47 Objek Wisata di Boyolali Jawa Tengah yang Menarik Dikunjungi

Wisata Boyolali –  Anda asli Boyolali atau anda ingin liburan ke Boyolali? Kabupaten ini termasuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Pusat pemerintahannya berada di kecamatan Boyolali.

Boyolali dikenal sebagai kota susu. Hal ini dikarenakan produksi susu di Boyolali adalah yang terbesar di Jawa Tengah. Tidak heran kalau orang Boyolali sehat-sehat ya, minumannya saja susu segar. Selain terkenal seabgai penghasil susu sapi, Boyolali juga menjadi salah satu penghasil sayuran yang terkenal dengan kualitasnya yang bagus, khususnya di kawasan Cempago dan Selo.

Selain itu, juga ada banyak tempat wisata di Boyolali yang menarik untuk dikunjungi. Namun, wisata Boyolali masih perlu dipromosikan lagi, karena belum terlalu booming seperti daerah lainnya di Indonesia.

Boyolali sendiri berbatasan dengan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Grobogan di utara; Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta (Solo) di timur; Kabupaten Klaten dan Daerah Istimewa Yogyakarta di selatan; serta Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang di barat. Kabupaten ini termasuk kawasan Solo Raya. wikipedia.org

Tempat Wisata Boyolali Jawa Tengah

Kali ini Tempatwisataseru.com akan mengajak anda liburan ke beberapa objek wisata Boyolali yang sayang untuk dilewatkan, berikut ini setidaknya ada 47 objek wisata Boyolali yang menarik untuk kita kunjungi:

1. Objek Wisata Air Terjun Kedung Kayang Boyolali

Air terjun kedung kayang adalah objek wisata Boyolali paling terkenal dan menjadi favorit wisatawan yang datang liburan ke Boyolali.

Air terjun ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa, pemandangan sekitarnya masih alami dan asri. Air terjun ini berada diantara dua Gunung yaitu Merbabu dan Merapi.

Objek Wisata Air Terjun Kedung Kayang Boyolali

Objek Wisata Air Terjun Kedung Kayang Boyolali

Air terjun ini menjadi ‘rebutan’ antara Kabupaten Magelang dan Boyolali, karena lokasinya yang berada diantara Desa Wonolelo, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang dan Desa Klakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali.

Air terjun ini berjarak:

1) Dari Kabupaten Magelang : 30 km
2) Dari Kabupaten Boyolali : 30 km
3) Dari Yogyakarta : 55 km

Harga tiket masuk per orang sebesar Rp 2.500, didalam kawasan wisata kedung kayang juga terdapat tempat istirahat bagi pengunjung.Pengunjung dapat menikmati pemandangan sungai alami dengan air yang cukup jernih, selain itu pengunjung dapat bermain air di bawah air terjun .

Fasilitas yang tersedia berupa penginapan/ homestay, perkemahan, dan warung. Waktu yang paling ramai dikunjungi adalah hari sabtu-minggu dan hari libur nasional terutama bagi pasangan muda-mudi.

Jangan lewatkan juga: 19 Tempat Wisata di Pekalongan Jawa Tengah

2. Pemandian Umbul Pengging

Melihat kondisi air yang sangat jerih di pemandian ini niscaya akan membuat siapapun tak tahan untuk segera menceburkan diri ke dalamnya. Dasaran kolam yang berupa batu-batu halus terlihat begitu jelas.

Objek Wisata Pemandian Umbul Pengging Boyolali

Objek Wisata Pemandian Umbul Pengging Boyolali

Pemandian Pengging ini berada di kecamatan Banyudono. Sekitar 20 menit jika ditempuh dari Kota Solo. Tempat ini cukup spesial karna dulunya merupakan tempat pemandian keluarga Kraton Kasunanan Solo. Sehingga jangan heran kalau di sekitar sana masih terdapat bangunan-bangunan yang bernuansa kraton. Di sekitar pemandian juga terdapat makam seorang pujangga kraton bernama Raden Ngabehi Yosodipuro

Terletak di Banyudono, merupakan wahana wisata kreasi air. Penging memiliki keunggulan dimana dulunya merupakan tempat mandi keluarga Kasunanan Surakarta (Pemandian Tirto Marto). Sehingga disekitar Pengging ini masih dapat ditemukan bangunan-bangunan bersejarah yang unik milik Kasunanan Surakarta. Juga terdapat makam salah seorang pujangga Keraton Surakarta yaitu Raden Ngabehi Yosodipuro.

3. Objek Wisata Taman Air Tlatar Boyolali

Objek wisata Boyolali yang tidak kalah terkenalnya adalah taman air Tlatar yang lokasinya ada di Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali dengan jarak tempuh dari kota kira-kira 4 km ke arah utara.

