Liburan ke Pantai Papuma Jember Nan Menawan

Pantai Papuma Jember – Negara kita sebagai negara kepulauan memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Pantai di Indonesia sangat beragam sekali, ada yang ombaknya tenang, sampai ombaknya ganas. Ada yang landai, curam, terjal dan lain sebagainya.

Pantai-pantai di Indonesia sudah terkenal sampai ke Mancanegara. Nah, selain pantai Kuta di Bali, sebenarnya masih ada banyak sekali pantai-pantai yang menawan yang layak dijadikan sebagai destinasi wisata kita dan keluarga. Sebut saja pantai Papuma Jember.

Pantai Papuma Jember juga memiliki keindahan yang sangat menawan. Nama pantai ini sebenarnya singkatan dari pasir putih malikan. Pasir putih di pantai ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berlibur menikmati aneka permainan pantai atau mandi-mandi sepuasnya.

Jangan lewatkan 20 Tempat Wisata di Jember Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Pantai Tanjung Papuma adalah pada saat Perhutani menemukan pantai ini merupakan sebuah daratan kecil yang menjorok ke laut. Untuk lokasinya sendiri, pantai Papuma Jember ini terletak di desa Suberejo Kecamatan Ambulu kabupaten Jember. Pantai ini berada sekitar 37 km dari kota Jember.

Pantai Papuma Jember

Pantai papuma Jember memiliki keindahan alam yang eksotis, karena alamnya masih sangat alami dan asri, selain itu pantai ini dikelilingi oleh barisan bukit, ekosistemnya masih sangat terjaga dan juga udaranya sangat sejuk karena pantai ini berdekatan dengan hutan lindung yang sangat mendukung untuk kegiatan outdoor misalnya berkemah, outbound, bersantai, penelitian, dan lain-lain.

Pantai ini konon yang tereksotis di Jawa Timur, tidak heran kalau ada banyak wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini untuk menghabiskan waktu liburan bersama pasangan atau orang tercinta. Airnya yang berwarna hijau kebiruan menambah pesona dan kesan yang indah.

Wisata Pantai Papuma Jember

Wisata Pantai Papuma Jember

Pulau Nusa Barong

Nah, bagi para mancing mania, di sekitar pantai ini juga ada spot memancing yang layak untuk anda coba, yaitu Pulau Nusa Barong. Pulau ini berupa karang besar, alami, indah, dan masih tidak berpenghuni. Untuk menuju ke Pulau Nusa Barong, Anda bisa menyewa perahu nelayan dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan.

Liburan ke Pulau Nusa Barong

Liburan ke Pulau Nusa Barong

Tiket Masuk Pantai Papuma Jember

Untuk dapat menikmati liburan di pantai ini, anda harus membayar tiket Rp 15.000,00 untuk hari biasa dan pada hari libur Rp 17.500,00 . Sedangkan kendaraan yang masuk area pantai dikenakan biaya roda 2 dengan biaya Rp 1.000,00 sedangkan roda 4 dikenakan biaya 2.000,00 dan lebih dari roda 4 yaitu Rp 6.000,00. (Harga bisa berubah).

Pantai yang terkenal indah ini bukan hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik saja, melainkan sampai wisatawan asing juga datang untuk menikmati keindahan pantai Papuma, objek wisata andalan Kota Jember ini. Wisatawan dari mancanegara akan dikenakan tarif 30.000 untuk hari biasa dan hari libur.

Tiket Masuk Pantai Papuma Jember

Tiket Masuk Pantai Papuma Jember

Momen Terbaik di Pantai Papuma

Untuk mendapatkan timing yang terbaik, ada waktu-waktu terbaik untuk berlibur ke pantai ini, yaitu pukul 11.00 sampai dengan matahari terbenam. Mulai dari santap siang dengan menu seafood di deretan warung tepi pantai sampai dengan momen matahari tenggelam bisa diabadikan dengan baik dalam kamera Anda. Menginaplah di pusat kota Jember sambil menikmati kuliner khas kota Jember. Sungguh pantai yang indah dan eksotis. Pasti terbayar kepuasan Anda ketika berkunjung ke kawasan wisata Pantai Papuma dan kota Jember.

