Daftar Objek Wisata di Lebak Banten Paling Hits

Tempat Wisata di Lebak – Lebak merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Banten dan beribukota di Rangkasbitung. Mendengar nama Lebak mungkin yang langsung muncul dalam pikiran anda adalah sebuah kota yang kaya akan nilai-nilai budaya lokal masyarakat setempat.

Anggapan tersebut memang benar karena hingga saat ini masih ada Suku Baduy yang tinggal di wilayah Lebak. Namun lokasi tempat tinggal mereka cukup jauh dari pusat keramaian.

Dibalik kekayaan budaya yang dimiliki oleh Lebak ternyata kawasan ini memiliki banyak tempat wisata yang pasti memiliki daya tarik tersendiri. Tempat wisata di Lebak bisa menjadi pilihan terbaik saat akhir pekan atau hari libur tiba terutama bagi anda yang tinggal di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Kunjungi juga yuk: 42 Objek Wisata di Serang Banten yang Wajib Dikunjungi

Lokasi Lebak memang berdekatan dengan pesisir pantai sehingga tak heran bila daerah ini memiliki banyak wisata bahari yang bisa dieksplorasi.

Namun tempat wisata di Lebak tidak hanya terbatas pada wisata bahari saja tetapi berbagai jenis wisata lainnya seperti wisata air terjun, wisata sejarah, wisata gunung dan lain sebagainya.

Untuk itulah bagi anda yang merencanakan liburan ke Lebak maka ketahui apa saja tempat wisata yang bisa dikunjungi sehingga memudahkan perjalanan wisata anda.

Tempat Wisata di Lebak yang Wajib Dikunjungi

Bagi anda yang belum pernah berkunjung ke Kabupaten Lebak mungkin akan kebingungan mencari tempat wisata yang bisa dikunjungi. Sebab tak lengkap rasanya bila sudah berada di Lebak namun tidak mampir ke obyek wisatanya.

Namun anda tak perlu khawatir karena berikut ini akan dijelaskan daftar tempat wisata di Lebak yang bisa menjadi referensi anda sebelum berwisata:

1. Pantai Karang Bokor

Pantai Karang Bokor

Pantai Karang Bokor

Pantai Karang Bokor merupakan salah satu pantai di Kabupaten Lebak yang lokasinya berada di Desa Sawarna, Bayah, Lebak.

Pantai yang satu ini memang sangat wajib untuk anda kunjungi karena memiliki panorama alam yang sangat indah. Saat tiba di Pantai Karang Bokor maka anda bisa menyaksikan sebuah karang besar yang ada di tengah laut.

Karang tersebut juga menjadi ikon pantai Karang Bokor sehingga banyak wisatawan yang penasaran ingin menyaksikan karang besar tersebut.

Saat air laut sedang pasang tinggi biasanya karang tersebut akan terhempas oleh ombak sehingga akan menimbulkan suara yang menggelegar. Momen seperti inilah yang sangat dinantikan oleh para wisatawan karena bisa menyaksikan secara langsung kedahsyatan ombak di Pantai Karang Bokor.

Alamat: Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten

2. Pantai Pasir Putih Sawarna

Destinasi Wisata Pantai Sawarna di Banten

Destinasi Wisata Pantai Sawarna di Banten

Pantai yang satu ini dikenal memiliki ombak yang unik karena gulungan ombaknya akan mengecil di bibir pantai dan bisa dimainkan oleh wisatawan.

Di bagian pesisir pantai terlihat jala yang dipasang membentang di hamparan pasir sebagai penengah untuk permainan voli pantai. Tentunya nama putih yang ada pada pantai ini memang identik dengan pasir yang putih dan bersih.

Keindahan Pantai Sawarna

Keindahan Pantai Sawarna

Saat berada di Pantai Pasir Putih Sawarna, anda akan dimanjakan oleh hamparan pasir serta garis pantai yang mencapai 5 kilometer. Tekstur pasir di pantai ini memang sangat halus dan lembut sehingga akan memberikan sensasi dingin saat bersentuhan dengan kaki anda.

Tetapi semakin ke bibir pantai maka pasirnya juga akan berubah menjadi lebih keras dan warnanya kehitaman. Biasanya wisatawan yang datang ke pantai ini sering menggunakan pasir pantai yang lembut untuk dijadikan bahan permainan pasir sambil menikmati gulungan ombak.

