing mania, melihat genangan air yang paling ditunggu-tunggu tentu saja kegiatan fishing. Nah, anda juga bisa menyalurkan hobi anda disini.

Anda bisa memancing sepuasnya disini, baik itu di dermaga ataupun dengan menyewa perahu/boat.

Untuk mencari spot terbaik yang bisa membuat strike lebih “melawan” silahkan sewa boat untuk berkeliling sejenak di pantai ini.

7. Menonton pertunjukan tarian api di Pantai Tanjung Lesung

Menonton pertunjukan tarian api di Pantai Tanjung Lesung

Menonton pertunjukan tarian api di Pantai Tanjung Lesung

Kegiatan yang tidak kalah serunya yang bisa kita lakukan disini adalah menonton pertunjukan seni berupa tarian api yang fenomenal.

Bagi anda yang baru pertama kali melihatnya tentu saja akan terkagum-kagum karena kita akan melihat manusia berkolaborasi dangan percikan api di tubuh mereka.

Ada yang makan api, melompati lingkaran api, bermain bola api, dan lain sebagainya.

Aktivitas ini jangan anda lakukan di rumah ya, tanpa pengawasan ahli tentunya.

8. Sunrise Pantai Tanjung Lesung

Sunrise Pantai Tanjung Lesung

Sunrise Pantai Tanjung Lesung

Selain dapat menikmati sunset anda juga bisa menikmati sunrise di pantai ini. Keindahan matahari yang menguning di pagi hari juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang datang liburan ke Pantain ini.

Keindahan sunrise bisa dinikmati terutama bagi anda yang menginap di sekitar pantai ini.

Anda akan menyaksikan matahari terbit di balik bakau, tentu akan jauh lebih indah.

Jangan lewatkan juga: Liburan ke Pantai Anyer Banten

9. Jalan-jalan di Pinggir Pantai

Jalan-jalan di Pinggir Pantai Tanjung Lesung

Jalan-jalan di Pinggir Pantai Tanjung Lesung

Anda juga bisa jalan-jalan di pinggir pantai, atau jogging di pagi dan sore hari, untuk membakar lemak di tubuh tentunya :D.

Udara segar serta tiupan semilir angin akan memberikan spirit baru untuk anda berusaha menenangkan pikiran setelah seminggu penuh menjalani rutinitas di kantor.

Atau anda juga bisa hunting-hunting foto sambil menulis di pasir pantai untuk orang-orang disana yang tidak bisa ikut.

Apapun bisa kita lakukan di pantai ini. Bagaimana, anda tertarik untuk liburan ke pantai Tanjung Lesung?

Siapkan diri anda! 🙂

Akomodasi di Pantai Tanjung Lesung

Bagi anda yang datang dari jauh, tenang anda bisa menginap di sekitar pantai ini dengan harga yang beragam, terganrung budget yang kita siapkan. Bagi anda yang menyiapkan dana pas-pasan, anda bisa tinggal di losmen dan home stay dengan tarif terjangkau dan fasilitas sederhana.

Sementara untuk anda yang menyiapkan dana lebih, anda bisa menginap di hotel dan resort di tepi pantai indah Tanjung Lesung yang berharga hingga jutaan rupiah per malam. Memang, view terbaik di kawasan ini adalah yang terletak di lokasi akomodasi mewah ini. Anda tidak siap dana dengan biaya menginap, lebih baik jangan pernah mimpi berlibur ke pantai Tanjung Lesung!

Rute ke Pantai Tanjung Lesung

Untuk rute perjalanan menuju pantai tanjung lesung sudah di jelaskan di atas, namun untuk lebih jelasnya, anda yang berangkat dari Jakarta, Anda bisa mengambil rute tol Tangerang-Merak – keluar di gerbang tol Serang Timur – lanjut ke Pandeglang, Labuan. Rute lain menuju ke lokasi wisata ini adalah ketika keluar tol Merak – Tangerang, Anda bisa melalui tol Cilegon, melewati pesisir Anyer hingga Labuan. Setelah itu, Anda akan sampai ke pantai indah ini.

Jika memutuskan untuk menggunakan transportasi umum, naiklah bus dengan tujuan Terminal Labuan, kemudian lanjutkan perjalanan Anda dengan menggunakan ojek menuju obyek wisata ini

Tips Liburan di Pantai Tanjung Lesung

Sebelum berangkat, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diantisipasi, diantaranya seperi:

  • Bawa Obat Anti Mabuk

Ini snagat penting untuk anda yang datang dari jauh, jangan sampai kita berniat rekreasi justru malah mabuk di jalan, tentu saja perjalanan kita menjadi melelahkan. Tanjung Lesung hanya dapat diakses melalui jalur darat. Jika Anda menggunakan mobil pribadi dari Jakarta, jalan tol pasti akan dilewati.

Ketika memasuki Kabupaten Pandeglang, jalan akan naik, turun, dan berkelok-kelok sehingga akan mengguncangkan tubuh Anda. Guncangan tersebut akan membuat Anda mengalami mabuk perjalanan. Salah satu cara untuk mencegah mabuk darat adalah meminum obat anti mabuk sebelum perjalanan.

  • Alat Dasar Selam

Meskipun disini di sediakan tempat penyewaan alat penyelaman, anda juga bisa membawa alat selam dasar seperti alat-alat berupa fin (kaki katak), masker, snorkel, dan pelampung. Beberapa titik yang bisa anda jadikan sebagai tempat menyelam diantaranya: Batu Pemecahan, Pulau Liwungan, di sekitar Beach Club, bahkan juga di sekitar Taman Nasional Ujung Kulon.

  • Bawa Makanan Ringan

Meskipun tersedia rumah makan, tidak ada salahnya kalau anda membawa makanan ringan untuk camilan, untuk menemani saat kita sedang santai. Hal ini dikarenakan anda akan kesulitan untuk menemukan toko atau warung yang menjajakan makanan ringan. Anda harus keluar terlebih dahulu menuju pintu gerbang utama untuk dapat membeli makanan ringan.

Jika tidak ingin kesusahan untuk mencari makanan ringan, persiapkan bawaan ini sebelum Anda tiba di kawasan wisata Tanjung Lesung. Anda akan melewati minimarket atau warung-warung kecil yang menjual kebutuhan Anda.

  • Baju Ganti

Membawa baju ganti tentu saja sudah menjadi kebiasaan kita yang hendak liburan ke pantai. Namun, bawalah baju ganti yang lebih, karena garis pantai memanjang indah siap memanjakan liburan Anda. Anda dapat berjalan menyusuri pantai dan menikmati matahari terbenam. Di Beach Club menawarkan wisata olahraga air seperti banana boat, kayak laut, hingga snorkeling. Nah berarti, Anda akan berbasah-basah ria sambil menikmati petualangan di alam yang asri ini. Jangan lupa untuk membawa baju ganti.

Bagaimana? Anda pasti sudah tidak sabar lagi untuk mengunjungi pantai Tanjung Lesung untuk menikmati keindahan pantai ini bukan? Siapkan segala kebutuhan yang dibutuhkan. Kunjungi juga Keindahan Pantai Carita di Banten

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!