Objek Wisata Taman Air Tlatar Boyolali

Objek Wisata Taman Air Tlatar Boyolali

Objek wisata Boyolali ini snagat cocok sekali untuk menikmati waktu liburan bersama keluarga apalagi bersama anak-anak. Pasti semua akan merasa senang saat liburan disini, karena terdapat banyak wahana permaian disini, fasilitas yang tersedia berupa rumah makan lesehan, pemancingan, kios cenderamata, kolam renang anak dan dewasa, taman wisata air, lapangan woodball, panggung hiburan setiap menjelang bulan Puasa.

Disini anda bisa menikmati aneka sajian kuliner lezat sambil bermain air, pasti seru sekali bukan? Selain fasilitas yang sudah disebutkan di atas, juga ada “Kolam Keceh”, becak air serta terapi ikan.

Tidak heran kalau objek wisata Boyolali yang satu ini selalu ramai, apalagi saat akhir pekan.

4. Trekking Gunung Merbabu

Anda suka mendaki? Boyolali juga menjadi tempat favorit untuk mendaki, gunung merbabu bisa anda jadikan sebagai trek untuk mendaki.

Trekking Gunung Merbabu

Trekking Gunung Merbabu

Pecinta alam menjadikan gunung Merbabu sebagai objek pendakian, meskipun memang Gunung Merbabu sendiri berada diantara kabupaten Boyolali, Magelang, serta Kota Salatiga. Salah satu jalur pendakian ke gunung ini adalah melalui jalur Selo di Boyolali.

Berdasarkan pengalaman dari para pendaki, jalur Selo adalah yang paling mengesankan karna memiliki pemandangan paling indah. Jika melakukan pendakian dari jalur Selo kita akan melewati beberapa padang sabana luas yang dipenuhi oleh bunga edelweis.

Kunjungi juga 15 Tempat Wisata di Salatiga Jawa Tengah dan Sekitarnya

5. Objek Wisata Sejarah Candi Lawang di Boyolali

Objek wisata Boyolali yang menawarkan pesona sejarah salah satunya adalah Candi Lawang. Boyolali memiliki banyak peninggalan sejarah masa lampau, terutama peninggalan para wali.

Objek Wisata Sejarah Candi Lawang di Boyolali

Objek Wisata Sejarah Candi Lawang di Boyolali

Candi ini merupakan peninggalan  Hindu abad ke-9 yang menghadap ke arah Barat.

Di sekeliling candi tidak ditemukan arca maupun relief. Yang ada hanya batu berornamen. Sekitar candi tersebar bebatuan yang belum disusun. 

Candi lawang terletak di Dusun Gedangan, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Dari Jogja menuju kota Boyolali bisa ditempuh selama 1,5 jam menggunakan sepeda motor. Rute yang paling singkat adalah Jogja-Klaten-Boyolali tanpa perlu melewati Kartasura.

Untuk menuju Kec. Cepogo, arahkan kendaraan ke jalur menuju Ketep Pass. Sedangkan untuk menuju Candi Lawang, alangkah baiknya kalau bertanya kepada warga. Walau ada beberapa papan petunjuk arah ke candi, tetap saja kami menghabiskan waktu 30 menit untuk tersasar di Dusun Gedangan.

6. Objek Wisata Sejarah Candi Sari di Boyolali

Candi sari juga menjadi salah satu objek wisata Boyolali yang menawarkan nilai sejarah masa lalu. Candi ini berada di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Boyolali. Candi Hindu ini kali pertama ditemukan sekitar 1967.
Bukit tempat Candi Sari berada dipercaya sebagai sumber mata air yang penting bagi kehidupan warga sekitar. Situs sejarah itu dikeramatkan oleh warga.

Objek Wisata Sejarah Candi Sari di Boyolali

Objek Wisata Sejarah Candi Sari di Boyolali

Candi Sari dikelilingi beberapa desa yang warganya masih memegang kepercayaan dan menjaga kelestarian bangunan. Desa yang mengelilingi antara lain Candirejo, Candisari dan Josari.

Candi Sari berlokasi di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo. Candi Sari merupakan sebuah candi Hindu yang lokasinya berada di atas bukit.

7. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo menjadi objek wisata Boyolali yang tidak boleh anda lewatkan. Lokasinya ada di Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, sekitar ± 50 km ke arah utara Kota Boyolali menjanjikan rekreasi hutan dan air yang menyegarkan serta pemancingan.

Objek Wisata Waduk Kedung Ombo Boyolali

Objek Wisata Waduk Kedung Ombo Boyolali

Waduk ini sendiri sebenarnya berada di tiga kabupaten yakni Boyolali, Sragen serta Grobogan. Di bagian Boyolali, waduk berada di Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu. Jaraknya kira-kira 50 km dari kota Boyolali ke arah utara. Selain berfungsi untuk mengairi persawahan, waduk ini juga punya objek wisata yang sangat menarik

Fasilitas yang tersedia berupa:

[*]Bumi Perkemahan / Camping Ground.
[*]Hutan Wisata / Forest Resort.
[*]Tempat Pemancingan / Fishing Area.
[*]Rumah Makan Apung / Floating Restourant.
[*]Wisata Air / Water Resort.