Lokasi: Jl. Sawarna Km. 12 No.1, Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak

Simak selengkapnya: Wisata Pantai Sawarna – Syurga Banten yang Tersembunyi

3. Curug Ciporolak

Curug Ciporolak via @megasucilestari_msl

Curug Ciporolak via @megasucilestari_msl

Tempat wisata di Lebak juga berupa wisata air terjun salah satunya adalah Curug Ciporolak. Obyek wisata curug ini berada di Cibeber Lebak dengan kondisi alam yang masih alami dan terjaga dengan baik.

Tak heran saat anda berada di kawasan wisata ini maka anda bisa merasakan suasana alam yang segar dan dingin. Suhu air di obyek wisata ini juga selalu stabil dengan kisaran suhu 15 derajat Celcius.

Nama Curug Ciporolak sendiri ternyata memiliki arti yang unik yaitu berasal dari kata Ciporolak yang berarti reruntuhan atau berjatuhan.

Penamaan tersebut memang berdasarkan pada bebatuan kecil yang biasanya sering jatuh terbawa arus dari bagian atas curug menuju ke bawah sehingga menghasilkan bunyi benda yang jatuh.

Ketika anda mengunjungi Curug Ciporolak maka anda bisa merasakan sensasi suara gemercik air terjun dipadu dengan kicauan burung yang memanjakan telinga.

Selain menyaksikan pemandangan alam, pengunjung juga bisa berenang di dibagian tepi air terjun karena bagian tengahnya yang dalam. Namun untuk menuju ke obyek wisata ini anda harus berhati-hati karena medan jalannya yang terjal dan ekstrim.

Lokasi: Kampung Lebak Picung, Hegarmanah, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten.

4. Curug Cihear

Curug Cihear via @jons_iskan

Curug Cihear via @jons_iskan

Curug Cihear merupakan salah satu obyek wisata di Lebak yang lokasinya berada di kawasan pedalaman. Untuk itulah tak heran bila akses menuju curug ini memang cukup sulit dan membutuhkan perjuangan.

Karena masih minimnya informasi maka tak heran bila jumlah wisatawan yang datang ke curug ini juga belum banyak. Jalan menuju ke Curug Cihear memang cukup sulit karena anda harus melalui jalan yang berbatu dan membuat anda merasa lelah.

Namun rasa lelah tersebut akan terbayarkan dengan keindahan pemandangan yang disuguhkan oleh curug ini. Curug ini sebetulnya berada di Gunung Leutik atau berada di dalam kawasan Gunung Halimun Salak.

Curug yang memiliki tinggi 28 meter dan lebar 6 meter ini memang bisa menjadi pilihan terbaik untuk melepas penat.

Lokasi: Lebaksitu, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten

5. Curuh Kanteh

Curuh Kanteh via IG

Curuh Kanteh via IG

Satu lagi obyek wisata air terjun yang ada di kawasan Lebak dan wajib anda kunjungi yaitu Curug Kanteh. Dimana curug yang satu ini lokasinya memang masih sangat sulit dijangkau karena anda harus membelah hutan serta menyusuri aliran sungai untuk tiba di curug ini.

Medan jalan yang berat tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi anda untuk bisa menaklukkanya. Namun rasa lelah selama perjalanan seolah terbayarkan saat tiba di Curug Kanteh dan menyaksikan keindahan pemandangan alam yang alami dan asri.

Terlebih air terjun ini ternyata memiliki ketinggian sekitar 80 meter sehingga menjadi daya tarik yang luar biasa. Butiran-butiran air yang berjatuhan seolah menghempas rasa lelah anda melalui perjalanan yang berat dan panjang.

Lokasi: Desa Cijengkol, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak

6. Agrowisata Kebun Teh Cikuya

Agrowisata Kebun Teh Cikuya via @iilf.azz

Agrowisata Kebun Teh Cikuya via @iilf.azz

Obyek wisata yang satu ini memang sudah resmi dibuka pada tahun 2006 yang lalu dan dikelola oleh PT. Harendong Green Farm.

Luas area kebun teh ini yaitu 120 ha sehingga tampak begitu luas dan membentang. Saat berkunjung ke obyek wisata ini, anda bisa menyaksikan keindahan kebun teh yang berjajar dengan rapi serta ditambah suasana khas pegunungan yang sejuk.

Keindahan kebuh teh ini memang tak jauh berbeda dengan kebuh teh di daerah lainnya karena kebun teh ini terawat dengan baik dan tampak begitu bersih.

