Harga Tiket Masuk Dusun Bambu Terbaru 2019

Harga Tiket Masuk Dusun Bambu – Bandung memang pantas menyandang julukan kota wisata. Pasalnya banyak tempat wisata di Bandung yang menawarkan pemandangan memukau nan khas. Selain wisata alam, Kota Kembang ini juga banyak menyajikan wisata budaya dan rekreasi yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu wisata tersebut dan saat ini sudah sangat populer adalah Dusun Bambu.

Wisata yang ada dalam destinasi kunjungan ke Lembang dan sekitarnya ini merupakan sebuah tempat ekowisata yang memadukan keselarasan budaya Sunda dalam satu area. Tujuan didirikannya Dusun Bambu yakni sebagai tempat rekreasi keluarga yang sekaligus sebagai sarana edukasi tentang perpaduan budaya tradisional dengan kehidupan modern.

Selain itu, wisata yang berdiri di lahan seluas 15 hektar ini menyuguhkan pemandangan yang indah nan asri khas daerah pegunungan. Jadi tidak heran jika tempat ini banyak dilirik oleh para pengunjung dari dalam maupun luar Bandung.

Nah, kira-kira info wisata apa saja ya yang patut diketahui selain harga tiket masuk Dusun Bambu ini? Yuk, ikuti ulasan tentang tempat wisata yang sangat cocok dikunjungi kala liburan ini. Check this out!

Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang

Lokasi dan Rute Menuju Dusun Bambu

Lokasi wisata hits di Bandung ini berada di Dusun Bambu, Kawasan Lembang, Daerah Kertawangi, Cisarua. Tepatnya, kawasan wisata ini ada di wilayah Bandung Barat, Jawa Barat.

Bagi kalian yang berasal dari luar Bandung atau bagi kalian yang belum tahu letak lokasi dari wisata Dusun Bambu, tidak perlu bingung kearah mana kamu harus berjalan agar sampai disana. Selain aksesnya yang mudah, rute menuju wisata populer ini mempunyai beberapa jalur yang bisa kamu lalui. Penasaran?

Dusun Bambu yang berada di Jalan Kolonel Masturi KM 11 ini bisa dituju dengan rute utama maupun rute alternatif yang konon lebih cepat dan pas dipilih kala long weekend untuk menghindari macet yang sering terjadi di rute utama. Pilihan beberapa rute menuju Dusun Bambu adalah sebagai berikut :

Rute Utama dari Arah Bandung

Jika kamu berangkat dari Bandung, kamu bisa meneruskan perjalananmu ke daerah Ledeng. Kemudian kamu ikuti saja jalan utama menuju ke Lembang hingga belok kiri ke arah Parongpong. Arah tersebut ada di pertigaan sebelum Kota Lembang. Nah, begitu melewati jalan tersebut, kamu tinggal ikuti jalan dan akan sampai di lokasi.

Loading...

Rute utama lain yang bisa kamu gunakan ketika dari Bandung adalah dengan langsung menuju ke daerah Ledeng dan belok kiri di pertigaan Terminal Ledeng. Setelah kamu bertemu Jalan Sersan Bajuri, ikuti saja jalannya hingga sampai di daerah Parongpong dan akhirnya sampailah kamu di lokasi.

Sekedar informasi saja, jika kamu memiliki banyak waktu luang untuk liburan, kamu bisa mampir sebentar ke beberapa wisata lain yang ada di dekat Dusun Bambu. Pasalnya, jalur utama ini memang searah dengan beberapa lokasi wisata, sebut saja Kampung Gajah, Kampung Daun, dan juga berbagai cafe di area sekitar sini. Bagaimana? Mudah bukan mengikuti rute utama?

Rute Alternatif dari Arah Bandung

Jika kamu bertolak dari arah Bandung dan tidak mau terkena macet di jalur utama, kamu bisa memilih kedua jalur ini sebagai alternatifnya.

Jalur pertama yang bisa kamu lalui dari Bandung adalah dengan langsung mengikuti Jalan Gegerkalong Girang dan belok ke Jalan Cihanjuang. Dari Jalan Cihanjuang ini, kamu terus saja berkendara hingga sampai di Parongpong dan akhirnya tibalah kamu di lokasi.

Sementara itu, jalur kedua yang bisa kamu gunakan adalah dengan menuju Jalan Geger Kalong kemudian dilanjutkan menuju Ciwaruga. Setelah sampai disana, kamu langsung saja menuju Parongpong hingga sampai di lokasi. Bagaimana? Pastinya gampang sekali ya.