8. Objek WisataNew Selo Boyolali

Nah ini dia salah satu objek wisata Boyolali yang menarik untuk kita kunjungi, anda bisa menikmati pemandangan dari ketinggian. Gardu Pandang NEW SELO merupakan landmark yang paling mencolok di kawasan koridor Taman Nasional Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Objek WisataNew Selo Boyolali

Objek WisataNew Selo Boyolali

New Selo berada di batas kawasan hutan dengan lahan masyarakat yang posisinya ada di ketinggian, New Selo sendiri merupakan titik awal pendakian ke Gunung Merapi, kita dapat menjumpai joglo, gardu pandang, beberapa warung makan, serta fasilitas MCK.

Perlu anda ketahui, akses jalan kesini berupa jalan aspal halus, namun kelerengan yang cukup terjal memerlukan nyali tersendiri untuk menempuhnya. Kalau tidak bernyali, kita dapat memarkir kendaraan kita di kompleks Joglo Mandala, dan kita dapat menuju kawasan NEW SELO dengan berjalan kaki atau mencarter kendaraan mobil bak terbuka (pick up). Jarak dari kompleks ke NEW SELO kurang lebih 1 km dengan kelerengan hingga 80% ke arah puncak Merapi.

9. Waduk Cengklik

Selain waduk Kedung ombo, juga ada Waduk Cengklik yang menjadi salah satu destinasi wisata Boyolali yang menarik dikunjungi.

Objek Wisata Waduk Cengklik Boyolali

Objek Wisata Waduk Cengklik Boyolali

Wadung Cengklik berada di Desa Ngargorejo dan Sobokerto, Kecamatan Ngemplak ± 20 km ke arah timur laut Kota Boyolali, Bila dari Bandara Adi Sumarmo ± 1,5 KM (di sebelah barat bandara tepatnya). waduk dengan luas genangan 300 ha ini dibangun pada zaman Belanda, tujuannya untuk mengairi lahan sawah seluas 1.578 ha, bisa untuk latihan sky air.

Waduk ini menjadi salah satu spot untuk menikmati sunset, dan menjadi salah satu tempat nongkring di Boyolali untuk anak-anak muda, apalagi mereka yang menggemari fotografi. Pemandangan sunset di waduk ini sangat bagus.

10. Agrowisata Sapi perah Cepogo

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Boyolali merupakan salah satu daerah penghasil susu sapi, nah salah satu kawasan agrowisata yang bisa anda kunjungi adalah di daerah Cepago.

Agrowisata Sapi perah Cepogo

Agrowisata Sapi perah Cepogo

Wilayah di Cepogo ini dijadikan agrowisata penghasil susu sapi terbesar di Boyolali, tidak sedikit sapi perah yang ada di tempat ini dipelihara untuk diambil susunya, wisatawan yang datang ke tempat ini juga cukup banyak selain untuk melihat proses memerah susu sapi mereka juga dapat menikmati susu segar di tempat tersebut.

Hmm, pasti segar sekali ssusu disini.

Jangan lewatkan juga 19 Tempat Wisata Favorit di Tegal Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

11. Objek Wisata Waduk Bade Boyolali

Objek wisata Boyolali selanjutnya adalah Waduk Bae. Waduk ini terletak di Desa Bade Kecamatan Klego. Waduk ini menjadi salah satu tempat nongkrong di Boyolali untuk menikmati sunset yang indah. Dari kejauhan tampak gunung Merapi dan gunung Merbabu yang tampak kecil.

Objek Wisata Waduk Bade Boyolali

Objek Wisata Waduk Bade Boyolali

Bagi anda yang suka memancing, waduk ini bisa anda jadikan tempat seru untuk strike.

Ada beberapa fasilitas pendukung di waduk Bade, diantaranya adalah:

[*]Rumah Makan Lesehan / Floating Restaurant.

[*]Wisata Air / Water Resort.

[*]Pancingan / Fishing Area.

[*]Area Lomba Burung (Bird of competition area)

12. Kuliner Boyolali Sambel Tumpang 

Ada banyak kuliner khas Boyolali yang wajib anda coba, apalagi kalau sudah ada di Boyolali, tentu sangat sayang sekali untuk dilewatkan.
Kuliner Boyolali Sambel Tumpang

Kuliner Boyolali Sambel Tumpang

Sambal tumpang itu sambalnya terbuat dari tempe bosok (busuk) yang ditumbuk halus. Tempe bosok memang sengaja dibuat busuk dan dijual. Rasa yang ditimbulkan dari tempe bosok ini yaitu rasa sangit.
 