Untuk menuju ke kebun teh ini anda tidak perlu menempuh perjalanan yang sulit karena medan jalannya sudah cukup bagus. Di sepanjang perjalanan anda juga akan dimanjakan oleh panoraman yang indah dengan deretan pepohonan yang berbaris rapi.

Bahkan anda bisa menyaksikan keindahan pantai di kawasan Lebak Selatan yang sangat memesona. Para petani tampak sedang memetik daun teh di kebun-kebun tersebut sehingga akan memberikan nuansa yang khas.

Tak hanya bisa menikmati keindahan kebun teh, anda juga bisa berkunjung ke pabrik pengolahan teh untuk melihat proses pengolahan daun teh hingga siap dikonsumsi.

Lokasi: desa Cikuya Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak

7. Curug Kumpay

Curug Kumpay via @rbangkit177

Curug Kumpay via @rbangkit177

Tempat wisata di Lebak yang satu ini memang memiliki cerita misteri yang membuat banyak orang semakin penasaran. Sebab keberadaan curug ini juga belum banyak terkuak oleh para wisatawan karena lokasinya di dalam hutan.

Namun bila anda ingin menjelajah ke Curug Kumpay maka sebaiknya silakan menggunakan jasa pemandu wisata dari warga setempat agar anda tidak tersesat.

Lokasi curug ini tidak hanya tersembunyi namun juga dianggap sakral karena pada saat-saat tertentu dijadikan sebagai lokasi ritual.

Saat melakukan perjalanan menuju curug, maka anda akan menemukan turunan berbatu yang curam. Selama perjalanan, anda bisa menyaksikan hamparan perbukitan hijau dan sawah.

Selanjutnya perjalanan akan berlanjut ke perkampungan di bagian lembah dan melewati sungai kecil yang airnya jernih. Dibalik semak-semak munculah suara gemuruh air terjun yang alirannya menjuntai indah.

Curug dengan tinggi 20 meter ini memang sangatlah indah dan membuat rasa lelah selama perjalanan anda terbayar sudah.

Lokasi: Kampung Kumpay, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten

8. Curug Cibangkit

Curug Cibangkit

Curug Cibangkit

Curung Cibangkit merupakan obyek wisata air terjun yang lokasinya berada di Desa Maja, Sobang, Lebak. Lokasi curug ini memang cukup tersembunyi sehingga masih banyak wisatawan yang belum tahu tentang keberadaan curug ini.

Namun dari informasi yang beredar, curug ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan dikeliling oleh hutan. Keunikan curug ini adalah bentuk aliran airnya yang bertingkat dengan ketinggian yang berbeda. Selain itu terdapat pula bebatuan besar di dasar air terjun sehingga terasa semakin indah.

Lokasi: Desa Majasari, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Banten

9. Curug Sipayung

Curug Sipayung

Curug Sipayung

Obyek wisata Curug Sipayuh merupakan tempat wisata alam yang banyak dimintai oleh wisatawan baik lokal maupun luar daerah Lebak.

Untuk itulah pihak pemerintah desa Pairhaur berupaya melakukan terobosan supaya obyek wisata ini semakin menarik dan mengundang banyak wisatawan.

Keindahan curug ini memang tak boleh terlewatkan karena pemandangan alamnya yang luasr biasa dan tidak kalah dengan tempat lain.

Terlebih lokasinya yang berada di kawasan pegunungan menjadikan obyek wisata ini memiliki udara yang bersih dan sejuk. Curug Sipayung juga memiliki lima tingkatan aliran air sehingga sangat cocok untuk anda yang gemar berwisata alam.

Lokasi: Desa Sipayung, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten

10. Situ Palayangan

Situ Palayangan

Situ Palayangan

Tempat wisata di Kabupaten Lebak juga berupa danau atau oleh masyarakat setempat disebut dengan istilah situ. Kali ini salah satu situ yang cukup terkenal di Lebak yaitu Situ Palayangan bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang terbaik untuk mengisi waktu liburan.

Bila anda berangkat dari Rangkasbitung maka anda harus menempuh perjalanan sejauh 2 kilometer saja. Saat tiba di Situ Palayangan, anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang begitu indah terutama di sekitar danau.

Lokasi Situ ini juga merupakan jalan menuju ke Baduy sehingga tak ada salah untuk mampir sejenak. Tidak hanya menjadi obyek wisata, Situ Palayangan ini juga menyediakan air untuk irigasi persawahan penduduk di Kecamatan Karanganyar dan Cimarga. Pada situ ini juga terdapat pulau kecil yang menambah keindahan situ.

