Nongkrong Asyik di Taman Cattleya Tomang Jakarta Barat

Taman Cattleya biasa disebut orang-orang di daerah Jakarta sebagai Taman Tomang. Ada juga yang menyebut Cattleya sebagai saudara kembar Taman Situ Lembang karena kemiripannya.

Taman  ini merupakan arena berkumpulnya anak-anak muda Jakarta dalam menikmati waktu senggangnya. Tak hanya itu, Cattleya juga sering digunakan untuk olahraga karena tersedianya fasilitas kesehatan dan kebugaran disana secara gratis.

Pintu Masuk Taman Cattleya Jakarta Barat via Triadvisor

Pintu Masuk Taman Cattleya Jakarta Barat via Triadvisor

Taman Cattleya ada di perempatan Tomang menuju Tol Kebon Jeruk. Luasnya yang mencapai 3 hektar ditanami beragam jenis tanaman dan dilengkapi fasilitas umum. Bagi penyuka FTV, Taman ini pasti tidak asing karena pasalnya Cattleya sering dijadikan lokasi syuting mereka.

Taman yang terletak di Jalan S Parman ini jauh dari hiruk-pikuk jalan raya. Nuansanya asri, tenang, dan nyaman. Cocok untuk mereka yang ingin melepas penat atau menghindari stress. Bahkan karena begitu bersih dan rapi penataannya, Taman ini sering dijadikan tempat pemotretan.

Kunjungi juga yuk: 46 Objek Wisata di Jakarta Timur yang Wajib Dikunjungi!

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Taman Cattleya

Banyak hal yang dapat kamu lakukan untu melepas penat di Taman yang beralamat di Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Kota Jakarta Barat ini. Kamu dapat mengisi liburan panjang atau sekedar berakhir pekan disini dengan beragam fasilitas yang ada.

Selain bersantai, kamu bisa jogging, berpiknik di taman bunga dan menemani buah hati di area bermain anak. Jangan kaget jika ada orang yang terlihat sibuk mempersiapkan pemotretan. Cukup nikmati saja waktumu dan tidak perlu terusik dengan keberadaan mereka.

Taman Cattleya Jakarta via Tribunnews

Taman Cattleya Jakarta via Tribunnews

Tidak perlu takut kelaparan disini karena banyak tukang asongan yang lewat menjajakan dagangannya. Selain itu, kamu juga bisa beramah-tamah jika berpapasan dengan penduduk lokal karena nyatanya mereka sangat ramah terhadap wisatawan.

Yang paling utama, Taman Cattleya memiliki taman kota yang sangat besar, terawat rapi, dan cantik. Lingkungan di sekitarnya pun sangat teduh nan rindang karena banyak pepohonan besar. Kamu bisa membawa bekal dari rumah dan memakannya disana bersama keluarga. Serasa piknik di pantai pastinya.

Tidak hanya itu, di Cattleya juga terdapat fasilitas-fasilitas lain, yaitu area Parkir kendaraan, kamar mandi, mushola, rest area, playground, dan masih banyak lainnya.

Rute Mudah Menuju ke Taman Cattleya

Cukup mudah menemukan rute ke Taman yang dapat dimasuki secara gratis ini. Pastinya untuk warga Ibukota tidak akan kesulitan menuju ke Cattleya.

Tapi bagaimana dengan wisatawan dari luar kota? Banyak kekhawatiran misalnya tersasar atau tidak mengerti arah. Maka dari itu, ikuti rute berikut agar perjalananmu menyenangkan. Jangan takut karena rutenya sangat mudah dan jelas.

#Kendaraan Umum

Rute ini sangat mudah karena jika menggunakan kendaraan umum, semua angkutan dari arah Bogor atau Cawang yang menuju Grogol pasti akan melewati daerah ini. Minta saja pada sang supir untuk turun di perempatan Tomang. Angkutan dari arah Tanggerang atau Kali Deres yang menuju Semanggi pun juga melewati Taman ini.

Sama dengan angkutan ke Grogol, kamu cukup minta diturunkan di perempatan Tomang. Atau bisa juga kamu berhenti di Terminal Bus Jakarta Barat untuk selanjutnya menggunakan ojek menuju daerah Kemanggisan hingga sampai di Cattleya. Mudah, bukan?

#Busway

Jika naik Busway, kamu bisa turun di Halte Rumah Sakit Harapan Kita lalu melanjutkan perjalanan ke perempatan Tomang.

#Kendaraan Pribadi

Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa lebih mudah. Pasalnya kamu cukup mengikuti arahan Google Maps atau GPS untuk sampai di tempat ini. Namun untuk lebih tepatnya, sebelum lampu merah Tomang jalankan secara perlahan kendaraanmu karena Cattleya ada sebelum perempatan atau Tol Kebun Jeruk.

Hal tersebut berlaku jika kamu dari arah Cawang. Lain lagi jika kamu dari arah Roxy atau Tanah Abang Tomang. Kamu perlu putar arah yang cukup jauh hingga keputaran kolong jembatan Slipi Pertamburan.