Namun rasa dari tempe bosok terasa berbeda ketika sudah diolah menjadi dan beberapa bumbu lain seperti kencur, daun jeruk, dll. Selain itu, di dalam Sambal Tumpang ini juga terdapat tahu yang diolah bersama Sambal Tumpang ini. Nasi Sambal Tumpang ini biasanya cocok untuk dihidangkan pada pagi hari sebagai menu makan pagi. Apalagi dengan nasi yang masih hangat. Nasi Sambal Tumpang ini cocok dinikmati dengan lauk Telur, Tempe, Bakwan, Rambak, Krupuk, dan Ayam.
Jiak anda tertarik untuk mencoba kuliner Boyolali yang satu ini, jangan khawatir karena ada banyak sekali penjual yang menawarkan sambal tumpang dengan rasa yang nikmat, seperti Mbok Nah di Ampel, Suprih di sebrang KUD Kota Boyolali, timur terminal bis Boyolali, Rumah Makan Elang Sari, dan lain-lain.Sebagaimana tren “kuliner malam”, banyak warung makan tenda khusus untuk sambel tumpang ini, bahkan memberi nama “Warung Bubur Tumpang”.

13. Objek Wisata Marning Boyolali

Kalau anda sudah ada di Boyolali, jangan lupa untuk membawa Marning sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Meskipun maring sangat sederhana, namun sangat digemari untuk masyarakat dan wisatawan yang datang sebagai camilan.
Objek Wisata Marning Boyolali

Objek Pusat Oleh-oleh Marning Boyolali

Maring sendiri terbuat dari jagung yang digoreng dengna berbagai varian rasa seperti manis, pedas, presto, gepuk, dan lain-lain.
Pusat pembuatan Marning terdapat di Desa Kiringan, Winong, Kebonbimo & Banaran (kecamatan Boyolali) dan Desa Metuk, Kragilan (Kecamatan Mojosongo).
 
Meskipun marning hanya sebagai makanan kecil (snack), makanan kecil berbahan baku jagung dengan aneka rasa itu banyak disukai oleh calon haji. Tidak sedikit calon haji yang akan berangkat melalui Bandara Adisumarmo Solo yang menyempatkan diri mampir ke Boyolali untuk membeli camilan atau makanan kecil tersebut untuk dibawa ke Tanah Suci. Tidak hanya itu. Biasanya, menjelang Lebaran seperti sekarang marning boyolali banyak dicari, baik untuk suguhan di rumah maupun “teman” bagi mereka yang melakukan perjalanan mudik atau balik.

14. Objek Wisata Seru Kampoeng Air Kragilan Boyolali

Kampung Air Kragilan merupakan Desa wisata Boyolali yang tidak boleh anda lewatkan. Lokasinya berada di Dukuh Watugenuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali. 
Objek Wisata Seru Kampoeng Air Kragilan Boyolali

Objek Wisata Seru Kampoeng Air Kragilan Boyolali

Desa wisata ini menjadi salah sat destinasi wisata Boyolali yang menawarkan pemandangan alam yang asri, hijau dan alami dengan suara kemerciknya air dari bukit-bukit yang ada di sekitarnya.
Suasana alam yang sejuk dan tanpa polusi sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga, apa lagi dengan adanya waterbom, live music, kantin dan saung-saung bambu. Bersama keluarga kita bisa berenang bermain air sambil menikmati udara yang segar dan pemandangan pepohonan yang hijau. Desa wisata ini terbilang komplit, dan sangat sayang sekali untuk dilewatkan.

15. Objek Wisata Arjuna Wijaya boyolali

Legenda arjuna menjadi salah satu cerita yang populer di tengah-tengah masyarakat kita. Dahulu, pada masa kejayaannya, Arjuna dinobatkan menjadi Raja di kahyangan Raindra dan Arjuna sebagai Raja Kahyangan tersebut di anugrahi Pusaka – pusaka sakti mandraguna berwujud, gendhawa dari Bathara Indra, Panah Ardadhadali dan Bathara Kuwera, sedangkan Panah Cunda manik pemberian dari Bathara Narada.
Objek Wisata Arjuna Wijaya boyolali

Objek Wisata Arjuna Wijaya boyolali

Hingga kini, Arjuna sangat dikenalsebagai tokoh heroik yang mampu mengalahkan Raja Raksasa, Prabu Niwata Kacwaca dengan pusakanya gendewa dan panah saktinya.
Nah, di Boyolali, dibuatlah simpang lima yang di tengah – tengahnya terdapat patung Arjuna Wijaya, dengan gagahnya menaiki kuda, dengan memegang gendewa dan panah bahkan patung kudanya terdiri dari 13 patung kuda. Tempat tersebut sekarang menjadi tempat nongkrong anak-anak muda.