Penginapan di Pantai Papuma

Anda tidak perlu bingung-bingun untuk masalah penginapan, karena di sekitar lokasi ada banyak cottage yang disewakan dengan harga bervariasi sesuai dengan fasilitas yang disedikan. Nah, dari pihak pengelola wisata yaitu perhutani menawarkan banyak pondok dan cottage dengan harga 150-450 ribu rupiah dengan wasilitas yang berbeda sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Selain cottage-cottage yang disediakan, anda juga bisa menginap di hotel sekitar pantai ini, hotel yang letaknya di dekat kota jember dengan tarif yang lebih murah yaitu antara 70 ribu – 100 ribu kamar tanpa AC dengan fasilitas kamar mandi dalam, TV dan single bed atau dengan harga 120 ribu keatas anda akan mendapatkan fasilitas TV, AC, kamar mandi dalam, dan sarapan pagi. Beberapa penginapan itu seperti Hotel Cendrawasih, Hotel Merdeka dan Hotel Bintang Mulia.

Rute ke Pantai Papuma Jember

Nah, pasti anda sudah tidak sabar ingin segera menikmati liburan di pantai ini bukan? Bagi warga sekitar tentu saja mereka sangat menhgfal rutenya. Nah untuk anda yang dari luar desa atau wilayah Jawa Tirmu lainnya, anda bisa menggunakan bis tujuan Jember (Terminal Tawang Alun) dari Terminal Bungurasih Surabaya. Atau bisa juga menggunakan moda transport keretaapi dari Stasiun Gubeng Surabaya menuju Stasiun Jember. Menggunakan kereta Anda dapat memilih kelas yang sesuai budget di kantong, kelas ekonomi ada kereta Sri Tanjung atau Logawa (tarifnya sekitar 50ribu) sedangkan kereta eksekutif/bisnis Mutiara Timur siap melayani perjalanan Anda (biaya berkisar 75-150ribu).

Catatan Penting untuk Anda, ada baiknya menyewa mobil/motor dari kota Jember jika anda tidak membawa kendaraan sendiri untuk menuju kawasan wisata Pantai Papuma. Karena tidak ada kendaraan umum yang menuju ke Pantai Papuma. Untuk harga sewa mobil silahkan lakukan tawar menawar sendiri kisarannya sekitar 200-300 ribu per hari.

Bagi anda yang berada di atau di luar Jawa Timur, bisa menggunakan pesawat, dari Surabaya ke Jember cuma butuh 35 menit. Penerbangan cuma sekali menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Biayanya berkisar sekitar 700rb PP Surabaya-Jember. Nah, setelah tiba Bandara Notohadinegoro Jember Anda bisa sewa mobil untuk menuju Pantai Papuma.

Atau, jika anda menggunakan kendaraan pribadi, dari kota Surabaya silahkan ambil rute ke arah kota Sidoarjo dan ikuti terus petunjuk jalan menuju ke arah kota Pasuruan. Kemudian, dari Pasuruan, Anda ambil rute ke kota Probolinggo – Lumajang – Jember.

Sesampainya di kota Jember, Anda pilih rute ke arah utara Jln. Kartini – Jln. Gatot Subroto – Jln. Jendral Ahmad Yani – Jln. Nasional III – lalau belok kiri ke Jln Otto Iskandar Dinata – Jln. Semeru – Jln. Argopuro – Jln. Kawi – Jln. Jember Ambulu – Jln. Kopral Suetomo – Jln. Raya Suyitman – Jln Ambulu – Watulo. Terakhir, Anda tinggal mengikuti petunjuk yang ada untuk bisa sampai di pantai Papuma.

