Wisata Keluarga di Taman Wiladatika Depok

Taman Wiladatika – Ketika weekend tiba dan kita terlalu lelah untuk menempuh perjalanan yang sangat jauh demi rekreasi, maka pilihan tempat rekreasi yang dekat dengan rumah pasti diincar.

Taman ini ada di kawasan Depok dan merupakan taman rekreasi keluarga. Meski namanya memakai kata “Cibubur”, namun nyatanya Taman ini ada di wilayah Kecamatan Cimanggis. Sementara itu, kata ‘wiladatika’ merupakan kependekan dari Widya Mandala Krida Bakti Pramuka. Rupanya memang Taman Bunga ini tidak jauh dari Bumi Perkemahan Cibubur.

Selain udaranya yang sejuk, pemandangan disana juga cukup indah. Banyak sekali berbagai macam bunga hias di Taman ini. salah satu tujuan rekreasi masyarakat  di Jakarta ini memiliki air terjun buatan, goa mini, serta kolam air mancur. Taman yang diresmikan Presiden Soeharto pada tahun 1980 ini awalnya dibuka untuk pendanaan kegiatan pramuka. Namun seiring waktu, nyatanya taman ini berubah menjadi lokasi wisata favorit keluarga di Depok dan sekitarnya.

Kecantikan Taman Bunga Wiladatika Cibubur

Kecantikan Taman Bunga Wiladatika Cibubur

Lokasi dan Rute ke Taman Wiladatika

Lokasi Taman ini ada di Jalan Jambore nomor 1, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Taman seluas 15 hektar tersebut berada di dekat pintu tol Cibubur. Bagi pengguna kendaraan umum, naiklah dari terminal Kampung Rambutan karena rute tersebut akan melewati rute ke Taman Bunga.

Gunakan jalur 121 dan K44 untuk angkutan kota atau bus AC42 dari Tanjung Priok. Trayek tersebut akan mengantarmu langsung ke halte RSU Melia Cibubur dan dari sana kamu dapat berjalan menuju Taman Wiladatika.

Harga Tiket Masuk Taman Wiladatika

Tiket masuk Taman ini cukup terjangkau. Harga tiketnya dibanderol sebesar Rp. 8.000,- untuk umum, dan biaya Rp. 4.000,- saja untuk pramuka. Berbeda lagi dengan rombongan karena akan mendapat diskon.

Misalnya rombongan 50 orang diberi diskon 10%, atau rombongan 100 orang akan diberi diskon 20%. Tarif kendaraan juga murah. Kendaraan besar seperti bus atau truk hanya dikenai biaya Rp 15.000 saja. Sedangkan mobil cukup membayar Rp. 6.000 dan motor membayar Rp. 3.000.

Untuk wahana, pengunjung juga akan dikenakan tarif tambahan lagi. Misalnya untuk wahana kolam renang akan dikenakan biaya Rp 25.000,- per orang. atau wahana becak mini, bola air, dan perahu air yang dikenai tarif masing-masing sebesar Rp 10.000 saja. Jika kamu tertarik menyewa sepeda disana, kamu hanya perlu membayar Rp 5.000.

Di dalam Taman Wiladatika, kamu juga bisa melakukan photoshoot atau shooting video lho. Tentu saja tarif tambahan akan dikenakan, yaitu :

  • Photo pengantin / prewedding Rp. 275.000,-
  • Photo iklan Rp. 550.000,-
  • Photo Amatir Rp. 100.000,-
  • Videografi / shooting film Rp. 2.500.000,-

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Wiladatika

Taman Wiladatika Cibubur

Taman Wiladatika Cibubur

Taman Wiladatika memiliki Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Nasional (Pusdiklatnas) di dalamnya. Oleh karena itu, jangan heran jika di dalam Taman ini terdapat arena olahraga dan gedung pertemuan. Selain itu, di dalam Wiladatika juga terdapat area outbond, kolam renang, tenis, dan penginapan.

Bagi anak kecil, disediakan area berupa playground. Lengkap dengan perosotan, jungkat-jungkit, dan ayunannya. Selain itu, anak-anak juga dapat bermain di terowongan siput atau di rumah jamur layaknya film-film negeri dongeng.

Selagi anak bermain, orang tua dapat menikmati sejuknya Taman ini di bawah rindang pepohonan disana. Usia Taman yang relatif tua membuat pepohonan disana cukup rimbun dan hijau sehingga udaranya pun sangat menyegarkan.

Banyak fasilitas yang tersedia disana, yaitu mulai dari air mancur, lapangan, hingga masjid juga sudah disediakan. Untuk yang ingin mengadakan arisan atau reuni, pengelola menyediakan gazebo yang bisa dibooking. Bahkan pernikahan pun bisa dilakukan disini karena adanya gedung serbaguna di dalamnya.

Kunjungi juga yuk: Taman Bunga Nusantara Kecenya Kebangetan!

Aktivitas Seru di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur

Liburan kesini bukan hanya sekedar melihat bunga-bunga yang cantik saja, ada banyak kegiatan seru yang bisa kita lakukan bersama keluarga atau si doi nih sob.

Jadi, kalau liburan itu jangan sendirian ya. Kamu ga bakal kuat. Hahahah. Meskipun udara disini sejuk dan menentramkan hati, tapi kalau sendiri pasti kamu bakal rapuh juga.

Taman cantik yang ditumbuhi banyak pohon ini, memiliki banyak daya tarik untuk wisatawan. Kan jarang-jarang nih kita main-main ke gua, nah pengelola sendiri menyediakan goa mini, kolam air mancur, serta air terjun buatan.