16. Objek Wisata Air Terjun Semuncar Boyolali

Masih ada lagi air terjun di Boyolali yang menarik untuk kita kunjungi, lokasinya memang agak tersembunyi, tepatnya ada di Timur lereng Gunung Merbabu atau persisnya terletak di Desa Candisari, Kecamatan Ampel, Boyolali dan hanya berjarak 10 km dari Kota Ampel.

Objek Wisata Air Terjun Semuncar Boyolali

Objek Wisata Air Terjun Semuncar Boyolali

Objek wisata Boyolali ini dikelola sendiri oleh karang taruna dan pegiat alam Desa Candisari, jadi dijamin biaya masuknya gak akan mahal-mahal; kamu cukup membayar Rp. 5000 untuk menikmati kesegaran air terjun Semuncar.

Ada dua jalur untuk mencapai air terjun ini, pertama anda melintasi area perkebunana warga sekitar, sedangkan yang kedua melewati jalur Sungai Cipendok. Jalur kedua ini cukup terjal dan dipenuhi batu-batu besar, mungkin anda sebaiknya memilih jalur pertama.

17. Brown Canyon

Mungkin destinasi wisata Boyolali yang satu ini tidak terlalu terkenal, namun apabila kita sudah berada di Kragilan, sebaiknya mampir disini, untuk sekedar berfoto. Lokasi tepatnya berada di Sebelah Utara Wisata Kampoeng Air, Kragilan Mojosongo, Boyolali.
Objek Wisata Brown Canyon Boyolali

Objek Wisata Brown Canyon Boyolali

Pada awalnya, brown canyon merupakan sebuah bukit tempat penambangan batuan material golongan C. Namun, lama kelamaan seiring berjalannya waktu justru berubah menjadi salah satu objek wisata yang mirip sekali dengan Green Canyon yang ada di Amerika. Keindahan panorama alam yang eksotik membuat Brown Canyon Semarang ini menjadi salah satu obyek wisata dan tempat yang terbaik bagi para pecinta fotografi.

18. Kampung Lele

Satu lagi agrowisata Boyolali yang menarik untuk kita kunjungi, yaitu kampung lele yang berada di desa Tegalrejo, mangkubumen, kecamatan Sawit, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kampung Lele

Kampung Lele

Ketika mendangar nama kampung ini tentu anda sudah terbayang dengan hewan berkumis yang juga dikenal dengan patilnya yang ‘ganas’.

Kampung lele ini dicanangkan menjadi Kampung Lele oleh Gubernur Jawa Tengah Mardiyanto, Juni 2006, kemudian dikunjungi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, februari 2007. Di Kampung lele anda dapat belajar langsung budidaya ikan lele serta melihat pengolahan ikan lele menjadi berbagai masakan seperti abon lele.

19. Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali

Objek wisata Sejarah di Boyolali selanjutnya adalah makan ki Ageng Kebo Kenanga yang ada di Desa Pengging Boyolali.. Beliau sendiri merupakan keturunan dari Raja-raja Majapahit dahulu, makam ini suka dijadikan tempat ziarah bagi wisatawan yang berkunjung kesana, kita bisa ambil pelajaran dari kehidupannya yang kini masih terkenal karena peninggalan dan karya yang ditorehkannya.
Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali

Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali

20. Makam Ki Ageng Singoprono Boyolali

Satu lagi makan yang sering dijadikan tempat ziarah wisatawan. Kita tentu saja datang kesini untuk mengambil pelajaran dari penghuni makan semasa hidupnya, bukan untuk meminta barokah ketika datang kesini. Lokasinya ada di Dukuh Kalangan, Desa Nglembu, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah.
Makam Ki Ageng Singoprono Boyolali

Makam Ki Ageng Singoprono Boyolali

Lokasi makan ini hanya berjarak sekitar 12 km saja dari pusat kota Boyolali. Sehingga membuat siap saja yang datang ke Boyolali merasa penasaran dan ingin mengunjungi makan ulama ini.
Selain untuk berziarah, pengunjung biasanya juga akan menghabiskan waktu liburan di sekitarnya, mengingat pemandangan di sekitarnya ditambah lagi dengan udara disekitar makam yang sejuk membuat  orang yang datang akan betah berlama-lama.