Kunjungi juga yuk: +48 Tempat Wisata di Jakarta Pilihan Liburan Seru Keluarga

Taman Cattleya Jakarta Barat via Iyaa

Taman Cattleya Jakarta Barat via Iyaa

Wisata Kuliner Nikmat di Sekitar Taman

Kurang lengkap rasanya ya kalau pergi jalan-jalan tanpa makan-makan. Tenang, buat kamu yang datang ke taman Cattleya, ada banyak tempat makan enak di sekitarnya yang bisa kamu singgahi. Berikut ini tempat wisata kuliner dekat taman Cattlye yang bisa memuaskan lidah anda:

#Waroenk Kito Tomang

Berlokasi di Jalan Tawakal Raya No. 36, Tomang, resto ini punya banyak makanan ciamik. Mulai dari Tomyam, Udang Mayonaise, Udang Telor Asin, Jamur Crispy, Salad, Sup Iga, Nasi Goreng Keju, hingga Ayam Bakar. Waroenk Kito juga memiliki menu paket Ngeliwet untuk group lebih dari 5 orang.

#Mie Keriting Ketapang Tomang

Mie Keriting Ketapang ini sangat unik jika dibanding mie lain. Hal ini karena mie keriting dibuat dengan racikan sendiri alias home made. Telur yang digunakan pun berbeda. Rahasia perusahaan yang disimpan ketat tersebut menjadikan mie buatan Keriting Ketapang menjadi kenyal dan sangat lembut jika dimakan.

Nur Solichatun, selaku pemilik kedai menyebutkan bahwa inovasi berupa tambahan varian toping seperti pangsit rebus, bakso, serta cincangan daging ayam berbentuk dadu semakin menambah ketertarikan pengunjung. Pilihan menu disini dibagi dua, yaitu mie ayam original dan mie ayam yamin. Lokasinya ada di Jalan Mandala Raya.

#Ayam Panggang Bang Ndut

Berdiri tahun 2015, resto ini ada di Jalan Mandala Raya No.26, Tomang. Menunya ada ayam bakar madu, boneless dan rica rica. Kisaran harganya antara Rp.20.000,- hingga Rp.22.000,-. Hebatnya resto ini sudah ikut beragam event seperti bazaar, pameran, dan lain-lain.

#Saoenk Kito Kamboja Tomang

Saoenk Kito menyajikan makanan khas tradisional Jawa-Sunda serta beragam Seafood. Cabangnya sudah ada dimana-mana.  di Tomang, lokasinya ada di Jalan Kamboja Raya No. 40 Tomang.

#Iki Isoku

Jika dilihat nama, orang akan mengira Resto ini adalah menu makanan khas Jepang yang mahal. Nyatanya Iki Isoku memang makanan Jepang namun dengan harga merakyat.

Lokasinya ada di Jalan Biak Raya No. 29, Cideng dengan kisaran harga mulai dari Rp.10.000,- hingga Rp.50.000,- saja. Menu unggulan Iki Isoku adalah Gyu Tandon (lidah sapi) yang resepnya didapat dari seorang Chef Jepang asal Kyoto.

#Dapur Serundeng

Resto ini mempunyai beberapa cabang, salah satunya di Tomang yaitu Jalan Biak Raya No.33. Dapur Serundeng menyajikan makanan khas daerah dengan bumbu tradisional.

Selengkapnya cek aja disini: 41 Tempat Wisata Kuliner di Jakarta yang Wajib Anda Coba

Saran dan Tips Jika Berlibur di Taman Cattleya

Hal utama yang harus dilakukan tentunya adalah memantau cuaca. Jangan sampai hujan menghalangi liburanmu. Setelahnya kamu perlu mempersiapkan makanan dan minuman. Misalnya bekal, snack, air minum dan lainnya. Jangan lupakan kamera untuk mengabadikan momen terindahmu.

Tidak ketinggalan perlengkapan kesehatan untuk berjaga-jaga, seperti sabun cuci tangan, tissue basah, obat-obatan, hingga antiseptik. Untuk berlibur, fisik tentunya harus prima agar tidak menghalangi kegiatanmu. Selalu waspada dan tingkatkan kehati-hatian karena seberapa amanpun daerah wisata tersebut, kamu tetap berada di tempat asing yang tidak kamu kenal suasananya.

****

Demikianlah ulasan tentang Taman Cattleya di Palmerah, Jakarta Barat. Semoga memberikan inspirasi dalam menghabiskan waktu liburan yang murah, tidak jauh dari rumah, dan tetap berkesan. Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang. Jangan sampai tidak mengunjungi Cattleya karena Taman ini mempunyai keindahan yang tidak bisa kamu cari di taman lainnya.

Kunjungi juga yuk: 24 Tempat Nongkrong di Jakarta yang Paling Terkenal

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!