Lokasi: Desa Marga Jaya, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten

11. Pantai Talanca

Pantai Talanca

Pantai Talanca

Pantai Talanca juga sering disebut sebagai Pantai Emas Beach yang mempunyai hamparan pasir putih yang membentang seakan tanpa batas.

Di sepanjang pinggir pantai anda bisa menyaksikan pohon-pohon pantai yang rindang sehingga memberikan kesan yang sejuk. Pada bagian ujung timur pantai, juga terdapat perpaduan air tawar dan air laut yang dipisahkan oleh sebuah bukit kecil.

Sejak dibuka pada taun 1981 untuk umum, jumlah wisatawan yang datang ke pantai ini memang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tak heran bila kini di sekitaran pantai banyak terdapat cottage dan hotel sebagai tempat menginap wisatawan.

Lokasi: Desa Cilangkahan, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak

12. Wisata Seni Batik Khas Lebak

Wisata Seni Batik Khas Lebak

Wisata Seni Batik Khas Lebak

Batik merupakan karya seni yang khas dari masyarakat Indonesia dan banyak daerah yang memiliki kesenian batik yang khas termasuk seni batik Lebak.

Bagi anda yang berkunjung ke Lebak maka sempatkan untuk mampir ke pusat seni batik khas Lebak yang bisa ditemukan di kawasan Lebak.

Bahkan seni batik khas Lebak ini juga telah memperoleh hak paten sehingga tidak akan mudah diakui oleh negara lain. Saat ini batik khas Lebak memiliki 12 motif yang terus dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Lebak.

Tentunya masing-masing dari motif batik tersebut memiliki bentuk motif yang unik dan khas sehingga anda wajib untuk memilikinya.

Lokasi: Kecamatan Lebak, Kabupaten Lebak, Banten, Indonesia

13. Situs Cibedug

Situs Cibeduk via Tribunnews

Situs Cibeduk via Tribunnews

Obyek wisata yang satu ini memang sangat cocok untuk anda yang suka dengan sejarah. Obyek wisata Situs Cibeduk berada di Cibeber Lebak dan merupakan sebuah nama kampung di wilayah Desa Citorek Barat.

Kampung ini memang terkenal karena adanya sisa peninggalan zaman megalitik yaitu berupa punden berundak dan menhir yang ada pada sebuah kompleks.

Namun kompleks tersebut kini telah diisolasi dan diberi nama menjadi situs Lebak Cibedug. Untuk sisa peninggalan zaman megalitikum di Cibeduk ini terdapat setidaknya sembilan teras dari susunan batu yang bentuknya lonjong seperti menhir.

Lokasi situs ini juga berada di kawasan lereng gunung sehingga memberikan kesan yang lebih menakjubkan.

Lokasi: Dusun Lebak Cibedug, Desa Citorek, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak

14. Wisata Air Panas Senanghati

Wisata Air Panas Senanghati

Wisata Air Panas Senanghati

Obyek wisata Air Panas Senanghati juga disebutan sebagai Mata Air Panas Citando yang selama ini menjadi destinasi favorit para wisatawan.

Mata Air Panas yang ada di kawasan Malingping ini memang belum banyak dikenal wisatawan terutama dari luar wilayah Lebak. Meskipun begitu sebetulnya wisata air panas ini sudah ada sejak lama dan pernah terkenal di masa dulu.

Bahkan muncul cerita tentang penemuan mata air panas ini yang diperkirakan ditemukan oleh seorang nenek pada tahun 1940-an. Semenjak saat itulah mata air panas ini semakin banyak dikenal dan dikunjungi wisatawan.

Lokasi: Desa Senang Hati, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak

15. Pantai Suka Hujan

Pantai Suka Hujan via Merahputih

Pantai Suka Hujan via Merahputih

Nama pantai yang satu ini memang cukup unik namun nama tersebut ternyata berasal dari lokasi pantai tersebut yang berada di Desa Suka Hujan.

Selain itu pantai ini juga berada dekat dengan muara sungai Suka Hujan sehingga sangat jarang ada orang yang beraktivitas air di pantai ini.

Meskipun begitu Pantai Suka Hujan memiliki pasir yang berwarna puti dan karang-karang sekitar pantai yang sangat memukau.

Di pantai ini tampak awan yang begitu dekat dengan pantai sehingga menjadi pemandangan yang wajib untuk diabadikan.