21. Masjid Cipto Mulyo Pengging Boyolali

Masjid yang termasuk bangunan bersejarah ini merupakan peninggalan Raja Pakubuwono X yang memiliki gaya arsitekturnya yang indah dengan menggunakan ornament kayu. Tempat ini berlokasi di wisata air pengging yang pastinya menambah keindahan dari tempat ini.
Masjid Cipto Mulyo Pengging Boyolali

Masjid Cipto Mulyo Pengging Boyolali

22. Tirto Marto Pengging Boyolali

Satu lagi tempat pemandian di Boyolali yang sudah ada sejak zaman keraton Surakarta dahulu, yaitu Pemandian Tirto Marto Pengging. Objek wisata Boyolali yang satu ini cukup terkenal, lokasinya ada di Dukuh Banyudono, Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah.
Tirto Marto Pengging Boyolali

Tirto Marto Pengging Boyolali

Bagi anda dan keluarga yang tertarik untuk mandi-mandi disini, anda dikenakan tiket masuk hanya Rp. 3000,- per orang saja. Sedangkan jika ingin berenang di kolam renang dikenakan tarif lagi sebesar Rp.10.000,- per orang.
Saat liburan, pemandian ini selalu ramai oleh wisatawan. Apalagi menjelang puasa, masyarakat di sekitarnya memiliki tradisi padusan, yaitu tradisi membersihkan diri sebelum memasuki bulan puasa. Memang, untuk membersihkan diri bisa dimana saja, termasuk di rumah sendiri, namun itulah tradisi masyarakat disini.
Objek wiwsata Boyolali ini terdiri dari 3 umbul alami yaitu Umbul Dudo, Umbul Ngabean dan Umbul Temanten. Ketiga umbul tersebut memiliki kisah yang berbeda dan menjadi latar belakang pemberian namanya. Ketiga umbul tersebut merupakan peninggalan dari Ki Ageng Pengging di jaman peralihan Kerajaan Majapahit ke Demak.

23. Tikungan Irung Petruk

Tikungan Irung Petruk merupakan sebuah nama tikungan Jalur Wisata Borobudur-Selo-Solo yang terletak di Desa Genting, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali sama dengan nama tikungan yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Tikungan Irung Petruk dikenal sebagai tikungan yang tajam, sempit, dan cukup berbahaya.
Objek Wisata Malam Hari Tikungan Irung Petruk Boyolali

Objek Wisata Malam Hari Tikungan Irung Petruk Boyolali

Disini anda bisa mencoba olahraga yang menguji adrenalin, Flying Fox yang panjangnya mencapai 300 m dan lintasan pendek sejauh 200 meter. Dengan ketinggian sekitar 25 meter, para pengendara kendaraan yang kebetulan melewati area ini banyak yang tertarik untuk mencobanya.

Jika anda tertarik untuk mencobanya, biaya yang dikenakan hanya   Rp 30.000,- saja.

24. Tempat Wisata Alun -Alun Boyolali

Objek wisata Boyolali selanjutnya adalah alun-alun yang lokasinya ada di komplek perkantoran terpadu kabupaten Boyolali. Alun-alun ini menjadi tempat untuk rekreasi keluarga sekaligus tempat untuk nongkrong anak-anak muda pada sore hari.

Tempat Wisata Alun -Alun Boyolali

Tempat Wisata Alun -Alun Boyolali

Alun-alun Boyolali ini diresmikan pada 20114 lalu. Uniknya, di sekitar alun-alun ini anda bisa menjumpai 5 tempat ibadah yang berdampingan yang menandakan kerukunan dan toleransi. Setiap sore di alun-alun Boyolali tidak pernah sepi.

Di sekitar alun-alun ini anda juga bisa mencicipi aneka kuliner lezat. Juga disediakan tempat permainan anak-anak. Selain itu banyak mobil ontel yang disewakan sehingga keluaraga/pasangan muda-mudi dapat berkeling komplek perkantoran disekitar alun-alun, sobat juga bisa berfoto-foto di gedung putih boyolali.

25. Objek Wisata Bukit Gancik Boyolali

Objek wisata Boyolali berikutnya adalah bukit Gancik. Bukit gancik ini lokasinya ada di kawasan lereng gunung Merbabu, tepatnya di Dsn. Selo Nduwur, Ds. Selo, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tiket masuk diharga Rp5.000/motor.

Objek Wisata Bukit Gancik Boyolali

Objek Wisata Bukit Gancik Boyolali

26. Objek Wisata Alam Sutera Boyolali

Lokasi objek wisata alam sutera ini ada di kawasan punggung gunung Merapi, tepatnya di Dsn. Pojok, Ds. Samiran, Kec. Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Tiket masuk dihargai Rp2.000/motor.

Objek Wisata Alam Sutera Boyolali

Objek Wisata Alam Sutera Boyolali

27. Objek Wisata Oemah Bamboo Merapi

Objek Wisata Oemah Bamboo Merapi

Objek Wisata Oemah Bamboo Merapi

Oemah Bamboo Merapi merupakan salah satu objek wisata terbaru di Boyolali. Objek wisata ini menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan gunung  merapi serta pemandangan menghijau di sekitarnya. Lokasi objek wisata ini ada di kawasan jalur pendakian merapi via New Selo, tepatnya di Dsn.  Plalangan, Ds. Lencoh, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Harga tiket masuk Rp5.000/motor.