Mitos yang Berkembang di Papuma Jember Jawa Timur

Meskpiun sekarang ini sudah modern, mitos di pantai ini  hingga kini masih berkembang dan dipercayai oleh sebagian masyarakat. Ada cerita mistis di pantai ini. Beberapa yang berkembang yaitu:

  • Pantai papuma yang masuk dalam rangkaian pantai selatan dicap sering memakan korban, karena memiliki gulungan ombak besar dan ganas, sehingga banyak wisatawan hanyut tertelan ombak.
  • Selain itu, terdapat sebuah batu besar, Batu Malikan yang sebagian masyarakat percayai sebagai tempat Raden Mursada untuk memancing. Dan di atas batu tersebut, Raden Mursada tak sengaja memancing ikan ajaib yang ternyata Raja Mina dan kemudian ia lepaskan. Selain itu, di batu ini juga konon kail Joko Samudera tersebut tersangkut ular raksasa yang kemudian dibelahnya menjadi tiga bagian.

Tentu saja kita tidak harus mempercayai mitos ini sepenuhnya, ombak yang besar tentu saja berbahaya karena dapat menggulung siapa saja yang bermain dan mandi di ombak besar tersebut.

Keindahan Pantai Papuma

Terlepas dari mitos yang beredar, pantai yang sudah terkenal sampai ke mancanegara ini memiliki panorama indah yang memukau siapa saja yang datang. Keindahan alam di sekitar pantai ini juga akan membuat anda semakin betah berlama-lama di pantai ini.

Anda akan disambut dengan dengan panorama hutan jati, hutan jati ini merupakan jalan utama untuk masuk menuju pantai ini. Hutan tersebut bernama Hutan Maliki yang masih mempunyai kekayaan fauna dan flora khas Indonesia. Pihak pengelola telah menyediakan jalan khusus bagi wisatawan untuk menuju pantai Papuma, sehingga tidak perlu takut melewati jalan di hutan ini.

Pantai Papuma dikenal juga dengan nama pantai Tanjung Papuma karena posisi daratannya menjorok ke laut menyerupai tanjung. Pemandangan pantai Papuma sangat indah dengan suguhan perpaduan antara pasir putih dan batu karang yang menyebar di tepi pantai.

Tujuh karang besar yang menjulang di pantai menjadi ciri khas dari pantai Papuma. Ukurannya yang besar membuat karang-karang itu menyerupai sebuah pulau. Ketujuh karang memiliki nama masing-masing yaitu pulau Kresna, pulau Batara Guru, pulau Narada, pulau Nusa Barong, dan pulau Kajang serta pulau Kodok karena bentuknya menyerupai kodok.

Ketika ombak mulai surut, pengunjung bisa merasakan sensasi berdiri di atas batu karang dan terpaan angin yang menyentuh wajah. Namun, tetap harus berhati-hati karena batu karangnya kasar dan terjal, sehingga Anda bisa terluka bila tidak hati-hati. Kemudian, ketika laut surut Anda juga dapat melihat ikan yang berkejaran secara lincah di bawah karang.

Air laut di pantai ini cukup tenang, sehingga nelayan banyak yang berlabuh untuk beristirahat dan turun dari kapal sekitar pukul 11.00 sampai 13.00 siang. Selain itu, biasanya para nelayan juga membawa ikan hasil tangkapan yang bisa Anda beli untuk dibakar langsung di tepi pantai bersama teman-teman. Anda bisa juga membawa ikan-ikan tersebut ke warung-warung yang ada di sekitar pantai untuk dimasak.

Bagaimana, anda semakin tertarik untuk menghabiskan waktu liburan bersama orang-orang tercinta ke pantai ini? Tunggu apalagi, yuk susun rencana liburan ke pantai Papuma Jember yang cantik dan eksotis ini. Demikianlah ulasan dari kami seputar keindahan pantai Papuma Jember, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Kunjungi juga Wisata pantai sawarna Banten

One Response

Leave a Reply

error: Content is protected !!