Pantai Suka Hujan memang tidak seluas pantai-pantai lainnya di Lebak namun ketika anda berlibur ke pantai ini maka masih banyak aktivitas seru yang bisa anda lakukan. Misalnya saja dengan berjalan di atas batu karang dan berbincang dengan para nelayan di sekitar pantai.

Lokasi: Desa Suka Hujan, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak

16. Pantai Cihara

Pantai Cihara

Pantai Cihara

Pantai Cihara merupakan salah satu pantai di Lebak yang memiliki keindahan alam yang tak perlu diragukan lagi. Sebab di sekitar pantai ini terdapat tebing-tebing yang khas dan sangat cocok untuk anda yang gemar fotografi.

Namun cukup disayangkan karena pantai ini memiliki area pasir yang tidak terlalu luas sehingga tidak bisa digunakan untuk bermain pasir dan air laut.

Meskipun begitu anda masih bisa menikmati suasana pantai yang dengan suara deburan ombak serta gugusan karang yang begitu indah. Bahkan daa banyak wisatawan yang menyebut Pantai Cihara sebagai pantai yang romantis dan cocok untuk bersantai bersama pasangan.

Lokasi: Kampung Sukahujan, Desa Ciparahu, Cihara, Kabupaten Lebak

17. Pantai Goa Langir Sawarna

Pantai Goa Langir Sawarna via @anisayuniara

Pantai Goa Langir Sawarna via @anisayuniara

Berbicara tentang obyek wisata alam di Lebak terutama wisata pantai memang seolah tak ada habisnya. Salah satunya adalah Pantai Goa Langir Sawarna yang memiliki pesona keindahan tiada duanya.

Lokasi pantai ini berada sekitar 2 kilometer dari pusat keramaian sehingga bagi anda yang mencari tempat wisata yang tenang maka pantai ini adalah solusinya.

Saat tiba di Pantao Goa Langir Sawarna maka anda akan disambut oleh hamparan pasir putih yang tampak membentang. Terdapat pula gerbang sederhana yang akan menyambut anda di pintu masuk pantai ini.

Angin yang sejuk serta suasana pantai yang khas dipadu birunya laut dan gelombang tinggi tentu menjadi perpaduan yang sangat indah.

Terlebih pantai ini juga dibatasi oleh tebing yang kokoh pada bagian kiri sehingga terlihat semakin menakjubkan. Sambil bersantai anda bisa duduk di bawah tebing untuk melihat hamparan lautan biru yang memanjakan mata.

Lokasi: Sawarna, Kecamatan Bayah, Lebak, Banten

18. Gua Seribu Candi

Gua Seribu Candi

Gua Seribu Candi

Tempat wisata di kawasan Lebak juga berupa wisata gua yang dijamin akan membuat anda memperoleh pengalaman wisata yang berkesan.

Obyek wisata yang satu ini berada di Sawarna atau berada di belakang pantai. Tentunya gua ini memiliki stalagtit dan stalagmit yang begitu indah dan unik.

Stalagtit di gua ini memang terlihat unik dan sekilas mirip dengan stupa di Candi Borobudur. Saat anda sudah memasuki area gua maka anda bisa merasakan sensasi dingin dari tetesan air yang jatuh dari bagian atas gua.

Kondisi langit-langit gua ini memang sangat pendek dan berbahaya maka penjelajahan gua ini dilakukan sejauh 50 meter dari mulut gua saja. Sebab semakin ke dalam maka gua akan semakin menyempit dan membahayakan bagi pengunjung.

Namun penjelajahan anda di dalam gua akan semakin seru karena adanya stalagtit dan stalagmit yang terbentuk secara alami dari tetesan air di dalam gua sejak ribuan tahun yang lalu.

Lokasi: Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten

Jangan lewatkan juga: 45 Tempat Wisata di Banten Paling Terkenal yg Wajib Dikunjungi

19. Wisata Tapak Kaki Raksasa si Kabayan

Wisata Tapak Kaki Raksasa si Kabayan via Jalanwisata

Wisata Tapak Kaki Raksasa si Kabayan via Jalanwisata

Obyek wisata Tapak Kaki Raksasa si Kabayan memang merupakan salah satu obyek wisata yang unik dan membuat banyak orang penasaran.

Obyek wisata yang ada di Sawarna Lebak ini bisa anda jangkau dengan melewati jembatan gantung terlebih dahulu. Namun jalan menuju lokasi ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja.