28. Objek Wisata Watu Blerek

Selanjutnya, saat liburan di kawasan wisata selo jangan lupa untuk mampir ke objek wisata watu blerek. Lokasi objek wisata ini ada di Dsn. Tegalsruni, Ds. Samiran, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tiket masuk Rp2.000/motor.

Objek Wisata Watu Blerek

Objek Wisata Watu Blerek

29. Restu Wijaya Water Boom

Objek wisata Boyolali selanjutnya adalah Restu Wijaya Water Boom. Restu Wijaya Water Boom lokasinya ada di Jln. Simo – Bangak (Depan POM Bensin Simo), tepat di Ds. Pelem, Kec. Simo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Restu Wijaya Water Boom

Restu Wijaya Water Boom

30. Museum R. Hamong Wardoyo

Selanjutnya, anda juga bisa mengunjungi Museum R. Hamong Wardoyo. Lokasi Museum R. Hamong Wardoyo ada di Jl. Pandanaran No.19, Siswodipuran, Kecamatan. Boyolali Kota, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Museum R. Hamong Wardoyo

Museum R. Hamong Wardoyo

31. Pura Bahawanatata

Pura Bahawanatata menjadi salah satu spot foto yang bisa anda kunjungi di Boyolali. Lokasi Pura Bahawanatata ini ada di kawasan alun-alun Kidul Boyolali. Pura ini diresmikan tahun 2015. Dan kini menjadi salah satu tujuan wisata di Boyolali.

Pura Bahawanatata

Pura Bahawanatata

32. Umbul Langse

Umbul Langse menjadi tempat pemandian alam selanjutnya yang bisa anda kunjungi. Airnya yang jernih membuat siapa saja yang datang pasti ingin menceburkan diri ke dalamnya. Nah, kalau anda berencana mengunjungi Umbul Langse ini, sebaiknya anda membawa pakaian ganti. Karena tidak bisa tidak, anda pasti ingin basah-basahan disini.

Umbul Langse

Umbul Langse

Untuk lokasi Umbul Langse sendiri ada di Dsn. Lebak. Ds. Nepen, Kec. Teras, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Untuk kamu yang pingin jejeguran di Boyolali, bisa kesini. Tiket masuk gratis.

33. Umbul Tirtomulyo

Objek wisata Boyolali selanjutnya masih berupa pemandian alam. Lokasi Umbul Tirtomulyo ada di Ds. Kemasan, Kec. Sawit, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Buat kamu yang pingin mandi ala-ala kerajaan, bisa ke sini.

Umbul Tirtomulyo

Umbul Tirtomulyo

34. Objek Wisata Kedung Cinta Boyolali

Objek wisata di Boyolali selanjutnya adalah Kedung Cinta. Kedung cinta ini menjadi salah satu spot foto do Boyolali yang sangat unik dan menarik. Lokasinya ada di kawasan Obyek wisata Kedung Ombo, tepatnya di Wonoharjo, Kemusu, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Tiket masuk Rp 10.000 dan parkir Rp 3.000.

Objek Wisata Kedung Cinta Boyolali

Objek Wisata Kedung Cinta Boyolali

35. Objek Wisata Kedung Thileng Boyolali

Selanjutnya, anda juga bisa mengunjungi Kedung Thileng yang ada di kawasan Kauman, Boyolali, Jawa Tengah. Spot yang satu ini terbilang masih baru dan sangat asri. Tiket masuk belum ditetapkan secara resmi.

Objek Wisata Kedung Thileng Boyolali

Objek Wisata Kedung Thileng Boyolali

36. Curug Juwangi

Objek wisata Boyolali berikutnya yang kami rekomendasikan untuk anda adalah Curug Juwangi. Lokasi Curug Juwangi  ada di kawasan Kecamatan Juwangi, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya, belum ditetapkan secara resmi.

Curug Juwangi

Curug Juwangi

37. Objek Wisata Air Terjun Jumbleng Boyolali

Objek wisata di Boyolali selanjutnya adalah Air Terjun Jumbleng. Lokasi air terjun ini ada di Sungai Sukuh, Dsn. Kemuning, Ds. Mudal, Kec. Boyolali Kota, Kab. Boyolali, Jawa tengah. Tiket masuk Rp2.000/orang.

Objek Wisata Air Terjun Jumbleng Boyolali

Objek Wisata Air Terjun Jumbleng Boyolali

38. Objek Wisata Air Terjun Watu Abang Boyolali

Selanjutnya, anda bisa mengunjungi Air Terjun Watu Abang untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman atau keluarga tercinta. Air terjun ini sebenarnya merupakan anakan dari air terjun Semuncar dengan ketinggian sekitar 5 meter.