Rute Alternatif dari Arah Cimahi

Bagi kamu yang ingin menyambangi Dusun Bambu dari arah Cimahi, ada dua jalur alternatif yang bisa kamu gunakan untuk sampai di tempat tujuan dengan cepat dan mudah.

Apapun jalur yang kamu pilih disini, ingat… ini jalur alternatif yang mungkin saja ada beberapa titik lokasi yang tidak menyediakan papan penunjuk arah. Tentunya berbeda dengan jalur yang ada di sepanjang rute utama.

Jalur pertama yang harus kamu lalui ketika berangkat dari Cimahi adalah dengan langsung mengikuti Jalan Cihanjuang hingga sampai di Parongpong. Setelah melalui Parongrong, sama seperti via jalur utama, kamu tinggal mengikuti alur dan akan tiba di lokasi tidak lama dari sana.

Sementara itu untuk jalur kedua, kamu bisa ambil dari arah Cimahi dengan mengikuti saja Jalan Kolonel Masturi hingga akhirnya nanti sampai di lokasi. Bagaimana? Siap mencoba?

Baca juga: Liburan Seru ke Rabbit Town yang Menyenangkan!

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Dusun Bambu

Siapa bilang jika wisata ke alam bebas hanya melulu berfoto dan duduk manis menikmati pemandangan saja? Jangan salah… ada banyak kegiatan atau aktivitas yang bisa kamu lakukan di tempat wisata seperti ini lho.

Tentunya liburan disini dijamin akan membuat kamu betah berlama-lama tanpa harus merasa bosan. Beberapa aktivitas tersebut adalah sebagai berikut :

1. Menikmati Shutle untuk Menuju Area Utama

Shutle via Tripadvisor

Shutle via Tripadvisor

Tentunya aktivitas-aktivitas menarik di Dusun Bambu tidak akan lancar dinikmati tanpa adanya fasilitas yang memadai. Salah satu fasilitas yang sangat krusial dan mungkin jarang dipikirkan pengunjung adalah lahan parkir.

Banyak lho kawasan wisata yang mempunyai lahan parkir tidak memadai alias tidak mampu menampung membludaknya pengunjung. Bahkan, untuk menuju ke lokasi saja, pengunjung harus berjalan jauh tanpa ada fasilitas pendukungnya.

Nah, oleh sebab itu, Dusun Bambu menciptakan inovasi menarik pada lahan parkir mereka. Meski untuk jarak area utama wisata ini dari tempat parkir terbilang cukup jauh, namun pihak pengelola telah menyiapkan fasilitas shuttle. Fasilitas ini akan mengantarkanmu menyusuri taman dan persawahan disana hingga area utama.

Shutle akan berangkat setiap 5 menit sekali, jadi pengunjung tidak perlu menunggu lama untuk bisa segera tiba di lokasi wisata. Selain itu, Shutle juga dibuat semenarik mungkin dengan desain penuh bunga warna-warni. Hebatnya lagi, fasilitas ini gratis alias cuma-Cuma.

2. Bersepeda di Alam

Bersepeda di dusun bambu

Bersepeda di dusun bambu

Bersepeda adalah olahraga yang diminati oleh banyak kaum dari balita sampai manula. Tapi sudah bosan bersepeda di kawasan perkotaan? Nah, ada baiknya kamu mencoba bersepeda di kawasan Wisata Dusun Bambu ini.

Wisata budaya ini menyediakan fasilitas persewaan sepeda yang bisa digunakan pengunjung untuk menyusuri kaki gunung Burangrang lho. Selain itu, pengunjung juga bisa mengelilingi kebun teh yang pastinya berhawa sangat sejuk.

Bahkan, selama bersepeda menyusuri jalan-jalan di kawasan wisata, pengunjung akan dimanjakan oleh keindahan suasana pedesaan serta pemandangan asrinya yang jarang ditemui di kawasan lain.

3. Olahraga Jogging

Jogging di Dusun Bambu

Jogging di Dusun Bambu

Siapa sih yang tidak tertarik jogging ditempat yang masih sejuk dan segar? Nah, Dusun Bambu ini menyediakan area yang luas dan pas untuk olahraga jogging lho guys. Pengunjung jadi bisa berolahraga dengan leluasa dan nyaman deh lantaran sangat minimnya polusi di kawasan ini.

Selain itu, berolahraga di kawasan yang mempunyai kadar oksigen tinggi tentu akan menyehatkan tubuh. Apalagi ditemani pemandangan pepohonan yang hijau dan asri yang pasti akan membuat pikiran kita kembali fresh lagi.