Keunikan dari obyek wisata ini adalah adanya tapak kaki berukuran raksasa yang panjangnya kurang lebih 2,5 meter dan lebarnya 0,7 meter.

Berdasarkan cerita masyarakat setempat, mitosnya tapak kaki kanan tersebut adalah peninggalan dari jejak kaki si kabayan. Hingga saat ini tapak kaki raksasa ini memang masih utuh dan menjadi sebuah obyek wisata.

Bahkan batu alami yang berbentuk tapak kaki ini memang sangatlah mirip dengan kaki manusia pada umumnya namun bedanya berukuran sangat besar. Namun hingga saat ini masih belum ada penelitian yang meneliti untuk mengungkap kebenaran dari tapak kaki raksasa tersebut.

20. Wisata Air Panas Cipanas

Wisata Air Panas Cipanas via Triptrus

Wisata Air Panas Cipanas via Triptrus

Obyek wisata air panas Cipanas merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Lebak. Selama ini Cipanas memang sering menjadi destinasi wisata saat akhir pekan dan hari libur.

Wisata air panas ini memang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga karena di dalam lokasi wisata ini terdapat kolam pemandian air panas yang bisa digunakan untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Namun biasanya terdapat kolam khusus sesuai dengan usia pengunjung sehingga lebih aman dan nyaman. Mandi air panas di kolam pemandian ini memang memberikan sensasi yang berbeda dan membuat badan terasa rileks.

Terlebih suasana sekitar Wisata Air Panas memang cenderung sejuk dan dingin sehingga sangat pas bila dipakai untuk berendam air panas.

Lokasi: Desa Raya Cipanas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak

21. Wisata Kampung Baduy

Wisata Kampung Baduy via IG

Wisata Kampung Baduy via IG

Suku Baduy merupakan sebuah suku yang hidup secara terisolir dari ramainya dunia luar. Penduduk suku Baduy memang hidup secara sederana serta menyatu dengan alam.

Kehidupan suku Baduy memang melibatkan alam sebagai tempat hidup mereka serta budaya yang masih dijunjung tinggi. Namun ternyata keunikan dan budaya yang dimilikioleh Suku Baduy ini justru menjadi potensi wisata di Lebak.

Tak heran bila banyak wisatawan yang penasaran dan ingin berkunjung ke Kampung Suku Baduy. Perlu anda ketahui bahwa Suku Baduy terbagi menjadi 2 macam yaitu Suku Baduy dalam dan Suku Baduy Luar.

Jika dilihat dari penampilan, suku Baduy Dalam biasanya memakai baju serta ikat kepala serba putih. Sedangkan untuk Suku Baduy Luar biasanya memakai baju hitam dengan ikat kepala berwarna biru.

Dilihat dari sisi budaya, Suku Baduy Dalam memang masih memegang teguh adat istiadat suku. Untuk Suku Baduy Luar sudah mulai terpengaruh oleh budaya dari luar. Namun uniknya kedua suku Baduy ini memiliki persamaan dalam hal pantang memakai alas kaki, teknologi serta transportasi modern.

Untuk itulah Suku Baduy tinggal di kampung yang jauh dari intervensi luar serta tidak ada pula campur tangan luar yang merugikan mereka. Namun saat berwisata ke kampung ini anda harus mematuhi peraturan dan menjahui pantangan.

Lokasi: Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten

22. Pantai Karang Malang

Pantai Karang Malang via Jalanwisata

Pantai Karang Malang via Jalanwisata

Pantai Karang Malang merupakan obyek wisata alam yang masih sangat alami di Kabupaten Lebak. Selain bisa menyaksikan hamparan air laut yang biru dan pasir yang putih anda bisa melihat tanaman ketela yang tumbuh di pasir pantai.

Ketela tersebut sering dikenal dengan sebutan ketela kisik karena tumbuhnya di pasir pantai. Tentunya tanaman ketela kisik di Pantai Karang Malang ini menjadi daya tarik dan membuat wisatawan merasa penasaran.

Namun berkunjung ke pantai ini dijamin anda tak akan rugi karena keindahan pantai Karang Malang memang terbukti masih alami meskipun akses jalan menuju pantai masih cukup sulit.

