Berwisata Romantis di Taman Pelangi Monjali

Taman Pelangi – Kamu pasti sudah tahu jika Kota Gudeg dimana Raja memerintah tersebut identik dengan angkringan, Pantai Selatan, dan Keratonnya. Namun kali ini jika berkunjung, kamu bisa mencoba suasana baru. Di daerah Monjali tepatnya di kawasan Sleman, Yogyakarta, ada salah satu tempat wisata romantis.

Namanya adalah Taman Pelangi. Tertelak di sekeliling halaman Museum Monumen Jogja Kembali atau bisa disingkat Monjali, kamu bisa mengunjunginya hampir setiap hari. Bisa dengan pasangan, teman, atau juga keluarga.

Taman Pelangi Jogja

Taman Pelangi Jogja

Mau Tau Apa Sih Taman Pelangi Monjali Itu

Kamu bisa menemukan lokasi Monjali di Jalan Lingkar Utara. Taman ini dinamai Taman Pelangi karena pemandangan penuh warna bak pelangi yang ditunjukannya. Pasalnya disana terdapat banyak model lampion dengan warna yang berbeda-beda. Persis layaknya pelangi yang muncul setelah hujan.

Wajib baca juga: Jalan Malioboro Jogja, Tempat Wisata Paling Melegenda dan Mendunia

Lampion-lampion tersebut berjejer di kanan-kiri dua gerbang pintu masuk. Uniknya, lampion tersebut juga ada yang ditanam di tanah, ditempel, hingga digantung. Bentuknya berbeda-beda mulai dari animasi kartun hingga bentuk-bentuk seperti bunga dan binatang. Lampion tersebut juga tidak hanya digantung tetapi ada yang ditanam, menempel di dinding, dan sebagainya.

Hebatnya lagi, tidak hanya menikmati pemandangan saja, di Taman ini kamu juga bisa menaiki bermacam-macam wahana permainan. Disana ada wahana perahu dayung. Wahana ini bisa dinaiki bersama teman jika ingin merasakan sensasi penuh keseruan.

Ada juga wahana becak mini, wahana trampolin, hingga bola air. Yang menyukai permainan memacu adrenalin, kamu bisa mencoba speed boat. Atau bagi yang menyukai kisah mistis, kamu bisa berpetualang di Puri Hantu. Jangan takut kelelahan berjalan menyusuri Taman karena disana disediakan kereta safari.

Liburan Seru ke Taman Pelangi

Liburan Seru ke Taman Pelangi

Rute Mudah Menuju ke Taman Pelangi Monjali

Loading...

Wisata ini ada di daerah Jongkang, Sariharjo, wilayah Ngaglik, masih berada di Kabupaten Sleman. Lokasinya sangat strategis dan gampang ditemukan. Pasalnya ringroad utara bisa diakses dari arah mana saja. Lokasi Taman Pelangi juga tidak jauh dari Tugu Jogja. Jaraknya hanya sekitar 15 menit saja.

Kendaraan menuju kesana juga banyak. Selain kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakan kendaraan umum seperti taksi, ojek, dan lainnya. Bahkan banyak ditemukan tempat persewaan mobil dan motor di sekitarnya. Hal ini tentu menjadi kemudahan tersendiri bagi kamu yang tidak membawa kendaraan pribadi saat berlibur ke Kota dimana para Keturunan Sultan Hamengku Buwono berada tersebut.

Layaknya Jakarta, Jogja juga memiliki busway. Kamu bisa naik Bus Trans Jogja dari Stasiun Tugu dengan memilih jalur ke Monjali. Nantinya kamu akan singgah di Halte Malioboro 1.

Dari sana kamu bisa naik Bus Trans Jogja lagi dengan rute 2A. selanjutnya kamu bisa berhenti di Halte Ring Road Utara yang bagian Monjali 2. Tapi jika kamu datang dari arah Terminal Jombor, kamu dapat memilih rute 2B. selanjutnya kamu bisa berhenti di Halte Ring Road Utara atau yang bagian Monjali 1.

Tiket dan Jam Buka Taman Pelangi

Taman Pelangi disukai masyarakat karena berbeda dari Taman lain, wisata ini lebih terasa hidup saat malam hari. Bahkan ada yang sengaja datang lebih malam hanya untuk menikmati suasana kerlipan lampion dengan paduan pekatnya malam.

Taman Pelangi Monjali

Taman Pelangi Monjali

Wisata ini dibuka tiap hari Senin hingga Kamis. Waktu bukanya dari jam 5 sore hingga 10 malam. Berbeda lagi jika weekend, yaitu Taman akan dibuka dari jam 5 sore hingga 11 malam. Untuk hari Minggu, karena ini special day, maka Taman buka sejak pagi.

Untuk biaya masuknya, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 15.000 per orang untuk weekdays. Sementara weekend akan dikenai tariff sebanyak Rp 20.000 saja per orang. Jika kamu datang dengan rombongan, kamu bisa dapat diskon lho. Asalkan rombonganmu lebih dari 30 orang, maka diskon 20% bisa kamu dapatkan.