4. Bermain Balad Lodaya

Bermain Balad Lodaya

Bermain Balad Lodaya

Untuk para pengunjung yang membawa anak-anak, ada wahana permainan yang dikhususkan untuk si buah hati. Wahana ini mengusung konsep yang terbilang masih tradisional dan juga berfungsi sebagai sarana mengasah bakat dan kekuatan anak.

Nama wahana ini adalah permainan Balad Lodaya. Disini, anak bisa bersosialisasi dengan teman baru disekitarnya. Namun perlu diingat, orang tua harus tetap mengawasi anak mereka ketika sedang bermain dan jangan sampai lengah agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

5. Menikmati Wisata Kuliner di Cafe Burangrang

Menikmati Wisata Kuliner di Cafe Burangrang

Menikmati Wisata Kuliner di Cafe Burangrang

Untuk pengunjung yang ingin ngopi atau nongki-nongki cantik, disini juga tersedia cafe untuk bersantai sambil menikmati suasana alam. Dusun bambu memang sudah dikenal sebagai obyek wisata yang menawarkan keasrian alamnya.

Jadi tidak heran jika Café Burangrang juga menawarkan keindahan pemandangan alamnya yang cantik luar biasa. Oleh karena itu, banyak sekali pengunjung yang senang nongkrong berlama-lama disana.

Tidak hanya untuk bersantai saja, cafe ini juga selalu penuh pengunjung saat waktu sarapan atau jam makan siang. Menu yang menjadi andalan cafe ini adalah bebek bakar bumbu betutu, ayam bakar bambu betutu, cumi ala Dusun Bambu Lembang dan yang terakhir adalah nasi bakar kelapa muda. Bagaimana? Menggugah selera makan, bukan?

6. Menikmati Restoran Lutung Kasarung

Restoran Lutung Kasarung

Restoran Lutung Kasarung

Selain Café Burangrang, di kawasan ini juga terdapat sebuah rumah makan unik. Restoran ini bahkan menjadi ikon yang paling mencolok dari Dusun Bambu Family Leisure Park. Resto Lutung Kasarung sendiri didesain menyerupai sangkar burung besar yan didalamnya disediakan meja dan kursi. Tema yang dihadirkan sangat unik dan menarik, bukan?

Restoran yang biasanya disukai oleh pasangan untuk menikmati suasana romantis bak terkurung dalam sangkar ini mempunyai berbagai sajian masakan Sunda yang legendaris. Selain itu, ada pula menu masakan Internasional yang fantastis dan pasti tidak akan mengecewakan.

7. Menikmati Lesehan di Bamboo Gazebo Saung Purbasari

Lesehan di Bamboo Gazebo Saung Purbasari

Lesehan di Bamboo Gazebo Saung Purbasari

Satu lagi tempat yang akan memberikan suasana tak terlupakan bagi pengunjung yang datang, yakni Bamboo Gazebo Saung Purbasari. Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit pengunjung ketika datang ke Dusun Bambu lho guys.

Area ini juga merupakan tempat makan berbentuk lesehan dan berada ditengah danau. Karena posisinya yang sangat unik ini, dijamin deh kamu tidak akan bosan dan akan memberikan betah berlama-lama disana.

Menu yang disuguhkan di saung ini berupa masakan tradisional Bandung hingga makanan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Jadi kamu cukup datang ke Bamboo Gazebo Saung Purbasari ini jika ingin menikmati masakan khas nusantara tanpa perlu datang ke daerahnya langsung.

Masakan yang bisa dipesan diantaranya seperti tahu, tempe, ayam goreng, karedok, pepes jamur, bacem, pepes peda, sepat cabai hijau dan masakan lainnya. Indonesia banget, bukan?

8. Bermain di Kampung Ulin

Bermain di Kampung Ulin

Bermain di Kampung Ulin

Kampung Ulin sendiri adalah sebuah area bermain yang diciptakan sebagai sarana hiburan yang berkualitas untuk pengunjung dan keluarga. Di area ini, tersedia beragam aktivitas yang memacu adrenalin dan membuat jantung para pengunjung berdegup kencang.

Pasalnya, di area ini penggunjung bisa bermain busur panah, berinteraksi dengan ular piton secara langsung, dan juga beberapa aktivitas ekstrem lainnya. Disini juga disediakan berbagai permainan yang seru dan menyenangkan.