Lokasi: desa Muara, kecamatan Wanasalam, kabupaten Lebak

Artikel terkait: 27 Tempat Wisata di Tangerang Selatan

23. Objek Wisata Samaun’s Hill Park

Objek Wisata Samaun's Hill Park via Orbitbanten

Objek Wisata Samaun’s Hill Park via Orbitbanten

Tempat wisata di Lebak berikutnya adalah samaun’s hill park yang awalnya merupakan sebuah kebun jagung. Kini kebun jagung milik keluarga di kampung Jamidemang ini ramai oleh wisatawan.

Bahrudin merupakan ketua pengelola Samaun’s Hill Park menganggap bahwa kebun jagung memiliki potensi wisata yang besar dengan memiliki pemandangan dan suasana yang sejuk.

Kini Samaun’s Hill Park Bahrudin memiliki banyak tempat berfoto atau selfieria para pengunjung, jembatan cinta dan pengelola akan menambahkan fasilitas lainnya.

Untuk masuk ke Objek Wisata Samaun’s Hill Park anda harus mengeluarkan biaya 5 ribu rupiah. Dan ke depannya pengelola juga akan menambahkan fasilitas berupa wisata air dan outbond seperti arum jerah, dan Flying Fox.

24. Pantai Ciantir

Pantai Ciantir via IG

Pantai Ciantir via IG

Tempat wisata di Lebak berikutnya adalah pantai ciantir. Pandai ini masih terdapat di Desa Sawarna. Pantai ini memiliki pasir yang putih bersih plus bibir pantai yang cukup panjang. Bagi anda pecinta selancar, pantai ini sangat cocok untuk anda taklukkan.

Untuk anda yang ingin liburan lebih seru, anda bisa menginap di sekitar pantai yang banyak berdiri. Untuk masuk ke pantai anda hanya harus membayar Rp5.000 per orang.

Lokasi: Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten

25. Pantai Bagedur

Pantai Bagedur via IG

Pantai Bagedur via IG

Pantai Bagedur harus masuk dalam daftar tempat wisata di Lebak yang akan anda kunjungi. Pantai yang terdapat di kecamatan Malingping ini belakangan sangat diminati oleh wisatawan.

Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang lepas sebab tempat wisata ini punya garis pantai yang sangat panjang sekitar 15 kilometer. Disini anda bisa mencoba berbagai aktivitas berupa bermain ski dan banana boat.

Lokasi: desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak

26. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar via IG

Pantai Tanjung Layar via IG

Tempat wisata di Lebak berikutnya adalah pantai Tanjung Layar yang juga masih berada di Desa Sawarna. Pantai ini berbeda dengan pantai lainnya yang berpasir putih, tapi pantai Tanjung Layar ini memiliki mempesona berupa gugusan karangnya.

Pantai ini memiliki landmark berupa batu karang tinggi yang berbentuk seperti layar. Silahkan kesini ketika sendja hari. Karena anda bisa menikmati sunset yang mengagumkan disini

Lokasi: Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten

27. Curug Munding

Curug Munding via @nengolis_1878

Curug Munding via @nengolis_1878

Tempat wisata alam di Lebak berikutnya adalah curug Munding yang terletak di desa Cicaringan. Air terjun ini memang lokasinya tersembunyi.

Sehingga air terjun ini masih belum terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Air dari Munding sendiri yaitu kerbau, konon zaman dahulu ada kerbau yang melompat dari atas air terjun sehingga dipilihlah Munding sebagai nama curug eksotis ini.

Lokasi: Desa Cicaringan, Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak, Banten

28. Situ Cicinta

Situ Cicinta

Situ Cicinta

Kalau anda suka basah-basahan, tidak adalah salahnya untuk mengunjungi situ Cicinta yang ada di Kecamatan Maja.

Situ yang tidak terlalu besar ini memang sering dijadikan lokasi bermain air oleh traveler yang berkunjung atau sebagai tempat pemancingan. Lokasi waduk ini dekat dengan Stasiun Maja, tidak jauh dari kawasan Rangkas Bitung.

Lokasi: kecamatan Maja, kabupaten Lebak, Banten

29. Curug Sata

Curug Sata via @4k_dragneel

Curug Sata via @4k_dragneel

Tempat wisata di Lebak berikutnya adalah curug sata yang ada di kecamatan Gunung Kencana.Air terjun yang masih alam ini sangat terawat kebersihannya. Memang, air terjun ini tidak terlalu tinggi tapi debit airnya sangat besar.

Oh ya sob, kalau kamu kesini pas musim durian, nanti kamu bisa mencoba durian yang ada di perjalanan sebelum sampai di lokasi.

