Menikmati Keindahan Taman Bunga Celosia di Kaki Gunung Ungaran

Taman Bunga Celosia – Moment liburan pasti menjadi kenangan indah yang dinantikan. Apalagi jika tempat yang dikunjungi memiliki spot foto menarik karena tentu saja tidak hanya memanjakan mata, melainkan juga bisa menjadi kenang-kenangan. Maka dari itu, ada baiknya kamu mengunjungi Taman Bunga Celosia.

Taman ini terletak di kaki Gunung Ungaran, tepatnya di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Karena lokasinya yang ada di kaki gunung, maka tak heran jika Bandungan memilik udara sejuk dengan banyak tempat wisata keren. Selain terkenal dengan buah kelengkengnya, Bandungan juga memiliki Candi Gedong Songo sebagai salah satu rangkaian destinasi Taman Bunga Celosia.

Gerbang Taman Bunga Celosia via visiter

Gerbang Taman Bunga Celosia via visiter

Simak Nih Asal Muasal Nama Taman Bunga Celosia

Celosia tentu saja terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Padahal kita sudah mengenalnya sejak dulu lho. Penasaran?

Celosia merupakan nama lain dari bunga jengger ayam. Bunga yang memang berbentuk mirip sebuah jengger di atas kepala ayam ini merupakan keluarga bayam-bayaman yang juga bisa digunakan sebagai bunga hias. Bunga Celosia mampu bertahan beberapa hari saja. Banyak variatif warna pada bunga ini, yaitu mulai dari pink, merah, ungu, kuning, dan campuran warna dalam 1 tangkai bunganya.

Kunjungi juga yuk: 61 Tempat Nongkrong di Semarang Paling Asik

Menelusuri Tentang Bunga Celosia dan Hebras

Meski Bunga Celosia menjadi fokus utama, namun wisata ini juga memiliki hamparan bunga hebras merah dan spot kincir angin yang biasanya dijadikan spot foto oleh pengunjung. Memasuki kawasan ini saja pengunjung akan disambut jalan setapak yang dihiasi pensil raksasa warna-warni.

Selain itu, di Taman Bunga Celosia juga terdapat spot landmark seperti Menara Eiffel dan Patung Merlion. Spot keren lain yang bisa dicoba adalah miniatur rumah jamur hingga rumah hobbit. Rumah jamur dibuat layaknya dongeng sementara di rumah hobbit, terdapat 2 tokoh kurcaci. Fasilitasnya juga cukup lengkap, yaitu kamar mandi, warung, dan mushola.

Dekat dengan Merlion, terdapat spot foto paying dan bola berwarna-warni. Spot ini sangat kreatif karena payung dan bola digantung dan diikat dengan benang senar transparant, sehingga terlihat seolah melayang.

Yang menarik dalam Taman Bunga ini, Pihak pengelola memperbolehkan pengunjung membeli bunga lho! Bunga-bunga tersebut telah dikemas dalam polybag dan juga sudah dilabeli nama. Unik, bukan? Jika ingin membeli bunga ini, kamu dapat membelinya di toko yang tak jauh dari kincir angin. Bunga-bunga tersebut antara lain Hebras, Lavender, Melati, Vii Besar, Mawar, Diantus, dan sebagainya.

Hiasan payung di Taman Bunga Celosia via Kompas

Hiasan payung di Taman Bunga Celosia via Kompas

Mampir yuk: 38 Tempat Wisata Kuliner Semarang Enak dan Terkenal

Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Taman Bunga Celosia

Taman Bunga ini berada di Jalan Wisata Gedong Songo Km 05. Untuk ke Taman ini tidak rumit karena rutenya searah dengan rute Candi Gedong Songo. Rutenya yaitu dari arah Semarang Kota, kamu dapat memilih arah Selatan yaitu ke Jogja/Solo. Jalan saja hingga sampai di Pom Lemah Abang. Disana ada pertigaan.

Silahkan ambil arah kanan menuju Bandungan. Jika sudah menemukan pom bensin Palbapang Sumowono, maka kamu akan menemukan pertigaan lagi. Setelahnya ambil arah kanan hingga tidak terasa akan sampai diTaman Bunga Celosia Bandungan. Kamu perlu waktu sekitar satu setengah jam untuk menempuh rute tersebut.

Harga tiket masuk ke Taman Bunga ini sangat murah, yaitu 10.000 rupiah per orang. Menurut pengelolanya, biaya tersebut dibebankan pada pengunjung sebagai bentuk permintaan bantuan dalam merawat taman.