Objek Wisata Air Terjun Watu Abang Boyolali

Objek Wisata Air Terjun Watu Abang Boyolali

Untuk anda yang tertarik mengunjungi air terjun ini, silahkan datang aja ke Kecamatan Ampel, Boyolali, Jawa Tengah. Tak jauh dari Air Terun Watu Abang, terdapat pula air terjun Tempuran yang juga merupakan anakan dari air terjun Semuncar. Untuk lokasi tepatnya, silahkan tanyakan dengan warga ya.

39. Pemandian Alami Kedung Goro Boyolali

Objek wisata Boyolali berikutnya adalah Kedung Goro. Lokasi Kedung Goro  ada di Ds. Bolo, Kec. Wonosegoro, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tiket masuk gratis. Buat yang nggak bisa berenang, mending nggak usah coba-coba mainan air ke tengah yak. Bahaya.

Pemandian Alami Kedung Goro Boyolali

Pemandian Alami Kedung Goro Boyolali

40. Objek Wisata Taman Alam Surapatna Boyolali

Anda juga bisa mengunjungi Taman Alam Surapatna untuk menghabiskan waktu liburan anda bersama orang tercinta. Lokasi taman alam surapatna ini ada di Ds. Pantaran, Kec. Simo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tempat wisata ini terbilang masih sangat baru. Jika ke Boyolali, jangan lupa mampir ke sini ya!

Objek Wisata Taman Alam Surapatna wisata Boyolali

Objek Wisata Taman Alam Surapatna Boyolali

41. Objek Wisata Danau Tengah Sawah Boyolali

Objek wisata di Boyolali yang tidak kalah menarik untuk kita kunjungi adalah Danau Tengah Sawah. Sebenarnya danau tengah sawah sendiri merupakan cafe atau resto yang terletak di Dsn. Menoro, Ds. Jembungan, Kec. Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah. Buka dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam.

Objek Wisata Danau Tengah Sawah Boyolali

Objek Wisata Danau Tengah Sawah Boyolali

42. Cafe Joglo

Wah, kalau lihat gambar yang ada di foto bikin cepat-cepat bisa mengunjungi cafe joglo ini ya. Silahkan langsung saja merapat ke cafe joglo yang ada di kawasan Lembah Madu, tepatnya di Jl. Simo – Klego KM 5, Gunung madu, Kec. Simo, Boyolali, Jawa Tengah. Buka dari jam 9 pagi sampai jam 8 malam. Reservasi : 081287807880. Di sini, ada juga spot selfie yang kece abis.

Cafe Joglo

Cafe Joglo

43. Lembah Gunung Madu

Anda juga bisa mengunjungi Lembah Gunung Madu yang ada di kawasan jl. Raya Simo-Klego, Ds. Gunung madu, Kec. Simo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tidak ada tiket masuk hanya membayar parkir Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil.

Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu

44. Spot Selfie Jembatan Gantung

Untuk anda yang doyan selfie, salah satu spot untuk foto di Boyolali adalah jembatan gantung yang ada di lereng Gunung Merapi, tepatnya di kawasan Salaran Jrakah, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tidak ada pungutan biaya alias gratis untuk bisa foto-foto di sini.

Spot Selfie Jembatan Gantung

Spot Selfie Jembatan Gantung

45. Objek Wisata Gardu Pandang Suroteleng

Objek wisata di Boyolali selanjutnya adalah Gardu Pandang Suroteleng. Gardu pandang ini ada di kawasan Bukit Batur, tepatnya di Ds. Suroteleng, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tiket masuk Rp6.000.

Objek Wisata Gardu Pandang Suroteleng

Objek Wisata Gardu Pandang Suroteleng

46. Objek Wisata Tikungan Cinta

Kalau anda sering kena tikung oleh teman sendiri, jangan sedih dan jangan panik, datang aja ke objek wosata tikung cinta, dijamin disini anda tidak akan kena tikung lagi deh. 😀 Lokasinya ada di Ds. Cluntang, Kec. Musuk, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tiket masuknya Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil.

Objek Wisata Tikungan Cinta

Objek Wisata Tikungan Cinta

47. Bukit Kinasih

Objek wisata di Boyolali yang terakhir dari kami adalah bukit Kinasih yang ada di di Dsn. Passah, Ds. Sanden Kec. selo, Boyolali, Jawa Tengah. Untuk kamu yang ingin mengunjungi Bukit Kinasih, kamu cukup membayar tiket Rp2.000/motor.

Bukit Kinasih

Bukit Kinasih

Bagaimana? Anda tertarik untuk menikmati liburan di boyolali?
Itulah 47 Objek wisata Boyolali yang menarik untuk kita kunjungi saat liburan bersama orang-orang tercinta, semoga bisa menjadi panduan liburan di Boyolali untuk anda semua. Jangan lewatkan juga 16 Tempat Wisata di Klaten Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi
loading...

5 Comments

  1. Pingback: Belajar Menarik Pusaka | Belajar January 3, 2018

Leave a Reply

error: Content is protected !!