Oh ya sob, untuk menikmati keindahan air terjun ini kamu tidak dikenakan biaya masuk lo alias gratis. Wah asyik juga ya.

Lokasi air terjun ini berada di di balik hutan belantara. Meskipun demikian mudah untuk dijangkau baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Lokasi: Cimanyangray, Gn. kencana, Kabupaten Lebak, Banten 42354

30. Wisata Arung Jeram Sungai Ciberang

Wisata Arung Jeram Sungai Ciberang via IG

Wisata Arung Jeram Sungai Ciberang via IG

Anda suka olahraga yang ekstrim dan menantang? Coba saja taklukkan singa Ciberang. Anda bisa merasakan sensasi menantang disepanjang aliran sungai Ciberang, Lebak, Banten.

Untuk titik mulainya ada di Kampung Muhara, Desa Ciladeun, Kecamatan Lebak Gedong. Sepanjang perjalan anda akan disuguhkan pemandangan alam yang masih asri, karena memang lokasinya yang berada di pedalaman.

Aliran air sungai Ciberang terbilang cukup deras sehingga akan sangat menantang adranalin siapapun yang mencoba arung jeram disini.

Ada pilihan paket rute, anda yang masih pemula disarankan untuk mencoba rute yang 750 meter saja, sementara untuk anda yang sudah ekspert bisa mencoba yang 25 kilometer yang akan memakan waktu sekitar 5 jam.

Lokasi: Sungai Ciberang, Kampung Muhara, Desa Ciladaeun, Lebak Gedong, Banten

31. Curug Cimayang

Curug Cimayang via @olloytrip

Curug Cimayang via @olloytrip

Lokasi: Cimayang, Kecamatan Bojongmanik, Kabupaten Lebak, Banten

32. Gua Maria Bukit Kanada

Gua Maria Bukit Kanada via @anton_ardy

Gua Maria Bukit Kanada via @anton_ardy

Alamat: Jatimulya, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten

33. Alun – alun Rangkasbitung

Alun – alun Rangkasbitung via Kompas

Alun – alun Rangkasbitung via Kompas

Alamat: Jalan Alun-Alun Utara, Muara Ciujung Barat, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten

34. Museum Multatuli Lebak

Museum Multatuli Lebak via @tamanlangitrita

Museum Multatuli Lebak via @tamanlangitrita

Alamat: Jl. Alun-Alun Timur No.8, Rangkasbitung Bar., Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten

35. Pantai Karang Songsong

Pantai Karang Songsong via @ivanzuliansyah_69

Pantai Karang Songsong via @ivanzuliansyah_69

Lokasi: Kampung Cibobos, Karangkamulyan, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten

Wisata Kuliner di Lebak

Selain kita mengunjungi tempat-tempat wisata di Lebak yang sudah kami uraikan di atas, tidak lengkap rasanya kalau anda tidak mencicipi jajanan lezat yang ada di Lebak berikut ini:

Angeun Lada

Angeun Lada via Merahputih

Angeun Lada via Merahputih

Kuliner pertama yang mesti anda cobain anda Angeun Lada atau sayur lada. Kuliner khas Lebak yang satu ini terbuat dari sayur yang dicampur dengan daging kerbau atau sapi dan menggunakan daun khas bernama daun walang.

Asala kuliner yang satu ini yaitu dari daerah selatan Banten sekitaran Serang bagian Selatan, Pandeglang, serta Lebak.

Sate bebek Cibeber

Sate bebek Cibeber via Inet

Sate bebek Cibeber via Inet

Jangan lupa juga untuk mencobain sate bebek dari Cibeber, Kabupaten Lebak. Satu khas Cibeber ini dibuat dari daging bebek dan kuahnya bukan kuah kacang atau kuah tepung melainkan kuah yang terbuat dari gula merah dicampur berbagai bumbu penyedap seperti merica hitam, daun serai, kunyit, kemiri, ketumbar dan bahan lainnya.

*******

Selain tempat-tempat wisata yang sudah dijelaskan di atas, sebetulnya masih banyak tempat wisata di Lebak yang bisa anda kunjungi.

Namun beberapa informasi tempat wisata di atas sepertinya sudah cukup untuk menambah referensi dan perjalanan liburan anda ke Lebak. Tentunya dengan merencanakan liburan sebaik mungkin dan memilih tempat wisata terbaik maka liburan anda akan semakin berkesan dan menyenangkan.

Jangan lewatkan juga: 45 Tempat Wisata di Pandeglang Banten Terbaru

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!