9. Eagle Camping Ground

Eagle Camping Ground via IG @dusun_bambu

Eagle Camping Ground via IG @dusun_bambu

Memang tidak cukup untuk menikmati kawasan wisata Dusun Bambu hanya dalam sehari. Jadi agar kamu bisa puas, kamu bisa menginap di area wisata ini lho. Selain itu, Dusun Bambu juga menawarkan penginapan dengan konsep yang berbeda dari biasanya, namanya adalah Eagle Camping Ground.

Penginapan dengan konsep bermalam di tenda di tengah alam terbuka layaknya anggota pramuka ini sangat disukai wisatawan. Bahkan, tidak jarang dari mereka yang memang mengkhususkan diri datang untuk berkemah disana.

Hal ini mungkin disebabkan lantaran lengkapnya fasilitas camp selayaknya hotel berbintang meskipun ada di tengah alam. Fasilitas-fasilitas tersebut berupa sleeping bed, kamar mandi, dan juga berbagai keperluan lainnya. Penginapan yang mampu menampung 6 orang ini sudah pasti sangat seru untuk dicoba. Bagaimana? Siap untuk mendekatkan diri dengan alam?

10. Menginap di Villa untuk yang tidak Menyukai Berkemah

Villa di dusun bambu

Villa di dusun bambu

Bagi pengunjung yang tidak menyukai kemah, pihak pengelola menydiakan villa yang bisa digunakan pengunjung jika ingin menginap.

Villa Dusun Bambu Kampung Layung ini menawarkan 2 pilihan tipe, yakni villa dengan satu kamar tidur dan villa dengan 2 kamar tidur. Villa ini sendiri didesain dengan model bangunan  yang masih dominan kayu dan bambu.

Karena desain ini, pengunjung jadi bisa menikmati nuansa khas pedesaan yang mana sangat damai, sunyi dan tradisional. Untuk menginap di villa ini, per malamnya kamu akan dikenakan tarif sebesar 1,8 juta rupiah. Harga yang dipatok memang cukup mahal tapi tentu akan sebanding dengan fasilitas yang bisa kamu rasakan.

11. Belanja di Pasar Khatulistiwa

Belanja di Pasar Khatulistiwa

Belanja di Pasar Khatulistiwa

Fasilitas lain yang ditawarkan di wisata ini adalah adanya pasar Khatulistiwa. Di pasar ini, pedagang menjajakan banyak jenis makanan yang bisa kamu nikmati ditempat.

Pilihan kuliner yang ditawarkan sangat beragam, salah satunya adalah makanan khas Bandung yang bisa kamu jadikan buah tangan. Tidak hanya itu, pasar ini juga menyediakan produk souvenir yang juga bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh.

Untuk informasi wahana wisata lainnya silahkan cek artikel ini: Liburan Seru di Dusun Bambu Lembang Bandung

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Dusun Bambu

Kamu pasti penasaran dengan harga yang harus dibayar untuk menikmati wisata yang menawarkan begitu banyak pesona tersebut. Kira-kira kapan saja ya jam operasionalnya dan berapa ya harga tiket masuk Dusun Bambu yang sangat terkenal ini? Yuk, daripada penasaran, ikuti saja ulasan berikut!

Jam opersional Dusun Bambu Lembang ini buka mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB setiap hari. Meskipun hari libur nasional, tempat ini akan tetap beroperasi. Nah, lantaran dibuka setiap hari, maka kamu tidak perlu khawatir saat akan datang kapan saja ke tempat ini.

Pengunjung Dusun Bambu akan dikenakan tarif sebesar 15 ribu rupiah saja per orang untuk harga tiket masuknya. Untuk kamu yang membawa anak dibawah usia 3 tahun, maka anak tersebut tidak akan dikenakan tarif alias gratis.

Tentunya ketentuan ini disambut baik para pengunjung lantaran mereka bisa menghemat biaya. Untuk parkir, ada tarif sendiri yang harus dibayarkan. Bagi pengguna kendaraan bermotor, dikenakan tarif 10 ribu rupiah per kendaraan.

Untuk mobil, per kendaraan dikenakan biaya sebesar 15 ribu rupiah. Lain lagi jika menggunakan bus atau mini bus, kamu akan dikenakan biaya parkir sebesar 25 ribu rupiah per kendaraan.

Harga Tiket Masuk Dusun Bambu Lembang

*Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu

****

Demikian informasi wisata dan harga tiket masuk Dusun Bambu yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga bermanfaat dan selamat berkunjung! Kunjungi juga yuk: Maribaya

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!