Tiket Masuk Wahana Taman Pintar Yogyakarta

Berikut ini rinciannya:
Rp 15.000 (Senin – Kamis)
Rp 20.000 (Jumat – Minggu)
Rp 20.000 (Hari libur/tanggal merah)
PAUD Barat/Timur: Rp 3.000 (anak 3-6 tahun)
Diskon 20% (Rombongan lebih dari 30 orang)

Wisata Malam yang Tidak Terlupakan

Banyak yang inging mengabadikan waktu mereka di Taman Pelangi dengan berfoto. Jika kamu membuka social media, akan banyak sekali foto hasil tagar Taman Monjali disana. Apalagi ditambah latar museum yang seolah kembali ke masa lampau, Taman ini menyuguhkan romantisme dan gaya kolosal tersendiri bagi pengunjungnya.

Disana ada sebuah arena bernama Puri Hantu. Meskipun area tersebut merupakan wahana misteri, namun banyak orang yang bergerumbul di sekitarnya. Hal ini tidak lain karena adanya lampion warna-warni yang diletakkan di atas rerumputan dengan lampion dinosaurus di tengahnya. Sangat cantik, bukan? Uniknya, lampion dino tersebut sangat besar dan dibuat seolah sedang memakan buruannya.

Ingin memperdalam kecintaan dengan negeri? Kamu bisa mewujudkannya dengan berfoto bersama lampion yang berwajah para Presiden RI. Selain itu, kamu juga dapat menjumpai berbagai jenis ikan peliharaan di kolam selatan Taman. Disana terdapat ikan seperti nila, ikan koi, dan ikan air tawar lainnya.

Kamu bisa juga membeli pelet (makan ikan) seharga seribu rupiah per bungkusnya untuk nantinya diberikan pada ikan-ikan tersebut. dijamin fotomu akan sangat riuh karena ikan-ikan peliharaan tersebut berkumpul berebut makanan yang kamu lemparkan.

Taman Pelangi via Good News from Indonesia

Taman Pelangi via Good News from Indonesia

Ada banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di Taman Pelangi selain menikmati lampion. Kamu bisa bermain trampoline dengan biaya Rp 10.000. Atau jika kamu bernyali besar, kamu dapat juga lho melakukan bugee jumping. Harganya murah, hanya sekitar Rp 20.000. Perahu Kora-Kora juga ada disana dan dapat dinikmati dengan biaya Rp 15.000 saja.

Ingin kegiatan yang lebih bersahabat? Kamu bisa naik ATV atau becak mini dengan harga Rp 10.000. Yang sering disukai anak muda dan para penggemar musik, disana sering diadakan live concert yang mana bisa dinikmati sembari merasakan keindahan lampion. Benar-benar liburan yang mengesankan.

Jika kamu lapar, kamu bisa langsung bertandang ke kawasan food court disana. Banyak makanan yang dijual dan pastinya harga yang ditawarkan sangat terjangkau layaknya street food di Jogja. Selain itu, ada juga area souvenir dimana kamu bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Sambangi juga yuk: 84 Tempat Nongkrong di Jogja Paling Asyik

Untuk lebih jelasnya, berikut ini detail harga tiket masing-masing wahana bermain yang bisa anda cobain:

Harga Tiket Wahana Bermain di Taman Pelangi

  • Boom Boom Car: Rp 10.000
  • ATV: Rp 15.000
  • Bola Air: Rp 15.000
  • Perahu Dayung: Rp 20.000
  • Batery Car: Rp 10.000
  • Auro Bungee: Rp 20.000
  • Trampolin: Rp 10.000
  • Junior Jet : Rp 10.000
  • Puri Hantu: Rp 10.000
  • Speed Boat: Rp 10.000
  • Helicak: Rp 20.000
  • Tandem: Rp 15.000
  • Safari Train: Rp 10.000
  • Becak Mini: Rp 10.000

Wisata Lain di Dekat Taman

Di daerah Jogja dekat Taman Pelangi, terdapat banyak objek wisata lain yang tidak kalah seru. Objek-objek tersebut diantaranya :

  1. Monumen Jogja Kembali

Monumen ini merupakan bentuk penghormatan untuk para Pahlawan Kemerdekaan. Disana kamu bisa mengenang jasa-jasa Pahlawan dalam memperjuangkan negara kita. di dalamnya kamu juga bisa melihat jalur sejarah mulai dari diorama hingga patung para Pahlawan.

  1. Sindu Kusuma Edupark

Wisata ini hanya berjarak 11 menit saja dari Taman Pelangi. Di SKE, kamu dapat bermain dengan banyak wahana. Namun ada satu wahana ikonik disini yang wajib dicoba dan wajib untuk latar foto, yaitu bianglala besar.

  1. Kids Fun

Area wisata ini hanya sekitar 8 menit dari Taman. Disana tidak hanya untuk anak saja, melainkan permainan dewasa juga ada.

Tips Berlibur di Taman Pelangi

Demi menjaga kebersihan, ada larangan untuk pengunjung dalam membuang sampah. Diharapkan dengan adanya larangan tersebut, kita memberi perhatian lebih pada kebersihan tempat wisata dan tidak buang sampah sembarangan. jangan lupa juga siapkan kamera karena kamu akan menyesal jika tidak berfoto disana.

Demikian ulasan mengenai liburan wisata di Taman Pelangi Monjali. Semoga bisa menambah referensimu. Selamat mencoba!

Jangan lewatkan juga: Wisata Istana Air Taman Sari Jogja nan Cantik dan Menarik

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!