Rumah Hobbit di Taman Bunga Celosia via @Dinaafriy

Rumah Hobbit di Taman Bunga Celosia via @Dinaafriy

Rekomendasi Penginapan di Sekitar Lokasi Wisata

Bagi yang ingin bermalam, tidak perlu khawatir tidak mendapat tempat untuk tidur karena disini terdapat beberapa penginapan dengan standar pelayananan yang baik. Penginapan tersebut antara lain :

  1. Green Valley Hotel, Jalan Ampel Gading, RT 05 / RW 06, Dusun Ampel Gading, Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Banyukuning, Kabupaten Semarang
  2. Omah Kopi Hotel, Jalan ke Candi Gedong Songo, Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang
  3. Nugraha Wisata Hotel, Banyukuning, Kecamatan  Bandungan, Kabupaten   Semarang
  4. Frieda Hotel, Duren, Kecamatan Bandungan, Kabupaten  Semarang

Ada Wisata Lain di Dekat Taman Bunga

Jika kamu memiliki waktu yang cukup setelah berwisata di Taman Bunga Celosia dan masih ingin menikmati indahnya Bandungan, maka tidak ada salahnya kamu memilih beberapa wisata di dekat Taman Bunga ini. Tempat-tempat wisata tersebut antara lain :

1. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo via Kumparan

Candi Gedong Songo via Kumparan

Lokasinya ada di Jalan Ke Candi Gedong Songo, Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Letaknya kurang lebih 2,2 km dari Taman Bunga atau memiliki sekitar 7 menit waktu tempuh dari taman tersebut. Jika kamu tipikal penyuka misteri, kamu bisa berlibur di Candi ini.

Pasalnya, balutan mistis dan sejarah terasa sangat kental disana. Pemandangan alamnya pun sangat menakjubkan. Berada di ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut, wisatawan hanya perlu membaya Rp 6.000 untuk masuk ke kawasan ini. Berbeda dengan wisatawan asing, mereka akan dikenai biaya Rp 25.000.

2. Setiya Aji Flower Farm

Setiya Aji Flower Farm

Setiya Aji Flower Farm

Lokasinya ada di Jalan Kendalisodo, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Letaknya kurang lebih 4,5 kilometer atau memiliki sekitar 11 menit waktu tempuh dari Celosia. Pertanian ini merupakan wisata kebun Krisan. Kamu bisa membelinya dengan harga sebesar Rp 5.000 per batang. Sedangkan tiket masuknya sekitar Rp 7.500 saja. Taman ini buka dari jam 7 pagi hingga jam 6 malam.

3. Wisata Kampung Krisan Clapar

Wisata Kampung Krisan Clapar via Myimage

Wisata Kampung Krisan Clapar via Myimage

Lokasinya ada di Jalan Kendalisodo Bandungan, Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Jaraknya tidak jauh, hanya sekitar 6 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Celosia. Biaya masuknya sekitar Rp 10.000 saja. Wisata ini dikelola oleh Kelompok Tani “Gemah Ripah”. Disana terdapat pemandangan alam Ungaran, Telomoyo dan Merbabu yang jadi satu landskap.

4. Kebun Bunga Pak Yoto

Kebun Bunga Pak Yoto via Myimage

Kebun Bunga Pak Yoto via Myimage

Lokasi wisata ini ada di Jurang RT/RW 1/2, Kenteng, Bandungan, Duren, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Bisa ditempuh selama 8 menit dari Celosia atau sekitar 3 km. Kebun Bunga Pak Yoto merupakan wisata Bunga Krisan dengan rumah kaca setengah melengkung. Biaya masuknya hanya sekitar Rp 7.500 saja. Terdapat sekitar 15 varian bunga disana.

Tips Menarik Liburan di Celosia

Tips pertama liburan di Taman Bunga Celosia yaitu selalu gunakan alas kaki yang nyaman karena kamu akan berkeliling. Jangan lupa siapkan banyak gaya untuk berfoto di tiap spotnya. Jangan sampai lengah dengan keselamatan karena sebagian besar area Celosia berupa tanah sehingga akan licin sewaktu musim hujan.

Masih Ragu Berlibur Kesana?

Jika kamu termasuk generasi zaman now alias Gen Z yang memang menyukai banyak spot foto untuk ditunjukan dalam social mediamu, maka disinilah tempatnya. Jika kamu termasuk generasi Old yang hanya ingin sekedar memanjakan mata, kamu juga bisa pergi kesini lho.

Apalagi Taman Bunga Celosia sangat cantik, penuh warna, dan tentunya merupakan area traveling yang sangat recommended bagi siapapun yang ingin menikmati akhir pekan serta liburannya dengan penuh kesan.

Koleksi Foto Keindahan Taman Bunga Celosia

Berikut ini beberapa spot foto di taman bunga Celosia yang instagrammable yang wajib anda jadikan tempat berselfie ria:

Spot Foto Keren via @ernawidyastuti94aa

Spot Foto Keren via @ernawidyastuti94aa

Senja Hari yang Syahdu via @cangkirlurik86

Senja Hari yang Syahdu via @cangkirlurik86

Kincir Angin di Taman Bunga Celosia

Kincir Angin di Taman Bunga Celosia

*****

Demikian ulasan mengenai Taman Bunga Celosia Bandungan. Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang. Jangan lupa juga untuk membagikan aritikel ini kepada yang lain agar objek wisata ini semakin terkenal lagi.

Kunjungi juga yuk: Liburan Seru ke Objek Wisata Curug Lawe Semarang

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!