Goa Mini di Taman Bunga Wiladatika

Goa Mini di Taman Bunga Wiladatika

Di kawasan taman bunga Cibubur ini juga terdapat rumah Jepang yang bisa menambah keseruan saat berkunjung ke taman. Sebagai salah satu destinasi wisata favorit para keluarga, taman bunga Wiladatika ini juga menyediakan playground untuk anak-anak sehingga buah hati anda bisa bermain secara bebas.

Rumah Tradisional Jepang via youtube

Rumah Tradisional Jepang via youtube

Kalau anda liburan bersama anak-anak, ada banyak wahana permainan seru disini, seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada ayunan, jungkat-jungkit, perosotan dan wahana permainan anak lainnya. Selain itu terdapat pula terowongan berbentuk siput yang juga bisa menjadi tempat bermain anak-anak.

Ada juga rumah jamur yang bentuknya menyerupai di tayangan film kartun. Tak hanya wahan untuk anak-anak saja, di kawasan objek wisata ini juga terdapat beberapa wahana air yang bisa dinikmati oleh orang dewasa.

Wahana air tersebut antara lain bola air, perahu air, dan becak mini. Bagi anda yang hanya ingin menikmati keindahan taman bunga Wiladatika sambil menemani buah hati maka bisa duduk di kursi yang dilengkapi payung peneduh untuk bersantai.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Keluarga Taman Buah Mekarsari Bogor

Wisata Lain di Dekat Taman Wiladatika

selain ke Wiladatika, kamu bisa melanjutkan wisata ke tempat-tempat berikut ini :

Buperta Cibubur

Buperta Cibubur

Buperta merupakan kependekan dari Bumi Perkemahan Pramuka. Lokasinya yaitu di Graha Wisata Cibubur Jalan Raya Jimbore, Cimanggis. Banyak fasilitas disana, yaitu paintball, kolam renang, dan outbond. Jangan kaget jika tempat ini sangat luas karena ukurannya mencapai 210 hektar.

Kampoeng Cibubur

Kampoeng Cibubur

Kampoeng Cibubur

Disana terdapat beberapa Kampung antara lain Kampoeng Main, Kampoeng Tradisional, dan Kampoeng Keluarga. Disana juga ada banyak wahana yaitu ketapel raksasa, permainan pancingan bambu, pukul kentongan, dan lain sebagainya. Setiap kampoeng memiliki kegiatan dan fasilitas yang berbeda beda. Alamatnya ada di Ujung Timur Laut kompleks Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, yaitu sekitar 1,1 km dari pintu gerbang Buperta.

Telaga Warna

Tempat ini merupakan tempat dimana kita akan belajar menanam padi dan membajak sawah, memancing, berenang, dan lain-lain. Fasilitas yang ada yaitu kolam renang serta area pemancingan, danau, outbond, floating donut, dan masih banyak lagi. Alamatnya adai di Jalan Jambore RT. 05 / RW. 06, Harjamukti, Cimanggis.

Kampung Cina

Obyek wisata ini merupakan Kompleks Perumahan Kota Wisata Cibubur yang dapat dimasuki gratis. Layaknya ada di Cina, kampung ini sangat kental dengan ornament dan desain negeri Panda tersebut. Alamatnya ada di Jalan Boulevard Kota Wisata, Cibubur.

Cibugary

Cibubur Garden Dairy

Cibubur Garden Dairy

Cibugary merupakan wisata milik personal yaitu Bapak Rachma Bagory. Kawasan ini merupakan area berternak sapi perah dan juga kambing perah. Tujuan didirikan Cibugary adalah menambah wawasan anak-anak dalam beternak sapi. Selain itu, Cibugary juga mendukung gerakan meminum susu sapi segar atau kambing segar di Indonesia. Alamatnya ada di Komplek Peternakan DKI Blok C No.1 Rt 01 Rw 02 Pondok Ranggon Cipayung Jakarta Timur.

Museum Perangko

Museum ini merupakan wisata pameran perangko tetap yang digagas Ibu Tien Soeharto. Museum Perangko dibangun di lahan seluas 9590 m2 dengan gaya arsitektur Bali. Area ini dikelilingi oleh pagar tembok dan dua buah pintu gerbang ala candi bentar. Disana terdapat lambang tugas PT Pos Indonesia, yaitu bola dunia dan burung merpati yang membawa surat pada paruhnya. Lokasinya ada di Taman Mini Indonesia Indah.

****

Bagaimana? tertarik berlibur disini di tengah letihnya rutinitas sehari-harimu?

Apalagi bagi warga ibukota yang terbiasa dengan macet saat berangkat maupun pulang beraktifitas. Maka tidak heran jika pada weekend, kawasan Wiladatika juga layaknya wisata di daerah Bandung, Jogja, Bogor, dan sebagainya yang padat pengunjung. Selain cocok untuk melepas penat, Taman ini juga cocok bagi pengunjung yang ingin membawa anak kecil.

Sedikit saran bagi pengunjung yang ingin memesan salah satu fasilitas di taman Wiladatika agar melakukannya jauh-jauh hari. Hal ini karena kamu perlu mengonfirmasi waktu booking dengan pengelola agar tidak terjadi kesalahan. Biasanya pengunjung di musim liburan akan meningkat sehingga dikhawatirkan pihak pengelola tidak bisa menyediakan tempat.

Jangan lewatkan juga: Taman Suropati, Taman Indah nan Elok di Kawasan Menteng

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!